Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1867
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Akmalig wrote: Wed Aug 30, 2023 8:28
sahabatq8 wrote: Wed Aug 30, 2023 4:48
Akmalig wrote: Wed Aug 30, 2023 4:19 minta pendapatnya nih suhu2.. mobil sy reborn 2GD manual. kira2 oli gardan n transmisi harga ekonomis (kisaran 75rb-80rban) dgn standar gl-5 80w90 yg terbaik dan tahan 30-35rb km pake apa ya? apakah eneos sudah bagus? atau ada rekomendasi lain??
liat yg 75w90 macem T65 n mbl1 kok wow bgt harganya😭🤣 emg ya ada harga ada kualitas
Kalo budget ada lebih dikit pake T55 80w90 aja untuk pake 40rb km cukup.
T65 itu memang oli high end, gearbox ferrari aja pake itu mantul :big_peace:
lumayan juga ya harganya, tapi kalo bikin power supply lebih ok sih menarik juga
Kalo gardan biasanya efeknya gak se berasa oli mesin/matic tapi berasa lebih effortless gelindingnya
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1175
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by t105erd »

Akmalig wrote: Wed Aug 30, 2023 8:02
t105erd wrote: Wed Aug 30, 2023 5:25
Akmalig wrote: Wed Aug 30, 2023 4:19 minta pendapatnya nih suhu2.. mobil sy reborn 2GD manual. kira2 oli gardan n transmisi harga ekonomis (kisaran 75rb-80rban) dgn standar gl-5 80w90 yg terbaik dan tahan 30-35rb km pake apa ya? apakah eneos sudah bagus? atau ada rekomendasi lain??
liat yg 75w90 macem T65 n mbl1 kok wow bgt harganya😭🤣 emg ya ada harga ada kualitas
Transmisi Rored MTF
Gardan Rored HDA 90
Udah paling bener deh om, no complain.
klo antara eneos 80w90 ama ptt 80w90 lebih oke mana kira2?🤔
Wah saya ga pernah pakai 2 merk itu om, kalo urusan gearbox dan gardan saya pakai Pertamina aja, paling mentok2 juga Shell spirax doang nih di mobil pribadi. Mobil barang yaa 2 itu, padahal penggunaan heavy duty, angkut cor2an buat gorong2 :big_biglaugh:
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ariswp »

Mz175 wrote: Wed Aug 30, 2023 5:33
ariswp wrote: Wed Aug 30, 2023 5:03
Greenhunter wrote: Tue Aug 29, 2023 14:01 Minta pendapatnya : mobil OGL L10 tahun 2008.
1. Ganti oli matic 4 liter tiap 10.000 km tanpa pernah flush
2. Tanpa ganti oli langsung flush tiap 20.000 km

Kira kira mana yang lebih baik ? Atau ada ide pilihan langkah nomer 3 bagaimana menjaga transmisi sehat ?
Saya sih menghindari metode flush dengan mesin
L10 masi 4AT khan? Aman pake bgt kok ganti biasa per 20rb km
Tapi lebih baik upgrade olinya misal pake yang udah DEX VI, kayak aisin afw vi, ptt auto lv, castrol mv6 dll
Numpang tanya. Kalau ganti merk apa perlu diflush atau dicampur saja? Sama sama dexron 6 oli maticnya
Campur saja, tidak ada masalah
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

ariswp wrote: Wed Aug 30, 2023 5:03
Greenhunter wrote: Tue Aug 29, 2023 14:01 Minta pendapatnya : mobil OGL L10 tahun 2008.
1. Ganti oli matic 4 liter tiap 10.000 km tanpa pernah flush
2. Tanpa ganti oli langsung flush tiap 20.000 km

Kira kira mana yang lebih baik ? Atau ada ide pilihan langkah nomer 3 bagaimana menjaga transmisi sehat ?
Saya sih menghindari metode flush dengan mesin
L10 masi 4AT khan? Aman pake bgt kok ganti biasa per 20rb km
Tapi lebih baik upgrade olinya misal pake yang udah DEX VI, kayak aisin afw vi, ptt auto lv, castrol mv6 dll
1. Om @ariswp kenapa menghindari flushing pakai mesin ? Ada sesuatukah ?
Terakhir saya flushing pakai mesin atf changer dengan aisin AFW + sdh jalan 6000an km setelah flushing itu sejauh ini tdk ada yg aneh.
2. OGL dibukman mintanya nissan matic D yang mana compatible dengan dexron 3. Kalau diganti dengan dexron VI apakah masih compatible ?
3. Ada user lain, om @teebla88 dipostingan ini
viewtopic.php?p=1265111#p1265111
beliau memakai aisin AFW VI di march dan menurut beliau aman aman aja, masalahnya antara OGL dan march gak bisa disamaain karena menurut bukman OGL mintanya nissan matic D, nissan march mintanya nissan matic S yang memang setara dengan dexron 6.
4. Ganti biasa per 20rb km itu ganti 4 liter yg di oli carter aja atau ganti total 8 liter ? Pakai cara apa ? Gerlong ?
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by blloewy »

Greenhunter wrote: Tue Aug 29, 2023 14:01 Minta pendapatnya : mobil OGL L10 tahun 2008.
1. Ganti oli matic 4 liter tiap 10.000 km tanpa pernah flush
2. Tanpa ganti oli langsung flush tiap 20.000 km

Kira kira mana yang lebih baik ? Atau ada ide pilihan langkah nomer 3 bagaimana menjaga transmisi sehat ?
Livina khan?
Liat kondisi aja gmn pemakaiannya dan kondisi olinya.
Kl mau aman ya pilihan no 1 lbh baik.
Kl terkendala budget ya opsi no 2.
Sesuaikan aja ama budget yg om pny... :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ariswp »

Greenhunter wrote: Wed Aug 30, 2023 11:47
ariswp wrote: Wed Aug 30, 2023 5:03
Greenhunter wrote: Tue Aug 29, 2023 14:01 Minta pendapatnya : mobil OGL L10 tahun 2008.
1. Ganti oli matic 4 liter tiap 10.000 km tanpa pernah flush
2. Tanpa ganti oli langsung flush tiap 20.000 km

Kira kira mana yang lebih baik ? Atau ada ide pilihan langkah nomer 3 bagaimana menjaga transmisi sehat ?
Saya sih menghindari metode flush dengan mesin
L10 masi 4AT khan? Aman pake bgt kok ganti biasa per 20rb km
Tapi lebih baik upgrade olinya misal pake yang udah DEX VI, kayak aisin afw vi, ptt auto lv, castrol mv6 dll
1. Om @ariswp kenapa menghindari flushing pakai mesin ? Ada sesuatukah ?
Terakhir saya flushing pakai mesin atf changer dengan aisin AFW + sdh jalan 6000an km setelah flushing itu sejauh ini tdk ada yg aneh.
2. OGL dibukman mintanya nissan matic D yang mana compatible dengan dexron 3. Kalau diganti dengan dexron VI apakah masih compatible ?
3. Ada user lain, om @teebla88 dipostingan ini
viewtopic.php?p=1265111#p1265111
beliau memakai aisin AFW VI di march dan menurut beliau aman aman aja, masalahnya antara OGL dan march gak bisa disamaain karena menurut bukman OGL mintanya nissan matic D, nissan march mintanya nissan matic S yang memang setara dengan dexron 6.
4. Ganti biasa per 20rb km itu ganti 4 liter yg di oli carter aja atau ganti total 8 liter ? Pakai cara apa ? Gerlong ?
1. Saya ada pengalaman flushing dari honda z1 bawaan ke castrol transmax botol emas hasilnya kurang enak, malah ada rasa selip2
Berikutnya drain and refill 3 liter aja dengan atf yg sama malah lebih enak
2. Dexron VI klaimnya memang backward compatible dengan Denxron III jadi bisa dipakai menggantikan Dexron III, lalu untuk pengalaman pribadi honda 5AT bawaannya Z1 dan Castrol Transmax yg speknya setara Dex IIIH, lalu skrg pindah ke PTT LV1 dan Aisin AFW VI yang Dex VI hasilnya jauuuh lebih enak, selip berkurang, perpindahan lebih sigap
Teorinya sih base oil dex vi yg bagus memang cst awal lebih encer tapi degradasi keencerannya lebih baik dari dex III
Misal cst awal dex III 7.2cst sementara dex VI 6.0 tapi ketika dipakai sama2 misal setelah 20rb km maka keenceran dex III mungkin sudah di 5.2cst, sementara dex VI bertahan di 5.6cst
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9799
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

ariswp wrote: Wed Aug 30, 2023 23:55
Greenhunter wrote: Wed Aug 30, 2023 11:47
ariswp wrote: Wed Aug 30, 2023 5:03

Saya sih menghindari metode flush dengan mesin
L10 masi 4AT khan? Aman pake bgt kok ganti biasa per 20rb km
Tapi lebih baik upgrade olinya misal pake yang udah DEX VI, kayak aisin afw vi, ptt auto lv, castrol mv6 dll
1. Om @ariswp kenapa menghindari flushing pakai mesin ? Ada sesuatukah ?
Terakhir saya flushing pakai mesin atf changer dengan aisin AFW + sdh jalan 6000an km setelah flushing itu sejauh ini tdk ada yg aneh.
2. OGL dibukman mintanya nissan matic D yang mana compatible dengan dexron 3. Kalau diganti dengan dexron VI apakah masih compatible ?
3. Ada user lain, om @teebla88 dipostingan ini
viewtopic.php?p=1265111#p1265111
beliau memakai aisin AFW VI di march dan menurut beliau aman aman aja, masalahnya antara OGL dan march gak bisa disamaain karena menurut bukman OGL mintanya nissan matic D, nissan march mintanya nissan matic S yang memang setara dengan dexron 6.
4. Ganti biasa per 20rb km itu ganti 4 liter yg di oli carter aja atau ganti total 8 liter ? Pakai cara apa ? Gerlong ?
1. Saya ada pengalaman flushing dari honda z1 bawaan ke castrol transmax botol emas hasilnya kurang enak, malah ada rasa selip2
Berikutnya drain and refill 3 liter aja dengan atf yg sama malah lebih enak
2. Dexron VI klaimnya memang backward compatible dengan Denxron III jadi bisa dipakai menggantikan Dexron III, lalu untuk pengalaman pribadi honda 5AT bawaannya Z1 dan Castrol Transmax yg speknya setara Dex IIIH, lalu skrg pindah ke PTT LV1 dan Aisin AFW VI yang Dex VI hasilnya jauuuh lebih enak, selip berkurang, perpindahan lebih sigap
Teorinya sih base oil dex vi yg bagus memang cst awal lebih encer tapi degradasi keencerannya lebih baik dari dex III
Misal cst awal dex III 7.2cst sementara dex VI 6.0 tapi ketika dipakai sama2 misal setelah 20rb km maka keenceran dex III mungkin sudah di 5.2cst, sementara dex VI bertahan di 5.6cst
1. yep spt itu lebih baik mbah master.

Karena, klo diflush = material anti-selip koplingnya ikut luruh.
material anti-selip kopling itu berasal dari kampas koplingnya sendiri.
dan itu dibutuhkan, untuk mekanisme lockup-clutch lbh optimal.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1175
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by t105erd »

Greenhunter wrote: Wed Aug 30, 2023 11:47
ariswp wrote: Wed Aug 30, 2023 5:03
Greenhunter wrote: Tue Aug 29, 2023 14:01 Minta pendapatnya : mobil OGL L10 tahun 2008.
1. Ganti oli matic 4 liter tiap 10.000 km tanpa pernah flush
2. Tanpa ganti oli langsung flush tiap 20.000 km

Kira kira mana yang lebih baik ? Atau ada ide pilihan langkah nomer 3 bagaimana menjaga transmisi sehat ?
Saya sih menghindari metode flush dengan mesin
L10 masi 4AT khan? Aman pake bgt kok ganti biasa per 20rb km
Tapi lebih baik upgrade olinya misal pake yang udah DEX VI, kayak aisin afw vi, ptt auto lv, castrol mv6 dll
1. Om @ariswp kenapa menghindari flushing pakai mesin ? Ada sesuatukah ?
Terakhir saya flushing pakai mesin atf changer dengan aisin AFW + sdh jalan 6000an km setelah flushing itu sejauh ini tdk ada yg aneh.
2. OGL dibukman mintanya nissan matic D yang mana compatible dengan dexron 3. Kalau diganti dengan dexron VI apakah masih compatible ?
3. Ada user lain, om @teebla88 dipostingan ini
viewtopic.php?p=1265111#p1265111
beliau memakai aisin AFW VI di march dan menurut beliau aman aman aja, masalahnya antara OGL dan march gak bisa disamaain karena menurut bukman OGL mintanya nissan matic D, nissan march mintanya nissan matic S yang memang setara dengan dexron 6.
4. Ganti biasa per 20rb km itu ganti 4 liter yg di oli carter aja atau ganti total 8 liter ? Pakai cara apa ? Gerlong ?
Kalo menurut saya sih flushing di transmisi matik bukan langkah pemeliharaan/preventive maintenance tapi lebih ke arah perbaikan/corrective maintenance yang dilakukan kalo ada terjadi kerusakan/malfungsi di transmisi matik biasanya di flush dulu sebelum dilakukan overhaul.
Jadi selama kita tau history itu mobil, ngapain di flush, langsung aja ganti oli kaya biasa sesuai takaran di buku manual dan pakai yang sesuai spek pabrik, ganti tiap 20rb - 40rb km. Sama kaya di mesin, flushing dilakukan saat mesin dah muncul kerak/varnish tebel karena telat ganti oli dll, jadi ngapain di flushing itu mesin pakai flushing oil/semacamnya kalo kita tau perawatan kita kaya gimana. Kecuali mobil seken yg udah mulai agak kerak boleh lah di flushing dulu sebelum ganti oli, tapi yaa jangan tiap mau ganti oli dicampur cairan flushing, yang ada oil film di mesin ilang, soalnya cairan flush itu banyakan pakai kerosine dan semcamnya yang ngilangin sisa2 oli lama, kaya cuci tangan pakai sabun, tangan jadi keset. Kalo udah gitu malah bikin aus mesin.
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

t105erd wrote: Thu Aug 31, 2023 4:41
Greenhunter wrote: Wed Aug 30, 2023 11:47
ariswp wrote: Wed Aug 30, 2023 5:03

Saya sih menghindari metode flush dengan mesin
L10 masi 4AT khan? Aman pake bgt kok ganti biasa per 20rb km
Tapi lebih baik upgrade olinya misal pake yang udah DEX VI, kayak aisin afw vi, ptt auto lv, castrol mv6 dll
1. Om @ariswp kenapa menghindari flushing pakai mesin ? Ada sesuatukah ?
Terakhir saya flushing pakai mesin atf changer dengan aisin AFW + sdh jalan 6000an km setelah flushing itu sejauh ini tdk ada yg aneh.
2. OGL dibukman mintanya nissan matic D yang mana compatible dengan dexron 3. Kalau diganti dengan dexron VI apakah masih compatible ?
3. Ada user lain, om @teebla88 dipostingan ini
viewtopic.php?p=1265111#p1265111
beliau memakai aisin AFW VI di march dan menurut beliau aman aman aja, masalahnya antara OGL dan march gak bisa disamaain karena menurut bukman OGL mintanya nissan matic D, nissan march mintanya nissan matic S yang memang setara dengan dexron 6.
4. Ganti biasa per 20rb km itu ganti 4 liter yg di oli carter aja atau ganti total 8 liter ? Pakai cara apa ? Gerlong ?
Kalo menurut saya sih flushing di transmisi matik bukan langkah pemeliharaan/preventive maintenance tapi lebih ke arah perbaikan/corrective maintenance yang dilakukan kalo ada terjadi kerusakan/malfungsi di transmisi matik biasanya di flush dulu sebelum dilakukan overhaul.
Jadi selama kita tau history itu mobil, ngapain di flush, langsung aja ganti oli kaya biasa sesuai takaran di buku manual dan pakai yang sesuai spek pabrik, ganti tiap 20rb - 40rb km. Sama kaya di mesin, flushing dilakukan saat mesin dah muncul kerak/varnish tebel karena telat ganti oli dll, jadi ngapain di flushing itu mesin pakai flushing oil/semacamnya kalo kita tau perawatan kita kaya gimana. Kecuali mobil seken yg udah mulai agak kerak boleh lah di flushing dulu sebelum ganti oli, tapi yaa jangan tiap mau ganti oli dicampur cairan flushing, yang ada oil film di mesin ilang, soalnya cairan flush itu banyakan pakai kerosine dan semcamnya yang ngilangin sisa2 oli lama, kaya cuci tangan pakai sabun, tangan jadi keset. Kalo udah gitu malah bikin aus mesin.
Setelah mempertimbangkan semua masukan yng ada kayaknya saya akan ikut aliran ganti oli matic di bak carter saja tiap 10.000 km.
Pertanyaan berikutnya : apakah filter oli matic perlu diganti ? Atau dibersihkan saja ?
Setelah pemakaian berapa km patokannya ?
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1175
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by t105erd »

Greenhunter wrote: Thu Aug 31, 2023 11:22
t105erd wrote: Thu Aug 31, 2023 4:41
Greenhunter wrote: Wed Aug 30, 2023 11:47

1. Om @ariswp kenapa menghindari flushing pakai mesin ? Ada sesuatukah ?
Terakhir saya flushing pakai mesin atf changer dengan aisin AFW + sdh jalan 6000an km setelah flushing itu sejauh ini tdk ada yg aneh.
2. OGL dibukman mintanya nissan matic D yang mana compatible dengan dexron 3. Kalau diganti dengan dexron VI apakah masih compatible ?
3. Ada user lain, om @teebla88 dipostingan ini
viewtopic.php?p=1265111#p1265111
beliau memakai aisin AFW VI di march dan menurut beliau aman aman aja, masalahnya antara OGL dan march gak bisa disamaain karena menurut bukman OGL mintanya nissan matic D, nissan march mintanya nissan matic S yang memang setara dengan dexron 6.
4. Ganti biasa per 20rb km itu ganti 4 liter yg di oli carter aja atau ganti total 8 liter ? Pakai cara apa ? Gerlong ?
Kalo menurut saya sih flushing di transmisi matik bukan langkah pemeliharaan/preventive maintenance tapi lebih ke arah perbaikan/corrective maintenance yang dilakukan kalo ada terjadi kerusakan/malfungsi di transmisi matik biasanya di flush dulu sebelum dilakukan overhaul.
Jadi selama kita tau history itu mobil, ngapain di flush, langsung aja ganti oli kaya biasa sesuai takaran di buku manual dan pakai yang sesuai spek pabrik, ganti tiap 20rb - 40rb km. Sama kaya di mesin, flushing dilakukan saat mesin dah muncul kerak/varnish tebel karena telat ganti oli dll, jadi ngapain di flushing itu mesin pakai flushing oil/semacamnya kalo kita tau perawatan kita kaya gimana. Kecuali mobil seken yg udah mulai agak kerak boleh lah di flushing dulu sebelum ganti oli, tapi yaa jangan tiap mau ganti oli dicampur cairan flushing, yang ada oil film di mesin ilang, soalnya cairan flush itu banyakan pakai kerosine dan semcamnya yang ngilangin sisa2 oli lama, kaya cuci tangan pakai sabun, tangan jadi keset. Kalo udah gitu malah bikin aus mesin.
Setelah mempertimbangkan semua masukan yng ada kayaknya saya akan ikut aliran ganti oli matic di bak carter saja tiap 10.000 km.
Pertanyaan berikutnya : apakah filter oli matic perlu diganti ? Atau dibersihkan saja ?
Setelah pemakaian berapa km patokannya ?
Modelnya strainer kaya saringan apa elemen kertas?
Kalo strainer mah bisa di bersihin pakai lagi, kalo elemen kertas kaya filter oli di ganti. Pastikan aja tuh sisa paking lama bersih, baik di oil pan atau di gearbox nya biar ga rembes nanti pas dipasang lagi
10rb km mah masih bening itu olinya. Tapi gapapa juga sih boar awet
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

t105erd wrote: Thu Aug 31, 2023 13:23 Modelnya strainer kaya saringan apa elemen kertas?
Kalo strainer mah bisa di bersihin pakai lagi, kalo elemen kertas kaya filter oli di ganti. Pastikan aja tuh sisa paking lama bersih, baik di oil pan atau di gearbox nya biar ga rembes nanti pas dipasang lagi
10rb km mah masih bening itu olinya. Tapi gapapa juga sih boar awet
Siap om@t105erd, model strainer. 10.000 km ganti 3 liter yg di bak carter karena aisin AfW + umurnya 20.000 km saja
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1175
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by t105erd »

Greenhunter wrote: Thu Aug 31, 2023 14:06
t105erd wrote: Thu Aug 31, 2023 13:23 Modelnya strainer kaya saringan apa elemen kertas?
Kalo strainer mah bisa di bersihin pakai lagi, kalo elemen kertas kaya filter oli di ganti. Pastikan aja tuh sisa paking lama bersih, baik di oil pan atau di gearbox nya biar ga rembes nanti pas dipasang lagi
10rb km mah masih bening itu olinya. Tapi gapapa juga sih boar awet
Siap om@t105erd, model strainer. 10.000 km ganti 3 liter yg di bak carter karena aisin AfW + umurnya 20.000 km saja
Pakai oli matik sapujagat andalan coba Valvoline maxlife :big_biglaugh:
Papertwo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Apr 06, 2021 12:01
Location: Depok
Daily Vehicle: Kia all new rio

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Papertwo »

Misi suhu minta rekomendasi oli gardan dan atf, Mbl all new terios 2018 skrg lg pake oli gardan aisin sm atfnya aisin afw+, interval penggantian kedua oli tsb idealnya brp km?
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

Minta sarannya lagi para senior.
OGL saat ini kondisinya jalan 5000 km setelah flushing pakai mesin dengan aisin AFW+. Karena banyakbygvmenyarankan untuk ganti yg lebih encer, saya berencana buka bak oli matic saja dan refill dengan aisin AFW Vl. Apakah hal ini diperbolehkan ataukah harus flush lagi dari afw+ pakai mesin ke afw vi ? Pertimbangan saya karena barusan flush dan untuk hemat biaya. Kira kira apakah masalah ?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9799
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Greenhunter wrote: Fri Sep 01, 2023 12:39 Minta sarannya lagi para senior.
OGL saat ini kondisinya jalan 5000 km setelah flushing pakai mesin dengan aisin AFW+. Karena bbrp org menyarankan untuk ganti yg lebih encer, saya berencana buka bak oli matic saja dan refill dengan aisin AFW Vl. Apakah hal ini diperbolehkan ataukah harus flush lagi dari afw+ pakai mesin ke afw vi ? Pertimbangan saya karena barusan flush dan untuk hemat biaya. Kira kira apakah masalah ?
Gak usah flush
Drain and refill ajah.

Klo mau lbh terasa efek lendir encer, drain & refill 2x
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
FordBadak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Fri Feb 10, 2017 10:22
Location: bekasi
Daily Vehicle: K14B Duratorq TDCI 1KR-VET

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by FordBadak »

Bertanya Mbah, oli cvt raize itu di flush brp lama ya? Di beres suruh 100rb km. Tp hati ga enak rasanya sampe 100rb km. Apakah tiap 40rb km cukup tanpa ganti?
https://www.tokopedia.com/os-custom
www.shopee.co.id/oscustom
https://www.blibli.com/merchant/bombardier-store/BOS-60039
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1175
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by t105erd »

FordBadak wrote: Fri Sep 01, 2023 13:42 Bertanya Mbah, oli cvt raize itu di flush brp lama ya? Di beres suruh 100rb km. Tp hati ga enak rasanya sampe 100rb km. Apakah tiap 40rb km cukup tanpa ganti?
Beres kadang sesat, di ganti biasa aja ga usah di flush. Max 40rb km boleh kalo pakai cvt fluid yg mahal, tapi kalo mobil baru pakai 20rb km pertama ganti aja sekalian filternya kalo ada.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 513
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by RezPrat »

Papertwo wrote: Fri Sep 01, 2023 3:22 Misi suhu minta rekomendasi oli gardan dan atf, Mbl all new terios 2018 skrg lg pake oli gardan aisin sm atfnya aisin afw+, interval penggantian kedua oli tsb idealnya brp km?
Menurut pendapat saya, oli gardan ganti tiap 30rb KM (saya pake d Innova 25k km Masi bening bgt).
Oli ATF, ganti tap baut aja tiap 20rb km, nanti tiap 60rb km d flush.

KLO saya pribadi atf tiap 40k km d flush(gak pake tap in between ,Krn ribet) tapi d 17 RB km pertama saya ganti atf ke full sync dgn cara flush.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1867
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

RezPrat wrote: Sat Sep 02, 2023 1:23
Papertwo wrote: Fri Sep 01, 2023 3:22 Misi suhu minta rekomendasi oli gardan dan atf, Mbl all new terios 2018 skrg lg pake oli gardan aisin sm atfnya aisin afw+, interval penggantian kedua oli tsb idealnya brp km?
KLO saya pribadi atf tiap 40k km d flush(gak pake tap in between ,Krn ribet) tapi d 17 RB km pertama saya ganti atf ke full sync dgn cara flush.
Sama saya kyk om, ribet tap, jatoh jatohnya juga harganya mirip kalo interval lebih pendek. Saya jg kurang sreg kalo cara di tap itu kyk bikin gorengan tapi minyaknya gak pernah di ganti ada bau minyak bekasnya :big_biglaugh: . At some point berarti ada sisa atf dari awal yang udah di pake melebihi masa pakainya.

Misalnya setiap kali tap oli terganti 40% brati setiap kali tap sisa konsentrasi oli lama pertama makin turun tapi mungkin bisa 5-6 x tap baru negligible.

100%> 60%> 36%> 21%> 13% ... Dan seterusnya.
Akmalig
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Nov 07, 2020 2:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Innova 2gd manual

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Akmalig »

tulalit wrote: Mon May 29, 2023 2:33 kl 75w-90 bisa juga coba speedline tuh . banyak temen2 di GD pake itu skrg
bisa dipake sampe 40rb ga tuh kalo speedline?🤔🤔
Papertwo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Apr 06, 2021 12:01
Location: Depok
Daily Vehicle: Kia all new rio

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Papertwo »

RezPrat wrote: Sat Sep 02, 2023 1:23
Papertwo wrote: Fri Sep 01, 2023 3:22 Misi suhu minta rekomendasi oli gardan dan atf, Mbl all new terios 2018 skrg lg pake oli gardan aisin sm atfnya aisin afw+, interval penggantian kedua oli tsb idealnya brp km?
Menurut pendapat saya, oli gardan ganti tiap 30rb KM (saya pake d Innova 25k km Masi bening bgt).
Oli ATF, ganti tap baut aja tiap 20rb km, nanti tiap 60rb km d flush.

KLO saya pribadi atf tiap 40k km d flush(gak pake tap in between ,Krn ribet) tapi d 17 RB km pertama saya ganti atf ke full sync dgn cara flush.
sahabatq8 wrote: Sat Sep 02, 2023 2:28
RezPrat wrote: Sat Sep 02, 2023 1:23
Papertwo wrote: Fri Sep 01, 2023 3:22 Misi suhu minta rekomendasi oli gardan dan atf, Mbl all new terios 2018 skrg lg pake oli gardan aisin sm atfnya aisin afw+, interval penggantian kedua oli tsb idealnya brp km?
KLO saya pribadi atf tiap 40k km d flush(gak pake tap in between ,Krn ribet) tapi d 17 RB km pertama saya ganti atf ke full sync dgn cara flush.
Sama saya kyk om, ribet tap, jatoh jatohnya juga harganya mirip kalo interval lebih pendek. Saya jg kurang sreg kalo cara di tap itu kyk bikin gorengan tapi minyaknya gak pernah di ganti ada bau minyak bekasnya :big_biglaugh: . At some point berarti ada sisa atf dari awal yang udah di pake melebihi masa pakainya.

Misalnya setiap kali tap oli terganti 40% brati setiap kali tap sisa konsentrasi oli lama pertama makin turun tapi mungkin bisa 5-6 x tap baru negligible.

100%> 60%> 36%> 21%> 13% ... Dan seterusnya.
Oli gardan dan atf yg rekomen apa ya om kira2?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1867
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Papertwo wrote: Sat Sep 02, 2023 6:32
RezPrat wrote: Sat Sep 02, 2023 1:23
Papertwo wrote: Fri Sep 01, 2023 3:22 Misi suhu minta rekomendasi oli gardan dan atf, Mbl all new terios 2018 skrg lg pake oli gardan aisin sm atfnya aisin afw+, interval penggantian kedua oli tsb idealnya brp km?
Menurut pendapat saya, oli gardan ganti tiap 30rb KM (saya pake d Innova 25k km Masi bening bgt).
Oli ATF, ganti tap baut aja tiap 20rb km, nanti tiap 60rb km d flush.

KLO saya pribadi atf tiap 40k km d flush(gak pake tap in between ,Krn ribet) tapi d 17 RB km pertama saya ganti atf ke full sync dgn cara flush.
sahabatq8 wrote: Sat Sep 02, 2023 2:28
RezPrat wrote: Sat Sep 02, 2023 1:23

KLO saya pribadi atf tiap 40k km d flush(gak pake tap in between ,Krn ribet) tapi d 17 RB km pertama saya ganti atf ke full sync dgn cara flush.
Sama saya kyk om, ribet tap, jatoh jatohnya juga harganya mirip kalo interval lebih pendek. Saya jg kurang sreg kalo cara di tap itu kyk bikin gorengan tapi minyaknya gak pernah di ganti ada bau minyak bekasnya :big_biglaugh: . At some point berarti ada sisa atf dari awal yang udah di pake melebihi masa pakainya.

Misalnya setiap kali tap oli terganti 40% brati setiap kali tap sisa konsentrasi oli lama pertama makin turun tapi mungkin bisa 5-6 x tap baru negligible.

100%> 60%> 36%> 21%> 13% ... Dan seterusnya.
Oli gardan dan atf yg rekomen apa ya om kira2?
Pake Q8 Auto Jk sama T55 80w90
Papertwo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Apr 06, 2021 12:01
Location: Depok
Daily Vehicle: Kia all new rio

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Papertwo »

sahabatq8 wrote: Sat Sep 02, 2023 8:01
Papertwo wrote: Sat Sep 02, 2023 6:32
RezPrat wrote: Sat Sep 02, 2023 1:23

Menurut pendapat saya, oli gardan ganti tiap 30rb KM (saya pake d Innova 25k km Masi bening bgt).
Oli ATF, ganti tap baut aja tiap 20rb km, nanti tiap 60rb km d flush.

KLO saya pribadi atf tiap 40k km d flush(gak pake tap in between ,Krn ribet) tapi d 17 RB km pertama saya ganti atf ke full sync dgn cara flush.
sahabatq8 wrote: Sat Sep 02, 2023 2:28
Sama saya kyk om, ribet tap, jatoh jatohnya juga harganya mirip kalo interval lebih pendek. Saya jg kurang sreg kalo cara di tap itu kyk bikin gorengan tapi minyaknya gak pernah di ganti ada bau minyak bekasnya :big_biglaugh: . At some point berarti ada sisa atf dari awal yang udah di pake melebihi masa pakainya.

Misalnya setiap kali tap oli terganti 40% brati setiap kali tap sisa konsentrasi oli lama pertama makin turun tapi mungkin bisa 5-6 x tap baru negligible.

100%> 60%> 36%> 21%> 13% ... Dan seterusnya.
Oli gardan dan atf yg rekomen apa ya om kira2?
Pake Q8 Auto Jk sama T55 80w90
Keduanya bisa buat brp km om?
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 513
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by RezPrat »

sahabatq8 wrote: Sat Sep 02, 2023 2:28
RezPrat wrote: Sat Sep 02, 2023 1:23
Papertwo wrote: Fri Sep 01, 2023 3:22 Misi suhu minta rekomendasi oli gardan dan atf, Mbl all new terios 2018 skrg lg pake oli gardan aisin sm atfnya aisin afw+, interval penggantian kedua oli tsb idealnya brp km?
KLO saya pribadi atf tiap 40k km d flush(gak pake tap in between ,Krn ribet) tapi d 17 RB km pertama saya ganti atf ke full sync dgn cara flush.
Sama saya kyk om, ribet tap, jatoh jatohnya juga harganya mirip kalo interval lebih pendek. Saya jg kurang sreg kalo cara di tap itu kyk bikin gorengan tapi minyaknya gak pernah di ganti ada bau minyak bekasnya :big_biglaugh: . At some point berarti ada sisa atf dari awal yang udah di pake melebihi masa pakainya.

Misalnya setiap kali tap oli terganti 40% brati setiap kali tap sisa konsentrasi oli lama pertama makin turun tapi mungkin bisa 5-6 x tap baru negligible.

100%> 60%> 36%> 21%> 13% ... Dan seterusnya.
Iya, apalagi kalo mau ganti merek, baik nya d flush, agak ragu juga kalo beda formula kecampur gitu secara tranny ini sensitive bgt sama fluid nya. Trus kalo di tap harus sering ngolong/ngebengkel hahah waktu terbuang... :big_biglaugh:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1867
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Papertwo wrote: Sat Sep 02, 2023 16:01
sahabatq8 wrote: Sat Sep 02, 2023 8:01
Papertwo wrote: Sat Sep 02, 2023 6:32


Oli gardan dan atf yg rekomen apa ya om kira2?
Pake Q8 Auto Jk sama T55 80w90
Keduanya bisa buat brp km om?
40rb km/2 tahun ok.