REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

giel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 19 Dec 2007, 10:50

REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by giel »

Setelah lama menghilang sejak last post di 2017, ijinkan nubie mereview mobil tempur harian yang baru buka plastik bulan juli lalu yaitu All New Suzuki Ertiga Hybrid bertransmisi manual

Dengan iming-iming diskon 20jt plus aksesori berupa rear spoiler dan talang air (udah cuma 2 ini aja) maka langsung deal via whatsapp dengan salesnya tanpa tahu dealernya ada dimana. DI awal juni sales pun datang kerumah, isi SPK, dan disepakati saya mau warna barunya yang hanya ada di tipe GX hybrid yaitu Mellow Deep Red. Waktu SPK sales bilang warna ini gak ready stock, harus nunggu beberapa hari maksimal 2 minggu, tapi ya gak papalah karena saya sendiri juga minta tenggat pelunasan di akhir bulan. Tapi... selama di bulan juni ini hampir tiap hari saya tanyain si sales udah ada belum warna yang saya mau, jawabannya selalu BELUM ADA bahkan sampai akhir bulan saya mau pelunasan :mky_04: sampai spv dari sales tadi hubungi saya dan bilang warna ini bener2 belum keliatan hilalnya. Bahkan dia sendiri sampai nawarin kalau mau warna lain yang ready dapet free sill plate ori (di online 250rban) tapi saya bilang tuker urusin plat genap aja dan deal saya bayar 500rb (mahal apa murah ya ini?)

Skip..
Di awal juli mobil berwarna pearl snow white ini pun mendarat dengan sempurna
Facelift belakang cuma di desain trunklidnya aja
Facelift belakang cuma di desain trunklidnya aja

Dari luar hampir gak ada bedanya kecuali grill, trunklid dan emblem hybrid di bagasi belakang. Mbok ya udah 4 tahun facelift niat dikit dong sijuki. Kadang saya heran, ini pabrikan produknya selalu underrated, bagus gak ngasal secara feel, BQ, engineering, tapi kenapa urusan strategi jualannya kaya gak niat ya?
Hybrid vs non
Hybrid vs non
Sebelumnya saya pernah pakai GX 2021 AT, dengan experience yang cukup puas makanya walaupun udah basi secara model tapi karena enak ya tetep dipililh akhirnya :big_smoking:

Sebelum minang si hybrid ini saya udah cobain avanza FWB eh.. FWD tipe G. Pas masuk aja aura fit n finishnya udah kalah sama ertiga. Begitu juga pas duduk ergonomi joknya masih kurang menurut saya. Kekedapan kabin juga kalah, bantingan juga kalah. AC gak selengkap ertiga yang arah semburan lengkap, ada heater pula. Terus mikir, kalo saya pilih mobil ini kelebihannya apa ya? Gak kepikir veloz lagi karena harganya diluar budget dan harusnya urusan ergonomi dan build quality akan sama aja dengan yang tipe G.

Xpander memang gak sempat test drive lagi yang facelift karena pernah nyobain beberapa hari pakai Livina tipe VL matic dan saya agak kurang sreg. AC nya kaya agak kurang dingin kalau panas terik, tarikan juga gak segesit ertiga AT, tapi emang kekedapan kabinnya oke, bantingan suspensi juga enak, fitur ya okelah. Sayang konsumsi BBM nya yang gak irit-irit amat yang bikin mundur ditambah dimensi bodinya yang cukup besar kayanya menuh-menuhin garasi karena si ipah 2 liter masih ada gak dijual.


Dan yah inilah pilihan saya akhirnya
Interior beda di warna wood panel aja dengan pre-FL
Interior beda di warna wood panel aja dengan pre-FL

Dengan desain dasbor yang agak kurang luwes di mata saya. Sususan layernya agak kurang sreg di mata, padahal warna wood panelnya saya suka dibanding pre FL. Tapi ya setidaknya terbayar dengan fit n finish yang lebih baik dari avanza, walau masih kalah overall skornya dibanding xpander.

Meski begitu, desain speedometernya saya suka. Font, warna dan layar MID TFT nya yang terasa hi res kalau dibanding avanza
IMG_20221021_083953.jpg
Feel berkendaranya sama aja dengan yang pre FL. Tapi surprisingly kekedapan kabinnya lebih baik, kalau yg pre FL masih kedapan xpander kalau ini rasanya udah sama atau bahkan sedikit lebih silent. Ban enaenasave nya aja yang bikin berisik :mky_04: . Tapi di hybrid ini system regeneratif brakingnya harus penyesuaian dulu kalau di manual (entah di AT gimana), kalau lepas gasnya kasar bakal ndut-ndutan. Kalau udah biasa sih enak, ini bisa ngebantu pengereman malah di beberapa kondisi saya gak perlu rem lagi cukup andelin aja regeneratifnya. Lalu peran 'boost' motor listriknya cukup berasa waktu akselerasi.

Urusan konsumsi BBM :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:

Berhubung saya tim eman-eman aki maka idling stop always off, konsumsi BBM di rute bekasi-BSD PP weekday via JORR hasilnya seperti tertera di atas antara 16-17 kpl. Saya reset tiap refuel atau sekitar seminggu sekali, dengan hasil full to full hasilnya kadang sama, kadang lebih boros dikit malah kadang lebih irit tapi deviasinya gak pernah lebih dari 1kpl

Adapun hal yang saya gak suka dari mobil ini:
- gak ada auto lock. big why untuk suzuki kenapa hal sesederhana ini gak bisa dipasangin?
- auto headlamp terlalu sensitif dan cuma bisa on off lampu besar aja, gak bisa lampu senja dulu. padahal sensor ini ada 2 step, keliatan dari kalau redup dikit hanya lampu luar yang nyala tapi kalau udah gelap total lampu instrumen ikut nyala.
- gak ada console box. entah apa pertimbangannya mengingat kompetitornya punya
- fitur head unit biasa aja dan gak ada tweeter :big_dunno:
- headlamp belum LED mungkin buat orang lain jadi kekurangan. Tapi buat saya malah kebeneran jadi bisa upgrade sesuai selera. Projector bawaannya ini bagus, kalau dikasih LED yang proper jadi auto terang. Avanza dan XL7 lewat..
- gak ada lampu kabin untuk bagasi, cuma ada di atas jok tengah yang susah dijangkau kalau dari bagasi
- part aftermarket gak sebanyak apansa. yah mungkin ini jawaban dari pertanyaan saya sendiri soal kelebihan apansa :big_blushing:

Kesimpulan saya puas dengan mobil ini. LMPV yang dari segi harga cenderung masuk ke lower LMPV tapi dari segi BQ dan ride quality diatas rival yang nangkring nomor 1 penjualan dari tahun ke tahun :big_okay:

Semua tulisan saya di atas hanya opini pribadi sebagai user

Kayanya segitu dulu ngocehnya, silakan kalo ada pertanyaan :big_grin:
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by black2345 »

Selamat om atas mobil barunya..

Suzuki indo memang ga niat jualan di dlm negeri krn ekspor mrk cukup besar, padahal kalau mau mainan kosmetik aja & cuci otak para sales bakal laku kenceng nih mobil

Fc 17/18kpl itu pakai bbm apa om kalo boleh tau? Kebetulan sebagai sesama pengguna ertiga fc saya mentok di 12,4 setelah setahun lebih ngga di reset, bbm mixed turbo:pertalite (1:3)
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1185
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by pendoli »

Wah tumben ada yang pindah dari AT ke MT 😆 congrats ya om, hemat juga mobilnya. Soal lampu iya bohlam asli kurang banget ya, gw juga langsung ganti bohlam biar ga suram2 amat…
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
fansdiesel
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 19 Jul 2018, 12:30

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by fansdiesel »

bukannya urus plat ganjil/genap selama nomor random itu free ya
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 957
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by kenop »

fansdiesel wrote: 30 Dec 2022, 09:17 bukannya urus plat ganjil/genap selama nomor random itu free ya
Bayar om, bbrp waktu lalu barengan beli 2 mobil merk beda, 2-2 nya bayar 1 jutaan buat req ganjil / genap doang (bukan nopol milih), akhirnya pasrah aja udah ga rela bayar hampir 3 jt cm buat pilih ganjil / genap aja.. eh pas plat jadi, 1 ganjil 1 gelap :big_biglaugh:
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 06 Dec 2017, 13:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by bimzbim »

selamat dulu buat mobil barunya. Ane juga pemake ertiga GX, tahun 2014 malah. Mobil pertama dan rencananya bakal ane keep sampe ane koid. Km skrg udah jalan di 180.000. Sampe skrg ni mobil masih jadi mobil tempur utama. Sampe skrg nih mobil masih halus banget mesinnya, interior standarnya masih enak banget diliat, terutama jok bahan kainnya (service setahun sekali sih buat bersihin interior), AC nya masih dingin, tapi suara ratle interior udah mulai bermunculan. Mobil kesayangan ane sebenernya ini (the only car yg selalu saya cuci sendiri).
2 minggu lalu kita sekeluarga road trip jkt-bali, dan ane usul pake ertiga buat dipake jalan. Keluarga pada protes, tapi akhirnya terpaksa setuju. Dan emang ertiga juara sih, mobil setua ini masih bisa cruising contant di 100 - 120, non stop (direst area stop) total 26 jam. Total jarak mulai dari pergi sampe pulang sekitar 3000 an km. Ga ada issue sama sekali. Cinta pertama emang ga pernah salah hehehe
Last edited by bimzbim on 30 Dec 2022, 11:44, edited 1 time in total.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4402
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by Pboyz97 »

nice review om, mobil ini memang value for money karena fiturnya cukup lengkap + salah 1 yg paling nyaman juga dikelasnya, walaupun desainnya udh mulai keliatan outdated dibanding rival2 sekelasnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'18 ANPS
'23 HRV
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by mr_mytplx »

bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 11:31 selamat dulu buat mobil barunya. Ane juga pemake ertiga GX, tahun 2014 malah. Mobil pertama dan rencananya bakal ane keep sampe ane koid. Km skrg udah jalan di 180.000. Sampe skrg ni mobil masih jadi mobil tempur utama. Sampe skrg nih mobil masih halus banget mesinnya, interior standarnya masih enak banget diliat, terutama jok bahan kainnya (service setahun sekali sih buat bersihin interior), AC nya masih dingin, tapi suara ratle interior udah mulai bermunculan. Mobil kesayangan ane sebenernya ini (the only car yg selalu saya cuci sendiri).
2 minggu lalu kita sekeluarga road trip jkt-bali, dan ane usul pake ertiga buat dipake jalan. Keluarga pada protes, tapi akhirnya terpaksa setuju. Dan emang ertiga juara sih, mobil setua ini masih bisa cruising contant di 100 - 120, non stop (direst area stop) total 26 jam. Total jarak mulai dari pergi sampe pulang sekitar 3000 an km. Ga ada issue sama sekali. Cinta pertama emang ga pernah salah hehehe
emang mobil lain alternatif untuk road trip nya apa om? kok keluarga pada protes.
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 06 Dec 2017, 13:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by bimzbim »

mr_mytplx wrote: 30 Dec 2022, 12:02
bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 11:31 selamat dulu buat mobil barunya. Ane juga pemake ertiga GX, tahun 2014 malah. Mobil pertama dan rencananya bakal ane keep sampe ane koid. Km skrg udah jalan di 180.000. Sampe skrg ni mobil masih jadi mobil tempur utama. Sampe skrg nih mobil masih halus banget mesinnya, interior standarnya masih enak banget diliat, terutama jok bahan kainnya (service setahun sekali sih buat bersihin interior), AC nya masih dingin, tapi suara ratle interior udah mulai bermunculan. Mobil kesayangan ane sebenernya ini (the only car yg selalu saya cuci sendiri).
2 minggu lalu kita sekeluarga road trip jkt-bali, dan ane usul pake ertiga buat dipake jalan. Keluarga pada protes, tapi akhirnya terpaksa setuju. Dan emang ertiga juara sih, mobil setua ini masih bisa cruising contant di 100 - 120, non stop (direst area stop) total 26 jam. Total jarak mulai dari pergi sampe pulang sekitar 3000 an km. Ga ada issue sama sekali. Cinta pertama emang ga pernah salah hehehe
emang mobil lain alternatif untuk road trip nya apa om? kok keluarga pada protes.
alternatifnya CRV atau VRZ
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8317
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by Suryaputra »

bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 13:51
mr_mytplx wrote: 30 Dec 2022, 12:02
bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 11:31 selamat dulu buat mobil barunya. Ane juga pemake ertiga GX, tahun 2014 malah. Mobil pertama dan rencananya bakal ane keep sampe ane koid. Km skrg udah jalan di 180.000. Sampe skrg ni mobil masih jadi mobil tempur utama. Sampe skrg nih mobil masih halus banget mesinnya, interior standarnya masih enak banget diliat, terutama jok bahan kainnya (service setahun sekali sih buat bersihin interior), AC nya masih dingin, tapi suara ratle interior udah mulai bermunculan. Mobil kesayangan ane sebenernya ini (the only car yg selalu saya cuci sendiri).
2 minggu lalu kita sekeluarga road trip jkt-bali, dan ane usul pake ertiga buat dipake jalan. Keluarga pada protes, tapi akhirnya terpaksa setuju. Dan emang ertiga juara sih, mobil setua ini masih bisa cruising contant di 100 - 120, non stop (direst area stop) total 26 jam. Total jarak mulai dari pergi sampe pulang sekitar 3000 an km. Ga ada issue sama sekali. Cinta pertama emang ga pernah salah hehehe
emang mobil lain alternatif untuk road trip nya apa om? kok keluarga pada protes.
alternatifnya CRV atau VRZ
:mky_06:

luar biasa si mbah,
bener2 cinta pertama dan cinta sejati itu mah

padahal pasangan ke 2 dan 3 lbh fresh
:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 06 Dec 2017, 13:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by bimzbim »

Suryaputra wrote: 30 Dec 2022, 14:07
bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 13:51
mr_mytplx wrote: 30 Dec 2022, 12:02

emang mobil lain alternatif untuk road trip nya apa om? kok keluarga pada protes.
alternatifnya CRV atau VRZ
:mky_06:

luar biasa si mbah,
bener2 cinta pertama dan cinta sejati itu mah

padahal pasangan ke 2 dan 3 lbh fresh
:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Semua cerita duka dilewati sama mobil ini gan. Kalo yg laen udah masa sukanya aja
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8317
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by Suryaputra »

bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 14:27
Suryaputra wrote: 30 Dec 2022, 14:07
bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 13:51
alternatifnya CRV atau VRZ
:mky_06:

luar biasa si mbah,
bener2 cinta pertama dan cinta sejati itu mah

padahal pasangan ke 2 dan 3 lbh fresh
:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Semua cerita duka dilewati sama mobil ini gan. Kalo yg laen udah masa sukanya aja
iya bener mbah
pasangan setia emang terbaik ya :mky_01:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1021
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by qushay20019 »

bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 14:27 Semua cerita duka dilewati sama mobil ini gan. Kalo yg laen udah masa sukanya aja
I know exactly how you feel :big_peace:
giel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 19 Dec 2007, 10:50

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by giel »

black2345 wrote: 30 Dec 2022, 06:20 ---

Fc 17/18kpl itu pakai bbm apa om kalo boleh tau? Kebetulan sebagai sesama pengguna ertiga fc saya mentok di 12,4 setelah setahun lebih ngga di reset, bbm mixed turbo:pertalite (1:3)
Full pertalite om, blm pernah tersentuh oktan tinggi mobil ini :ungg:

Cuma waktu pertalite baru naik harga dan kualitasnya ancur2an saya isi vivo 89
giel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 19 Dec 2007, 10:50

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by giel »

bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 11:31 selamat dulu buat mobil barunya. Ane juga pemake ertiga GX, tahun 2014 malah. Mobil pertama dan rencananya bakal ane keep sampe ane koid. Km skrg udah jalan di 180.000. Sampe skrg ni mobil masih jadi mobil tempur utama. Sampe skrg nih mobil masih halus banget mesinnya, interior standarnya masih enak banget diliat, terutama jok bahan kainnya (service setahun sekali sih buat bersihin interior), AC nya masih dingin, tapi suara ratle interior udah mulai bermunculan. Mobil kesayangan ane sebenernya ini (the only car yg selalu saya cuci sendiri).
2 minggu lalu kita sekeluarga road trip jkt-bali, dan ane usul pake ertiga buat dipake jalan. Keluarga pada protes, tapi akhirnya terpaksa setuju. Dan emang ertiga juara sih, mobil setua ini masih bisa cruising contant di 100 - 120, non stop (direst area stop) total 26 jam. Total jarak mulai dari pergi sampe pulang sekitar 3000 an km. Ga ada issue sama sekali. Cinta pertama emang ga pernah salah hehehe
Ertiga old interiornya ngangeni om. Panel2 plastiknya lebih solid dari all new, bludrunya juga lembut. Buat saya ini udah mirip2 innova feelnya..

Bantingan suspensi juga enakan yang lama kok om, yang baru lebih enaknya buat ugal di kecepatan tinggi :mky_01:
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by mr_mytplx »

bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 13:51
alternatifnya CRV atau VRZ
Wah mantab om. bener cinta mati sama ertiga. :big_exellent:
giel wrote: 30 Dec 2022, 23:28
Ertiga old interiornya ngangeni om. Panel2 plastiknya lebih solid dari all new, bludrunya juga lembut. Buat saya ini udah mirip2 innova feelnya..

Bantingan suspensi juga enakan yang lama kok om, yang baru lebih enaknya buat ugal di kecepatan tinggi :mky_01:
iy menurut ane interiornya bagus yg lama. keliatan lebih elegan dan mewah jg.
Otomania
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 19 Aug 2020, 10:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Honda suzuki

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by Otomania »

Baru liat yt mas Wahid
Katanya peringkat no 1 Ertiga dalam perburuan mobil
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2097
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by Venturtle »

nice review, om :big_exellent:
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by black2345 »

Otomania wrote: 01 Jan 2023, 07:56 Baru liat yt mas Wahid
Katanya peringkat no 1 Ertiga dalam perburuan mobil
Ertiga gen awal emang balance di semua sisi, nyaman dapet, irit iya, service & parts terjangkau plus fwd yg jd momok ternyata nggak terbukti..
Avanza? Org uda bosen
Livina? Aftersalesnya gelap
Mobilio? Keras

Group2 fb ertiga pada rame lagi krn old gen yg sedang naik daun..
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2309
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by KielConstantine »

qushay20019 wrote: 30 Dec 2022, 14:38
bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 14:27 Semua cerita duka dilewati sama mobil ini gan. Kalo yg laen udah masa sukanya aja
I know exactly how you feel :big_peace:
Yang begini bgini biasanya jadi target market kang goreng mobil om… :big_biglaugh:


Ntar bunyi iklanya kurang lebih gini :

Dijualllllll
Sujukii ertiga taon 2014 .. odo 15k only.. manual, antikkk !!!!!!
-input bacotan cerita- bla bla bla bla bla

Open price: IDR 210 juta :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Otomania
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 19 Aug 2020, 10:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Honda suzuki

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by Otomania »

KielConstantine wrote: 02 Jan 2023, 22:35
qushay20019 wrote: 30 Dec 2022, 14:38
bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 14:27 Semua cerita duka dilewati sama mobil ini gan. Kalo yg laen udah masa sukanya aja
I know exactly how you feel :big_peace:
Yang begini bgini biasanya jadi target market kang goreng mobil om… :big_biglaugh:


Ntar bunyi iklanya kurang lebih gini :

Dijualllllll
Sujukii ertiga taon 2014 .. odo 15k only.. manual, antikkk !!!!!!
-input bacotan cerita- bla bla bla bla bla

Open price: IDR 210 juta :wkkk:


Pernah bantu nyari temen second Ertiga old th 2017 setahun yg lalu,beli di old autos sorum,kena di angka 136jt lah skg pasaran nya udh pada naik buka harga 140an ke atas :big_dunno:
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 06 Dec 2017, 13:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by bimzbim »

mr_mytplx wrote: 31 Dec 2022, 11:21
bimzbim wrote: 30 Dec 2022, 13:51
alternatifnya CRV atau VRZ
Wah mantab om. bener cinta mati sama ertiga. :big_exellent:
giel wrote: 30 Dec 2022, 23:28
Ertiga old interiornya ngangeni om. Panel2 plastiknya lebih solid dari all new, bludrunya juga lembut. Buat saya ini udah mirip2 innova feelnya..

Bantingan suspensi juga enakan yang lama kok om, yang baru lebih enaknya buat ugal di kecepatan tinggi :mky_01:
iy menurut ane interiornya bagus yg lama. keliatan lebih elegan dan mewah jg.
hehehe cinta mati sih ngga gan, tapi cinta pertama. Lebih ke masalah romantisme aja sih.
Sama kayak ayah saya, mobil pertama nya sampe sekarang masih disimpen. Kalo lagi ada urusan sendiri, pinginnya dianter pake tuh mobil. Kijang hobart tahun 1990.
nino9
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 07 Sep 2021, 10:05

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by nino9 »

Ada rekomendasi sales Suzuki untuk Jakarta?
Otomania
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 19 Aug 2020, 10:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Honda suzuki

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by Otomania »

+62 813-8000-3614 nih om mamanya reno trakhir beli SM doi,doi sales head,skg doi udh naikk katanya JD megang sales 1 cabang
jordanmax
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 07 Sep 2022, 08:22
Location: Bandung

Re: REVIEW All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 MT

Post by jordanmax »

giel wrote: 29 Dec 2022, 23:06 Berhubung saya tim eman-eman aki maka idling stop always off, konsumsi BBM di rute bekasi-BSD PP weekday via JORR hasilnya seperti tertera di atas antara 16-17 kpl. Saya reset tiap refuel atau sekitar seminggu sekali, dengan hasil full to full hasilnya kadang sama, kadang lebih boros dikit malah kadang lebih irit tapi deviasinya gak pernah lebih dari 1kpl
jika idling stop always off, berarti tiap mau pertama kali jalan (saat hidupkan mesin) selalu tekan tombol matikan idling stop terlebih dahulu? atau ada fitur selalu mati idling stop nya, jadi ga usah tekan-tekan tombol on off idling stop.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post