Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

Guys,

Dalam rangka pergantian Suzuki Swift 2013 tahun depan krn penumpang sudah bosan jadi batagor kocok :big_biglaugh: , saya mulai cari2 pandangan calon mobil pengganti, bisa baru bisa bekas, syaratnya: empuk/nyaman dan luas buat penumpang belakang, tidak wajib 3 baris LMPV, tapi wajib IRIT krn 6 hari dalam seminggu bakalan jadi mobil yg pake sopir, dan rata2 perjalanan dalam seminggu bisa diatas 300km. Kalau diatas 250jt sampe 300jt tipis beli baru, kalau bekas harus dibawah 200jt tapi dng kondisi yg masih relevan kepake 4-5 tahun kedepan. Dan meski saya nantinya cuma pake sekali-kali tetap mobilnya wajib fun-to-drive, atau minimal ga bikin kesel yg nyetir. :big_okay:

Awalnya saya naksir Camry XV50 hybrid (sempat saya jadikan thread ini viewtopic.php?t=32109). Tapi di Surabaya unitnya langka dan belum ada yg cocok (cepat laku pula), mau import dari Jakarta ribet nga ada yg cek.

Nah, dari browsing2 shortlist nya dng kriteria harga yg masuk adalah:
1) Honda City RS CVT (krn diskonnya lumayan) :big_grin: :big_grin:
2) Honda BRV Prestige HS (krn diskon 50jt, siapa tau cocok) :big_grin:
3) Suzuki Baleno AT (model dan warna birunya suka)
4) Suzuki S-Cross AT second, krn kalau baru meski harga setelah diskon 60jt hanya beda 20jt an dari Baleno tapi umur model udah terlalu tua, rasanya kurang worth it di 2023 nanti. Nga tau lagi kalo tahun depan masih ada unit S Cross NIK 2022 dan diskon bisa lebih gede lagi, mungkin saya ganti pikiran :big_grin:

Hari Sabtu kmrn saya TD Suzuki Baleno krn kebetulan ada pameran. Impresinya diluar dugaan! Bantingan empuk nga kalah jauh dari CorCross, jauh lebih empuk dari CX3, kabin sangat kedap sampe kuping agak terasa popping waktu pintu ditutup, suara mesin sama ban nga lebih keras dari CorCross juga, posisi kabin penumpang belakang luas, ada ventilasi AC pula di konsol box tengah. Yang juga diluar dugaan: posisi pengemudi nyaman, kursi nya bisa membekap bodi, ketinggian armrest pas dan gampang menjangkau shifting stick, mirip2 dng CX3 dan juga CroCross. Menurut saya Baleno termasuk fun-to-drive. Heads-up display gimmick yang nice to have di harga segini. Satu-satunya kekurangan cuma di auto transmisi yang tetap pake 4-speed dng overdrive. Di 2022. Sampe 2023 and beyond. Tapi harus bersyukur pula nga sampe dikasih transmisi AGS yg termashyur itu. :big_think:

Hari minggu kemarin saya TD Honda BRV dan Honda City.

Impresi Honda BRV dulu: tidak jelek, tapi krn ground clearance tinggi otomatis tidak bisa seempuk Baleno. Penumpang belakang tidak ada masalah, sudah pasti luas, tapi syarat kenyamanan berkurang krn kurang "kentul2" (kata kakak yg nanti jadi penumpang harian). Baris ke 3 jadi overkill krn ga guna juga (buat saya). Satu yg bikin nga enak buat sopir: armrest terlalu rendah + ga bisa ditarik maju, dan shifting stick nun jauh kebawahan, tangan kiri capek, harus menggapai2 + tidak ada manual mode, cuma ada mode S yang kalau dipilih RPM langsung menyalak tanpa ada pergantian kecepatan yg berarti. Kesimpulan BRV tidak lolos seleksi mobil yang masuk kriteria fun-to-drive saya.

Setelah TD BRV di Surabaya Barat, dilanjut TD Honda City di Surabaya Selatan. :big_smile] Sebetulnya ini TD ke 2 dari Honda City krn akhir 2021 sempat tes di GIIAS Surabaya. Waktu itu tes udah malam jadi nga terlalu konsen, impresi waktu itu: meh (padahal review Honda City di YouTube glowing shimmering splendid). :big_chicken: Yg saya ingat: power di putaran rendah kurang nendang + posisi duduk ketinggian, asumsi gir naik turun kursi sopir rusak soalnya saya sempat coba turunkan tuas nya bunyi krek krek, krn takut rusak akhirnya saya TD dng posisi kepala hampir nempel plafon :big_comfort:

Saya kasih kesempatan lagi buat Honda City dng unit test yg baru, siapa tau bisa mengubah impresinya.

Hasil TD Honda City Part Deux: komentar penumpang belakang positif semua. Lebih empuk dari BRV tapi nga sampe yg mantul2, kabin belakang luas, nga bakalan rebutan space sama penumpang depan. All is well.

Kecuali buat saya yg jadi sopir :big_cry: : ini unit TD ke 2 dalam rentang setahun yang tuas naik turun kursi sopir nya sama juga bunyi krek krek kalau diturunkan, seperti giginya macet (tapi ternyata nga macet), dan setelah berhasil diturunkan sampe paling rendah posisi kursinya saya masih kurang nyaman, masih ketinggian, rasanya sopir kurang menyatu dengan mobil. Armrest tengah juga ga ada fungsi nya krn posisi terlalu rendah (padahal posisi kursi sudah paling rendah) + shifting knob juga kejauhan buat diraih. Tangan kiri sopir jadi capek gantung2 gitu. Saya sampe bingung krn di beberapa video YouTube pada memuji2 HC amat fun-to-drive, kalo menurut saya sih tangan (kiri) lelah. Mungkin fun-to-drive krn cuma testing bentar aja buat konten, tapi kalo buat pake sehari2 capek juga. Seriously I want to love HC tapi kok jadinya susah sekali ya. Dengan berat hati Honda City harus jadi opsi kesekian.

Suzuki S-Cross belum sempat TD krn sudah nga ada dealer yg sediakan unit TD + cari bekas juga termasuk langka dan fast moving, jadi kayaknya harus bersabar lagi beberapa bulan kedepan. Kalau dari video2 sih harusnya penumpang belakang no problem, minus nya buat yg sopir mungkin power kurang, harus remap nantinya.

Kesimpulan: Suzuki Baleno surprisingly jadi contender no 1, krn diluar transmisi matic yg serasa tahun 2000, keuntungan impresi yg lain2 mampu memuaskan penumpang dan test driver/sponsor. Let's see apa awal tahun depan jadi boyong Baleno atau S Cross.

Pertanyaan: apa kriteria fun-to-drive dari temen2 TS sekalian? Apakah harus enak buat nikung tapi capek buat jalan panjang, atau enak buat jalan panjang tapi nikungnya sambil penuh doa? Atau wajib enak nikung PLUS enak buat jalan panjang? Apa mobil non premium ter-fun-to-drive yg pernah dipake/dipunya?
:big_smile]

Kalo pengalaman saya, mobil paling fun-to-drive yg pernah saya punya: Ford Fiesta 2013 (RIP). Runner-up: Mazda CX3.

Honorable mention hunting mobkas-nya:
1) Toyota Vios Gen 3 atau Yaris: kabin belakang sempit (Vios Gen 4 baru diatas budget)
2) Toyota Sienta Q: bawaan condong keras kebanting2 (katanya) :big_peace:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by Zaxis »

Cx3 fun to drive
Kekurangan nya cuma baris 2 sempit dan prinsipal nya yg ga niat jualan
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by sherryandkez »

kalo saya sih langsung pilih baleno baru, worry free, enak hahaha

camry hybrid kalo mau nyari di jkt saya bs bantuin
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

Zaxis wrote: Mon Dec 12, 2022 7:38 Cx3 fun to drive
Kekurangan nya cuma baris 2 sempit dan prinsipal nya yg ga niat jualan
Nah pasti lah setuju ini, memang enak buat sopir nya tapi kasihan penumpang belakang apalagi kalo ukuran agak surplus :big_biglaugh:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

sherryandkez wrote: Mon Dec 12, 2022 7:44 kalo saya sih langsung pilih baleno baru, worry free, enak hahaha

camry hybrid kalo mau nyari di jkt saya bs bantuin
Bener, kayaknya bakalan closing Baleno Gan, krn hitungan mobil baru ga perlu mikir 3-4 tahun kedepan. :big_exellent:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by Or4cle »

peterming77 wrote: Mon Dec 12, 2022 7:56
Zaxis wrote: Mon Dec 12, 2022 7:38 Cx3 fun to drive
Kekurangan nya cuma baris 2 sempit dan prinsipal nya yg ga niat jualan
Nah pasti lah setuju ini, memang enak buat sopir nya tapi kasihan penumpang belakang apalagi kalo ukuran agak surplus :big_biglaugh:
IMHO, definisi fun to drive ya buat driver ... so gak perlu pikirin penumpang belakang :big_biglaugh:
Kalau mikirin penumpang belakang mesti cari yang nyaman :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by ChZ »

problem ane dengan BRV justru joknya kurang gede sih paha kurang ketopang tapi kalo armrest gak ada masalah... kadang postur tubuh juga ngaruh sih sama ergonomi. ane di most LMPVs gak ada masalah dengan ergonomi. LCGC selain brio satya semua masalah :mky_01:
Pertanyaan: apa kriteria fun-to-drive dari temen2 TS sekalian? Apakah harus enak buat nikung tapi capek buat jalan panjang, atau enak buat jalan panjang tapi nikungnya sambil penuh doa? Atau wajib enak nikung PLUS enak buat jalan panjang? Apa mobil non premium ter-fun-to-drive yg pernah dipake/dipunya?
non-premium ni gimana om? selain merek BMW mercedes audi? atau low under 300 juta? tapi mengingat om ada sebut CX3 ya berarti asumsi brand selain BMW dkk lah ya hahaha klo saya sih masih civic hatch yg dipake sehari-hari :mky_03:

mazda sky itu enak sblm ada honda berturbo tp sejak honda keluarin mesin berturbo top end nya ane gak puas sih apalagi mazda3 baru mesinnya belet bgt. civic imo masih paling balanced. rear independent suspension jg nilai + nikung gak rasa melayang atau serem. CX3 pernah coba 170 pindah jalur aja ngeri.
Last edited by ChZ on Mon Dec 12, 2022 8:18, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by Pboyz97 »

peterming77 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:15 Guys,

Dalam rangka pergantian Suzuki Swift 2013 tahun depan krn penumpang sudah bosan jadi batagor kocok :big_biglaugh: , saya mulai cari2 pandangan calon mobil pengganti, bisa baru bisa bekas, syaratnya: empuk/nyaman dan luas buat penumpang belakang, tidak wajib 3 baris LMPV, tapi wajib IRIT krn 6 hari dalam seminggu bakalan jadi mobil yg pake sopir, dan rata2 perjalanan dalam seminggu bisa diatas 300km. Kalau diatas 250jt sampe 300jt tipis beli baru, kalau bekas harus dibawah 200jt tapi dng kondisi yg masih relevan kepake 4-5 tahun kedepan. Dan meski saya nantinya cuma pake sekali-kali tetap mobilnya wajib fun-to-drive, atau minimal ga bikin kesel yg nyetir. :big_okay:

Awalnya saya naksir Camry XV50 hybrid (sempat saya jadikan thread ini viewtopic.php?t=32109). Tapi di Surabaya unitnya langka dan belum ada yg cocok (cepat laku pula), mau import dari Jakarta ribet nga ada yg cek.

Nah, dari browsing2 shortlist nya dng kriteria harga yg masuk adalah:
1) Honda City RS CVT (krn diskonnya lumayan) :big_grin: :big_grin:
2) Honda BRV Prestige HS (krn diskon 50jt, siapa tau cocok) :big_grin:
3) Suzuki Baleno AT (model dan warna birunya suka)
4) Suzuki S-Cross AT second, krn kalau baru meski harga setelah diskon 60jt hanya beda 20jt an dari Baleno tapi umur model udah terlalu tua, rasanya kurang worth it di 2023 nanti. Nga tau lagi kalo tahun depan masih ada unit S Cross NIK 2022 dan diskon bisa lebih gede lagi, mungkin saya ganti pikiran :big_grin:

Hari Sabtu kmrn saya TD Suzuki Baleno krn kebetulan ada pameran. Impresinya diluar dugaan! Bantingan empuk nga kalah jauh dari CorCross, jauh lebih empuk dari CX3, kabin sangat kedap sampe kuping agak terasa popping waktu pintu ditutup, suara mesin sama ban nga lebih keras dari CorCross juga, posisi kabin penumpang belakang luas, ada ventilasi AC pula di konsol box tengah. Yang juga diluar dugaan: posisi pengemudi nyaman, kursi nya bisa membekap bodi, ketinggian armrest pas dan gampang menjangkau shifting stick, mirip2 dng CX3 dan juga CroCross. Menurut saya Baleno termasuk fun-to-drive. Heads-up display gimmick yang nice to have di harga segini. Satu-satunya kekurangan cuma di auto transmisi yang tetap pake 4-speed dng overdrive. Di 2022. Sampe 2023 and beyond. Tapi harus bersyukur pula nga sampe dikasih transmisi AGS yg termashyur itu. :big_think:

Hari minggu kemarin saya TD Honda BRV dan Honda City.

Impresi Honda BRV dulu: tidak jelek, tapi krn ground clearance tinggi otomatis tidak bisa seempuk Baleno. Penumpang belakang tidak ada masalah, sudah pasti luas, tapi syarat kenyamanan berkurang krn kurang "kentul2" (kata kakak yg nanti jadi penumpang harian). Baris ke 3 jadi overkill krn ga guna juga (buat saya). Satu yg bikin nga enak buat sopir: armrest terlalu rendah + ga bisa ditarik maju, dan shifting stick nun jauh kebawahan, tangan kiri capek, harus menggapai2 + tidak ada manual mode, cuma ada mode S yang kalau dipilih RPM langsung menyalak tanpa ada pergantian kecepatan yg berarti. Kesimpulan BRV tidak lolos seleksi mobil yang masuk kriteria fun-to-drive saya.

Setelah TD BRV di Surabaya Barat, dilanjut TD Honda City di Surabaya Selatan. :big_smile] Sebetulnya ini TD ke 2 dari Honda City krn akhir 2021 sempat tes di GIIAS Surabaya. Waktu itu tes udah malam jadi nga terlalu konsen, impresi waktu itu: meh (padahal review Honda City di YouTube glowing shimmering splendid). :big_chicken: Yg saya ingat: power di putaran rendah kurang nendang + posisi duduk ketinggian, asumsi gir naik turun kursi sopir rusak soalnya saya sempat coba turunkan tuas nya bunyi krek krek, krn takut rusak akhirnya saya TD dng posisi kepala hampir nempel plafon :big_comfort:

Saya kasih kesempatan lagi buat Honda City dng unit test yg baru, siapa tau bisa mengubah impresinya.

Hasil TD Honda City Part Deux: komentar penumpang belakang positif semua. Lebih empuk dari BRV tapi nga sampe yg mantul2, kabin belakang luas, nga bakalan rebutan space sama penumpang depan. All is well.

Kecuali buat saya yg jadi sopir :big_cry: : ini unit TD ke 2 dalam rentang setahun yang tuas naik turun kursi sopir nya sama juga bunyi krek krek kalau diturunkan, seperti giginya macet (tapi ternyata nga macet), dan setelah berhasil diturunkan sampe paling rendah posisi kursinya saya masih kurang nyaman, masih ketinggian, rasanya sopir kurang menyatu dengan mobil. Armrest tengah juga ga ada fungsi nya krn posisi terlalu rendah (padahal posisi kursi sudah paling rendah) + shifting knob juga kejauhan buat diraih. Tangan kiri sopir jadi capek gantung2 gitu. Saya sampe bingung krn di beberapa video YouTube pada memuji2 HC amat fun-to-drive, kalo menurut saya sih tangan (kiri) lelah. Mungkin fun-to-drive krn cuma testing bentar aja buat konten, tapi kalo buat pake sehari2 capek juga. Seriously I want to love HC tapi kok jadinya susah sekali ya. Dengan berat hati Honda City harus jadi opsi kesekian.

Suzuki S-Cross belum sempat TD krn sudah nga ada dealer yg sediakan unit TD + cari bekas juga termasuk langka dan fast moving, jadi kayaknya harus bersabar lagi beberapa bulan kedepan. Kalau dari video2 sih harusnya penumpang belakang no problem, minus nya buat yg sopir mungkin power kurang, harus remap nantinya.

Kesimpulan: Suzuki Baleno surprisingly jadi contender no 1, krn diluar transmisi matic yg serasa tahun 2000, keuntungan impresi yg lain2 mampu memuaskan penumpang dan test driver/sponsor. Let's see apa awal tahun depan jadi boyong Baleno atau S Cross.

Pertanyaan: apa kriteria fun-to-drive dari temen2 TS sekalian? Apakah harus enak buat nikung tapi capek buat jalan panjang, atau enak buat jalan panjang tapi nikungnya sambil penuh doa? Atau wajib enak nikung PLUS enak buat jalan panjang? Apa mobil non premium ter-fun-to-drive yg pernah dipake/dipunya?
:big_smile]

Kalo pengalaman saya, mobil paling fun-to-drive yg pernah saya punya: Ford Fiesta 2013 (RIP). Runner-up: Mazda CX3.

Honorable mention hunting mobkas-nya:
1) Toyota Vios Gen 3 atau Yaris: kabin belakang sempit (Vios Gen 4 baru diatas budget)
2) Toyota Sienta Q: bawaan condong keras kebanting2 (katanya) :big_peace:
kalo benchmarkingnya fiesta sm cx3 ya susah, semua kandidat yg om sebutin diatas sorry to say gaada yg bisa menandingi fun to drivenya CX3 & Fiesta, tapi yg paling mendekati ya kalo opsinya hanya itu BRV pres atau city hatch. kalo mau opsi lain, HRV E/SE 2018-2020 bisa jadi opsi yg menarik juga, minimal dibanding city hatch , dapet yg gcnya lebih tinggi di harga yg mirip hehehe. atau kalo emg butuh bgt 7 seater ya pick BRV HS pres, karena ya menurut saya LMPV baru saat ini yg paling fun to drive ya itu. kalo city hatch fun to drive ya emg ada benernya. tapi balik lagi. biasa make apa dulu. saya sendiri pas TD city hatch juga rasanya fun to drive aja2, maklum, biasa make swift lama punya om saya, yaris bakpao, yaris joker, jazz ge8, hrv sm brio satya. tapi begitu saya TD M2 sky , fiesta dan CX3. city hatch driving feelnya entah knp jadi biasa aja :big_biglaugh:

kalo xv50, bisa kontak mas wahid, beliau ada tim di jakarta kok. jadi om tinggal kontak aja minta dicarikan xv50 tipe apa, tahun berapa, warna apa, budget berapa, om tinggal bayar feenya aja sm jasa ke mereka, nanti mereka yg ngolah, mulai dari hunting unit, inspeksi sampai perbaikan pr2nya setau saya. nanti kalau sudah ready, mobil bisa dikirim ke tempat tinggal om di sby

fun to drive buat saya itu mobil yg tarikannya ngisi disemua putaran, minimal putaran bawah- tengahnya, kalo nikung enak, gesit buat selap selip + enak juga buat jarak jauh dengan kondisi aspal mayoritas mulus, walaupun minusnya kenyamanan di row 2 mesti dikorbanin karena bantingan suspensi yg keras menurut saya, apalagi kalo lewat poldur atau jalan jelek . mobil paling fun to drive yg pernah saya punya / pake adalah CX5 2.0 Touring 2013 (RIP) & CX5 Elite 2018 (RIP)
Last edited by Pboyz97 on Mon Dec 12, 2022 8:19, edited 1 time in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by levofloxacine »

sepertinya yang TS cari lebih ke arah ride comfort, bukan fun to drive, kalo menurut saya fun to drive belum tentu nyaman, dan sepertinya kenyamanan menjadi poin penting TS.
Kalo mau cari keduanya ride comfort sekaligus fun to drive bisa lirik civic turbo, tapi sepertinya masih agak over budget meski yg seken...
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

Or4cle wrote: Mon Dec 12, 2022 8:13
peterming77 wrote: Mon Dec 12, 2022 7:56
Zaxis wrote: Mon Dec 12, 2022 7:38 Cx3 fun to drive
Kekurangan nya cuma baris 2 sempit dan prinsipal nya yg ga niat jualan
Nah pasti lah setuju ini, memang enak buat sopir nya tapi kasihan penumpang belakang apalagi kalo ukuran agak surplus :big_biglaugh:
IMHO, definisi fun to drive ya buat driver ... so gak perlu pikirin penumpang belakang :big_biglaugh:
Kalau mikirin penumpang belakang mesti cari yang nyaman :big_peace:
Berarti mungkin bukan fun to drive tapi nice to drive ya Gan? :big_grin:

Fiesta fun to drive: penumpang belakang sengsara
CX3 fun to drive: penumpang belakang sengsara
Swift (quite) fun to drive: penumpang belakang sengsara

Corolla Cross: nice to drive, penumpang belakang jadi raja

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

ChZ wrote: Mon Dec 12, 2022 8:15 problem ane dengan BRV justru joknya kurang gede sih paha kurang ketopang tapi kalo armrest gak ada masalah... kadang postur tubuh juga ngaruh sih sama ergonomi. ane di most LMPVs gak ada masalah dengan ergonomi. LCGC selain brio satya semua masalah :mky_01:
Pertanyaan: apa kriteria fun-to-drive dari temen2 TS sekalian? Apakah harus enak buat nikung tapi capek buat jalan panjang, atau enak buat jalan panjang tapi nikungnya sambil penuh doa? Atau wajib enak nikung PLUS enak buat jalan panjang? Apa mobil non premium ter-fun-to-drive yg pernah dipake/dipunya?
non-premium ni gimana om? selain merek BMW mercedes audi? atau low under 300 juta? tapi mengingat om ada sebut CX3 ya berarti asumsi brand selain BMW dkk lah ya hahaha klo saya sih masih civic hatch yg dipake sehari-hari :mky_03:

mazda sky itu enak sblm ada honda berturbo tp sejak honda keluarin mesin berturbo top end nya ane gak puas sih apalagi mazda3 baru mesinnya belet bgt. civic imo masih paling balanced. rear independent suspension jg nilai + nikung gak rasa melayang atau serem. CX3 pernah coba 170 pindah jalur aja ngeri.
BRV kursi nya nga masalah Gan, cuma posisi armrest yg kerendahan, trus shifting stick nya juga terlalu rendah, padahal Ane juga ga tinggi2 amat standard lah 170cm (bukan 177cm kayak influencer :big_grin: ) Ya mungkin krn Ane udah kebiasaan bawa CorCross sama CX3 yg shifting stick sejajar paha, bukan dibawah paha.

Non-premium: no Audi, no BMW, no Merc, no Mini, no Porsche dkk :ungg: :ungg: :ungg:

Mazda belum masuk kategori premium menurut Ane, masih semi premium :big_blushing:

Civic (turbo) posisi duduknya memang termasuk enak (banget) rasanya, kmrn sempat coba duduk di kabin (ga TD). Beda sama City yg tangan masih mengambang2, kalo di Civic posisi shift stick diatas paha mirip HRV lama, jadi tangan kiri bisa santai sambil pegang shift. Sebetulnya dulu sempat opsi ambil Civic Turbo second or Mazda CX3, tapi krn waktu itu ngidam CX3 + harga Civic masih diatas 400 jadinya lepas dulu.

CX3 dibawa kakak dari JKT SBY dicoba 150kph katanya masih bisa dibejek lagi, dan anteng juga. Kalo Ane belum berani test diatas 120-130 kph, lagian tol nya di Surabaya ga memadai buat bejek2 :big_peace:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

Pboyz97 wrote: Mon Dec 12, 2022 8:16
peterming77 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:15 Guys,

Dalam rangka pergantian Suzuki Swift 2013 tahun depan krn penumpang sudah bosan jadi batagor kocok :big_biglaugh: , saya mulai cari2 pandangan calon mobil pengganti, bisa baru bisa bekas, syaratnya: empuk/nyaman dan luas buat penumpang belakang, tidak wajib 3 baris LMPV, tapi wajib IRIT krn 6 hari dalam seminggu bakalan jadi mobil yg pake sopir, dan rata2 perjalanan dalam seminggu bisa diatas 300km. Kalau diatas 250jt sampe 300jt tipis beli baru, kalau bekas harus dibawah 200jt tapi dng kondisi yg masih relevan kepake 4-5 tahun kedepan. Dan meski saya nantinya cuma pake sekali-kali tetap mobilnya wajib fun-to-drive, atau minimal ga bikin kesel yg nyetir. :big_okay:

Awalnya saya naksir Camry XV50 hybrid (sempat saya jadikan thread ini viewtopic.php?t=32109). Tapi di Surabaya unitnya langka dan belum ada yg cocok (cepat laku pula), mau import dari Jakarta ribet nga ada yg cek.

Nah, dari browsing2 shortlist nya dng kriteria harga yg masuk adalah:
1) Honda City RS CVT (krn diskonnya lumayan) :big_grin: :big_grin:
2) Honda BRV Prestige HS (krn diskon 50jt, siapa tau cocok) :big_grin:
3) Suzuki Baleno AT (model dan warna birunya suka)
4) Suzuki S-Cross AT second, krn kalau baru meski harga setelah diskon 60jt hanya beda 20jt an dari Baleno tapi umur model udah terlalu tua, rasanya kurang worth it di 2023 nanti. Nga tau lagi kalo tahun depan masih ada unit S Cross NIK 2022 dan diskon bisa lebih gede lagi, mungkin saya ganti pikiran :big_grin:

Hari Sabtu kmrn saya TD Suzuki Baleno krn kebetulan ada pameran. Impresinya diluar dugaan! Bantingan empuk nga kalah jauh dari CorCross, jauh lebih empuk dari CX3, kabin sangat kedap sampe kuping agak terasa popping waktu pintu ditutup, suara mesin sama ban nga lebih keras dari CorCross juga, posisi kabin penumpang belakang luas, ada ventilasi AC pula di konsol box tengah. Yang juga diluar dugaan: posisi pengemudi nyaman, kursi nya bisa membekap bodi, ketinggian armrest pas dan gampang menjangkau shifting stick, mirip2 dng CX3 dan juga CroCross. Menurut saya Baleno termasuk fun-to-drive. Heads-up display gimmick yang nice to have di harga segini. Satu-satunya kekurangan cuma di auto transmisi yang tetap pake 4-speed dng overdrive. Di 2022. Sampe 2023 and beyond. Tapi harus bersyukur pula nga sampe dikasih transmisi AGS yg termashyur itu. :big_think:

Hari minggu kemarin saya TD Honda BRV dan Honda City.

Impresi Honda BRV dulu: tidak jelek, tapi krn ground clearance tinggi otomatis tidak bisa seempuk Baleno. Penumpang belakang tidak ada masalah, sudah pasti luas, tapi syarat kenyamanan berkurang krn kurang "kentul2" (kata kakak yg nanti jadi penumpang harian). Baris ke 3 jadi overkill krn ga guna juga (buat saya). Satu yg bikin nga enak buat sopir: armrest terlalu rendah + ga bisa ditarik maju, dan shifting stick nun jauh kebawahan, tangan kiri capek, harus menggapai2 + tidak ada manual mode, cuma ada mode S yang kalau dipilih RPM langsung menyalak tanpa ada pergantian kecepatan yg berarti. Kesimpulan BRV tidak lolos seleksi mobil yang masuk kriteria fun-to-drive saya.

Setelah TD BRV di Surabaya Barat, dilanjut TD Honda City di Surabaya Selatan. :big_smile] Sebetulnya ini TD ke 2 dari Honda City krn akhir 2021 sempat tes di GIIAS Surabaya. Waktu itu tes udah malam jadi nga terlalu konsen, impresi waktu itu: meh (padahal review Honda City di YouTube glowing shimmering splendid). :big_chicken: Yg saya ingat: power di putaran rendah kurang nendang + posisi duduk ketinggian, asumsi gir naik turun kursi sopir rusak soalnya saya sempat coba turunkan tuas nya bunyi krek krek, krn takut rusak akhirnya saya TD dng posisi kepala hampir nempel plafon :big_comfort:

Saya kasih kesempatan lagi buat Honda City dng unit test yg baru, siapa tau bisa mengubah impresinya.

Hasil TD Honda City Part Deux: komentar penumpang belakang positif semua. Lebih empuk dari BRV tapi nga sampe yg mantul2, kabin belakang luas, nga bakalan rebutan space sama penumpang depan. All is well.

Kecuali buat saya yg jadi sopir :big_cry: : ini unit TD ke 2 dalam rentang setahun yang tuas naik turun kursi sopir nya sama juga bunyi krek krek kalau diturunkan, seperti giginya macet (tapi ternyata nga macet), dan setelah berhasil diturunkan sampe paling rendah posisi kursinya saya masih kurang nyaman, masih ketinggian, rasanya sopir kurang menyatu dengan mobil. Armrest tengah juga ga ada fungsi nya krn posisi terlalu rendah (padahal posisi kursi sudah paling rendah) + shifting knob juga kejauhan buat diraih. Tangan kiri sopir jadi capek gantung2 gitu. Saya sampe bingung krn di beberapa video YouTube pada memuji2 HC amat fun-to-drive, kalo menurut saya sih tangan (kiri) lelah. Mungkin fun-to-drive krn cuma testing bentar aja buat konten, tapi kalo buat pake sehari2 capek juga. Seriously I want to love HC tapi kok jadinya susah sekali ya. Dengan berat hati Honda City harus jadi opsi kesekian.

Suzuki S-Cross belum sempat TD krn sudah nga ada dealer yg sediakan unit TD + cari bekas juga termasuk langka dan fast moving, jadi kayaknya harus bersabar lagi beberapa bulan kedepan. Kalau dari video2 sih harusnya penumpang belakang no problem, minus nya buat yg sopir mungkin power kurang, harus remap nantinya.

Kesimpulan: Suzuki Baleno surprisingly jadi contender no 1, krn diluar transmisi matic yg serasa tahun 2000, keuntungan impresi yg lain2 mampu memuaskan penumpang dan test driver/sponsor. Let's see apa awal tahun depan jadi boyong Baleno atau S Cross.

Pertanyaan: apa kriteria fun-to-drive dari temen2 TS sekalian? Apakah harus enak buat nikung tapi capek buat jalan panjang, atau enak buat jalan panjang tapi nikungnya sambil penuh doa? Atau wajib enak nikung PLUS enak buat jalan panjang? Apa mobil non premium ter-fun-to-drive yg pernah dipake/dipunya?
:big_smile]

Kalo pengalaman saya, mobil paling fun-to-drive yg pernah saya punya: Ford Fiesta 2013 (RIP). Runner-up: Mazda CX3.

Honorable mention hunting mobkas-nya:
1) Toyota Vios Gen 3 atau Yaris: kabin belakang sempit (Vios Gen 4 baru diatas budget)
2) Toyota Sienta Q: bawaan condong keras kebanting2 (katanya) :big_peace:
kalo benchmarkingnya fiesta sm cx3 ya susah, semua kandidat yg om sebutin diatas sorry to say gaada yg bisa menandingi fun to drivenya CX3 & Fiesta, tapi yg paling mendekati ya kalo opsinya hanya itu BRV pres atau city hatch. kalo mau opsi lain, HRV E/SE 2018-2020 bisa jadi opsi yg menarik juga, minimal dibanding city hatch , dapet yg gcnya lebih tinggi di harga yg mirip hehehe. atau kalo emg butuh bgt 7 seater ya pick BRV HS pres, karena ya menurut saya LMPV baru saat ini yg paling fun to drive ya itu. kalo city hatch fun to drive ya emg ada benernya. tapi balik lagi. biasa make apa dulu. saya sendiri pas TD city hatch juga rasanya fun to drive aja2, maklum, biasa make swift lama punya om saya, yaris bakpao, yaris joker, jazz ge8, hrv sm brio satya. tapi begitu saya TD M2 sky , fiesta dan CX3. city hatch driving feelnya entah knp jadi biasa aja :big_biglaugh:

kalo xv50, bisa kontak mas wahid, beliau ada tim di jakarta kok. jadi om tinggal kontak aja minta dicarikan xv50 tipe apa, tahun berapa, warna apa, budget berapa, om tinggal bayar feenya aja sm jasa ke mereka, nanti mereka yg ngolah, mulai dari hunting unit, inspeksi sampai perbaikan pr2nya setau saya. nanti kalau sudah ready, mobil bisa dikirim ke tempat tinggal om di sby

fun to drive buat saya itu mobil yg tarikannya ngisi disemua putaran, minimal putaran bawah- tengahnya, kalo nikung enak, gesit buat selap selip + enak juga buat jarak jauh dengan kondisi aspal mayoritas mulus, walaupun minusnya kenyamanan di row 2 mesti dikorbanin karena bantingan suspensi yg keras menurut saya, apalagi kalo lewat poldur atau jalan jelek . mobil paling fun to drive yg pernah saya punya / pake adalah CX5 2.0 Touring 2013 (RIP) & CX5 Elite 2018 (RIP)
Thank buat info nya ya Gan.

Bener CX5 ini harusnya dapat fun to drive ya + penumpang belakang juga terpelihara dng baik :big_grin: , cuma kalo mau naik kelas ke 2500cc Mazda yg nanti ngisi BBM nya agak nyut2an, krn Swift bisa dikasih minum yg Lite Lite, kalo Mazda mah harus yg Max Max :big_biglaugh:

HRV lama udah Ane tawarin ke kakak yg nanti jadi penumpang sehari2, tapi ditolak katanya duduk di belakang kursi penumpang depan ga terlalu longgar juga, padahal cari unit second HRV ini paling gampang soalnya buanyakkkkkkk pilihan :big_dunno:

History mobil bawaan Ane dari KIA Visto kuning yg unyu setir ga bisa diapa2in, kalo mundur tangan tak sampai, kalo maju kaki harus origami :big_biglaugh: trus upgrade ke Honda Jazz gen 1 IDSI yg super super hemat (belum tau arti fun to drive yg penting keren pada masanya :big_peace: ) trus ganti ke Fiesta DSG, baru ngeh apa itu fun to drive, mobil seenak itu tapi TCM nya penuh drama. Jadi benchmark buat terus coba ngrasain mobil yg enak buat nyetir dah sejak itu.
Last edited by peterming77 on Mon Dec 12, 2022 8:58, edited 1 time in total.
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by imansyx »

Coba TD KIA Sonet deh om..

Saya dah pake hampir 2 tahun cukup puas,
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

levofloxacine wrote: Mon Dec 12, 2022 8:18 sepertinya yang TS cari lebih ke arah ride comfort, bukan fun to drive, kalo menurut saya fun to drive belum tentu nyaman, dan sepertinya kenyamanan menjadi poin penting TS.
Kalo mau cari keduanya ride comfort sekaligus fun to drive bisa lirik civic turbo, tapi sepertinya masih agak over budget meski yg seken...
Over budget Gan, SUDAH PASTI hahahahaha, belum saatnya
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

imansyx wrote: Mon Dec 12, 2022 8:58 Coba TD KIA Sonet deh om..

Saya dah pake hampir 2 tahun cukup puas,
Ga ada masalah sama fast moving Gan? Kalo Indomobil (kecuali Suzuki) kok saya agak deg2an ya? Tapi memang bagus unit nya ya, apalagi yg Prime dapat sunroof, wireless charger, wireless Apple CarPlay, pendingin kursi :big_okay:

Awal 2022 sempat TD Gan tapi impresi bantingan penumpang belakang kok kurang ya. Coba deh iseng2 nanti TD lagi.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by timbermaniac123 »

baleno ini kan mesin k15b. di ertiga sama xl7 si dulu terkenal oli rembes di kode mesin ini. Tapi entah baleno hb ini sudah di refined atau belum. Solusi dari berres biasa cuma ditambal saja darri luar.

Tapi kalau ada budget lebih city hb udah paling oke. setelah disc jadi 300 kan ? saya yakin RV city hb ini akan cukup tinggi, paling tidak di atas baleno kurangnya. Karena city hb ini jadi mainan anak2 komunitas modif si.

Kalau budgetnya mau dihemat, baleno sekarnag + disc jadi 250 kan ? itu udah paling value for money kayanya saat ini. Tapi kalau butuh 3 row, brv oke sih. Atau mungkin wrv ? beda 20an sama baleno, dapet trim bawah. Kalau ambil yg rs nanggung langsung ke city hb aja.

kalau definisi fun to drive saya si, yang penting akselerasi di rpm bawah ga lemot aja udah cukup sama minimal teleskopik lah setirnya. Tapi saya bawa city sedan si emang tangan kiri ga ada sandaran (alias kerendahan). Sedan dibawa dalam kota jakarta yang macet masih enak nyelap nyelip nya, mau dibawa ke tol juga masih enak ga limbung. Sebelumnya pake hrv juga masih enak ga jauh beda feelnya sama sedan.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by sintoni »

Kalau dah pegang FF atau CX3 sih yg lain jadi kerasa hambar om. Haha.

Menurut ane coba wait WRV aja dulu, gimana impresinya.

OOT dikit om, si FF napa RIP? Ane sendiri jg lg pegang FF.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

sintoni wrote: Mon Dec 12, 2022 13:49 Kalau dah pegang FF atau CX3 sih yg lain jadi kerasa hambar om. Haha.

Menurut ane coba wait WRV aja dulu, gimana impresinya.

OOT dikit om, si FF napa RIP? Ane sendiri jg lg pegang FF.
Yes, kata dealer unit TD WRV mungkin ready akhir bulan, nanti dilihat aja gimana feelnya. Tebakan Ane kayak BRV yg dipotong.

FF dual clutch waktu itu udah jalan 6 tahun, 2x ganti TCM (untung masih bisa garansi), udah kena sensor ABS, udah kena dinamo starter, jadi ya habis bener2 di RIP kan aja, lagian 2 tahun terakhir yg bawa sopir soalnya Ane 'hibahkan' ke cece, kaki nya nga sekolah BBM nya bocor :ungg:

FF Agan yg apa? Kalo FF pre FL harusnya aman krn matic nya masih 4-speed torque, cuma kalo yg dual clutch harus sabar ya, krn TCM sewaktu2 bisa ngadat. Kalo manual sih aman Gan. :big_exellent:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

timbermaniac123 wrote: Mon Dec 12, 2022 11:12 baleno ini kan mesin k15b. di ertiga sama xl7 si dulu terkenal oli rembes di kode mesin ini. Tapi entah baleno hb ini sudah di refined atau belum. Solusi dari berres biasa cuma ditambal saja darri luar.

Tapi kalau ada budget lebih city hb udah paling oke. setelah disc jadi 300 kan ? saya yakin RV city hb ini akan cukup tinggi, paling tidak di atas baleno kurangnya. Karena city hb ini jadi mainan anak2 komunitas modif si.

Kalau budgetnya mau dihemat, baleno sekarnag + disc jadi 250 kan ? itu udah paling value for money kayanya saat ini. Tapi kalau butuh 3 row, brv oke sih. Atau mungkin wrv ? beda 20an sama baleno, dapet trim bawah. Kalau ambil yg rs nanggung langsung ke city hb aja.

kalau definisi fun to drive saya si, yang penting akselerasi di rpm bawah ga lemot aja udah cukup sama minimal teleskopik lah setirnya. Tapi saya bawa city sedan si emang tangan kiri ga ada sandaran (alias kerendahan). Sedan dibawa dalam kota jakarta yang macet masih enak nyelap nyelip nya, mau dibawa ke tol juga masih enak ga limbung. Sebelumnya pake hrv juga masih enak ga jauh beda feelnya sama sedan.
City CVT setelah diskon jatuhnya 310-an, Baleno 270-an, lumayan beda 40jt Gan, minusnya di Baleno 4-speed matic + no paddle shift. Lain2 menurut saya masih comparable antara City dan Baleno. Kalo WRV naksirnya sekalian yg RS HS 310-an, meski minusnya matic nga ada manual mode atau paddle shift krn basis nya BRV.

Baleno IMHO tarikan bawah lumayan + setir udah teleskopik juga.

Bicara RV saya yakin Honda City pasti paling kuat diantara Baleno, BRV, City. :big_grin:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by b0ku »

peterming77 wrote: Tue Dec 13, 2022 2:04
Yes, kata dealer unit TD WRV mungkin ready akhir bulan, nanti dilihat aja gimana feelnya. Tebakan Ane kayak BRV yg dipotong.

FF dual clutch waktu itu udah jalan 6 tahun, 2x ganti TCM (untung masih bisa garansi), udah kena sensor ABS, udah kena dinamo starter, jadi ya habis bener2 di RIP kan aja, lagian 2 tahun terakhir yg bawa sopir soalnya Ane 'hibahkan' ke cece, kaki nya nga sekolah BBM nya bocor :ungg:

FF Agan yg apa? Kalo FF pre FL harusnya aman krn matic nya masih 4-speed torque, cuma kalo yg dual clutch harus sabar ya, krn TCM sewaktu2 bisa ngadat. Kalo manual sih aman Gan. :big_exellent:
suprisingly kayak ge8 ud pake coilover om kalo kena speed bump pendek yang berjilid2x di tikungan si enak saya gas kenceng pas puter balik, power mesin enak yang ketara peredamannya brasa jauh sama honda jadul saya jd berasa mewah :mky_03:

dan anehnya kalo dah liat langsung kesan brv itu ilang saya liat proposi WRV kek liat creta di kecilin kesan BRV di potong tuh ntah kenapa ilang di wrv ini :big_biglaugh:



Image

auranya mirip2x biarpun kalo sebelah2xan akan jomplang sizenya :big_biglaugh:

malah yang lucu HRV kalo dah liat langsung keliatan cungkring :big_biglaugh:

Image

kebetulan kemaren nmenin sodara CITY VS WRV intinya bagasi, headroom visibility enakan WRV, cuma kalo legroom emang city juara cuma dia kalah di headroom sama visibility belom posisi spionya aneh jendela belakang kecil banget :big_bored:

kalo saya sih nyari sensible sih WRV :mky_01:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

b0ku wrote: Tue Dec 13, 2022 2:18
peterming77 wrote: Tue Dec 13, 2022 2:04
Yes, kata dealer unit TD WRV mungkin ready akhir bulan, nanti dilihat aja gimana feelnya. Tebakan Ane kayak BRV yg dipotong.

FF dual clutch waktu itu udah jalan 6 tahun, 2x ganti TCM (untung masih bisa garansi), udah kena sensor ABS, udah kena dinamo starter, jadi ya habis bener2 di RIP kan aja, lagian 2 tahun terakhir yg bawa sopir soalnya Ane 'hibahkan' ke cece, kaki nya nga sekolah BBM nya bocor :ungg:

FF Agan yg apa? Kalo FF pre FL harusnya aman krn matic nya masih 4-speed torque, cuma kalo yg dual clutch harus sabar ya, krn TCM sewaktu2 bisa ngadat. Kalo manual sih aman Gan. :big_exellent:
suprisingly kayak ge8 ud pake coilover om kalo kena speed bump pendek yang berjilid2x di tikungan si enak saya gas kenceng pas puter balik, power mesin enak yang ketara peredamannya brasa jauh sama honda jadul saya jd berasa mewah :mky_03:

dan anehnya kalo dah liat langsung kesan brv itu ilang saya liat proposi WRV kek liat creta di kecilin kesan BRV di potong tuh ntah kenapa ilang di wrv ini :big_biglaugh:



Image

auranya mirip2x biarpun kalo sebelah2xan akan jomplang sizenya :big_biglaugh:

malah yang lucu HRV kalo dah liat langsung keliatan cungkring :big_biglaugh:

Image

kebetulan kemaren nmenin sodara CITY VS WRV intinya bagasi, headroom visibility enakan WRV, cuma kalo legroom emang city juara cuma dia kalah di headroom sama visibility belom posisi spionya aneh jendela belakang kecil banget :big_bored:

kalo saya sih nyari sensible sih WRV :mky_01:
Dari awal lihat WRV sih udah tertarik, tinggal cek ombak bantingan suspensi sama driving nya gimana. Meski kalo dari sisi harga 2017 uang 300jt bisa dapat 1400 turbo, 2022 dapat 1500 n/a kelas dibawahnya :big_grin:

Speed bump berjilid2 bantingannya masih enak Gan? Bisa ditoleransi? Jujur cobaan terberat mobil itu di speed bump berjilid dan jalanan berombak kayak ombang ambing kapal kena badai.

Calon penumpang skrg minta cari dan coba S Cross second aja katanya :big_peace:
Last edited by peterming77 on Tue Dec 13, 2022 2:39, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by ChZ »

peterming77 wrote: Mon Dec 12, 2022 8:45
BRV kursi nya nga masalah Gan, cuma posisi armrest yg kerendahan, trus shifting stick nya juga terlalu rendah, padahal Ane juga ga tinggi2 amat standard lah 170cm (bukan 177cm kayak influencer :big_grin: ) Ya mungkin krn Ane udah kebiasaan bawa CorCross sama CX3 yg shifting stick sejajar paha, bukan dibawah paha.

Non-premium: no Audi, no BMW, no Merc, no Mini, no Porsche dkk :ungg: :ungg: :ungg:

Mazda belum masuk kategori premium menurut Ane, masih semi premium :big_blushing:

Civic (turbo) posisi duduknya memang termasuk enak (banget) rasanya, kmrn sempat coba duduk di kabin (ga TD). Beda sama City yg tangan masih mengambang2, kalo di Civic posisi shift stick diatas paha mirip HRV lama, jadi tangan kiri bisa santai sambil pegang shift. Sebetulnya dulu sempat opsi ambil Civic Turbo second or Mazda CX3, tapi krn waktu itu ngidam CX3 + harga Civic masih diatas 400 jadinya lepas dulu.

CX3 dibawa kakak dari JKT SBY dicoba 150kph katanya masih bisa dibejek lagi, dan anteng juga. Kalo Ane belum berani test diatas 120-130 kph, lagian tol nya di Surabaya ga memadai buat bejek2 :big_peace:
ohh kalo shifting stick di bawah paha emg iya sih :big_bored:

klo lurus mah ngga masalah om, tp dulu coba CX3 pindah jalur rada agresif di 170 kph itu bokong tetep ngebuang dan emang ciri khas mobil torsion beam yang non performance setup gini bokong pasti ngebuang krn biar gak ngebuang harus keras banget suspensinya.

beda sama civic FB saya yang setup suspensinya walau empuk tp di 190 tetep feelnya napak :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

ChZ wrote: Tue Dec 13, 2022 2:37
peterming77 wrote: Mon Dec 12, 2022 8:45
BRV kursi nya nga masalah Gan, cuma posisi armrest yg kerendahan, trus shifting stick nya juga terlalu rendah, padahal Ane juga ga tinggi2 amat standard lah 170cm (bukan 177cm kayak influencer :big_grin: ) Ya mungkin krn Ane udah kebiasaan bawa CorCross sama CX3 yg shifting stick sejajar paha, bukan dibawah paha.

Non-premium: no Audi, no BMW, no Merc, no Mini, no Porsche dkk :ungg: :ungg: :ungg:

Mazda belum masuk kategori premium menurut Ane, masih semi premium :big_blushing:

Civic (turbo) posisi duduknya memang termasuk enak (banget) rasanya, kmrn sempat coba duduk di kabin (ga TD). Beda sama City yg tangan masih mengambang2, kalo di Civic posisi shift stick diatas paha mirip HRV lama, jadi tangan kiri bisa santai sambil pegang shift. Sebetulnya dulu sempat opsi ambil Civic Turbo second or Mazda CX3, tapi krn waktu itu ngidam CX3 + harga Civic masih diatas 400 jadinya lepas dulu.

CX3 dibawa kakak dari JKT SBY dicoba 150kph katanya masih bisa dibejek lagi, dan anteng juga. Kalo Ane belum berani test diatas 120-130 kph, lagian tol nya di Surabaya ga memadai buat bejek2 :big_peace:
ohh kalo shifting stick di bawah paha emg iya sih :big_bored:

klo lurus mah ngga masalah om, tp dulu coba CX3 pindah jalur rada agresif di 170 kph itu bokong tetep ngebuang dan emang ciri khas mobil torsion beam yang non performance setup gini bokong pasti ngebuang krn biar gak ngebuang harus keras banget suspensinya.

beda sama civic FB saya yang setup suspensinya walau empuk tp di 190 tetep feelnya napak :ungg:
Kayaknya upgrade dari CX3 nanti boleh cari2 Civic RS asal perut ini ga terus berkembang pesat (keluar masuk nya nanti susah) :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by b0ku »

peterming77 wrote: Tue Dec 13, 2022 2:36
Dari awal lihat WRV sih udah tertarik, tinggal cek ombak bantingan suspensi sama driving nya gimana. Meski kalo dari sisi harga 2017 uang 300jt bisa dapat 1400 turbo, 2022 dapat 1500 n/a kelas dibawahnya :big_grin:

Speed bump berjilid2 bantingannya masih enak Gan? Bisa ditoleransi? Jujur cobaan terberat mobil itu di speed bump berjilid dan jalanan berombak kayak ombang ambing kapal kena badai.

Calon penumpang skrg minta cari dan coba S Cross second aja katanya :big_peace:
waduh masalahnya semua mobil saya gerobak om :mky_03:

di saya nyaman2x aja justru saya alergi sama suspensi empuk karna jatohnya gampang goyang kalo kaku itu kena goncangan doank goyanya, itupun juga goyangnya gak kenceng karena keredam :mky_06:

Image

ini om speedbumpnya :mky_03:

kalo saya anggep WRV ini kayak pengganti jazz om kelegaaan kabin bagasi visibility mirip bonus gc tinggi, cuma yang ganjel di saya pas liat jok row 2 gak ada ultra seat :big_slap:, padahal di jazz ultra seat itu kepake banget praktis apalagi kalo di rumah parkir mobilnya belakangnya gak bisa buka bagasi :mky_03:



contohnya kek gini om :mky_03:

mungkin bisa jadi pertimbangan buat minang city karena antara WRV sama city yang punya cuma city sama HRV :mky_03:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

b0ku wrote: Tue Dec 13, 2022 2:55
peterming77 wrote: Tue Dec 13, 2022 2:36
Dari awal lihat WRV sih udah tertarik, tinggal cek ombak bantingan suspensi sama driving nya gimana. Meski kalo dari sisi harga 2017 uang 300jt bisa dapat 1400 turbo, 2022 dapat 1500 n/a kelas dibawahnya :big_grin:

Speed bump berjilid2 bantingannya masih enak Gan? Bisa ditoleransi? Jujur cobaan terberat mobil itu di speed bump berjilid dan jalanan berombak kayak ombang ambing kapal kena badai.

Calon penumpang skrg minta cari dan coba S Cross second aja katanya :big_peace:
waduh masalahnya semua mobil saya gerobak om :mky_03:

di saya nyaman2x aja justru saya alergi sama suspensi empuk karna jatohnya gampang goyang kalo kaku itu kena goncangan doank goyanya, itupun juga goyangnya gak kenceng karena keredam :mky_06:

Image

ini om speedbumpnya :mky_03:

kalo saya anggep WRV ini kayak pengganti jazz om kelegaaan kabin bagasi visibility mirip bonus gc tinggi, cuma yang ganjel di saya pas liat jok row 2 gak ada ultra seat :big_slap:, padahal di jazz ultra seat itu kepake banget praktis apalagi kalo di rumah parkir mobilnya belakangnya gak bisa buka bagasi :mky_03:



contohnya kek gini om :mky_03:

mungkin bisa jadi pertimbangan buat minang city karena antara WRV sama city yang punya cuma city sama HRV :mky_03:
Bagasi luas dihindari Gan, supaya GAK BELANJA TERUS bawaan nya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: joking

Tapi beneran kenapa ultra seat ga ada di WRV ya? Saya pernah punya Jazz IDSI jadi pernah merasakan bagasi ultra seat yg bisa muat segambreng barang, ini fitur yg ga ada lawan di Honda harusnya.