Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: ↑13 Dec 2022, 15:59
maskopat wrote: ↑13 Dec 2022, 13:41 sampe sekarang, gak paham kriteria fun to drive tuh apaan...
Yg bisa bikin "bahagia" pas nyetir

Misal...

- Nyetir avanza, tapi bisa bikin bahagia, karena gak kena hujan, ac dingin, ngerasa gakda beban cicilan, nyetir enjoy, easy for maintenance = itu fun to drive

- Nyetir BMW, tiap hari kepikir cicilan sama
biaya lain" = gak fun to drive

Artinya scr alam bawah sadar; klo banyakan bahagianya = fun to drive :ngacir:
kalo kayak jazz saya apaan om???? soalnya saya kalo bawa suka ketawa2x sendiri saking asiknya :upss:

fun to drive apa psyco to drive????.......:ngacir:
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: 18 Apr 2015, 09:06

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by lawyerone »

ChZ wrote: ↑13 Dec 2022, 13:44
lawyerone wrote: ↑13 Dec 2022, 11:41 Saya juga lagi mikir nih. Mau ganti Mazda 2 Skyactiv ke mobil decent 7 seater, dan bingung mau apa.

Dirumah ada Raize dan ga impressed sama driving feelsnya (kurang confident di trans jawa). Mengingat Avanza 1 basis sama Raize, jadi kurang yakin akan enak buat jarak jauh.

Sempet lirik BRV dan Stargazer juga tapi belum yakin kalau feelnya akan beda jauh dibanding Raize/Avanza mengingat sepertinya benchmarkingnya serupa, eh skrg muncul Zenix yg bikin penasaran πŸ˜…

Ad yg bisa sharing?
kalau suka nyetir style selap selip mobil segede zenix bakal ngerepotin. kok kalo saya buat setir sendiri nyoba mobil apa-apa tetep mentok mobil seukuran civic paling pas lincah masih enak, stabil juga enak rear independent suspension. lebih dari itu feel nya berat jd kurang lincah.

coba test drive BRV dulu aja. mungkin skrg diskon 60 jg dikasih. buat sy ini mobil walau powernya gak meledak2 tp sebagai city car enak banget body ringan suspensi gak keempukan. mau enak lg ya WRV :mky_03:

stargejer feelnya tetep bawa mobil gede. 11-12 dengan Xpander. suspensinya empuk jd kurang lincah.
Sebetulnya ga nyari yang lincah selip kanan kiri sih om, sepanjang memang feel mobilnya cukup enak ya. Kalau boleh jujur, Mazda 2 handlingnya juga ga sefantastis itu kok. Tapi ketika bawa Mazda, di trans jawa jalan di 150an masih sangat enak, ga ada limbung, well planted, ga goyang, hanya memang nafasnya aja mulai kurang. Tapi mobilnya masih sangat mudah di control.

Im not saying mobilnya akan sering ngebut, mungkin ga akan pernah. Tapi tentu akan assuring banget kalau kita tau mobilnya enak dibawa. On the other hand, ANKI dan Raize diatas 120 udah mulai terasa kurang mantep.

BRV kualitas interior mungkin lebih baik dibanding Avanza, terutama area pintu. Avanza begitu dipegang terasa cheapy. Tapi center console dan area dekat persneling BRV ga sesuai selera hahahaha. But oke mungkin saya akan cobain BRV temen untuk bawa jauh, gimana rasanya.

Kenapa skrg sempet nyebut Zenix, karena bagaimanapun ANKI lama dibanding Avanza tahun sama feelnya jauh berbeda. Mungkin juga akan nungguin sampe ada Zenix yg bisa dicoba sebelum nentuin pilihan. Tapi asumsi Zenix udah monokok dan platform baru, cukup optimis. Apalagi Voxy cukup enak.

kendibocor wrote: ↑13 Dec 2022, 14:56
lawyerone wrote: ↑13 Dec 2022, 11:41 Saya juga lagi mikir nih. Mau ganti Mazda 2 Skyactiv ke mobil decent 7 seater, dan bingung mau apa.

Dirumah ada Raize dan ga impressed sama driving feelsnya (kurang confident di trans jawa). Mengingat Avanza 1 basis sama Raize, jadi kurang yakin akan enak buat jarak jauh.

Sempet lirik BRV dan Stargazer juga tapi belum yakin kalau feelnya akan beda jauh dibanding Raize/Avanza mengingat sepertinya benchmarkingnya serupa, eh skrg muncul Zenix yg bikin penasaran πŸ˜…

Ad yg bisa sharing?
Hmmmm :mky_03:

Stargeser lumayan loh om dibawanya dan kenyamanannya untuk ukuran level mobil keluarga dengan trim tertinggi harga <300jt (setelah diskon). Kemaren dpt info malah diskonnya bisa diatas 30jt :mky_03:

Tp kalo memang budget ada untuk zenix ya pasti leboh enak zenix kali ya :big_grin:
Awalnya set budget di 350 termasuk beres2 seperti interior, leather seat, door trim, coating dll.

Terus muncul si Zenix gasoline 420 / Hybrid 460. Makin bingung :')

Ada masukan om om?
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 26 Jan 2016, 09:24

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by YaS »

Suryaputra wrote: ↑13 Dec 2022, 15:59
maskopat wrote: ↑13 Dec 2022, 13:41 sampe sekarang, gak paham kriteria fun to drive tuh apaan...
Yg bisa bikin "bahagia" pas nyetir

Misal...

- Nyetir avanza, tapi bisa bikin bahagia, karena gak kena hujan, ac dingin, ngerasa gakda beban cicilan, nyetir enjoy, easy for maintenance = itu fun to drive

- Nyetir BMW, tiap hari kepikir cicilan sama
biaya lain" = gak fun to drive

Artinya scr alam bawah sadar; klo banyakan bahagianya = fun to drive :ngacir:
Berarti nyetir mobil apapun, kalau ada yang mijitin sama cubit cubit genit gitu veri veri veri fan to draif yo mbah? :big_childish:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by Suryaputra »

YanuarS wrote: ↑13 Dec 2022, 16:08
Suryaputra wrote: ↑13 Dec 2022, 15:59
maskopat wrote: ↑13 Dec 2022, 13:41 sampe sekarang, gak paham kriteria fun to drive tuh apaan...
Yg bisa bikin "bahagia" pas nyetir

Misal...

- Nyetir avanza, tapi bisa bikin bahagia, karena gak kena hujan, ac dingin, ngerasa gakda beban cicilan, nyetir enjoy, easy for maintenance = itu fun to drive

- Nyetir BMW, tiap hari kepikir cicilan sama
biaya lain" = gak fun to drive

Artinya scr alam bawah sadar; klo banyakan bahagianya = fun to drive :ngacir:
Berarti nyetir mobil apapun, kalau ada yang mijitin sama cubit cubit genit gitu veri veri veri fan to draif yo mbah? :big_childish:
Fun to drive to cliMAX :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
semarnanjak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: 22 Sep 2021, 13:08

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by semarnanjak »

peterming77 wrote: ↑12 Dec 2022, 13:15
Awalnya saya naksir Camry XV50 hybrid (sempat saya jadikan thread ini viewtopic.php?t=32109). Tapi di Surabaya unitnya langka dan belum ada yg cocok (cepat laku pula), mau import dari Jakarta ribet nga ada yg cek.

Nah, dari browsing2 shortlist nya dng kriteria harga yg masuk adalah:
1) Honda City RS CVT (krn diskonnya lumayan) :big_grin: :big_grin:
2) Honda BRV Prestige HS (krn diskon 50jt, siapa tau cocok) :big_grin:
3) Suzuki Baleno AT (model dan warna birunya suka)
4) Suzuki S-Cross AT second, krn kalau baru meski harga setelah diskon 60jt hanya beda 20jt an dari Baleno tapi umur model udah terlalu tua, rasanya kurang worth it di 2023 nanti. Nga tau lagi kalo tahun depan masih ada unit S Cross NIK 2022 dan diskon bisa lebih gede lagi, mungkin saya ganti pikiran :big_grin:
saya vote baleno om. all rounder. harga masuk akal, eksterior juga lumayan bagus (subjektif), driving experience menurut om TS juga sudah oke, mesin sama kayak ertiga/xl7 tapi bodi lebih kecil jadi PWR harusnya lebih oke. fitur/kelengkapan di level harga segitu juga lumayan komplit.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: ↑13 Dec 2022, 16:04
Suryaputra wrote: ↑13 Dec 2022, 15:59
maskopat wrote: ↑13 Dec 2022, 13:41 sampe sekarang, gak paham kriteria fun to drive tuh apaan...
Yg bisa bikin "bahagia" pas nyetir

Misal...

- Nyetir avanza, tapi bisa bikin bahagia, karena gak kena hujan, ac dingin, ngerasa gakda beban cicilan, nyetir enjoy, easy for maintenance = itu fun to drive

- Nyetir BMW, tiap hari kepikir cicilan sama
biaya lain" = gak fun to drive

Artinya scr alam bawah sadar; klo banyakan bahagianya = fun to drive :ngacir:
kalo kayak jazz saya apaan om???? soalnya saya kalo bawa suka ketawa2x sendiri saking asiknya :upss:

fun to drive apa psyco to drive????.......:ngacir:
Ente krezy :mky_04:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by XMTdeluxe »

lawyerone wrote: ↑13 Dec 2022, 16:08
Awalnya set budget di 350 termasuk beres2 seperti interior, leather seat, door trim, coating dll.

Terus muncul si Zenix gasoline 420 / Hybrid 460. Makin bingung :')

Ada masukan om om?
:big_think: mungkin pertanyaannya kalau disederhanakan: budget 460 juta mending all in di Zenix atau spend di LMPV 300-350 jutaan (or any car in the same range price) sisanya disimpen. Artinya selisih 350 ke 460 juta itu justified tdk, begitu ya Om? dari apa yg dikeluarkan dengan apa yg didapat.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: ↑13 Dec 2022, 16:32
b0ku wrote: ↑13 Dec 2022, 16:04
Suryaputra wrote: ↑13 Dec 2022, 15:59

Yg bisa bikin "bahagia" pas nyetir

Misal...

- Nyetir avanza, tapi bisa bikin bahagia, karena gak kena hujan, ac dingin, ngerasa gakda beban cicilan, nyetir enjoy, easy for maintenance = itu fun to drive

- Nyetir BMW, tiap hari kepikir cicilan sama
biaya lain" = gak fun to drive

Artinya scr alam bawah sadar; klo banyakan bahagianya = fun to drive :ngacir:
kalo kayak jazz saya apaan om???? soalnya saya kalo bawa suka ketawa2x sendiri saking asiknya :upss:

fun to drive apa psyco to drive????.......:ngacir:
Ente krezy :mky_04:
menurut saya itu definisi sbenernya fun to drive kita puas nyetir tuh mobil sampe gak bisa nahan emosi, bisa ketawa sendiri kadang berasa kayak berasa hidup di dunia mimpi :mky_03:

kalo cuma mobil nyaman banyak fitur mungkin enak di setir buat hari2x itu bukan fun to drive om tapi sensible to buy :big_biglaugh:

karena kadang fun to drive = stupid to buy contoh paling keliatan adalah estilo honda type R jadul atau baling2x kampret dan aneka mobil gorengan :wkkk:
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: 18 Apr 2015, 09:06

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by lawyerone »

XMTdeluxe wrote: ↑13 Dec 2022, 17:01
lawyerone wrote: ↑13 Dec 2022, 16:08
Awalnya set budget di 350 termasuk beres2 seperti interior, leather seat, door trim, coating dll.

Terus muncul si Zenix gasoline 420 / Hybrid 460. Makin bingung :')

Ada masukan om om?
:big_think: mungkin pertanyaannya kalau disederhanakan: budget 460 juta mending all in di Zenix atau spend di LMPV 300-350 jutaan (or any car in the same range price) sisanya disimpen. Artinya selisih 350 ke 460 juta itu justified tdk, begitu ya Om? dari apa yg dikeluarkan dengan apa yg didapat.
Persis, hahahahahahaha.

Tapi pada akhirnya ya harus nunggu Zenix banyak di jalan dan unit test ready ya. Tapi bener kata om, apakah overspend 110jt ke Zenix Hybrid itu justified atau ngga.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

b0ku wrote: ↑13 Dec 2022, 17:07
Suryaputra wrote: ↑13 Dec 2022, 16:32
b0ku wrote: ↑13 Dec 2022, 16:04

kalo kayak jazz saya apaan om???? soalnya saya kalo bawa suka ketawa2x sendiri saking asiknya :upss:

fun to drive apa psyco to drive????.......:ngacir:
Ente krezy :mky_04:
menurut saya itu definisi sbenernya fun to drive kita puas nyetir tuh mobil sampe gak bisa nahan emosi, bisa ketawa sendiri kadang berasa kayak berasa hidup di dunia mimpi :mky_03:

kalo cuma mobil nyaman banyak fitur mungkin enak di setir buat hari2x itu bukan fun to drive om tapi sensible to buy :big_biglaugh:

karena kadang fun to drive = stupid to buy contoh paling keliatan adalah estilo honda type R jadul atau baling2x kampret dan aneka mobil gorengan :wkkk:
E90 ...
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by sintoni »

peterming77 wrote: ↑13 Dec 2022, 15:45
Dibalas di tikungan kok kerasnya, cuma ya masak kita nyetir nikung2 terus yaaaaa hahahahaha.
Selain suspensinya keras, joknya jg keras loh om. Haha.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

YanuarS wrote: ↑13 Dec 2022, 14:38 Betul OM, untuk jalan bergelombang, S-cross lebih nyaman. built quality mobil ini menurut saya bagus, sudah 3 tahun lebih pemakaian, tidak ada ratling sedikitpun.
Kalau untuk bantingan di polisi tidur, dibandingkan sebelum saya upsize kaki kaki (sekarang pakai Velg 18inch dengan profil ban 235 - 45 Yokohama BlueEarth) lebih empuk pakai velg bawaaan. tapi ban bawaaan merk indihe lumayan bising.

Untuk remap saya belum tahu, maklum merk ini agak jarang yang garap ECU atau ngoprek performa mesin. Setahu saya kalau mau naikin tarikan mesin bisa ganti header bawaan.
Oh ya, konsumsi BBM dalkot bisa dapat berapa di S Cross? 1:12? 1:10?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by darrelund »

peterming77 wrote: ↑14 Dec 2022, 08:11
b0ku wrote: ↑13 Dec 2022, 17:07
Suryaputra wrote: ↑13 Dec 2022, 16:32

Ente krezy :mky_04:
menurut saya itu definisi sbenernya fun to drive kita puas nyetir tuh mobil sampe gak bisa nahan emosi, bisa ketawa sendiri kadang berasa kayak berasa hidup di dunia mimpi :mky_03:

kalo cuma mobil nyaman banyak fitur mungkin enak di setir buat hari2x itu bukan fun to drive om tapi sensible to buy :big_biglaugh:

karena kadang fun to drive = stupid to buy contoh paling keliatan adalah estilo honda type R jadul atau baling2x kampret dan aneka mobil gorengan :wkkk:
E90 ...
klo yg itu fun to drive buat ke bengkel terdekat um........
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by ChZ »

darrelund wrote: ↑15 Dec 2022, 11:07
peterming77 wrote: ↑14 Dec 2022, 08:11
E90 ...
klo yg itu fun to drive buat ke bengkel terdekat um........
fun to drive sebelum mechatronic ngambek. klo sensor-sensor mah gpp lah makanan sehari-hari :mky_03:

mana nih pemilik e90 @KielConstantin
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

Kalo Hyundai Kona 2.0 gimana ya? Any idea dari TS yg pake Kona 2.0?
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 26 Jan 2016, 09:24

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by YaS »

peterming77 wrote: ↑15 Dec 2022, 08:45
YanuarS wrote: ↑13 Dec 2022, 14:38 Betul OM, untuk jalan bergelombang, S-cross lebih nyaman. built quality mobil ini menurut saya bagus, sudah 3 tahun lebih pemakaian, tidak ada ratling sedikitpun.
Kalau untuk bantingan di polisi tidur, dibandingkan sebelum saya upsize kaki kaki (sekarang pakai Velg 18inch dengan profil ban 235 - 45 Yokohama BlueEarth) lebih empuk pakai velg bawaaan. tapi ban bawaaan merk indihe lumayan bising.

Untuk remap saya belum tahu, maklum merk ini agak jarang yang garap ECU atau ngoprek performa mesin. Setahu saya kalau mau naikin tarikan mesin bisa ganti header bawaan.
Oh ya, konsumsi BBM dalkot bisa dapat berapa di S Cross? 1:12? 1:10?
saya dapat 1:13.2 om.. sudah jalan 30rb km dulu seingat saya terakhir reset pas KM 12 ribuan. BBM kombinasi Pertamax Turbo dan Pertalite
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

YanuarS wrote: ↑15 Dec 2022, 11:51
peterming77 wrote: ↑15 Dec 2022, 08:45
YanuarS wrote: ↑13 Dec 2022, 14:38 Betul OM, untuk jalan bergelombang, S-cross lebih nyaman. built quality mobil ini menurut saya bagus, sudah 3 tahun lebih pemakaian, tidak ada ratling sedikitpun.
Kalau untuk bantingan di polisi tidur, dibandingkan sebelum saya upsize kaki kaki (sekarang pakai Velg 18inch dengan profil ban 235 - 45 Yokohama BlueEarth) lebih empuk pakai velg bawaaan. tapi ban bawaaan merk indihe lumayan bising.

Untuk remap saya belum tahu, maklum merk ini agak jarang yang garap ECU atau ngoprek performa mesin. Setahu saya kalau mau naikin tarikan mesin bisa ganti header bawaan.
Oh ya, konsumsi BBM dalkot bisa dapat berapa di S Cross? 1:12? 1:10?
saya dapat 1:13.2 om.. sudah jalan 30rb km dulu seingat saya terakhir reset pas KM 12 ribuan. BBM kombinasi Pertamax Turbo dan Pertalite
Sip termasuk irit ya, terutama buat rute dalam kota macet2an, soalnya kalo baca review2 kan cuma dipake sebentar aja bisa jadi ga terlalu akurat. Thanks :big_okay:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by maskopat »

KielConstantine wrote: ↑13 Dec 2022, 15:40
maskopat wrote: ↑13 Dec 2022, 13:41 sampe sekarang, gak paham kriteria fun to drive tuh apaan...
Jadi fan tu draiv tuh bgini mbah…..


Nganu gituu… bgini bgini bgitulah

Smua hanya imajinasi masing2 individu aja mbah…. Ijuju Panther aja bisa dibilang fun to draipp mbah klo cocok sama yg nyetir

Dah lah.. :drinking:
hahaha... makin binun :big_biglaugh:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by maskopat »

Suryaputra wrote: ↑13 Dec 2022, 15:59
maskopat wrote: ↑13 Dec 2022, 13:41 sampe sekarang, gak paham kriteria fun to drive tuh apaan...
Yg bisa bikin "bahagia" pas nyetir

Misal...

- Nyetir avanza, tapi bisa bikin bahagia, karena gak kena hujan, ac dingin, ngerasa gakda beban cicilan, nyetir enjoy, easy for maintenance = itu fun to drive

- Nyetir BMW, tiap hari kepikir cicilan sama
biaya lain" = gak fun to drive

Artinya scr alam bawah sadar; klo banyakan bahagianya = fun to drive :ngacir:
sepokat :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by maskopat »

b0ku wrote: ↑13 Dec 2022, 17:07
Suryaputra wrote: ↑13 Dec 2022, 16:32
b0ku wrote: ↑13 Dec 2022, 16:04

kalo kayak jazz saya apaan om???? soalnya saya kalo bawa suka ketawa2x sendiri saking asiknya :upss:

fun to drive apa psyco to drive????.......:ngacir:
Ente krezy :mky_04:
menurut saya itu definisi sbenernya fun to drive kita puas nyetir tuh mobil sampe gak bisa nahan emosi, bisa ketawa sendiri kadang berasa kayak berasa hidup di dunia mimpi :mky_03:

kalo cuma mobil nyaman banyak fitur mungkin enak di setir buat hari2x itu bukan fun to drive om tapi sensible to buy :big_biglaugh:

karena kadang fun to drive = stupid to buy contoh paling keliatan adalah estilo honda type R jadul atau baling2x kampret dan aneka mobil gorengan :wkkk:
pernah bawa apv ke desa panglipuran, enak lho... rpm selalu di range torsi optimal. belok2. ngobrol ama temen yang bawa avanza (biasanya bawa E46) sepakat rute itu enak pake avanza... hahaha
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by b0ku »

maskopat wrote: ↑16 Dec 2022, 09:39 pernah bawa apv ke desa panglipuran, enak lho... rpm selalu di range torsi optimal. belok2. ngobrol ama temen yang bawa avanza (biasanya bawa E46) sepakat rute itu enak pake avanza... hahaha
avanzanya lebih fun to drive om itupun masih ada kriteria lagi fun dari power apa dari chasis atau cuma sebatas sensasi aja, kalo mobil saya sih ud jelas sensasi aja wong cuma econobox di modif cuma asik banget apalagi kalo kena jalanan mulus belok2x, ya di tol berasa sih smoothnya pas di tarik karena suspensinya enak, kadang malah saya kalo lagi nyetir sama istri suka ngomong muji2x tuh econobox tua :big_biglaugh:
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 26 Jan 2016, 09:24

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by YaS »

selain subjectivity, faktor rute sehari hari atau yang rutin dilalui juga pengaruh tentang fun to drive mobil bagi seseorang. contohnya misalnya kalau rute yang dilalui banyak jalan yang rusak dan aspal yang kasar, mungkin mobil ladderframe lebih fun to drive daripada monokok karena getaran akibat jalan yang rusak dan aspal kasar lebih teredam. Rute yang dilalui banyak tanjakan curam dan stop and go di tanjakan (misal pas pertigaan, jalur yang padat, dll), rear wheel drive lebih fun to drive daripada frontwheel drive.
Rute yang dilalui kebanyakan jalan yang relatif bagus, mobil dengan sasis monokok terasa lebih nyaman.

kalau saya pergi ke kota kota di daerah jawa timur yang rute non tol, bawa innova reborn lebih fun to drive dan nyaman daripada T32. tapi kalau untuk jalur yang banyak lewat tol, T32 jauh lebih fun to drive dan nyaman.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by ChZ »

ini bahas fun to drive, kecampur gak sih sama kenyamanan berkendara....

ya harus diakui emang fun to drive tuh istilah yang udah overused dan definisinya udah melenceng ke mana mana.

tp kalo yang ngomong jurnalis luar (biar ga dikata sotoy).... intinya fun factor sebuah mobil itu biasa lebih ke sebuah sensasi one-ness, mechanical feel.

kalo kata nya mazda, jinba ittai, kalo katanya mini, gokart-feel. apa itu? kombinasi antara steering ratio, chassis and suspension tuning, engine response, transmission response. ya sederhananya, harus sedekat mungkin sama rasanya nyetir gokart.

"rasanya" kenceng walau cuma jalan paling 30-40 kph in closed track. body ringan, setirnya nurut, pure mechanical feel bener bener challenging skill yang bawa, memompa adrenaline emosi dan semua hormon kesenangan yang bawa. kan sebutannya juga "fun" = senang.

bawa BMW E36 full braced udah pake jok racing ya beda dengan feel di Lexus atau Mercedes W124 yang joknya empuk kayak sofa, bodynya berat, itu lebih ke relaxed dan tenang walau mobilnya kenceng. engineer bisa menyamarkan rasa kencengnya dari longer gearing, insulation, dan throttle modulation kalo di modern EFI cars. contoh sy pernah bawa S500 W220 itu throttle bener bener seperti ada vakumnya biar feel bawanya tetep halus walau mesinnya V8 5000cc (CMIIW).

tapi ya balik lagi, namanya feel itu kan butt o meter. gw yakin orang bawa mobil automatic modern terus dikasih mobil jadul manual misal civic atau lancer lama, pasti ngerasa civic atau lancer lama "fun" karena feel nya ringan dan mekanikal, badan dan senses kita ngga bisa bohong krn selama ini feel mobil baru semakin isolated walau kalo long trip yakin pasti pegel-pegel :mky_07: sensasinya udah kayak olahraga intens krn adrenaline terpacu terus.

nurut saya mobil yang "fun" itu mini cooper yang pertama baru gerakin setir aja rasanya kyk gokart pake casing suara burble mesinnya gagah dan mekanikal banget. itu mini cooper baru aja ngga ada apa apanya soal sensasi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by farizfsa »

fun to drive sih bagi ane mbl yang nurut bukan harus di urut wkwk

tenaga ada nurut, steering presisi nurut, bantingan pas nurut jalanan, reliabiality nurut dompet owner xixixi
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kriteria fun to drive di level 300jt? Hunting mobil bekas/baru di level 300jt tipis

Post by peterming77 »

ChZ wrote: ↑16 Dec 2022, 10:23 ini bahas fun to drive, kecampur gak sih sama kenyamanan berkendara....

ya harus diakui emang fun to drive tuh istilah yang udah overused dan definisinya udah melenceng ke mana mana.

tp kalo yang ngomong jurnalis luar (biar ga dikata sotoy).... intinya fun factor sebuah mobil itu biasa lebih ke sebuah sensasi one-ness, mechanical feel.

kalo kata nya mazda, jinba ittai, kalo katanya mini, gokart-feel. apa itu? kombinasi antara steering ratio, chassis and suspension tuning, engine response, transmission response. ya sederhananya, harus sedekat mungkin sama rasanya nyetir gokart.

"rasanya" kenceng walau cuma jalan paling 30-40 kph in closed track. body ringan, setirnya nurut, pure mechanical feel bener bener challenging skill yang bawa, memompa adrenaline emosi dan semua hormon kesenangan yang bawa. kan sebutannya juga "fun" = senang.

bawa BMW E36 full braced udah pake jok racing ya beda dengan feel di Lexus atau Mercedes W124 yang joknya empuk kayak sofa, bodynya berat, itu lebih ke relaxed dan tenang walau mobilnya kenceng. engineer bisa menyamarkan rasa kencengnya dari longer gearing, insulation, dan throttle modulation kalo di modern EFI cars. contoh sy pernah bawa S500 W220 itu throttle bener bener seperti ada vakumnya biar feel bawanya tetep halus walau mesinnya V8 5000cc (CMIIW).

tapi ya balik lagi, namanya feel itu kan butt o meter. gw yakin orang bawa mobil automatic modern terus dikasih mobil jadul manual misal civic atau lancer lama, pasti ngerasa civic atau lancer lama "fun" karena feel nya ringan dan mekanikal, badan dan senses kita ngga bisa bohong krn selama ini feel mobil baru semakin isolated walau kalo long trip yakin pasti pegel-pegel :mky_07: sensasinya udah kayak olahraga intens krn adrenaline terpacu terus.

nurut saya mobil yang "fun" itu mini cooper yang pertama baru gerakin setir aja rasanya kyk gokart pake casing suara burble mesinnya gagah dan mekanikal banget. itu mini cooper baru aja ngga ada apa apanya soal sensasi.
Iya bener sih, kalo bawa mobil setir digeser dikit mobil nurut + kalo belokan kecepatan tinggi pantat ga geser2 takut ketinggalan, sopir dan mobil jadi satu. Bawanya terutama di kecepatan tinggi jadi confident.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post