Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 454
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Spies »

Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 2:07
Gtx1070 wrote: Mon Mar 06, 2023 12:38
Suryaputra wrote: Mon Mar 06, 2023 9:12

tapi... itu pengakuan sepihak aja dr brand.
karena di web dexos, officially juga belum diakui.
https://www.gmdexos.com/brands/dexos1_3/index.html

bahkan Dex1 Gen2 juga belum diakui
https://www.gmdexos.com/brands/dexos1/index.html
wkwkwkw.

tapi.... balik lg, ujung2nya adalah; test lab, kelas harga dan data yg membuktikan.
soal sertifikasi itu adalah std minimal yg sudah ditetapkan.

Jika olinya kelas keraton, dkk spt signature series, udh gak usah pusing sm sertifikasi :big_biglaugh:

Kawan²nya signatures series apa aja emg, om?
Mobil 1 (bukan super)
Q8 D1 FE
CTX Prime GT
Ctx udah fix keraton ya om :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

Spies wrote: Tue Mar 07, 2023 5:50
Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 2:07
Gtx1070 wrote: Mon Mar 06, 2023 12:38


Kawan²nya signatures series apa aja emg, om?
Mobil 1 (bukan super)
Q8 D1 FE
CTX Prime GT
Ctx udah fix keraton ya om :big_biglaugh:
Boutique oil :mky_03:

Data cannot lie lie lah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 454
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Spies »

Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 5:51
Spies wrote: Tue Mar 07, 2023 5:50
Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 2:07

Mobil 1 (bukan super)
Q8 D1 FE
CTX Prime GT
Ctx udah fix keraton ya om :big_biglaugh:
Boutique oil :mky_03:

Data cannot lie lie lah
Asli.. Saya aja sempat underestimate

:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

Spies wrote: Tue Mar 07, 2023 5:55
Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 5:51
Spies wrote: Tue Mar 07, 2023 5:50

Ctx udah fix keraton ya om :big_biglaugh:
Boutique oil :mky_03:

Data cannot lie lie lah
Asli.. Saya aja sempat underestimate

:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
iya kagets
pas lihat kelas harganya, ohh ok.. worth every penny lahh :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

babyveloSilver wrote: Tue Mar 07, 2023 4:42 Ijin bertanya om, :big_peace:

1. Masalah per olian
Kalo ganti
A. oli mesin,
B. filter oli,
C. oli persnelling dan
D. oli gardan

itu maksimal per brp ribu kilometer/per berapa bulan ya?

Untuk boil umur lebih dari 10 th apakah oli mesin hanya bisa 10w40 atau bisa pake spesifikasi yg lain? Kalo hanya 10w40 merk yg direkomendasikan apa ya om? Trs untuk kode API yg dipake juga harus SN atau boleh yang lain? Perbedaan kode API itu pengaruhnya apa ya om?


2. Masalah per filteran
Kalo filter AC dan filter udara mesin om-om disini pada ganti per berapa kilometer ya? Tips merawat filter AC dan filter udara mesin bagaimana ya ?

Nb: Boil dipake harian, jarak yg di tempuh kurang lebih 12km untuk PP rumah-kantor, jalanan ada tanjakan dan jalanan ramai lancar, sering main rpm di atas 2rb-3rb, penggunaan AC full selama perjalanan,

Maaf jadi banyak nanya, barangkali ada yang berkenan/ sharing-sharing, sangat ditunggu sharing nya om🙏😁
itungan merk kelas bengkel resmi mbl jepang kebanyakan yaa:
- olmes dan filter oli: tiap 5rb km atau 6 bulan sekali
- oli transmisi matic konvensional atau manual: 2 thn sekali atau 40rb km
- oli matic CVT: 2 tahun sekali atau 20 rb km
- oli gardan: sama spt oli transmisi manual
- radiator coolant dan reservoir: 1-2 tahun sekali
- lendir rem: 1 tahun sekali (max 1,5 tahun)
- lendir power steering: 2 tahun sekali
- filter oli matic (buka oil pan): tiap 80rb km

non lendir:
- filter ac: tiap 1 tahun
- filter udara: cek tiap ganti oli mesin & ganti tiap 1-2 tahun sekali max (tergantung kondisi pulusi udara gmn)

just my opinion spy mbl lbh awet
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by daimler »

Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 5:51
Spies wrote: Tue Mar 07, 2023 5:50
Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 2:07

Mobil 1 (bukan super)
Q8 D1 FE
CTX Prime GT
Ctx udah fix keraton ya om :big_biglaugh:
Boutique oil :mky_03:

Data cannot lie lie lah
Ctx produknya oli ada, aditip ester ada, TB cleaner ada, macem2 jg ya produknya selain oli
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Tue Mar 07, 2023 15:17
Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 5:51
Spies wrote: Tue Mar 07, 2023 5:50

Ctx udah fix keraton ya om :big_biglaugh:
Boutique oil :mky_03:

Data cannot lie lie lah
Ctx produknya oli ada, aditip ester ada, TB cleaner ada, macem2 jg ya produknya selain oli
ATF aja belum
Mungkin krn perputaran ATF sangat lambat.

Gak semua org mau ganti ATF tiap 2 thn sekali
Bengkel Resmi aja sebagian blg ATF tu lifetime :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 447
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by saturday »

daimler wrote: Tue Mar 07, 2023 15:17
Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 5:51
Spies wrote: Tue Mar 07, 2023 5:50

Ctx udah fix keraton ya om :big_biglaugh:
Boutique oil :mky_03:

Data cannot lie lie lah
Ctx produknya oli ada, aditip ester ada, TB cleaner ada, macem2 jg ya produknya selain oli
Saya pernah pakai aditif Ester+Boron mereka, campur ke TMO 10W40 untuk motor Scorpio bore-up 77, stroke up 66 (307cc). Yang saya rasakan mesin lebih halus dibanding hanya pakai TMO tanpa dicampur aditif CTX.

Pernah juga pakai aditif tersebut di FD2; campur ke Repsol GXR Platinum 5W30. Hasil UOAnya ada, silahkan search postingan saya. Sekarang saya sedang gunakan oli yang sama tapi tanpa aditif CTX Ester+Boron yang rencananya akan di UOA juga untuk membandingkan oli tersebut tanpa dan dengan aditif.

Produk lain yang saya cukup puas dari mereka adalah aditif biosolarnya.
FB_IMG_1678248763059.jpg
Terlampir foto filter solar Aspira pada 2GD yang menggunakan biosolar + aditif biosolar CTX. Terpakai sejauh 9052 km. Hanya saja setahu saya, kualitas biosolar bisa bervariasi tergantung SPBU. Bisa saja kebetulan saya selalu dapat yang bersih, bukan pengaruh aditifnya 🙂
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by arfs »

Wah termasuk lumayan bersih filter solar 2gd nya si om meskipun pakai solbu + additive.

Saya minggu lalu ganti filter solar 2gd sakura, hitam kotor seperti ini pemakaian 6 bulan 10 rb km.
Full solbus tanpa additive.
WhatsApp Image 2023-03-06 at 14.11.31.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by well »

saturday wrote: Wed Mar 08, 2023 4:16
daimler wrote: Tue Mar 07, 2023 15:17
Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 5:51

Boutique oil :mky_03:

Data cannot lie lie lah
Ctx produknya oli ada, aditip ester ada, TB cleaner ada, macem2 jg ya produknya selain oli
Saya pernah pakai aditif Ester+Boron mereka, campur ke TMO 10W40 untuk motor Scorpio bore-up 77, stroke up 66 (307cc). Yang saya rasakan mesin lebih halus dibanding hanya pakai TMO tanpa dicampur aditif CTX.

Pernah juga pakai aditif tersebut di FD2; campur ke Repsol GXR Platinum 5W30. Hasil UOAnya ada, silahkan search postingan saya. Sekarang saya sedang gunakan oli yang sama tapi tanpa aditif CTX Ester+Boron yang rencananya akan di UOA juga untuk membandingkan oli tersebut tanpa dan dengan aditif.

Produk lain yang saya cukup puas dari mereka adalah aditif biosolarnya.

FB_IMG_1678248763059.jpg

Terlampir foto filter solar Aspira pada 2GD yang menggunakan biosolar + aditif biosolar CTX. Terpakai sejauh 9052 km. Hanya saja setahu saya, kualitas biosolar bisa bervariasi tergantung SPBU. Bisa saja kebetulan saya selalu dapat yang bersih, bukan pengaruh aditifnya 🙂
om2, tlg sy diberikan pencerahan krn tiba tiba saya dapat ilham pemikiran lain.
kalau pakai additive kan filter solarnya menjadi lbh bersih, artinya kotorannya tidak tersaring di filter. Pertanyaannya, kalau memang aslinya solarnya kotor, terus di kasih obat menjadi bersih, nah terus kotorannya yg sblmnya tercampur di solar skr ada dimana?
kalau di tempat pengolahan limbah di tmpt saya ada air kotor lalu setelah di beri kimia koagulan flokulan (semacam zat pengikat kotoran) dan diaduk maka kotoran tersebut akan menjadi gumpalan2 dan endapan sehingga terpisah dari air menyebabkan air lgs menjadi bening. Lalu air dan gumpalan tinggal dipisah saja.

kalau tetap di dalam tangki dan tidak tersaring (sehingga filter solar bersih) maka apakah artinya kotoran lewat dr filter dan masuk ke mesin??

sy juga sedang pakai additive solar saat ini, memang durasi indikator filter menyala (tanda minta di replace) lebih panjang jika pakai additive.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by daimler »

saturday wrote: Wed Mar 08, 2023 4:16 -cut-

Saya pernah pakai aditif Ester+Boron mereka, campur ke TMO 10W40 untuk motor Scorpio bore-up 77, stroke up 66 (307cc). Yang saya rasakan mesin lebih halus dibanding hanya pakai TMO tanpa dicampur aditif CTX.

Pernah juga pakai aditif tersebut di FD2; campur ke Repsol GXR Platinum 5W30. Hasil UOAnya ada, silahkan search postingan saya. Sekarang saya sedang gunakan oli yang sama tapi tanpa aditif CTX Ester+Boron yang rencananya akan di UOA juga untuk membandingkan oli tersebut tanpa dan dengan aditif.

Produk lain yang saya cukup puas dari mereka adalah aditif biosolarnya.

FB_IMG_1678248763059.jpg

Terlampir foto filter solar Aspira pada 2GD yang menggunakan biosolar + aditif biosolar CTX. Terpakai sejauh 9052 km. Hanya saja setahu saya, kualitas biosolar bisa bervariasi tergantung SPBU. Bisa saja kebetulan saya selalu dapat yang bersih, bukan pengaruh aditifnya 🙂
Mantap sharingnya om :big_exellent:
Pertanyaan yg sama dengan aditip ester lainnya, apakah penguapan olinya jd lebih banyak dibanding sbelum dikasi aditip om?
Karena beberapa page ke belakang ternyata aditip ester memang bikin wear protectionnya jd lebih bagus, cmn NOACK volatilitynya naek jd oli lebih cepet nguap. Akibatnya oli jd ga bisa longdrain
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

well wrote: Wed Mar 08, 2023 6:57
saturday wrote: Wed Mar 08, 2023 4:16
daimler wrote: Tue Mar 07, 2023 15:17
Ctx produknya oli ada, aditip ester ada, TB cleaner ada, macem2 jg ya produknya selain oli
Saya pernah pakai aditif Ester+Boron mereka, campur ke TMO 10W40 untuk motor Scorpio bore-up 77, stroke up 66 (307cc). Yang saya rasakan mesin lebih halus dibanding hanya pakai TMO tanpa dicampur aditif CTX.

Pernah juga pakai aditif tersebut di FD2; campur ke Repsol GXR Platinum 5W30. Hasil UOAnya ada, silahkan search postingan saya. Sekarang saya sedang gunakan oli yang sama tapi tanpa aditif CTX Ester+Boron yang rencananya akan di UOA juga untuk membandingkan oli tersebut tanpa dan dengan aditif.

Produk lain yang saya cukup puas dari mereka adalah aditif biosolarnya.

FB_IMG_1678248763059.jpg

Terlampir foto filter solar Aspira pada 2GD yang menggunakan biosolar + aditif biosolar CTX. Terpakai sejauh 9052 km. Hanya saja setahu saya, kualitas biosolar bisa bervariasi tergantung SPBU. Bisa saja kebetulan saya selalu dapat yang bersih, bukan pengaruh aditifnya 🙂
om2, tlg sy diberikan pencerahan krn tiba tiba saya dapat ilham pemikiran lain.
kalau pakai additive kan filter solarnya menjadi lbh bersih, artinya kotorannya tidak tersaring di filter. Pertanyaannya, kalau memang aslinya solarnya kotor, terus di kasih obat menjadi bersih, nah terus kotorannya yg sblmnya tercampur di solar skr ada dimana?
kalau di tempat pengolahan limbah di tmpt saya ada air kotor lalu setelah di beri kimia koagulan flokulan (semacam zat pengikat kotoran) dan diaduk maka kotoran tersebut akan menjadi gumpalan2 dan endapan sehingga terpisah dari air menyebabkan air lgs menjadi bening. Lalu air dan gumpalan tinggal dipisah saja.

kalau tetap di dalam tangki dan tidak tersaring (sehingga filter solar bersih) maka apakah artinya kotoran lewat dr filter dan masuk ke mesin??

sy juga sedang pakai additive solar saat ini, memang durasi indikator filter menyala (tanda minta di replace) lebih panjang jika pakai additive.
Kemungkinan ngendap di tangki: jadi spt endapan atau gumpalan juga yaa :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 447
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by saturday »

daimler wrote: Wed Mar 08, 2023 8:22
saturday wrote: Wed Mar 08, 2023 4:16 -cut-

Saya pernah pakai aditif Ester+Boron mereka, campur ke TMO 10W40 untuk motor Scorpio bore-up 77, stroke up 66 (307cc). Yang saya rasakan mesin lebih halus dibanding hanya pakai TMO tanpa dicampur aditif CTX.

Pernah juga pakai aditif tersebut di FD2; campur ke Repsol GXR Platinum 5W30. Hasil UOAnya ada, silahkan search postingan saya. Sekarang saya sedang gunakan oli yang sama tapi tanpa aditif CTX Ester+Boron yang rencananya akan di UOA juga untuk membandingkan oli tersebut tanpa dan dengan aditif.

Produk lain yang saya cukup puas dari mereka adalah aditif biosolarnya.

FB_IMG_1678248763059.jpg

Terlampir foto filter solar Aspira pada 2GD yang menggunakan biosolar + aditif biosolar CTX. Terpakai sejauh 9052 km. Hanya saja setahu saya, kualitas biosolar bisa bervariasi tergantung SPBU. Bisa saja kebetulan saya selalu dapat yang bersih, bukan pengaruh aditifnya 🙂
Mantap sharingnya om :big_exellent:
Pertanyaan yg sama dengan aditip ester lainnya, apakah penguapan olinya jd lebih banyak dibanding sbelum dikasi aditip om?
Karena beberapa page ke belakang ternyata aditip ester memang bikin wear protectionnya jd lebih bagus, cmn NOACK volatilitynya naek jd oli lebih cepet nguap. Akibatnya oli jd ga bisa longdrain
Kalau anda lihat data UOA saya, oli Repsol yang saya tambahkan ester tidak saya long drain; hanya saya pakai sejauh 5900an km dalam jangka waktu nyaris 4 bulan. Tidak ada penguapan yang terjadi, lebih tepatnya belum ada 🫢
rave75
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Aug 31, 2022 4:03
Daily Vehicle: Fortuner VRZ 2016

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by rave75 »

Laporan fortuner VRZ ane uda 10rb pake biosol + CRC 1, pake 100ml tiap full tank. Skrg posisi di km 90rb abis servis. Setelah 10rb jalan, pas servis dikasi liar solar filter (ori) masi bersih banget, jadi ga diganti deh.

Untuk oli saya pake Mobil 1 5W-40, lagi inflasi jadi cari yg paling good value. 150rb 1L. Suara jadi lebi halus dibanding pake Amsoil Signture 5w40, tapi tarikan kurang dikit. Kata bengkel bagusan mesin uda berumur pake 5w40 dibanding 5w30, apa bener?
bryanguppiez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by bryanguppiez »

Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 6:05
babyveloSilver wrote: Tue Mar 07, 2023 4:42 Ijin bertanya om, :big_peace:

1. Masalah per olian
Kalo ganti
A. oli mesin,
B. filter oli,
C. oli persnelling dan
D. oli gardan

itu maksimal per brp ribu kilometer/per berapa bulan ya?

Untuk boil umur lebih dari 10 th apakah oli mesin hanya bisa 10w40 atau bisa pake spesifikasi yg lain? Kalo hanya 10w40 merk yg direkomendasikan apa ya om? Trs untuk kode API yg dipake juga harus SN atau boleh yang lain? Perbedaan kode API itu pengaruhnya apa ya om?


2. Masalah per filteran
Kalo filter AC dan filter udara mesin om-om disini pada ganti per berapa kilometer ya? Tips merawat filter AC dan filter udara mesin bagaimana ya ?

Nb: Boil dipake harian, jarak yg di tempuh kurang lebih 12km untuk PP rumah-kantor, jalanan ada tanjakan dan jalanan ramai lancar, sering main rpm di atas 2rb-3rb, penggunaan AC full selama perjalanan,

Maaf jadi banyak nanya, barangkali ada yang berkenan/ sharing-sharing, sangat ditunggu sharing nya om🙏😁
itungan merk kelas bengkel resmi mbl jepang kebanyakan yaa:
- olmes dan filter oli: tiap 5rb km atau 6 bulan sekali
- oli transmisi matic konvensional atau manual: 2 thn sekali atau 40rb km
- oli matic CVT: 2 tahun sekali atau 20 rb km
- oli gardan: sama spt oli transmisi manual
- radiator coolant dan reservoir: 1-2 tahun sekali
- lendir rem: 1 tahun sekali (max 1,5 tahun)
- lendir power steering: 2 tahun sekali
- filter oli matic (buka oil pan): tiap 80rb km

non lendir:
- filter ac: tiap 1 tahun
- filter udara: cek tiap ganti oli mesin & ganti tiap 1-2 tahun sekali max (tergantung kondisi pulusi udara gmn)

just my opinion spy mbl lbh awet
oot dkit :big_peace: , mbah kl gni gmn mbah? *poin filter matic

Image
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1747
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

bryanguppiez wrote: Fri Mar 10, 2023 2:37
Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 6:05
babyveloSilver wrote: Tue Mar 07, 2023 4:42 Ijin bertanya om, :big_peace:

1. Masalah per olian
Kalo ganti
A. oli mesin,
B. filter oli,
C. oli persnelling dan
D. oli gardan

itu maksimal per brp ribu kilometer/per berapa bulan ya?

Untuk boil umur lebih dari 10 th apakah oli mesin hanya bisa 10w40 atau bisa pake spesifikasi yg lain? Kalo hanya 10w40 merk yg direkomendasikan apa ya om? Trs untuk kode API yg dipake juga harus SN atau boleh yang lain? Perbedaan kode API itu pengaruhnya apa ya om?


2. Masalah per filteran
Kalo filter AC dan filter udara mesin om-om disini pada ganti per berapa kilometer ya? Tips merawat filter AC dan filter udara mesin bagaimana ya ?

Nb: Boil dipake harian, jarak yg di tempuh kurang lebih 12km untuk PP rumah-kantor, jalanan ada tanjakan dan jalanan ramai lancar, sering main rpm di atas 2rb-3rb, penggunaan AC full selama perjalanan,

Maaf jadi banyak nanya, barangkali ada yang berkenan/ sharing-sharing, sangat ditunggu sharing nya om🙏😁
itungan merk kelas bengkel resmi mbl jepang kebanyakan yaa:
- olmes dan filter oli: tiap 5rb km atau 6 bulan sekali
- oli transmisi matic konvensional atau manual: 2 thn sekali atau 40rb km
- oli matic CVT: 2 tahun sekali atau 20 rb km
- oli gardan: sama spt oli transmisi manual
- radiator coolant dan reservoir: 1-2 tahun sekali
- lendir rem: 1 tahun sekali (max 1,5 tahun)
- lendir power steering: 2 tahun sekali
- filter oli matic (buka oil pan): tiap 80rb km

non lendir:
- filter ac: tiap 1 tahun
- filter udara: cek tiap ganti oli mesin & ganti tiap 1-2 tahun sekali max (tergantung kondisi pulusi udara gmn)

just my opinion spy mbl lbh awet
oot dkit :big_peace: , mbah kl gni gmn mbah? *poin filter matic

Image
Selama kita rajin ganti oli matic dan matic ga bermasalah, emang filter lama sekali baru harus ganti.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

bryanguppiez wrote: Fri Mar 10, 2023 2:37
Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 6:05
babyveloSilver wrote: Tue Mar 07, 2023 4:42 Ijin bertanya om, :big_peace:

1. Masalah per olian
Kalo ganti
A. oli mesin,
B. filter oli,
C. oli persnelling dan
D. oli gardan

itu maksimal per brp ribu kilometer/per berapa bulan ya?

Untuk boil umur lebih dari 10 th apakah oli mesin hanya bisa 10w40 atau bisa pake spesifikasi yg lain? Kalo hanya 10w40 merk yg direkomendasikan apa ya om? Trs untuk kode API yg dipake juga harus SN atau boleh yang lain? Perbedaan kode API itu pengaruhnya apa ya om?


2. Masalah per filteran
Kalo filter AC dan filter udara mesin om-om disini pada ganti per berapa kilometer ya? Tips merawat filter AC dan filter udara mesin bagaimana ya ?

Nb: Boil dipake harian, jarak yg di tempuh kurang lebih 12km untuk PP rumah-kantor, jalanan ada tanjakan dan jalanan ramai lancar, sering main rpm di atas 2rb-3rb, penggunaan AC full selama perjalanan,

Maaf jadi banyak nanya, barangkali ada yang berkenan/ sharing-sharing, sangat ditunggu sharing nya om🙏😁
itungan merk kelas bengkel resmi mbl jepang kebanyakan yaa:
- olmes dan filter oli: tiap 5rb km atau 6 bulan sekali
- oli transmisi matic konvensional atau manual: 2 thn sekali atau 40rb km
- oli matic CVT: 2 tahun sekali atau 20 rb km
- oli gardan: sama spt oli transmisi manual
- radiator coolant dan reservoir: 1-2 tahun sekali
- lendir rem: 1 tahun sekali (max 1,5 tahun)
- lendir power steering: 2 tahun sekali
- filter oli matic (buka oil pan): tiap 80rb km

non lendir:
- filter ac: tiap 1 tahun
- filter udara: cek tiap ganti oli mesin & ganti tiap 1-2 tahun sekali max (tergantung kondisi pulusi udara gmn)

just my opinion spy mbl lbh awet
oot dkit :big_peace: , mbah kl gni gmn mbah? *poin filter matic

Image
Ya ini balik ke pilihan masing2 tergantung alokasi budget yaa.

Karena bukan mutlak spt harus ganti ATF rutin :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by mkamil »

silverant wrote: Sat Mar 04, 2023 11:30
RezPrat wrote: Sat Mar 04, 2023 9:58
silverant wrote: Fri Mar 03, 2023 23:49 Saya libat spec nya kok belum ACEA C5 ya om, baik di shell official maupun di toko lain..

Saya cek ACEA A1/B1

Shell ultra yg API SP om, yg Indonesia punya itu Masi API SN plus. Yg SP yg dari Thai. D Toped ada yg jual d sini :
https://tokopedia.link/OZYEuzbhTxb

Disclaimer: ane gak ada hubungan apa2 sama penjualnya or Shell company. :big_biglaugh:
Ooh import ya.. Noted om.. Samar2 kelihatan ada tulisan C5-16
sahabatq8 wrote: Sat Mar 04, 2023 8:09
silverant wrote: Sat Mar 04, 2023 7:43

Iya Om, buat chery nih...
kalo mau pake oli yang approval MB 229.71/229.72 ato bmw long life 14 /17+ fe+ juga bisa tapi itu pun di Indo jarang. Kalo si fuchs yang factory fillnya cherry kyknya gak dijual bebas ya?
Apa ada contoh olinya Gan? :big_peace:

Yg fuchs belum nemu di online gan... Tadi saya sambil coba nanya ke dealet barangkali ada, masih tunggu response.
ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5

https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Profith83 »

rave75 wrote: Wed Mar 08, 2023 17:38 Laporan fortuner VRZ ane uda 10rb pake biosol + CRC 1, pake 100ml tiap full tank. Skrg posisi di km 90rb abis servis. Setelah 10rb jalan, pas servis dikasi liar solar filter (ori) masi bersih banget, jadi ga diganti deh.

Untuk oli saya pake Mobil 1 5W-40, lagi inflasi jadi cari yg paling good value. 150rb 1L. Suara jadi lebi halus dibanding pake Amsoil Signture 5w40, tapi tarikan kurang dikit. Kata bengkel bagusan mesin uda berumur pake 5w40 dibanding 5w30, apa bener?
coba posting gambarnya atau beli dimana link nya
User avatar
silverant
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Sep 16, 2013 6:54
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by silverant »

mkamil wrote: Sun Mar 12, 2023 4:00
silverant wrote: Sat Mar 04, 2023 11:30
RezPrat wrote: Sat Mar 04, 2023 9:58


Shell ultra yg API SP om, yg Indonesia punya itu Masi API SN plus. Yg SP yg dari Thai. D Toped ada yg jual d sini :
https://tokopedia.link/OZYEuzbhTxb

Disclaimer: ane gak ada hubungan apa2 sama penjualnya or Shell company. :big_biglaugh:
Ooh import ya.. Noted om.. Samar2 kelihatan ada tulisan C5-16
sahabatq8 wrote: Sat Mar 04, 2023 8:09
kalo mau pake oli yang approval MB 229.71/229.72 ato bmw long life 14 /17+ fe+ juga bisa tapi itu pun di Indo jarang. Kalo si fuchs yang factory fillnya cherry kyknya gak dijual bebas ya?
Apa ada contoh olinya Gan? :big_peace:

Yg fuchs belum nemu di online gan... Tadi saya sambil coba nanya ke dealet barangkali ada, masih tunggu response.
ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5

https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
Kemarin jalan2 ke shop & D juga sudah ada, Astra Shell ultra helix 0w20 SP
Sudah ACEA C5.

275 rb /liter
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1747
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

silverant wrote: Sun Mar 12, 2023 4:58
mkamil wrote: Sun Mar 12, 2023 4:00
silverant wrote: Sat Mar 04, 2023 11:30
Ooh import ya.. Noted om.. Samar2 kelihatan ada tulisan C5-16


Apa ada contoh olinya Gan? :big_peace:

Yg fuchs belum nemu di online gan... Tadi saya sambil coba nanya ke dealet barangkali ada, masih tunggu response.
ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5

https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
Kemarin jalan2 ke shop & D juga sudah ada, Astra Shell ultra helix 0w20 SP
Sudah ACEA C5.

275 rb /liter
Mahal jg ya 275rb
User avatar
silverant
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Sep 16, 2013 6:54
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by silverant »

sahabatq8 wrote: Sun Mar 12, 2023 5:02
silverant wrote: Sun Mar 12, 2023 4:58
mkamil wrote: Sun Mar 12, 2023 4:00

ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5

https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
Kemarin jalan2 ke shop & D juga sudah ada, Astra Shell ultra helix 0w20 SP
Sudah ACEA C5.

275 rb /liter
Mahal jg ya 275rb
Semoga Q8 segera mendatangkan yg lebih bagus dan lebih murah 😬😬😬🙏
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sun Mar 12, 2023 5:02
silverant wrote: Sun Mar 12, 2023 4:58
mkamil wrote: Sun Mar 12, 2023 4:00

ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5

https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
Kemarin jalan2 ke shop & D juga sudah ada, Astra Shell ultra helix 0w20 SP
Sudah ACEA C5.

275 rb /liter
Mahal jg ya 275rb
Coba approach atpm Chery mbah
So far mereka kan udh ada Fuchs

Mumpung opportunity masih besar
Dan amsoil belum masukin 0w20 euro formula C5 nya :weekk:

Lagipula user chery gak akan masalah sama harga oli kelas kisaran kurleb 200k seliter :mky_03:
Last edited by Suryaputra on Sun Mar 12, 2023 5:17, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

mkamil wrote: Sun Mar 12, 2023 4:00
silverant wrote: Sat Mar 04, 2023 11:30
RezPrat wrote: Sat Mar 04, 2023 9:58


Shell ultra yg API SP om, yg Indonesia punya itu Masi API SN plus. Yg SP yg dari Thai. D Toped ada yg jual d sini :
https://tokopedia.link/OZYEuzbhTxb

Disclaimer: ane gak ada hubungan apa2 sama penjualnya or Shell company. :big_biglaugh:
Ooh import ya.. Noted om.. Samar2 kelihatan ada tulisan C5-16
sahabatq8 wrote: Sat Mar 04, 2023 8:09
kalo mau pake oli yang approval MB 229.71/229.72 ato bmw long life 14 /17+ fe+ juga bisa tapi itu pun di Indo jarang. Kalo si fuchs yang factory fillnya cherry kyknya gak dijual bebas ya?
Apa ada contoh olinya Gan? :big_peace:

Yg fuchs belum nemu di online gan... Tadi saya sambil coba nanya ke dealet barangkali ada, masih tunggu response.
ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5

https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
Alternatif cukup ok lah
Meskipun PurePlusnya punya tendensi penguapan relatif lbh tinggi dibanding oli sekelas yaa

Main di hi rpm gak usah sering2.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1747
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

silverant wrote: Sun Mar 12, 2023 5:07
sahabatq8 wrote: Sun Mar 12, 2023 5:02
silverant wrote: Sun Mar 12, 2023 4:58
Kemarin jalan2 ke shop & D juga sudah ada, Astra Shell ultra helix 0w20 SP
Sudah ACEA C5.

275 rb /liter
Mahal jg ya 275rb
Semoga Q8 segera mendatangkan yg lebih bagus dan lebih murah 😬😬😬🙏
Lebih bagus pasti dong, ada approval 229.72 mercy mobil 400hp dikasih 0w20 😲. Tapi kalo lebih murah gak mungkin sih :mky_01: