Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

bundaberg
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Mar 26, 2013 7:06
Location: Jakarta Barat

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bundaberg »

Halo..

Mau nanya apakah sdh ada yg coba BF Advantage Touring?
Impresinya bagaimana ya? Terutama klo dibandingin LM705/T005A.

Kalau ke Primacy4 ga ada ukuran yg std, jd mesti up ke 195 dan mempertimbangkan harga yg lumayan mahal jg (1.3jt)

Rencana mau ganti ban P1 di ertiga saya dgn uk standard 185/65/R15
Ertiga Sport 1.5 AT 2019
Fortuner VRZ TRD 2.4 AT 2021
Sirion 1.3 AT 2021
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by wicaksono99 »

henbob wrote: Wed Mar 01, 2023 7:12
AbdulHakim wrote: Fri Feb 24, 2023 11:28
henbob wrote: Fri Feb 24, 2023 7:52 mobil kantor livindut 2022, katanya yg lagi nyetir di tol arah bandung baru minggir setelah ada bunyi suara besi :big_biglaugh: pas diliat udah gini.

2.jpg
1.jpg

Tp setelah gw cek kyknya bocor duluan deh, jadi ban bocor trs tapi tetep digas terus. itu mnrt analisa noob gw loh ya. :big_blushing: mungkin kaka2 ada analisa berbeda lainnya gw jg ga tau. hehe. :big_peace:

skrng udah ganti dgn brizton t005.
kalo ban kempes tapi masih digas, itu bunyi "kepek-kepek-kepek" sama feeling setir agak aneh, driver berkewajiban, berhenti di bahu jalan dan cek kondisi, kecuali kondisi malam hari dan/atau di lokasi yg dirasa kurang aman, monggo.. so be it! tetap gas aja sampe ketemu tempat rame.
Tapi ini tol cipularang, aman dari begal, harusnya siy bisa menepi buat cek kondisi mobil.
kalo tekanan masih dalam range, terus meletus, harusnya notice kalo ada bunyi letusan dan setir menjadi sulit dikemudikan.
sorry kalo noob sangat pendapat saya :big_peace:
karena ini fasilitas perusahaan dan dalam rangka business trip, lakukan RCA terhadap incident yang terjadi.
iya om, wkt itu ga ada suara meledak om.. cuma tiba2 denger suara kaleng (velgnya) kena aspal baru berhenti. Yg penting smuanya sehat2 smua..
wicaksono99 wrote: Sat Feb 25, 2023 3:59
henbob wrote: Fri Feb 24, 2023 7:52 mobil kantor livindut 2022, katanya yg lagi nyetir di tol arah bandung baru minggir setelah ada bunyi suara besi :big_biglaugh: pas diliat udah gini.

2.jpg
1.jpg

Tp setelah gw cek kyknya bocor duluan deh, jadi ban bocor trs tapi tetep digas terus. itu mnrt analisa noob gw loh ya. :big_blushing: mungkin kaka2 ada analisa berbeda lainnya gw jg ga tau. hehe. :big_peace:

skrng udah ganti dgn brizton t005.
Disinilah gunanya TPMS.. Kalau ban bocor habis sensor TPMS langsung alarm (seperti ban saya sebelumnya ketauan karna bunyi alarm, kalau ga ada TPMS ya saya bisa jalan terus karna kondisi hujan lebat).. Bocor halus juga ketauan keliatan dari display tekanannya kok berkurang terus dikit2, jadi bisa langsung preventif tambal tiptop.
TPMS juga berguna ketika nyetir sendiri agar terhindar dari tindak kejahatan.. Bulan lalu saya lagi nyetir sendiri pas dinas dalam kota, ada 2 motor klakson2 saya sambil nunjuk2 ban belakang. Saya liat cermin cembung tambahan kecil di tiap spion gak ada yang aneh dengan bagian belakang mobil saya & liat TPMS semua ban tekanan normal, pas saya liat lagi itu motor yang klakson2 saya gak ada plat nomernya & sambil lirik2 kendaraan saya dari depan. Wah udah deh ini modus perampokan jadul.. Karna ketika saya nanti minggir ngecek mobil pasti itu oknum ngambil barang2 di dalem mobil. Itu rampok juga milih2 korban, pasti diintip dulu kendaraan yang hanya sendiri di mobil. Akhirnya saya jalan terus aja.. Hehe...
siap om, makasih tipsnya om. tpms emang fungsi bgt ya om.. om pake tpms dari bawaan mobil ato pasang sendiri om?
Pasang sendiri om, pakai yang model internal tpms. TPMS Udah 2 tahun pakai sejauh 80rb km dia muter2 terus ampe puyeng kali tapi masih baik2 aja itu TPMS. :big_biglaugh:
Kebetulan waktu pasang pas ngebarengin ganti ban juga biar sekalian gak kena biaya pasang lagi. Display non stop saya nyalain (ada auto sleep), sekali cas full bisa bertahan sampai 10 hari kedepan sampai dicas lagi. Mobil setiap hari jalan sekitar 190km.. Hehe...
Ini baru ketauan baut nancep di ban lagi, dari TPMS yang tekanannya turun tapi very slow.. Dalam 2 hari turun 1psi, bocor halus saya kira mungkin dari pentil ban udah waktunya ganti.. Eh tapi pas dicek ada baut nancep. :big_dunno:
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by fannykuncoro »

bundaberg wrote: Fri Mar 03, 2023 3:10 Halo..

Mau nanya apakah sdh ada yg coba BF Advantage Touring?
Impresinya bagaimana ya? Terutama klo dibandingin LM705/T005A.

Kalau ke Primacy4 ga ada ukuran yg std, jd mesti up ke 195 dan mempertimbangkan harga yg lumayan mahal jg (1.3jt)

Rencana mau ganti ban P1 di ertiga saya dgn uk standard 185/65/R15
Pirelli cinturato P1 om? Reviewnya spt om ini ban?
bundaberg
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Mar 26, 2013 7:06
Location: Jakarta Barat

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bundaberg »

fannykuncoro wrote: Fri Mar 03, 2023 10:58
bundaberg wrote: Fri Mar 03, 2023 3:10 Halo..

Mau nanya apakah sdh ada yg coba BF Advantage Touring?
Impresinya bagaimana ya? Terutama klo dibandingin LM705/T005A.

Kalau ke Primacy4 ga ada ukuran yg std, jd mesti up ke 195 dan mempertimbangkan harga yg lumayan mahal jg (1.3jt)

Rencana mau ganti ban P1 di ertiga saya dgn uk standard 185/65/R15
Pirelli cinturato P1 om? Reviewnya spt om ini ban?
Iya, Pirelli Cinturato P1.
So far selama pake, ini menurut saya ya :
1. Ban ini balance di jalan kering atau basah, sama2 ok dengan gaya nyetir saya.
2. Dari sisi comfort bs redam lubang kecil2, jalan ga rata, sambungan jalan tol dgn baik.
3. Dari sisi noise memang agak berisik ya klo kecepatan tinggi, terutama di jalan beton. Tp ga tau krn ban atau jenis mobilnya.
4. Kekuatan ban si mnrt saya baik jg, uda dipake bbrp kali ke jawa & bali tdk ada masalah. Ada 1 yg di tambal tiptop baru2 ini, pertama kali stlh dr thn 2020 pake ini ban.
5. Treadwear ban 420, traction A, temperature A.
Ertiga Sport 1.5 AT 2019
Fortuner VRZ TRD 2.4 AT 2021
Sirion 1.3 AT 2021
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

bundaberg wrote: Fri Mar 03, 2023 23:51
fannykuncoro wrote: Fri Mar 03, 2023 10:58
bundaberg wrote: Fri Mar 03, 2023 3:10 Halo..

Mau nanya apakah sdh ada yg coba BF Advantage Touring?
Impresinya bagaimana ya? Terutama klo dibandingin LM705/T005A.

Kalau ke Primacy4 ga ada ukuran yg std, jd mesti up ke 195 dan mempertimbangkan harga yg lumayan mahal jg (1.3jt)

Rencana mau ganti ban P1 di ertiga saya dgn uk standard 185/65/R15
Pirelli cinturato P1 om? Reviewnya spt om ini ban?
Iya, Pirelli Cinturato P1.
So far selama pake, ini menurut saya ya :
1. Ban ini balance di jalan kering atau basah, sama2 ok dengan gaya nyetir saya.
2. Dari sisi comfort bs redam lubang kecil2, jalan ga rata, sambungan jalan tol dgn baik.
3. Dari sisi noise memang agak berisik ya klo kecepatan tinggi, terutama di jalan beton. Tp ga tau krn ban atau jenis mobilnya.
4. Kekuatan ban si mnrt saya baik jg, uda dipake bbrp kali ke jawa & bali tdk ada masalah. Ada 1 yg di tambal tiptop baru2 ini, pertama kali stlh dr thn 2020 pake ini ban.
5. Treadwear ban 420, traction A, temperature A.
Stay di Pirelli ajah :big_okay:

Ban bagus ini.
Drpd rada nyesel nyoba yg lain dan ada kurang nya.

Klo masalah noise di aspal beton, engineering chasis memegang peranan penting..

klo mau cukup senyap di beton, paling mulai fortuner ke atas yah.. Sasis ladder dan peredam extra jaminan mutu buat ngeredam aspal beton :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bundaberg
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Mar 26, 2013 7:06
Location: Jakarta Barat

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bundaberg »

Suryaputra wrote: Sat Mar 04, 2023 0:38
bundaberg wrote: Fri Mar 03, 2023 23:51
fannykuncoro wrote: Fri Mar 03, 2023 10:58

Pirelli cinturato P1 om? Reviewnya spt om ini ban?
Iya, Pirelli Cinturato P1.
So far selama pake, ini menurut saya ya :
1. Ban ini balance di jalan kering atau basah, sama2 ok dengan gaya nyetir saya.
2. Dari sisi comfort bs redam lubang kecil2, jalan ga rata, sambungan jalan tol dgn baik.
3. Dari sisi noise memang agak berisik ya klo kecepatan tinggi, terutama di jalan beton. Tp ga tau krn ban atau jenis mobilnya.
4. Kekuatan ban si mnrt saya baik jg, uda dipake bbrp kali ke jawa & bali tdk ada masalah. Ada 1 yg di tambal tiptop baru2 ini, pertama kali stlh dr thn 2020 pake ini ban.
5. Treadwear ban 420, traction A, temperature A.
Stay di Pirelli ajah :big_okay:

Ban bagus ini.
Drpd rada nyesel nyoba yg lain dan ada kurang nya.

Klo masalah noise di aspal beton, engineering chasis memegang peranan penting..

klo mau cukup senyap di beton, paling mulai fortuner ke atas yah.. Sasis ladder dan peredam extra jaminan mutu buat ngeredam aspal beton :ngacir:
Bener om, itu yg saya rasakan. Kalau lg nyetir vrz itu hampir ga merasa ada noise yg mengganggu, ban pake std bridgestone 684. Ya bukannya ga kedengeran tp samar dan masih ok.

Overall si P1 puas, kepikiran utk ganti krn production 2018 sedangkan pakenya sendiri baru 2020. Kalau dilihat si masih tebal & bagus, should be ok kali ya for another year.
Ertiga Sport 1.5 AT 2019
Fortuner VRZ TRD 2.4 AT 2021
Sirion 1.3 AT 2021
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

bundaberg wrote: Sat Mar 04, 2023 6:52
Suryaputra wrote: Sat Mar 04, 2023 0:38
bundaberg wrote: Fri Mar 03, 2023 23:51

Iya, Pirelli Cinturato P1.
So far selama pake, ini menurut saya ya :
1. Ban ini balance di jalan kering atau basah, sama2 ok dengan gaya nyetir saya.
2. Dari sisi comfort bs redam lubang kecil2, jalan ga rata, sambungan jalan tol dgn baik.
3. Dari sisi noise memang agak berisik ya klo kecepatan tinggi, terutama di jalan beton. Tp ga tau krn ban atau jenis mobilnya.
4. Kekuatan ban si mnrt saya baik jg, uda dipake bbrp kali ke jawa & bali tdk ada masalah. Ada 1 yg di tambal tiptop baru2 ini, pertama kali stlh dr thn 2020 pake ini ban.
5. Treadwear ban 420, traction A, temperature A.
Stay di Pirelli ajah :big_okay:

Ban bagus ini.
Drpd rada nyesel nyoba yg lain dan ada kurang nya.

Klo masalah noise di aspal beton, engineering chasis memegang peranan penting..

klo mau cukup senyap di beton, paling mulai fortuner ke atas yah.. Sasis ladder dan peredam extra jaminan mutu buat ngeredam aspal beton :ngacir:
Bener om, itu yg saya rasakan. Kalau lg nyetir vrz itu hampir ga merasa ada noise yg mengganggu, ban pake std bridgestone 684. Ya bukannya ga kedengeran tp samar dan masih ok.

Overall si P1 puas, kepikiran utk ganti krn production 2018 sedangkan pakenya sendiri baru 2020. Kalau dilihat si masih tebal & bagus, should be ok kali ya for another year.
Yep
Sampai 2025 max lah klo bukan spirited driver yaa

BS 684 klo dipakai ke monokok udh cukup mantap itu noisenya di aspal beton :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bundaberg
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Mar 26, 2013 7:06
Location: Jakarta Barat

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bundaberg »

Suryaputra wrote: Sat Mar 04, 2023 7:27
bundaberg wrote: Sat Mar 04, 2023 6:52
Suryaputra wrote: Sat Mar 04, 2023 0:38

Stay di Pirelli ajah :big_okay:

Ban bagus ini.
Drpd rada nyesel nyoba yg lain dan ada kurang nya.

Klo masalah noise di aspal beton, engineering chasis memegang peranan penting..

klo mau cukup senyap di beton, paling mulai fortuner ke atas yah.. Sasis ladder dan peredam extra jaminan mutu buat ngeredam aspal beton :ngacir:
Bener om, itu yg saya rasakan. Kalau lg nyetir vrz itu hampir ga merasa ada noise yg mengganggu, ban pake std bridgestone 684. Ya bukannya ga kedengeran tp samar dan masih ok.

Overall si P1 puas, kepikiran utk ganti krn production 2018 sedangkan pakenya sendiri baru 2020. Kalau dilihat si masih tebal & bagus, should be ok kali ya for another year.
Yep
Sampai 2025 max lah klo bukan spirited driver yaa

BS 684 klo dipakai ke monokok udh cukup mantap itu noisenya di aspal beton :big_biglaugh:
Makasih om 🙏🙏
Ertiga Sport 1.5 AT 2019
Fortuner VRZ TRD 2.4 AT 2021
Sirion 1.3 AT 2021
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by daimler »

Misi izin nanya suhu dimari pernah baca2 toleransi underinflate tekanan ban itu 10% dr spesifikasi stiker ban mobil di samping. Ini di agay tulisannya 36psi (kondisi dingin) ukuran ban masih sama 175/65 r14 gt radial. Cuma kalo diisi sesuai speknya keras bgt rasanya ( tau sendiri elce geceh :big_grin: ). Pernah waktu itu ga dicek selama 1bulan tinggal 32psi, malah jd lebih empuk bantingannya nah cuma gatau efek ke kaki2 atau keawetan bannya. Penasaran kalo diturunin lg ke 28psi kira2 aman ga suhu? Supaya lebih nyaman lg bantingannya
IMG_20230305_174708.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by daimler on Sun Mar 05, 2023 12:05, edited 1 time in total.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Sun Mar 05, 2023 11:50 Misi izin nanya suhu dimari pernah baca2 toleransi underinflate tekanan ban itu 10% dr spesifikasi stiker ban mobil di samping. Ini di agay tulisannya 36psi (kondisi dingin) ukuran ban masih sama 175/65 r14 gt radial. Cuma kalo diisi sesuai speknya keras bgt rasanya ( tau sendiri elce geceh :big_grin: ). Pernah waktu itu ga dicek selama 1bulan tinggal 32psi, malah jd lebih empuk bantingannya nah cuma gatau efek ke kaki2 atau keawetan bannya. Penasaran kalo diturunin lg ke 28psi kira2 aman ga suhu? Supaya lebih nyaman lg bantingannya
Sebaiknya tetap di 36 ~ 39 psi mbah

Krn itu ban jg imut dan klo under inflate jg malah pengaruh ke manuverability nya (in case manuver darurat or ngindarin sesuatu) :mky_01:

Masalah keras ya emg kemampuan chasis, kaki dan suspensinya spt itu,
Tidak berarti malah dikompensasi tekanan ban dikurangi dr anjuran pabrik :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by MSU »

daimler wrote: Sun Mar 05, 2023 11:50 Misi izin nanya suhu dimari pernah baca2 toleransi underinflate tekanan ban itu 10% dr spesifikasi stiker ban mobil di samping. Ini di agay tulisannya 36psi (kondisi dingin) ukuran ban masih sama 175/65 r14 gt radial. Cuma kalo diisi sesuai speknya keras bgt rasanya ( tau sendiri elce geceh :big_grin: ). Pernah waktu itu ga dicek selama 1bulan tinggal 32psi, malah jd lebih empuk bantingannya nah cuma gatau efek ke kaki2 atau keawetan bannya. Penasaran kalo diturunin lg ke 28psi kira2 aman ga suhu? Supaya lebih nyaman lg bantingannya
IMG_20230305_174708.jpg
Koq keras amat sampe 36psi ya...saya isi angin mentok 32psi utk mobil ladderframe jadul dipake harian isi 6 orang
Bertahun2 pake 32psi so far aman...logika saya kalo lebih enteng mobilnya mgkn ga perlu dipompa setinggi itu...imho
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Clonz »

daimler wrote:Misi izin nanya suhu dimari pernah baca2 toleransi underinflate tekanan ban itu 10% dr spesifikasi stiker ban mobil di samping. Ini di agay tulisannya 36psi (kondisi dingin) ukuran ban masih sama 175/65 r14 gt radial. Cuma kalo diisi sesuai speknya keras bgt rasanya ( tau sendiri elce geceh :big_grin: ). Pernah waktu itu ga dicek selama 1bulan tinggal 32psi, malah jd lebih empuk bantingannya nah cuma gatau efek ke kaki2 atau keawetan bannya. Penasaran kalo diturunin lg ke 28psi kira2 aman ga suhu? Supaya lebih nyaman lg bantingannya
IMG_20230305_174708.jpg
Mobil nya dan bannya apa om?

Sevenarnya semua ada itungannya dari pabrikan.

Saya belom sempet cek sih kalau ban lebar 175 dan ring 14.

Saya lihat di foto spek ban nya ada kode 82T. Mgkn karena ban bawaannya tipe yg biasa2 atau entry level, makanya perlu tekanan tinggi untuk jaga sidewall ban.

Tp kalau bannya agan ganti pake ban yg bagusan dengan ukuran yg sama, mgkn bisa dapat kode 82T nya berubah ke kode lain yg lebih tinggi. Kode 82 itu kan untuk load index rating. Semakin tinggi, berarti bisa menopang beban semakin berat, dengan isi tekanan udara ban yg lebih rendah.

Ada tabelnya sebenarnya, saya lampirkan om.
Coba dicek kira2 bobot mobilnya berapa, dan di kode 82, dia bisa hold berapa kg/pounds.
images (8).jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by daimler »

Suryaputra wrote: Sun Mar 05, 2023 12:00
Sebaiknya tetap di 36 ~ 39 psi mbah

Krn itu ban jg imut dan klo under inflate jg malah pengaruh ke manuverability nya (in case manuver darurat or ngindarin sesuatu) :mky_01:

Masalah keras ya emg kemampuan chasis, kaki dan suspensinya spt itu,
Tidak berarti malah dikompensasi tekanan ban dikurangi dr anjuran pabrik :big_peace:
Wah gitu ya, oke mbah stick di 36psi di atas itu kayanya bakal berasa naek katana jaman dulu, sabar2in kalo yg ikut pd ngeluh mantul2 :big_biglaugh:
MSU wrote: Sun Mar 05, 2023 12:53 Koq keras amat sampe 36psi ya...saya isi angin mentok 32psi utk mobil ladderframe jadul dipake harian isi 6 orang
Bertahun2 pake 32psi so far aman...logika saya kalo lebih enteng mobilnya mgkn ga perlu dipompa setinggi itu...imho
Nah itu dia sepaham, mobil kecil bobot ringan, ban bawaannya pun ratio tebal 65 kudunya diisi 30~32psi kudunya aman2 aja lah ya, ga bakal makan samping bannya
Clonz wrote: Sun Mar 05, 2023 13:19 Mobil nya dan bannya apa om?

Sevenarnya semua ada itungannya dari pabrikan.

Saya belom sempet cek sih kalau ban lebar 175 dan ring 14.

Saya lihat di foto spek ban nya ada kode 82T. Mgkn karena ban bawaannya tipe yg biasa2 atau entry level, makanya perlu tekanan tinggi untuk jaga sidewall ban.

Tp kalau bannya agan ganti pake ban yg bagusan dengan ukuran yg sama, mgkn bisa dapat kode 82T nya berubah ke kode lain yg lebih tinggi. Kode 82 itu kan untuk load index rating. Semakin tinggi, berarti bisa menopang beban semakin berat, dengan isi tekanan udara ban yg lebih rendah.

Ada tabelnya sebenarnya, saya lampirkan om.
Coba dicek kira2 bobot mobilnya berapa, dan di kode 82, dia bisa hold berapa kg/pounds. images (8).jpg
Mobilnya agya AT 2015 1000cc , bannya GT radial champiro eco 175/65 r14 om. Wah membantu sekali itu tabelnya :big_exellent:
Kira2 ada saran dimari merk ban yg ukuran segitu atau lebar naik 1 step misalnya 185/60 yg penting ring 14 yg load indexnya di di atas 82?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Mz175 »

Betul ini mbah. Pas ganti ban dari 185 65 r16 ke 195 55 r16, tekanan ban depan 36 jadi 35, ban belakang 33 jadi 32. Yg ban baru load indexnya lebih tinggi.

Ada di trit sebelah, 185 65 r16 ke 195 60 r16.
Tekanan ban diisi depan 36 belakang 33 jadi keras naikannya. Menurut itungan load index harusnya depan 33 belakang 30.

https://tiresize.com/calculator/
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Sun Mar 05, 2023 13:21
Suryaputra wrote: Sun Mar 05, 2023 12:00
Sebaiknya tetap di 36 ~ 39 psi mbah

Krn itu ban jg imut dan klo under inflate jg malah pengaruh ke manuverability nya (in case manuver darurat or ngindarin sesuatu) :mky_01:

Masalah keras ya emg kemampuan chasis, kaki dan suspensinya spt itu,
Tidak berarti malah dikompensasi tekanan ban dikurangi dr anjuran pabrik :big_peace:
Wah gitu ya, oke mbah stick di 36psi di atas itu kayanya bakal berasa naek katana jaman dulu, sabar2in kalo yg ikut pd ngeluh mantul2 :big_biglaugh:
MSU wrote: Sun Mar 05, 2023 12:53 Koq keras amat sampe 36psi ya...saya isi angin mentok 32psi utk mobil ladderframe jadul dipake harian isi 6 orang
Bertahun2 pake 32psi so far aman...logika saya kalo lebih enteng mobilnya mgkn ga perlu dipompa setinggi itu...imho
Nah itu dia sepaham, mobil kecil bobot ringan, ban bawaannya pun ratio tebal 65 kudunya diisi 30~32psi kudunya aman2 aja lah ya, ga bakal makan samping bannya
Clonz wrote: Sun Mar 05, 2023 13:19 Mobil nya dan bannya apa om?

Sevenarnya semua ada itungannya dari pabrikan.

Saya belom sempet cek sih kalau ban lebar 175 dan ring 14.

Saya lihat di foto spek ban nya ada kode 82T. Mgkn karena ban bawaannya tipe yg biasa2 atau entry level, makanya perlu tekanan tinggi untuk jaga sidewall ban.

Tp kalau bannya agan ganti pake ban yg bagusan dengan ukuran yg sama, mgkn bisa dapat kode 82T nya berubah ke kode lain yg lebih tinggi. Kode 82 itu kan untuk load index rating. Semakin tinggi, berarti bisa menopang beban semakin berat, dengan isi tekanan udara ban yg lebih rendah.

Ada tabelnya sebenarnya, saya lampirkan om.
Coba dicek kira2 bobot mobilnya berapa, dan di kode 82, dia bisa hold berapa kg/pounds. images (8).jpg
Mobilnya agya AT 2015 1000cc , bannya GT radial champiro eco 175/65 r14 om. Wah membantu sekali itu tabelnya :big_exellent:
Kira2 ada saran dimari merk ban yg ukuran segitu atau lebar naik 1 step misalnya 185/60 yg penting ring 14 yg load indexnya di di atas 82?
iya set aja 36,
dan jgn kurang dr 32-33 psi ajah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
2ffthud
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Feb 26, 2023 5:06
Location: PlusEnamDua

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by 2ffthud »

daimler wrote: Sun Mar 05, 2023 11:50 Misi izin nanya suhu dimari pernah baca2 toleransi underinflate tekanan ban itu 10% dr spesifikasi stiker ban mobil di samping. Ini di agay tulisannya 36psi (kondisi dingin) ukuran ban masih sama 175/65 r14 gt radial. Cuma kalo diisi sesuai speknya keras bgt rasanya ( tau sendiri elce geceh :big_grin: ). Pernah waktu itu ga dicek selama 1bulan tinggal 32psi, malah jd lebih empuk bantingannya nah cuma gatau efek ke kaki2 atau keawetan bannya. Penasaran kalo diturunin lg ke 28psi kira2 aman ga suhu? Supaya lebih nyaman lg bantingannya
IMG_20230305_174708.jpg
Bahaya om, klo extreme underinflated kek gitu cepet botak pinggir, & makin botak pinggir makin riskan meleduk pas di tengah jalan. Klo mo bikin empuk, yg aman deh metodenya, misal pake ban yg kompon karetnya empukan, ato ganti shock/ per/ keduanya, ato pasang peredam full body krn efek tambahannya selain jadi kedap, juga jadi ngurangin mental mentulnya sasis2 entry level. Cuma ya fuel cons bakalan sedikit tambah boros ya
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by sahabatq8 »

Dunlop SP Maxx 050 termasuk ok gak ya? Ato ada alternatif yang lebih murah/bagus?
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Clonz »

sahabatq8 wrote:Dunlop SP Maxx 050 termasuk ok gak ya? Ato ada alternatif yang lebih murah/bagus?
Goodyear assurance maxguard kayaknya seru om [emoji16]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

sahabatq8 wrote: Tue Mar 07, 2023 2:26 Dunlop SP Maxx 050 termasuk ok gak ya? Ato ada alternatif yang lebih murah/bagus?
wearnya agak tinggi neh ban... noise nya so-so sih cuma kalo ud agak ngintip ke TWI berisiknya ampun. menang di gripnya emang enak. sama murah sih 1.3jt aja per pc buat CRV.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hadztracker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Nov 23, 2017 14:58

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by hadztracker »

Selamat Sore om..
mau tanya dengan harga yang sama (low budget), antara GT ecotec dan goodyear duraplus 2 lebih mending mana ya?
pengennya sih ATM 2, tapi udah keliling agak susah barangnya.
Terimakasih.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

hadztracker wrote: Tue Mar 07, 2023 9:20 Selamat Sore om..
mau tanya dengan harga yang sama (low budget), antara GT ecotec dan goodyear duraplus 2 lebih mending mana ya?
pengennya sih ATM 2, tapi udah keliling agak susah barangnya.
Terimakasih.
GY dong :big_biglaugh:
https://www.goodyear-indonesia.com/tyres/adp2-2

Garansi 1 thn / 20rb km
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hadztracker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Nov 23, 2017 14:58

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by hadztracker »

Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 10:16
hadztracker wrote: Tue Mar 07, 2023 9:20 Selamat Sore om..
mau tanya dengan harga yang sama (low budget), antara GT ecotec dan goodyear duraplus 2 lebih mending mana ya?
pengennya sih ATM 2, tapi udah keliling agak susah barangnya.
Terimakasih.
GY dong :big_biglaugh:
https://www.goodyear-indonesia.com/tyres/adp2-2

Garansi 1 thn / 20rb km
thanks om...
ADP 2 ama ATM 2, kalau untuk kesenyapan dan empuk mending mana ya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

hadztracker wrote: Tue Mar 07, 2023 10:56
Suryaputra wrote: Tue Mar 07, 2023 10:16
hadztracker wrote: Tue Mar 07, 2023 9:20 Selamat Sore om..
mau tanya dengan harga yang sama (low budget), antara GT ecotec dan goodyear duraplus 2 lebih mending mana ya?
pengennya sih ATM 2, tapi udah keliling agak susah barangnya.
Terimakasih.
GY dong :big_biglaugh:
https://www.goodyear-indonesia.com/tyres/adp2-2

Garansi 1 thn / 20rb km
thanks om...
ADP 2 ama ATM 2, kalau untuk kesenyapan dan empuk mending mana ya?
ATM 2 lbh empuk

ADP 2 buat mobil tempur
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MutualIsMe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sat Jan 28, 2023 21:08
Location: Provinsi Termiskin se-Jawa

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by MutualIsMe »

Nubie numpang tanya om2 semua, akan bermasalah tidak jika tipe ban beda sepasang dgn ukuran sama? Misal depan bridgestone er370 dan ban belakang baru bridgestone t005a? Mau cari er370 buat belakang sekarang harganya naik gak kira2, alternatifnya ganti t005. Ada yg pernah komparasi er370 vs t005a kah? Thanks om2
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

MutualIsMe wrote: Tue Mar 07, 2023 11:51 Nubie numpang tanya om2 semua, akan bermasalah tidak jika tipe ban beda sepasang dgn ukuran sama? Misal depan bridgestone er370 dan ban belakang baru bridgestone t005a? Mau cari er370 buat belakang sekarang harganya naik gak kira2, alternatifnya ganti t005. Ada yg pernah komparasi er370 vs t005a kah? Thanks om2
Aman.. jalan sesuai batas kecepatan aman aja

Fwd?
Klo iya... er370 taro depan aja, biar cepet abisnya, trus ganti sama t005a lg biar seragam

Umur pakai ban optimalnya 5 thn
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri