2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
Jebmuldit
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: 11 Sep 2013, 19:18

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Jebmuldit »

ChZ wrote: 06 Feb 2023, 15:31
darrelund wrote: 06 Feb 2023, 15:13
mahal" yah mobil jaman now :big_biglaugh:

tinggal tunggu agya-ayla ada adeknya


harga segitu klo ga alergi bekas bisa dapet e-klasse/ 5er taun muda :big_biglaugh:

klo harga baru european relatif stabil yah........
makanya udah males liat mobil baru skrg. wkwkwkwk. 500 juta cuma dapet kijang apa apaan.

udah ga seberapa ngikutin mobil baru. ukurannya gede in comparison ke mobil2 lawas bahkan yang early 2000s udah punya safety tech standar spt abs dan crumple zone. pdhl dulu katanya alesan makin gede ya akomodir crumple zone. dan sayangnya ane rada alergi dengan mobil besar. wkwkwkwk. pd bilang ioniq5 keren gw ga merasa tuh mobil keren cuma boros parkiran dan susah manuver :ungg: kmrn liat LC300 di lobby sheraton jg meh ga berkesan dibanding LC100/LC200.

mana model ga ada yang bagus... maksudnya gak ada yang nempel ke otak lamaaaa sampe bikin kepengen ga tidur 7 hari 7 malem. kyknya orang kerja jadi designer mobil jg stress krn jaman 2000s itu udah cantik-cantik disuruh ubah apa lagi.

sedan2 jerman jg boring kayak copy paste perbesar antar model. ngga ada yang desireable gimana. ultra luxury cars buat kita yang paham mah cuma mobil generik yang dikasih maskara krn rolls royce is basically a 7-series BMW, bentley is basically a VW/ an Audi.

skrg mindset kalo beli mobil

- pake >5thn, skrg ga tega jual di bawah 5 thn.
- kalo current car msh works well dan low maintenance ga usah ganti krn tuker baru sakit ati sama nambahnya.
- klo buat ganti-ganti beli mobil bekas kesukaan yang bisa tipis-tipis dipake daily gantian :mky_03:


Kira kira model yang bisa membuat mbah kepengen 7 hari 7 malam itu apa yak?
cats catcher
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 580
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ariswp »

Sekilas mesin dynamic force toyota (M20, A25 dkk)

- oil pump variable yg diatur oleh ecu dengan banyak sensor (makanya wajib 0w16)
- water pump variable yg diatur oleh ecu dengan banyak sensor (tidak teegantung putaran mesin)
- thermostat yg bukaan diatur sama ecu dengan sensor (kemungkinan ada lebih dari satu, tergantung posisi disebelah mana)
- dual direct injection D4S toyota, dll
- dll

ini mesin advance, bukan ngejar performa tapi emang ngejar efisiensi dan emisi ketat juga

Semoga bertahan aja dibawa kesini dengan habit perawatan seadanya asal bisa jalan khas negara dunia ketiga dan mental sopir2 rental, boomers norak alay2 (loyal modif lampu, strobo, coating dll tapi pelit oli bagus, pelit bbm, bergizi sesuai rom, pajak nunggak dll)

Bayangin oli dikasi 10w40 ganti di 10-15rb, gantol pun ogah ganti filter, coolant kagak dikuras sampe mobil dijual lagi, oli matic sampe minyak rem pun juga kagak diganti sampe dijual lagi

Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Suryaputra »

ariswp wrote: 08 Feb 2023, 13:36 Sekilas mesin dynamic force toyota (M20, A25 dkk)

- oil pump variable yg diatur oleh ecu dengan banyak sensor (makanya wajib 0w16)
- water pump variable yg diatur oleh ecu dengan banyak sensor (tidak teegantung putaran mesin)
- thermostat yg bukaan diatur sama ecu dengan sensor (kemungkinan ada lebih dari satu, tergantung posisi disebelah mana)
- dual direct injection D4S toyota, dll
- dll

ini mesin advance, bukan ngejar performa tapi emang ngejar efisiensi dan emisi ketat juga

Semoga bertahan aja dibawa kesini dengan habit perawatan seadanya asal bisa jalan khas negara dunia ketiga dan mental sopir2 rental, boomers norak alay2 (loyal modif lampu, strobo, coating dll tapi pelit oli bagus, pelit bbm, bergizi sesuai rom, pajak nunggak dll)

Bayangin oli dikasi 10w40 ganti di 10-15rb, gantol pun ogah ganti filter, coolant kagak dikuras sampe mobil dijual lagi, oli matic sampe minyak rem pun juga kagak diganti sampe dijual lagi

Electric Oil Pump
Electric water Pump
Electric Thermos

Bagusnya...
- pressure stabil dan konstan sesuai kebutuhan mesin, gak pengaruh sm engine RPM
- klo mati, pasti dah dikasih pengaman = mesin gak akan bisa nyala.
insinyur jepang teliti biasanya soal gini gini :big_peace:

olinya plg kental, kudu w20 max ini.
biar kerja pompa oli, ketika mesin dingin, gak berat.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4208
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by kunaskun »

ariswp wrote: 08 Feb 2023, 13:36 Sekilas mesin dynamic force toyota (M20, A25 dkk)

- oil pump variable yg diatur oleh ecu dengan banyak sensor (makanya wajib 0w16)
- water pump variable yg diatur oleh ecu dengan banyak sensor (tidak teegantung putaran mesin)
- thermostat yg bukaan diatur sama ecu dengan sensor (kemungkinan ada lebih dari satu, tergantung posisi disebelah mana)
- dual direct injection D4S toyota, dll
- dll

ini mesin advance, bukan ngejar performa tapi emang ngejar efisiensi dan emisi ketat juga

Semoga bertahan aja dibawa kesini dengan habit perawatan seadanya asal bisa jalan khas negara dunia ketiga dan mental sopir2 rental, boomers norak alay2 (loyal modif lampu, strobo, coating dll tapi pelit oli bagus, pelit bbm, bergizi sesuai rom, pajak nunggak dll)

Bayangin oli dikasi 10w40 ganti di 10-15rb, gantol pun ogah ganti filter, coolant kagak dikuras sampe mobil dijual lagi, oli matic sampe minyak rem pun juga kagak diganti sampe dijual lagi

pasti awet, Toyota gituloh. lagian kurang siksaan apalagi karena sebelumnya udah dicobain di Voxy dan Camry = drivers car = perawatan ala buku manual doang dan ga jauh2 dari macetnya jalanan kota besar Indonesia.

lagian orang Indo kan yang penting awet bukan enak dipake, apalagi efisiensi :big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2369
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ilhami »

Ada info menarik, CVT tidak perlu flush. lumayan menghemat biaya

https://otoseken.gridoto.com/read/34368 ... misi-matik
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2152
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Venturtle »

Setelah ane perhatikan, lumayan banyak teman yang ganti reborn V/Venturernya ke Zenix G/V/Q ini.. dari testimoni sih yang berasa downgrade sih interiornya ya.. rata rata komen desainnya lama lama biasa aja dan tempat penyimpanan ga sebanyak reborn.. “rasa” setir juga enakan reborn yang berbobot meski ada juga yang senang setir Zenix yang lebih ringan..centre console susah dibuka dari arah penumpang depan..plat bodi juga tebalan reborn (sampel Venturer FL) ..yang menggangu di Zenix hybrid row 2 ada batere jadi kaki penumpang row 2 ga bisa masuk kolong.. di Zenix V & V hybrid, arm restnya letoy banget (gampang jatuh dari dudukannya).. sepertinya interiornya harus difacelift minimal seperti Voxy baru supaya kelihatan lebih mewah.. :mky_04:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Fearised
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 13 Jun 2017, 14:27
Location: Semarang
Daily Vehicle: Wagonr

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Fearised »

Venturtle wrote: 14 Feb 2023, 11:37 Setelah ane perhatikan, lumayan banyak teman yang ganti reborn V/Venturernya ke Zenix G/V/Q ini.. dari testimoni sih yang berasa downgrade sih interiornya ya.. rata rata komen desainnya lama lama biasa aja dan tempat penyimpanan ga sebanyak reborn.. “rasa” setir juga enakan reborn yang berbobot meski ada juga yang senang setir Zenix yang lebih ringan..centre console susah dibuka dari arah penumpang depan..plat bodi juga tebalan reborn (sampel Venturer FL) ..yang menggangu di Zenix hybrid row 2 ada batere jadi kaki penumpang row 2 ga bisa masuk kolong.. di Zenix V & V hybrid, arm restnya letoy banget (gampang jatuh dari dudukannya).. sepertinya interiornya harus difacelift minimal seperti Voxy baru supaya kelihatan lebih mewah.. :mky_04:
Minus:
-monitor rse rattle
-semburan lubang ac row 3 arah keubun2 row2
-pintu terasa kopong, berongga, pas ditutup ga mantap, mantepan xpander/livina saya dl
- suspensi imho lembutan xpander/livina saya dl, ini lebih kaku ,stiff, stabil, utk kenyamanan kurang.
-kualitas plastik interior kurang baik, feel murahan, cobalah pegang itu handle yang diatas, terasa spt plastik *mb*r
- tipe v airbag cuma 2? Hmmm
- posisi pas masuk pengemudi /penumpang depan, harus miringkan kepala ,kalau ga ingin kejedot kepala, padahal tinggi saya cuma 168cm, entah itu yang tinggi 175up spt apa , ini dikarenakan kaca depan tll landai ,lebih oke xpander/livina somehow utk keluar masuk depan
- posisi naruh pemadam mengganggu kaki penumpang dpan, jadi tdk lega ,apa apaan ini

Plusnya:
-irit
- model suv look alike
- stabil ditol utk ukuran mobil mpv
- bengkel resmi banyak ,terjamin
- pelayanan servis ok banget ,baik yang online/ offline
- kabin lega row ke 2

Mgkn itu saja review saya ,stlh pemakain zenix v gasoline saya, km saat ini 4065 . Tks

Nugroho semarang
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Suryaputra »

Fearised wrote: 15 Feb 2023, 10:56
Venturtle wrote: 14 Feb 2023, 11:37 Setelah ane perhatikan, lumayan banyak teman yang ganti reborn V/Venturernya ke Zenix G/V/Q ini.. dari testimoni sih yang berasa downgrade sih interiornya ya.. rata rata komen desainnya lama lama biasa aja dan tempat penyimpanan ga sebanyak reborn.. “rasa” setir juga enakan reborn yang berbobot meski ada juga yang senang setir Zenix yang lebih ringan..centre console susah dibuka dari arah penumpang depan..plat bodi juga tebalan reborn (sampel Venturer FL) ..yang menggangu di Zenix hybrid row 2 ada batere jadi kaki penumpang row 2 ga bisa masuk kolong.. di Zenix V & V hybrid, arm restnya letoy banget (gampang jatuh dari dudukannya).. sepertinya interiornya harus difacelift minimal seperti Voxy baru supaya kelihatan lebih mewah.. :mky_04:
Minus:
-monitor rse rattle
-semburan lubang ac row 3 arah keubun2 row2
-pintu terasa kopong, berongga, pas ditutup ga mantap, mantepan xpander/livina saya dl
- suspensi imho lembutan xpander/livina saya dl, ini lebih kaku ,stiff, stabil, utk kenyamanan kurang.
-kualitas plastik interior kurang baik, feel murahan, cobalah pegang itu handle yang diatas, terasa spt plastik *mb*r
- tipe v airbag cuma 2? Hmmm
- posisi pas masuk pengemudi /penumpang depan, harus miringkan kepala ,kalau ga ingin kejedot kepala, padahal tinggi saya cuma 168cm, entah itu yang tinggi 175up spt apa , ini dikarenakan kaca depan tll landai ,lebih oke xpander/livina somehow utk keluar masuk depan
- posisi naruh pemadam mengganggu kaki penumpang dpan, jadi tdk lega ,apa apaan ini

Plusnya:
-irit
- model suv look alike
- stabil ditol utk ukuran mobil mpv
- bengkel resmi banyak ,terjamin
- pelayanan servis ok banget ,baik yang online/ offline
- kabin lega row ke 2

Mgkn itu saja review saya ,stlh pemakain zenix v gasoline saya, km saat ini 4065 . Tks

Nugroho semarang
engineering di sektor drivetrain nya dah mahal kayanya:
- mesin impor jepang dan sepersusuan sama Voxy
- power to displacement ratio (N/A engine), termasuk besar tenaganya
170-an HP
- liat test di gridoto, aksel 0-100 bisa 10,8 detik (udah ngalahin ipah 2GD ini)
- FC juga termasuk irit buat ukuran dan tenaganya

Instead of interior quality and so on, look at the engineering sector. :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2152
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Venturtle »

Fearised wrote: 15 Feb 2023, 10:56
Venturtle wrote: 14 Feb 2023, 11:37 Setelah ane perhatikan, lumayan banyak teman yang ganti reborn V/Venturernya ke Zenix G/V/Q ini.. dari testimoni sih yang berasa downgrade sih interiornya ya.. rata rata komen desainnya lama lama biasa aja dan tempat penyimpanan ga sebanyak reborn.. “rasa” setir juga enakan reborn yang berbobot meski ada juga yang senang setir Zenix yang lebih ringan..centre console susah dibuka dari arah penumpang depan..plat bodi juga tebalan reborn (sampel Venturer FL) ..yang menggangu di Zenix hybrid row 2 ada batere jadi kaki penumpang row 2 ga bisa masuk kolong.. di Zenix V & V hybrid, arm restnya letoy banget (gampang jatuh dari dudukannya).. sepertinya interiornya harus difacelift minimal seperti Voxy baru supaya kelihatan lebih mewah.. :mky_04:
Minus:
-monitor rse rattle
-semburan lubang ac row 3 arah keubun2 row2
-pintu terasa kopong, berongga, pas ditutup ga mantap, mantepan xpander/livina saya dl
- suspensi imho lembutan xpander/livina saya dl, ini lebih kaku ,stiff, stabil, utk kenyamanan kurang.
-kualitas plastik interior kurang baik, feel murahan, cobalah pegang itu handle yang diatas, terasa spt plastik *mb*r
- tipe v airbag cuma 2? Hmmm
- posisi pas masuk pengemudi /penumpang depan, harus miringkan kepala ,kalau ga ingin kejedot kepala, padahal tinggi saya cuma 168cm, entah itu yang tinggi 175up spt apa , ini dikarenakan kaca depan tll landai ,lebih oke xpander/livina somehow utk keluar masuk depan
- posisi naruh pemadam mengganggu kaki penumpang dpan, jadi tdk lega ,apa apaan ini

Plusnya:
-irit
- model suv look alike
- stabil ditol utk ukuran mobil mpv
- bengkel resmi banyak ,terjamin
- pelayanan servis ok banget ,baik yang online/ offline
- kabin lega row ke 2

Mgkn itu saja review saya ,stlh pemakain zenix v gasoline saya, km saat ini 4065 . Tks

Nugroho semarang
Setuju untuk minus dan plusnya, om..
Minusnya ini yang membuat ga jadi tukar Venturer ane ke Zenix :big_childish:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by mr_mytplx »

Fearised wrote: 15 Feb 2023, 10:56
Minus:
-monitor rse rattle
-semburan lubang ac row 3 arah keubun2 row2
-pintu terasa kopong, berongga, pas ditutup ga mantap, mantepan xpander/livina saya dl
- suspensi imho lembutan xpander/livina saya dl, ini lebih kaku ,stiff, stabil, utk kenyamanan kurang.
-kualitas plastik interior kurang baik, feel murahan, cobalah pegang itu handle yang diatas, terasa spt plastik *mb*r
- tipe v airbag cuma 2? Hmmm
- posisi pas masuk pengemudi /penumpang depan, harus miringkan kepala ,kalau ga ingin kejedot kepala, padahal tinggi saya cuma 168cm, entah itu yang tinggi 175up spt apa , ini dikarenakan kaca depan tll landai ,lebih oke xpander/livina somehow utk keluar masuk depan
- posisi naruh pemadam mengganggu kaki penumpang dpan, jadi tdk lega ,apa apaan ini

Plusnya:
-irit
- model suv look alike
- stabil ditol utk ukuran mobil mpv
- bengkel resmi banyak ,terjamin
- pelayanan servis ok banget ,baik yang online/ offline
- kabin lega row ke 2

Mgkn itu saja review saya ,stlh pemakain zenix v gasoline saya, km saat ini 4065 . Tks

Nugroho semarang
terus nyesel ga om ganti dari xpander ke zenix?
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by alexand »





Zenix G Hybrid Eco driving full tank 52 liter ke bali = 1200an km VS Ugal driving baliknya 52 liter dapet 900an km

gimana menurut suhu2 di sini ?
cukup iritkah si zenix hybrid ini ?

kira2 zenix gasoline bisa seberapa irit ya ?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2369
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ilhami »

yang non hybrid juga ada pemadam kebakaran ?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Suryaputra »

alexand wrote: 22 Feb 2023, 19:26



Zenix G Hybrid Eco driving full tank 52 liter ke bali = 1200an km VS Ugal driving baliknya 52 liter dapet 900an km

gimana menurut suhu2 di sini ?
cukup iritkah si zenix hybrid ini ?

kira2 zenix gasoline bisa seberapa irit ya ?
Hitung jg sama selisih biaya ketika ganti batre nya..
Kira2 biaya akhirnya brp?

(dalam waktu let say 7-8 thn rata2 umur batre hibrid)

:big_peace:
Last edited by Suryaputra on 22 Feb 2023, 21:53, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 699
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by trebla88 »

alexand wrote: 22 Feb 2023, 19:26



Zenix G Hybrid Eco driving full tank 52 liter ke bali = 1200an km VS Ugal driving baliknya 52 liter dapet 900an km

gimana menurut suhu2 di sini ?
cukup iritkah si zenix hybrid ini ?

kira2 zenix gasoline bisa seberapa irit ya ?
Saya masi mikir bom waktunya si usia batere
Kurang worthed kalau saya sih....apalagi yg pake jarak pendek2
Kcuali nanti betebaran jasa servis batere Dan harga batere nya jadi murah2,

Kalau saya pilih misal mobil2 cvt spti mobilio,brv,lipindut l11
Lipindut sekali fulltank bisa trmbus 750km utk rute seeing tol jkt Tangerang
(pernah is sampai kedip2 fulltank cuma 41ltr an, ga sesuai spek yg 52ltr)

Kalau itungan saya utk beli mobilnya,isi bensin,bayar pajak, biaya servis oli dkk malah lebih worthed beli mobil2 cvt itu ya drpd kijang "hybrid"
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 698
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by timbermaniac123 »

Katanya si G gasoline nik 22 kalau masih ada disc bisa 35 juta. Kalau bener jadi 384 juta si gasoline jadi worth banget beda 74 juta sama hybrid, non indent pula. secara lebih irit juga dari gen sebelumnya, dalam kota bisa 1:11, macet parah 1:9. Ga perlu worry harga batre dan resell value

tapi kalau mau irit2an cuma dalam kota, harusnya veloz udah cukup banget. kalau pake avanza kesannya mobil operational kantor banget. pake ertiga kesannya lebih ke ojek online.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by AbdulHakim »

timbermaniac123 wrote: 22 Feb 2023, 22:24 Katanya si G gasoline nik 22 kalau masih ada disc bisa 35 juta. Kalau bener jadi 384 juta si gasoline jadi worth banget beda 74 juta sama hybrid, non indent pula. secara lebih irit juga dari gen sebelumnya, dalam kota bisa 1:11, macet parah 1:9. Ga perlu worry harga batre dan resell value

tapi kalau mau irit2an cuma dalam kota, harusnya veloz udah cukup banget. kalau pake avanza kesannya mobil operational kantor banget. pake ertiga kesannya lebih ke ojek online.
Ertiga terlalu mevvah buat jadi taxol, jarang banget nemu. Pernah sekali aja.
Ertiga itu mostly duo CalSig, AgAy sama brio setrika.
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by black2345 »

timbermaniac123 wrote: 22 Feb 2023, 22:24 Katanya si G gasoline nik 22 kalau masih ada disc bisa 35 juta. Kalau bener jadi 384 juta si gasoline jadi worth banget beda 74 juta sama hybrid, non indent pula. secara lebih irit juga dari gen sebelumnya, dalam kota bisa 1:11, macet parah 1:9. Ga perlu worry harga batre dan resell value

tapi kalau mau irit2an cuma dalam kota, harusnya veloz udah cukup banget. kalau pake avanza kesannya mobil operational kantor banget. pake ertiga kesannya lebih ke ojek online.
Masih ada xpander & stargazer om kalo ga mau pasaran 😄
Btw memang seirit apa ya veloz?

Oot soal ojol, sejak pandemi rasanya mobil2 yg dijadikan operasional ojol nggak seragam dulu.. setahun belakangan dapetnya cm agya/ayla/brio/cayla/sigra/av-xe lama

Ngobrol dgn para supir ojol mrk bilang skrg susah cari uang, jumlah penumpang emang sudah lebih bnyk dibanding pandemi, tp potongan dr aplikator cukup besar & bonus sdh nggak sebanyak dulu
User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: 28 Sep 2015, 23:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by BrianK3 »

Mending ini atau CX5 Elite yah? Harga masih murahan CX5 kayanya setelah diskon.
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 275
Joined: 22 Nov 2018, 21:39
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Iriawans »

lemonadelovers wrote: 05 Feb 2023, 09:35
Iriawans wrote: 31 Jan 2023, 08:03
kendibocor wrote: 21 Jan 2023, 22:30

Hah aki voxy emang perlu requirement tertentu? Perasaan 2022 kemaren alphard ortu ganti aki di beres toyota cuman 6 jutaan. Itu aja ganti ga blg2 ane harusnya ga semahal itu. Sama2 ada start stop jg kan :big_think:



Lah nganah mang disodorin bill ganti aki si riper plesur brp om ma si anugrah? Bukannya mepet 5 jeti jg :big_biglaugh:



Aki mazdut pake amaron khusus bwat istop cuman 1,6-1,7an kok om. Durabilitynya mirip2 aki bawaan si panasonic :upss:

Btw aki agm yurop 10an di beres tp jg kalo di spesialis cuman setengah harga, agak2 ajaib sih aki toyoti segitu :big_biglaugh:
Voxy gakda fitur aneh2 sih, makanya heran harus pake aki yg spek khusus :big_bored:
voxy aki mahal, lower arm mahal. jd mikir dulu megang Nissan Elgrand E52 murah bgt perawatannya aki standar kayak ipah diesel old, lower arm 3jt sebiji made in japan. boot cv join bsa pke punya hilux 4x4
bener banget om, ini kaki2 Voxy disarankan beres untuk ganti. estimasi biaya 20jt saja :mky_01:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by AbdulHakim »

BrianK3 wrote: 23 Feb 2023, 14:16 Mending ini atau CX5 Elite yah? Harga masih murahan CX5 kayanya setelah diskon.
CX5 AWD bakal jadi collector item kayaknya tuh
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1170
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Zaxis »

Jenik ini musti nya keluarin tipe Q bensin full spec juga
Daripada kaya sekarang jualan tipe bensin tapi spek kosong gitu,kalah sama felos,mana laku
Fearised
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 13 Jun 2017, 14:27
Location: Semarang
Daily Vehicle: Wagonr

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Fearised »

terus nyesel ga om ganti dari xpander ke zenix?
[/quote]

Alhamdulillah ngga jg om , memang butuh mobil dimensi lebih gede utk kebutuhan saat lukot . dan bengkel resmi yang deket rumah. untuk dalkot masih saya percayakan K10B saya yang sudah berusia 8thn tahun ini.
koorney
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Oct 2020, 15:43
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: innova 2gd alphard anh30

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by koorney »

Fearised wrote: 27 Mar 2023, 19:40 terus nyesel ga om ganti dari xpander ke zenix?
Alhamdulillah ngga jg om , memang butuh mobil dimensi lebih gede utk kebutuhan saat lukot . dan bengkel resmi yang deket rumah. untuk dalkot masih saya percayakan K10B saya yang sudah berusia 8thn tahun ini.
[/quote]

ane sebagai pengguna xpander yg baru ambil zenix hybrid , duduk di tengah jauh enakan zenix dan road noise jga enakan zenix .. untuk tenaga kalau cruising di tol juga enakan zenix , walaupun torsi di putaran bawah itu 11-12 sama xpander ( di eco dan normal mode) .
Zaraki38
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 13 Jul 2023, 20:06
Location: Tangerang

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Zaraki38 »

Kalau mau ganti ban Zenix tipe Q tapi tetap pake R18 baiknya naik ke 225/55 atau 235/50 atau malah 235/55 ya?
Ban standar Zenix tipe Q agak kecil gitu liatnya, lebih enak liat ban tipe V.. Dan katanya tipe V bantingannya lebih nyaman dibanding tipe Q, ada yg pernah bandingin kah?
sapifr22
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: 12 Sep 2016, 00:37

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by sapifr22 »

Kalau mau lebih penuh malah sepertinya lebih tepat kalau menaikkan ratio.
Malah bisa coba 225/60, kalau masuk.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post