[Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1081
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by Mamang555 »

Ga mau ribet. Toh murah jg oli beres
Maklum masi pake mobil jadul umur udah 9 taon

Ntah kalo nanti ada rejeki beli mobil anyar diatas stgh milyard. Mungkin iseng kasi oli sultan deh wkwkw
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by kenop »

omnyanaira wrote: Wed Aug 31, 2022 0:04
kenop wrote: Tue Aug 30, 2022 6:17 Pake SGO dr baru sampe 160rb km pas dijual, krn murah dan sekalian servis berkala (yg jasanya murah jg di suzuki)
Klo skrg pas udh ganti XP pake olinya apa om kenop??
Oli mitsubhisi jg kah om?
Iyoo om, mumpung msh gratis :big_peace:
Sm biar ngga usah pindah2 bengkel buat ganti oli sm servis berkalanya
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by ariswp »

b0ku wrote: Mon Aug 29, 2022 23:40 itumah oli alakadarnya kualitas asal gelinding harga premium mendingan beli merek yang mahal sekalian :big_bored:

kalo gearbox baru mendingan pake bawaan soalnya ud ngalamin jebol gara2x salah pilih oli padahal ud pake spek diatas :big_bored:
Penasaran ini om b0ku pake gerobak apa dan atf aftermarketnya apa, H tegak kah? Soalnya 5AT jadulnya pernah dibedah oleh member BiTOG rada beda, dan kandungan ATF Z1/DW1 juga rada beda dengan kebanyakan ATF lain
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by DOHC »

Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by ChZ »

daimler wrote: Tue Aug 30, 2022 12:55
Belum lagi oli2 sebenernya ada 5 grup ga hanya mineral dan sintetis doang. Botol oli paling cm nyantumin API, SAE. Bbrp ada yg ILSAC sama ACEA, tapi oli beres sejauh ini cuma API sama SAE. Mana kalo mau tah MSDS atau PDS nya kudu googling, setidaknya klo disediain QR code di botol oli yg merujuk ke MSDS/PDS kan lebih detil, ibaratnya itu komposisi nilai gizi olinya ya
itulah. oli beres kadang ngga transparan cuma dibilang "sudah di formulasikan sesuai dengan mobil mobil kami, gak pake ini ya resiko garansi hangus".

pdhl ada kejadian ya diem diem bae, pokoknya tau tau nanti ganti oli berikutnya udah beda aja jenisnya

:big_bored:
ac235287 wrote: Tue Aug 30, 2022 22:35 Teringat dulu waktu pake subaru XV, sama beres dikasi oli mobil1 5w50, hahhaahah. Ane protes sampe email ke motor image JKT. Akhirnya OCi selanjutnya beres Subaru d kota ane nyetok Shell hx8 5w30. Subaru XV d bukman minta 0w20 sampe buntut 30 hahha. Untung ane protes, hitung2 nolong konsumen lain yg gak ngeh.
mbah apa ini yang bikin subaru XV rasanya lemot gila yah... dulu unit TD di sini rasanya lelet bener. udah awd olinya berat gitu :big_bored:
DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 2:18 Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
wkwkwkwkkw ane masih gini mbah. biasa indikator oil life di civic nyalanya bisa pas per 1/2 taun.

bon-bon servis pun masukin ke buku semua. buat record :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by b0ku »

ariswp wrote: Wed Aug 31, 2022 2:11
Penasaran ini om b0ku pake gerobak apa dan atf aftermarketnya apa, H tegak kah? Soalnya 5AT jadulnya pernah dibedah oleh member BiTOG rada beda, dan kandungan ATF Z1/DW1 juga rada beda dengan kebanyakan ATF lain
pake crv gen 2 om atfnya spirax shell jaman itu paling mahal saya pake seliter 70rban kalo gak salah :big_think:

ternyata lupa honda bikin gearboxnya sendiri keknya gak cocok akhirnya bubar di km 70rban umur 7th overhaul ganti kopling abis 8jtan ud gitu kejebak pula deket situ ada amiaw akhirnya buru2x bawa ke amiaw gigi cuma fungsi gigi 2 doank :big_dunno:

sejak itu semua honda pake atf honda mulu baek2x aja tuh padahal saya pake jazz freed ud mau 10th semua freed malah ud 125rbkm baek2x aja jazz 90rb juga baek2x aja

itu ke 2 kali saya urusan sama kopling jackpot sebelomnya manual chevy optra saya tarik gigi 2 sampe 80kmh abis itu lsg gak mau masuk gigi akhirnya masih bisa pulang pake gigi 3 doank cepaka putih-gading cuma pake gigi 3, lucunya pas mau parkir lagi posisi mobil pararel eh ud gak mau masuk gigi sama sekali karena ud sampe rumah ya ud tinggalin aja besoknya di cek koplingnya bubar :big_biglaugh:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by rendr »

DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 2:18 Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
yaris bakpao sih caur bgt nih mbah klep, user yg model begitu jarang yg bersih mesinnya... record full beres TMO 10w40 ditulis hajar 10rb km... trus ownernya ngikut juga...

keliling pasar mobkas gadser, tak intip dari tutup oli ga ada yg bersih satupun...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9616
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by Suryaputra »

Intinya sih Gakda yg salah pakai oli bawaan mobil / bengkel resmi.
karena emg lbh praktis koq, apalagi buat yg sibuk kerja dan gak sempet ngurus mobil.

cuma.... ini judul tritnya lbh tepat ganti jd

"Oli Bawaan Mobil bisa 10rb KM?"


:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Wed Aug 31, 2022 3:49 Intinya sih Gakda yg salah pakai oli bawaan mobil / bengkel resmi.
karena emg lbh praktis koq, apalagi buat yg sibuk kerja dan gak sempet ngurus mobil.

cuma.... ini judul tritnya lbh tepat ganti jd

"Oli Bawaan Mobil bisa 10rb KM?"


:ngacir:
bisa om loe hajar sampe 20.000km pun juga bisa kok toh juga kalo mobilnya evolusi jadi oil burner juga gak berasa :big_biglaugh:

malah tambah kenceng thanks to pembakaran oli mesin, nanti malah tambah ngeboost pas olinya abis kebakar karena beban putaran mesin makin berkurang seiring makin abisnya oli di block bawah karena oli itu sebenernya beban buat putaran mesin di block bawah makannya kenapa makin encer malah makin enteng larinya dengan resiko putaran atas kurang galak, tinggal nunggu suara glotok2x aja ntar kalo olinya sampe kering mungkin metal jalan, metal duduk,metal jongkok, sama metal tiarapnya dah bubar :big_biglaugh:

berdasarkan kisah nyata dan pengalaman pribadi.......... :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9616
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Wed Aug 31, 2022 3:56
Suryaputra wrote: Wed Aug 31, 2022 3:49 Intinya sih Gakda yg salah pakai oli bawaan mobil / bengkel resmi.
karena emg lbh praktis koq, apalagi buat yg sibuk kerja dan gak sempet ngurus mobil.

cuma.... ini judul tritnya lbh tepat ganti jd

"Oli Bawaan Mobil bisa 10rb KM?"


:ngacir:
bisa om loe hajar sampe 20.000km pun juga bisa kok toh juga kalo mobilnya evolusi jadi oil burner juga gak berasa :big_biglaugh:

malah tambah kenceng thanks to pembakaran oli mesin, nanti malah tambah ngeboost pas olinya abis kebakar karena beban putaran mesin makin berkurang seiring makin abisnya oli di block bawah karena oli itu sebenernya beban buat putaran mesin di block bawah makannya kenapa makin encer malah makin enteng larinya dengan resiko putaran atas kurang galak, tinggal nunggu suara glotok2x aja ntar kalo olinya sampe kering mungkin metal jalan, metal duduk,metal jongkok, sama metal tiarapnya dah bubar :big_biglaugh:

berdasarkan kisah nyata dan pengalaman pribadi.......... :ngacir:
:onfire:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by Dat510 »

Tergantung bengkel resmi mana, klo BMW & Mercedes malah saya percaya sama oli bawaan mereka.
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by alexand »

kenapa pakai bawaan beres ?
karena "GRATIS" :big_biglaugh:
masih dapet free service soalnya, nanti kalo udah abis free service seandainya ngak bisa di perpanjang paketan servicenya baru deh ganti yg lain :)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by DOHC »

rendr wrote: Wed Aug 31, 2022 3:00
DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 2:18 Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
yaris bakpao sih caur bgt nih mbah klep, user yg model begitu jarang yg bersih mesinnya... record full beres TMO 10w40 ditulis hajar 10rb km... trus ownernya ngikut juga...

keliling pasar mobkas gadser, tak intip dari tutup oli ga ada yg bersih satupun...
Saya blom lama ngangkat calya (iseng buat d lepas lg), itu servis rekord lengkap beres smua, dikasi nya jg tmo 10-40, entah knapa beres kaya kurang blajar, buta hurup, atau males, mentang2 kelas lcgc smua hajar 10-40.. cuman untung nya yg punya nya angkatan jadul, masi pakem gantol per 5 rebu km, makanya tiap 5 rebu pasti doi ganti.. daleman mesin seh bersih banget

Ini ud 2 kali saya dapet mobil kaya gt, gantol per 5 rebu km, dan 2 2 nya cuman pake oli "biasa" doank
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by DOHC »

b0ku wrote: Wed Aug 31, 2022 3:56
Suryaputra wrote: Wed Aug 31, 2022 3:49 Intinya sih Gakda yg salah pakai oli bawaan mobil / bengkel resmi.
karena emg lbh praktis koq, apalagi buat yg sibuk kerja dan gak sempet ngurus mobil.

cuma.... ini judul tritnya lbh tepat ganti jd

"Oli Bawaan Mobil bisa 10rb KM?"


:ngacir:
bisa om loe hajar sampe 20.000km pun juga bisa kok toh juga kalo mobilnya evolusi jadi oil burner juga gak berasa :big_biglaugh:

malah tambah kenceng thanks to pembakaran oli mesin, nanti malah tambah ngeboost pas olinya abis kebakar karena beban putaran mesin makin berkurang seiring makin abisnya oli di block bawah karena oli itu sebenernya beban buat putaran mesin di block bawah makannya kenapa makin encer malah makin enteng larinya dengan resiko putaran atas kurang galak, tinggal nunggu suara glotok2x aja ntar kalo olinya sampe kering mungkin metal jalan, metal duduk,metal jongkok, sama metal tiarapnya dah bubar :big_biglaugh:

berdasarkan kisah nyata dan pengalaman pribadi.......... :ngacir:
Lah itu mikrolet2, kwk, kojang jaya dkk emg perna ganti oli slama idup nya, wong tinggal top up mulu :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9616
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 8:20
rendr wrote: Wed Aug 31, 2022 3:00
DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 2:18 Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
yaris bakpao sih caur bgt nih mbah klep, user yg model begitu jarang yg bersih mesinnya... record full beres TMO 10w40 ditulis hajar 10rb km... trus ownernya ngikut juga...

keliling pasar mobkas gadser, tak intip dari tutup oli ga ada yg bersih satupun...
Saya blom lama ngangkat calya (iseng buat d lepas lg), itu servis rekord lengkap beres smua, dikasi nya jg tmo 10-40, entah knapa beres kaya kurang blajar, buta hurup, atau males, mentang2 kelas lcgc smua hajar 10-40.. cuman untung nya yg punya nya angkatan jadul, masi pakem gantol per 5 rebu km, makanya tiap 5 rebu pasti doi ganti.. daleman mesin seh bersih banget

Ini ud 2 kali saya dapet mobil kaya gt, gantol per 5 rebu km, dan 2 2 nya cuman pake oli "biasa" doank
literasi membaca nya kurang :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by rendr »

DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 8:20
rendr wrote: Wed Aug 31, 2022 3:00
DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 2:18 Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
yaris bakpao sih caur bgt nih mbah klep, user yg model begitu jarang yg bersih mesinnya... record full beres TMO 10w40 ditulis hajar 10rb km... trus ownernya ngikut juga...

keliling pasar mobkas gadser, tak intip dari tutup oli ga ada yg bersih satupun...
Saya blom lama ngangkat calya (iseng buat d lepas lg), itu servis rekord lengkap beres smua, dikasi nya jg tmo 10-40, entah knapa beres kaya kurang blajar, buta hurup, atau males, mentang2 kelas lcgc smua hajar 10-40.. cuman untung nya yg punya nya angkatan jadul, masi pakem gantol per 5 rebu km, makanya tiap 5 rebu pasti doi ganti.. daleman mesin seh bersih banget

Ini ud 2 kali saya dapet mobil kaya gt, gantol per 5 rebu km, dan 2 2 nya cuman pake oli "biasa" doank
Padahal DGO 5w30 bisa murah ya wkwkwkwkwkwk
Yg punya sigra sih lebih enak

Yasudahlah mbah, trit oli setaun aja bisa ganti rumah, tapi kenyataannya di trit ini aja masih banyak yg ga peduli soal oli.. malah kita yg dianggep aneh..

Org indo kudu kejedot dulu baru tau sakit..

Nnti kalo mesinnya rusak paling yg disalahin mobilnya...




:ngacir: :ngacir:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by Dat510 »

DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 8:20
rendr wrote: Wed Aug 31, 2022 3:00
DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 2:18 Perna beberapa kl ngangkut mobkas, dan kl yg ta perhatiin, masi ckup banyak koq yg gantol olmes nya per 5000 km, biasanya ownernya ud agak berumur neh, palagi kl yg beduit, ganti nya pun d beres, buku servis isi nya bon gantol smua
yaris bakpao sih caur bgt nih mbah klep, user yg model begitu jarang yg bersih mesinnya... record full beres TMO 10w40 ditulis hajar 10rb km... trus ownernya ngikut juga...

keliling pasar mobkas gadser, tak intip dari tutup oli ga ada yg bersih satupun...
Saya blom lama ngangkat calya (iseng buat d lepas lg), itu servis rekord lengkap beres smua, dikasi nya jg tmo 10-40, entah knapa beres kaya kurang blajar, buta hurup, atau males, mentang2 kelas lcgc smua hajar 10-40.. cuman untung nya yg punya nya angkatan jadul, masi pakem gantol per 5 rebu km, makanya tiap 5 rebu pasti doi ganti.. daleman mesin seh bersih banget

Ini ud 2 kali saya dapet mobil kaya gt, gantol per 5 rebu km, dan 2 2 nya cuman pake oli "biasa" doank
Montir2 masih banyak yg belajar ilmu turun temurun mbah, RI negara tropis mobil apapun (agya sampe alphard) oli nya mesti kentel, mereka percaya sesepuh nya bukan percaya engineer & manual book.
User avatar
12punch
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by 12punch »

ngakalin aja di 5000 km ganti sendiri di bengkel luar
nnti 10 rebu km ke beres..
15 rebu km ganti lagi..

selama msh garansi nurut2 aja deh wkwkwk
begitu garansi abis ya bye2 bengkel resmi :)

tp untungnya bengkel ford auto kencana ane dr dlu ga ngilangin angus garansi kalo ganti oli diluar sih
jd aman wkwk bisa pake oli bagusan, kalo penyakit ud berat kek TCM / transmisi / Cooling system baru deh ke Beres
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by b0ku »

DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 8:21
Lah itu mikrolet2, kwk, kojang jaya dkk emg perna ganti oli slama idup nya, wong tinggal top up mulu :big_weee:
NAH mungkin itu mikrolet pistonya ud abis kali ringnya jadi pas piston naek ikut semprotin oil ke ruang bakar :wkkk:

ya bener om gak usah ganti oli tinggal isi bbm sama isi oli kan dibakar semua :wkkk:

emang 2 tak doank kudu isi oli 4tak juga bisa :mky_04:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by arfs »

DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 8:20 Saya blom lama ngangkat calya (iseng buat d lepas lg), itu servis rekord lengkap beres smua, dikasi nya jg tmo 10-40, entah knapa beres kaya kurang blajar, buta hurup, atau males, mentang2 kelas lcgc smua hajar 10-40.. cuman untung nya yg punya nya angkatan jadul, masi pakem gantol per 5 rebu km, makanya tiap 5 rebu pasti doi ganti.. daleman mesin seh bersih banget

Ini ud 2 kali saya dapet mobil kaya gt, gantol per 5 rebu km, dan 2 2 nya cuman pake oli "biasa" doank
Bicara soal TMO 10W40 pernah suatu kali pas lagi servis di beres toyota, ngelihat Cayla dikasi TMO 10W40
Lalu tanya ke Kabeng nya "Bukan nya LCGC butuh nya oli 0W20 yah?"

Ditunjukin label belakang nya TMO 10W40 ada tulisan:
"TMO 10W40 adalah formula yang disetujui oleh toyota untuk mesin bensin toyota, cocok digunakan untuk semua mesin mobil baik SUV, MPV, Sedan, Hatchback, maupun LCGC" :big_slap: :big_dunno:
Image
foto tulisan belakang TMO 10W40
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9616
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by Suryaputra »

arfs wrote: Wed Aug 31, 2022 14:28
DOHC wrote: Wed Aug 31, 2022 8:20 Saya blom lama ngangkat calya (iseng buat d lepas lg), itu servis rekord lengkap beres smua, dikasi nya jg tmo 10-40, entah knapa beres kaya kurang blajar, buta hurup, atau males, mentang2 kelas lcgc smua hajar 10-40.. cuman untung nya yg punya nya angkatan jadul, masi pakem gantol per 5 rebu km, makanya tiap 5 rebu pasti doi ganti.. daleman mesin seh bersih banget

Ini ud 2 kali saya dapet mobil kaya gt, gantol per 5 rebu km, dan 2 2 nya cuman pake oli "biasa" doank
Bicara soal TMO 10W40 pernah suatu kali pas lagi servis di beres toyota, ngelihat Cayla dikasi TMO 10W40
Lalu tanya ke Kabeng nya "Bukan nya LCGC butuh nya oli 0W20 yah?"

Ditunjukin label belakang nya TMO 10W40 ada tulisan:
"TMO 10W40 adalah formula yang disetujui oleh toyota untuk mesin bensin toyota, cocok digunakan untuk semua mesin mobil baik SUV, MPV, Sedan, Hatchback, maupun LCGC" :big_slap: :big_dunno:
Image
foto tulisan belakang TMO 10W40
Mesin sapu jagat
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by daimler »

rendr wrote: Wed Aug 31, 2022 3:00 yaris bakpao sih caur bgt nih mbah klep, user yg model begitu jarang yg bersih mesinnya... record full beres TMO 10w40 ditulis hajar 10rb km... trus ownernya ngikut juga...

keliling pasar mobkas gadser, tak intip dari tutup oli ga ada yg bersih satupun...
Kalo kondisi seperti itu di engine flush bisa bersihin ga mbah? Atau dibongkar mesinnya dibersihin langsung?
Suryaputra wrote: Wed Aug 31, 2022 3:49 Intinya sih Gakda yg salah pakai oli bawaan mobil / bengkel resmi.
karena emg lbh praktis koq, apalagi buat yg sibuk kerja dan gak sempet ngurus mobil.

cuma.... ini judul tritnya lbh tepat ganti jd

"Oli Bawaan Mobil bisa 10rb KM?"


:ngacir:
Iya suhu, nubi jg beberapa kali sempat servis di beres.
Dat510 wrote: Wed Aug 31, 2022 4:10 Tergantung bengkel resmi mana, klo BMW & Mercedes malah saya percaya sama oli bawaan mereka.
Ya kata salah satu suhu, BMW bbrapa tipenya salam satu mesin juga. Lebih tenang juga percayain ke beres
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by ChZ »

Bisa jd jurus balesannya sales honda kalo dibully salam satu mesin

"Eh, kaya udah bener aja ganti olinya, masih kasi mesin turbo gdi modern 10w40 mah ga usa sok ngebully"

:big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Aug 31, 2022 17:04 Bisa jd jurus balesannya sales honda kalo dibully salam satu mesin

"Eh, kaya udah bener aja ganti olinya, masih kasi mesin turbo gdi modern 10w40 mah ga usa sok ngebully"

:big_weee:
turbo kalo mau aman mah kasih aja yang kentel soalnya mesinya panas itu pajero saya aja jorok banget oli turbonya kemana2x :big_think:

ini malah di kasih oli 5w30 kelasnya kelas std lagi bukan fully syntetic biasanya kalo 5w30 kelas murah itu top speednya berasa banget kesunatnya, saya pake 5w30 yang fully syntetic baru balance antara putaran bawah sama top speednya biarpun kesunat dikit :mky_03:
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by RezPrat »

ChZ wrote: Wed Aug 31, 2022 2:29
mbah apa ini yang bikin subaru XV rasanya lemot gila yah... dulu unit TD di sini rasanya lelet bener. udah awd olinya berat gitu :big_bored:
Hahah ya gitu deh beres suba*u, kalo unit testdrive itu lemot karena d isi Pertamax Om ( mngkin jg pertalite) padahal minimal ron95. Isi Pertamax aja bakal super lemot+ ngelitik halus.