bZ4X launching di indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

irwan2011 wrote: Sat Nov 12, 2022 7:30 Kalo memang benar begitu om, berarti memang cuma mindahin kadar emisi udara ke kawasan industri manufaktur mobil, batere & power plant aja.
Memang kalo pada pake EV semua, kawasan pemukiman & perkotaan akan jd free emisi sih. Karena utk distribusi listrik dr power plant ke rumah2 cukup pake menara sutet & gardu aja yg ga ada emisinya. Lain hal kalo mau distribusi bbm dr lokasi kilang minyak/depo ke spbu yg pake truk tangki & pake solar lg. Jadi emisinya masih ke bawa ke kawasan perkotaan.
Ya tinggal sudut pandang aja sih. Tapi kalo uda orientasi kepentingan bisnis & politis ya susah jg sih.
masalahnya emisi pesawat sama kapal kargo juga tetep ada om dan itu jauuuh lebih besar dari mobil pesawat jet itu biar gimana combustion juga mereka gak bakalan bisa ngerubah jadi EV sampe mereka ganti ke mini nuclear mungkin baru bisa, selama yang di otaknya masih pake barang primitif namanya batre mending balik ke kasur ngimpi aja :big_bored:

makannya lebih bagus bahan bakarnya di rubah emisinya di bersihkan lagian sekarang ada carbon capture si elon aja invest di ni teknologi jd bisa nyedot polusinya dan di daur ulang jadi bahan bakar emang energy consumning cuma nyedot ngolah dan transport minyak emang kagak??? belom abis itu minyaknya di pake buat nambang batre sama batubara terus di bakar buat isi mobil listrik lagi :drinking: :drinking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat Nov 12, 2022 7:34
gw makanya suka satir, mobil yang green itu aventador warna ijo :big_biglaugh:

itu rumbling V12 kalo cuma dinyalain sabtu-minggu di track doang kan gak merusak bumi :mky_03: maka nya pabrik supercar itu pada protes, pada nyadar kok big gas guzzling V12 nya cuma nyala di akhir pekan tp mereka ikut kena strict emission regulation sampe aston minta toyota bikinin cygnet.

pdhl sehari keliaran di jalan aston itungan jari, toyota corolla berapa biji :mky_03:

1 rumah tinggal 1 orang punya 10 gas guzzling V8 yang dipake cuma occasional tetep lebih "ijo" daripada 4 orang punya 4 mobil listrik. 1 orang kan gak mungkin nyetir 10 mobil sekaligus :big_biglaugh:

problemnya bukan di mobil apa yang dipake, tapi berapa orang yang pake mobil. jaman dulu masih karbu mesin bagong 8000cc cuma 100hp ya gak ribut emisi wong yang pake mobil dikit.

sbenernya selama populasi manusia masih banyak ya emisi akan berkutat di situ-situ aja :mky_03: bayangin berapa emisi dari pakaian, makanan, air bersih, kesehatan, tempat tinggal. belum yang sekunder macem internet dan kendaraan. kotoran sapi sama kuda aja emisinya sama kayak mobil bensin, not mentioning kita napas jg hasilin CO2 :big_biglaugh:
malah kata hammond aston itu emisinya bisa lebih rendah dari laptop sama hp saking jarang keluarnya :wkkk:

lagian mobil tua itu emisi produksinya ud dari masa lalu emang sebenernya disarankan jgn beli mobil baru kok ini malah suruh semua ganti EV emang dasarnya aja otaknya pada mau nyari duit bukan buat ramah lingkungan :wkkk:

nah itu om kayak ternak sapi juga nyumbang emisi dari kentut sama kotorannya :big_biglaugh:

emang ud semestinya polusinya kita handle sendiri dengan cara di sedot balik :mky_03:

kalo emang peduli ya bikin aja tuh carbon capture tech banyak2x toh juga bisa ngasilin partikel buat bikin E-FUEL :big_bored:
User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by loid »

ChZ wrote: Sat Nov 12, 2022 7:34
b0ku wrote: Sat Nov 12, 2022 7:12
irwan2011 wrote: Sat Nov 12, 2022 6:57 Polemik kadar emisi antara mobil ev & ice memang perlu ada pengujian compare secara apple to apple.
Misal : utk menggerakkan mobil ice sejauh 1 km itu akan menghasilkan brp gram emisinya. Dan jg utk memproduksi listrik 1 kwh di power plant akan menggenerate brp gram emisinya. Kalo ternyata sama aja ya cuma mindahin lokasi emisi doang dr kawasan perkotaan ke kawasan power plant. Dan 1 hal lg utk 1 kwh listrik itu bisa menggerakkan mobil ev sejauh brp km.
kalo hasil study volvo sih bilang buat ngalahin emisi mobil bensin yang setara ev itu butuh jalan 110.000km dulu itu emisi dari produksi mobilnya loh terus kalo baru jalan 120.000 terus batre tewas apa gak harus jalan lagi mungkin 60-90rb lagi karena emisi segede gitu keluar dari manufacturing batrenya dan kayak duo mobil saya dua2xnya baru 90.000km dalam waktu ampir 10thn berarti sejauh ini mobil saya statusnya masih ramah lingkungan itu dengan mesin V8 4silinder di 1500 bensin 4 silinder 2.5 turbodiesel yang study volvo mereka pake mesin V6 basednya :wkkk:

saya ini jualan mobil loh mayoritas mobil 10thn itu kilometer baru 100rban kecil bahkan banyak yang masih 70-90rb :big_biglaugh:

jd mereka maksa EV padahal gak bisa di pukul rata semua lebih baik pake EV, ev itu lebih bagus buat transport yang jalannya banyak macem taxi angkutan travel dan logistik jatohnya akan lebih murah tapi ya itu balik lagi kalo gak keberatan sama charging time yang lama :big_bored:
gw makanya suka satir, mobil yang green itu aventador warna ijo :big_biglaugh:

itu rumbling V12 kalo cuma dinyalain sabtu-minggu di track doang kan gak merusak bumi :mky_03: maka nya pabrik supercar itu pada protes, pada nyadar kok big gas guzzling V12 nya cuma nyala di akhir pekan tp mereka ikut kena strict emission regulation sampe aston minta toyota bikinin cygnet.

pdhl sehari keliaran di jalan aston itungan jari, toyota corolla berapa biji :mky_03:

1 rumah tinggal 1 orang punya 10 gas guzzling V8 yang dipake cuma occasional tetep lebih "ijo" daripada 4 orang punya 4 mobil listrik. 1 orang kan gak mungkin nyetir 10 mobil sekaligus :big_biglaugh:

problemnya bukan di mobil apa yang dipake, tapi berapa orang yang pake mobil. jaman dulu masih karbu mesin bagong 8000cc cuma 100hp ya gak ribut emisi wong yang pake mobil dikit.

sbenernya selama populasi manusia masih banyak ya emisi akan berkutat di situ-situ aja :mky_03: bayangin berapa emisi dari pakaian, makanan, air bersih, kesehatan, tempat tinggal. belum yang sekunder macem internet dan kendaraan. kotoran sapi sama kuda aja emisinya sama kayak mobil bensin, not mentioning kita napas jg hasilin CO2 :big_biglaugh:
betul sih, imo sekedar pake EV blm bs sepenuhnya ngurangin emisi, dan kudu ada kebijakan lain yg komprehensif dari pemerintah diluar insentif EV untuk menekan emisi, seperti:

- Transportasi umum dgn sarana dan prasarana yg memadai setidaknya di kota2 besar metropolitan, termasuk perombakan tata kota yg lebih walkable
- WFA/WFH untuk sektor non esensial, pernah diterapkan pada awal pandemi dan berdampak positif dlm mengurangi emisi
- KB, kebijakan pengendalian populasi yg lumayan berhasil pada era orba dlu tapi sayangnya ga kedengeran lg gaungnya di masa skrng
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by Herman7103 »

Semoga mobil sekelas Wuling mini EV Nissan Sakura segera dijual pula di Indonesia biar konsumen punya lebih banyak pilihan.

:glodak:
HR15DE 2014
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by yaseinotulip »

Ini Toyota plg jg test market doang.. mumpung ada acara G20 kan dtg in mobil, di daftarkan ke Polda, ya sekalian jualan..
Diskusi 4 halaman masalah green nya, polusi manufakturing nya, emisi nya tp bkn bahas mobil nya.. wkwk

Padal ya bagus dong Toyota mau bagi mobil listrik ke sini… yg mau beli tinggal beli..
Bagus jg kan menambah ragam mobil dijalan.. ga bosen ya dijalan liat nya agya ayla brio calya sigra Avanza xpander HRV reborn?
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by Herman7103 »

Toyota net profit VS Tesla net profit per car by kirk kreifels.

:glodak:
HR15DE 2014
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

yaseinotulip wrote: Sat Nov 12, 2022 12:43 Ini Toyota plg jg test market doang.. mumpung ada acara G20 kan dtg in mobil, di daftarkan ke Polda, ya sekalian jualan..
Diskusi 4 halaman masalah green nya, polusi manufakturing nya, emisi nya tp bkn bahas mobil nya.. wkwk

Padal ya bagus dong Toyota mau bagi mobil listrik ke sini… yg mau beli tinggal beli..
Bagus jg kan menambah ragam mobil dijalan.. ga bosen ya dijalan liat nya agya ayla brio calya sigra Avanza xpander HRV reborn?
produk kagak niat jualan mendingan masukin ini sekalian :ngacir:

Image

Image

oh iya ud di wakilin sama zenix :big_slap:

emang di bilang sebenernya BESEK ini kagak ada kompetitor kecuali SUV china :mky_03:

TESla y sama X gcnya pendek ampir kek mpv malah, yang bisa ngungulin cuma F150 sama R1T cuma 2 itu juga ukurannya terlalu bagong jd so far emang besek ini off roader gak punya saingan ud gitu jgn lupa ini bukan toyota tapi subaru yang ud terkenal sofroader 4X4nya u know lah :big_grin:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

Herman7103 wrote: Sat Nov 12, 2022 12:56 Toyota net profit VS Tesla net profit per car by kirk kreifels.

ohh selama ini cuan ya ok2x soalnya taunya dari dulu drama katanya rugi lah katanya mau bangkrut lah pantesan si elon jd kaya, pantesan cuannya banyak mobilnya aja gampang ngeplek2x interiornya ya cuannya banyak :mky_03:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Sat Nov 12, 2022 7:12
irwan2011 wrote: Sat Nov 12, 2022 6:57 Polemik kadar emisi antara mobil ev & ice memang perlu ada pengujian compare secara apple to apple.
Misal : utk menggerakkan mobil ice sejauh 1 km itu akan menghasilkan brp gram emisinya. Dan jg utk memproduksi listrik 1 kwh di power plant akan menggenerate brp gram emisinya. Kalo ternyata sama aja ya cuma mindahin lokasi emisi doang dr kawasan perkotaan ke kawasan power plant. Dan 1 hal lg utk 1 kwh listrik itu bisa menggerakkan mobil ev sejauh brp km.
kalo hasil study volvo sih bilang buat ngalahin emisi mobil bensin yang setara ev itu butuh jalan 110.000km dulu itu emisi dari produksi mobilnya loh terus kalo baru jalan 120.000 terus batre tewas apa gak harus jalan lagi mungkin 60-90rb lagi karena emisi segede gitu keluar dari manufacturing batrenya dan kayak duo mobil saya dua2xnya baru 90.000km dalam waktu ampir 10thn berarti sejauh ini mobil saya statusnya masih ramah lingkungan itu dengan mesin V8 4silinder di 1500 bensin 4 silinder 2.5 turbodiesel yang study volvo mereka pake mesin V6 basednya :wkkk:

saya ini jualan mobil loh mayoritas mobil 10thn itu kilometer baru 100rban kecil bahkan banyak yang masih 70-90rb :big_biglaugh:

jd mereka maksa EV padahal gak bisa di pukul rata semua lebih baik pake EV, ev itu lebih bagus buat transport yang jalannya banyak macem taxi angkutan travel dan logistik jatohnya akan lebih murah tapi ya itu balik lagi kalo gak keberatan sama charging time yang lama :big_bored:
Jakarta-Magelang, total charging time 95 menit, alias 1,5 jam.
Screenshot_20221112-195336_ChargeIN.jpg
Screenshot_20221112-195405_ChargeIN.jpg
Screenshot_20221112-195424_ChargeIN.jpg
Berangkat 92% (lupa set), sampai Magelang sisa 49% (Masih paranoid). Yg 72 menit std, makan siang, ngantri toilet, beli kopi buat sangu di jalan. Yang 19+4 menit paranoid, masih jiper kalo liat batere sisa 10%, itu kalo diantepin sampe Magelang masih 8-9%an, padahal biasa bawa 2GD sampai kuning :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Yang kampret, hubungan apa ngecas mobil ama penerangan jalan, secara jalan tol gelap gulita gitu, jalan Ambarawa-Magelang juga sama aja... :big_bored: :big_bored: :big_bored:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sat Nov 12, 2022 13:07
Jakarta-Magelang, total charging time 95 menit, alias 1,5 jam.
Screenshot_20221112-195336_ChargeIN.jpg
Screenshot_20221112-195405_ChargeIN.jpg
Screenshot_20221112-195424_ChargeIN.jpg
Berangkat 92% (lupa set), sampai Magelang sisa 49% (Masih paranoid). Yg 72 menit std, makan siang, ngantri toilet, beli kopi buat sangu di jalan. Yang 19+4 menit paranoid, masih jiper kalo liat batere sisa 10%, itu kalo diantepin sampe Magelang masih 8-9%an, padahal biasa bawa 2GD sampai kuning :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Yang kampret, hubungan apa ngecas mobil ama penerangan jalan, secara jalan tol gelap gulita gitu, jalan Ambarawa-Magelang juga sama aja... :big_bored: :big_bored: :big_bored:
kenapa gak chass sekali aja om sekalian makan harusnya cukup deh sampe tujuan kan full 450an di chas sambil makan sejem ya nyampe lah :big_bored:

berkali2x gitu bukanya gak bagus buat batrenya

saya pake pajero cuma ke kuningan aja sehari 3x ngisi :upss:

bukanya abis tapi males liat meterannya turun sekalian pipis :wkkk:

mau di negara manapun tol antar kota emang gak ada lampunya karena costnya terlalu besar mau dipakein lampu panel surya pun perawatanya gimana :big_bored:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by Herman7103 »

b0ku wrote:
Herman7103 wrote: Sat Nov 12, 2022 12:56 Toyota net profit VS Tesla net profit per car by kirk kreifels.

ohh selama ini cuan ya ok2x soalnya taunya dari dulu drama katanya rugi lah katanya mau bangkrut lah pantesan si elon jd kaya, pantesan cuannya banyak mobilnya aja gampang ngeplek2x interiornya ya cuannya banyak :mky_03:
Elon Musk memang cuannya banyak sampai sanggup beli Twitter , mosly kayaknya dari Tesla yg cuma jualan EV tok wkwkwk.
Key nya cost production EV per carnya Tesla kayaknya memang efficient even compare to maintream car manufacture wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

Herman7103 wrote: Sat Nov 12, 2022 13:25 Elon Musk memang cuannya banyak sampai sanggup beli Twitter , mosly kayaknya dari Tesla yg cuma jualan EV tok wkwkwk.
Key nya cost production EV per carnya Tesla kayaknya memang efficient even compare to maintream car manufacture wkwkwk.
emang masih bisa percaya???? berapa tahun lalu biar gaet investor dia bilang dia rugi mau bangkrut, saya mah ud curiga ini perusahaan maen peran jadi pahlawan kesiangan, lsg fanboynya pada ribut waah tesla mau bangkrut padahal elon adalah mesias penyelamat planet......... :big_bored:

lsg deh pada invest gila2xan bikin valuenya diatas toyota padahal katanya treak2x rugi losing money lah :big_bored:

eh sekarang si elon lagi obral saham stocknya juga ambruk parah keluar berita ginian :wkkk:

uda lah gw nonton aja sambil ngemil kuaci........... :big_biglaugh:

dari jaman crypto aja gw ud ketawa sama orang yang dengerin ngomongan ni manusia terus rugi :big_biglaugh:

dalam hati saya ngomong nama anaknya aja jadi maenan biar dia viral gimana cuma nasib loe doank yang ada dikibulin mah iyeee :wkkk:

dulu ngomong mau bangkrut biar ada yang nolongin kalo ngomong kayak sekarang banyak cuan nanti gak ada yang nolongin kan perusahannya baek2x aja

sekarang ngomong cuan biar ada yang nolongin karena kao mau ngomong bangkrut siapa yang mau nolongin ud banyak pabrik ev merek laen jd bukan cuma dia doank pahlawan kesingannya, jadi waah untung gede beli dah sahamnya yang banyak akhirnya harga sahamnya naek akal bulus :mky_03:

jujur saya kagum sama cara dia ngejar mimpinya cuma saya gak suka sama kelakuannya :big_bored:

belom omongin fanboynya dia yang akhirnya bikin orang jadi jijik sama EV liat aja komenan bule2x banyak yang hujat EV biang keroknya ya fanboynya tesla gw aja dulu masin doyan taycan sama honda E juga geli sama tesla norak kali fanboynya :big_biglaugh:

oh iya julukannya si ELON itu "SNAKE OIL SALESMAN"
"Snake Oil Salesman." The phrase conjures up images of seedy profiteers trying to exploit an unsuspecting public by selling it fake cures. In fact, the Oxford English Dictionary defines snake oil as "a quack remedy or panacea." What the OED does not note, however, is that the history of snake oil is linked to an often forgotten chapter of Asian-American history.
Last edited by b0ku on Sat Nov 12, 2022 14:47, edited 4 times in total.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Sat Nov 12, 2022 13:20
Bibieight wrote: Sat Nov 12, 2022 13:07
Jakarta-Magelang, total charging time 95 menit, alias 1,5 jam.
Screenshot_20221112-195336_ChargeIN.jpg
Screenshot_20221112-195405_ChargeIN.jpg
Screenshot_20221112-195424_ChargeIN.jpg
Berangkat 92% (lupa set), sampai Magelang sisa 49% (Masih paranoid). Yg 72 menit std, makan siang, ngantri toilet, beli kopi buat sangu di jalan. Yang 19+4 menit paranoid, masih jiper kalo liat batere sisa 10%, itu kalo diantepin sampe Magelang masih 8-9%an, padahal biasa bawa 2GD sampai kuning :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Yang kampret, hubungan apa ngecas mobil ama penerangan jalan, secara jalan tol gelap gulita gitu, jalan Ambarawa-Magelang juga sama aja... :big_bored: :big_bored: :big_bored:
kenapa gak chass sekali aja om sekalian makan harusnya cukup deh sampe tujuan kan full 450an di chas sambil makan sejem ya nyampe lah :big_bored:

berkali2x gitu bukanya gak bagus buat batrenya

saya pake pajero cuma ke kuningan aja sehari 3x ngisi :upss:

bukanya abis tapi males liat meterannya turun sekalian pipis :wkkk:

mau di negara manapun tol antar kota emang gak ada lampunya karena costnya terlalu besar mau dipakein lampu panel surya pun perawatanya gimana :big_bored:
Nganu oom... gini2 saya buat urusan pake EV beyond Karawang masih nubie… :mky_01: :mky_01: :mky_01: , Tadi dari Cikampek Utama sampe Semarang saya nguber I5, takut keduluan ngecas :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: … Range anxiety itu ternyata butuh pengalaman, bukan teori…
Bener, keseringan digenjot DC emang gak bagus, dan masalahnya itu kecatet di BMSnya, colok OBD kebaca dah… gak tau ya yg Wuling, kalo yg Hyundai jujur bener dan sy yakin yg BZ4X sama jujurnya. Itu pdg pasti seneng kalo nemu EV yg 1 cell bapuk, lsg gorok 30% harganya, kalo nemu EV STNK umur 5 taun tapi BMS/controller baru tebas 50% harganya, sapa tau itu calon lemon :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sat Nov 12, 2022 13:43 Nganu oom... gini2 saya buat urusan pake EV beyond Karawang masih nubie… :mky_01: :mky_01: :mky_01: , Tadi dari Cikampek Utama sampe Semarang saya nguber I5, takut keduluan ngecas :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: … Range anxiety itu ternyata butuh pengalaman, bukan teori…
Bener, keseringan digenjot DC emang gak bagus, dan masalahnya itu kecatet di BMSnya, colok OBD kebaca dah… gak tau ya yg Wuling, kalo yg Hyundai jujur bener dan sy yakin yg BZ4X sama jujurnya. Itu pdg pasti seneng kalo nemu EV yg 1 cell bapuk, lsg gorok 30% harganya, kalo nemu EV STNK umur 5 taun tapi BMS/controller baru tebas 50% harganya, sapa tau itu calon lemon :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
saya juga ngalamin om waktu ke kuningan nyari solar gak ada yang jual malah pada jual dex bikin kawatir juga padahal sih bisa isi dex dan sebenernya di paksa jalan ke bandung juga nyampe :big_biglaugh:

jangakan yang listrik yang bensin aja gitu cuma enaknya bensin ketemu pom kayak abis pipis leganya pasti dapet :big_biglaugh:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by walid_007 »

mobil ini kek harier ato lexus klo dilihat dari potongan ukuran dan pilar2 dalem interior

harga segitu jd keliatan pantes aja
engine roaring!
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1620
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by darrelund »

ChZ wrote: Sat Nov 12, 2022 7:34
b0ku wrote: Sat Nov 12, 2022 7:12
irwan2011 wrote: Sat Nov 12, 2022 6:57 Polemik kadar emisi antara mobil ev & ice memang perlu ada pengujian compare secara apple to apple.
Misal : utk menggerakkan mobil ice sejauh 1 km itu akan menghasilkan brp gram emisinya. Dan jg utk memproduksi listrik 1 kwh di power plant akan menggenerate brp gram emisinya. Kalo ternyata sama aja ya cuma mindahin lokasi emisi doang dr kawasan perkotaan ke kawasan power plant. Dan 1 hal lg utk 1 kwh listrik itu bisa menggerakkan mobil ev sejauh brp km.
kalo hasil study volvo sih bilang buat ngalahin emisi mobil bensin yang setara ev itu butuh jalan 110.000km dulu itu emisi dari produksi mobilnya loh terus kalo baru jalan 120.000 terus batre tewas apa gak harus jalan lagi mungkin 60-90rb lagi karena emisi segede gitu keluar dari manufacturing batrenya dan kayak duo mobil saya dua2xnya baru 90.000km dalam waktu ampir 10thn berarti sejauh ini mobil saya statusnya masih ramah lingkungan itu dengan mesin V8 4silinder di 1500 bensin 4 silinder 2.5 turbodiesel yang study volvo mereka pake mesin V6 basednya :wkkk:

saya ini jualan mobil loh mayoritas mobil 10thn itu kilometer baru 100rban kecil bahkan banyak yang masih 70-90rb :big_biglaugh:

jd mereka maksa EV padahal gak bisa di pukul rata semua lebih baik pake EV, ev itu lebih bagus buat transport yang jalannya banyak macem taxi angkutan travel dan logistik jatohnya akan lebih murah tapi ya itu balik lagi kalo gak keberatan sama charging time yang lama :big_bored:
gw makanya suka satir, mobil yang green itu aventador warna ijo :big_biglaugh:

itu rumbling V12 kalo cuma dinyalain sabtu-minggu di track doang kan gak merusak bumi :mky_03: maka nya pabrik supercar itu pada protes, pada nyadar kok big gas guzzling V12 nya cuma nyala di akhir pekan tp mereka ikut kena strict emission regulation sampe aston minta toyota bikinin cygnet.

pdhl sehari keliaran di jalan aston itungan jari, toyota corolla berapa biji :mky_03:

1 rumah tinggal 1 orang punya 10 gas guzzling V8 yang dipake cuma occasional tetep lebih "ijo" daripada 4 orang punya 4 mobil listrik. 1 orang kan gak mungkin nyetir 10 mobil sekaligus :big_biglaugh:

problemnya bukan di mobil apa yang dipake, tapi berapa orang yang pake mobil. jaman dulu masih karbu mesin bagong 8000cc cuma 100hp ya gak ribut emisi wong yang pake mobil dikit.

sbenernya selama populasi manusia masih banyak ya emisi akan berkutat di situ-situ aja :mky_03: bayangin berapa emisi dari pakaian, makanan, air bersih, kesehatan, tempat tinggal. belum yang sekunder macem internet dan kendaraan. kotoran sapi sama kuda aja emisinya sama kayak mobil bensin, not mentioning kita napas jg hasilin CO2 :big_biglaugh:
yg lebih lawak lagi tuh para aktivis yg ud kena greenwash

pada protes harus ban kilang minyak

mobil di pameran dirusak, diler dicorat coret warna. sok segala nempelin tangan pake lem

padahal yg dirusak itu justru mobil yg paling jarang dipake lho

emg dia kira minyak dipake cuma buat bensin doank

pabrikan aja pada bilangnya carbon-neutral kok, bukan zero-carbon

Image
Image
Image
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1620
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by darrelund »

yaseinotulip wrote: Sat Nov 12, 2022 12:43 Ini Toyota plg jg test market doang.. mumpung ada acara G20 kan dtg in mobil, di daftarkan ke Polda, ya sekalian jualan..
Diskusi 4 halaman masalah green nya, polusi manufakturing nya, emisi nya tp bkn bahas mobil nya.. wkwk

Padal ya bagus dong Toyota mau bagi mobil listrik ke sini… yg mau beli tinggal beli..
Bagus jg kan menambah ragam mobil dijalan.. ga bosen ya dijalan liat nya agya ayla brio calya sigra Avanza xpander HRV reborn?
ya org kan beli merk tsb karena peace of mind make nya

mau dibilang bosen sih iya, tapi yah ttp aja di garasi oe ada kebo toyota :big_biglaugh:

kalo merk yg laen diniatkan jualannya mungkin variasi mobilnya lebih bagus

mau sebagus apapun klo ndak bisa yakinin masyarakat ttp sulitttt
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15529
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by ChZ »

yaseinotulip wrote: Sat Nov 12, 2022 12:43 Ini Toyota plg jg test market doang.. mumpung ada acara G20 kan dtg in mobil, di daftarkan ke Polda, ya sekalian jualan..
Diskusi 4 halaman masalah green nya, polusi manufakturing nya, emisi nya tp bkn bahas mobil nya.. wkwk

Padal ya bagus dong Toyota mau bagi mobil listrik ke sini… yg mau beli tinggal beli..
Bagus jg kan menambah ragam mobil dijalan.. ga bosen ya dijalan liat nya agya ayla brio calya sigra Avanza xpander HRV reborn?
Ya karena belom ada yang beli om didiskusiin :big_bored: coba sini mana yang udah beli di review.

Ngapain bosen om mobil volume maker ya udah kodratnya laku bak kacang goreng :mky_03: ada mobil ini 1, tetep di jalan yang 99% sering diliat ya mobil2 itu.
b0ku wrote: Sat Nov 12, 2022 8:37 malah kata hammond aston itu emisinya bisa lebih rendah dari laptop sama hp saking jarang keluarnya :wkkk:

lagian mobil tua itu emisi produksinya ud dari masa lalu emang sebenernya disarankan jgn beli mobil baru kok ini malah suruh semua ganti EV emang dasarnya aja otaknya pada mau nyari duit bukan buat ramah lingkungan :wkkk:

nah itu om kayak ternak sapi juga nyumbang emisi dari kentut sama kotorannya :big_biglaugh:

emang ud semestinya polusinya kita handle sendiri dengan cara di sedot balik :mky_03:

kalo emang peduli ya bikin aja tuh carbon capture tech banyak2x toh juga bisa ngasilin partikel buat bikin E-FUEL :big_bored:
Supercar itu orang jg pakenya lama lama gak disposable macem mobil biasa :mky_03: klo liat di kolektor2 punya 20 ferrari di basementnya dari taun 70an sampe terbaru semua beli dari baru. kurang sustainable apa :mky_03:

Klo cara pake mobilnya disposable ev sih nambah masalah wong naturnya lebih disposable :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15529
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by ChZ »

darrelund wrote: Sat Nov 12, 2022 18:40 yg lebih lawak lagi tuh para aktivis yg ud kena greenwash

pada protes harus ban kilang minyak

mobil di pameran dirusak, diler dicorat coret warna. sok segala nempelin tangan pake lem

padahal yg dirusak itu justru mobil yg paling jarang dipake lho

emg dia kira minyak dipake cuma buat bensin doank

pabrikan aja pada bilangnya carbon-neutral kok, bukan zero-carbon
Kenapa protesnya gak sambil telanjang aja itu baju ama kain buat protes belum tintanya pake oil gak :big_biglaugh:

Ya gitulah, kadang activist jg ada bekingan dibayar jg sama pihak tertentu gw yakin itu semua orchestrated kalo gak kenapa tiba tiba ngerusak sana sini :mky_03:

Apa efek stress kali yah krisis energi di europ :mky_03:
loid wrote: Sat Nov 12, 2022 9:56 - Transportasi umum dgn sarana dan prasarana yg memadai setidaknya di kota2 besar metropolitan, termasuk perombakan tata kota yg lebih walkable
- WFA/WFH untuk sektor non esensial, pernah diterapkan pada awal pandemi dan berdampak positif dlm mengurangi emisi
- KB, kebijakan pengendalian populasi yg lumayan berhasil pada era orba dlu tapi sayangnya ga kedengeran lg gaungnya di masa skrng
Yoi om kalo bilang susah yah kita kan gaji mereka buat itu :big_biglaugh: masa kita jg yang mikir solusinya terus mereka come up cuma "ban ICE thn sekian" itu bukan solusi itu mah males mikir namanya :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sun Nov 13, 2022 1:37 Supercar itu orang jg pakenya lama lama gak disposable macem mobil biasa :mky_03: klo liat di kolektor2 punya 20 ferrari di basementnya dari taun 70an sampe terbaru semua beli dari baru. kurang sustainable apa :mky_03:

Klo cara pake mobilnya disposable ev sih nambah masalah wong naturnya lebih disposable :big_bored:
nah saya belakangan penasaran sama RIMAC itu ntar kalo batrenya jebol keknya calon dibuang sama ownernya gila mobil kek gitu kena batre mau berapa duit terus di perthanin valuenya apa??? soalnya pasti rimac keluarin yang baru dengan tech lebih bagus mendingan beli yang baru :wkkk:

beda sama sama hypercar pure combustion kadang yang beli itu invest juga apalagi di seri2x limited macem pagani itu mereka simpen garasi 5-10thn masuk auction cuannya milyaran makannya di indonesia makin banyak mobil aneh di jalan mereka belom tentu beli buat dinikmatin juga bisa jadi investasi sekalian cuci uang kotor :big_biglaugh:
ChZ wrote: Sun Nov 13, 2022 1:46
Kenapa protesnya gak sambil telanjang aja itu baju ama kain buat protes belum tintanya pake oil gak :big_biglaugh:

Ya gitulah, kadang activist jg ada bekingan dibayar jg sama pihak tertentu gw yakin itu semua orchestrated kalo gak kenapa tiba tiba ngerusak sana sini :mky_03:

Apa efek stress kali yah krisis energi di europ :mky_03:


Yoi om kalo bilang susah yah kita kan gaji mereka buat itu :big_biglaugh: masa kita jg yang mikir solusinya terus mereka come up cuma "ban ICE thn sekian" itu bukan solusi itu mah males mikir namanya :big_bored:
mereka protes minyak tapi gak protest sama tambang batre yang juga ngerusak :big_bored:

trus kalo urusan emisi carbon juga mendingan protest di showroom mobil ev manufacturing carbon mereka juga lebih tinggi :big_bored:

Image

Image

:wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk:
Last edited by b0ku on Sun Nov 13, 2022 2:10, edited 1 time in total.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by Bibieight »

ChZ wrote: Sun Nov 13, 2022 1:46
darrelund wrote: Sat Nov 12, 2022 18:40 yg lebih lawak lagi tuh para aktivis yg ud kena greenwash

pada protes harus ban kilang minyak

mobil di pameran dirusak, diler dicorat coret warna. sok segala nempelin tangan pake lem

padahal yg dirusak itu justru mobil yg paling jarang dipake lho

emg dia kira minyak dipake cuma buat bensin doank

pabrikan aja pada bilangnya carbon-neutral kok, bukan zero-carbon
Kenapa protesnya gak sambil telanjang aja itu baju ama kain buat protes belum tintanya pake oil gak :big_biglaugh:

Ya gitulah, kadang activist jg ada bekingan dibayar jg sama pihak tertentu gw yakin itu semua orchestrated kalo gak kenapa tiba tiba ngerusak sana sini :mky_03:

Apa efek stress kali yah krisis energi di europ :mky_03:
loid wrote: Sat Nov 12, 2022 9:56 - Transportasi umum dgn sarana dan prasarana yg memadai setidaknya di kota2 besar metropolitan, termasuk perombakan tata kota yg lebih walkable
- WFA/WFH untuk sektor non esensial, pernah diterapkan pada awal pandemi dan berdampak positif dlm mengurangi emisi
- KB, kebijakan pengendalian populasi yg lumayan berhasil pada era orba dlu tapi sayangnya ga kedengeran lg gaungnya di masa skrng
Yoi om kalo bilang susah yah kita kan gaji mereka buat itu :big_biglaugh: masa kita jg yang mikir solusinya terus mereka come up cuma "ban ICE thn sekian" itu bukan solusi itu mah males mikir namanya :big_bored:
Nah yg bikin adopsi EV susah kan gara2 aktivis edan macem gini, hal2 ini kan jadi malah bikin kubu sana atau kubu sini, geger kalo di US MAGA vs WOKE. Untung lho KTT G20 disini, https://www.cnnindonesia.com/nasional/2 ... selama-g20 , kaum edan itu akhirnya ketemu batunya, disana mana ada namanya Banser :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .....
Sama satu lagi, paklik Musk edan itu, dia pompom EV kan benernya bukan EVnya tapi saham Teslanya, kayaknya si buat dia sebodosetan adopsi EV yg penting saham Tesla jozzz, bisa buat bikin huru-hara, salah satunya akuisisi Twitter, masalahnya banyak orang kemakan EV = Tesla, padahal salah besaaaaar itu...

Balik topik, ini BZ4X kan gardan depan ya, ada gak sih mobil ICE gardan depan torsi segitu (265 nm) ?, soalnya sy pake I5 (350 nm) , pasang sport mode, kalo bejek dalem itu kayak roda belakang mau ndahuluin roda depan, sy yakin traction control dah maksa main disini (mantep sih, palagi kalo dipake nyelip 2 kontener sekaligus di tanjakan Secang). Nah kalo gardan depan keluar torsi segitu apa ndak mlintir abis ya ?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sun Nov 13, 2022 2:06
Nah yg bikin adopsi EV susah kan gara2 aktivis edan macem gini, hal2 ini kan jadi malah bikin kubu sana atau kubu sini, geger kalo di US MAGA vs WOKE. Untung lho KTT G20 disini, https://www.cnnindonesia.com/nasional/2 ... selama-g20 , kaum edan itu akhirnya ketemu batunya, disana mana ada namanya Banser :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .....
Sama satu lagi, paklik Musk edan itu, dia pompom EV kan benernya bukan EVnya tapi saham Teslanya, kayaknya si buat dia sebodosetan adopsi EV yg penting saham Tesla jozzz, bisa buat bikin huru-hara, salah satunya akuisisi Twitter, masalahnya banyak orang kemakan EV = Tesla, padahal salah besaaaaar itu...

Balik topik, ini BZ4X kan gardan depan ya, ada gak sih mobil ICE gardan depan torsi segitu (265 nm) ?, soalnya sy pake I5 (350 nm) , pasang sport mode, kalo bejek dalem itu kayak roda belakang mau ndahuluin roda depan, sy yakin traction control dah maksa main disini (mantep sih, palagi kalo dipake nyelip 2 kontener sekaligus di tanjakan Secang). Nah kalo gardan depan keluar torsi segitu apa ndak mlintir abis ya ?
jgn lupa fanboynya tesla toxic abis ini yang bikin orang2x balik nyerang ke EV coba adopsinya senyap2x anggep aja its just another drivetrain fanboynya kalem gak bawa2x ini itu pasti haternya dikit :big_biglaugh:

faktor fanboy sendiri ditambah elonnya juga katro bikin orang makin jijik liat aja berapa banyak yang hujat EV belom lahir, doge charger EV itu belom apa2x ud di hujat2x satu amerika dan ironisnya yang ngehujat juga fansnya MOPAR :wkkk:

ditambah ford yang dihujat2x karena jualan ev malah ngeluarin mustang V8 sampe 2 line up makin ketar ketir si dodge kena zonk :wkkk:

iya kok malah FWD ya kirain AWD :big_think:

nungguin soltera aja lah jgn2x lebih murah dan AWD :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15529
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by ChZ »

b0ku wrote: Sun Nov 13, 2022 1:55 nah saya belakangan penasaran sama RIMAC itu ntar kalo batrenya jebol keknya calon dibuang sama ownernya gila mobil kek gitu kena batre mau berapa duit terus di perthanin valuenya apa??? soalnya pasti rimac keluarin yang baru dengan tech lebih bagus mendingan beli yang baru :wkkk:

beda sama sama hypercar pure combustion kadang yang beli itu invest juga apalagi di seri2x limited macem pagani itu mereka simpen garasi 5-10thn masuk auction cuannya milyaran makannya di indonesia makin banyak mobil aneh di jalan mereka belom tentu beli buat dinikmatin juga bisa jadi investasi sekalian cuci uang kotor :big_biglaugh:

mereka protes minyak tapi gak protest sama tambang batre yang juga ngerusak :big_bored:

trus kalo urusan emisi carbon juga mendingan protest di showroom mobil ev manufacturing carbon mereka juga lebih tinggi :big_bored:

:wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk:
Ane jg kadang bingung liat ferrari dino laku jutaan dolar duit hasil apaan tuh :big_biglaugh:

EV susah jadi antik kecuali powertrainnya di swap ke model baru tp itupun valuenya bakal turun, di luar kolektor antik mah makin original makin sedep harganya.

Jgn2 aktivis2 itu funded sama coal company :mky_03: udah sering tuh dibahas perush macem shell bayarin kampanye anti plastik buat greenwash pdhl nuang minyak terosss ke laut lepas
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15529
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by ChZ »

Bibieight wrote: Sun Nov 13, 2022 2:06 Nah yg bikin adopsi EV susah kan gara2 aktivis edan macem gini, hal2 ini kan jadi malah bikin kubu sana atau kubu sini, geger kalo di US MAGA vs WOKE. Untung lho KTT G20 disini, https://www.cnnindonesia.com/nasional/2 ... selama-g20 , kaum edan itu akhirnya ketemu batunya, disana mana ada namanya Banser :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .....
Sama satu lagi, paklik Musk edan itu, dia pompom EV kan benernya bukan EVnya tapi saham Teslanya, kayaknya si buat dia sebodosetan adopsi EV yg penting saham Tesla jozzz, bisa buat bikin huru-hara, salah satunya akuisisi Twitter, masalahnya banyak orang kemakan EV = Tesla, padahal salah besaaaaar itu...

Balik topik, ini BZ4X kan gardan depan ya, ada gak sih mobil ICE gardan depan torsi segitu (265 nm) ?, soalnya sy pake I5 (350 nm) , pasang sport mode, kalo bejek dalem itu kayak roda belakang mau ndahuluin roda depan, sy yakin traction control dah maksa main disini (mantep sih, palagi kalo dipake nyelip 2 kontener sekaligus di tanjakan Secang). Nah kalo gardan depan keluar torsi segitu apa ndak mlintir abis ya ?
Naaaaah ini poin pentingnya om. Banyak orang ngira ev = tesla = elon. Pdhl elon cuma peduli kantongnya sendiri :mky_03: buat muter uang di project2 lain spaceX dll.

Mobil ice gardan depan torsi 400 sekarang ada sih itu hothatch2 pada 400Nm civic FK8 makanya start nya susah :big_biglaugh: pdhl ban udah 20inch tipis, suspensi udah khusus didesain beda.

Ane bawa civic biasa aja udah remap 270nm mau nyalip belakangan rasanya torque steer melulu rada serem jg apalagi electric :big_chicken:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sun Nov 13, 2022 2:53 Ane jg kadang bingung liat ferrari dino laku jutaan dolar duit hasil apaan tuh :big_biglaugh:

EV susah jadi antik kecuali powertrainnya di swap ke model baru tp itupun valuenya bakal turun, di luar kolektor antik mah makin original makin sedep harganya.

Jgn2 aktivis2 itu funded sama coal company :mky_03: udah sering tuh dibahas perush macem shell bayarin kampanye anti plastik buat greenwash pdhl nuang minyak terosss ke laut lepas
kadang buat nyuci duit kotor juga om di luar negri juga banyak mafia :big_biglaugh:

logikanya gini saya punya uang kotor 20m beli mobil 19m jual lagi kalo itung jelek balik 15m itu duit 15m ud bersih bebas di pake kan sekalian di nikmatin toh duitnya juga duit haram ini :big_biglaugh:

at least ini yang saya denger dari pasar seni keliatannya market mobil juga gak jauh beda :mky_03: