Hybrid mesin mudah stress?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Hybrid mesin mudah stress?

Post by Profith83 »

Kita diskusi mobil Hybrid.

Mobil Hybrid secara teknologi bagus dan irit pemakaian BBM, karena kecepatan rendah dibawah 40 atau 50 Km/h akan menggunakan baterai, diatas itu menggunakan mesin combustion, jadi bergantian.
Karena mobil Hybrid, maka pagi hari tidak perlu memanasin mesin, andaikata mobil start pagi hari juga bukan mesin combustion yang menyala.

Jadi pagi hari start mesin mungkin tunggu 15 detik, bisa jalan di komplek max 20 Km/h masih pakai baterai.
Setelah kurang lebih 1KM keluar komplek perumahan, kebetulan jalannya besar dan sepi.
Kemudian kita injak pedal gas, sampai kecepatan 60 KM per jam maka mesin combustion otomatis menyala, bahkan kadang bisa sampai 80 Km/h apabila jalan kosong.

PERTANYAANNYA, mesin combustion kan otomatis nyala dan langsung kecepatan tinggi diatas 50 Km/h.

Nah .... mesin combustion yang asalnya belum nyala, tiba tiba nyala di kecepatan 50 Km/h bahkan apabila sampai kecepatan 100 Km/h.
Dengan mesin combustion kondisi dingin tiba tiba digeber dari nyala kecepatan 50 Km/h sampai 100 Km/h apa tidak mudah rusak mesin combustion nya? sirkulasi oli kan belum terlumasi sempurna, temperature mesin juga masih dingin.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by evanbngdor »

Izin share pengalaman saya ya mbah.

Waktu itu pernah nyetir Camry Hybrid 2014, rute itu sekitar 1km jalan biasa abis itu langsung masuk tol, start dari sekitar cluster Icon BSD lalu langsung masuk tol yg baru sebelah AEON Mall itu.

Sebelum jalan itu ngadem di mobil sekitar 5-7 menit dulu. Setelah itu start sampe masuk tol itu mesin hanya 1x nyala sekitar 30 detik tp ngga tau rpm mesinnya berapa, sepertinya itu mesin hanya nyala untuk ngisi si batere lg. Begitu masuk tol langsung kickdown sekitar 2 detik mesin langsung nyala lg dan sependengaran itu suara mesinnya tetep sama kayak sebelum masuk tol, ngga langsung meraung high rpm gitu, meskipun setelah konstan 120-130an itu mesin nyala terus sih.

Ngga sampe kayak mesin combustion konvensional yg kalo kickdown udah pasti rpm nya langsung meraung gitu, karena Camry hybrid ini kayaknya dia tetep ambil daya motor listrik yg utama kalau ada kickdown, mungkin hybrid generasi terkini ada sedikit beda sistem bisa jg sih.

Cuma entah apa yg terjadi kalau misal ada malfunction dr batere nya atau batere udah ngga bisa nampung daya, apakah si mesin jadinya kayak genset langsung ngalirin listrik ke motor nya atau dia bisa langsung bypass sistem motor listriknya dan full pake mesin combustion
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by AbdulHakim »

Profith83 wrote: Thu Dec 08, 2022 1:27 Kita diskusi mobil Hybrid.

Mobil Hybrid secara teknologi bagus dan irit pemakaian BBM, karena kecepatan rendah dibawah 40 atau 50 Km/h akan menggunakan baterai, diatas itu menggunakan mesin combustion, jadi bergantian.
Karena mobil Hybrid, maka pagi hari tidak perlu memanasin mesin, andaikata mobil start pagi hari juga bukan mesin combustion yang menyala.

Jadi pagi hari start mesin mungkin tunggu 15 detik, bisa jalan di komplek max 20 Km/h masih pakai baterai.
Setelah kurang lebih 1KM keluar komplek perumahan, kebetulan jalannya besar dan sepi.
Kemudian kita injak pedal gas, sampai kecepatan 60 KM per jam maka mesin combustion otomatis menyala, bahkan kadang bisa sampai 80 Km/h apabila jalan kosong.

PERTANYAANNYA, mesin combustion kan otomatis nyala dan langsung kecepatan tinggi diatas 50 Km/h.

Nah .... mesin combustion yang asalnya belum nyala, tiba tiba nyala di kecepatan 50 Km/h bahkan apabila sampai kecepatan 100 Km/h.
Dengan mesin combustion kondisi dingin tiba tiba digeber dari nyala kecepatan 50 Km/h sampai 100 Km/h apa tidak mudah rusak mesin combustion nya? sirkulasi oli kan belum terlumasi sempurna, temperature mesin juga masih dingin.
ga bergantian juga siy, pada saat dibutuhkan motor listrik dan mesin ICE akan nyala bareng, ini kelihatan di display MID garis kuning keluar dari battery dan garis merah berarti mesin ICE bekerja. It works simultaneously and seamlessly.

jawabannya: tidak mudah rusak.

curiosity itu sangat wajar, yg janggal itu kalo sudah taraf paranoid akut dan menghasut orang IKYWIM
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by peterming77 »

AbdulHakim wrote: Thu Dec 08, 2022 1:57
Profith83 wrote: Thu Dec 08, 2022 1:27 Kita diskusi mobil Hybrid.

Mobil Hybrid secara teknologi bagus dan irit pemakaian BBM, karena kecepatan rendah dibawah 40 atau 50 Km/h akan menggunakan baterai, diatas itu menggunakan mesin combustion, jadi bergantian.
Karena mobil Hybrid, maka pagi hari tidak perlu memanasin mesin, andaikata mobil start pagi hari juga bukan mesin combustion yang menyala.

Jadi pagi hari start mesin mungkin tunggu 15 detik, bisa jalan di komplek max 20 Km/h masih pakai baterai.
Setelah kurang lebih 1KM keluar komplek perumahan, kebetulan jalannya besar dan sepi.
Kemudian kita injak pedal gas, sampai kecepatan 60 KM per jam maka mesin combustion otomatis menyala, bahkan kadang bisa sampai 80 Km/h apabila jalan kosong.

PERTANYAANNYA, mesin combustion kan otomatis nyala dan langsung kecepatan tinggi diatas 50 Km/h.

Nah .... mesin combustion yang asalnya belum nyala, tiba tiba nyala di kecepatan 50 Km/h bahkan apabila sampai kecepatan 100 Km/h.
Dengan mesin combustion kondisi dingin tiba tiba digeber dari nyala kecepatan 50 Km/h sampai 100 Km/h apa tidak mudah rusak mesin combustion nya? sirkulasi oli kan belum terlumasi sempurna, temperature mesin juga masih dingin.
ga bergantian juga siy, pada saat dibutuhkan motor listrik dan mesin ICE akan nyala bareng, ini kelihatan di display MID garis kuning keluar dari battery dan garis merah berarti mesin ICE bekerja. It works simultaneously and seamlessly.

jawabannya: tidak mudah rusak.

curiosity itu sangat wajar, yg janggal itu kalo sudah taraf paranoid akut dan menghasut orang IKYWIM
Corolla Cross hybrid sudah versi 4, Zenix malah sudah versi 5. Kalo Toyota sudah belasan tahun develop hybrid ini, pastinya bukan kacang2 lagi. Jadi kesimpulannya: bawa aja mobilnya kayak normal, ga usah mikirin macem2. :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by ChZ »

ane blom pernah liat mobil hybrid waktu cold start... tapi kalo hybrid startnya gak ada suara mesin possibly ya emang mesin gak dinyalain. cuma stau ane waktu mobil memerlukan tenaga bensinnya dia emang kondisi udah siap pake. atau jgn2 sistemnya kayak glow plug di diesel jadul di preheated dulu :big_biglaugh:

entahlah om, gaib kali tuh warming up nya saking alusnya sampe ga kedenger :big_biglaugh: makanya butuh oli setipis 0w-20 apa 0w16 kali biar cepet sirkulasi.

tenang aja om, pengalaman kan yang kaput duluan batrenya bukan engine nya :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Thu Dec 08, 2022 2:35 ane blom pernah liat mobil hybrid waktu cold start... tapi kalo hybrid startnya gak ada suara mesin possibly ya emang mesin gak dinyalain. cuma stau ane waktu mobil memerlukan tenaga bensinnya dia emang kondisi udah siap pake. atau jgn2 sistemnya kayak glow plug di diesel jadul di preheated dulu :big_biglaugh:

entahlah om, gaib kali tuh warming up nya saking alusnya sampe ga kedenger :big_biglaugh: makanya butuh oli setipis 0w-20 apa 0w16 kali biar cepet sirkulasi.

tenang aja om, pengalaman kan yang kaput duluan batrenya bukan engine nya :mky_03:
Pengalaman pake Camry Hybrid XV50 sih cold start ya ngga nyala itu mesin, langsung pencet engine start stop dan nyala AC aja mbah. pas mesin nyala juga kayak skutik2 kekinian yang pake sistem smart generator itu, tanpa ada suara starter kayak mobil mesin combustion konvensional.

Cuma yg saya belum liat persis itu adalah sistem AC nya itu kompresor nya gimana ya, apakah kayak AC di electric car, atau tetap ada kompresor yg diputer pake tenaga mesin combustion
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by touchme »

Profith83 wrote: Thu Dec 08, 2022 1:27 Kita diskusi mobil Hybrid.

Mobil Hybrid secara teknologi bagus dan irit pemakaian BBM, karena kecepatan rendah dibawah 40 atau 50 Km/h akan menggunakan baterai, diatas itu menggunakan mesin combustion, jadi bergantian.
Karena mobil Hybrid, maka pagi hari tidak perlu memanasin mesin, andaikata mobil start pagi hari juga bukan mesin combustion yang menyala.

Jadi pagi hari start mesin mungkin tunggu 15 detik, bisa jalan di komplek max 20 Km/h masih pakai baterai.
Setelah kurang lebih 1KM keluar komplek perumahan, kebetulan jalannya besar dan sepi.
Kemudian kita injak pedal gas, sampai kecepatan 60 KM per jam maka mesin combustion otomatis menyala, bahkan kadang bisa sampai 80 Km/h apabila jalan kosong.

PERTANYAANNYA, mesin combustion kan otomatis nyala dan langsung kecepatan tinggi diatas 50 Km/h.

Nah .... mesin combustion yang asalnya belum nyala, tiba tiba nyala di kecepatan 50 Km/h bahkan apabila sampai kecepatan 100 Km/h.
Dengan mesin combustion kondisi dingin tiba tiba digeber dari nyala kecepatan 50 Km/h sampai 100 Km/h apa tidak mudah rusak mesin combustion nya? sirkulasi oli kan belum terlumasi sempurna, temperature mesin juga masih dingin.
aman si harusnya om. sistem pelumasan mesin modern ga selama itu kok kerjanya. waktu mesin dingin pun benernya mesin ga kering kerontang.. ada sisa oli yang tinggal di parts yang clearence nya sempit.. kualitas oli juga makin bagus, mana oli encer kepala 0 makin umum dan akan dibiasain dipake di HV.. pelumasan waktu mesin dingin makin cepet lagi.
blm lagi HV pake cvt/ecvt.. jalan 100kmh pun puteran mesin bisa super rendah
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by r1409 »

hmm berarti mobil full hybrid ini beda dengan mild hybrid seperti ertiga ya.
krn kalau mild hybrid seperti ertiga kan tetep 1 engine, bedanya hybridnya ada di generator yg dipakai buat idling start dan membantu putaran engine waktu akselerasi, jadi yg memutar gear transmisi tetap dari 1 engine.

jadi gampangnya full hybrid seperti pakai 2 engine buat mutar gear transmisi?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Thu Dec 08, 2022 3:10 Pengalaman pake Camry Hybrid XV50 sih cold start ya ngga nyala itu mesin, langsung pencet engine start stop dan nyala AC aja mbah. pas mesin nyala juga kayak skutik2 kekinian yang pake sistem smart generator itu, tanpa ada suara starter kayak mobil mesin combustion konvensional.

Cuma yg saya belum liat persis itu adalah sistem AC nya itu kompresor nya gimana ya, apakah kayak AC di electric car, atau tetap ada kompresor yg diputer pake tenaga mesin combustion
:mky_01:
iseng iseng googling di quorra
As for the engine wear… There are several design changes to make it handle all of the “starts”. In most cases, the friction surfaces like the piston skirts have very low friction graphite coatings, so even with virtually no oil, they slip easily without much wear, and the coatings are usually porous to help it hold some oil even if it sits stopped for a while. Many hybrid engine also use electric water pumps and electronically controller thermostats and even grill shutters to hold in heat and keep the engine warm so it is not doing “cold starts” after the first one. On my hybrid, the first time you accelerate hard enough to fire the engine, it stays running a while to get it all warmed up and get a good oil supply all around in the engine. If I do a very short trip, it has gotten as low as 10 mpg because it ran the whole time, even while stopped at the lights, trying to get warmed up. But it is not all wasted as it does use that energy to charge the battery. So on the next drive, it can run longer on just the battery. A few times I got 15 to 20 MPG to go somewhere close, but then got 999.9 MPG (how it shows infinity) on the way back, because it never even started the engine.
https://www.quora.com/I-drive-a-hybrid- ... riving-off
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by Suryaputra »

Profith83 wrote: Thu Dec 08, 2022 1:27 Kita diskusi mobil Hybrid.

Mobil Hybrid secara teknologi bagus dan irit pemakaian BBM, karena kecepatan rendah dibawah 40 atau 50 Km/h akan menggunakan baterai, diatas itu menggunakan mesin combustion, jadi bergantian.
Karena mobil Hybrid, maka pagi hari tidak perlu memanasin mesin, andaikata mobil start pagi hari juga bukan mesin combustion yang menyala.

Jadi pagi hari start mesin mungkin tunggu 15 detik, bisa jalan di komplek max 20 Km/h masih pakai baterai.
Setelah kurang lebih 1KM keluar komplek perumahan, kebetulan jalannya besar dan sepi.
Kemudian kita injak pedal gas, sampai kecepatan 60 KM per jam maka mesin combustion otomatis menyala, bahkan kadang bisa sampai 80 Km/h apabila jalan kosong.

PERTANYAANNYA, mesin combustion kan otomatis nyala dan langsung kecepatan tinggi diatas 50 Km/h.

Nah .... mesin combustion yang asalnya belum nyala, tiba tiba nyala di kecepatan 50 Km/h bahkan apabila sampai kecepatan 100 Km/h.
Dengan mesin combustion kondisi dingin tiba tiba digeber dari nyala kecepatan 50 Km/h sampai 100 Km/h apa tidak mudah rusak mesin combustion nya? sirkulasi oli kan belum terlumasi sempurna, temperature mesin juga masih dingin.
just my personal opinion

1. Gakda masalah, selama ngikutin kebutuhan spec oli mesin yg ada, wajib pakai 0W16 (di pasar luar negri, motul udh ngeluarin 0W8)
ini penting krn ketika cold start, kita gaktau mesin nya bekerja spt apa; untuk supply ke batre dan komputasi hybrid system nya, jd oli encer dalam kondisi dingin, penting untuk kecepatan sirkulasi oli yg instant

2. Toyota - Hybrid Synergy Drive, dah bikin sampai 5 generasi, by experience mesin nya no issue (as long as follow manual book kebutuhan spec lendir nya),
dan biasanya yg rusak batre duluan, dibanding hrs turun mesin dll

3. "EXPERIENCE" adalah guru terbaik, jd selama itu hybridnya merk Toyota (mereka pioneer hybrid sejak awal); ya tinggal isi bbm, pakai dan servis sesuai kebutuhan mobil.
Urusan ganti batre dan elektronik hybrid nya, silahkan dipikirin klo dah lewat masa garansi :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by arsaerescool »

r1409 wrote: Thu Dec 08, 2022 3:16 hmm berarti mobil full hybrid ini beda dengan mild hybrid seperti ertiga ya.
krn kalau mild hybrid seperti ertiga kan tetep 1 engine, bedanya hybridnya ada di generator yg dipakai buat idling start dan membantu putaran engine waktu akselerasi, jadi yg memutar gear transmisi tetap dari 1 engine.

jadi gampangnya full hybrid seperti pakai 2 engine buat mutar gear transmisi?
Betul om, ada semacam gear sync di tengah antara 2 output putaran mesin dan motor, baru diteruskan ke transmisi
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by Profith83 »

evanbngdor wrote: Thu Dec 08, 2022 1:47 Izin share pengalaman saya ya mbah.

Waktu itu pernah nyetir Camry Hybrid 2014, rute itu sekitar 1km jalan biasa abis itu langsung masuk tol, start dari sekitar cluster Icon BSD lalu langsung masuk tol yg baru sebelah AEON Mall itu.

Sebelum jalan itu ngadem di mobil sekitar 5-7 menit dulu. Setelah itu start sampe masuk tol itu mesin hanya 1x nyala sekitar 30 detik tp ngga tau rpm mesinnya berapa, sepertinya itu mesin hanya nyala untuk ngisi si batere lg. Begitu masuk tol langsung kickdown sekitar 2 detik mesin langsung nyala lg dan sependengaran itu suara mesinnya tetep sama kayak sebelum masuk tol, ngga langsung meraung high rpm gitu, meskipun setelah konstan 120-130an itu mesin nyala terus sih.

Ngga sampe kayak mesin combustion konvensional yg kalo kickdown udah pasti rpm nya langsung meraung gitu, karena Camry hybrid ini kayaknya dia tetep ambil daya motor listrik yg utama kalau ada kickdown, mungkin hybrid generasi terkini ada sedikit beda sistem bisa jg sih.

Cuma entah apa yg terjadi kalau misal ada malfunction dr batere nya atau batere udah ngga bisa nampung daya, apakah si mesin jadinya kayak genset langsung ngalirin listrik ke motor nya atau dia bisa langsung bypass sistem motor listriknya dan full pake mesin combustion
Dicoba om, begitu masuk toll kalau sepi. Mobil dalam keadaan belum pernah nyala combustion engine nya.
Begitu masuk toll langsung tarik 50 sd 100. Apakah nyala terus combustion engine dari 50 sd 100 itu.
Apabila nyala RPM berapa yang combustion engine. Sekedar curious saja
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by Profith83 »

ChZ wrote: Thu Dec 08, 2022 2:35 ane blom pernah liat mobil hybrid waktu cold start... tapi kalo hybrid startnya gak ada suara mesin possibly ya emang mesin gak dinyalain. cuma stau ane waktu mobil memerlukan tenaga bensinnya dia emang kondisi udah siap pake. atau jgn2 sistemnya kayak glow plug di diesel jadul di preheated dulu :big_biglaugh:

entahlah om, gaib kali tuh warming up nya saking alusnya sampe ga kedenger :big_biglaugh: makanya butuh oli setipis 0w-20 apa 0w16 kali biar cepet sirkulasi.

tenang aja om, pengalaman kan yang kaput duluan batrenya bukan engine nya :mky_03:
Benar pakai oli rekomendasinya Honda 0w16, supaya sirkulasi oli nya lancar.
Cuma curious saja Om heheheh :big_smile]

Saya lupa ini kan CVT dari 50 ke 120 KM per jam mesin combustion nyala mungkin butuh waktu 6 sd 7 detik.
Jadi sudah cukup sirkulasi ke mesin selama 7 detik. karena CVT pun kecepatan sampai sampai 120 biasanya tidak lewat 2000 RPM.
ASAL tidak dibejek.

Kecuali dibejek RPM bisa diatas 3000
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by ChZ »

Profith83 wrote: Thu Dec 08, 2022 4:02
Benar pakai oli rekomendasinya Honda 0w16, supaya sirkulasi oli nya lancar.
Cuma curious saja Om heheheh :big_smile]

Saya lupa ini kan CVT dari 50 ke 120 KM per jam mesin combustion nyala mungkin butuh waktu 6 sd 7 detik.
Jadi sudah cukup sirkulasi ke mesin selama 7 detik. karena CVT pun kecepatan sampai sampai 120 biasanya tidak lewat 2000 RPM.
ASAL tidak dibejek.

Kecuali dibejek RPM bisa diatas 3000
yeap modern gasoline jg sekarang cepet kok warming up nya... kecuali honda L15turbo hahahaha saking takut blowing head gasket desain headnya dibuat sedingin mungkin jd susah warm up di northern continent malah dilution bensinnya gak kebakar :mky_03:

tapi jgn salah om CVT di hybrid itu cuma "nama" aja karena gak pake steel belt macem mobil matic CVT. cuma pake nama "continuously variable" krn sifatnya mirip CVT.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by Profith83 »

Profith83 wrote: Thu Dec 08, 2022 1:27 Kita diskusi mobil Hybrid.

Mobil Hybrid secara teknologi bagus dan irit pemakaian BBM, karena kecepatan rendah dibawah 40 atau 50 Km/h akan menggunakan baterai, diatas itu menggunakan mesin combustion, jadi bergantian.
Karena mobil Hybrid, maka pagi hari tidak perlu memanasin mesin, andaikata mobil start pagi hari juga bukan mesin combustion yang menyala.

Jadi pagi hari start mesin mungkin tunggu 15 detik, bisa jalan di komplek max 20 Km/h masih pakai baterai.
Setelah kurang lebih 1KM keluar komplek perumahan, kebetulan jalannya besar dan sepi.
Kemudian kita injak pedal gas, sampai kecepatan 60 KM per jam maka mesin combustion otomatis menyala, bahkan kadang bisa sampai 80 Km/h apabila jalan kosong.

PERTANYAANNYA, mesin combustion kan otomatis nyala dan langsung kecepatan tinggi diatas 50 Km/h.

Nah .... mesin combustion yang asalnya belum nyala, tiba tiba nyala di kecepatan 50 Km/h bahkan apabila sampai kecepatan 100 Km/h.
Dengan mesin combustion kondisi dingin tiba tiba digeber dari nyala kecepatan 50 Km/h sampai 100 Km/h apa tidak mudah rusak mesin combustion nya? sirkulasi oli kan belum terlumasi sempurna, temperature mesin juga masih dingin.
Sebenarnya saya post disini lebih ke arah ingin tahu saja bagaimana perawatan yang baik.
Saya sudah dapat jawaban / clue nya.

Ini menurut pemikiran sotoy saya saja.
Kalau di Toll kecepatan diatas 50 sd 120 kan mesin combustion nyala. dari 50 sd 120 butuh waktu mungkin sekitar 7 detik.
- Selama 7 detik tersebut karena CVT RPM di 2000 an.
- Selama 7 detik tersebut karena oli 0w16 juga sudah sirkulasi ke mesin.
- JADI biarpun mesin dingin gapapa, karena RPM tidak lewat 2000 dan pakai oli ow16.

ASAL tidak dibejek saja keluar rumah yang dekat toll, terus dibejek injek gass sampai lantai.
RPM bisa main di 3500. Mesin combustion dalam keadaan cold start main di RPM 3500 kurang bagus untuk mesin.
Kemungkinan seperti ini juga jarang terjadi,
1. keluar rumah dekat toll
2. masuk toll combustion engine masih cold/dingin kemudian dibejek gass nya, sehingga combustion engine cold start naik ke RPM 3500.
Kombinasi kedua tersebut diatas jarang terjadi.

Sama seperti mesin combustion biasa saat cold start jangan dibejek agar mesin awet.

Bagi teman2x tujuan posting ini agar tahu saja bagaimana cara memakai yang benar, agar mesin toyota yang sudah terkenal bandel, agar lebih awet saja.
Tidak ada tujuan yang lain yah, sekedar diskusi dan sharing pendapat agar mobil yang kita sayangi awet.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2568
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by farizfsa »

pengalaman pake prius phev 2020 sih mesin bensin emang jarang nyala ya, kalo kickdown mesin lgs nyala dan lumayan bersinergi dgn rpm segala2 torsinya dan peralihannya lumayan seamless, enak.

cuma kalo mesin dingin atau ga, ga terlalu merhatiin karena lg pula mbl zaman sekarang gausah nunggu panas2 amat buat jalan normal ya
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by epinjose »

evanbngdor wrote: Thu Dec 08, 2022 3:10
Cuma yg saya belum liat persis itu adalah sistem AC nya itu kompresor nya gimana ya, apakah kayak AC di electric car, atau tetap ada kompresor yg diputer pake tenaga mesin combustion
:mky_01:
AC nya tetep nyala om walau ICE nya lagi idle off.
suaranya mirip kayak kompresor ac rumah daikin yang inverter, terdengar naik turun gitu speed kompresor ac nya.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by AbdulHakim »

Gimana liat rpm mesin ice nya pas nyala? :big_think:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by peterming77 »

epinjose wrote: Thu Dec 08, 2022 5:18
evanbngdor wrote: Thu Dec 08, 2022 3:10
Cuma yg saya belum liat persis itu adalah sistem AC nya itu kompresor nya gimana ya, apakah kayak AC di electric car, atau tetap ada kompresor yg diputer pake tenaga mesin combustion
:mky_01:
AC nya tetep nyala om walau ICE nya lagi idle off.
suaranya mirip kayak kompresor ac rumah daikin yang inverter, terdengar naik turun gitu speed kompresor ac nya.
Bener, kompresor elektrik, bukan pake kompresor yg sambung ke pully combustion engine. Jadi ICE mati pun kompresor tetap jalan ac tetap dingin.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by peterming77 »

Profith83 wrote: Thu Dec 08, 2022 3:57
evanbngdor wrote: Thu Dec 08, 2022 1:47 Izin share pengalaman saya ya mbah.

Waktu itu pernah nyetir Camry Hybrid 2014, rute itu sekitar 1km jalan biasa abis itu langsung masuk tol, start dari sekitar cluster Icon BSD lalu langsung masuk tol yg baru sebelah AEON Mall itu.

Sebelum jalan itu ngadem di mobil sekitar 5-7 menit dulu. Setelah itu start sampe masuk tol itu mesin hanya 1x nyala sekitar 30 detik tp ngga tau rpm mesinnya berapa, sepertinya itu mesin hanya nyala untuk ngisi si batere lg. Begitu masuk tol langsung kickdown sekitar 2 detik mesin langsung nyala lg dan sependengaran itu suara mesinnya tetep sama kayak sebelum masuk tol, ngga langsung meraung high rpm gitu, meskipun setelah konstan 120-130an itu mesin nyala terus sih.

Ngga sampe kayak mesin combustion konvensional yg kalo kickdown udah pasti rpm nya langsung meraung gitu, karena Camry hybrid ini kayaknya dia tetep ambil daya motor listrik yg utama kalau ada kickdown, mungkin hybrid generasi terkini ada sedikit beda sistem bisa jg sih.

Cuma entah apa yg terjadi kalau misal ada malfunction dr batere nya atau batere udah ngga bisa nampung daya, apakah si mesin jadinya kayak genset langsung ngalirin listrik ke motor nya atau dia bisa langsung bypass sistem motor listriknya dan full pake mesin combustion
Dicoba om, begitu masuk toll kalau sepi. Mobil dalam keadaan belum pernah nyala combustion engine nya.
Begitu masuk toll langsung tarik 50 sd 100. Apakah nyala terus combustion engine dari 50 sd 100 itu.
Apabila nyala RPM berapa yang combustion engine. Sekedar curious saja
di speed berapa pun kalo di bejek ICE nya akan langsung nyala, kalo di tol speed diatas 40 ICE pasti langsung nyala. Kalo coasting di urut tipis2 pedalnya ICE masih bisa off sampe +/- 60kph, diatas itu pasti kombinasi ICE + motor otak ECU nya yg atur sendiri.

Nga ada RPM di dashboard, jadi cuma indikasi charge - eco - power aja, krn RPM ICE nga selalu linear sama bejekan kaki.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2523
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by KielConstantine »

Kalo takut mesinnya tetep dingin gara2 kg nyala pas cold start.

Mungkin bisa di coding / remap ecunya, bikin aja settingan pas teken tombol ‘engine start’ mesin combustion auto nyala for 10 minutes, abis itu baru auto switch ke hybrid drivetrain after the conditions fulfilled :cupss:

Skarang era computerized semua soalnya. Harusnya user dikasih hak full buat setting everything their owned vehicles
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by peterming77 »

AbdulHakim wrote: Thu Dec 08, 2022 5:21 Gimana liat rpm mesin ice nya pas nyala? :big_think:
Nga ada RPM bro
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by peterming77 »

KielConstantine wrote: Thu Dec 08, 2022 5:55 Kalo takut mesinnya tetep dingin gara2 kg nyala pas cold start.

Mungkin bisa di coding / remap ecunya, bikin aja settingan pas teken tombol ‘engine start’ mesin combustion auto nyala for 10 minutes, abis itu baru auto switch ke hybrid drivetrain after the conditions fulfilled :cupss:

Skarang era computerized semua soalnya. Harusnya user dikasih hak full buat setting everything their owned vehicles
10 menit kelamaan Bro, kalo mau sebetulnya bisa habis tekan power ON injak pedal gas di posisi P atau N, nanti ICE nya bakalan nyala kok, habis itu kalo ECU anggap ga butuh ICE ya bakalan mati lagi. Mesin modern cuma butuh +/- 1 menit buat dipanasi. Lebih dari itu buang2 BBM.

Lagian kan punya mobil hybrid ini end game nya irit BBM, lah kalo bentar2 kuatir kenapa ICE nya ga nyala/cold start apalagi sampe di coding auto ignite waktu poer on ya hematnya ga dapat donk. IMHO leave it to engineers di Toyota lah, kita mah pake aja ga usah pusing. Yg penting ada masalah bawa ke beres, kan ada warranty.
Last edited by peterming77 on Thu Dec 08, 2022 6:09, edited 1 time in total.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by evanbngdor »

Profith83 wrote: Thu Dec 08, 2022 3:57 Dicoba om, begitu masuk toll kalau sepi. Mobil dalam keadaan belum pernah nyala combustion engine nya.
Begitu masuk toll langsung tarik 50 sd 100. Apakah nyala terus combustion engine dari 50 sd 100 itu.
Apabila nyala RPM berapa yang combustion engine. Sekedar curious saja
Waduh kayaknya agak sulit kalo mau skenario gitu sih, berarti harus cold start dari pintu masuk tol biar bs langsung bejek ya. Tp waktu itu sih mesinnya nyala terus dr tap kartu di gerbang tol sampe speed 120 lebih meskipun ngga meraung sama sekali mesinnya

Waktu itu jg kirain mesinnya ngga akan nyala karena speed jg ngga sampe 40 dr start sampe gerbang tol, eh ternyata nyala sendiri dia
:mky_01:
peterming77 wrote: Thu Dec 08, 2022 5:31
epinjose wrote: Thu Dec 08, 2022 5:18
evanbngdor wrote: Thu Dec 08, 2022 3:10
Cuma yg saya belum liat persis itu adalah sistem AC nya itu kompresor nya gimana ya, apakah kayak AC di electric car, atau tetap ada kompresor yg diputer pake tenaga mesin combustion
:mky_01:
AC nya tetep nyala om walau ICE nya lagi idle off.
suaranya mirip kayak kompresor ac rumah daikin yang inverter, terdengar naik turun gitu speed kompresor ac nya.
Bener, kompresor elektrik, bukan pake kompresor yg sambung ke pully combustion engine. Jadi ICE mati pun kompresor tetap jalan ac tetap dingin.
I see, waktu itu ngga berani buka2 kap mesin segala sih karena mobil orang lain jg kebetulan boleh nyetir aja
:big_peace:

Dan memang dingin sih, bahkan rasanya lebih instan dinginnya dibanding AC mobil mesin combustion, tp ya itu tergantung jenis mobilnya jg sih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
fansdiesel
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 297
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Hybrid mesin mudah stress?

Post by fansdiesel »

kalo mobil gybrid ini kalau baterainya rusak berarti bisa dianggap jadi mesin ice biasa kah ? tanpa ganti baterai