Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Hydrogen car vs EV

1. EV
11
19%
2. Hydrogen car
10
17%
3. Hidup bersama seperti mobil bensin dan diesel
38
64%
 
Total votes: 59

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by b0ku »

b0ku wrote: 17 Nov 2022, 10:27
kalo cuma ngandelin sumbernya dari barang primitif namanya batre mah gak bakalan deh :big_biglaugh:

namanya aja ud batre musti di isi, yang ngisi another technology, bisa solar panel, genset diesel, reaktor nuklir, atau mungkin bisa pake ini :big_grin:



tapi balik lagi butuh instant cepet bisa ngisi dimana2x ujung2xnya narik genset diesel bakar solar gak sekalian aja pake mobil diesel
:drinking:




:drinking: :drinking: :drinking:
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by fabreguz »

MSU wrote: 17 Nov 2022, 07:29 sy vote ev....belakangan ini semua ke arah ev, jadi rasanya investasi semua parts pendukung ke arah sana..bukan ke arah hidrogen
jd kl masih terpaku ke hidrogen bisa2 ga ekonomis dah..
vipere wrote: 17 Nov 2022, 09:23 Mau ga mau..gelagatnya udah ke arah ev. Hydrogen udah dicuekin.
saat ini emang sihn :big_think: :big_think:
tapi prubahan bisa trus terjadi dan arah angin bisa berubah
b0ku wrote: 17 Nov 2022, 09:12 hidup bersama aja lah emang harusnya gitu gak usah maksa orang mau pake apa mau pake tenaga uap juga boleh paling mukenya kesamber api kek jay leno :drinking:
Suryaputra wrote: 17 Nov 2022, 07:57 Both.

Inovasi gak terjadi scr otomatis, ada sekelompok orang yg melakukan effort untuk membuat sesuatu hal menjadi fit to the market.
ChZ wrote: 17 Nov 2022, 10:04 pasti akan berdampingan semua.

kenapa? sederhananya different tool for different job. ya mungkin nanti juga bersamaan dengan synthetic fuel technology. alternatifnya ada e-fuel (carbon capture) atau hydrogen combustion.

EV ya harapannya tentu saja.... pake hydrogen juga (FCEV).

tapi diesel atau bensin punah ya tidak akan terjadi dalam waktu dekat juga, malah mungkin gak akan terjadi kali selama itu tetep solusi paling murah dan praktis. dan gas and oil tidak akan berhenti dibakar, kenapa? lah nanti pabrik mau pake apa pake ekstrak buah manggis? rumah mati lampu hotel mati lampu aja dah pada ribut kepanasan nyalain genset diesel deh :mky_03:

beneran dystopia kalo beneran di-cut semua sumberdaya nya internal combustion.

klo di sini ada yang nonton black mirror, ada disinggung sedikit, ceritanya sewa EV yang udah tua krn duitnya ngepas, tapi ke luar kota chargernya udah gak support.

ICE dan EV itu lebih kayak uang kertas vs cashless. masing-masing ada gunanya sendiri. transfer atau QR emang lebih praktis, tapi nyatanya loket setor tunai di bank jg sampe hari ini masih rame-rame aja orang bawa duit segebong ratusan juta :mky_03:
se7 banget

hiduo bersama lebih baek ada byk pilihan, ndak mlulu itu2 tok :big_exellent:
enjin uap :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Bibieight wrote: 17 Nov 2022, 09:00 Hydrogen disini saya asumsikan yg fuel cell ya, bukan hidrogen yg dibakar, jd sama aja EV, tapi bukan pake batere. Nah kalo begini asumsikan aja semuanya sama di drive feel dll dsb., tinggal masalahnya di kesiapan infrastruktur.

Untuk hidrogen berarti butuh tangki timbun kryogenik buat simpen hidrogen cair, butuh dispenser buat hidrogen cair, butuh fleet truk kryogenik buat angkut hidrogen dan yg paling besar butuh fasilitas buat bikin hidrogen (misal : electrolysis). Kurang lebihnya infranya sama dengan BBG dengan tingkat kesulitan lebih tinggi (handling barang dengan suhu minus 250 C).

Untuk listrik butuh peningkatan grid, terutama untuk trafonya, biar bisa handling kebutuhan home/apartment charging. Di sisi pembangkit butuh kemampuan untuk handling peak demand (misal : charging bareng2 malem2 atau pas lebaran).

Nah tinggal besar mana ongkosnya, terus siapa yang mau bayar buat bikin infra itu, kl yg pertama mulai dari nol, yg kedua tinggal upgrade dan mungkin bisa melalui insentif disinsentif untuk pricingnya.

Nah kenapa sy milih dua2nya, lebih ke tunggu kesiapan infra, kenapa sekarang saya pakai battery EV ?, ya karena infranya paling siap, di rumah trafo kompleks sy baru :mky_01: :mky_01: :mky_01: , di luar kota, SPKLU di titik2 kritis dah ada, meskipun colokannya masih sedikit :big_bored: :big_bored: :big_bored: .
mantul banget info nya :big_exellent:
Don't Imageate
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by fabreguz »


sesudah pluncuran bz4x sebagai bukti kalo toyodai bisa buat ivi
cukup sudah
no more ivi
ucapan yg langsung menguncang dunia otomotif global karena diucapkan oleh bos produsen mobil terbesar dunia :big_grin: :big_grin:
genderang perang telah dimulai dan biem dabelyu bergandeng tangan erat dgn hopeng siang ho produksi biem set for dan ol niu supra untuk mengguncang dunia ivi :big_okay: :big_deal: :big_deal:
tapi kalo bahas cewek cantik bernama ivi ya ndak papa pasti nya :mky_03: :mky_01: :big_love:



bi kerful leon masker :big_smile] :big_smile]
Don't Imageate
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Zaxis »

Hydrogen paling nanti untuk kendaraan berat macam truk bus kereta kapal pesawat
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi

2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Suryaputra »

fabreguz wrote: 18 Nov 2022, 01:43
sesudah pluncuran bz4x sebagai bukti kalo toyodai bisa buat ivi
cukup sudah
no more ivi
ucapan yg langsung menguncang dunia otomotif global karena diucapkan oleh bos produsen mobil terbesar dunia :big_grin: :big_grin:
genderang perang telah dimulai dan biem dabelyu bergandeng tangan erat dgn hopeng siang ho produksi biem set for dan ol niu supra untuk mengguncang dunia ivi :big_okay: :big_deal: :big_deal:
tapi kalo bahas cewek cantik bernama ivi ya ndak papa pasti nya :mky_03: :mky_01: :big_love:



bi kerful leon masker :big_smile] :big_smile]
Semoga panjang umur untuk beliau 🤲

Krn org ini menentukan juga masa depan roadmap car industry

Klo sektor industry most likely saya pikir, pasti pakai Hidrogen sbg sumber bahan bakarnya (terlepas fuel cell atau ice)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by farizfsa »

Zaxis wrote: 18 Nov 2022, 02:24 Hydrogen paling nanti untuk kendaraan berat macam truk bus kereta kapal pesawat
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi

2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
Taun 80an juga blg gt, oil crisis

Sampe sekarang masih ada aja tuh wkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Suryaputra »

farizfsa wrote: 18 Nov 2022, 07:49
Zaxis wrote: 18 Nov 2022, 02:24 Hydrogen paling nanti untuk kendaraan berat macam truk bus kereta kapal pesawat
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi

2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
Taun 80an juga blg gt, oil crisis

Sampe sekarang masih ada aja tuh wkwk
Propaganda barat aja, spy publik dibrainwash, klo timteng punya cadangan minyak berlimpah

We are now living in socmed era, informasi secepat cahaya menyebar :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by ChZ »

farizfsa wrote: 18 Nov 2022, 07:49
Zaxis wrote: 18 Nov 2022, 02:24 Hydrogen paling nanti untuk kendaraan berat macam truk bus kereta kapal pesawat
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi

2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
Taun 80an juga blg gt, oil crisis

Sampe sekarang masih ada aja tuh wkwk
Kaset rusak diulang2 mulu wkwkwkw makanya basi bilang gt.

Paling gampang liat aja siapa siapa yang ngomong :upss: kalo orang punya kepentingan ya gitu ngomongnya.

Barat mah suka gitu, pandemi aja gudangnya teori konspirasi di sono :mky_03: narasi ud basi dulu bilangnya mau kiamat melulu tiap ada pandemi :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kanjengromo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 11 Jan 2022, 21:35
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by kanjengromo »

BBM dan BBG masih lumayan jumlahnya, hanya saja penambangannya lumayan costly dengan teknologi saat ini
Perkembangan iptek akan menurunkan cost dan impact fracking atau pun pengolahan gas-gas yang berbahaya.

Ladang-ladang gas di Inggris atau pun di Natuna pada masa depan mau tidak mau harus dieksploitasi
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by b0ku »

Zaxis wrote: 18 Nov 2022, 02:24 Hydrogen paling nanti untuk kendaraan berat macam truk bus kereta kapal pesawat
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi

2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
batery itu malah materialnya lebih terbatas sebenernya buat demand kendaraan seluruh dunia gak akan cukup dan untuk minyak belom sampe 2050 juga saya gak yakin kita masih bakar minyak bumi skarang aja kita mulai bakar minyak kelapa :big_biglaugh:

selama kita terlalu bergantung barang tambang disitulah akan selalu mengkawatirkan ntah itu batre atau minyak emang ud semestinya nyari sumber tenaga yang bisa di buat berulang2x contohnya ya minyak kelapa ini :big_think:

dan konon katanya disini sabut kelapanya di pake buat gantiin batubara :mky_03:



dan ya ini juga bisa jadi alternatifnya :big_think:

bahkan semua mobil jd ev aja cuma nguraing 10% konsumsi minyak karena dasarnya yang banyak pake itu pesawat sama kapal laut :mky_03:
Suryaputra wrote: 18 Nov 2022, 08:01
Propaganda barat aja, spy publik dibrainwash, klo timteng punya cadangan minyak berlimpah

We are now living in socmed era, informasi secepat cahaya menyebar :big_biglaugh:
tapi arab sendiri mulai investasi negaranya jadi negara pariwisata merka juga tau kalo tergantung sama minyak mulu lama2x mereka bisa kiamat :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by ChZ »

b0ku wrote: 18 Nov 2022, 08:32
bahkan semua mobil jd ev aja cuma nguraing 10% konsumsi minyak karena dasarnya yang banyak pake itu pesawat sama kapal laut :mky_03:
some says malah gak berkurang sama sekali :mky_03: cuma pindah aj

makanya gimana gak curiga ini cuma skema bisnis aja yang diributin mobil melulu apalagi yang bacot orang punya pabrik mobil listrik, klo fokus climate change diem diem bae tuh pesawat kapal sama pabrik2 yang konsumsi minyak nya gede :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by ilhami »

Image

50 persen masih untuk bbm kendaraan.

https://afdc.energy.gov/data/10661
energy-use-by-transporta.png
Last edited by ilhami on 18 Nov 2022, 10:37, edited 1 time in total.
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by wicaksono99 »

kanjengromo wrote: 18 Nov 2022, 08:08 BBM dan BBG masih lumayan jumlahnya, hanya saja penambangannya lumayan costly dengan teknologi saat ini
Perkembangan iptek akan menurunkan cost dan impact fracking atau pun pengolahan gas-gas yang berbahaya.

Ladang-ladang gas di Inggris atau pun di Natuna pada masa depan mau tidak mau harus dieksploitasi
BBG cost tinggi di invest intalasi awal.. Ketika udah terpasang murah banget untuk operasionalnya.. Itung2an kasarnya, gas PGN harga per 1m3 itu 10rb rupiah, kalau dijadikan per 1 liter berarti harganya cuma 10rupiah .. Yang kepake di mobil? Sekitar 15liter per tabung. Dihitung aja itu SPBG yang udah lama jualan udah berapa gede untungnya (skrng harga CNG per lsp 4500 rupiah), apalagi yg ngelayanin truk industri kaya di cikarang.. Tiap shift ada terus truk yang ngisi berkubik2 🤣🤣

Kalau dirumahnya udah ada jalur pipa gas PGN sebenernya tinggal invest di home cng refulling station, colok sekitar 1-4jam udah penuh (tergantung spek mesin kompresornya). Udah punya modal mesin refuelling tinggal bayar listriknya aja, saya baca sih masih gede bayar listrik untuk pakai dishwasher (mesin cuci piring) dibanding buat ngisi CNG.

Gas CNG sebenernya prosesnya bolak balik tekanan dinaik turunin.. Dari sumber pipa PGN tekanan CNG 4bar, buat bisa disimpan jumlah banyak di tabung kendaraan perlu dikompres dengan tekanan 200bar. Udah disimpan, biar bisa diproses jadi bahan bakar ke mesin diturunin ke 20bar di stage 1 reducer terus diturunin lagi ke 2bar di stage 2 reducer.. Yg disemprotin ke mesin hanya tekanan 2bar lewat injektor bbg.

Untuk hidrogen pasti lebih kompleks dibanding SPBG, tabung cryogenicnya pasti lebih mahal dibanding tabung CNG tekanan tinggi. Tapi kalau sudah beroperasi kemungkinan bisa lebih murah dari cost bahan bakunya.. Ya mirip seperti gaslah, tapi ini air yg diproses lagi. Source air lebih banyak dibanding gas(yg hanya ada dibeberapa tempat karna instalasinya repot), mungkin sumber daya airnya bisa dipake di tempat yang dekat dengan pdam/waste water treatment.. 😅

Nah yang kita ga tau, harga hidrogen itu berapa rupiah per liternya? Apakah bersaing dibanding bbm? Ini kan kasusnya mirip seperti pakai bbg.. Dulu harga bbg 3100 rupiah per liter (jabodetabek) luar itu 4500 rupiah tapi harga premium juga masih 6rban, pertamax 7rban..selisih cuma 2-3rban perliter, orang mikir nanggung ngapain invest konverter kit mahal tapi selisih cuma dikit dengan bbm jadinya bbg gak menarik. Tapi seiring harga bbm skrng yang naiknya gila2an selisih costnya dengan bbg jauh banget.. 5500-9000 rupiah, belum dibandingin sama dex yang sampe selisih 13000 rupiah jadi konversi ke bbg skrng mulai dilirik lagi. Kendalanya hanya perluasan SPBG yg lambat banget, padahal intensitas kendaraan yg udah pakai bbg kebutuhan bbgnya lebih sering dibanding bbm karna keterbatasan kapasitas tabung kendaraan yg hanya bisa nampung sekitar 13-15liter apalagi yg mobilnya boros, jalan 100km udah harus ngisi lagi.

Hidrogen vs EV, ya pasti jalan berdampingan.. Siapa tau hyundai ngebawa & tes mobil hidrogennya ke indo.. Kan nanti bisa jadi trend starter disini..
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by ilhami »

Membuat hidrogen dengan elektrolisis itu biayanya mahal. Sekarang masih pakai reaksi dengan gas alam (metana atau CH4).

https://afdc.energy.gov/fuels/hydrogen_production.html
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by b0ku »

ilhami wrote: 18 Nov 2022, 10:34 Image

50 persen masih untuk bbm kendaraan.

https://afdc.energy.gov/data/10661

energy-use-by-transporta.png
maksudnya cuma ngurangin 10% itu minyaknya akan pindah ke yang laen buat support ev ,apalagi mau semuanya EV yang ada makin jor2xan tambang materialnya dan nambang itu pake alat berat alat beratnya itu pake diesel semua, pake batre???? asik donk bisa ngaso mulu nungguin charging :wkkk:

coba hitung2xan sederhana dulu aja satu wall charger hyundai 7000watt kali populasi mobil di jakarta coba liat hasilnya berapa daya yang di konsumsi kalo yang ngecharge 10-30%nya aja bareng2xan kalo gak shock :mky_03:

dan makin banyak di hitung makin banyak pula yang gak masuk diakal....... :mky_03:

di video yang saya kirim aja butuh 400thn buat bisa bikin batre yang bisa ngebackup power waktu winter lah 400thn bukanya batre itu bagus2xnya aj 10-20thn ud tewas itu mah sama aja ud kayak vonis hukuman mati :wkkk:

disitu juga di kasih tau mau nutupin seluruh amerika sama solar panel pun cuma cukup buat setengah amrik :big_biglaugh:

emang EV ini muungkin sponsornya ibu peri kali :big_biglaugh:
ChZ wrote: 18 Nov 2022, 09:42 some says malah gak berkurang sama sekali :mky_03: cuma pindah aj

makanya gimana gak curiga ini cuma skema bisnis aja yang diributin mobil melulu apalagi yang bacot orang punya pabrik mobil listrik, klo fokus climate change diem diem bae tuh pesawat kapal sama pabrik2 yang konsumsi minyak nya gede :big_bored:
nah itu dia malah ributin banda orang padahal banda sendiri lebih ngerusak :big_bored:

yang lucu ngimpi mereka pesawat pun mau di bikin EV kagak mikir itu pesawat jet tenaganya dapet dari pembakaran avtur makannya powernya bisa gede, mau diganti batre yang ada malah balik ke baling2x

the best yang mereka bisa bikin malah balik kek gini :wkkk:



pake solar panel sama batre jgn lupa diesel generator buat keaadaaan darurat :wkkk:

makannya lucu saya bilang lama2x batre ini ud kayak berhala kesannya semua bisa di ganti pake batre padahal batre itu paling gak bisa diandalkan karena ini bukan mesin tapi penyimpanan tenaga :mky_03:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Zaxis »

farizfsa wrote: 18 Nov 2022, 07:49
Zaxis wrote: 18 Nov 2022, 02:24 Hydrogen paling nanti untuk kendaraan berat macam truk bus kereta kapal pesawat
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi

2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
Taun 80an juga blg gt, oil crisis

Sampe sekarang masih ada aja tuh wkwk
Mungkin kali ini beneran karena Arab aja mulai beralih ke tourism bahkan mulai bikin moblis juga

Yang pasti kan cadangan bbm indo cuma sisa 9 taun
https://www.cnbcindonesia.com/news/2022 ... i-10-tahun

Daripada devisa + APBN abis buat subsidi BBM kan mending pake barang yg ada dalam negri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Suryaputra »

Emg ideally.. category dan jenis mobil ini jangan dibatasi.

Biarin aja produsen berkarya dan inovasi semaksimal mungkin.
Lihat mana infra yg mendukung.
Jd semuanya sama" bergerak ke arah yg inovatif, bukan terpaksaaa dan ujung2nya chaos.

Masalah produknya market fit atau nggak, biar pasar yg nentuin.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: 12 Sep 2016, 00:37

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by sapifr22 »

CMIIW,
Hidrogen yg umum dipakai di industri saat ini berasal dari migas juga, blue hydrogen. By productnya CO2, malah bahaya untuk lingkungan.

Kalau hidrogen dari energi terbarukan, green hydrogen, mahal. Plus lebih efisien pakai listriknya langsung dibanding buat hidrogen kemudian dikonversi lagi di fuel cell.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by darrelund »

percaya lah, hidrogen utk skrg masih jauh dari take-off

adopsi EV lebi gampang

buat skrg yah paling bagus e-fuel & EV

hidrogen apa" mahal

infra mesti bikin baru, ngirimnya jg pke special tank. nyimpen mesti pke special container.& pressurized pula. ribet bet bet bet

dah gtu bikinnya susah, hasil produk g seberapa tapi keluar energi yg gede bgt

-------------------

e-fuel jg sebenernya butuh energy gede krn kan mesti capture & dipecah lagi elemennya

tapi sangat realistis, karena volume produk jadinya lebih banyak

bahan baku tinggal ambil dari udara, recycle

scr logistic & infra jg enak, gausa bikin baru

e-fuel klo ud jadi ya tinggal kirim pke truk biasanya & guyur ke spbu aja

selesai
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by darrelund »

ChZ wrote: 18 Nov 2022, 09:42
b0ku wrote: 18 Nov 2022, 08:32
bahkan semua mobil jd ev aja cuma nguraing 10% konsumsi minyak karena dasarnya yang banyak pake itu pesawat sama kapal laut :mky_03:
some says malah gak berkurang sama sekali :mky_03: cuma pindah aj

makanya gimana gak curiga ini cuma skema bisnis aja yang diributin mobil melulu apalagi yang bacot orang punya pabrik mobil listrik, klo fokus climate change diem diem bae tuh pesawat kapal sama pabrik2 yang konsumsi minyak nya gede :big_bored:
iya pindah doank sebenernya mah

jatohnya carbon neutral krn mobilnya kan ga keluarkan emisi, cuma bikinnya aja.

klo skrg kan bikin, ngirim & mobilnya kan keluar emisi semua

cuma yah sampe carbon neutral butuh waktu lumayan lama

zero carbon tuh cuma kampanye politisi & bisnis doank, aslinya mah hampir impossible buat net-zero. bisa carbon neutral aja ud sukur :big_biglaugh:

skrg gmn mau fokus climate change, org tuh aktivis aja pegi masi pke pesawat yg pakai minyak :mky_07: :mky_07:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by darrelund »

b0ku wrote: 18 Nov 2022, 08:32
bahkan semua mobil jd ev aja cuma nguraing 10% konsumsi minyak karena dasarnya yang banyak pake itu pesawat sama kapal laut :mky_03:
yah minimal produk akhirnya ga nambahin emisi

daripada nambahin terus :big_biglaugh:

kyk misal masda 3 119g/km

jalan 50km aja ud ngasilin 5950g co2, itu baru 1 mobil, kalo ada ribuan? :big_biglaugh:

kan lumayan klo dikurangi

or atleast pke e-fuel kan ga nambahin

tar tinggal pabrik e-fuel makin canggih, capture & output makin gede

nah baru pesawat sama kapal laut bisa pake
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by ilhami »

Cadangan minyak indonesia tinggal 8 tahun lagi".

Pakai EV karena minyak habis dan jadi importir minyak bumi. Kalau EV kan fleksibel, energi dari hulu bisa pakai PLTU gas, batubara, tenaga angin dsb.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by b0ku »

darrelund wrote: 18 Nov 2022, 18:23 yah minimal produk akhirnya ga nambahin emisi

daripada nambahin terus :big_biglaugh:

kyk misal masda 3 119g/km

jalan 50km aja ud ngasilin 5950g co2, itu baru 1 mobil, kalo ada ribuan? :big_biglaugh:

kan lumayan klo dikurangi

or atleast pke e-fuel kan ga nambahin

tar tinggal pabrik e-fuel makin canggih, capture & output makin gede

nah baru pesawat sama kapal laut bisa pake
NOPE e-fuel alliance itu targetnya pesawat sama cargo ship

kalo projectnya porsche baru buat mobil dan itu baru sebatas mobil2x balap mereka atau mungkin customer mereka

mungkin mereka mau jadi pilot project kalo berhasil mungkin akan di support sama goverment kalo sing pada waras :big_biglaugh:

lagian kata polpo kalo dari study mereka buat EV setara yang icenya itu butuh jalan 110.000 km jalan buat bikintuh ev lebih sedikit carbon footprintnya karena semua orang gak itung carbon footprint dari bikin tuh batre kalo di itung sebenernya ya malah lebih ancur apalagi di indo mobil 10thn km mayoritas 100rban kecil bahkan banyak di bawah 100rb apalagi modelan volvo :wkkk:

kalo ngitungnya gitu pas ganti batre juga kan kena carbon footprint lagi jd kalo ganti batre otomatis jalan 110rb akan nambah lagi mungkin bisa 80rb kali since yang bikin berat kan batrenya :mky_07:
ilhami wrote: 18 Nov 2022, 18:36 Cadangan minyak indonesia tinggal 8 tahun lagi".

Pakai EV karena minyak habis dan jadi importir minyak bumi. Kalau EV kan fleksibel, energi dari hulu bisa pakai PLTU gas, batubara, tenaga angin dsb.
balik lagi om T&C apply soalnya masih akan exsplorasi lagi nyari titik bor baru buat ladang minyak makanya dari 30thn lalu juga ngemengnya tinggal berapa tahun lagi cuma gak abis2x karena mereka juga nyari lagi itu itungan kalo gak ada explorasi lagi :mky_03:

cuma balik lagi ud dari minyak barang tambang terus tergantung pake barang tambang laen yang notabe di bikin jd tembok beton berton2x dan makan banyak bahan, ujung2xnya minyak yang di sedot di pake buat alat berat buat nambang tuh barang, transport, produksi bahkan dipake buat ngecharging dunia emang ud gilaaaaa :drinking: :drinking: :drinking:

gak lagsung aja mendingan pake tuh meisn diesel sama bensin :wkkk:

saya sendiri biarpun suka pake mobil combustion agak2x gak suka tergantung sama minyak bumi karena minyak bumi itu barang terbatas :big_bored:

makannya salah satu alesan saya simpen diesel di rumah padahal saya sendiri kurang suka diesel karena RPMnya rendah banget :big_bored:

karena diesel itu kalo kepepet saya bisa oplos sama minyak goreng jd kalo emang amit2x darurat itu mobil masih bisa dicari bahan bakarnya dengan resiko injektornya mungkin gak tahan lama tapi mayan buat surviving :big_bored:
darrelund wrote: 18 Nov 2022, 18:16
iya pindah doank sebenernya mah

jatohnya carbon neutral krn mobilnya kan ga keluarkan emisi, cuma bikinnya aja.

klo skrg kan bikin, ngirim & mobilnya kan keluar emisi semua

cuma yah sampe carbon neutral butuh waktu lumayan lama

zero carbon tuh cuma kampanye politisi & bisnis doank, aslinya mah hampir impossible buat net-zero. bisa carbon neutral aja ud sukur :big_biglaugh:

skrg gmn mau fokus climate change, org tuh aktivis aja pegi masi pke pesawat yg pakai minyak :mky_07: :mky_07:
emang mereka mau pake kapal listrik baling2x :big_bored:

jgnkan batre pake kapal baling2x biasa aja orangnya ditimbang sebarang2xnya loh :big_bored:

gimana naek kapal batre suruh bawa body doank kali yang ada :wkkk:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by b0ku »



:big_think: :big_think:

lebih menarik lagi :big_think:



ternyata selama ini

lingkaran setan

awalnya pake nuklir di protes karena pada paranoid

akhirnya di shutdown balik ke coal sama CNG

mulai pada pake mobil listrik GRIDNYa gak sanggup akhirnya kepepet gas terus coal sama cngnya :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by ChZ »

b0ku wrote: 18 Nov 2022, 19:08
saya sendiri biarpun suka pake mobil combustion agak2x gak suka tergantung sama minyak bumi karena minyak bumi itu barang terbatas :big_bored:
same here sih klo dibilang pro banget sama fossil fuel use ya tidak juga tp ane lebih pro ke synth fuels atau alternative fuels, drpd mengubah jenis penggerak. kalo bisa ya why not, lbh sustainable jg older cars gak perlu di scrap semua krn masih ada opsi buat jalanin.

keluar diesel modern jg gak bikin susah yang mau piara daihatsu taft kebo kan bisa cuek2 aja toh itu mobil dependable sangat di kebon, solarnya masih bisa pake. paling maintenance nya lebih aja soalnya solar modern udah minim sulfur sementara dia sulfurnya buat ngelumasin fuelpump :big_biglaugh:

sbenernya petrol-heads gak akan ribut kalo politisi bule gak maen mau ngeban-ngeban combustion apalagi cuma modal dengerin rich billionaire tukang pompom saham yang memang punya kepentingan.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post