[review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Tue Sep 27, 2022 5:45
kendibocor wrote: Mon Sep 26, 2022 9:54
mattsebastian7 wrote: Mon Sep 26, 2022 3:52 Baca2 trit euro car ownership gini emang seru ya hahah
Selaku mantan owner W202 C240 V6 juga ngerasain gimana rasanya ownership boil jerman tua :big_smoking:
Mulai dari ceceran oli bocor di garasi, sensor rada ngambek kalo ga dipake aga lamaan & plastik2 yang getas

Kalo dilihat2 sini dibanding dulu keluar jajan 15jt ++ selama 1 tahun buat W202 sy kok jadi reasonable ya wkwkw :big_biglaugh:
Tapi itu pun kondisi dijual pun masih ada pr jadinya mungkin bisa lebih :big_think:
Padahal sblm angkut W202 ngincer E46 tapi nyari yang seger alamak susah bener :big_dunno:

Sekarang pindah lagi ke jepang rasanya dompet jadi lebih damai :big_grin:

Walaupun masalahnya kalo udah pernah pegang eropaan, jadi kangen gitu setelah dilepas. Kalo ada duit lebih lagi jadi pengen pelihara eropa lagi :mky_04:
Skip langsung ke F30 atau W204 aja om. Cukup robust kok. Saya sudah setahun pake F30 ga keluar biaya dadakan yg bikin jantung copot. Cuman maintenance biasa sama part2 yg emang harus ganti karena wear n tear aja.
Jadi galau. Kbanyakan jual seken yg harganya ok F30 non LCI. 328i aja bisa dpt kepala 3 :big_childish:

Parah ga sih isu timing chain n20 ini? Level keparahannya dah kaya mecha VW belum? Wkwkwkwkw. Soalnya kalo liat di jalan F30 pre lci emang pada jalan2 aja sih. Makin diliat makin asoy :big_love:

Kl N20 300jt + repair mending LCI sekalian :big_childish:
Yg LCI agak lebih nahan harganya kayaknya mbah. Issue timing chain gampang sih, kalo odo tinggi atau mesin brisik ya ganti aja uda paling bener. Bengkel spesialis baling2 pasti ngerti lah bunyinya gimana.
Selain timing chain perlu dipertimbangkan jg issue steering rack di preLCI mbah. Walaupun repair kit murah tp takutnya uda beyond repair dan harus gnt assy sih mampus jg itu harganya :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by farizfsa »

ChZ wrote: Tue Sep 27, 2022 5:45
kendibocor wrote: Mon Sep 26, 2022 9:54
mattsebastian7 wrote: Mon Sep 26, 2022 3:52 Baca2 trit euro car ownership gini emang seru ya hahah
Selaku mantan owner W202 C240 V6 juga ngerasain gimana rasanya ownership boil jerman tua :big_smoking:
Mulai dari ceceran oli bocor di garasi, sensor rada ngambek kalo ga dipake aga lamaan & plastik2 yang getas

Kalo dilihat2 sini dibanding dulu keluar jajan 15jt ++ selama 1 tahun buat W202 sy kok jadi reasonable ya wkwkw :big_biglaugh:
Tapi itu pun kondisi dijual pun masih ada pr jadinya mungkin bisa lebih :big_think:
Padahal sblm angkut W202 ngincer E46 tapi nyari yang seger alamak susah bener :big_dunno:

Sekarang pindah lagi ke jepang rasanya dompet jadi lebih damai :big_grin:

Walaupun masalahnya kalo udah pernah pegang eropaan, jadi kangen gitu setelah dilepas. Kalo ada duit lebih lagi jadi pengen pelihara eropa lagi :mky_04:
Skip langsung ke F30 atau W204 aja om. Cukup robust kok. Saya sudah setahun pake F30 ga keluar biaya dadakan yg bikin jantung copot. Cuman maintenance biasa sama part2 yg emang harus ganti karena wear n tear aja.
Jadi galau. Kbanyakan jual seken yg harganya ok F30 non LCI. 328i aja bisa dpt kepala 3 :big_childish:

Parah ga sih isu timing chain n20 ini? Level keparahannya dah kaya mecha VW belum? Wkwkwkwkw. Soalnya kalo liat di jalan F30 pre lci emang pada jalan2 aja sih. Makin diliat makin asoy :big_love:

Kl N20 300jt + repair mending LCI sekalian :big_childish:
masalah2 umum n20 dan f30 sih udh hatam lah ya bengkel spesialis di kota besar, kayanya blm pernah denger f30 std rusak muahal bgt zaman sekarang. ga kaya mechatronic nya e90 atau ecu panggangnya w204
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Tue Sep 27, 2022 7:27
Yg LCI agak lebih nahan harganya kayaknya mbah. Issue timing chain gampang sih, kalo odo tinggi atau mesin brisik ya ganti aja uda paling bener. Bengkel spesialis baling2 pasti ngerti lah bunyinya gimana.
Selain timing chain perlu dipertimbangkan jg issue steering rack di preLCI mbah. Walaupun repair kit murah tp takutnya uda beyond repair dan harus gnt assy sih mampus jg itu harganya :mky_03:
oh iya bener juga mbah. rack steer jg lumayan rawan ya di F30 pre LCI. brarti checklist nya kalau pre-LCI timing chain sama rack steering yah
farizfsa wrote: Tue Sep 27, 2022 8:57
masalah2 umum n20 dan f30 sih udh hatam lah ya bengkel spesialis di kota besar, kayanya blm pernah denger f30 std rusak muahal bgt zaman sekarang. ga kaya mechatronic nya e90 atau ecu panggangnya w204
hmmm iya sih apalg di kota ane rata-rata mobil rawatan kl F30 :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Wed Sep 28, 2022 2:17
kendibocor wrote: Tue Sep 27, 2022 7:27
Yg LCI agak lebih nahan harganya kayaknya mbah. Issue timing chain gampang sih, kalo odo tinggi atau mesin brisik ya ganti aja uda paling bener. Bengkel spesialis baling2 pasti ngerti lah bunyinya gimana.
Selain timing chain perlu dipertimbangkan jg issue steering rack di preLCI mbah. Walaupun repair kit murah tp takutnya uda beyond repair dan harus gnt assy sih mampus jg itu harganya :mky_03:
oh iya bener juga mbah. rack steer jg lumayan rawan ya di F30 pre LCI. brarti checklist nya kalau pre-LCI timing chain sama rack steering yah

Repair kit sih murah mbah cuman 1 jutaan di beres bmw wkt itu nanya ama ongkos paling max 5 jutaan. Masalahnya kalo ga bs di repair dan harus ganti assy, itu tagihan langsung 10x lipet kalo di beres :big_slap:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by pendoli »

Tadi ane sukses coding sendiri unlock feature modal OBD2 dan bimmercode
Obd2 pake nexas 449rb https://tokopedia.link/stdSkjLrLtb
Trus konek ke bimmercode di ipon
Enak lancar jaya koneksinya
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Oct 04, 2022 7:50
Location: jakarta
Daily Vehicle: e46-anh20

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by theone77 »

pagi, sharing (curhat panjang, selama 7tahun silent reader)
terutama kepada teman2 yang berpikir untuk beli mobil eropa bekas

saya pake e46 325, jujur sih cape, beli gk bahan2 banget
shock kena, ganti kaki2, mesin ngebul, angkat mesin, etc,
cost brapa selama 2 tahun, 30-40juta, mobil brapa? 90jt (pasaran waktu itu 120)
and belom selesai.
jadi pas pake deg2 ser, tar engine nyala, scan ini itu

kenapa gk beli yang barang pristine, superb dll, karena ttp yah, barang bekas belasan tahun.
jarang kan orang kaya taruh di garasi, bayarin pajak tiap tahun, toh semua ada life time, bukan berdasarkan kilometer.

-----
skrg ada rejeki lebih, mau benerin, engap
banyakan bolak balik bengkel, banyak cerita
bengkel x. pas turun mesin saya dah bilang, tolong cek semua, tes jalan 500km bensin saya bayarin
gk dicek, gk dites, sibuk ini itu, bilang aman, manis sekali....trus pas baru diambil, malemnya matic jedug

kata beliau, turun matic boss.
saya pengen omong, ambil aja duitnya, gk usah service,
(abis waktu sama uang, toh gk beres, ambil uangnya aja, jangn waktu saya)

dan mungkin apesnya saya, dapet oknum
limp mode, ternyata airmass prob, = matic boss, ganti copotan singapur (emang singapur masih ada e46 lol)
sensor speed, eror, airmass prob = matic boss, repeat

-----
next beli rada baruan/ baru
masih sayang uang,
1. misal mobil 1milyar, bekas 5 tahun jadi 500jt (100jt setahun), itu cash, klo kredit, bisa 130an setahun
dah bisa sewa ruko. jalanan tetep macet, banjir tetep ada, etc
2. beli bekas 500jt, sisa deg2annya, takut, kebengkel resmi, bill 5-10jt, perdatang
3. klo dah 10-15tahun, kejadian diatas bakal terulang lagi gk ya
-karena mobil bekas 100jt, pas baru 30-40rb dollar. costnya tetap sama


gimana tetep eropa, saya pilih mercy,
1. model tipe yang dipakai taxi, mereka bisa 250-350rb km, bahkan telen oktan 89-91
- sparepart copotan banyak, baru resmi bisa ke dealer, kw bisa ke toko2
2. service record jelas, walau gk resmi harus tetap terpercaya
3. kunci lengkap , buku lengkap
(agak lucu, klo kunci cuma 1, beli hp 15jt aja dusnya masih ada hehe, kunci, buku mobil entah kemana)

----
terakhir, jangan sampai kayak saya :)
beli bekas, kredit, mobil merongrong dompet dan waktu,
duitnya bisa buat yang lain, waktu bisa buat yang lain

maaf kalau ada yang tersinggung
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by kendibocor »

theone77 wrote: Sun Oct 09, 2022 2:11 pagi, sharing (curhat panjang, selama 7tahun silent reader)
terutama kepada teman2 yang berpikir untuk beli mobil eropa bekas

saya pake e46 325, jujur sih cape, beli gk bahan2 banget
shock kena, ganti kaki2, mesin ngebul, angkat mesin, etc,
cost brapa selama 2 tahun, 30-40juta, mobil brapa? 90jt (pasaran waktu itu 120)
and belom selesai.
jadi pas pake deg2 ser, tar engine nyala, scan ini itu

kenapa gk beli yang barang pristine, superb dll, karena ttp yah, barang bekas belasan tahun.
jarang kan orang kaya taruh di garasi, bayarin pajak tiap tahun, toh semua ada life time, bukan berdasarkan kilometer.

-----
skrg ada rejeki lebih, mau benerin, engap
banyakan bolak balik bengkel, banyak cerita
bengkel x. pas turun mesin saya dah bilang, tolong cek semua, tes jalan 500km bensin saya bayarin
gk dicek, gk dites, sibuk ini itu, bilang aman, manis sekali....trus pas baru diambil, malemnya matic jedug

kata beliau, turun matic boss.
saya pengen omong, ambil aja duitnya, gk usah service,
(abis waktu sama uang, toh gk beres, ambil uangnya aja, jangn waktu saya)

dan mungkin apesnya saya, dapet oknum
limp mode, ternyata airmass prob, = matic boss, ganti copotan singapur (emang singapur masih ada e46 lol)
sensor speed, eror, airmass prob = matic boss, repeat

-----
next beli rada baruan/ baru
masih sayang uang,
1. misal mobil 1milyar, bekas 5 tahun jadi 500jt (100jt setahun), itu cash, klo kredit, bisa 130an setahun
dah bisa sewa ruko. jalanan tetep macet, banjir tetep ada, etc
2. beli bekas 500jt, sisa deg2annya, takut, kebengkel resmi, bill 5-10jt, perdatang
3. klo dah 10-15tahun, kejadian diatas bakal terulang lagi gk ya
-karena mobil bekas 100jt, pas baru 30-40rb dollar. costnya tetap sama


gimana tetep eropa, saya pilih mercy,
1. model tipe yang dipakai taxi, mereka bisa 250-350rb km, bahkan telen oktan 89-91
- sparepart copotan banyak, baru resmi bisa ke dealer, kw bisa ke toko2
2. service record jelas, walau gk resmi harus tetap terpercaya
3. kunci lengkap , buku lengkap
(agak lucu, klo kunci cuma 1, beli hp 15jt aja dusnya masih ada hehe, kunci, buku mobil entah kemana)

----
terakhir, jangan sampai kayak saya :)
beli bekas, kredit, mobil merongrong dompet dan waktu,
duitnya bisa buat yang lain, waktu bisa buat yang lain

maaf kalau ada yang tersinggung
Resiko beli mobkas ya gitu om, apalg (maaf) om beli dibawah pasaran lumayan jauh, yg mana pasti ada faktor X yg bikin ownernya mau jual dibawah harga pasaran sampe jauh bener. Biasa kalo beruntung sih jual dibawah pasaran kalo BU, tp kalo ada kerusakan2 yg tidak terduga itu yg bikin owner selanjutnya kapok. Pertanyaannya apa waktu beli ga GCU ke beres? Penyakit2 yg om sebut itu apa ga ketauan sebelum beli? Atau rusak semua dalam jangka waktu 2 tahun itu? Kalopun kerusakan baru pada muncul ya itu harusnya uda diantisipasi karena emang beli barang dibawah harga pasar. Lagian secara itung2an jg masih ga rugi2 amat, 90 jt tambah 40 jt baru 130jt. Mirip harga pasaran yg 120jt. Kalo om beli yg 120 jt jg pasti ada perbaikan entah brp duit.

Kemudian saat perbaikan kalo emang mau masih mau pake lama, harusnya nyari sparepart ori, jgn yg copotan lg. Kalo emang cuman mau benerin sementara trus mau dijual ya copotan masih gpp.

Seperti yg suhu2 sini suka bilang orang yg bisa beli mobkas eropa mah banyak, secara harganya murah2 tapi ga semua orang bisa afford buat miaranya :big_peace:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by farizfsa »

pendoli wrote: Sat Oct 01, 2022 6:38 Tadi ane sukses coding sendiri unlock feature modal OBD2 dan bimmercode
Obd2 pake nexas 449rb https://tokopedia.link/stdSkjLrLtb
Trus konek ke bimmercode di ipon
Enak lancar jaya koneksinya
Saya coba juga nih, murmer jg untuk obd ok, sy download apps caritas untuk audi sama bimmercoding. Cm blm nemu yg bs buat merkedes

Mayan bisa hapus fault, reset ini itu murmer. Ya ga seakan advance xentry nya mercy atau odis audi sih
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by farizfsa »

theone77 wrote: Sun Oct 09, 2022 2:11 pagi, sharing (curhat panjang, selama 7tahun silent reader)
terutama kepada teman2 yang berpikir untuk beli mobil eropa bekas

saya pake e46 325, jujur sih cape, beli gk bahan2 banget
shock kena, ganti kaki2, mesin ngebul, angkat mesin, etc,
cost brapa selama 2 tahun, 30-40juta, mobil brapa? 90jt (pasaran waktu itu 120)
and belom selesai.
jadi pas pake deg2 ser, tar engine nyala, scan ini itu

kenapa gk beli yang barang pristine, superb dll, karena ttp yah, barang bekas belasan tahun.
jarang kan orang kaya taruh di garasi, bayarin pajak tiap tahun, toh semua ada life time, bukan berdasarkan kilometer.

-----
skrg ada rejeki lebih, mau benerin, engap
banyakan bolak balik bengkel, banyak cerita
bengkel x. pas turun mesin saya dah bilang, tolong cek semua, tes jalan 500km bensin saya bayarin
gk dicek, gk dites, sibuk ini itu, bilang aman, manis sekali....trus pas baru diambil, malemnya matic jedug

kata beliau, turun matic boss.
saya pengen omong, ambil aja duitnya, gk usah service,
(abis waktu sama uang, toh gk beres, ambil uangnya aja, jangn waktu saya)

dan mungkin apesnya saya, dapet oknum
limp mode, ternyata airmass prob, = matic boss, ganti copotan singapur (emang singapur masih ada e46 lol)
sensor speed, eror, airmass prob = matic boss, repeat

-----
next beli rada baruan/ baru
masih sayang uang,
1. misal mobil 1milyar, bekas 5 tahun jadi 500jt (100jt setahun), itu cash, klo kredit, bisa 130an setahun
dah bisa sewa ruko. jalanan tetep macet, banjir tetep ada, etc
2. beli bekas 500jt, sisa deg2annya, takut, kebengkel resmi, bill 5-10jt, perdatang
3. klo dah 10-15tahun, kejadian diatas bakal terulang lagi gk ya
-karena mobil bekas 100jt, pas baru 30-40rb dollar. costnya tetap sama


gimana tetep eropa, saya pilih mercy,
1. model tipe yang dipakai taxi, mereka bisa 250-350rb km, bahkan telen oktan 89-91
- sparepart copotan banyak, baru resmi bisa ke dealer, kw bisa ke toko2
2. service record jelas, walau gk resmi harus tetap terpercaya
3. kunci lengkap , buku lengkap
(agak lucu, klo kunci cuma 1, beli hp 15jt aja dusnya masih ada hehe, kunci, buku mobil entah kemana)

----
terakhir, jangan sampai kayak saya :)
beli bekas, kredit, mobil merongrong dompet dan waktu,
duitnya bisa buat yang lain, waktu bisa buat yang lain

maaf kalau ada yang tersinggung
Nah sygnya sekarang car scanner obdii udh umum, bisa hapus fault mobil.

Jd keliatan mbl ga bermasalah wkwk

Bekas taxi eropa jg ga selalu boncos sih, minta record nya aja kalo bs aman.

Hamdallah ada 1 toyota bekas golden skrg km mepet 200rb aman sentosa no worry2 di budakin mobil

Mbl eropa srkg ada yg jual bagus2 jg ada juga yg jual cerita bagus wkwwk

Kl di case audi saya, ambil mbl nya emg murah dibawah 200, benerinnya dalam 2 tahun (termasuk siram cat dan facelift taun mudah ya udah setengah harga mobil wkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by pendoli »

theone77 wrote: Sun Oct 09, 2022 2:11 pagi, sharing (curhat panjang, selama 7tahun silent reader)
terutama kepada teman2 yang berpikir untuk beli mobil eropa bekas

saya pake e46 325, jujur sih cape, beli gk bahan2 banget
shock kena, ganti kaki2, mesin ngebul, angkat mesin, etc,
cost brapa selama 2 tahun, 30-40juta, mobil brapa? 90jt (pasaran waktu itu 120)
and belom selesai.
jadi pas pake deg2 ser, tar engine nyala, scan ini itu

3. kunci lengkap , buku lengkap
(agak lucu, klo kunci cuma 1, beli hp 15jt aja dusnya masih ada hehe, kunci, buku mobil entah kemana)

----
terakhir, jangan sampai kayak saya :)
beli bekas, kredit, mobil merongrong dompet dan waktu,
duitnya bisa buat yang lain, waktu bisa buat yang lain

maaf kalau ada yang tersinggung
Turut berduka ya om dapet lemon gitu
Memang lebih berat di waktu si bolak balik ngebengkel itu
Ni juga besok mau ke bengkel 🥲 electric spion kiri ga bisa naik turun, ada alert lampu belakang mati (tp diliat ga ada yg mati) kayanya socket2 pada keropos, sama tuas susah masuk D padahal baru seminggu keluar bengkel wkwk

Btw GLA bini juga dulu baru sebulanan kuncinya diilangin sopir, padahal masi model yg dicolok
Kalo dah yg wireless mah makin gampang ilang yak
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Oct 04, 2022 7:50
Location: jakarta
Daily Vehicle: e46-anh20

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by theone77 »

pendoli wrote: Sun Oct 09, 2022 12:22
theone77 wrote: Sun Oct 09, 2022 2:11 pagi, sharing (curhat panjang, selama 7tahun silent reader)
terutama kepada teman2 yang berpikir untuk beli mobil eropa bekas

saya pake e46 325, jujur sih cape, beli gk bahan2 banget
shock kena, ganti kaki2, mesin ngebul, angkat mesin, etc,
cost brapa selama 2 tahun, 30-40juta, mobil brapa? 90jt (pasaran waktu itu 120)
and belom selesai.
jadi pas pake deg2 ser, tar engine nyala, scan ini itu

3. kunci lengkap , buku lengkap
(agak lucu, klo kunci cuma 1, beli hp 15jt aja dusnya masih ada hehe, kunci, buku mobil entah kemana)

----
terakhir, jangan sampai kayak saya :)
beli bekas, kredit, mobil merongrong dompet dan waktu,
duitnya bisa buat yang lain, waktu bisa buat yang lain

maaf kalau ada yang tersinggung
Turut berduka ya om dapet lemon gitu
Memang lebih berat di waktu si bolak balik ngebengkel itu
Ni juga besok mau ke bengkel 🥲 electric spion kiri ga bisa naik turun, ada alert lampu belakang mati (tp diliat ga ada yg mati) kayanya socket2 pada keropos, sama tuas susah masuk D padahal baru seminggu keluar bengkel wkwk

Btw GLA bini juga dulu baru sebulanan kuncinya diilangin sopir, padahal masi model yg dicolok
Kalo dah yg wireless mah makin gampang ilang yak
iya, nambah pengalaman hidup saya hehehe
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by KielConstantine »

kendibocor wrote: Sun Oct 09, 2022 4:32 Seperti yg suhu2 sini suka bilang orang yg bisa beli mobkas eropa mah banyak, secara harganya murah2 tapi ga semua orang bisa afford buat miaranya :big_peace:
Iya afford (punya duit) buat pelihara itu salah satu faktor.


Faktor laennya ya skill mekanik / spesialis bengkel gimana mereka ngehandle problem suatu unit ; sama yg paling penting availability spareparts sendiri…

Concern disitu aj sih muter2nya. Paling males klo nunggu parts sampe berbulan2 kg dateng2



Terakhir model/type unitnya.. makin rare; engine makin kenceng trus bentuk body Coupé , cabrio, roadster jg pengaruh. Itu jd reward trsendiri klo kita rawat bener2 .

Contohnya ya lebih rela kluarin duit buat pelihara F30 335i/340i drpd 320i. (Prefrensi pribadi)

Lebih rela kluarin duit buat pelihara C250 coupe drpd C250 4 pintu

Lebih worth kluarin duit buat ngempanin Golf GTI drpd type 1.4 tsi




Makanya next purchase ane nanti kedepannya bakal cari yg modelan bgitu supaya lebih legowo ngempanin duitnya

Sheer ngebengkel pleasure yg kg sia2 :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by pendoli »

KielConstantine wrote: Sun Oct 09, 2022 18:16
Makanya next purchase ane nanti kedepannya bakal cari yg modelan bgitu supaya lebih legowo ngempanin duitnya

Sheer ngebengkel pleasure yg kg sia2 :big_biglaugh:
Bener, emang harus yang “sparks joy” 🤣 kalo limitit juga lebi puas resalenya lebih stonk 🤣
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Oct 04, 2022 7:50
Location: jakarta
Daily Vehicle: e46-anh20

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by theone77 »

kendibocor wrote: Sun Oct 09, 2022 4:32
Resiko beli mobkas ya gitu om, apalg (maaf) om beli dibawah pasaran lumayan jauh, yg mana pasti ada faktor X yg bikin ownernya mau jual dibawah harga pasaran sampe jauh bener. Biasa kalo beruntung sih jual dibawah pasaran kalo BU, tp kalo ada kerusakan2 yg tidak terduga itu yg bikin owner selanjutnya kapok. Pertanyaannya apa waktu beli ga GCU ke beres? Penyakit2 yg om sebut itu apa ga ketauan sebelum beli? Atau rusak semua dalam jangka waktu 2 tahun itu? Kalopun kerusakan baru pada muncul ya itu harusnya uda diantisipasi karena emang beli barang dibawah harga pasar. Lagian secara itung2an jg masih ga rugi2 amat, 90 jt tambah 40 jt baru 130jt. Mirip harga pasaran yg 120jt. Kalo om beli yg 120 jt jg pasti ada perbaikan entah brp duit.

Kemudian saat perbaikan kalo emang mau masih mau pake lama, harusnya nyari sparepart ori, jgn yg copotan lg. Kalo emang cuman mau benerin sementara trus mau dijual ya copotan masih gpp.

Seperti yg suhu2 sini suka bilang orang yg bisa beli mobkas eropa mah banyak, secara harganya murah2 tapi ga semua orang bisa afford buat miaranya :big_peace:
waktu itu saya prefer 90+40jt sih hehe, karena beli "mint" pristine etc, garage queen
still, ada life time karet2, elektronik etc

skrg dah tua, cari duit capek, waktu semakin sedikit, karena sibuk
pikir2, kalau mobil eropa baru nya 35-40rb dollar, (1milyar) bekas 15-20tahun 100jt
mungkin saya jika nekat, ambil yang bekas 5-10tahun, just for weekend-sunmori
KielConstantine wrote: Sun Oct 09, 2022 18:16

Iya afford (punya duit) buat pelihara itu salah satu faktor.


Faktor laennya ya skill mekanik / spesialis bengkel gimana mereka ngehandle problem suatu unit ; sama yg paling penting availability spareparts sendiri…

Concern disitu aj sih muter2nya. Paling males klo nunggu parts sampe berbulan2 kg dateng2



Terakhir model/type unitnya.. makin rare; engine makin kenceng trus bentuk body Coupé , cabrio, roadster jg pengaruh. Itu jd reward trsendiri klo kita rawat bener2 .

Contohnya ya lebih rela kluarin duit buat pelihara F30 335i/340i drpd 320i. (Prefrensi pribadi)

Lebih rela kluarin duit buat pelihara C250 coupe drpd C250 4 pintu

Lebih worth kluarin duit buat ngempanin Golf GTI drpd type 1.4 tsi




Makanya next purchase ane nanti kedepannya bakal cari yg modelan bgitu supaya lebih legowo ngempanin duitnya

Sheer ngebengkel pleasure yg kg sia2 :big_biglaugh:
cari yang rare, sptnya lebih memuaskan, ada hobi disitu
mungkin nanti, 2023

dollar makin naik, dalam 3bulan terakhir, sekitar naik 5%
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by ChZ »

theone77 wrote: Sun Oct 09, 2022 2:11 pagi, sharing (curhat panjang, selama 7tahun silent reader)
terutama kepada teman2 yang berpikir untuk beli mobil eropa bekas

saya pake e46 325, jujur sih cape, beli gk bahan2 banget
shock kena, ganti kaki2, mesin ngebul, angkat mesin, etc,
cost brapa selama 2 tahun, 30-40juta, mobil brapa? 90jt (pasaran waktu itu 120)
and belom selesai.
jadi pas pake deg2 ser, tar engine nyala, scan ini itu

kenapa gk beli yang barang pristine, superb dll, karena ttp yah, barang bekas belasan tahun.
jarang kan orang kaya taruh di garasi, bayarin pajak tiap tahun, toh semua ada life time, bukan berdasarkan kilometer.

-----
skrg ada rejeki lebih, mau benerin, engap
banyakan bolak balik bengkel, banyak cerita
bengkel x. pas turun mesin saya dah bilang, tolong cek semua, tes jalan 500km bensin saya bayarin
gk dicek, gk dites, sibuk ini itu, bilang aman, manis sekali....trus pas baru diambil, malemnya matic jedug

kata beliau, turun matic boss.
saya pengen omong, ambil aja duitnya, gk usah service,
(abis waktu sama uang, toh gk beres, ambil uangnya aja, jangn waktu saya)

dan mungkin apesnya saya, dapet oknum
limp mode, ternyata airmass prob, = matic boss, ganti copotan singapur (emang singapur masih ada e46 lol)
sensor speed, eror, airmass prob = matic boss, repeat

-----
next beli rada baruan/ baru
masih sayang uang,
1. misal mobil 1milyar, bekas 5 tahun jadi 500jt (100jt setahun), itu cash, klo kredit, bisa 130an setahun
dah bisa sewa ruko. jalanan tetep macet, banjir tetep ada, etc
2. beli bekas 500jt, sisa deg2annya, takut, kebengkel resmi, bill 5-10jt, perdatang
3. klo dah 10-15tahun, kejadian diatas bakal terulang lagi gk ya
-karena mobil bekas 100jt, pas baru 30-40rb dollar. costnya tetap sama


gimana tetep eropa, saya pilih mercy,
1. model tipe yang dipakai taxi, mereka bisa 250-350rb km, bahkan telen oktan 89-91
- sparepart copotan banyak, baru resmi bisa ke dealer, kw bisa ke toko2
2. service record jelas, walau gk resmi harus tetap terpercaya
3. kunci lengkap , buku lengkap
(agak lucu, klo kunci cuma 1, beli hp 15jt aja dusnya masih ada hehe, kunci, buku mobil entah kemana)

----
terakhir, jangan sampai kayak saya :)
beli bekas, kredit, mobil merongrong dompet dan waktu,
duitnya bisa buat yang lain, waktu bisa buat yang lain

maaf kalau ada yang tersinggung
bener bener pengalaman shirr repairing plisurrr :ungg: emang kalau miara eropa bekas banyakan ngebengkel daripada jalannya sih makan ati jg :ungg:

pngalaman saya yang dah apes sih biasa antara udah tangan ke sekian sekian (yang rawat tangan 1 mungkin ok, tangan 2 seterusnya dah makin acakadut), atau mobil simpenan yang ownernya mungkin lupa punya mobil itu. tipe yang liat model baru suka bayar abis itu gak cocok cuma didiemin pake sesekali krn sayang duit.

justru kyknya aman cari yang odometer tidak terlalu kecil. setahun 7.000 - 15.000 masih ok. di bawah 5.000 km setaun nanti dulu itu bau-bau miara penyakit. saya si mending rawat mobil rusak dipake daripada rusak gak kepake :mky_03: lebih gak ketebak sekalinya dipake tang tung tang tung warning.

5.000 km setaun itu dibagi 52 minggu aja gak sampe 100 km per minggu, klo dibagi 365 hari itu cuma 13 km perhari :mky_03: . klo di jakarta mah kayaknya cuma dapet stop and go macet macet ke mall di akhir minggu :mky_03:

blom kalo owner lamanya cm mikir ganti olmes gak ganti oli transmisi (alesan jarang dipake) dan ganti ganti part lain ya jadinya kayak punya om. :mky_03: wong part didesain untuk gerak, memuai, menyusut, ngga gerak ya ancur pelumasan gak jalan karet getas dll. apalagi jerman njir mana mikirin di negara tropis dipake macet macetan, mobil dia didesain buat lari 200 kph di autobahn. prinsip jerman kampret kan loe ikut aturan gw bukan gw ngikutin aturan loe :big_biglaugh:

cuma dipake ke indomart alfamart jalan 20 kph mah minta rusak cepet mobilnya partnya ngga dapet siklus pemanasan/pendinginan yang proper :mky_03: .
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Galbatorix22
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu Dec 19, 2019 11:04
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by Galbatorix22 »

Om2 semua.. butuh pencerahan dari om2..

Saya punya F30 N20 320i. Skrg di 55.000km..

Mobil sebelumnya ga ada masalah sama sekali. Semua mulus. Sampe saya putusin buat service besar deh, dibersihin pipa2nya dll, dg tujuan murni ngerawat aja, bukan karena ada masalah. Saya service di bengkel spesialis. Termasuk ganti busi nya jg. Saya ganti dg busi genuine parts. Disitu ketauan ternyata salah 1 coil itu udh getas karetnya, solusi sementara sama mekaniknya di bag yg getas itu dikasih lakban.

Ga lama kemudian pas udh selesai servis, mobil saya malah muncul masalah ini:
1. mesin bergetar di rpm rendah, dan bahkan saya pernah tersentak maju karena getarannya ngelempar saya kedepan.
2. mobil mati tiba2 klo di rpm rendah.
3. suara mesin lumayan keras.
4. lg posisi manasin mobil, mobil bergetar g enak

Di scan lagi sama mekanik ternyata ada misfire di coil yang di lakban. Kode misfire di scanner nya "50". Akhirnya diganti lah coilnya semuanya (4 coil) dg coil baru. Pake aftermarket aja merek D*lphi. Pas diganti coilnya, busi yg sebelumnya baru diganti dicek jg, dan ternyata udh gosong bgt di deket iridium nya. Artinya pembakarannya ga bagus kan? Padahal umur businya paling baru 2 minggu dan jarak tempuh semenjak ganti itu sekitaran 120km. Belum jauh. Akhirnya sama mekaniknya dituker lg ke busi yang lama tp pakai coil baru. Lalu di scan lg dan aman semua ga ada misfire.

Lalu kemudian saya bawa jalan lg, dan tetep masih terasa getar2 klo di RPM rendah. Misal saya bawa 40kpj, dan ada polisi tidur, saya rem. Pas di 10kpj dan rpm nya rendah, lgsg getar mesinnya.

Kira2 ada yang paham ga ya om2 disini?
2014 BMW F30 N20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by ChZ »

Galbatorix22 wrote: Fri Oct 14, 2022 8:29 Om2 semua.. butuh pencerahan dari om2..

Saya punya F30 N20 320i. Skrg di 55.000km..

Mobil sebelumnya ga ada masalah sama sekali. Semua mulus. Sampe saya putusin buat service besar deh, dibersihin pipa2nya dll, dg tujuan murni ngerawat aja, bukan karena ada masalah. Saya service di bengkel spesialis. Termasuk ganti busi nya jg. Saya ganti dg busi genuine parts. Disitu ketauan ternyata salah 1 coil itu udh getas karetnya, solusi sementara sama mekaniknya di bag yg getas itu dikasih lakban.

Ga lama kemudian pas udh selesai servis, mobil saya malah muncul masalah ini:
1. mesin bergetar di rpm rendah, dan bahkan saya pernah tersentak maju karena getarannya ngelempar saya kedepan.
2. mobil mati tiba2 klo di rpm rendah.
3. suara mesin lumayan keras.
4. lg posisi manasin mobil, mobil bergetar g enak

Di scan lagi sama mekanik ternyata ada misfire di coil yang di lakban. Kode misfire di scanner nya "50". Akhirnya diganti lah coilnya semuanya (4 coil) dg coil baru. Pake aftermarket aja merek D*lphi. Pas diganti coilnya, busi yg sebelumnya baru diganti dicek jg, dan ternyata udh gosong bgt di deket iridium nya. Artinya pembakarannya ga bagus kan? Padahal umur businya paling baru 2 minggu dan jarak tempuh semenjak ganti itu sekitaran 120km. Belum jauh. Akhirnya sama mekaniknya dituker lg ke busi yang lama tp pakai coil baru. Lalu di scan lg dan aman semua ga ada misfire.

Lalu kemudian saya bawa jalan lg, dan tetep masih terasa getar2 klo di RPM rendah. Misal saya bawa 40kpj, dan ada polisi tidur, saya rem. Pas di 10kpj dan rpm nya rendah, lgsg getar mesinnya.

Kira2 ada yang paham ga ya om2 disini?
ini waktu diganti koil baru apa ikut dibersihin ruang bakarnya atau dibiarin aja? bisa jadi karena masih ada sisa kerak karbon dia tetep ada misfire dikit. getar nya parah apa engga om? rpm sampe drop ke <500 ?

coba kalo iseng, bawa ngetol digeber buat bakar sisa-sisanya... lebih akurat lg kalo ada OBD reader sih. klo cuma geter-geter ringan biasa masih misfire dikit tp gak sampe ngetrigger code.

ampir mirip civic saya sih ini mesinnya sempet pincang cm waktu civic saya diganti koilnya setelah itu gak da masalah lagi. busi lama masih saya pake. setelah ganti koil sama sekali gak ada problem lanjutan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Tue Oct 11, 2022 3:24
apalagi jerman njir mana mikirin di negara tropis dipake macet macetan, mobil dia didesain buat lari 200 kph di autobahn. prinsip jerman kampret kan loe ikut aturan gw bukan gw ngikutin aturan loe :big_biglaugh:

cuma dipake ke indomart alfamart jalan 20 kph mah minta rusak cepet mobilnya partnya ngga dapet siklus pemanasan/pendinginan yang proper :mky_03: .
Sejak E90 kalo ga salah ada hot climate version mbah, tp tetep aja puter2an ac, inner handle pintu segala meleleh karetnya kalo dijemur trus :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Galbatorix22
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu Dec 19, 2019 11:04
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by Galbatorix22 »

ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 8:44
Galbatorix22 wrote: Fri Oct 14, 2022 8:29 Om2 semua.. butuh pencerahan dari om2..

Saya punya F30 N20 320i. Skrg di 55.000km..

Mobil sebelumnya ga ada masalah sama sekali. Semua mulus. Sampe saya putusin buat service besar deh, dibersihin pipa2nya dll, dg tujuan murni ngerawat aja, bukan karena ada masalah. Saya service di bengkel spesialis. Termasuk ganti busi nya jg. Saya ganti dg busi genuine parts. Disitu ketauan ternyata salah 1 coil itu udh getas karetnya, solusi sementara sama mekaniknya di bag yg getas itu dikasih lakban.

Ga lama kemudian pas udh selesai servis, mobil saya malah muncul masalah ini:
1. mesin bergetar di rpm rendah, dan bahkan saya pernah tersentak maju karena getarannya ngelempar saya kedepan.
2. mobil mati tiba2 klo di rpm rendah.
3. suara mesin lumayan keras.
4. lg posisi manasin mobil, mobil bergetar g enak

Di scan lagi sama mekanik ternyata ada misfire di coil yang di lakban. Kode misfire di scanner nya "50". Akhirnya diganti lah coilnya semuanya (4 coil) dg coil baru. Pake aftermarket aja merek D*lphi. Pas diganti coilnya, busi yg sebelumnya baru diganti dicek jg, dan ternyata udh gosong bgt di deket iridium nya. Artinya pembakarannya ga bagus kan? Padahal umur businya paling baru 2 minggu dan jarak tempuh semenjak ganti itu sekitaran 120km. Belum jauh. Akhirnya sama mekaniknya dituker lg ke busi yang lama tp pakai coil baru. Lalu di scan lg dan aman semua ga ada misfire.

Lalu kemudian saya bawa jalan lg, dan tetep masih terasa getar2 klo di RPM rendah. Misal saya bawa 40kpj, dan ada polisi tidur, saya rem. Pas di 10kpj dan rpm nya rendah, lgsg getar mesinnya.

Kira2 ada yang paham ga ya om2 disini?
ini waktu diganti koil baru apa ikut dibersihin ruang bakarnya atau dibiarin aja? bisa jadi karena masih ada sisa kerak karbon dia tetep ada misfire dikit. getar nya parah apa engga om? rpm sampe drop ke <500 ?

coba kalo iseng, bawa ngetol digeber buat bakar sisa-sisanya... lebih akurat lg kalo ada OBD reader sih. klo cuma geter-geter ringan biasa masih misfire dikit tp gak sampe ngetrigger code.

ampir mirip civic saya sih ini mesinnya sempet pincang cm waktu civic saya diganti koilnya setelah itu gak da masalah lagi. busi lama masih saya pake. setelah ganti koil sama sekali gak ada problem lanjutan.
Iya udh dibersihin Om. Karena full carbon cleaning.. Tapi yg lucunya, sebelum carbon cleaning ga ada kejadian ini sama sekali. Saya mikir ini ke trigger karena coil sebelumnya itu udh usang tp dia udh nempel sama businya. Istilahnya udh cocok deh meski sama2 usang. E pas diganti busi baru, ngambek si coil usang. Mulai bermasalah mesinnya. Akhirnya ya udh ganti semua coil 4-4 nya.

RPM nya ga drop sih Om.

Masalahnya murni mesin bergetar klo di RPM rendah. Kayak dibawah 1000 dia bergetar. Patokannya pas kita ngerem ada poldur aja. Itu getar.. Selebihnya aman.

Dan iya udh di scan pakai OBD jg dan ga ada misfire sama sekali Om. Makanya bingung bgt ini issue nya dimana.

Intinya masalah mulai muncul setelah service besar.
2014 BMW F30 N20
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by kendibocor »

Galbatorix22 wrote: Fri Oct 14, 2022 8:54
ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 8:44
Galbatorix22 wrote: Fri Oct 14, 2022 8:29 Om2 semua.. butuh pencerahan dari om2..

Saya punya F30 N20 320i. Skrg di 55.000km..

Mobil sebelumnya ga ada masalah sama sekali. Semua mulus. Sampe saya putusin buat service besar deh, dibersihin pipa2nya dll, dg tujuan murni ngerawat aja, bukan karena ada masalah. Saya service di bengkel spesialis. Termasuk ganti busi nya jg. Saya ganti dg busi genuine parts. Disitu ketauan ternyata salah 1 coil itu udh getas karetnya, solusi sementara sama mekaniknya di bag yg getas itu dikasih lakban.

Ga lama kemudian pas udh selesai servis, mobil saya malah muncul masalah ini:
1. mesin bergetar di rpm rendah, dan bahkan saya pernah tersentak maju karena getarannya ngelempar saya kedepan.
2. mobil mati tiba2 klo di rpm rendah.
3. suara mesin lumayan keras.
4. lg posisi manasin mobil, mobil bergetar g enak

Di scan lagi sama mekanik ternyata ada misfire di coil yang di lakban. Kode misfire di scanner nya "50". Akhirnya diganti lah coilnya semuanya (4 coil) dg coil baru. Pake aftermarket aja merek D*lphi. Pas diganti coilnya, busi yg sebelumnya baru diganti dicek jg, dan ternyata udh gosong bgt di deket iridium nya. Artinya pembakarannya ga bagus kan? Padahal umur businya paling baru 2 minggu dan jarak tempuh semenjak ganti itu sekitaran 120km. Belum jauh. Akhirnya sama mekaniknya dituker lg ke busi yang lama tp pakai coil baru. Lalu di scan lg dan aman semua ga ada misfire.

Lalu kemudian saya bawa jalan lg, dan tetep masih terasa getar2 klo di RPM rendah. Misal saya bawa 40kpj, dan ada polisi tidur, saya rem. Pas di 10kpj dan rpm nya rendah, lgsg getar mesinnya.

Kira2 ada yang paham ga ya om2 disini?
ini waktu diganti koil baru apa ikut dibersihin ruang bakarnya atau dibiarin aja? bisa jadi karena masih ada sisa kerak karbon dia tetep ada misfire dikit. getar nya parah apa engga om? rpm sampe drop ke <500 ?

coba kalo iseng, bawa ngetol digeber buat bakar sisa-sisanya... lebih akurat lg kalo ada OBD reader sih. klo cuma geter-geter ringan biasa masih misfire dikit tp gak sampe ngetrigger code.

ampir mirip civic saya sih ini mesinnya sempet pincang cm waktu civic saya diganti koilnya setelah itu gak da masalah lagi. busi lama masih saya pake. setelah ganti koil sama sekali gak ada problem lanjutan.
Iya udh dibersihin Om. Karena full carbon cleaning.. Tapi yg lucunya, sebelum carbon cleaning ga ada kejadian ini sama sekali. Saya mikir ini ke trigger karena coil sebelumnya itu udh usang tp dia udh nempel sama businya. Istilahnya udh cocok deh meski sama2 usang. E pas diganti busi baru, ngambek si coil usang. Mulai bermasalah mesinnya. Akhirnya ya udh ganti semua coil 4-4 nya.

RPM nya ga drop sih Om.

Masalahnya murni mesin bergetar klo di RPM rendah. Kayak dibawah 1000 dia bergetar. Patokannya pas kita ngerem ada poldur aja. Itu getar.. Selebihnya aman.

Dan iya udh di scan pakai OBD jg dan ga ada misfire sama sekali Om. Makanya bingung bgt ini issue nya dimana.

Intinya masalah mulai muncul setelah service besar.
Coba scan di beres/spesialis lain om? Mungkin scannernya lebih canggih lg, atau beres punya pengalaman nanganin.

Kalo gejala gitu sih emang curiga ke arah pengapian ya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Galbatorix22
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu Dec 19, 2019 11:04
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by Galbatorix22 »

kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 9:12
Galbatorix22 wrote: Fri Oct 14, 2022 8:54
ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 8:44

ini waktu diganti koil baru apa ikut dibersihin ruang bakarnya atau dibiarin aja? bisa jadi karena masih ada sisa kerak karbon dia tetep ada misfire dikit. getar nya parah apa engga om? rpm sampe drop ke <500 ?

coba kalo iseng, bawa ngetol digeber buat bakar sisa-sisanya... lebih akurat lg kalo ada OBD reader sih. klo cuma geter-geter ringan biasa masih misfire dikit tp gak sampe ngetrigger code.

ampir mirip civic saya sih ini mesinnya sempet pincang cm waktu civic saya diganti koilnya setelah itu gak da masalah lagi. busi lama masih saya pake. setelah ganti koil sama sekali gak ada problem lanjutan.
Iya udh dibersihin Om. Karena full carbon cleaning.. Tapi yg lucunya, sebelum carbon cleaning ga ada kejadian ini sama sekali. Saya mikir ini ke trigger karena coil sebelumnya itu udh usang tp dia udh nempel sama businya. Istilahnya udh cocok deh meski sama2 usang. E pas diganti busi baru, ngambek si coil usang. Mulai bermasalah mesinnya. Akhirnya ya udh ganti semua coil 4-4 nya.

RPM nya ga drop sih Om.

Masalahnya murni mesin bergetar klo di RPM rendah. Kayak dibawah 1000 dia bergetar. Patokannya pas kita ngerem ada poldur aja. Itu getar.. Selebihnya aman.

Dan iya udh di scan pakai OBD jg dan ga ada misfire sama sekali Om. Makanya bingung bgt ini issue nya dimana.

Intinya masalah mulai muncul setelah service besar.
Coba scan di beres/spesialis lain om? Mungkin scannernya lebih canggih lg, atau beres punya pengalaman nanganin.

Kalo gejala gitu sih emang curiga ke arah pengapian ya.
iya saya udh mau nyerah biar dibawa ke beres aja :')

Kira2 biaya masalah pengapian ini klo di beres2 ada yang tw ga ya?
2014 BMW F30 N20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 8:51
Sejak E90 kalo ga salah ada hot climate version mbah, tp tetep aja puter2an ac, inner handle pintu segala meleleh karetnya kalo dijemur trus :big_biglaugh:
Mungkin hot climate version cm diganti radiator nya aja :mky_03: makanya sejak e90 overheat jarang kan.......



Tapi mecha transmisi ama rembes masih :big_weee: :mky_04:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by ChZ »

Galbatorix22 wrote: Fri Oct 14, 2022 8:54 Iya udh dibersihin Om. Karena full carbon cleaning.. Tapi yg lucunya, sebelum carbon cleaning ga ada kejadian ini sama sekali. Saya mikir ini ke trigger karena coil sebelumnya itu udh usang tp dia udh nempel sama businya. Istilahnya udh cocok deh meski sama2 usang. E pas diganti busi baru, ngambek si coil usang. Mulai bermasalah mesinnya. Akhirnya ya udh ganti semua coil 4-4 nya.

RPM nya ga drop sih Om.

Masalahnya murni mesin bergetar klo di RPM rendah. Kayak dibawah 1000 dia bergetar. Patokannya pas kita ngerem ada poldur aja. Itu getar.. Selebihnya aman.

Dan iya udh di scan pakai OBD jg dan ga ada misfire sama sekali Om. Makanya bingung bgt ini issue nya dimana.

Intinya masalah mulai muncul setelah service besar.
Kalo gini berarti mungkin timingnya masih blm adaptasi om :big_think: setau saya BMW N20 ada valvetronic juga kan.

Kalo kayak honda emang prosedur beres abis tune up harus kalibrasi ulang klo ngga abis bongkar bersihin TB tuh CE bisa nyala. Mobil digeber 3000rpm selama beberapa menit. Gak ngerti di BMW ada ritual gini ngga :big_think:

Atau cara paling simple cabut aki, tp since ini BMW cabut aki sendiri rada serem :big_slap:

Nurut saya klo baca postingan om ini minor sih ngga sampe hardware issue yang gimana :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by Omnibus »

Galbatorix22 wrote: Fri Oct 14, 2022 8:29 Om2 semua.. butuh pencerahan dari om2..

Saya punya F30 N20 320i. Skrg di 55.000km..

Mobil sebelumnya ga ada masalah sama sekali. Semua mulus. Sampe saya putusin buat service besar deh, dibersihin pipa2nya dll, dg tujuan murni ngerawat aja, bukan karena ada masalah. Saya service di bengkel spesialis. Termasuk ganti busi nya jg. Saya ganti dg busi genuine parts. Disitu ketauan ternyata salah 1 coil itu udh getas karetnya, solusi sementara sama mekaniknya di bag yg getas itu dikasih lakban.

Ga lama kemudian pas udh selesai servis, mobil saya malah muncul masalah ini:
1. mesin bergetar di rpm rendah, dan bahkan saya pernah tersentak maju karena getarannya ngelempar saya kedepan.
2. mobil mati tiba2 klo di rpm rendah.
3. suara mesin lumayan keras.
4. lg posisi manasin mobil, mobil bergetar g enak

Di scan lagi sama mekanik ternyata ada misfire di coil yang di lakban. Kode misfire di scanner nya "50". Akhirnya diganti lah coilnya semuanya (4 coil) dg coil baru. Pake aftermarket aja merek D*lphi. Pas diganti coilnya, busi yg sebelumnya baru diganti dicek jg, dan ternyata udh gosong bgt di deket iridium nya. Artinya pembakarannya ga bagus kan? Padahal umur businya paling baru 2 minggu dan jarak tempuh semenjak ganti itu sekitaran 120km. Belum jauh. Akhirnya sama mekaniknya dituker lg ke busi yang lama tp pakai coil baru. Lalu di scan lg dan aman semua ga ada misfire.

Lalu kemudian saya bawa jalan lg, dan tetep masih terasa getar2 klo di RPM rendah. Misal saya bawa 40kpj, dan ada polisi tidur, saya rem. Pas di 10kpj dan rpm nya rendah, lgsg getar mesinnya.

Kira2 ada yang paham ga ya om2 disini?
ya suruh bengkelnya tanggung jawab lah sampe bener. itu kan kerusakannya ada kaitan langsung dgn parts yg dia ganti dan u bayar. bukan minta gratisan kan. enak amat kl begitu tuh bengkel.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by DOHC »

Galbatorix22 wrote: Fri Oct 14, 2022 8:29 Om2 semua.. butuh pencerahan dari om2..

Saya punya F30 N20 320i. Skrg di 55.000km..

Mobil sebelumnya ga ada masalah sama sekali. Semua mulus. Sampe saya putusin buat service besar deh, dibersihin pipa2nya dll, dg tujuan murni ngerawat aja, bukan karena ada masalah. Saya service di bengkel spesialis. Termasuk ganti busi nya jg. Saya ganti dg busi genuine parts. Disitu ketauan ternyata salah 1 coil itu udh getas karetnya, solusi sementara sama mekaniknya di bag yg getas itu dikasih lakban.

Ga lama kemudian pas udh selesai servis, mobil saya malah muncul masalah ini:
1. mesin bergetar di rpm rendah, dan bahkan saya pernah tersentak maju karena getarannya ngelempar saya kedepan.
2. mobil mati tiba2 klo di rpm rendah.
3. suara mesin lumayan keras.
4. lg posisi manasin mobil, mobil bergetar g enak

Di scan lagi sama mekanik ternyata ada misfire di coil yang di lakban. Kode misfire di scanner nya "50". Akhirnya diganti lah coilnya semuanya (4 coil) dg coil baru. Pake aftermarket aja merek D*lphi. Pas diganti coilnya, busi yg sebelumnya baru diganti dicek jg, dan ternyata udh gosong bgt di deket iridium nya. Artinya pembakarannya ga bagus kan? Padahal umur businya paling baru 2 minggu dan jarak tempuh semenjak ganti itu sekitaran 120km. Belum jauh. Akhirnya sama mekaniknya dituker lg ke busi yang lama tp pakai coil baru. Lalu di scan lg dan aman semua ga ada misfire.

Lalu kemudian saya bawa jalan lg, dan tetep masih terasa getar2 klo di RPM rendah. Misal saya bawa 40kpj, dan ada polisi tidur, saya rem. Pas di 10kpj dan rpm nya rendah, lgsg getar mesinnya.

Kira2 ada yang paham ga ya om2 disini?
ini servis bengkel spesialis dmana om, koq kaya kerjaan kualitet bengkel asemreges musatek sana, coba2 mulu

btw, pas servis besar yg pipa2 itu, maksutnya ampe copotin pipa2 intake manifold ? kl iya, pas masang lagi nya bener ga tuh, siapa tau geter2 nya malah karena kebocoran vakum

koil ama busi kl ud bener mustinya ga bkin geter2 lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: