Saya pernah ngeliat CRV turbo antri pertalite, raize? Banyak, CX5 juga beberapa kali
Ini sekalian sharing aja,
Jadi CRV tua R20A saya (kompresi 10.5) skrg sudah rutin pakai bbm pertamax,
Bulan lalu sempet tuh selisih RON92 dengan RON98 cuma 500perak
Jadi sekalian aja isi RON98
Secara tarikan lebih enteng lagi ketimbang RON92, getaran so-so lah, dan bau knalpot pagi hari sangat jauh dari menyengat
Tapi ada gejala aneh, klo stater pagi hari berasa lama, sempat sampe 2.5-3 detik itu dinamo stater muter baru nyala, sempat kepikir apa fuel pump lemah
Logika saya sempat berpikir, apa karena oktan terlalu tinggi, dimana RON makin tinggi jadi susah terbakar ya?
(Asumsi saya RON98 tidak gampang terbakar jadi lebih minim pre-ignition yg biasanya menyebabkan knocking di RON rendah)
Jadinya kembali ke RON92, stater langsung kembali cepat dan greng
Ternyata bener, oktan menyesuaikan spesifikasi mesin, tidak terlalu tinggi, tidak terlalu rendah
Atau memang honda ini sengaja dari sononya mapping ecunya bener2 underrated dan dicekik agar menyesuaikan bbm sini,
Baru nyoba di R20 sih, ntar juga mau nyoba di L12, apa punya masalah yg sama ketika diisi RON98