Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: 14 Nov 2022, 18:33
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Toyota avanza
Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Halo om,
Setelah harga mobkas turun drastis di saat pandemi yg lalu,
Akirnya mulai awal tahun 2022 ini sampai sekarang harga mobil bekas mulai meninggi lagi..
Kira2 buat temen2 sekalian gimana pendapatnya soal harga mobil bekas di tahun 2023 nanti ya? Apalagi dengan berita akan ada resesi di tahun 2023.
Apa harga mobkas akan stabli, menurun atau malah makin meningkat dibanding saat ini?
Semoga ga salah kamar ya, dan semoga ada yg mau berbagi info dan prediksi
Terimaksih
Setelah harga mobkas turun drastis di saat pandemi yg lalu,
Akirnya mulai awal tahun 2022 ini sampai sekarang harga mobil bekas mulai meninggi lagi..
Kira2 buat temen2 sekalian gimana pendapatnya soal harga mobil bekas di tahun 2023 nanti ya? Apalagi dengan berita akan ada resesi di tahun 2023.
Apa harga mobkas akan stabli, menurun atau malah makin meningkat dibanding saat ini?
Semoga ga salah kamar ya, dan semoga ada yg mau berbagi info dan prediksi
Terimaksih
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 13391
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
pada dasarnya harga mobil bekas maupun baru itu ikut hukum supply dan demand...
jika beneran indo terdampak resesi maka = orang akan menahan duit alias menahan untuk spending dan fokus untuk hidup = demand di market pasti turun = harga mobil juga bisa turun.
masalahnya siapa dan mobil apa? karena beda segmen konsumen pasti beda juga jenis mobilnya.
kalau lower income class (worker class dengan penghasilan tdk sampai UMR) jelas kecil kemungkinan beli mobil yah kecuali maksa ambil cicilan bunga rendah tenor 10 abad.
rata-rata middle class yang melek ekonomi saya rasa pasti nahan duit. keuangan belum terlalu stabil jadi mending nyimpen atau investasi (serok saham mumpung lagi merah). dampaknya mobil di rentang 200 - 500 juta pasti akan terkoreksi.
upper class jelas tidak terdampak, tapi pasti juga reserve some cash. cuma buat beli mobil pasti masih sisa-sisa juga uangnya jadi mungkin segmen luxury tidak terlalu terdampak.
perusahaan gede yang ambil fleet dan skala internasional usahanya sudah pasti nahan dulu untuk tidak belanja mobil operasional.
tapi kita jg musti liat apakah suplai mobil baru tahun depan masih terdampak chip shortage apa enggak. krn ini juga ngaruh, skrg kondisi mobil kalo bukan tipe yang laris dan skema CBU sudah pasti indennya sampe beranak dua. contohnya ya merk seperti mazda yg sekarang hampir gak jualan.
belum lagi tipe mobil luxury yang pembelinya biasa gak terlalu urgent beli mobilnya, inden setaun pun tidak masalah. ini makanya saya bikin di atas kalau mobil kelas luxury hampir pasti gak terdampak.
CKD sih sepertinya aman wong hyundai stargazer saja skrg oversupply, honda BRV diskonnya dah bisa buat healing ke luar negeri round trip.
makanya mobil bekas tipe LMPV/LSUV bau-baunya akan terkoreksi karena suplainya baik-baik aja sementara demand bau-baunya juga menurun akibat segmen konsumennya rata-rata lbh melek ekonomi. good luck buat yang suka goreng-goreng harga.
jika beneran indo terdampak resesi maka = orang akan menahan duit alias menahan untuk spending dan fokus untuk hidup = demand di market pasti turun = harga mobil juga bisa turun.
masalahnya siapa dan mobil apa? karena beda segmen konsumen pasti beda juga jenis mobilnya.
kalau lower income class (worker class dengan penghasilan tdk sampai UMR) jelas kecil kemungkinan beli mobil yah kecuali maksa ambil cicilan bunga rendah tenor 10 abad.
rata-rata middle class yang melek ekonomi saya rasa pasti nahan duit. keuangan belum terlalu stabil jadi mending nyimpen atau investasi (serok saham mumpung lagi merah). dampaknya mobil di rentang 200 - 500 juta pasti akan terkoreksi.
upper class jelas tidak terdampak, tapi pasti juga reserve some cash. cuma buat beli mobil pasti masih sisa-sisa juga uangnya jadi mungkin segmen luxury tidak terlalu terdampak.
perusahaan gede yang ambil fleet dan skala internasional usahanya sudah pasti nahan dulu untuk tidak belanja mobil operasional.
tapi kita jg musti liat apakah suplai mobil baru tahun depan masih terdampak chip shortage apa enggak. krn ini juga ngaruh, skrg kondisi mobil kalo bukan tipe yang laris dan skema CBU sudah pasti indennya sampe beranak dua. contohnya ya merk seperti mazda yg sekarang hampir gak jualan.
belum lagi tipe mobil luxury yang pembelinya biasa gak terlalu urgent beli mobilnya, inden setaun pun tidak masalah. ini makanya saya bikin di atas kalau mobil kelas luxury hampir pasti gak terdampak.
CKD sih sepertinya aman wong hyundai stargazer saja skrg oversupply, honda BRV diskonnya dah bisa buat healing ke luar negeri round trip.
makanya mobil bekas tipe LMPV/LSUV bau-baunya akan terkoreksi karena suplainya baik-baik aja sementara demand bau-baunya juga menurun akibat segmen konsumennya rata-rata lbh melek ekonomi. good luck buat yang suka goreng-goreng harga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: 19 Jul 2018, 12:30
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
yang pasti gorengan tetap ada pasar sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1183
- Joined: 02 Nov 2016, 08:59
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
OOT dikit,
Kemarin malam iseng keliling sekitar rumah (daerah taman ratu, Jakbar). Sambil bantuin adik ipar yg lagi cari rumah baru. Kebetulan di lokasi berdekatan, ada dua deretan rumah gress baru dibangun (3 lantai, 4.2 x 17 meter), open price 2.5M
Issue2nya jual rumah di jaman resesi ini susah banget.
Ternyata gak juga, dari 9 unit sdh 5 terjual, sisa 4 unit.
Idem dgn Christ, semua ada segment marketnya ... ada class yg tak terdampat resesi. Demikian jg dgn penjualan mobil.
Kemarin malam iseng keliling sekitar rumah (daerah taman ratu, Jakbar). Sambil bantuin adik ipar yg lagi cari rumah baru. Kebetulan di lokasi berdekatan, ada dua deretan rumah gress baru dibangun (3 lantai, 4.2 x 17 meter), open price 2.5M
Issue2nya jual rumah di jaman resesi ini susah banget.
Ternyata gak juga, dari 9 unit sdh 5 terjual, sisa 4 unit.
Idem dgn Christ, semua ada segment marketnya ... ada class yg tak terdampat resesi. Demikian jg dgn penjualan mobil.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1477
- Joined: 22 May 2016, 11:20
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Selain supply n demand kayak yang dijelaskan suhu2 di atas,faktor dollar juga pegang peranan
Saat resesi dollar cenderung menguat,yang bikin harga mobil naik
Saat resesi dollar cenderung menguat,yang bikin harga mobil naik
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2043
- Joined: 25 Jan 2017, 16:12
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
yang penting Venturer diesel matic harga bekasnya meroket naik
....................................................................

....................................................................



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 878
- Joined: 22 Mar 2021, 06:59
- Location: Indonesia
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Perkiraan saya, harga mobil baru naek, mobkas juga naek.
Karena saya lihat makin banyak kalangan menengah ke bawah yang nekat ambil kredit mobil.
Kenapa saya sebut nekat, karena kenaikan gaji ga sebanding dengan kenaikan harga barang-barang dan pengeluaran bulanan.
Ga bisa disalahin juga, karena angkutan umum yg murah udah nyaris punah.
Naek ojol/taksol tiap hari untuk 3 anggota keluarga, kalo ditotal sebulan bisa buat nyicil LCGC tenor 10 abad kyk dibilang mod Chris di atas.
Karena saya lihat makin banyak kalangan menengah ke bawah yang nekat ambil kredit mobil.
Kenapa saya sebut nekat, karena kenaikan gaji ga sebanding dengan kenaikan harga barang-barang dan pengeluaran bulanan.
Ga bisa disalahin juga, karena angkutan umum yg murah udah nyaris punah.
Naek ojol/taksol tiap hari untuk 3 anggota keluarga, kalo ditotal sebulan bisa buat nyicil LCGC tenor 10 abad kyk dibilang mod Chris di atas.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26711
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
mo jaman apapun , ruma tetep jd kbutuhan mbahOr4cle wrote: ↑16 Nov 2022, 16:02 OOT dikit,
Kemarin malam iseng keliling sekitar rumah (daerah taman ratu, Jakbar). Sambil bantuin adik ipar yg lagi cari rumah baru. Kebetulan di lokasi berdekatan, ada dua deretan rumah gress baru dibangun (3 lantai, 4.2 x 17 meter), open price 2.5M
Issue2nya jual rumah di jaman resesi ini susah banget.
Ternyata gak juga, dari 9 unit sdh 5 terjual, sisa 4 unit.
Idem dgn Christ, semua ada segment marketnya ... ada class yg tak terdampat resesi. Demikian jg dgn penjualan mobil.
cuman mungkin kl jaman resesi gini, sweet spot harga ruma yg masi bsa laku yah di kisaran 3 eM kbawah, palagi dbawah 1 eM
numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: 09 Aug 2019, 13:02
- Daily Vehicle: Sirion 1NR VE
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Harga cenderung stabil di 2023.
Trio pedagang online (si kuning, biru, orange) tidak terlalu agresif lagi dlm sourcing mobil, skrg mereka cenderung selektif, jadi secara stok di market masih melimpah & harga tdk akan terkerek naik/turun secara signifikan.
Isu resesi tdk trlalu berdampak, di saya penjualan mobkas secara cash masih mendominasi drpd kredit, dengan average selling price di 150jt an. Meaning middle class dengan steady income (kerja kantoran) tetap akan spending utk 3rd / 4th tier of their needs.
Masifnya phk pun tdk menyurutkan keinginan utk beli mobil, ingat jika kena PHK, karyawan akan terima pesangon yg besar & hanya di industri tertentu aja, di industri lain tenaga2 ahli ini tetap dibutuhkan.
Trio pedagang online (si kuning, biru, orange) tidak terlalu agresif lagi dlm sourcing mobil, skrg mereka cenderung selektif, jadi secara stok di market masih melimpah & harga tdk akan terkerek naik/turun secara signifikan.
Isu resesi tdk trlalu berdampak, di saya penjualan mobkas secara cash masih mendominasi drpd kredit, dengan average selling price di 150jt an. Meaning middle class dengan steady income (kerja kantoran) tetap akan spending utk 3rd / 4th tier of their needs.
Masifnya phk pun tdk menyurutkan keinginan utk beli mobil, ingat jika kena PHK, karyawan akan terima pesangon yg besar & hanya di industri tertentu aja, di industri lain tenaga2 ahli ini tetap dibutuhkan.
- pendoli
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1071
- Joined: 01 Jan 2016, 21:51
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
kalo sekitar gw banyak yg rencana nambah mobil karena WFO dan anak2 balik ke sekolah, tapi mungkin range <200jt yah
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: 27 Dec 2015, 22:18
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
pandangan saya, dgn asumsi faktor perpajakan gak berubah di 2023, covid gak separah dampaknya seperti 2020 dan 2021, konsumsi dalam negeri tetep resillient, komoditas tetep ok maka:
1. Demand akan mobil bekas, terutama tuk mpv, lmpv, lsuv, suv, akan naik, krn jujur harga mobil baru lumayan mahal yaa meski di lmpv dan lsuv.. orang2 takut bunga naik, jadi jika punya cash atau bujet kemungkinan beli second.
2 . Tuk yg beli mobil baru, tuk kalangan menengah, itu tetep karyawan, tetep skema kredit, karena, simply matching gaji dengan pengeluaran.. mobil second itu gak worthed beli dengan kredit. kemahalan.
3.kalau orang2 yang usaha sendiri, takut resesi, pasti bakalan akan nahan duit, atau beli second, atau ya beli yang kelas dibawah 400 juta, idem sama Om Chz... Banyak kok temen2 saya yang tadinya kelas innova, sekarang turun kelas ke xpander, veloz, brv, stargaze, atau tadinya kelas hrv, merasa cukup di WRV.. Pilihannya beli second Innova, atau beli lmpv atau lsuv baru..
4. Jadi karena poin nomor 1 dan 3, kalau mobil second, tuk lmpv, lsuv, jangan harap turun ya bekasnya.. mending kalau mau second beli second itu mobil mewah sekalian., depresiasi harganya lebih banyak,, atau merek mobil China atau mobil yg ga umum..
5. prediksi saya, yg punya mobil ladderframe, rwd yg model barunya ganti ke monocoque, fwd, bakalan dicari orang.. misal innova reborn sekarang, avanza lama, rush, terios begitu karena banyak yg masih nyari rwd, terutama di daerah, harganya akan nahan.. atau bekasnya bakalan naik..
6. lmpv, lsuv yg maticnya AT, bukan cvt yaa, tetep punya pasar sendiri., krn anggapan banyak orang yg mau second, pikirannya adalah reliability. ga heran kalau nantinya xpander second yg AT, atau livina yg AT, bakalan dicari orang bekasnya..
7. Tuk Mobil diatas 500 juta, setuju sama Om Chz, kalau kelas ini ga akan berdampak signifikan.. Ioniq5 atau mobil listrik akan tetap saja laku..mobil2 yg diatas 500 tapi fitur ADASnya minim, atau ga ada teknologi baru kemungkinan ditinggal, kecualipunya kenaikan tertentu..
1. Demand akan mobil bekas, terutama tuk mpv, lmpv, lsuv, suv, akan naik, krn jujur harga mobil baru lumayan mahal yaa meski di lmpv dan lsuv.. orang2 takut bunga naik, jadi jika punya cash atau bujet kemungkinan beli second.
2 . Tuk yg beli mobil baru, tuk kalangan menengah, itu tetep karyawan, tetep skema kredit, karena, simply matching gaji dengan pengeluaran.. mobil second itu gak worthed beli dengan kredit. kemahalan.
3.kalau orang2 yang usaha sendiri, takut resesi, pasti bakalan akan nahan duit, atau beli second, atau ya beli yang kelas dibawah 400 juta, idem sama Om Chz... Banyak kok temen2 saya yang tadinya kelas innova, sekarang turun kelas ke xpander, veloz, brv, stargaze, atau tadinya kelas hrv, merasa cukup di WRV.. Pilihannya beli second Innova, atau beli lmpv atau lsuv baru..
4. Jadi karena poin nomor 1 dan 3, kalau mobil second, tuk lmpv, lsuv, jangan harap turun ya bekasnya.. mending kalau mau second beli second itu mobil mewah sekalian., depresiasi harganya lebih banyak,, atau merek mobil China atau mobil yg ga umum..
5. prediksi saya, yg punya mobil ladderframe, rwd yg model barunya ganti ke monocoque, fwd, bakalan dicari orang.. misal innova reborn sekarang, avanza lama, rush, terios begitu karena banyak yg masih nyari rwd, terutama di daerah, harganya akan nahan.. atau bekasnya bakalan naik..
6. lmpv, lsuv yg maticnya AT, bukan cvt yaa, tetep punya pasar sendiri., krn anggapan banyak orang yg mau second, pikirannya adalah reliability. ga heran kalau nantinya xpander second yg AT, atau livina yg AT, bakalan dicari orang bekasnya..
7. Tuk Mobil diatas 500 juta, setuju sama Om Chz, kalau kelas ini ga akan berdampak signifikan.. Ioniq5 atau mobil listrik akan tetap saja laku..mobil2 yg diatas 500 tapi fitur ADASnya minim, atau ga ada teknologi baru kemungkinan ditinggal, kecualipunya kenaikan tertentu..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2384
- Joined: 10 Aug 2015, 20:13
- Location: Jakarta
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Analisis sotoy ane (jgn ada yg tersinggung yak)
Skrng dollar uda naek signifikan tp harga mobil masi blm koreksi banyak. Feeling ane sih awal tahun depan akan mulai pada naek. Mobil2 bekas yg kemungkinan besar jadi 1st car kaya lcgc, lmpv akan tahan harganya karena harga barunya bakalan naek. Golongan ini biasanya paling sensitif sama harga, kalo harga baru naek signifikan saya rasa bakalan mikir alternatif ke mobkasnya.
Kalo mobil setengah hobi yg tanggung di range 400-600jt macem civic turbo, bmw f series, merc 2015-2018 akan cenderung turun harganya sih karena biasanya yg beli ginian kaum menengah yg uda ga jd 1st car lg. Jadi kondisinya kalo ada duit boleh beli, ga ada duit ya bisa di hold dlu rencana belinya. Kalo bener masuk resesi biasanya golongan ini cenderung akan hold sih dan pake duitnya bwat survive dlu.
Kalo mobil2 >1M baik baru maupun bekas saya rasa harganya bakalan stabil aja. Uda cenderung ga ada pengaruhnya antara budget beli mbl sama budget untuk sehari2.
Mobil2 turbodiejel macem innova diejel, fortuner, pajero bakalan trus ada peminatnya sendiri di kondisi apapun. Jadi bakalan seperti biasa akan tetap bertahan harganya. Kecuali ada force majeure macem biosol dilarang
Skrng dollar uda naek signifikan tp harga mobil masi blm koreksi banyak. Feeling ane sih awal tahun depan akan mulai pada naek. Mobil2 bekas yg kemungkinan besar jadi 1st car kaya lcgc, lmpv akan tahan harganya karena harga barunya bakalan naek. Golongan ini biasanya paling sensitif sama harga, kalo harga baru naek signifikan saya rasa bakalan mikir alternatif ke mobkasnya.
Kalo mobil setengah hobi yg tanggung di range 400-600jt macem civic turbo, bmw f series, merc 2015-2018 akan cenderung turun harganya sih karena biasanya yg beli ginian kaum menengah yg uda ga jd 1st car lg. Jadi kondisinya kalo ada duit boleh beli, ga ada duit ya bisa di hold dlu rencana belinya. Kalo bener masuk resesi biasanya golongan ini cenderung akan hold sih dan pake duitnya bwat survive dlu.
Kalo mobil2 >1M baik baru maupun bekas saya rasa harganya bakalan stabil aja. Uda cenderung ga ada pengaruhnya antara budget beli mbl sama budget untuk sehari2.
Mobil2 turbodiejel macem innova diejel, fortuner, pajero bakalan trus ada peminatnya sendiri di kondisi apapun. Jadi bakalan seperti biasa akan tetap bertahan harganya. Kecuali ada force majeure macem biosol dilarang

2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1998
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Jadi skarang biosolar dilarang ud masuk dalam kategori bencana alam ya om 

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2384
- Joined: 10 Aug 2015, 20:13
- Location: Jakarta
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Hiperbola itu omKielConstantine wrote: ↑17 Nov 2022, 08:05 Jadi skarang biosolar dilarang ud masuk dalam kategori bencana alam ya om![]()

2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4142
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: Brio Satya E CVT 2022
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
tergantung jenis mobilnya, permintaan, daerah & harga mobil barunya gmn. prediksi saya harga mobekas 7 seater, apalagi yg merek mainstream, rwd, diesel or manual bakal bertahan , bahkan cenderung naik, apalagi yg model barunya yg 1 udh jadi fwd, dan yg 1 nya lg gak lama lagi launching tapi bakal jadi fwd juga, tidak ada varian dieselnya lagi dan gaada manualnya, tapi pangsa pasarnya bakal bergeser dari jabodetabek ke daerah, dalam artian gini, di jabodetabek harga sekennya bakal terkoreksi alias turun, tapi di luar jabodetabek bakal nahan cenderung naikSojunero wrote: ↑16 Nov 2022, 14:28 Halo om,
Setelah harga mobkas turun drastis di saat pandemi yg lalu,
Akirnya mulai awal tahun 2022 ini sampai sekarang harga mobil bekas mulai meninggi lagi..
Kira2 buat temen2 sekalian gimana pendapatnya soal harga mobil bekas di tahun 2023 nanti ya? Apalagi dengan berita akan ada resesi di tahun 2023.
Apa harga mobkas akan stabli, menurun atau malah makin meningkat dibanding saat ini?
Semoga ga salah kamar ya, dan semoga ada yg mau berbagi info dan prediksi
Terimaksih
kelas LCGC, LMPV, LSUV terutama yg 7 seater jg bakal naik, karena imbas mobil baru yg harganya makin mahal + bisa aja masih inden lama, jadi banyak orang yg lebih memilih mobil seken tapi kelas diatasnya dibanding mobil baru diharga yg sama, terutama luar jabodetabek
Last edited by Pboyz97 on 17 Nov 2022, 10:25, edited 1 time in total.
Past:
'15,'17,'18,'19,'21 Avanza G MT
'15 Veloz MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
'18 ANKI 2GD
Now:
'19 CRV
'18 RX300
'22 brio
'15,'17,'18,'19,'21 Avanza G MT
'15 Veloz MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
'18 ANKI 2GD
Now:
'19 CRV
'18 RX300
'22 brio
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4142
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: Brio Satya E CVT 2022
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
untuk poin 1 yg saya bold saya setuju, apalagi tambah embel2 inden lama, dan maysarakat juga masih ada yg lebih prefer beli mobil seken tapi kelas diatasnya daripada mobil baru di range harga yg sama, terutama luar jabodetabekfl4b1e wrote: ↑17 Nov 2022, 06:59 pandangan saya, dgn asumsi faktor perpajakan gak berubah di 2023, covid gak separah dampaknya seperti 2020 dan 2021, konsumsi dalam negeri tetep resillient, komoditas tetep ok maka:
1. Demand akan mobil bekas, terutama tuk mpv, lmpv, lsuv, suv, akan naik, krn jujur harga mobil baru lumayan mahal yaa meski di lmpv dan lsuv.. orang2 takut bunga naik, jadi jika punya cash atau bujet kemungkinan beli second.
2 . Tuk yg beli mobil baru, tuk kalangan menengah, itu tetep karyawan, tetep skema kredit, karena, simply matching gaji dengan pengeluaran.. mobil second itu gak worthed beli dengan kredit. kemahalan.
3.kalau orang2 yang usaha sendiri, takut resesi, pasti bakalan akan nahan duit, atau beli second, atau ya beli yang kelas dibawah 400 juta, idem sama Om Chz... Banyak kok temen2 saya yang tadinya kelas innova, sekarang turun kelas ke xpander, veloz, brv, stargaze, atau tadinya kelas hrv, merasa cukup di WRV.. Pilihannya beli second Innova, atau beli lmpv atau lsuv baru..
4. Jadi karena poin nomor 1 dan 3, kalau mobil second, tuk lmpv, lsuv, jangan harap turun ya bekasnya.. mending kalau mau second beli second itu mobil mewah sekalian., depresiasi harganya lebih banyak,, atau merek mobil China atau mobil yg ga umum..
5. prediksi saya, yg punya mobil ladderframe, rwd yg model barunya ganti ke monocoque, fwd, bakalan dicari orang.. misal innova reborn sekarang, avanza lama, rush, terios begitu karena banyak yg masih nyari rwd, terutama di daerah, harganya akan nahan.. atau bekasnya bakalan naik..
6. lmpv, lsuv yg maticnya AT, bukan cvt yaa, tetep punya pasar sendiri., krn anggapan banyak orang yg mau second, pikirannya adalah reliability. ga heran kalau nantinya xpander second yg AT, atau livina yg AT, bakalan dicari orang bekasnya..
7. Tuk Mobil diatas 500 juta, setuju sama Om Chz, kalau kelas ini ga akan berdampak signifikan.. Ioniq5 atau mobil listrik akan tetap saja laku..mobil2 yg diatas 500 tapi fitur ADASnya minim, atau ga ada teknologi baru kemungkinan ditinggal, kecualipunya kenaikan tertentu..
dan poin 5, exactly true, ladderframe, rwd, diesel dan manual, apalagi model barunya ganti fwd, gaada dieselnya, dan gaada manual, bakal dicari orang kaya yg om bilang. tambah pajero fortuner saya prediksi juga sekennya juga bakal nahan atau naik kaya avxen, rushter atau innova. cuma ya pangsa pasarnya aja yg bakal geser dari jabodetabek ke daerah, jadi ya di daerah bakal naik atau nahan, di jabodetabek prediksi saya bakal terkoreksi atau turun
Past:
'15,'17,'18,'19,'21 Avanza G MT
'15 Veloz MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
'18 ANKI 2GD
Now:
'19 CRV
'18 RX300
'22 brio
'15,'17,'18,'19,'21 Avanza G MT
'15 Veloz MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
'18 ANKI 2GD
Now:
'19 CRV
'18 RX300
'22 brio
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1183
- Joined: 02 Nov 2016, 08:59
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Betul juga mbah, apalagi rumah baru tentu bank lebih gampang kucurin KPR.DOHC wrote: ↑16 Nov 2022, 20:37mo jaman apapun , ruma tetep jd kbutuhan mbahOr4cle wrote: ↑16 Nov 2022, 16:02 OOT dikit,
Kemarin malam iseng keliling sekitar rumah (daerah taman ratu, Jakbar). Sambil bantuin adik ipar yg lagi cari rumah baru. Kebetulan di lokasi berdekatan, ada dua deretan rumah gress baru dibangun (3 lantai, 4.2 x 17 meter), open price 2.5M
Issue2nya jual rumah di jaman resesi ini susah banget.
Ternyata gak juga, dari 9 unit sdh 5 terjual, sisa 4 unit.
Idem dgn Christ, semua ada segment marketnya ... ada class yg tak terdampat resesi. Demikian jg dgn penjualan mobil.
cuman mungkin kl jaman resesi gini, sweet spot harga ruma yg masi bsa laku yah di kisaran 3 eM kbawah, palagi dbawah 1 eM
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 13391
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
kyknya emang enaknya di indo, asal gak parah2 amat kayak krismon 98 sama pandemi awal (ya ini semua sih) kondisi ekonomi ya begini-begini aja yatonylomena wrote: ↑16 Nov 2022, 23:05 Harga cenderung stabil di 2023.
Trio pedagang online (si kuning, biru, orange) tidak terlalu agresif lagi dlm sourcing mobil, skrg mereka cenderung selektif, jadi secara stok di market masih melimpah & harga tdk akan terkerek naik/turun secara signifikan.
Isu resesi tdk trlalu berdampak, di saya penjualan mobkas secara cash masih mendominasi drpd kredit, dengan average selling price di 150jt an. Meaning middle class dengan steady income (kerja kantoran) tetap akan spending utk 3rd / 4th tier of their needs.
Masifnya phk pun tdk menyurutkan keinginan utk beli mobil, ingat jika kena PHK, karyawan akan terima pesangon yg besar & hanya di industri tertentu aja, di industri lain tenaga2 ahli ini tetap dibutuhkan.

sisi positif dari budaya konsumtif...

kalo terkoreksi kyknya bakalnya jg lebih faktor taun aja yah

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26711
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Tumben belom ad tret tandingan
"Apakah menguntungkan utk ttp keep kijing inivi, terutama inivi dizel d saat resesi"
"Apakah menguntungkan utk ttp keep kijing inivi, terutama inivi dizel d saat resesi"
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: 27 Dec 2007, 09:16
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Diesel modern udah pd turun dari sebulan lalu
- Suryaputra
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7077
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: L15Z1
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Jika / Kalau / Misal nya... pemerintah punya hidden agenda, untuk wipe perlahan mbl diesel, maka:
1. BBM Solar nya dibatasi
2. Perlahan makin dijauhin harga Pertamax family VS Dex family
3. Otomatisly market mulai mikir untuk pindah ke BBM biasa
Jujurly, emg diesel ini sangat mengganggu sih polusinya.
tapi di lain sisi Torsi enak (bbrp kali nyoba ipah dijel matic pk solbus), apalgi pk pertadek, makin enak, tapi ya harganya ngeri

*disclemer
*Colek me if I'm wrong
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2047
- Joined: 10 Nov 2015, 09:40
- Daily Vehicle: Audi Q7 Diesel
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
wipe out mobil atau kendaraan disel mah mana mungkin, logistik dan kendaraan umum, kendaraan berat hampir semuanya pake diselSuryaputra wrote: ↑17 Nov 2022, 14:30Jika / Kalau / Misal nya... pemerintah punya hidden agenda, untuk wipe perlahan mbl diesel, maka:
1. BBM Solar nya dibatasi
2. Perlahan makin dijauhin harga Pertamax family VS Dex family
3. Otomatisly market mulai mikir untuk pindah ke BBM biasa
Jujurly, emg diesel ini sangat mengganggu sih polusinya.
tapi di lain sisi Torsi enak (bbrp kali nyoba ipah dijel matic pk solbus), apalgi pk pertadek, makin enak, tapi ya harganya ngeri
*disclemer
harga bbm disel di luar negeri jg emg lg kurang bagus
bbm biasa hari gini kualitasnya jg ancur lebur wkwk
kalo soal polusi, diesel modern tuh ga enaknya cuma bau asem nya aja, mobil bensin kalo ga bener pembakaran juga pedes bgt di mata
Audi Q7 3.0 V6 TDI 4L 2008
BMW 520d F10 2014
Lexus ES300h AVV60 2014
BMW 520d F10 2014
Lexus ES300h AVV60 2014
- vim
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2067
- Joined: 25 Jul 2008, 15:04
- Location: Jakarta Barat
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Halo SMers, semoga berkenan ya thread ini saya up lagi
Ijin sharing pendapat ya, sambil jaga lilin
. Kalo dari beberapa info yang saya dapat, memang saat ini mobkas overstock dan sudah dalam tahap mengkhawatirkan karena demand turun terus. Ini baik kelas low sampai high ya. Di tahun 2020 sampai 2021 kemarin, bandar sby dan smg memang memandat para group2 untuk stocking, untuk goreng harga lagi di 2022, namun terjadi bubble burst di ekonomi, termasuk startup company dan bbrp perusahaan besar yang diperkirakan akan survive sebelumnya. Mulai awal tahun 2022, harga mobkas sudah mulai dikembalikan ke harga 2019, di sisi lain daya belinya semakin turun. Bandar meng-instruksikan untuk tetap bertahan (mungkin stock dana masih mumpuni). Akhirnya, sampai saat ini bubble.
Chip shortage sendiri sebenarnya adalah metode yang dibuat untuk men-stabilkan harga (jadi tidak faktual). Yang tidak diperhitungkan memang terjadinya perang rusia. Karena understock unit baru sudah semakin parah, akhirnya kembali dinormalkan produksinya, namun daya beli tetap blm naik. CPI jg masih tinggi yang berimbas inflasi tinggi.
Sharing pengalaman. Kebetulan, saya baru order mobil yang belinya harus customizable (kecuali mau beli stock yang ada). Menurut principalnya, slot produksi yang tadinya direncanakan pertengahan 2023 akhirnya dimajukan ke Feb 2023, karena ingin normalisasi. Jadi, beberapa kendaraan yang tadinya indent 1 tahun sekarang bisa lebih maju. Ada beberapa alasan financial dan market jg sebenarnya. Semoga berkenan![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Ijin sharing pendapat ya, sambil jaga lilin

Chip shortage sendiri sebenarnya adalah metode yang dibuat untuk men-stabilkan harga (jadi tidak faktual). Yang tidak diperhitungkan memang terjadinya perang rusia. Karena understock unit baru sudah semakin parah, akhirnya kembali dinormalkan produksinya, namun daya beli tetap blm naik. CPI jg masih tinggi yang berimbas inflasi tinggi.
Sharing pengalaman. Kebetulan, saya baru order mobil yang belinya harus customizable (kecuali mau beli stock yang ada). Menurut principalnya, slot produksi yang tadinya direncanakan pertengahan 2023 akhirnya dimajukan ke Feb 2023, karena ingin normalisasi. Jadi, beberapa kendaraan yang tadinya indent 1 tahun sekarang bisa lebih maju. Ada beberapa alasan financial dan market jg sebenarnya. Semoga berkenan
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: 24 Jul 2021, 16:38
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
Sebagai pengguna family truk Ipah bengsin, dulu gw perkirakan harga bekasnya di akhir 2022 bisa lah dapat di angka 80-85 jutaan.
Bujubuneng dah, gw cek di marketplace online masih pada masang harga 95-100 jutaan utk tahun 2005. Beberapa ada yang berani di atas 100 jeti.
Bajindul bener...
Pedagang mobkas kayaknya emang lagi pada kenceng nyetok, nyari mobkas di olx hasilnya udah nggak sebanyak beberapa bulan sebelumnya. Kuantitas pilihannya jadi dikit banget.
Kemungkinan setahun ke depan, harga mobkas turun. Lantaran masih banyak orang yang prefer mobil baru daripada mobil bekas (sesuai karakter konsumen lokal yang buy-n-forget). Mobkas butuh seni,dedikasi, dan keberanian untuk menerima resiko sheer-repairing-pleasure sebagus apapun unitnya.
Bujubuneng dah, gw cek di marketplace online masih pada masang harga 95-100 jutaan utk tahun 2005. Beberapa ada yang berani di atas 100 jeti.
Bajindul bener...
Pedagang mobkas kayaknya emang lagi pada kenceng nyetok, nyari mobkas di olx hasilnya udah nggak sebanyak beberapa bulan sebelumnya. Kuantitas pilihannya jadi dikit banget.
Kemungkinan setahun ke depan, harga mobkas turun. Lantaran masih banyak orang yang prefer mobil baru daripada mobil bekas (sesuai karakter konsumen lokal yang buy-n-forget). Mobkas butuh seni,dedikasi, dan keberanian untuk menerima resiko sheer-repairing-pleasure sebagus apapun unitnya.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 13391
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023
kl bbrp mobil yang high demand macem kijang kijangan, susah. selama harga sgitu ada yang makan dan apalagi ini seekor kijang pasti cepet laku.esaka wrote: ↑08 Dec 2022, 11:07 Sebagai pengguna family truk Ipah bengsin, dulu gw perkirakan harga bekasnya di akhir 2022 bisa lah dapat di angka 80-85 jutaan.
Bujubuneng dah, gw cek di marketplace online masih pada masang harga 95-100 jutaan utk tahun 2005. Beberapa ada yang berani di atas 100 jeti.
Bajindul bener...
Pedagang mobkas kayaknya emang lagi pada kenceng nyetok, nyari mobkas di olx hasilnya udah nggak sebanyak beberapa bulan sebelumnya. Kuantitas pilihannya jadi dikit banget.
Kemungkinan setahun ke depan, harga mobkas turun. Lantaran masih banyak orang yang prefer mobil baru daripada mobil bekas (sesuai karakter konsumen lokal yang buy-n-forget). Mobkas butuh seni,dedikasi, dan keberanian untuk menerima resiko sheer-repairing-pleasure sebagus apapun unitnya.
yang parah itu mobil yang low demand / koleksi.
ane blkg an hunting bmw e39 di o*x filter udah ane luasin ke jawa tengah - indonesia, itu iklan dari berbulan-bulan lalu pd gak laku-laku. harga super random dari 20 jutaan sampe 150 jutaan blom ada yang makan. ada yg terus banting harga dari 120juta skrg tinggal 84juta blom dimakan juga.
type sedan apalagi eropa sih bau ancur pasarannya. jepang selama masih toyota atau honda masang agak mahal bakal tetep dimakan. ngejual sienta aja sama bakul laku 14x, kemaren berani tuh buka 18x dia, cm modal barang low KM aja kebetulan sienta ane emang low KM 2016 masih 50rebu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 86 Replies
- 8804 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 163 Replies
- 13438 Views
-
Last post by wekiweko
-
- 40 Replies
- 3039 Views
-
Last post by fl4b1e
-
- 8 Replies
- 1336 Views
-
Last post by Venturtle
-
- 82 Replies
- 6648 Views
-
Last post by gadjahalphien
-
- 31 Replies
- 4968 Views
-
Last post by ginting
-
- 36 Replies
- 2316 Views
-
Last post by doge
-
- 14 Replies
- 1057 Views
-
Last post by sintoni
-
- 6 Replies
- 396 Views
-
Last post by ginting
-
- 20 Replies
- 1960 Views
-
Last post by wicaksono99