[Need advice] Kona EV second

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

applecart
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:14

[Need advice] Kona EV second

Post by applecart »

Halo para suhu. Saya lagi ngejar Kona EV second.

Want to get your advice, seberapa dealbreaker kita dapet unit wall charger dan kartu RFID bawaan-nya?

Kayaknya kalo ga punya kartu RFID-nya kita ga kan bisa charge di charging station Hyundai yang ada di mall-mall?

Tengkyu sebelumnya
2ffthud
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Feb 26, 2023 5:06
Location: PlusEnamDua

Re: [Need advice] Kona EV second

Post by 2ffthud »

applecart wrote: Sun Jan 08, 2023 12:27 Halo para suhu. Saya lagi ngejar Kona EV second.

Want to get your advice, seberapa dealbreaker kita dapet unit wall charger dan kartu RFID bawaan-nya?

Kayaknya kalo ga punya kartu RFID-nya kita ga kan bisa charge di charging station Hyundai yang ada di mall-mall?

Tengkyu sebelumnya
Bukan suhu om, cuma visitor piyik disini. Tapi klo ane di posisi om, EV itu mutlak beli baru sih. Soalnya batre & elektrikal itu gambling mengingat kondisi cuaca & iklim di Indo. Klo baru trus ada apa2 kan klaim aja. Klo seken? Gigit jari dah. CMIIW
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3411
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [Need advice] Kona EV second

Post by kendibocor »

Wall charging sama RFID menurut ane wajib sih. Masalah batere selama under warranty sah2 saja dipinang jandanya, yg penting GCU selayaknya mbl biasa aja untuk check battery healthnya. Kalo setelah dipinang batere masalah toh tinggal claim.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: [Need advice] Kona EV second

Post by trebla88 »

Cari unit lain yg Masih lengkap aja imho
Ini jd kaya beli hp ya kelengkapan ada charger, kartu
Ntar iklan mobil batangan atau fullset kedepannya buat yg elektrik
Dape bonus charger fast charging atau standarnya :big_biglaugh:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: [Need advice] Kona EV second

Post by Bibieight »

applecart wrote: Sun Jan 08, 2023 12:27 Halo para suhu. Saya lagi ngejar Kona EV second.

Want to get your advice, seberapa dealbreaker kita dapet unit wall charger dan kartu RFID bawaan-nya?

Kayaknya kalo ga punya kartu RFID-nya kita ga kan bisa charge di charging station Hyundai yang ada di mall-mall?

Tengkyu sebelumnya
Orang yang jual ganti EV baru apa gimana ?, soalnya kalo Hyundai kan dapet wallbox gratis ?, harga wallbox Hyundai (bikinan Delta, agen dimari PT. Tri Energi Berkarya), seinget sy sih bangsa 30an jt, masalahnya ini wallbox terintegrasi ke PLN biar dapet diskon 30% untuk ngecas, jd kalo beli sendiri merek lain perlu tanya yg jual apa bisa diintegrasikan ke PLN.

Saya pake Ioniq 5 3 bulan pertama ndak pake wall charger si aman2 aja, tapi tiap hari ngecas. Portable charger bawaan Hyundai max 12A, batere Kona (CMMIW) kan 40an kW, jadi per 10% 4 kW, asumsi bisa cas 12A berarti per 2 jam 10%. Asal ndak tiap hari habis > 50% si aman, semalem dapet bangsa 20-30% kan.
Pakai EV jangan ditunggu abis baru cas, jd sisa 60% lsg cas, jangan sering2 pentokin ke 100% kecuali mau jalan jauh, hari2 max. 80%, sebulan sekali ke 100% boleh.

Kalo secara batere cek aja : paling penting max battery voltage, min battery voltage. Terus voltage masing2 cell, harusnya sama semua ndak bole beda. Sukur2 dicek pas kondisi terisi 100%. Maxnya di 4.2V 50%nya di 3.6V.
Pengecekan kedua buat pengganti odo : cumulative energy chargingnya. Umur batere itu dr cycle, antara 1200-2000 full cycle (dr 0 ke 100%). Ini dikombinasi sama accumulated normal charging energy dibagi number of std. charging dan accumulated quick charging energy dibagi number of quick charging. EV ndak seneng sering2 di quick charging, apalagi kalo dalem2 (dari 5% ke 100% misalnya), jadi kalo kayak Kona cek aja rata2 kWh pas ngisi quick berapa, idealnya jangan diatas 32 kWh (berarti sering dipake ampe abis). Nah, kalo dikit2 ngecas lebih panjang lagi umur baterenya, jadi kl dikombinasi sm number of std charging bisa dikira2. Cumulative bole banyak, tp kl number of std chargingnya banyak berarti cyclenya msh sedikit krn ndak pernah dipake ampe abis.
Logikanya si begini ndak bisa dimainin, ndak ada cerita odo dimundurin, olie dikentelin, lha semua data kesimpen di BMS, kecuali niat bener BMSnya diganti ya….
Btw, saya pake carscanner, contoh hasil bacaannya di viewtopic.php?p=1236415#p1236415