Honda B from my point of view

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

azure
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Sep 22, 2015 3:39

Re: Honda B from my point of view

Post by azure »

ChZ wrote: Sat Dec 10, 2022 7:45
Suryaputra wrote: Sat Dec 10, 2022 4:55
azure wrote: Sat Dec 10, 2022 3:58
Kayanya kalo uda kena honda,susah berpaling ya .. haha.. di kantor lagi diskusi sama temen,mau ganti apa tahun depan,temen skrg pake freed.. ujung2nya antara brv atau xpander cross,tp lebih condong ke brv.. :mky_03:
Yesss

Kecuali klo upgrade level ya

Misal dr kelas 1500cc ke 2000cc nah itu bisa nyebrang brand.
Tp klo sy rasa scr pribadi mostly tetap stay di Honda sih :big_biglaugh:
ora honda, ora cinta :ngacir:

sebenarnya untuk non-premium products dan small cars honda emang paling decent. dari jaman civic pertama kan selalu offer lebih dari lawan-lawannya (soal ride quality ya, bkn soal fitur). kombinasi enak dibawa dan durability yang battle proven.

aftersales jg makin hari makin baik kyknya sejak ditinggal johnpeace funday. maklum lah, dulu johnpeace funday pegang sales + service sekaligus skrg jadi lbh fokus dan terstandar.

premium productsnya sekarang udah jadi niche sih. tapi buat medium crossover CRV bisa dibilang no competition sekarang. innivi zinix hibrid mah beda donk tetep image nya lebih kaya bawa CRV :mky_03:
Nah.. ini.. jawaban honda lover.. :mky_02:

Tp ya,i have to agree sama om chz,kalo nyetir sh mendingan honda dibanding sekelasnya.
Sy gak ad pngalaman soal honda sebelumnya,trakir alm papa punya accord cielo thn 94,tp ya namanya masi anak2,ya cm tau bentuknya keren,ada electric seat buat naik n turunin ketinggian. :upss:

Sy cm bandingin agya vs brio. Waktu pindah dr agya ke brio,sy sh cm ekspektasinya 1, lebih irit. Ya krn sy pake agya 1.0 cc polos,tanpa vvti, 4at. Dapet rata2 1:11 aja udah syukur.
Tp di brio ni slain irit,sy juga baru blajar yg namanya pengendalian.. belok di tikungan tol sekitar 50kph,tu mobil gak ngerasa kebuang.. :big_okay:
agya? Di tikungan yg sama 40kph aj dah brasa ngebuang.. :big_bored:
jordanmax
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Wed Sep 07, 2022 1:22
Location: Bandung

Re: Honda B from my point of view

Post by jordanmax »

Untuk dalam kota brio cvt mantap, tenaga pas dan lumayan irit. tapi untuk luar kota atau jalur tol kurang nyaman, jika mau langsung dari speed 40 ke 100 an mesin langsung meraung dan rpm menjadi tinggi, jadi ga bisa sat set sat set. Harus agak sedikit di akalin agar rpm tidak tinggi, speed sudah sampai di sekitar 60 an gas diangkat sedikit supaya rpm sedikit turun, sudah rpm turun sedikit, baru di gas lagi perlahan sampai ke kecepatan 100 an.

Mungkin itu kelemahan CVT nya, Pernah langsung gas pol sampai 120an rpm bisa sampai ke 5000 an, memang tenaganya mampu, tetapi saat rpm tinggi meraung, suara mesin sangat jelas masuk ke dalam, dan sangat tidak nyaman. menjadikan gaya menyetir harus selalu selow dan penuh kesabaran.

Apakah cvt di honda BRV seperti ini jg ya? (dari 0 - 100 Grafik rpm hanya menaik saja) Klo cvt di expander baru dari 0 - 100 nya RPM nya seperti manual,bisa naik turun otomatis.
azure
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Sep 22, 2015 3:39

Re: Honda B from my point of view

Post by azure »

Mini update on 1200km

Mods done : coating n ganti pelapis jok.

Sebelum servis 1000km,sy n kluarga coba main2 ke bogor skalian tes drive di tol. Krn rute sy kebanyakan dalkot. Entah krn karakter cvt atau sy masih belum biasa dgn power delivery nya yang kelewat alus, dibejek gas agak dalem,rpm langsung naik ke 3000an rpm,tp jarum speedo naiknya pelan2. :big_chicken:

Gas nya musti di urut baru speed ny naik lebih cepet,ya paling gak sesuai dgn kenaikan rpm.. secara engine oke,mungkin kaki kanan harus lebih sekolah buat kluarin tenaga si mesin..

Untuk CVT nya sendiri no komplen,tp sy pribadi ms lum ketemu kapan harus masukin transmisi ke S, krn rata2 kondisi,cukup di D atau L aja saat nanjak2. Krn pada saat di S, rpm akan ditahan di rpm tinggi,tapi speed ya gitu2 aja.. :big_childish:

Keiritan? Irit bgt.. dari hotel yg agak di daerah pegunungan buat ke jl suryakencana buat makan siang,beli oleh2, cafe hopping skitar bogor, sy dpt 13.9 kpl. Ini termasuk jadi genset di bbrp kesempatan. Not bad.. Fuel cons pake metode full to full..

Bagasi? Muat untuk 1 suitcase paling besar dgn posisi horisontal di bagasi. Plus beberapa kantong isi snack2 n air mineral.. :big_exellent:

Yang menggangu? Tetep, groundclearance.. waktu jln ke hotel,sempet gasruk bagian depan krn kontur jalan yang gak rata.

Weekend kemarin akhirnya servis 1000km di honda alam sutera. Ditanya SA ada keluhan apa,keluhan nya cuma 1,ada bunyi di bagian kaki depan waktu lewatin poldur saat mobil berbelok ke kanan. SA bilang akan di cek. Oh ya,yg gasruk tadi,berbuah baret alus di bemper bagian bawah sebanyak 3 tempat. :wkkk:
Sm sy minta update firmware HU kenwood nya.

Berhubung sy dapet free jasa sampe 50rb/4 thn,sy iseng tny brio ini dapet nya oli visko brp n apa boleh bawa oli dr luar.
Surprise surprise,tnyata diisi 10w30 n gak boleh bawa oli dari luar. :big_cry:

Entah krn kbiasaan dari dl atau cm faktor sugesti,brasa lebih enakan pake 5w30 di agya drpd 10w30 di brio.. :big_childish:
kayanya harus atur2 timing ganti oli biar 10rb skali bisa servis di beres.. :mky_01:

Setelah nunggu sekitar 2 jam,mobil dah beres,bunyi2 ilang krn katanya baut2 di kaki2 dah di kencengin lagi.
Firmware HU tnyata masi belum ada,jadi klo mau pindah2in lagu harus dari HP..

Meskipun harus belajar injek pedal gas n ati2 dgn jalanan yang berbeda tinggi,i'm happy with the little one..
:big_peace:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9653
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda B from my point of view

Post by Suryaputra »

azure wrote: Mon Dec 26, 2022 14:42 Mini update on 1200km

Mods done : coating n ganti pelapis jok.

Sebelum servis 1000km,sy n kluarga coba main2 ke bogor skalian tes drive di tol. Krn rute sy kebanyakan dalkot. Entah krn karakter cvt atau sy masih belum biasa dgn power delivery nya yang kelewat alus, dibejek gas agak dalem,rpm langsung naik ke 3000an rpm,tp jarum speedo naiknya pelan2. :big_chicken:

Gas nya musti di urut baru speed ny naik lebih cepet,ya paling gak sesuai dgn kenaikan rpm.. secara engine oke,mungkin kaki kanan harus lebih sekolah buat kluarin tenaga si mesin..

Untuk CVT nya sendiri no komplen,tp sy pribadi ms lum ketemu kapan harus masukin transmisi ke S, krn rata2 kondisi,cukup di D atau L aja saat nanjak2. Krn pada saat di S, rpm akan ditahan di rpm tinggi,tapi speed ya gitu2 aja.. :big_childish:

Keiritan? Irit bgt.. dari hotel yg agak di daerah pegunungan buat ke jl suryakencana buat makan siang,beli oleh2, cafe hopping skitar bogor, sy dpt 13.9 kpl. Ini termasuk jadi genset di bbrp kesempatan. Not bad.. Fuel cons pake metode full to full..

Bagasi? Muat untuk 1 suitcase paling besar dgn posisi horisontal di bagasi. Plus beberapa kantong isi snack2 n air mineral.. :big_exellent:

Yang menggangu? Tetep, groundclearance.. waktu jln ke hotel,sempet gasruk bagian depan krn kontur jalan yang gak rata.

Weekend kemarin akhirnya servis 1000km di honda alam sutera. Ditanya SA ada keluhan apa,keluhan nya cuma 1,ada bunyi di bagian kaki depan waktu lewatin poldur saat mobil berbelok ke kanan. SA bilang akan di cek. Oh ya,yg gasruk tadi,berbuah baret alus di bemper bagian bawah sebanyak 3 tempat. :wkkk:
Sm sy minta update firmware HU kenwood nya.

Berhubung sy dapet free jasa sampe 50rb/4 thn,sy iseng tny brio ini dapet nya oli visko brp n apa boleh bawa oli dr luar.
Surprise surprise,tnyata diisi 10w30 n gak boleh bawa oli dari luar. :big_cry:

Entah krn kbiasaan dari dl atau cm faktor sugesti,brasa lebih enakan pake 5w30 di agya drpd 10w30 di brio.. :big_childish:
kayanya harus atur2 timing ganti oli biar 10rb skali bisa servis di beres.. :mky_01:

Setelah nunggu sekitar 2 jam,mobil dah beres,bunyi2 ilang krn katanya baut2 di kaki2 dah di kencengin lagi.
Firmware HU tnyata masi belum ada,jadi klo mau pindah2in lagu harus dari HP..

Meskipun harus belajar injek pedal gas n ati2 dgn jalanan yang berbeda tinggi,i'm happy with the little one..
:big_peace:
Honda ini dealer ownernya beda2

Kebijakan beda2

Tp klo mau ribet dikit, call aja random dealer bengkel honda yg ada di kota domisili mbah, mana yg boleh bw oli sendiri?

Krn case ini terjadi jg sama saya (selama masa garansi)...
Domisili di Bandung, dr bbrp dealer Honda, so far; Honda
Auto Best yg boleh bw oli dan lendir apapun dr luar.

Yg penting comply ke spec oli nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3412
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Honda B from my point of view

Post by kendibocor »

azure wrote: Mon Dec 26, 2022 14:42 Mini update on 1200km

Mods done : coating n ganti pelapis jok.

Sebelum servis 1000km,sy n kluarga coba main2 ke bogor skalian tes drive di tol. Krn rute sy kebanyakan dalkot. Entah krn karakter cvt atau sy masih belum biasa dgn power delivery nya yang kelewat alus, dibejek gas agak dalem,rpm langsung naik ke 3000an rpm,tp jarum speedo naiknya pelan2. :big_chicken:

Gas nya musti di urut baru speed ny naik lebih cepet,ya paling gak sesuai dgn kenaikan rpm.. secara engine oke,mungkin kaki kanan harus lebih sekolah buat kluarin tenaga si mesin..

Untuk CVT nya sendiri no komplen,tp sy pribadi ms lum ketemu kapan harus masukin transmisi ke S, krn rata2 kondisi,cukup di D atau L aja saat nanjak2. Krn pada saat di S, rpm akan ditahan di rpm tinggi,tapi speed ya gitu2 aja.. :big_childish:

Keiritan? Irit bgt.. dari hotel yg agak di daerah pegunungan buat ke jl suryakencana buat makan siang,beli oleh2, cafe hopping skitar bogor, sy dpt 13.9 kpl. Ini termasuk jadi genset di bbrp kesempatan. Not bad.. Fuel cons pake metode full to full..

Bagasi? Muat untuk 1 suitcase paling besar dgn posisi horisontal di bagasi. Plus beberapa kantong isi snack2 n air mineral.. :big_exellent:

Yang menggangu? Tetep, groundclearance.. waktu jln ke hotel,sempet gasruk bagian depan krn kontur jalan yang gak rata.

Weekend kemarin akhirnya servis 1000km di honda alam sutera. Ditanya SA ada keluhan apa,keluhan nya cuma 1,ada bunyi di bagian kaki depan waktu lewatin poldur saat mobil berbelok ke kanan. SA bilang akan di cek. Oh ya,yg gasruk tadi,berbuah baret alus di bemper bagian bawah sebanyak 3 tempat. :wkkk:
Sm sy minta update firmware HU kenwood nya.

Berhubung sy dapet free jasa sampe 50rb/4 thn,sy iseng tny brio ini dapet nya oli visko brp n apa boleh bawa oli dr luar.
Surprise surprise,tnyata diisi 10w30 n gak boleh bawa oli dari luar. :big_cry:

Entah krn kbiasaan dari dl atau cm faktor sugesti,brasa lebih enakan pake 5w30 di agya drpd 10w30 di brio.. :big_childish:
kayanya harus atur2 timing ganti oli biar 10rb skali bisa servis di beres.. :mky_01:

Setelah nunggu sekitar 2 jam,mobil dah beres,bunyi2 ilang krn katanya baut2 di kaki2 dah di kencengin lagi.
Firmware HU tnyata masi belum ada,jadi klo mau pindah2in lagu harus dari HP..

Meskipun harus belajar injek pedal gas n ati2 dgn jalanan yang berbeda tinggi,i'm happy with the little one..
:big_peace:
Tukwr tambah naek spec oli ga boleh om? Tetep pake oli honda tp yg 5w?
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
azure
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Sep 22, 2015 3:39

Re: Honda B from my point of view

Post by azure »

Suryaputra wrote: Mon Dec 26, 2022 14:46 Honda ini dealer ownernya beda2

Kebijakan beda2

Tp klo mau ribet dikit, call aja random dealer bengkel honda yg ada di kota domisili mbah, mana yg boleh bw oli sendiri?

Krn case ini terjadi jg sama saya (selama masa garansi)...
Domisili di Bandung, dr bbrp dealer Honda, so far; Honda
Auto Best yg boleh bw oli dan lendir apapun dr luar.

Yg penting comply ke spec oli nya.
Yes,beda perush,beda kebijakan..
Di deket rumah ada honda autoland,gak bisa bawa oli sendiri.. :mky_05:
Paling cari2 lagi de dealer yg lebih longgar kebijakannya..
kendibocor wrote: Mon Dec 26, 2022 16:01
Tukwr tambah naek spec oli ga boleh om? Tetep pake oli honda tp yg 5w?
Boleh om,bisa spec up ke 5w30 atau 0w20 skalian.. tinggal bayar selisih nya,kalo gak salah denger ke 5w30 beda 90ribuan buat 4 liter.

Tp pertanyaannya,apa cukup buat 10rb km? Kayanya dgn pemakaian normal,kayanya mentok di 6 bulan nya sih,bukan 10rb km nya.. haha..
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9653
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda B from my point of view

Post by Suryaputra »

azure wrote: Tue Dec 27, 2022 0:53
Suryaputra wrote: Mon Dec 26, 2022 14:46 Honda ini dealer ownernya beda2

Kebijakan beda2

Tp klo mau ribet dikit, call aja random dealer bengkel honda yg ada di kota domisili mbah, mana yg boleh bw oli sendiri?

Krn case ini terjadi jg sama saya (selama masa garansi)...
Domisili di Bandung, dr bbrp dealer Honda, so far; Honda
Auto Best yg boleh bw oli dan lendir apapun dr luar.

Yg penting comply ke spec oli nya.
Yes,beda perush,beda kebijakan..
Di deket rumah ada honda autoland,gak bisa bawa oli sendiri.. :mky_05:
Paling cari2 lagi de dealer yg lebih longgar kebijakannya..
kendibocor wrote: Mon Dec 26, 2022 16:01
Tukwr tambah naek spec oli ga boleh om? Tetep pake oli honda tp yg 5w?
Boleh om,bisa spec up ke 5w30 atau 0w20 skalian.. tinggal bayar selisih nya,kalo gak salah denger ke 5w30 beda 90ribuan buat 4 liter.

Tp pertanyaannya,apa cukup buat 10rb km? Kayanya dgn pemakaian normal,kayanya mentok di 6 bulan nya sih,bukan 10rb km nya.. haha..
Honda genuine 5w atau 0w better jgn lbh dr 5rb km or 6 bulan mbah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Honda B from my point of view

Post by akbrn »

Suryaputra wrote:
Honda genuine 5w atau 0w better jgn lbh dr 5rb km or 6 bulan mbah
pas masih makloon bumn & nusaraya kilometer 4000 dah ga karuan

skrg makloon jx nippon little bit beter
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9653
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda B from my point of view

Post by Suryaputra »

akbrn wrote: Sat Dec 31, 2022 8:32
Suryaputra wrote:
Honda genuine 5w atau 0w better jgn lbh dr 5rb km or 6 bulan mbah
pas masih makloon bumn & nusaraya kilometer 4000 dah ga karuan

skrg makloon jx nippon little bit beter
Eneos ya oli mesin nya Honda 5w30?

Klo idemitsu yg bikin cvt fluid nya kan?
Itu hsl test lab nya agak gak karu2an sih
Wkwkwkwk.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Honda B from my point of view

Post by akbrn »

Suryaputra wrote:
Eneos ya oli mesin nya Honda 5w30?

Klo idemitsu yg bikin cvt fluid nya kan?
Itu hsl test lab nya agak gak karu2an sih
Wkwkwkwk.
Yes, batch kuartal iii dari 10w30 sampe 0w20 gold makloon eneos, yg 0w20 red ngga tau makloon mana

idemitsu vendor fluid transmisi, dari atf, hcf, cvtf, mtf (hasil liat botol display di beres)

hasil tes lab epro?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9653
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda B from my point of view

Post by Suryaputra »

akbrn wrote: Sat Dec 31, 2022 10:10
Suryaputra wrote:
Eneos ya oli mesin nya Honda 5w30?

Klo idemitsu yg bikin cvt fluid nya kan?
Itu hsl test lab nya agak gak karu2an sih
Wkwkwkwk.
Yes, batch kuartal iii dari 10w30 sampe 0w20 gold makloon eneos, yg 0w20 red ngga tau makloon mana

idemitsu vendor fluid transmisi, dari atf, hcf, cvtf, mtf (hasil liat botol display di beres)

hasil tes lab epro?
Test lab HCF2 nya mbah

Pernah sy post di thread transmisi otomatis
viewtopic.php?p=1238330#p1238318

Klo 0w20 merah, infonya made by Shell indonesia
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Honda B from my point of view

Post by akbrn »

Suryaputra wrote:
Test lab HCF2 nya mbah

Pernah sy post di thread transmisi otomatis
viewtopic.php?p=1238330#p1238318

Klo 0w20 merah, infonya made by Shell indonesia
baru liat sekilas, Fe lumayan gede sama ada silicon juga

apa antiwear hcf kurang ya untuk proteksi cvt belt? Malah di kitab batch 2020 rekomendasi ganti per 40 rb km, per 20 rb cuma "periksa"

yg MT feeling ga enak juga biarpun di msds ada kandungan ester, kemungkinan add pack pas2an juga...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9653
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda B from my point of view

Post by Suryaputra »

akbrn wrote: Sat Dec 31, 2022 15:58
Suryaputra wrote:
Test lab HCF2 nya mbah

Pernah sy post di thread transmisi otomatis
viewtopic.php?p=1238330#p1238318

Klo 0w20 merah, infonya made by Shell indonesia
baru liat sekilas, Fe lumayan gede sama ada silicon juga

apa antiwear hcf kurang ya untuk proteksi cvt belt? Malah di kitab batch 2020 rekomendasi ganti per 40 rb km, per 20 rb cuma "periksa"

yg MT feeling ga enak juga biarpun di msds ada kandungan ester, kemungkinan add pack pas2an juga...
Nah itu dia mbah.
Jgn lewat interval 20rb km klo mau dipakai lama sampai puluhan tahun

No wonder, harga HCF2 aja murah di beres :big_biglaugh:

Klo silicon sih gak heran ya, krn kotoran non metal, tutup lendir girboks nya aja gtu doang, gampang dilepasnya, gak pakai dipstick.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Honda B from my point of view

Post by akbrn »


Suryaputra wrote:
Nah itu dia mbah.
Jgn lewat interval 20rb km klo mau dipakai lama sampai puluhan tahun

No wonder, harga HCF2 aja murah di beres :big_biglaugh:

Klo silicon sih gak heran ya, krn kotoran non metal, tutup lendir girboks nya aja gtu doang, gampang dilepasnya, gak pakai dipstick.
silicon rada aneh aja nemu di uoa transmisi, biasa nemu di uoa mesin dari sisa2 sealer tutup silinder kop

yg cvt blm pernah liat langsung, kl MT malah mirip mekanisme isi oli gear skutik

untung udah feeling dari awal, pas 1000 km langsung ganti mtf 1,75 liter. Waktu kondisi baru, shifting sedikit seret, resiko beli stock lama fluida pasti wajib ganti ASAP

pas 16 rb ganti 1.7 liter + HSS FR3 50 ML, pas 36 rb 2 liter kuras, 1,75 liter ganti (gapake FR3 gara2 hilang di pasaran. distro, ss, tukang repack pada kosong)

paling enak pas MTF + FR3
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9653
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda B from my point of view

Post by Suryaputra »

akbrn wrote: Sat Dec 31, 2022 18:45
Suryaputra wrote:
Nah itu dia mbah.
Jgn lewat interval 20rb km klo mau dipakai lama sampai puluhan tahun

No wonder, harga HCF2 aja murah di beres :big_biglaugh:

Klo silicon sih gak heran ya, krn kotoran non metal, tutup lendir girboks nya aja gtu doang, gampang dilepasnya, gak pakai dipstick.
silicon rada aneh aja nemu di uoa transmisi, biasa nemu di uoa mesin dari sisa2 sealer tutup silinder kop

yg cvt blm pernah liat langsung, kl MT malah mirip mekanisme isi oli gear skutik

untung udah feeling dari awal, pas 1000 km langsung ganti mtf 1,75 liter. Waktu kondisi baru, shifting sedikit seret, resiko beli stock lama fluida pasti wajib ganti ASAP

pas 16 rb ganti 1.7 liter + HSS FR3 50 ML, pas 36 rb 2 liter kuras, 1,75 liter ganti (gapake FR3 gara2 hilang di pasaran. distro, ss, tukang repack pada kosong)

paling enak pas MTF + FR3
Iya pas tuh klo dikasih aditif sejenis FR3 atau Mannol Ester untuk MT gearbox, jadi lebih less friksi
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Honda B from my point of view

Post by ariswp »

Oia coba di cek om, brio rs setrika 2017 saya bawaannya tidak ada filter kabin, di brio rs facelift baru apa sudah dapet filter kabin? Segera pasang aja klo belum, punya saya baru ketahuan pas bersih2 sendiri, nyesel kenapa gak dari dulu taunya
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
tupac
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Nov 22, 2015 11:31

Re: Honda B from my point of view

Post by tupac »

Kalo pake oli 0W 20 bawaan honda worth ndak ya, om?
Tadi ditawarin upgrade pas servis 5k
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9653
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda B from my point of view

Post by Suryaputra »

tupac wrote: Mon Jan 02, 2023 3:32 Kalo pake oli 0W 20 bawaan honda worth ndak ya, om?
Tadi ditawarin upgrade pas servis 5k
klo boleh bw oli sendiri dr luar... maaf, gak worth mbah.

tp klo hanya boleh oli beres, ya terpaksa deh.

:big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
azure
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Sep 22, 2015 3:39

Re: Honda B from my point of view

Post by azure »

ariswp wrote: Sun Jan 01, 2023 1:49 Oia coba di cek om, brio rs setrika 2017 saya bawaannya tidak ada filter kabin, di brio rs facelift baru apa sudah dapet filter kabin? Segera pasang aja klo belum, punya saya baru ketahuan pas bersih2 sendiri, nyesel kenapa gak dari dulu taunya
Belum dapet om.. sy juga nambah sendiri jadinya..:big_childish:

Wah,baru tau nih,oli cap beres modelnya gitu ya.. minta perush blending oli buat bikin sesuai resep dari yang punya merek..
Suryaputra wrote: Mon Jan 02, 2023 3:37
tupac wrote: Mon Jan 02, 2023 3:32 Kalo pake oli 0W 20 bawaan honda worth ndak ya, om?
Tadi ditawarin upgrade pas servis 5k
klo boleh bw oli sendiri dr luar... maaf, gak worth mbah.

tp klo hanya boleh oli beres, ya terpaksa deh.

:big_peace:
Pilihannya 2 ya om, bilang sama beres pas servis gak perlu ganti oli nya
Atau
Pake gratisan dari beres,biar buku servis lengkap. Tapi setelah skian ribu km,ganti pake oli pilihan sendiri.. :big_biglaugh:

Kalo ganti2 visko gitu ngaruh gak om? Dari 5w30 terus ke 0w20 terus ke 5w30. Dari sisi mekanis,ada efek negatif nya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9653
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda B from my point of view

Post by Suryaputra »

azure wrote: Tue Jan 03, 2023 6:18
ariswp wrote: Sun Jan 01, 2023 1:49 Oia coba di cek om, brio rs setrika 2017 saya bawaannya tidak ada filter kabin, di brio rs facelift baru apa sudah dapet filter kabin? Segera pasang aja klo belum, punya saya baru ketahuan pas bersih2 sendiri, nyesel kenapa gak dari dulu taunya
Belum dapet om.. sy juga nambah sendiri jadinya..:big_childish:

Wah,baru tau nih,oli cap beres modelnya gitu ya.. minta perush blending oli buat bikin sesuai resep dari yang punya merek..
Suryaputra wrote: Mon Jan 02, 2023 3:37
tupac wrote: Mon Jan 02, 2023 3:32 Kalo pake oli 0W 20 bawaan honda worth ndak ya, om?
Tadi ditawarin upgrade pas servis 5k
klo boleh bw oli sendiri dr luar... maaf, gak worth mbah.

tp klo hanya boleh oli beres, ya terpaksa deh.

:big_peace:
Pilihannya 2 ya om, bilang sama beres pas servis gak perlu ganti oli nya
Atau
Pake gratisan dari beres,biar buku servis lengkap. Tapi setelah skian ribu km,ganti pake oli pilihan sendiri.. :big_biglaugh:

Kalo ganti2 visko gitu ngaruh gak om? Dari 5w30 terus ke 0w20 terus ke 5w30. Dari sisi mekanis,ada efek negatif nya?
Amann

Yg ptg ganti filter oli tiap ganti oli
Sy kyk gtu jg
W20 w30 w20 w30
Ke depan mau back to w20 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
corollae11
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Wed Aug 31, 2022 2:13
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha Vixion Toyota Corolla 1996

Re: Honda B from my point of view

Post by corollae11 »

azure wrote: Fri Dec 02, 2022 23:32 Sudah hampir 1 tahun sejak saya membuat thread disini viewtopic.php?t=31204.. Lalu saya jadi ambil apa?

BRV? Bukan.. Jawabannya adalah Honda Brio RS.. hehe.. lho koq?? Katanya strictly seven seater jadi 5 seater lagi? [emo-police]

Thread dibuat pada awal Januari dengan pemikiran, kami belum akan ambil rumah dulu,karena masih mencari cari yang cocok. Jadi kami rencana nya akan pergunakan COP untuk peremajaan unit. Agya kami sudah mulai memasuki tahun ke 7, apakah ada problem signifikan? Gak koq,baik2 aja, masi bisa lari sana sini dan konsumsi bbm yang wajar(1:9-11 karena jadi genset).

Pertengahan Februari ada tawaran dari sales rumah n kita rasanya sreg dgn lokasi,harga,dll. Dan setelah galau galau ria, kita putuskan untuk ampir KPR dulu. Untuk kendaraan, kita akan perpanjang aja usia pakai nya,paling tidak sampe 1-2 tahun kedepan, toh gak ada problem signifikan.
Akhirnya dimulai lah project refreshment parts buat Agya, hampir semua parts kaki kaki diganti, 3 buah Engine Mounting ikut diganti. Harapannya agar bisa nyaman 1-2 tahun kedepan.

Amankah? Ternyata gak. Suatu hari pada saat mau parkir di depan rumah, mesin mati mendadak. Feelnya mirip sekali sama kalau kita menggunakan manual,tapi lepas kopling dan injek gas nya kurang sinkron.
Lama kelamaan masalah makin bertambah,mulai susah cold start, lampu check engine nyala (problem di vehicle speed sensor menurut pembacaan via obd),gak bisa pindah ke gigi 2, lagi jalan anteng2,tau2 drop ke gigi 1 n engine brake (bahaya ini) sampe pada akhirnya gak bisa di start sama sekali dan harus di towing ke auto 2000. :big_dunno:

Sebelum di towing, beberapa bulan sebelumnya dah pindah2 bengkel,mulai dari Bengkel langganan yang vonis ECU nya,udah beli ECU sendiri n udah pasang,malah masalah tetep masih ada. Ke Plaza Toyota udah, bilang nya no issue. Ke bengkel spesialis matic, langsung vonis matic masalah n minta 15 juta buat OH transmisi tanpa cek lebih lanjut. WTF??!! Situ dukun? Gak nyalain mesin mobil,gak tes drive,cm liat sekilas n lgsg vonis. :frm_bang_head: :frm_snipper:

Singkat cerita, kami putuskan untuk ganti unit aja sekalian,daripada waktu di weekend + uang kebuang sia sia cuma untuk memperbaiki unit yang entah bisa normal lagi atau gak, kami dah agak hopeless sebenernya. :wkkk: Itung sana sini, budget 200 – 250 max akan digunakan untuk ganti unit. Nambah dikit dari hasil jual agya gpp, tapi less money spent on a car, lebih bagus.

Mulai lah hunting2, kriteria tetep sama, harus baru, nambah gak banyak n lbih nyaman dari Agya. 7 seater kalo budget masuk gpp,tapi gak ngoyo harus ambil 7 seater. Option nya apa?

1. Raize
Temen kantor istri di bulan agustus 2022 baru aja ambil ini,ambil GR Sports non TSS. Harga nya skitar 270an udah sama diskon. Pribadi gak terlalu suka raize, mesin nya kasar (3 silinder). Tetangga depan rumah saya adalah head sales Daihatsu Mampang, jadi mereka ada 1 unit rocky. Tiap pagi dengerin cold start n idle nya. Terlalu kasar menurut saya,n dah puas juga dengerin 3 silinder agya,pengen ganti yang 4 silinder aja. Nombok nya kebanyakan n ditambah kasus gak bisa nanjak raize/rocky, jadi mundur teratur.

2. Stargazer
Temen kantor istri nawarin Stargazer karena iklannya dari 240jutaan. Walah, ini mah dapet paling bawah,manual pula. Kalo buat bawa anter jemput gpp. :mky_01:

3. Daihatsu Sirion
Sirion masuk di radar,tapi begitu liat tampilan, istri gak suka. Secara mesin sih sama dengan xenia 1.3 dan body lebih kecil,jadi harusnya oke sparepart n keiritan nya. Harga juga 236jutaan belum diskon. Nambah nya gak terlalu banyak. Harusnya oke,tapi krn istri bilang gak sreg, mundur teratur.

4. Daihatsu Xenia
Bisa dapet yang 1.3 X CVT. Tapi less money spent on car, the better.

5. Ertiga
istri gak tertarik ama cap S dari dulu. Entah kenapa.. Dari produknya sendiri, diluar budget,281 jutaan buat GX Matic (belum diskon) n gak sreg sama mild hybrid nya. N mild hybrid nya koq gak berefek banyak ke kons bbm / performa.. jd mendingan gak lirik lebih lanjut

6. Brio
Mobil paling banyak yang dipake disekitar istri. 3 temen kantor istri pake brio Satya E CVT. Ade Ipar istri tahun lalu ambil brio RS. Mertua saya jg seneng naik itu,meskipun kecil tapi dalemnya lega. Jadi ya sudah, karena pengalaman sekitar istri saya pada puas pake nya, ambil lah Brio. Tipe apa? RS CVT aja. Kenapa gak Urbanite? Terlalu Ricer n nombok nya kebanyakan,toh barang sama aja kaya RS,beda body kit doang. Kenapa gak satya? Istri prefer dgn warna plafon nya RS yang warna item n dah kesengsem sama punya ipar nya istri.
Jadi, Brio RS warna abu nih? yuppie,bungkuss.. :mky_08:

Lalu gimana dgn agya? Masalahnya dimana? Setelah di rawat inap di auto2000, ternyata baru ketemu masalahnya. Masalah utama nya adalah di kabel grounding yang dibaut ke salah satu bagian deket mesin gak di baut secara proper ke tempat nya,jadi si kabel bisa main naik-turun. Hal ini jadi buat arus listrik gak stabil n itu ngaruh ke semua system kelistrikan mobil. Bener aja setelah diganti baut yang lebih pas, si kabel balik secure n gak ada problem apapun. Gak ada check engine atau apapun,normal aja gitu. :big_chicken:
Ya ampun.. kluar duit ganti sensor, beli ECU, sampe towing ke beres semua gara2 hal sepele. Kluar uang buat benerin agya kalau tau problem dari awal? 300ribuan aja. Di rumah sisa ECU n bbrp barang agya, kalau ada yang mau PM ya.. maap mod sedikit jualan.. :big_sorry:

Long story short, kejual lah agya n brio RS sampe dirumah. Impresi nya bagaimana?
Ini first impression selama kurleb 300km pertama dari pandangan user agya selama 7 tahun.
1. Driving position
Meski cuma bisa tilt steering, gak terlalu susah buat ngepasin sama badan ane (178cm/73kg). Yang paling bikin happy, posisi duduk nya itu enak. Kaki ane gak kena bagian bawah setir. Haha.. di agya, bagian plastik jadi alus gr2 sering kena dengkul ane.. wakakakak.. Dashnya agak low buat sy yang lumayan tinggi,jadi masih bisa liat kedepan, great views to the front n side. Visibilitas ke belakang gak terlalu, pilar C nya agak tebel n kaca belakang yg agak round,jadi buat pandangan lebih sempit. Plus ada side bolster yang lumayan tebel di kiri n kanan jok.
Simply put, I feel like I’m IN a car, not ON a car. :big_love:

2. The Ride
Baru jalan pake brio ini sekitar 300km, n smua bagian kaki2 pasti masih baru jadi rasanya enak. Bantingan nya teredam dgn baik n gak ada bunyi2 aneh2.. moga2 aja begitu seterusnya.. haha.. Dibanding sama Jazz RS (GE) lebih enak ini.. Pas awal masuk kantor, selama hampir 1 tahun setiap hari ane ditebengin bos ane pake Jazz GE ini.. Bantingan Jazz GE lebih kesannya kaku n agak keras.
Klo Brio ini lebih mantep, gak ada kesan ngayun berlebih, agya ane juga dah ganti kaki2 n semua shock, tapi tetep gak bisa imbangin bantingan brio.

3. The Engine + Gearbox
Yang pasti lebih halus (3 cylinder vs 4 cylinder). Jelas lah ya. So far sih irit. Amaze juga liat angka kons bbm nya, H+1 ambil dari dealer, isi full tank di Shell n pake buat anter anak les n jadi sempet jadi genset. Awal drop ke 9.1 km/l. Tapi semakin lama di kendarai, angka kons bbm nya makin turun, jadi skitar 12.0 kpl. Beda sama agya yang kalau dah dapet 9an, ya good luck bisa balik ke angka 12an kpl,kecuali naik ke tol. Mungkin krn gearbox nya CVT kali ya, diliat2, gak pernah lebih dari 2000 rpm waktu jalan di komplek, skitar 1500an rpm aja mainnya.
Untuk power belum bisa explore,lum brani bejek2 n lari kenceng. Top speed bawa di tol dari Alam Sutera (Dealer) ke Kelapa Gading cuma berani 80kph. Tapi yang ane rasain, power delivery nya smooth. Cukup injek perlahan, speed creeping naik. Begitu dah sampe desired speed? Tahan aja gas nya. Lari 60kph? Rpm dibawah 2000 saja.
Image

4. THe Sound Insulation
Honda berisik? agak sih IMO. Kemarin sempet ujan sebentar di kantor ane, suara nya koq ya bgini amat ya.. :mky_01: dibanding agya ane? Untuk atap ya mirip2 lah ya. Bagian lain kaya noise dari pintu,dll, belum bisa bedain terlalu jauh,mungkin karet2 pintu masi pada bagus, so belum bisa komen banyak soal ini. Tapi overall peredaman noise lebih mendingan ini dibanding agya.
Untuk Vibration? Mendingan Brio ini juga.. well mungkin krn agya 3 cyl vs brio ini 4 cyl,jadi gak ada getaran berlebih ala 3 cyl. Sebelum agya ane lepas, ane sempet ganti 3 Engine Mounting di beres, jadi bisa langsung bandingin seberapa geter nya 3cyl ane. Begitu ganti ke 4cyl? Getaran di tuas transmisi bener2 gak ada getaran sama skali.. :big_okay:

5. Fitur
Hm.. fitur sih kalau dibanding agya ya jelas lebih lengkap brio ini. HU langsung dapet Kenwood 418BT,ada tweeter, ada audio steering switch, kaca di balik sunvisor penumpang depan (yang driver juga dapet).
Tapi come on honda, knapa masi ada fitur2 yang gak mahal tapi di sunat. Contoh, lampu di bagian transmisi, ini gak nyala waktu kita nyalain lampu kecil, agya aja dah nyala dari pabrik. Auto up di driver, ini juga gak ada. Console box juga gak ada. Kita dah terbiasa ada console box di agya (bagian tengah), bisa simpen barang2 kecil, eh ini gak ada. Untuk 3 fitur ini, terpaksa kita nambah sendiri.
Yang paling gak enak dilihat, banyak slot kosong di sebelah kanan. Itu sepertinya buat tombol start stop button, VSA, entah apa lagi. Padahal RS ini termasuk yang cukup mahal dikelasnya, tapi fitur gak maksimal,atau kelihatan seperti di tahan2,maybe buat ultimate edition sblum pindah gen?
Image

6. The Mods
Modifikasi yang dilakukan hanya seputar fungsional aja, tambah karpet, console box, ganti klakson, modul auto up n nyalain lampu di gear shift indicator. Di eksterior cuma ganti shark fin aja. Sisanya standar. Next project? Ada rencana Coating, Jok Kulit (req istri), n Audio.

7. The Knick knacks
There’s no such thing as a perfect car. Jadi ya buat sy pribadi ada hal yang mengganggu
a. Ukuran radiator koq kecil n tipis amat ya. Kemarin waktu pasang klakson,sempet buka bemper depan sedikit n sy liat radiator nya tipis amat dibanding agya.
b. Waktu idle n nyalain AC, jeda antara fan AC nyala n mati koq cepet banget. N bunyi nya mayan annoying. Kalo dari dalem gak kedengeran,tapi dari luar kedengeran banget. Apa ada hubungannya sama yang diatas ya?
c. Coolant radiator type 2 mahal. Rp. 100.000 seliter, ini type 2 yang warna biru. mirip ama harga oli mesin. haha. Katanya sih ada bahan anti freeze. Baca2 di thread coolant, harus kuras habis radiator kalau mau ganti coolant. Tapi ini bisa dilakukan nanti. Punya ipar nya istri malah dapet nya yg type 1, warna ijo, seliter Cuma 35rb. :big_think:

8. The verdict
Pada Thread awal tahun ,kami menginginkan mobil baru yang lebih lega (7 seater), lebih irit dan bertenaga (kons bbm seimbang), sparepart masuk akal n long term ownership gak bikin repot. Apakah terpenuhi? Lumayan terpenuhi, meskipun bukan 7 seater, dan poin long term ownership gak bikin repot harus dibuktikan dgn berjalannya waktu. Apakah so far puas pake Brio? Puas.

Untuk kami pribadi,mobil ini cukup untuk memenuhi kebutuhan mobil kami untuk daily drive. Mungkin ada yang bilang Brio terlalu keras,dsb, tapi buat kami yang berangkat dari Agya, bisa di katakan Brio RS ini lebih enak. Mengingat kelegaan kabin dan kehematan yang ditawarkan, rasanya cukup untuk mengantar kami aktivitas sehari hari.

Terima Kasih sudah membaca. :big_smile]
numpang nimbrung nih om kejadian kabel ground mirip kasus corolla 1996 saya cuma ga sampe separah itu, akhirnya utak atik sendiri dan liat kabel ground bahannya tipis banget bawaan pabriknya akhirnya ganti pake grade NYAF yg tebelan beli di tokped yg udah potongab plus di skun cuma kena 30rban langsung pasang efeknya respon motor wiper jadi gak lemot plus klakson jadi lebih nyaring
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Honda B from my point of view

Post by Venturtle »

nice review, om :mky_02:
btw, brio gen 2 ini sebenarnya lebih layak disebut facelift gen 1 karena cuma rubah desain bagian belakangnya saja :big_childish:
huntz
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Mar 14, 2023 4:31
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Brio E CVT

Re: Honda B from my point of view

Post by huntz »

mantabs reviewnya om,

karena baca review ini akhirnya ane juga putuskan ambil Brio Satya E CVT dikarenakan udah cape naik mobil manual, apalagi di kota ane lagi banyak2nya perbaikan jalan. kenapa Satya karena murah aja toh yg penting 4silinder dan matic. mobil ane sebelumnya Sigra R MT 2017.
btw Brio ini nyaman kalau dibandingkan Jazz GE8 karena kakak saya pake dan hampir 2 hari sekali kami pake berkendara jadi bisa ngebandingin banget sih.
kalau di bandingin Sigra ane sih jauh nyamannya, joknya Brio lebih nyaman.
yg jadi masalah pas dateng coolant di reservoir di level min, ane tanyakan ke salesnya pake type 1 aja gpp buat nambah, tapi kok ragu karena type 1 warnanya hijau, sedangkan di reservoir warnanya biru, setelah baca review ini akhirnya putusin beli coolant yg type-2 warna biru biar sama kaya bawaan mobilnya.
azure
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Sep 22, 2015 3:39

Re: Honda B from my point of view

Post by azure »

Mini update.. :big_smile]

Mobil dah dipake sejauh 6100an km sampe sekarang.. no issue kecuali tarikan yg agak lemot n berasa jerky..
Krn gak tahan,di 6071 km ane balik ke beres buat servis 10rb.. belum kena 6 bulan jg,baru skitar 4 bulan,tp tarikan berasa berat banget.. :big_bored:

Setelah ganti oli gimana? Enak dunk.. gak juga,oli masi pake gratisan,10w30,cm oli nya fresh aja.. haha.. n masi ada yang ganjel..

Entah krn kebiasaan atau gimana,di sy kombinasi kabel gas + 4at torque converter biasa berasa lebih enak untuk skenario yg spesifik,yaitu di kemacetan..
waktu jalan d kemacetan atau traffic padat,skitar 10-20kph,ada kala nya harus lepas gas untuk skedar memperlambat kendaraan n kasi kendaraan lain untuk ambil jalur depan kita,terus injek lagi untuk melaju lg.. di brio sy ini,mungkin kombinasi oli yg rada kentel 10w30 n throttle delay,ngebuat pas injek gas setelah lepas gas,bikin mobil tiba2 lompat.. n ini jd gk enak banget,cvt + tbw harus ny bisa smooth,tp dalam kondisi yg sy alami stiap hari,malahan jadi kebalikannya..
Sekali lagi,ini subyektif di sy ya.. beda driving style,beda rute n beda timing lewat suatu rute pengalaman berkendara nya bisa beda :big_peace:

Solusi ny apa? Kalo oli,udah pasti spec up,sesuai rekomen om om di mari,0w20 bisa,5w30 bisa.. sesuaiin aja ama kondisi dompet.. :big_grin:

Tp throttle delay? Harus remap ya kayanya.. cari2 info soal remap brio,banyak yang nawarin dengan harga murah.. tapi liat2 lagi di youtube nya shift engineering,banyak tuner abal2 n remap cuma copas code aja n berpotensi rusak mesin.. mau ke teddy rev,koq mubazir amat ya,scara mesin stock n akan tetep stock sh kayanya.. :big_weee:

Browsing2 d SM,ketemu bbrp testi dr bbrp user dari hasil remap nya autocartrix,cek2 ig,eh ada brio juga.. brati bisa dunk ini.. wa om satria,janjian n akhirnya mampir.
Ditanya ama om satria,bbm pake ron brp,spek oli gimana,mod apa yang udah nempel, n voila,hasil remap nya done.. kasi grease si rack steer n cek oli cvt..

Hasil nya? Wuoww.. throttle delay nya jadi jauh berkurang.. kemarin kebetulan agak macet di gading serpong,jadi skenario macet bisa langsung di tes.. hasil nya mobil gak lompat krn injek gas terlalu dalem.. tp biar valid,harus tunggu macet setelah jakarta balik normal.. haha.. tapi dgn tes singkat kemarin aja udah kerasa bedanya. :big_love: di tol juga berasa perbedaannya,narik dr crusing di 80 ke overtake di 110an brasa lebih enteng n delaynya jd minim banget.. nice om sat.. :big_exellent:

Kons bbm jg blum ketauan,krn jkt lg lumayan lowong.. harus nya sh bakal lebih irit ya.. kita tes nanti.. tp buat sy sh,yg penting antara kons bbm n speed seimbang aja.. jangan kenceng kagak,boros iya,power delivery jg lemot.. :weekk:

PR nya nanti tinggal ganti oli sesuai masukan om sat,tunggu oli nya udah agak lama aja pake nya.. gak sabar mau coba kombinasi 0w20 + remap om sat.:big_childish:
Pilatypus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Jan 01, 2022 15:37

Re: Honda B from my point of view

Post by Pilatypus »

azure wrote: Thu Apr 20, 2023 14:48 Mini update.. :big_smile]

Mobil dah dipake sejauh 6100an km sampe sekarang.. no issue kecuali tarikan yg agak lemot n berasa jerky..
Krn gak tahan,di 6071 km ane balik ke beres buat servis 10rb.. belum kena 6 bulan jg,baru skitar 4 bulan,tp tarikan berasa berat banget.. :big_bored:

Setelah ganti oli gimana? Enak dunk.. gak juga,oli masi pake gratisan,10w30,cm oli nya fresh aja.. haha.. n masi ada yang ganjel..

Entah krn kebiasaan atau gimana,di sy kombinasi kabel gas + 4at torque converter biasa berasa lebih enak untuk skenario yg spesifik,yaitu di kemacetan..
waktu jalan d kemacetan atau traffic padat,skitar 10-20kph,ada kala nya harus lepas gas untuk skedar memperlambat kendaraan n kasi kendaraan lain untuk ambil jalur depan kita,terus injek lagi untuk melaju lg.. di brio sy ini,mungkin kombinasi oli yg rada kentel 10w30 n throttle delay,ngebuat pas injek gas setelah lepas gas,bikin mobil tiba2 lompat.. n ini jd gk enak banget,cvt + tbw harus ny bisa smooth,tp dalam kondisi yg sy alami stiap hari,malahan jadi kebalikannya..
Sekali lagi,ini subyektif di sy ya.. beda driving style,beda rute n beda timing lewat suatu rute pengalaman berkendara nya bisa beda :big_peace:

Solusi ny apa? Kalo oli,udah pasti spec up,sesuai rekomen om om di mari,0w20 bisa,5w30 bisa.. sesuaiin aja ama kondisi dompet.. :big_grin:

Tp throttle delay? Harus remap ya kayanya.. cari2 info soal remap brio,banyak yang nawarin dengan harga murah.. tapi liat2 lagi di youtube nya shift engineering,banyak tuner abal2 n remap cuma copas code aja n berpotensi rusak mesin.. mau ke teddy rev,koq mubazir amat ya,scara mesin stock n akan tetep stock sh kayanya.. :big_weee:

Browsing2 d SM,ketemu bbrp testi dr bbrp user dari hasil remap nya autocartrix,cek2 ig,eh ada brio juga.. brati bisa dunk ini.. wa om satria,janjian n akhirnya mampir.
Ditanya ama om satria,bbm pake ron brp,spek oli gimana,mod apa yang udah nempel, n voila,hasil remap nya done.. kasi grease si rack steer n cek oli cvt..

Hasil nya? Wuoww.. throttle delay nya jadi jauh berkurang.. kemarin kebetulan agak macet di gading serpong,jadi skenario macet bisa langsung di tes.. hasil nya mobil gak lompat krn injek gas terlalu dalem.. tp biar valid,harus tunggu macet setelah jakarta balik normal.. haha.. tapi dgn tes singkat kemarin aja udah kerasa bedanya. :big_love: di tol juga berasa perbedaannya,narik dr crusing di 80 ke overtake di 110an brasa lebih enteng n delaynya jd minim banget.. nice om sat.. :big_exellent:

Kons bbm jg blum ketauan,krn jkt lg lumayan lowong.. harus nya sh bakal lebih irit ya.. kita tes nanti.. tp buat sy sh,yg penting antara kons bbm n speed seimbang aja.. jangan kenceng kagak,boros iya,power delivery jg lemot.. :weekk:

PR nya nanti tinggal ganti oli sesuai masukan om sat,tunggu oli nya udah agak lama aja pake nya.. gak sabar mau coba kombinasi 0w20 + remap om sat.:big_childish:
Nice update om. Saya juga ngerasa ini throttle delaynya parah banget, padahal manual. Paling berasa kalau hill start bawa muatan, sering denger bunyi grek grek transmisi gara-gara throttlenya delay terlalu lama. Masih nyari tekniknya ini. Tanjakan juga ngempos parah jadinya, tenaganya berasa ga keluar sampe udah mau selesai baru dah narik, mana biasanya pedal udah posisi nyentuh karpet. Mau downshift kadang kena masalah throttle delay tadi.

Jadi pengen remap atau pasang throttle controller juga. Nabung dulu deh. BTW kalo remap pas servis berkala ketauan beres nggak sih?