Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5794
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by sintoni »

Update:

Setelah beberapa minggu lalu coba pake aditif CVT sesikit membantu, hari ini ane coba tap oli CVT sendiri.

Ane dongkrak sedikit bagian ban depan kiri biar keluar lebih banyak.

Keluar 4.3 liter (beberapa minggu lalu ada tambahin aditif 200ML)

Lumayan jelek sih sudah olinya, padahal baru flushing di BeRes April 2022 baru jalan belasan ribu kilo doang.

Pengganti pake si Repsol.

Lumayan kurang lg jedugnya.

Mimggu depan mau tap refill lagi + sekalian ganti filter CVT + kasi aditif lagi.

Nanti minggu depan ane update lagi.

Image
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1991
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: 05 Jun 2024, 12:38 Update:

Setelah beberapa minggu lalu coba pake aditif CVT sesikit membantu, hari ini ane coba tap oli CVT sendiri.

Ane dongkrak sedikit bagian ban depan kiri biar keluar lebih banyak.

Keluar 4.3 liter (beberapa minggu lalu ada tambahin aditif 200ML)

Lumayan jelek sih sudah olinya, padahal baru flushing di BeRes April 2022 baru jalan belasan ribu kilo doang.

Pengganti pake si Repsol.

Lumayan kurang lg jedugnya.

Mimggu depan mau tap refill lagi + sekalian ganti filter CVT + kasi aditif lagi.

Nanti minggu depan ane update lagi.

Image
Ada gram gram besi?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2714
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by farizfsa »

sintoni wrote: 05 Jun 2024, 12:38 Update:

Setelah beberapa minggu lalu coba pake aditif CVT sesikit membantu, hari ini ane coba tap oli CVT sendiri.

Ane dongkrak sedikit bagian ban depan kiri biar keluar lebih banyak.

Keluar 4.3 liter (beberapa minggu lalu ada tambahin aditif 200ML)

Lumayan jelek sih sudah olinya, padahal baru flushing di BeRes April 2022 baru jalan belasan ribu kilo doang.

Pengganti pake si Repsol.

Lumayan kurang lg jedugnya.

Mimggu depan mau tap refill lagi + sekalian ganti filter CVT + kasi aditif lagi.

Nanti minggu depan ane update lagi.

Image
sy jg mau kuras oli cvt, mungkin harus model tap gini kali ya biar aman sil2 nya. xtrail 2.5 sy udh 160rban km, udh mulai sedikit2 jedug. tp blm tau mau make apa oli cvt nya.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 797
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by Kaleng »

sintoni wrote: 05 Jun 2024, 12:38 Update:

Setelah beberapa minggu lalu coba pake aditif CVT sesikit membantu, hari ini ane coba tap oli CVT sendiri.

Ane dongkrak sedikit bagian ban depan kiri biar keluar lebih banyak.

Keluar 4.3 liter (beberapa minggu lalu ada tambahin aditif 200ML)

Lumayan jelek sih sudah olinya, padahal baru flushing di BeRes April 2022 baru jalan belasan ribu kilo doang.

Pengganti pake si Repsol.

Lumayan kurang lg jedugnya.

Mimggu depan mau tap refill lagi + sekalian ganti filter CVT + kasi aditif lagi.

Nanti minggu depan ane update lagi.

Image
oli cvt barunya warna apa om?
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 606
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by Greenhunter »

sintoni wrote: 05 Jun 2024, 12:38 Update:

Setelah beberapa minggu lalu coba pake aditif CVT sesikit membantu, hari ini ane coba tap oli CVT sendiri.
Ane dongkrak sedikit bagian ban depan kiri biar keluar lebih banyak.
Keluar 4.3 liter (beberapa minggu lalu ada tambahin aditif 200ML)
Lumayan jelek sih sudah olinya, padahal baru flushing di BeRes April 2022 baru jalan belasan ribu kilo doang.
Pengganti pake si Repsol.
Lumayan kurang lg jedugnya.
Mimggu depan mau tap refill lagi + sekalian ganti filter CVT + kasi aditif lagi.
Nanti minggu depan ane update lagi.
Image
bang Sintoni nurutin saran kaum mendang mending. kalau ikut aliran lainnya kan langsung turun itu girbox matic, bersihin bodi valve, dll.
Tidak selamanya kaum mendang mending itu salah, ada kalanya mereka beruntung.
paling tidak sudah ada 3 kasus kaum mendang mending yang beruntung,
1. temen saya mobilnya Livina Xgear yang lama, matic jeduk dan delay sembuh dengan minum additif 150rb
2. user toyota rush, viewtopic.php?p=1288239#p1288239 dia pakai aditif 2 botol dan sembuh juga, obatnya 200rb
3. Om Sintoni, berkurang banyak jedugnya, semoga bisa bener bener sembuh total DC 200rb
turun matic kisaran 8 juta, beli additif matic 200rb. Mending 200rb buat beli additif drprd mending mending keluar duit 8 juta.
makasih om Sintoni sdh berbagi pengalaman solusi buat kaum mendang mending.

mending kejar ayam ini, bisa ketangkep nggak ? :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1565
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by MSU »

Greenhunter wrote: 05 Jun 2024, 13:58
sintoni wrote: 05 Jun 2024, 12:38 Update:

Setelah beberapa minggu lalu coba pake aditif CVT sesikit membantu, hari ini ane coba tap oli CVT sendiri.
Ane dongkrak sedikit bagian ban depan kiri biar keluar lebih banyak.
Keluar 4.3 liter (beberapa minggu lalu ada tambahin aditif 200ML)
Lumayan jelek sih sudah olinya, padahal baru flushing di BeRes April 2022 baru jalan belasan ribu kilo doang.
Pengganti pake si Repsol.
Lumayan kurang lg jedugnya.
Mimggu depan mau tap refill lagi + sekalian ganti filter CVT + kasi aditif lagi.
Nanti minggu depan ane update lagi.
Image
bang Sintoni nurutin saran kaum mendang mending. kalau ikut aliran lainnya kan langsung turun itu girbox matic, bersihin bodi valve, dll.
Tidak selamanya kaum mendang mending itu salah, ada kalanya mereka beruntung.
paling tidak sudah ada 3 kasus kaum mendang mending yang beruntung,
1. temen saya mobilnya Livina Xgear yang lama, matic jeduk dan delay sembuh dengan minum additif 150rb
2. user toyota rush, viewtopic.php?p=1288239#p1288239 dia pakai aditif 2 botol dan sembuh juga, obatnya 200rb
3. Om Sintoni, berkurang banyak jedugnya, semoga bisa bener bener sembuh total DC 200rb
turun matic kisaran 8 juta, beli additif matic 200rb. Mending 200rb buat beli additif drprd mending mending keluar duit 8 juta.
makasih om Sintoni sdh berbagi pengalaman solusi buat kaum mendang mending.

mending kejar ayam ini, bisa ketangkep nggak ? :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
kalo utk saya misal udh error begini mending sekalian eksperimen...sembuh ya syukur...ga sembuh ya udh anggep memang udh saatnya O/H
udh bbrp kali sy pake produk beginian di mobil tua...kayak radiator sealer, matic trans sealer, sampe evap sealer :big_peace:
alesannya cuma 1 sebetulnya...iseng coba2 & males ke bengkel
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5794
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by sintoni »

sahabatq8 wrote: 05 Jun 2024, 13:04 Ada gram gram besi?
Rasanya ada sih om sedikit, tapi bener2 alus sih kayak serbuk gitu, apa mungkin wajar metal wearnya ya.
farizfsa wrote: 05 Jun 2024, 13:28 sy jg mau kuras oli cvt, mungkin harus model tap gini kali ya biar aman sil2 nya. xtrail 2.5 sy udh 160rban km, udh mulai sedikit2 jedug. tp blm tau mau make apa oli cvt nya.
Sikat om Fariz, ane jg emang sengaja tap refill 2x ini nanti, takut kalau pake mesin malah kotorannya keangkat nyangkut di sistem tambah ngeri. Jeduk pas gimana om? Pas kick down kah?
Kaleng wrote: 05 Jun 2024, 13:29 oli cvt barunya warna apa om?
Si Rep*ol warna merah om.
Greenhunter wrote: 05 Jun 2024, 13:58
Benerimnya bukan 8 juta om, tapi dikali 2-3x bisa2. Haha.
Iye om, kemaren sempet pake si G* M*xpro 2 botol lumayan membantu sih. Nanti mungkin abis tap refill oli CVT lg minggu depan rasanya mau tuang 1-2 botol lg. Temen om jg pake merk itu kan?
MSU wrote: 05 Jun 2024, 14:15
Iye om, ane jg males bayar puluhan juta ya sudah coba2 pake aditif + tap refill pake oli merk lain, eh lumayan membantu loh. Mobil mau dipake sampe bener2 rusak aja lah, mau dijual jg males. Haha.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 606
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by Greenhunter »

sintoni wrote: 05 Jun 2024, 19:47
Benerimnya bukan 8 juta om, tapi dikali 2-3x bisa2. Haha.
Iye om, kemaren sempet pake si G* M*xpro 2 botol lumayan membantu sih. Nanti mungkin abis tap refill oli CVT lg minggu depan rasanya mau tuang 1-2 botol lg. Temen om jg pake merk itu kan?

Iya, pakai merk yang sama dengan bang Sintoni pakai, G* M@xpr, tapi dia beli dibengkel jadi lebih mahal 50rb per botolnya.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2714
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by farizfsa »

sintoni wrote: 05 Jun 2024, 19:47
sahabatq8 wrote: 05 Jun 2024, 13:04 Ada gram gram besi?
Rasanya ada sih om sedikit, tapi bener2 alus sih kayak serbuk gitu, apa mungkin wajar metal wearnya ya.
farizfsa wrote: 05 Jun 2024, 13:28 sy jg mau kuras oli cvt, mungkin harus model tap gini kali ya biar aman sil2 nya. xtrail 2.5 sy udh 160rban km, udh mulai sedikit2 jedug. tp blm tau mau make apa oli cvt nya.
Sikat om Fariz, ane jg emang sengaja tap refill 2x ini nanti, takut kalau pake mesin malah kotorannya keangkat nyangkut di sistem tambah ngeri. Jeduk pas gimana om? Pas kick down kah?
Kaleng wrote: 05 Jun 2024, 13:29 oli cvt barunya warna apa om?
Si Rep*ol warna merah om.
Greenhunter wrote: 05 Jun 2024, 13:58
Benerimnya bukan 8 juta om, tapi dikali 2-3x bisa2. Haha.
Iye om, kemaren sempet pake si G* M*xpro 2 botol lumayan membantu sih. Nanti mungkin abis tap refill oli CVT lg minggu depan rasanya mau tuang 1-2 botol lg. Temen om jg pake merk itu kan?
MSU wrote: 05 Jun 2024, 14:15
Iye om, ane jg males bayar puluhan juta ya sudah coba2 pake aditif + tap refill pake oli merk lain, eh lumayan membantu loh. Mobil mau dipake sampe bener2 rusak aja lah, mau dijual jg males. Haha.
ane jeduknya pas mbl udah jalan, misalkan udh gas nih pas kecepatan 20-30 jedug abis itu halus lg. semoga ganti oli cvt dan filternya hilang sih. kalo dl sempet geter2 cvt di alphard ganti pake oli cvt amsoil mahal aja ga bantu, itu malah saya tune up stinger penyakit malah ilang haha padahal ga ada korelasi sm cvt.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1991
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by sahabatq8 »

farizfsa wrote: 10 Jun 2024, 11:16
sintoni wrote: 05 Jun 2024, 19:47
sahabatq8 wrote: 05 Jun 2024, 13:04 Ada gram gram besi?
Rasanya ada sih om sedikit, tapi bener2 alus sih kayak serbuk gitu, apa mungkin wajar metal wearnya ya.
farizfsa wrote: 05 Jun 2024, 13:28 sy jg mau kuras oli cvt, mungkin harus model tap gini kali ya biar aman sil2 nya. xtrail 2.5 sy udh 160rban km, udh mulai sedikit2 jedug. tp blm tau mau make apa oli cvt nya.
Sikat om Fariz, ane jg emang sengaja tap refill 2x ini nanti, takut kalau pake mesin malah kotorannya keangkat nyangkut di sistem tambah ngeri. Jeduk pas gimana om? Pas kick down kah?
Kaleng wrote: 05 Jun 2024, 13:29 oli cvt barunya warna apa om?
Si Rep*ol warna merah om.
Greenhunter wrote: 05 Jun 2024, 13:58
Benerimnya bukan 8 juta om, tapi dikali 2-3x bisa2. Haha.
Iye om, kemaren sempet pake si G* M*xpro 2 botol lumayan membantu sih. Nanti mungkin abis tap refill oli CVT lg minggu depan rasanya mau tuang 1-2 botol lg. Temen om jg pake merk itu kan?
MSU wrote: 05 Jun 2024, 14:15
Iye om, ane jg males bayar puluhan juta ya sudah coba2 pake aditif + tap refill pake oli merk lain, eh lumayan membantu loh. Mobil mau dipake sampe bener2 rusak aja lah, mau dijual jg males. Haha.
ane jeduknya pas mbl udah jalan, misalkan udh gas nih pas kecepatan 20-30 jedug abis itu halus lg. semoga ganti oli cvt dan filternya hilang sih. kalo dl sempet geter2 cvt di alphard ganti pake oli cvt amsoil mahal aja ga bantu, itu malah saya tune up stinger penyakit malah ilang haha padahal ga ada korelasi sm cvt.
Brati alphard geter itu dari mesinnya dong ya? Stinger kan kyk cuci ruang oli pake oli khusus gitu kan di sirkulasi.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2714
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by farizfsa »

sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 11:24
farizfsa wrote: 10 Jun 2024, 11:16
sintoni wrote: 05 Jun 2024, 19:47

Rasanya ada sih om sedikit, tapi bener2 alus sih kayak serbuk gitu, apa mungkin wajar metal wearnya ya.



Sikat om Fariz, ane jg emang sengaja tap refill 2x ini nanti, takut kalau pake mesin malah kotorannya keangkat nyangkut di sistem tambah ngeri. Jeduk pas gimana om? Pas kick down kah?



Si Rep*ol warna merah om.



Benerimnya bukan 8 juta om, tapi dikali 2-3x bisa2. Haha.
Iye om, kemaren sempet pake si G* M*xpro 2 botol lumayan membantu sih. Nanti mungkin abis tap refill oli CVT lg minggu depan rasanya mau tuang 1-2 botol lg. Temen om jg pake merk itu kan?



Iye om, ane jg males bayar puluhan juta ya sudah coba2 pake aditif + tap refill pake oli merk lain, eh lumayan membantu loh. Mobil mau dipake sampe bener2 rusak aja lah, mau dijual jg males. Haha.
ane jeduknya pas mbl udah jalan, misalkan udh gas nih pas kecepatan 20-30 jedug abis itu halus lg. semoga ganti oli cvt dan filternya hilang sih. kalo dl sempet geter2 cvt di alphard ganti pake oli cvt amsoil mahal aja ga bantu, itu malah saya tune up stinger penyakit malah ilang haha padahal ga ada korelasi sm cvt.
Brati alphard geter itu dari mesinnya dong ya? Stinger kan kyk cuci ruang oli pake oli khusus gitu kan di sirkulasi.
bener, tp biasanya kmrn si alphard itu dia jedug jg transmisi kalo lepas gas lg jalan dan suka geter kalo nanjak dr posisi berhenti.

pertama syaa pake ganti pake oli cvt amsoil (ga full cm yg di carter), masih geter tp mendingan. akhirnya sy flushing aja itu pake oli cvt aisin biasa, masih geter tp mendingan, udh liat kiri kanan overhaul cvt ya bisa 35jtan hahaha. iseng sy di bengkel langganan mersih ditawarin test stinger dia punya, lah itu geter malah beres, ga ngerti jg ane hahaa. skrg alphard nya udh 210rb km cvt masih halus.

mungkin abis ganti oli cvt xtrail mau ane cb stinger jg
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1991
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by sahabatq8 »

farizfsa wrote: 10 Jun 2024, 11:29
sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 11:24
farizfsa wrote: 10 Jun 2024, 11:16

ane jeduknya pas mbl udah jalan, misalkan udh gas nih pas kecepatan 20-30 jedug abis itu halus lg. semoga ganti oli cvt dan filternya hilang sih. kalo dl sempet geter2 cvt di alphard ganti pake oli cvt amsoil mahal aja ga bantu, itu malah saya tune up stinger penyakit malah ilang haha padahal ga ada korelasi sm cvt.
Brati alphard geter itu dari mesinnya dong ya? Stinger kan kyk cuci ruang oli pake oli khusus gitu kan di sirkulasi.
bener, tp biasanya kmrn si alphard itu dia jedug jg transmisi kalo lepas gas lg jalan dan suka geter kalo nanjak dr posisi berhenti.

pertama syaa pake ganti pake oli cvt amsoil (ga full cm yg di carter), masih geter tp mendingan. akhirnya sy flushing aja itu pake oli cvt aisin biasa, masih geter tp mendingan, udh liat kiri kanan overhaul cvt ya bisa 35jtan hahaha. iseng sy di bengkel langganan mersih ditawarin test stinger dia punya, lah itu geter malah beres, ga ngerti jg ane hahaa. skrg alphard nya udh 210rb km cvt masih halus.

mungkin abis ganti oli cvt xtrail mau ane cb stinger jg
Pas lepas gas, jedugnya kyk engine brake gitu ya. Btw mungkin bisa di coba juga, kalibrasi cvtnya pake scanner . Katanya kalo ganti aki kadang jadi perlu kalibrasi ulang
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5794
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by sintoni »

sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 12:59 Pas lepas gas, jedugnya kyk engine brake gitu ya. Btw mungkin bisa di coba juga, kalibrasi cvtnya pake scanner . Katanya kalo ganti aki kadang jadi perlu kalibrasi ulang
Itu rekalibrasi harus di BeRes kah om?

Om pernah kalibrasi ini hasilnya gimana? Beneran bantu kah?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1991
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: 10 Jun 2024, 13:22
sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 12:59 Pas lepas gas, jedugnya kyk engine brake gitu ya. Btw mungkin bisa di coba juga, kalibrasi cvtnya pake scanner . Katanya kalo ganti aki kadang jadi perlu kalibrasi ulang
Itu rekalibrasi harus di BeRes kah om?

Om pernah kalibrasi ini hasilnya gimana? Beneran bantu kah?
Ini buat alphard ya, membantu sedikit sih om. Tapi kyknya beberapa bulan kemudian gitu lagi.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1565
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by MSU »

sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 12:59
farizfsa wrote: 10 Jun 2024, 11:29
sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 11:24
Brati alphard geter itu dari mesinnya dong ya? Stinger kan kyk cuci ruang oli pake oli khusus gitu kan di sirkulasi.
bener, tp biasanya kmrn si alphard itu dia jedug jg transmisi kalo lepas gas lg jalan dan suka geter kalo nanjak dr posisi berhenti.

pertama syaa pake ganti pake oli cvt amsoil (ga full cm yg di carter), masih geter tp mendingan. akhirnya sy flushing aja itu pake oli cvt aisin biasa, masih geter tp mendingan, udh liat kiri kanan overhaul cvt ya bisa 35jtan hahaha. iseng sy di bengkel langganan mersih ditawarin test stinger dia punya, lah itu geter malah beres, ga ngerti jg ane hahaa. skrg alphard nya udh 210rb km cvt masih halus.

mungkin abis ganti oli cvt xtrail mau ane cb stinger jg
Pas lepas gas, jedugnya kyk engine brake gitu ya. Btw mungkin bisa di coba juga, kalibrasi cvtnya pake scanner . Katanya kalo ganti aki kadang jadi perlu kalibrasi ulang
oh cvt-nya bisa kalibrasi om?
utk avanza xenia apa jangan2 bisa kalibrasi jg ya? kadang kalo lepas gas suka engine brake rada kasar...
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1991
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by sahabatq8 »

MSU wrote: 10 Jun 2024, 14:05
sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 12:59
farizfsa wrote: 10 Jun 2024, 11:29

bener, tp biasanya kmrn si alphard itu dia jedug jg transmisi kalo lepas gas lg jalan dan suka geter kalo nanjak dr posisi berhenti.

pertama syaa pake ganti pake oli cvt amsoil (ga full cm yg di carter), masih geter tp mendingan. akhirnya sy flushing aja itu pake oli cvt aisin biasa, masih geter tp mendingan, udh liat kiri kanan overhaul cvt ya bisa 35jtan hahaha. iseng sy di bengkel langganan mersih ditawarin test stinger dia punya, lah itu geter malah beres, ga ngerti jg ane hahaa. skrg alphard nya udh 210rb km cvt masih halus.

mungkin abis ganti oli cvt xtrail mau ane cb stinger jg
Pas lepas gas, jedugnya kyk engine brake gitu ya. Btw mungkin bisa di coba juga, kalibrasi cvtnya pake scanner . Katanya kalo ganti aki kadang jadi perlu kalibrasi ulang
oh cvt-nya bisa kalibrasi om?
utk avanza xenia apa jangan2 bisa kalibrasi jg ya? kadang kalo lepas gas suka engine brake rada kasar...
Kurang tau saya, coba aja kalo ke bengkel yang punya scanner ada opsinya gak.

Kalo alphard saya perhatin dia cvtnya kyk bingung kalo rpm rendah trus lepas gas. Kyk rpmnya turunya cepet jadi berasa terlalu engine brake, trus pas gas lagi dia kyk ngelocknya terlalu mendadak sehingga kyk nyentak.

Kalo di tol anggep speed cruising 60-80km/h itu gak ada sama sekali issue ini.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1565
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by MSU »

sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 14:12
MSU wrote: 10 Jun 2024, 14:05
sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 12:59

Pas lepas gas, jedugnya kyk engine brake gitu ya. Btw mungkin bisa di coba juga, kalibrasi cvtnya pake scanner . Katanya kalo ganti aki kadang jadi perlu kalibrasi ulang
oh cvt-nya bisa kalibrasi om?
utk avanza xenia apa jangan2 bisa kalibrasi jg ya? kadang kalo lepas gas suka engine brake rada kasar...
Kurang tau saya, coba aja kalo ke bengkel yang punya scanner ada opsinya gak.

Kalo alphard saya perhatin dia cvtnya kyk bingung kalo rpm rendah trus lepas gas. Kyk rpmnya turunya cepet jadi berasa terlalu engine brake, trus pas gas lagi dia kyk ngelocknya terlalu mendadak sehingga kyk nyentak.

Kalo di tol anggep speed cruising 60-80km/h itu gak ada sama sekali issue ini.
nah mirip om...
kalo di avz cvt sy perhatikan ni rada aneh karakter cvt-nya
pas deselerasi speed rendah kadang tau2 kayak ngebrake sendiri jd kaget
pas akselerasi dari nol....ada feel dia gerung dulu, jalan...abis itu kayak masuk gigi 2 padahal cvt wkwk
pas nanjak...walau pedal gas udh diinjek rada dalam males downshift...injek gas rada dalem lg br pindah gigi & rpm naik...tp pas gas dikurangi & tanjakan selesai upshift telat
tapi kalo cuma jalan datar & lancar...enak sih...dia jaga di <1500rpm terus...ngeloyor
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10216
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by Suryaputra »

MSU wrote: 10 Jun 2024, 14:27
sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 14:12
MSU wrote: 10 Jun 2024, 14:05

oh cvt-nya bisa kalibrasi om?
utk avanza xenia apa jangan2 bisa kalibrasi jg ya? kadang kalo lepas gas suka engine brake rada kasar...
Kurang tau saya, coba aja kalo ke bengkel yang punya scanner ada opsinya gak.

Kalo alphard saya perhatin dia cvtnya kyk bingung kalo rpm rendah trus lepas gas. Kyk rpmnya turunya cepet jadi berasa terlalu engine brake, trus pas gas lagi dia kyk ngelocknya terlalu mendadak sehingga kyk nyentak.

Kalo di tol anggep speed cruising 60-80km/h itu gak ada sama sekali issue ini.
nah mirip om...
kalo di avz cvt sy perhatikan ni rada aneh karakter cvt-nya
pas deselerasi speed rendah kadang tau2 kayak ngebrake sendiri jd kaget
pas akselerasi dari nol....ada feel dia gerung dulu, jalan...abis itu kayak masuk gigi 2 padahal cvt wkwk
pas nanjak...walau pedal gas udh diinjek rada dalam males downshift...injek gas rada dalem lg br pindah gigi & rpm naik...tp pas gas dikurangi & tanjakan selesai upshift telat
tapi kalo cuma jalan datar & lancar...enak sih...dia jaga di <1500rpm terus...ngeloyor
tp gak sekasar org baru bljr nyetir mobil manual kan?

maybe.. emg gtu karakternya, untuk mencapai green fuel eco, kudu cepet lock upnya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1565
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by MSU »

Suryaputra wrote: 10 Jun 2024, 14:30
MSU wrote: 10 Jun 2024, 14:27
sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 14:12
Kurang tau saya, coba aja kalo ke bengkel yang punya scanner ada opsinya gak.

Kalo alphard saya perhatin dia cvtnya kyk bingung kalo rpm rendah trus lepas gas. Kyk rpmnya turunya cepet jadi berasa terlalu engine brake, trus pas gas lagi dia kyk ngelocknya terlalu mendadak sehingga kyk nyentak.

Kalo di tol anggep speed cruising 60-80km/h itu gak ada sama sekali issue ini.
nah mirip om...
kalo di avz cvt sy perhatikan ni rada aneh karakter cvt-nya
pas deselerasi speed rendah kadang tau2 kayak ngebrake sendiri jd kaget
pas akselerasi dari nol....ada feel dia gerung dulu, jalan...abis itu kayak masuk gigi 2 padahal cvt wkwk
pas nanjak...walau pedal gas udh diinjek rada dalam males downshift...injek gas rada dalem lg br pindah gigi & rpm naik...tp pas gas dikurangi & tanjakan selesai upshift telat
tapi kalo cuma jalan datar & lancar...enak sih...dia jaga di <1500rpm terus...ngeloyor
tp gak sekasar org baru bljr nyetir mobil manual kan?

maybe.. emg gtu karakternya, untuk mencapai green fuel eco, kudu cepet lock upnya :big_biglaugh:
ga sih om...cuma kadang tau2 ngagetin aja engine brake-nya...
inget2 dulu sering bawa jazz idsi temen alus cvt-nya :big_peace:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1991
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by sahabatq8 »

MSU wrote: 10 Jun 2024, 14:27
sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 14:12
MSU wrote: 10 Jun 2024, 14:05

oh cvt-nya bisa kalibrasi om?
utk avanza xenia apa jangan2 bisa kalibrasi jg ya? kadang kalo lepas gas suka engine brake rada kasar...
Kurang tau saya, coba aja kalo ke bengkel yang punya scanner ada opsinya gak.

Kalo alphard saya perhatin dia cvtnya kyk bingung kalo rpm rendah trus lepas gas. Kyk rpmnya turunya cepet jadi berasa terlalu engine brake, trus pas gas lagi dia kyk ngelocknya terlalu mendadak sehingga kyk nyentak.

Kalo di tol anggep speed cruising 60-80km/h itu gak ada sama sekali issue ini.
nah mirip om...
kalo di avz cvt sy perhatikan ni rada aneh karakter cvt-nya
pas deselerasi speed rendah kadang tau2 kayak ngebrake sendiri jd kaget
pas akselerasi dari nol....ada feel dia gerung dulu, jalan...abis itu kayak masuk gigi 2 padahal cvt wkwk
pas nanjak...walau pedal gas udh diinjek rada dalam males downshift...injek gas rada dalem lg br pindah gigi & rpm naik...tp pas gas dikurangi & tanjakan selesai upshift telat
tapi kalo cuma jalan datar & lancar...enak sih...dia jaga di <1500rpm terus...ngeloyor
Coba aja di reset ato kalibrasi. CVT kalo ngaco emang bt pakenya, alphard aja saya jadi males bawa kalo dalem kota macet macetan 🤣. Untung Xtrail aman
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10216
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by Suryaputra »

MSU wrote: 10 Jun 2024, 14:42
Suryaputra wrote: 10 Jun 2024, 14:30
MSU wrote: 10 Jun 2024, 14:27

nah mirip om...
kalo di avz cvt sy perhatikan ni rada aneh karakter cvt-nya
pas deselerasi speed rendah kadang tau2 kayak ngebrake sendiri jd kaget
pas akselerasi dari nol....ada feel dia gerung dulu, jalan...abis itu kayak masuk gigi 2 padahal cvt wkwk
pas nanjak...walau pedal gas udh diinjek rada dalam males downshift...injek gas rada dalem lg br pindah gigi & rpm naik...tp pas gas dikurangi & tanjakan selesai upshift telat
tapi kalo cuma jalan datar & lancar...enak sih...dia jaga di <1500rpm terus...ngeloyor
tp gak sekasar org baru bljr nyetir mobil manual kan?

maybe.. emg gtu karakternya, untuk mencapai green fuel eco, kudu cepet lock upnya :big_biglaugh:
ga sih om...cuma kadang tau2 ngagetin aja engine brake-nya...
inget2 dulu sering bawa jazz idsi temen alus cvt-nya :big_peace:
Justru buat safety, engine brake hrs terasa. Apalagi buat turun gunung, kudu engine brake itu, klo gakmau rem kepanasan.

Jd gak ndelosor spt cvt pada umumnya :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1991
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: 10 Jun 2024, 15:35
MSU wrote: 10 Jun 2024, 14:42
Suryaputra wrote: 10 Jun 2024, 14:30

tp gak sekasar org baru bljr nyetir mobil manual kan?

maybe.. emg gtu karakternya, untuk mencapai green fuel eco, kudu cepet lock upnya :big_biglaugh:
ga sih om...cuma kadang tau2 ngagetin aja engine brake-nya...
inget2 dulu sering bawa jazz idsi temen alus cvt-nya :big_peace:
Justru buat safety, engine brake hrs terasa. Apalagi buat turun gunung, kudu engine brake itu, klo gakmau rem kepanasan.

Jd gak ndelosor spt cvt pada umumnya :upss:
Oh iya. Kalo nissan xtrail ada settingnya juga. Mau engine brake brapa banyak. Kalo dari menunya cuma ada on off. Kalo punya scanner yang khusus nissan ato app khusus nissan (lupa namanya). Itu engine brakenya ada level levelnya. Udah kyk regenerative braking EV :big_weee:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10216
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: 10 Jun 2024, 16:25
Suryaputra wrote: 10 Jun 2024, 15:35
MSU wrote: 10 Jun 2024, 14:42

ga sih om...cuma kadang tau2 ngagetin aja engine brake-nya...
inget2 dulu sering bawa jazz idsi temen alus cvt-nya :big_peace:
Justru buat safety, engine brake hrs terasa. Apalagi buat turun gunung, kudu engine brake itu, klo gakmau rem kepanasan.

Jd gak ndelosor spt cvt pada umumnya :upss:
Oh iya. Kalo nissan xtrail ada settingnya juga. Mau engine brake brapa banyak. Kalo dari menunya cuma ada on off. Kalo punya scanner yang khusus nissan ato app khusus nissan (lupa namanya). Itu engine brakenya ada level levelnya. Udah kyk regenerative braking EV :big_weee:
Wow serius? :mky_02:
Keren dong, klo saya bakal setel mendekati maximal, krn suka yg agak agresif :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5794
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by sintoni »

Update lagi.

Kemaren akhirnya DIY drain refill kedua, dapat 4 liter.

Sekalian ganti filter CVT di odometer 71500.

Susah juga buka housing filter CVT ini pake kunci 10, pas masang filter jg ragu2 karena dia cuma nyangkut sedikit ga ada derat kayak filter oli mesin.

Refill 4 liter lagi, terus nyalain mesin 2-3 menit baru buka baut untuk check level, ngucur sedikit 200-300ml ga diukur lgsg tutup.

Masukin lg aditif 1 botol 100ml.

Kemaren jalan sedikit ya mirip2 aja, masih ada jedug getar sedikit tapi ya sudah membaik.

Image
Jonigudel0410
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 24 Jun 2024, 14:17
Daily Vehicle: XTrail T32

Re: Nissan Xtrail T32 2015 2.5CVT 5 months ownership.

Post by Jonigudel0410 »

Agan2, Baru ngangkat T32 nih..
Untuk mengatasi hausnya besin si T32 ini ada saran gak? Dalkot 1:6-1:7 agak horor jg sih.. paling tidak mau naik ke 1:8

Ada pilihan2 alat sih, kaya andrion, seeboster sama xcs tp itu apakah benar2 membantu?

Lalu untuk jok supir yg Oblak, ini bisa dibenerin ya dmana ya? Sy punya Oblak nih.. padahal nik 2018

Thanks
Last edited by Jonigudel0410 on 24 Jun 2024, 14:29, edited 2 times in total.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post