kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Thu Oct 20, 2022 2:53
buat passenger car om mobil modelan fortuner basisnya double cabin mobil ginian marketnya cuma third world country + ausie aja :mky_03:

cuma di ausie kena skandal katanya toyota cheating kayak VW di fortuner :big_dunno:

kalo buat mobil2x niaga trust me diesel masih lama karena listrik gak sanggup nopang beban idup eh maksudnya beban berat mereka kena beban berat rangenya drop banyak tungguin aja tesla semi bentar lagi juga banyak berita gorengan kayak kemaren waktu badai ian :mky_03:

malah ada potensi perusahan2x yang pake EV buat truknya balik ke diesel kalo ud ngerasain high costnya mobil EV :big_biglaugh:

kalo pake EV siapa yang bisa nganterin ntar itu baling2x buat winfarm yang katanya ijo2x :mky_03:

Image
wkwkwkwkw kalo diesel dilarang bener sih kiamat, literally. :mky_03: banyak kerjaan ilang, bisnis bangkrut. bukan cm resesi lagi kali itu tp apocalypse :big_biglaugh:

EV tanpa diesel jg mampus :mky_03:

lagian uni eropa sosoan bikin aturan emisi ketat-ketat sih sementara diesel jelas ga mungkin dipaksa emisinya bagus :big_bored:

tesla semi buset cybertruck aja gak muncul2 :big_biglaugh: pusing kali towing capacity nya kecil banget
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by Venturtle »

menurut ane, cara paling efektif untuk membatasi kendaraan pribadi diesel ya hilangkan line up diesel di mobil baru diesel untuk konsumen pribadi.. makanya Innova sudah akan beralih ke bensin dan bensin hybrid.. kalo ga ada line up mobil pribadi diesel yg baru, otomatis kalo mau ganti mobil baru ya harus beli bensin/bensin hybrid/atau EV.. sementara pemakai mobil lama diesel , resale value bakal naik tinggi karena ga ada lagi line up diesel untuk mobil mobil baru (konsumen pribadi), sementara peminat masih banyak untuk saat ini.. win win solution.. semua senang, semua cuan :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by b0ku »

Venturtle wrote: Thu Oct 20, 2022 3:44 menurut ane, cara paling efektif untuk membatasi kendaraan pribadi diesel ya hilangkan line up diesel di mobil baru diesel untuk konsumen pribadi.. makanya Innova sudah akan beralih ke bensin dan bensin hybrid.. kalo ga ada line up mobil pribadi diesel yg baru, otomatis kalo mau ganti mobil baru ya harus beli bensin/bensin hybrid/atau EV.. sementara pemakai mobil lama diesel , resale value bakal naik tinggi karena ga ada lagi line up diesel untuk mobil mobil baru (konsumen pribadi), sementara peminat masih banyak untuk saat ini.. win win solution.. semua senang, semua cuan :big_biglaugh:
keknya market SUV ladder frame akan tetep lanjut om UTE itu emang best selling dimana2x terutama negara yang geografisnya banyak pedalaman US aja juga sama biarpun pakenya V8, bundera aja masih di jual sebagai mobil baru di ausie :mky_03:
ChZ wrote: Thu Oct 20, 2022 3:21
wkwkwkwkw kalo diesel dilarang bener sih kiamat, literally. :mky_03: banyak kerjaan ilang, bisnis bangkrut. bukan cm resesi lagi kali itu tp apocalypse :big_biglaugh:

EV tanpa diesel jg mampus :mky_03:

lagian uni eropa sosoan bikin aturan emisi ketat-ketat sih sementara diesel jelas ga mungkin dipaksa emisinya bagus :big_bored:

tesla semi buset cybertruck aja gak muncul2 :big_biglaugh: pusing kali towing capacity nya kecil banget
itu EV kalo gak sanggup selalu di kasih backup diesel bikin fire truck katanya EV eh ada genset dieselnya, bikin pegantti humvee katanya EV eh pake genset juga belakangan juga tank pake genset diesel juga :big_biglaugh:

saya mah nungguin aja the beast jadi EV berani kagak tuhh so far sih masih diesel :wkkk:

susah lah tech gak sustainable tapi dipaksa mau dipake dimana2x :ngacir:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by Venturtle »

b0ku wrote: Thu Oct 20, 2022 3:49
Venturtle wrote: Thu Oct 20, 2022 3:44 menurut ane, cara paling efektif untuk membatasi kendaraan pribadi diesel ya hilangkan line up diesel di mobil baru diesel untuk konsumen pribadi.. makanya Innova sudah akan beralih ke bensin dan bensin hybrid.. kalo ga ada line up mobil pribadi diesel yg baru, otomatis kalo mau ganti mobil baru ya harus beli bensin/bensin hybrid/atau EV.. sementara pemakai mobil lama diesel , resale value bakal naik tinggi karena ga ada lagi line up diesel untuk mobil mobil baru (konsumen pribadi), sementara peminat masih banyak untuk saat ini.. win win solution.. semua senang, semua cuan :big_biglaugh:
keknya market SUV ladder frame akan tetep lanjut om UTE itu emang best selling dimana2x terutama negara yang geografisnya banyak pedalaman US aja juga sama biarpun pakenya V8, bundera aja masih di jual sebagai mobil baru di ausie :mky_03:
SUV ladder frame jelas lanjut dong.. :big_biglaugh:
tapi seperti biasa, yang laris untuk konsumen pribadi ya cuma Fortuner dan Pajero Sport doang.. itupun ane ga yakin bisa selaris gen sekarang apalagi kalo next gennya pake mild hybrid diesel dan biosolar subsidi benar benar dilarang untuk konsumen pribadi :big_biglaugh:
ane pribadi sih uda kapok naik ladder frame.. sebagai driver sangat oke.. tapi big no untuk penumpang baris kedua.. :off_no:
om b0ku kan nyetir bawa OPS (row 1) ya mantap mantap saja.. ane juga kalo nyetir Venturer facelift enak torsi di kecepatan rendah.. tapi begitu pindah row 2 ampun dah suspensinya keras banget.. belum bodynya goyang goyang mulu :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by b0ku »

Venturtle wrote: Thu Oct 20, 2022 3:59 SUV ladder frame jelas lanjut dong.. :big_biglaugh:
tapi seperti biasa, yang laris untuk konsumen pribadi ya cuma Fortuner dan Pajero Sport doang.. itupun ane ga yakin bisa selaris gen sekarang apalagi kalo next gennya pake mild hybrid diesel dan biosolar subsidi benar benar dilarang untuk konsumen pribadi :big_biglaugh:
ane pribadi sih uda kapok naik ladder frame.. sebagai driver sangat oke.. tapi big no untuk penumpang baris kedua.. :off_no:
om b0ku kan nyetir bawa OPS (row 1) ya mantap mantap saja.. ane juga kalo nyetir Venturer facelift enak torsi di kecepatan rendah.. tapi begitu pindah row 2 ampun dah suspensinya keras banget.. belum bodynya goyang goyang mulu :big_biglaugh:
PAJERO saya keknya gara2x saya bikin profender LV4 ditambah per keras kemaren jalan ke bandung be8 kebetulan yang paling belakang ada anak yang suka sakit2xan kena autoimun segala saya agak kawatir sama tuh anak saya tanya mabok gak takutnya pernya keras malah dia bilang engak tuh enak2x aja malah dia makan segala di situ :mky_03:

kalo saya bilang pake suspensi keras malah bikin penumpang gak mual soalnya chasisnya gak banyak ngayun pas di jalan apalagi di jalan gunung :mky_03:
Last edited by b0ku on Thu Oct 20, 2022 4:11, edited 1 time in total.
User avatar
gils
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 532
Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by gils »

Bulan lalu saya sdh jual fortuner diesel 2012 saya di tuker tambah ke Vellfire 2010, jaga jaga kalau biosol di stop. So far gak nyesel, yang bikin kangen cuman biasanya isi fulltank cuman 300rban skrg full tank hampir 800rb n yang biasa nya itu jarum
Bensin susah turun sekarang gampang bener turun nya :big_childish:
For everything, there is a season, there is a reason...

2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by Venturtle »

b0ku wrote: Thu Oct 20, 2022 4:10
Venturtle wrote: Thu Oct 20, 2022 3:59 SUV ladder frame jelas lanjut dong.. :big_biglaugh:
tapi seperti biasa, yang laris untuk konsumen pribadi ya cuma Fortuner dan Pajero Sport doang.. itupun ane ga yakin bisa selaris gen sekarang apalagi kalo next gennya pake mild hybrid diesel dan biosolar subsidi benar benar dilarang untuk konsumen pribadi :big_biglaugh:
ane pribadi sih uda kapok naik ladder frame.. sebagai driver sangat oke.. tapi big no untuk penumpang baris kedua.. :off_no:
om b0ku kan nyetir bawa OPS (row 1) ya mantap mantap saja.. ane juga kalo nyetir Venturer facelift enak torsi di kecepatan rendah.. tapi begitu pindah row 2 ampun dah suspensinya keras banget.. belum bodynya goyang goyang mulu :big_biglaugh:
PAJERO saya keknya gara2x saya bikin profender LV4 ditambah per keras kemaren jalan ke bandung be8 kebetulan yang paling belakang ada anak yang suka sakit2xan kena autoimun segala saya agak kawatir sama tuh anak saya tanya mabok gak takutnya pernya keras malah dia bilang engak tuh enak2x aja malah dia makan segala di situ :mky_03:

kalo saya bilang pake suspensi keras malah bikin penumpang gak mual soalnya chasisnya gak banyak ngayun pas di jalan apalagi di jalan gunung :mky_03:
Venturer facelift ane juga suspensinya ga mental mentul om karena keras suspensinya (ga naik turun mobilnya kena rebound suspensi).. masalahnya selain keras suspensinya ya goyang goyang body mobil (ke kiri dan ke kanan).. biasanya driver ga gitu ngaruh karena enak torsi diesel.. penumpang row 2 kalo ga mual biasa pusing atau pegel pegel badannya (terutama yg agak berumur) :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by ChZ »

Venturtle wrote: Thu Oct 20, 2022 3:44 menurut ane, cara paling efektif untuk membatasi kendaraan pribadi diesel ya hilangkan line up diesel di mobil baru diesel untuk konsumen pribadi.. makanya Innova sudah akan beralih ke bensin dan bensin hybrid.. kalo ga ada line up mobil pribadi diesel yg baru, otomatis kalo mau ganti mobil baru ya harus beli bensin/bensin hybrid/atau EV.. sementara pemakai mobil lama diesel , resale value bakal naik tinggi karena ga ada lagi line up diesel untuk mobil mobil baru (konsumen pribadi), sementara peminat masih banyak untuk saat ini.. win win solution.. semua senang, semua cuan :big_biglaugh:
sekarang diesel buat light passenger vehicle ud gak terlalu diminati jg om sejak dieselgate :mky_03: lagian diesel buat hatchback/sedan sebenernya overkill sih buat apa 400Nm di sedan 1.5ton cuma berubah jadi asep ma decitan ban + berat di clutch nya panas dihajar torsi segitu.

efficiency juga sekarang light vehicle lebih enak pake small gasoline turbo packagingnya lebih ok power figurenya lebih bagus. bensin cuma butuh mesin 1500cc buat bikin 150-170hp, diesel butuh >2000cc.

ertiga diesel aja dulu power mirip aja kan sama yang gasoline :mky_03:

di indo masih butuh mobil begini soalnya basis emang truck double cabin buat di pertambangan. kalimantan kan tambang uang beneran tuh buat atpm yang jual dcab. matek lah dikasih diesel euro5 itu triton hilux tambang.

unit barunya cepet muter gegara baru dipake 1-2 taun aja udah jebol semua tp perusahaan bodoamat yang ngurusin ya rentalnya udah kontrak sewa puluhan jt selesai dibalikin ke rental sewa baru lagi, yang lama jadi bangke beneran :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by b0ku »

Venturtle wrote: Thu Oct 20, 2022 4:18 Venturer facelift ane juga suspensinya ga mental mentul om karena keras suspensinya (ga naik turun mobilnya kena rebound suspensi).. masalahnya selain keras suspensinya ya goyang goyang body mobil (ke kiri dan ke kanan).. biasanya driver ga gitu ngaruh karena enak torsi diesel.. penumpang row 2 kalo ga mual biasa pusing atau pegel pegel badannya (terutama yg agak berumur) :mky_03:
ROW 3 bukanya paling parah om kan duduknya diatas shock :big_biglaugh:, mobil saya sih gak goyang om suspensinya cuma yang masalah itu bobot dia ikut2xan narik kalo saya beloknya kasar makanya maen setirnya musti lembut cuma dinget2x sih cuma toyota yang selalu saya bikin mual kalo masih kecil dulu kijang kapsul, padahal saya naek taruna sama avanza gak pernah mual, sama terakhir sih yaris nyetir sendiri aja bisa mual gak enak badan :big_biglaugh:

kalo honda gak usah ditanya seharian juga kuat asal gak ngantuk itu aja biasa saya nepi buat bobo :mky_03:

kalo menurut saya antara chasisnya kurang rigid atau suspensi setengah2x kerasnya khas mobil std soalnya yaris saya 2010 juga revisian itu per apa shock keknya dikerasin cuma chasisnya sama aja ya akhirnya keras iya oleng iya :big_biglaugh:

kalo mitsu kek ANPS biarpun pernya trlalu empuk tetep chasisnya dia sebenernya ud bagus malah mungkin lebih ok dari OPS yang menang per keras aja :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Thu Oct 20, 2022 4:20
sekarang diesel buat light passenger vehicle ud gak terlalu diminati jg om sejak dieselgate :mky_03: lagian diesel buat hatchback/sedan sebenernya overkill sih buat apa 400Nm di sedan 1.5ton cuma berubah jadi asep ma decitan ban + berat di clutch nya panas dihajar torsi segitu.

efficiency juga sekarang light vehicle lebih enak pake small gasoline turbo packagingnya lebih ok power figurenya lebih bagus. bensin cuma butuh mesin 1500cc buat bikin 150-170hp, diesel butuh >2000cc.

ertiga diesel aja dulu power mirip aja kan sama yang gasoline :mky_03:

di indo masih butuh mobil begini soalnya basis emang truck double cabin buat di pertambangan. kalimantan kan tambang uang beneran tuh buat atpm yang jual dcab. matek lah dikasih diesel euro5 itu triton hilux tambang.

unit barunya cepet muter gegara baru dipake 1-2 taun aja udah jebol semua tp perusahaan bodoamat yang ngurusin ya rentalnya udah kontrak sewa puluhan jt selesai dibalikin ke rental sewa baru lagi, yang lama jadi bangke beneran :big_biglaugh:
ya lagian negara market UTE diesel yang cuma ribut emisi paling cuma thailand sama ausie doank yang laen mane peduli orang negaranya aja masih susah :big_biglaugh:

amerika latin, afrika, asia tenggara, sama paling russia sama negara2x eropa kelas kere :big_biglaugh:

itu aja thailand aftermarketnya malah pada maen lokomotif :wkkk:
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by lexnic »

ac235287 wrote: Thu Oct 20, 2022 0:53 Selagi ane Masi punya kerja dan belum d phk atau pensiun insyaAllah minum dexlite/pertadex aja gan hehehe, udah terlanjur suka sama karakter diesel passenger car.
sama, saya jga bgtu buat 2kd ortu. dulu slalu pake biosolar (dri awal beli malahan), trus bgtu denger mau pembatasan bbm subsidi ganti pake dexlite. cuma pas september kmrn pake dexlite malah bikin tarikan jdi gk enak. akhirnya mulai bulan ini ganti pake pertadex.

hal pertama yg lngsung berasa pas ganti dri biosolar ke dexlite, suara mesin jdi lebih halus (gk sekasar pas pake biosolar dulu). tarikan jga lbh enteng, jdi konsumsi bbm bisa lebih irit. klo pertadex, udh pasti jauh lebih enak dibanding dexlite skalipun. sesuai lah sama harganya hahaha

itung2, dgn saya belain beli pertadex saya ikut bantu kurangin beban subsidi pemerintah. skalian ngerawat mobil jga, soalnya skrg gk dipake sesering dulu.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 506
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by RezPrat »

lexnic wrote: Thu Oct 20, 2022 4:58
ac235287 wrote: Thu Oct 20, 2022 0:53 Selagi ane Masi punya kerja dan belum d phk atau pensiun insyaAllah minum dexlite/pertadex aja gan hehehe, udah terlanjur suka sama karakter diesel passenger car.
sama, saya jga bgtu buat 2kd ortu. dulu slalu pake biosolar (dri awal beli malahan), trus bgtu denger mau pembatasan bbm subsidi ganti pake dexlite. cuma pas september kmrn pake dexlite malah bikin tarikan jdi gk enak. akhirnya mulai bulan ini ganti pake pertadex.

hal pertama yg lngsung berasa pas ganti dri biosolar ke dexlite, suara mesin jdi lebih halus (gk sekasar pas pake biosolar dulu). tarikan jga lbh enteng, jdi konsumsi bbm bisa lebih irit. klo pertadex, udh pasti jauh lebih enak dibanding dexlite skalipun. sesuai lah sama harganya hahaha

itung2, dgn saya belain beli pertadex saya ikut bantu kurangin beban subsidi pemerintah. skalian ngerawat mobil jga, soalnya skrg gk dipake sesering dulu.
Iya, kualitas dexlite ancur bgt 2 bulan belakangan, ane simpan dexlite 3 Minggu dalam botol, eh ada endapan hitam d bawahnya, Trus lebih boros juga dari biasanya, mengingat selisih harga gak seberapa sama pertadex ya udah 100% pertadex deh, gak perlu additive lagi.
bprasto86
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jan 21, 2017 2:07

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by bprasto86 »

Pakai Bio Solar plus PSDK KLEEN DIESEL ane pake pajero 0 h 6700 km filter masih bersih
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by evanbngdor »

bprasto86 wrote: Sat Oct 22, 2022 11:47 Pakai Bio Solar plus PSDK KLEEN DIESEL ane pake pajero 0 h 6700 km filter masih bersih
Filter solar pake apa? Kalo pake ori nya pasti 6700km masih bersih, sampe 20rb pun jg bersih untuk solar kondisi skg ini
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Thu Oct 20, 2022 4:36 ya lagian negara market UTE diesel yang cuma ribut emisi paling cuma thailand sama ausie doank yang laen mane peduli orang negaranya aja masih susah :big_biglaugh:

amerika latin, afrika, asia tenggara, sama paling russia sama negara2x eropa kelas kere :big_biglaugh:

itu aja thailand aftermarketnya malah pada maen lokomotif :wkkk:
kyk banyak dibahas di satir-satir yah, yang bacot jadi SJW lingkungan ya orang kaya biasanya. orang miskin jadi SJW lingkungan gimane makan aja susah :big_biglaugh:

sama, yang bacot soal lingkungan suruh beli mobil listrik ban ICE green energy bla bla bla kan negara kaya :big_biglaugh: buat negara miskin mana yang murah mana yang gampang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Oct 24, 2022 2:46
kyk banyak dibahas di satir-satir yah, yang bacot jadi SJW lingkungan ya orang kaya biasanya. orang miskin jadi SJW lingkungan gimane makan aja susah :big_biglaugh:

sama, yang bacot soal lingkungan suruh beli mobil listrik ban ICE green energy bla bla bla kan negara kaya :big_biglaugh: buat negara miskin mana yang murah mana yang gampang.
masalahnya si kaya itu juga ngeracunin ud kayak ajaran sesat liat aja ini contohnya :big_bored:



ud kayak cult lama2x bisanya protes tapi solusi kagak ada mendingan tinggal di hutan aja sono sekalian :big_bored:



kata hammond aja mendingan juga piara mobil tua daripada beli EV :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Mon Oct 24, 2022 3:09
masalahnya si kaya itu juga ngeracunin ud kayak ajaran sesat liat aja ini contohnya :big_bored:



ud kayak cult lama2x bisanya protes tapi solusi kagak ada mendingan tinggal di hutan aja sono sekalian :big_bored:



kata hammond aja mendingan juga piara mobil tua daripada beli EV :big_biglaugh:
yang bilang stop oil stop oil mah gak sadar apa baju ama hp nya juga pake oil, klo konsisten demo sambil telanjang bulet aja gak mandi kayak gembel.

oh iya kalo perlu gak makan gak minum yah kan pake oil juga tuh :mky_03:

kalo bisa skalian demo gak napas, napas ama kentut aja keluarin CO2 ma metana itu jg gak kalah kotor ama exhaust mobil :mky_03: pernah denger di tedtalks exhaust corvette sama kuda napas aja sama jeleknya :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Oct 24, 2022 3:22
yang bilang stop oil stop oil mah gak sadar apa baju ama hp nya juga pake oil, klo konsisten demo sambil telanjang bulet aja gak mandi kayak gembel.

oh iya kalo perlu gak makan gak minum yah kan pake oil juga tuh :mky_03:

kalo bisa skalian demo gak napas, napas ama kentut aja keluarin CO2 ma metana itu jg gak kalah kotor ama exhaust mobil :mky_03: pernah denger di tedtalks exhaust corvette sama kuda napas aja sama jeleknya :big_biglaugh:
tuh kata hammond aja ASTON kan biasa dibeli jarang dipake jd emisiinya bisa aja di bawah emisi HP sama laptop apalagi mobil tua :wkkk:

kek gini satu juga stupid to the max

Image

ntar giliran suruh kuras semua cairan basis minyak bumi dari teslanya dia juga dia cuma nyengir2x doank pasang muka dongo :mky_03:
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by daimler »

b0ku wrote: Mon Oct 24, 2022 3:09
ChZ wrote: Mon Oct 24, 2022 2:46
kyk banyak dibahas di satir-satir yah, yang bacot jadi SJW lingkungan ya orang kaya biasanya. orang miskin jadi SJW lingkungan gimane makan aja susah :big_biglaugh:

sama, yang bacot soal lingkungan suruh beli mobil listrik ban ICE green energy bla bla bla kan negara kaya :big_biglaugh: buat negara miskin mana yang murah mana yang gampang.
masalahnya si kaya itu juga ngeracunin ud kayak ajaran sesat liat aja ini contohnya :big_bored:



ud kayak cult lama2x bisanya protes tapi solusi kagak ada mendingan tinggal di hutan aja sono sekalian :big_bored:



kata hammond aja mendingan juga piara mobil tua daripada beli EV :big_biglaugh:
Nambahin. Yg ngeracunin petrolhead buat beralih ke EV dengan alasan emisi jg macem cult






:big_dunno:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9626
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by Suryaputra »

Ganti ini aja
Pasti lbh kencang dan nyaman (dibanding ipah bensin rwd), krn monokok dan FWD :big_peace:





:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by b0ku »

daimler wrote: Mon Oct 24, 2022 14:02 Nambahin. Yg ngeracunin petrolhead buat beralih ke EV dengan alasan emisi jg macem cult






:big_dunno:
The number of kilometres needed to be driven to reach break-even for the
Polestar 2 variants, compared with XC40 ICE changes with variant and
electricity mix. “Standard range Single motor” charged with wind power
reaches break-even after 40 000 km, while “Long range Dual motor”
charged with global electricity mix reaches break-even after 110 000 km.
All break-even figures can be seen in Table 1.
INI study resminya volvo sendiri loh bayangin aja saya punya pajero sama jazz km baru 90rb umur ud pada mau 10th itu kalo 10thn baru 120rb tiba2x batre jebol artinya dia kudu nyetir 80-90rbkm (potong karbon dari produksi chasis) lagi buat break even :big_biglaugh:

terus kemaren liat video influenza UK dia cek mobil2x second yang dijual di website paling banyak odometer dibawah 100rb :wkkk:

apa gunanya tuh mobil EV :wkkk:

ntar kalo di hujat bilang kita nokia lah, namanya teknologi nanti berkembang lah, gak cinta lingkungan lah, polluter lah, kentut lah, disini saja sampe ada yang ngambek gara2x di berondong kenyataan katanya saya ngejelek2xin lah..... ??? padahal ud disertai bukti :wkkk:
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 529
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by Greenhunter »

Info ini dikonfirmasi ulang oleh orang dalam. Pembatasan bbm subsidi (bio solar & pertalite) akan dijalankan 26 januari 2023 dengan skema :

Bagi yang sudah terdaftar di mypertamina :
1. kendaraan pribadi 60 liter per hari.
2. kendaraan umum angkutan barang & orang 4 roda : 80 liter per hari
3. kendaraan umum angkutan barang & orang 6 roda atau lebih : 200 liter per hari.

Yang belum terdaftar mypertamina dapat jatah beli 20 liter per hari dgn diinputkan plat nomer
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by ilhami »

Melihat nilai kuota nya, bukan masalah di kuota, tapi memang jatah per daerah yang kurang. Karena disini solar selalu antri.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by r1409 »

Greenhunter wrote: Thu Jan 19, 2023 23:25 Info ini dikonfirmasi ulang oleh orang dalam. Pembatasan bbm subsidi (bio solar & pertalite) akan dijalankan 26 januari 2023 dengan skema :

Bagi yang sudah terdaftar di mypertamina :
1. kendaraan pribadi 60 liter per hari.
2. kendaraan umum angkutan barang & orang 4 roda : 80 liter per hari
3. kendaraan umum angkutan barang & orang 6 roda atau lebih : 200 liter per hari.

Yang belum terdaftar mypertamina dapat jatah beli 20 liter per hari dgn diinputkan plat nomer
26 januari ini untuk lokasi mana?

untuk kendaraan pribadi sih, ga ada gunanya pembatasan 60 liter per hari itu terlalu banyak kalau memang niatnya membatasi.

lha kendaraan pribadi pengguna biosol model fortuner pajero fulltank nya 50 liter lebih, ya bisa isi full tank langsung, alias pembatasan ga ngaruh. toh kendaraan pribadi gini jarang yg ngabisin 60 liter sehari kecuali pas dipake very long trip, dan ga mungkin tiap hari kan.

kalo memang niatnya membatasi yg kendaraan pribadi, ya langsung aja dari merk dan tipe kendaraannya langsung, at least dimulai dari yg umum & keliatan mata dulu, pelan2 ditambah biar petugasnya makin lama makin hafal jenis mobilnya. nanti bertahap ditambah kriteria pembatasannya, baik dari kendaraannya dan juga dari NIK yg terdaftar di mypertamina, tinggal sambung ke database data penghasilan yg harusnya bisa didapat dari kantor pajak, karena NIK dan NPWP sudah digabung harusnya bisa terintegrasi. juga bisa ditambah 1 layer lagi kriteria yg disambungkan dari data samsat, alamat nopol mobil yg ngisi ini terdaftar punya berapa mobil. kalau misalnya terdaftar lebih dari 1 atau berapa gitu, dilarang pake subsidi.

jadi at least ada 3 tahap pengecekan yg masuk akal, yaitu dari mobilnya, data penghasilan yg ngisi, dan data jumlah mobil yg dimiliki. kalau lolos semua baru boleh ngisi subsidi.

tapi entah mengapa seperti ga ada perkembangan apapun mengenai pembatasan ini, sampe akhirnya si reborn diesel yg dulu disetop saat rame mau diberlakukan pembahasan pembatasan, akhirnya dijual lagi krn rencana pembatasan seperti ga berlanjut, entah kenapa.
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 529
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: kalo kijang,panther,innova,pajero,fortuner dan mesin 1500cc keatas dilarang solar mau pertahanin atau ganti apa?

Post by Greenhunter »

r1409 wrote: Fri Jan 20, 2023 3:26
Greenhunter wrote: Thu Jan 19, 2023 23:25 Info ini dikonfirmasi ulang oleh orang dalam. Pembatasan bbm subsidi (bio solar & pertalite) akan dijalankan 26 januari 2023 dengan skema :

Bagi yang sudah terdaftar di mypertamina :
1. kendaraan pribadi 60 liter per hari.
2. kendaraan umum angkutan barang & orang 4 roda : 80 liter per hari
3. kendaraan umum angkutan barang & orang 6 roda atau lebih : 200 liter per hari.

Yang belum terdaftar mypertamina dapat jatah beli 20 liter per hari dgn diinputkan plat nomer
26 januari ini untuk lokasi mana?

untuk kendaraan pribadi sih, ga ada gunanya pembatasan 60 liter per hari itu terlalu banyak kalau memang niatnya membatasi.

lha kendaraan pribadi pengguna biosol model fortuner pajero fulltank nya 50 liter lebih, ya bisa isi full tank langsung, alias pembatasan ga ngaruh. toh kendaraan pribadi gini jarang yg ngabisin 60 liter sehari kecuali pas dipake very long trip, dan ga mungkin tiap hari kan.

kalo memang niatnya membatasi yg kendaraan pribadi, ya langsung aja dari merk dan tipe kendaraannya langsung, at least dimulai dari yg umum & keliatan mata dulu, pelan2 ditambah biar petugasnya makin lama makin hafal jenis mobilnya. nanti bertahap ditambah kriteria pembatasannya, baik dari kendaraannya dan juga dari NIK yg terdaftar di mypertamina, tinggal sambung ke database data penghasilan yg harusnya bisa didapat dari kantor pajak, karena NIK dan NPWP sudah digabung harusnya bisa terintegrasi. juga bisa ditambah 1 layer lagi kriteria yg disambungkan dari data samsat, alamat nopol mobil yg ngisi ini terdaftar punya berapa mobil. kalau misalnya terdaftar lebih dari 1 atau berapa gitu, dilarang pake subsidi.

jadi at least ada 3 tahap pengecekan yg masuk akal, yaitu dari mobilnya, data penghasilan yg ngisi, dan data jumlah mobil yg dimiliki. kalau lolos semua baru boleh ngisi subsidi.

tapi entah mengapa seperti ga ada perkembangan apapun mengenai pembatasan ini, sampe akhirnya si reborn diesel yg dulu disetop saat rame mau diberlakukan pembahasan pembatasan, akhirnya dijual lagi krn rencana pembatasan seperti ga berlanjut, entah kenapa.
Yang pasti area surabaya diberlakukan 26 januari.