Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5688
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sintoni »

sahabatq8 wrote: Sun Mar 12, 2023 5:02
silverant wrote: Sun Mar 12, 2023 4:58 Kemarin jalan2 ke shop & D juga sudah ada, Astra Shell ultra helix 0w20 SP
Sudah ACEA C5.

275 rb /liter
Mahal jg ya 275rb
Beli 2 gratis 2 itu. Jadi ya itungannya 550rb dapat 4 liter terus free jasa.
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by wicaksono99 »

Kemarin baru ganti oli Q8 D1 FE 0w-20 karna diburu2 pas parkir malem gak keliatan ada pembatas parkiran dari beton + pipa yang nonjol ngegasruk bagian bawah + filter oli.. Takut tiba2 bocor dijalan berabe jadi ganti aja (pemakaian oli Q8 D1 FE 0w-20 sudah jalan 10.600km).
IMG_20230311_165346.jpg
Mobil all new ertiga pakai bahan bakar CNG. Berikut kondisi oli setelah pemakaian 10.600km (odometer mobil 100.900km) lewat lubang pengisian oli. Oli masih bersih & daleman kinclong.
IMG_20230311_163238.jpg
Oli bekas yang ditampung.. Warna coklat karamel, tidak hitam seperti pakai bahan bakar bensin. Filter oli gores untung gak sampe bocor, & oil pan cuma gores dikit.
IMG_20230311_171427.jpg
Terlihat oli yang nempel di baut tap oli & drat filter oli masih relatif bersih diliatnya.
IMG_20230311_163724.jpg
IMG_20230311_164146.jpg
Penggunaan oli Q8 setelah 10.000km tidak ada penurunan performa dari awal ganti. Good lah untuk Q8 dengan harga dibawah Amsoil SS 👍
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Sun Mar 12, 2023 7:51 Kemarin baru ganti oli Q8 D1 FE 0w-20 karna diburu2 pas parkir malem gak keliatan ada pembatas parkiran dari beton + pipa yang nonjol ngegasruk bagian bawah + filter oli.. Takut tiba2 bocor dijalan berabe jadi ganti aja (pemakaian oli Q8 D1 FE 0w-20 sudah jalan 10.600km).
IMG_20230311_165346.jpg

Mobil all new ertiga pakai bahan bakar CNG. Berikut kondisi oli setelah pemakaian 10.600km (odometer mobil 100.900km) lewat lubang pengisian oli. Oli masih bersih & daleman kinclong.
IMG_20230311_163238.jpg

Oli bekas yang ditampung.. Warna coklat karamel, tidak hitam seperti pakai bahan bakar bensin. Filter oli gores untung gak sampe bocor, & oil pan cuma gores dikit.
IMG_20230311_171427.jpg

Terlihat oli yang nempel di baut tap oli & drat filter oli masih relatif bersih diliatnya.
IMG_20230311_163724.jpg
IMG_20230311_164146.jpg

Penggunaan oli Q8 setelah 10.000km tidak ada penurunan performa dari awal ganti. Good lah untuk Q8 dengan harga dibawah Amsoil SS 👍
Wah baru mau dicariin kmn nii mbah wicak :big_biglaugh:

Amsoil SS skrg dah 260k :mky_03:

Q8 0w20 msh ada yg jual 175k di aspexia :upss:
https://tokopedia.link/oLvGP1vv6xb
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Pilatypus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Jan 01, 2022 15:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Pilatypus »

wicaksono99 wrote: Sun Mar 12, 2023 7:51 Kemarin baru ganti oli Q8 D1 FE 0w-20 karna diburu2 pas parkir malem gak keliatan ada pembatas parkiran dari beton + pipa yang nonjol ngegasruk bagian bawah + filter oli.. Takut tiba2 bocor dijalan berabe jadi ganti aja (pemakaian oli Q8 D1 FE 0w-20 sudah jalan 10.600km).
IMG_20230311_165346.jpg

Mobil all new ertiga pakai bahan bakar CNG. Berikut kondisi oli setelah pemakaian 10.600km (odometer mobil 100.900km) lewat lubang pengisian oli. Oli masih bersih & daleman kinclong.
IMG_20230311_163238.jpg

Oli bekas yang ditampung.. Warna coklat karamel, tidak hitam seperti pakai bahan bakar bensin. Filter oli gores untung gak sampe bocor, & oil pan cuma gores dikit.
IMG_20230311_171427.jpg

Terlihat oli yang nempel di baut tap oli & drat filter oli masih relatif bersih diliatnya.
IMG_20230311_163724.jpg
IMG_20230311_164146.jpg

Penggunaan oli Q8 setelah 10.000km tidak ada penurunan performa dari awal ganti. Good lah untuk Q8 dengan harga dibawah Amsoil SS 👍
Ga ada rencana UOA om? Siapa tau pakai CNG bisa dipush sampe 15.000 asal ganti filter tengah jalan :mky_03:
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by wicaksono99 »

Suryaputra wrote: Sun Mar 12, 2023 9:12
wicaksono99 wrote: Sun Mar 12, 2023 7:51 Kemarin baru ganti oli Q8 D1 FE 0w-20 karna diburu2 pas parkir malem gak keliatan ada pembatas parkiran dari beton + pipa yang nonjol ngegasruk bagian bawah + filter oli.. Takut tiba2 bocor dijalan berabe jadi ganti aja (pemakaian oli Q8 D1 FE 0w-20 sudah jalan 10.600km).
IMG_20230311_165346.jpg

Mobil all new ertiga pakai bahan bakar CNG. Berikut kondisi oli setelah pemakaian 10.600km (odometer mobil 100.900km) lewat lubang pengisian oli. Oli masih bersih & daleman kinclong.
IMG_20230311_163238.jpg

Oli bekas yang ditampung.. Warna coklat karamel, tidak hitam seperti pakai bahan bakar bensin. Filter oli gores untung gak sampe bocor, & oil pan cuma gores dikit.
IMG_20230311_171427.jpg

Terlihat oli yang nempel di baut tap oli & drat filter oli masih relatif bersih diliatnya.
IMG_20230311_163724.jpg
IMG_20230311_164146.jpg

Penggunaan oli Q8 setelah 10.000km tidak ada penurunan performa dari awal ganti. Good lah untuk Q8 dengan harga dibawah Amsoil SS 👍
Wah baru mau dicariin kmn nii mbah wicak :big_biglaugh:

Amsoil SS skrg dah 260k :mky_03:

Q8 0w20 msh ada yg jual 175k di aspexia :upss:
https://tokopedia.link/oLvGP1vv6xb
Haha... Q8 saya beli di blibli om 180rb/botol, lebih mahal dikit tapi kena gratis ongkir & ada cashback pakai CC BCA.. Beli di tokoijo malah jadi lebih mahal walau harganya lebih murah.
Pilatypus wrote: Sun Mar 12, 2023 9:54
wicaksono99 wrote: Sun Mar 12, 2023 7:51 Kemarin baru ganti oli Q8 D1 FE 0w-20 karna diburu2 pas parkir malem gak keliatan ada pembatas parkiran dari beton + pipa yang nonjol ngegasruk bagian bawah + filter oli.. Takut tiba2 bocor dijalan berabe jadi ganti aja (pemakaian oli Q8 D1 FE 0w-20 sudah jalan 10.600km).
IMG_20230311_165346.jpg

Mobil all new ertiga pakai bahan bakar CNG. Berikut kondisi oli setelah pemakaian 10.600km (odometer mobil 100.900km) lewat lubang pengisian oli. Oli masih bersih & daleman kinclong.
IMG_20230311_163238.jpg

Oli bekas yang ditampung.. Warna coklat karamel, tidak hitam seperti pakai bahan bakar bensin. Filter oli gores untung gak sampe bocor, & oil pan cuma gores dikit.
IMG_20230311_171427.jpg

Terlihat oli yang nempel di baut tap oli & drat filter oli masih relatif bersih diliatnya.
IMG_20230311_163724.jpg
IMG_20230311_164146.jpg

Penggunaan oli Q8 setelah 10.000km tidak ada penurunan performa dari awal ganti. Good lah untuk Q8 dengan harga dibawah Amsoil SS 👍
Ga ada rencana UOA om? Siapa tau pakai CNG bisa dipush sampe 15.000 asal ganti filter tengah jalan :mky_03:
Tadinya mau dipush dulu sampe 12rb km baru UOA tapi karna accident filter oli kena pembatas parkiran, terpaksa ganti oli secepatnya.. Yang berikutnya pasti saya UOA.
Kalau dari jurnal lemigas sih udah nyoba di APV CNG pakai oli sampe 10rb km, lebih rendah sekitar 30% wear metal & nilai tbnnya lebih tinggi dibanding bensin. Jurnal yg lain juga rata2 penurunan kualitas oli dengan bahan bakar CNG lebih rendah dibanding bensin.
Kalau untuk ganti filter oli juga sepertinya gak perlu kalau pakai CNG karena ga ada pengotor/soot yg bikin kerja filter oli berat.. Wear metalnya aja lebih rendah kok.
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by esaka »

Ijin sharing dan review penggunaan beberapa merk oli mesin di family truck 1TR-FE (2005) berdasarkan butt-o-meter :
1. TMO = Rekom pabrik dan bengkel resmi. Nothing to write about. Setelah nyampe rumah langsung ane ganti pake oli lain.

2. Delvac MX 15W-40 = Di luar negeri nama oli ini adalah Mobil 1300 Super. Di website 540ratblog, oli mineral-based ini punya film-strength yang oke di kelas performanya tapi paling bagus di kelas harganya. Emang bener oli ini masuk ke kategorinya suhu Turboman - Oli mineral murah yg bikin suara mesin jadi halus - dan IMHO, kalau dana cekak abis, oli ini adalah top recommendation. Beli galonan 5 liter harganya gak sampe 400 rebu. Dompet happy, bini happy.

3. Evalube Super Transco 15W-40 = Ini lebih gila lagi harganya, cuma 200K utk galonan 5 liter. Mirip ama TMO sih klo menurut saya. Buntut 40-nya rada berat buat ane, MID bensin cuma tembus 9.5km/L maksimum tapi di riil-nya agak lebih boros. Kalau yg Delvac bisa tembus 10.2km/L. Suara mesin nggak sehalus Delvac klo udah dipake jalan 30-an KM. Idle pasca dipake perjalanan panjang juga bener2 bikin impresi klo 1TR-FE ini mirip suara mesin Traga. Rekom ? Boleh tapi mending utk fleet aja kayaknya.

4. PTT Dynamic Commonrail 5w-30 = Harganya sekitar 800 rebu dapat galonan 6 liter. Kata suhu Turboman, oli ini campuran grup 3 dan sedikit PAO. Masih lebih dekat dengan PTT Commonrail bungkus item 10W-30 kalau liat dari sisi kekentalan. 100 KM pertama, belum keliatan efeknya. Setelah itu bikin garuk kepala. Mesin tua ane tiba2 punya torsi lebih di gigi 3 (jadi ceritanya, tempat ane jalannya campuraduk. Di zona yg jerawatan, berpasir, gak rata, ane bisa cruising 10KPJ dengan lepas kopling dan gas di gigi 3. Dengan pelumas sebelumnya justru gak pernah seperti itu makanya ane sempet bingung. Apalagi ini lendir gak ada sertifikasi ILSAC GF. Di kondisi tertentu bikin ane rada kagok - utamanya menikung di perempatan - di gigi 4 jadi sering lupa turunin ke gigi 2). Bused deh ini lendir, suara mesin kalau idle pagi dan pasca penggunaan jarak jauh mirip kyk Delvac MX ; pun dengan keiritannya juga mirip tapi tone alias nadanya agak lebih menyenangkan untuk didengar.

Sekedar catatan :
Tiap oli ane pake cuma sekitar 2000km karena emang ini boil garage queen, setahun ya cuma sekitar itu jarak tempuhnya. Semua lendir ane isikan sejumlah 6 liter ke oil pan dan tanpa ganti filter oli sejak diisi Delvac MX. Bahan bakar campur2, kalau ada bini pake Pertalite, kalau lagi sendiri pake Pertamax atau Shell. Don't ever consider Pertalite kalau mau dapat performa bagus. Pertamax aja ane juga ragu sekarang mengingat kombinasi lendir yg bagus + Shell Super bisa bikin 1TR-FE serasa 1JZ. Jadi menurut butt-o-meter ane, PTT yg terbaik kemudian Delvac MX. You get exactly what you paid for. Selisih harga memang membawa apa yg seharusnya diberikan (kelicinan, suara, nikmatnya driving). Ane pribadi gak terlalu percaya ama MID, jadi soal iritnya bensin ya jangan dibawa perasaan.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

esaka wrote: Sun Mar 12, 2023 12:00 Ijin sharing dan review penggunaan beberapa merk oli mesin di family truck 1TR-FE (2005) berdasarkan butt-o-meter :
1. TMO = Rekom pabrik dan bengkel resmi. Nothing to write about. Setelah nyampe rumah langsung ane ganti pake oli lain.

2. Delvac MX 15W-40 = Di luar negeri nama oli ini adalah Mobil 1300 Super. Di website 540ratblog, oli mineral-based ini punya film-strength yang oke di kelas performanya tapi paling bagus di kelas harganya. Emang bener oli ini masuk ke kategorinya suhu Turboman - Oli mineral murah yg bikin suara mesin jadi halus - dan IMHO, kalau dana cekak abis, oli ini adalah top recommendation. Beli galonan 5 liter harganya gak sampe 400 rebu. Dompet happy, bini happy.

3. Evalube Super Transco 15W-40 = Ini lebih gila lagi harganya, cuma 200K utk galonan 5 liter. Mirip ama TMO sih klo menurut saya. Buntut 40-nya rada berat buat ane, MID bensin cuma tembus 9.5km/L maksimum tapi di riil-nya agak lebih boros. Kalau yg Delvac bisa tembus 10.2km/L. Suara mesin nggak sehalus Delvac klo udah dipake jalan 30-an KM. Idle pasca dipake perjalanan panjang juga bener2 bikin impresi klo 1TR-FE ini mirip suara mesin Traga. Rekom ? Boleh tapi mending utk fleet aja kayaknya.

4. PTT Dynamic Commonrail 5w-30 = Harganya sekitar 800 rebu dapat galonan 6 liter. Kata suhu Turboman, oli ini campuran grup 3 dan sedikit PAO. Masih lebih dekat dengan PTT Commonrail bungkus item 10W-30 kalau liat dari sisi kekentalan. 100 KM pertama, belum keliatan efeknya. Setelah itu bikin garuk kepala. Mesin tua ane tiba2 punya torsi lebih di gigi 3 (jadi ceritanya, tempat ane jalannya campuraduk. Di zona yg jerawatan, berpasir, gak rata, ane bisa cruising 10KPJ dengan lepas kopling dan gas di gigi 3. Dengan pelumas sebelumnya justru gak pernah seperti itu makanya ane sempet bingung. Apalagi ini lendir gak ada sertifikasi ILSAC GF. Di kondisi tertentu bikin ane rada kagok - utamanya menikung di perempatan - di gigi 4 jadi sering lupa turunin ke gigi 2). Bused deh ini lendir, suara mesin kalau idle pagi dan pasca penggunaan jarak jauh mirip kyk Delvac MX ; pun dengan keiritannya juga mirip tapi tone alias nadanya agak lebih menyenangkan untuk didengar.

Sekedar catatan :
Tiap oli ane pake cuma sekitar 2000km karena emang ini boil garage queen, setahun ya cuma sekitar itu jarak tempuhnya. Semua lendir ane isikan sejumlah 6 liter ke oil pan dan tanpa ganti filter oli sejak diisi Delvac MX. Bahan bakar campur2, kalau ada bini pake Pertalite, kalau lagi sendiri pake Pertamax atau Shell. Don't ever consider Pertalite kalau mau dapat performa bagus. Pertamax aja ane juga ragu sekarang mengingat kombinasi lendir yg bagus + Shell Super bisa bikin 1TR-FE serasa 1JZ. Jadi menurut butt-o-meter ane, PTT yg terbaik kemudian Delvac MX. You get exactly what you paid for. Selisih harga memang membawa apa yg seharusnya diberikan (kelicinan, suara, nikmatnya driving). Ane pribadi gak terlalu percaya ama MID, jadi soal iritnya bensin ya jangan dibawa perasaan.
Klo filter oli kelas std 30rb an dr beres
Baiknya ganti tiap 5000rb km atau 6 bln

Knp?
Krn bahan dasar nya kertas.
Bukan media filter yg bs tahan lama kena panas mesin :big_okay:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5688
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sintoni »

esaka wrote: Sun Mar 12, 2023 12:00
Kok pake oli diesel semua om?
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by esaka »

Klo filter oli kelas std 30rb an dr beres
Baiknya ganti tiap 5000rb km atau 6 bln

Knp?
Krn bahan dasar nya kertas.
Bukan media filter yg bs tahan lama kena panas mesin :big_okay:
Ane paham om dan memang sebagai pengguna, malas ganti filter oli adalah salah satu hal terburuk yg saya lakukan ke boil pribadi. :big_slap:

Makanya ane masukkan ke catatan tambahan, biar reader lain juga tahu kalau ane adl pengguna boil yg jauh dr kata ideal :big_biglaugh:
sintoni wrote: Sun Mar 12, 2023 12:58
esaka wrote: Sun Mar 12, 2023 12:00
Kok pake oli diesel semua om?
Pertanyaan favorit saya ini om, TLDR : karena ane penasaran apa jadinya klo pake lendir diesel di boil bengsin tua.
Tapi ane belum liat di trit PEMILIHAN OLI ada yg review atau sekedar berbagi impresi butt-o-meter oli sesat di boil.
Alasan lain, secara harga lendir diesel lebih murah dan ane orang paling skeptis ama Pertalite.
Entah di part berapa suhu Turbo pernah nanya dengan nada rada sinis apakah situ yakin Pertalite adalah BBM yg bagus?
Ane ngambil kesimpulan, kandungan zat polutan (gw lupa namanya) di Pertalite bisa jadi lebih buruk dan lebih banyak daripada di Pertamax/Shell Super atau BBM diesel berkualitas. I don't have any solid backup about this, honestly.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by ariswp »

sintoni wrote: Sun Mar 12, 2023 7:24
sahabatq8 wrote: Sun Mar 12, 2023 5:02
silverant wrote: Sun Mar 12, 2023 4:58 Kemarin jalan2 ke shop & D juga sudah ada, Astra Shell ultra helix 0w20 SP
Sudah ACEA C5.

275 rb /liter
Mahal jg ya 275rb
Beli 2 gratis 2 itu. Jadi ya itungannya 550rb dapat 4 liter terus free jasa.
Kayaknya yg di promo buy 2 get 2 hanya yg branding shell astra premium 0w20 alias shell helix ultra 0w20 terdahulu yg masi api sn+ dan acea a1/b1 om
Klo yang shell shell ultra api sp 0w20 keknya tidak dapet promoan
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5688
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sintoni »

ariswp wrote: Sun Mar 12, 2023 13:47 Kayaknya yg di promo buy 2 get 2 hanya yg branding shell astra premium 0w20 alias shell helix ultra 0w20 terdahulu yg masi api sn+ dan acea a1/b1 om
Klo yang shell shell ultra api sp 0w20 keknya tidak dapet promoan
Tapi kok harga diset sama ya om.

Harapannya nanti si Astra Premium ini diganti ke Helix Ultra ini.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1756
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

wicaksono99 wrote: Sun Mar 12, 2023 7:51 Kemarin baru ganti oli Q8 D1 FE 0w-20 karna diburu2 pas parkir malem gak keliatan ada pembatas parkiran dari beton + pipa yang nonjol ngegasruk bagian bawah + filter oli.. Takut tiba2 bocor dijalan berabe jadi ganti aja (pemakaian oli Q8 D1 FE 0w-20 sudah jalan 10.600km).
IMG_20230311_165346.jpg

Mobil all new ertiga pakai bahan bakar CNG. Berikut kondisi oli setelah pemakaian 10.600km (odometer mobil 100.900km) lewat lubang pengisian oli. Oli masih bersih & daleman kinclong.
IMG_20230311_163238.jpg

Oli bekas yang ditampung.. Warna coklat karamel, tidak hitam seperti pakai bahan bakar bensin. Filter oli gores untung gak sampe bocor, & oil pan cuma gores dikit.
IMG_20230311_171427.jpg

Terlihat oli yang nempel di baut tap oli & drat filter oli masih relatif bersih diliatnya.
IMG_20230311_163724.jpg
IMG_20230311_164146.jpg

Penggunaan oli Q8 setelah 10.000km tidak ada penurunan performa dari awal ganti. Good lah untuk Q8 dengan harga dibawah Amsoil SS 👍
:big_exellent: mantap nih. Btw itu 10600km kyknya gak sampe 4 bulan ya om. Kyknya dengan CNG sih 15rb bisa.
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by wicaksono99 »

sahabatq8 wrote: Sun Mar 12, 2023 16:08
wicaksono99 wrote: Sun Mar 12, 2023 7:51 Kemarin baru ganti oli Q8 D1 FE 0w-20 karna diburu2 pas parkir malem gak keliatan ada pembatas parkiran dari beton + pipa yang nonjol ngegasruk bagian bawah + filter oli.. Takut tiba2 bocor dijalan berabe jadi ganti aja (pemakaian oli Q8 D1 FE 0w-20 sudah jalan 10.600km).
IMG_20230311_165346.jpg

Mobil all new ertiga pakai bahan bakar CNG. Berikut kondisi oli setelah pemakaian 10.600km (odometer mobil 100.900km) lewat lubang pengisian oli. Oli masih bersih & daleman kinclong.
IMG_20230311_163238.jpg

Oli bekas yang ditampung.. Warna coklat karamel, tidak hitam seperti pakai bahan bakar bensin. Filter oli gores untung gak sampe bocor, & oil pan cuma gores dikit.
IMG_20230311_171427.jpg

Terlihat oli yang nempel di baut tap oli & drat filter oli masih relatif bersih diliatnya.
IMG_20230311_163724.jpg
IMG_20230311_164146.jpg

Penggunaan oli Q8 setelah 10.000km tidak ada penurunan performa dari awal ganti. Good lah untuk Q8 dengan harga dibawah Amsoil SS 👍
:big_exellent: mantap nih. Btw itu 10600km kyknya gak sampe 4 bulan ya om. Kyknya dengan CNG sih 15rb bisa.
Iya om.. Kisaran 3 bulan untuk mencapai 10rb km. Nanti dicoba sampai batas maksimal.. Pas kemarin sebelum drain olinya, cek di dipstik sih masih aman diatas titik low.
Saya masih penasaran PTT pernah tes oli di mobil CNG buat riset mereka pakai oli sampai 25rb km di thailand. Tapi jurnalnya gak bisa bebas diakses, harus berbayar. Kalau sekelas PTT bisa sih harusnya Q8 juga mampu.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1756
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

Additive migor pasti pernah denger, kemaren nonton yutub ternyata ada jg yang tambahin minyak rem dot 3 ke oli atf :big_slap:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1756
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

wicaksono99 wrote: Mon Mar 13, 2023 1:45
sahabatq8 wrote: Sun Mar 12, 2023 16:08
wicaksono99 wrote: Sun Mar 12, 2023 7:51 Kemarin baru ganti oli Q8 D1 FE 0w-20 karna diburu2 pas parkir malem gak keliatan ada pembatas parkiran dari beton + pipa yang nonjol ngegasruk bagian bawah + filter oli.. Takut tiba2 bocor dijalan berabe jadi ganti aja (pemakaian oli Q8 D1 FE 0w-20 sudah jalan 10.600km).
IMG_20230311_165346.jpg

Mobil all new ertiga pakai bahan bakar CNG. Berikut kondisi oli setelah pemakaian 10.600km (odometer mobil 100.900km) lewat lubang pengisian oli. Oli masih bersih & daleman kinclong.
IMG_20230311_163238.jpg

Oli bekas yang ditampung.. Warna coklat karamel, tidak hitam seperti pakai bahan bakar bensin. Filter oli gores untung gak sampe bocor, & oil pan cuma gores dikit.
IMG_20230311_171427.jpg

Terlihat oli yang nempel di baut tap oli & drat filter oli masih relatif bersih diliatnya.
IMG_20230311_163724.jpg
IMG_20230311_164146.jpg

Penggunaan oli Q8 setelah 10.000km tidak ada penurunan performa dari awal ganti. Good lah untuk Q8 dengan harga dibawah Amsoil SS 👍
:big_exellent: mantap nih. Btw itu 10600km kyknya gak sampe 4 bulan ya om. Kyknya dengan CNG sih 15rb bisa.
Iya om.. Kisaran 3 bulan untuk mencapai 10rb km. Nanti dicoba sampai batas maksimal.. Pas kemarin sebelum drain olinya, cek di dipstik sih masih aman diatas titik low.
Saya masih penasaran PTT pernah tes oli di mobil CNG buat riset mereka pakai oli sampai 25rb km di thailand. Tapi jurnalnya gak bisa bebas diakses, harus berbayar. Kalau sekelas PTT bisa sih harusnya Q8 juga mampu.
Di sistem internal mereka ya risetnya? Kalo mau coba contact representative PTT Indonesia aja mustinya mereka punya access
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by wicaksono99 »

sahabatq8 wrote: Mon Mar 13, 2023 1:47
wicaksono99 wrote: Mon Mar 13, 2023 1:45
sahabatq8 wrote: Sun Mar 12, 2023 16:08
:big_exellent: mantap nih. Btw itu 10600km kyknya gak sampe 4 bulan ya om. Kyknya dengan CNG sih 15rb bisa.
Iya om.. Kisaran 3 bulan untuk mencapai 10rb km. Nanti dicoba sampai batas maksimal.. Pas kemarin sebelum drain olinya, cek di dipstik sih masih aman diatas titik low.
Saya masih penasaran PTT pernah tes oli di mobil CNG buat riset mereka pakai oli sampai 25rb km di thailand. Tapi jurnalnya gak bisa bebas diakses, harus berbayar. Kalau sekelas PTT bisa sih harusnya Q8 juga mampu.
Di sistem internal mereka ya risetnya? Kalo mau coba contact representative PTT Indonesia aja mustinya mereka punya access
Disini sih link jurnalnya:
https://www.sae.org/publications/techni ... 2-01-1622/

Sudah masuk publikasi, riset untuk taxi fleet.. 5 mobil bi-fuel CNG baru & 3 mobil konvensional. Entah ngerti ga representatif PTT indo tentang beginian :big_biglaugh:
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1125
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by t105erd »

wicaksono99 wrote: Mon Mar 13, 2023 2:18
sahabatq8 wrote: Mon Mar 13, 2023 1:47
wicaksono99 wrote: Mon Mar 13, 2023 1:45

Iya om.. Kisaran 3 bulan untuk mencapai 10rb km. Nanti dicoba sampai batas maksimal.. Pas kemarin sebelum drain olinya, cek di dipstik sih masih aman diatas titik low.
Saya masih penasaran PTT pernah tes oli di mobil CNG buat riset mereka pakai oli sampai 25rb km di thailand. Tapi jurnalnya gak bisa bebas diakses, harus berbayar. Kalau sekelas PTT bisa sih harusnya Q8 juga mampu.
Di sistem internal mereka ya risetnya? Kalo mau coba contact representative PTT Indonesia aja mustinya mereka punya access
Disini sih link jurnalnya:
https://www.sae.org/publications/techni ... 2-01-1622/

Sudah masuk publikasi, riset untuk taxi fleet.. 5 mobil bi-fuel CNG baru & 3 mobil konvensional. Entah ngerti ga representatif PTT indo tentang beginian :big_biglaugh:
Udah saya download



Silahkan di baca2 om
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by daimler »

Suryaputra wrote: Sun Mar 12, 2023 12:23 -cut-

Klo filter oli kelas std 30rb an dr beres
Baiknya ganti tiap 5000rb km atau 6 bln

Knp?
Krn bahan dasar nya kertas.
Bukan media filter yg bs tahan lama kena panas mesin :big_okay:
Ikut nimbrung soal filter oli, kalo filter2 std kaya aegis,wix,denso dan punya oem2 lainnya itu udh ada anti-drainback valvenya gak? Atau baru filter oli premium kaya punya ptt autofit yg bahannya celluose yg udh ada anti-drainbacknya?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Mon Mar 13, 2023 9:05
Suryaputra wrote: Sun Mar 12, 2023 12:23 -cut-

Klo filter oli kelas std 30rb an dr beres
Baiknya ganti tiap 5000rb km atau 6 bln

Knp?
Krn bahan dasar nya kertas.
Bukan media filter yg bs tahan lama kena panas mesin :big_okay:
Ikut nimbrung soal filter oli, kalo filter2 std kaya aegis,wix,denso dan punya oem2 lainnya itu udh ada anti-drainback valvenya gak? Atau baru filter oli premium kaya punya ptt autofit yg bahannya celluose yg udh ada anti-drainbacknya?
Setau saya selama miara T H S dan beli filter std di beres,
itu ada anti drainback valve nya mbah.

Cmn memang klo filter oli long drain bedanya di:
- Media Filter sintetis / serat fiber (bukan paper)
- Ukuran Filter lbh besar
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by bensindanoli »

Turboman wrote: Mon Mar 06, 2023 6:08
daimler wrote:Permisi suhu2 kira2 SM punya milis atau grup di t4p4t4lk kalo2 ada info promo oli, kadang2 ga selalu bukain app e-commerce. Giliran pas ada yg ngepost dimari promoan oli, buka app e-commerce eh udh habis promoan atau stoknya :big_cry:
PTT official store ada bbrp type yg promo sgt panjang

di td motor juga ada bbrp type oli yg harganya miring dan itu harga normal mrk

Kalo mau cari Repsol harga miring = Jasutra
Jasut lagi naikin harga. Yg masi stabil di Sentra Pelumas
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by daimler »

Menarik ini selama ini filter oli jarang dibahas, nyari thread soal filter oli di SM belum nemu
https://www.ls1.com/forums/f6/latest-oi ... on-151907/
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Wed Mar 15, 2023 13:13 Menarik ini selama ini filter oli jarang dibahas, nyari thread soal filter oli di SM belum nemu
https://www.ls1.com/forums/f6/latest-oi ... on-151907/
Toyota salah satu produsen yg ngeluarin 2 jenis filter oli, mbah:
- standard harga 30rb an (pemakaian cm sampai 5rb km, tertulis di box nya)

- long drain harga 60-70rb an (size lbh besarr)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1125
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by t105erd »

daimler wrote: Wed Mar 15, 2023 13:13 Menarik ini selama ini filter oli jarang dibahas, nyari thread soal filter oli di SM belum nemu
https://www.ls1.com/forums/f6/latest-oi ... on-151907/
Kalo disana emang niat, test langsung, ada datanya, ada angkanua, bukan ngarang2, bukan rasa2, dan emang acdelco ga lebih bagus dari merk denso, saya lagi pake acdelco soalnya.
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by wicaksono99 »

t105erd wrote: Mon Mar 13, 2023 3:39
wicaksono99 wrote: Mon Mar 13, 2023 2:18
sahabatq8 wrote: Mon Mar 13, 2023 1:47

Di sistem internal mereka ya risetnya? Kalo mau coba contact representative PTT Indonesia aja mustinya mereka punya access
Disini sih link jurnalnya:
https://www.sae.org/publications/techni ... 2-01-1622/

Sudah masuk publikasi, riset untuk taxi fleet.. 5 mobil bi-fuel CNG baru & 3 mobil konvensional. Entah ngerti ga representatif PTT indo tentang beginian :big_biglaugh:
Udah saya download



Silahkan di baca2 om
Tks om udah bantu share.. Ternyata bisa juga dipake sampe 20-25rb km ya walaupun ketika udah nyampe 20rb km tbn udh mendekati/dibawah angka 3. Jadi yakin lah nanti Q8 D1 FE bisa dipush 15rb km pakai CNG.
User avatar
silverant
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Sep 16, 2013 6:54
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by silverant »

mkamil wrote: Sun Mar 12, 2023 4:00

ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5

https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
Thanks Gan... ini kok lumayan jauh beda harganya dibanding di Sh3ll dan S&D ya... (270k dan 275k) ...

ama foto ketiganya tampaknya versi yg API SN Plus...

Tapi kalo ini asli, menarik banget nih gan, mayan selisihnya :D

THanks a lot gan.

sahabatq8 wrote: Sun Mar 12, 2023 7:03
silverant wrote: Sun Mar 12, 2023 5:07
sahabatq8 wrote: Sun Mar 12, 2023 5:02 Mahal jg ya 275rb
Semoga Q8 segera mendatangkan yg lebih bagus dan lebih murah 😬😬😬🙏
Lebih bagus pasti dong, ada approval 229.72 mercy mobil 400hp dikasih 0w20 😲. Tapi kalo lebih murah gak mungkin sih :mky_01:
Hahaha... :big_cry: