mobil gorengan / gagal digoreng

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by fansdiesel »

Pboyz97 wrote: Fri Mar 17, 2023 3:54
fansdiesel wrote: Fri Mar 17, 2023 2:09
t105erd wrote: Thu Mar 16, 2023 23:55

Sebutin aja siapa om, biar yg lain tau dan ga kejebak kalo mau jual/beli mobi bekas, niat cari mobil agak tua biar murah malah kenanya mahal2 juga,
R77 , klassehauz , Lairofstar , sprint garage
udh disebutin sm om fansdiesel om. kalo mereka lebih ke bakul or akun consignment setau saya. selain mereka . ada juga, malique, freundwagen, taufik feby, eurohauz, andri aceng, william garage, carbusters, carholic, kepinmon . kalo youtuber / influencer ada rifat, andre, armuh, rifie, FE, RH, om topeng, aspros, MW, st mobi, yudha ghani, jpro, ed tanzil, den dimas hehehehe
Oh iya ada spesialis gorengan ex taksi juga wkwkwk
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2533
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by KielConstantine »

michaeldimass wrote: Fri Mar 17, 2023 9:26
b0ku wrote: Fri Mar 17, 2023 1:07
michaeldimass wrote: Thu Mar 16, 2023 23:20 Heee scirocco jatoh gimana om kayaknya dari waktu sya cari mobil pas 2017 sama aja kisaran 300++ sampe sekarang
mobil 2 pintu laen ud gorengan garing ini harganya malah affordable :mky_03:

memang stabil cuma compare hargabaru scirooco itu value for money banget pasaran secondnya

sama miata tuh harganya lumayan cuma miata belakangan aja naek mulu dari 300 sekarang ud nyetuh 400 :mky_07:
Daripada scirocco TSI sih saya prefer Golf gti mk6
Lebih ngacir, DSG udah wet clutch visibilitas lebih enak buat penumpang belakang lebih manusiawi

Cuman mobil 2 pintu kek gini lebih ke nafsu sih
Gw seh masih rada maklum yah mobil-mobil format 2 pintu coupe; trus cabrio & roadster style yg bisa buka atap ampe abis.. Harga pada mahal2 even sekenan nya . Ya bener tuh modelnya nafsuin, cakep abis. Ada nilainya lah mau dihargain tinggi jg


Image E92 coupe

Image E91 wagon

Justru yg bikin gw kg habis pikir mobil2 modelan wagon kek gambar diatas tuh. Mnurut gw seh overrated banget. Sampe ke goreng2 harga gila2an jg .. Bentuk rada aneh. Kg ada bagus2nya mnurut gw, cocok buat angkut mayat iya wakakaka. No offence lah :upss:

Ente sendiri kalo punya duit mau bayarin yg mana?
Anggep aja tahun sama; kondisi sama2 ok. Sama-sama kegoreng

E92 (coupe) second hand open price 700jt
E91 (wagon) second hand open price 700jt

Gw sih merem E92 :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by zonepublic »

Pboyz97 wrote: Fri Mar 17, 2023 3:54
fansdiesel wrote: Fri Mar 17, 2023 2:09
t105erd wrote: Thu Mar 16, 2023 23:55

Sebutin aja siapa om, biar yg lain tau dan ga kejebak kalo mau jual/beli mobi bekas, niat cari mobil agak tua biar murah malah kenanya mahal2 juga,
R77 , klassehauz , Lairofstar , sprint garage
udh disebutin sm om fansdiesel om. kalo mereka lebih ke bakul or akun consignment setau saya. selain mereka . ada juga, malique, freundwagen, taufik feby, eurohauz, andri aceng, william garage, carbusters, carholic, kepinmon . kalo youtuber / influencer ada rifat, andre, armuh, rifie, FE, RH, om topeng, aspros, MW, st mobi, yudha ghani, jpro, ed tanzil, den dimas hehehehe
Itulah power of sosmed jaman now,namanya pedagang cari duit sah2 aja asal halal dan ga nipu
Apalagi sekarang pasar mobil bekas di indonesia sudah terlalu gemuk,hampir se rt minimal ada 1 pedagang mobil,sejalan rumah gue aja 5 tahun belakangan sudah ada 3 pedagang mobil
Apalagi sejak pandemi bermunculan startup2 jual beli mobil sampe olx ikut2an,dan bener kan akhirnya banyak startup jual beli mokas pada bangkrut,mana sekarang banyak orang sudah pada punya mobil,pedagang2 mokas sekarang banyak yg kesulitan jual mokas dan berburu mokas
Itu pemilik mobil yg consign ke seller2 bisa jadi kolektor mobil atau pemilik mobil yang merasa kondisinya masih bagus dan ingin jual mobilnya dengan harga setinggi mungkin
Setahu saya mobil tetap bisa dibedakan mana orisinil dan mana restorasi
Jadi masalah mobil kegoreng apa ngga balik lagi usernya ada yg nyari mobil tua apa ngga,kalo ga da yg mau ,mobil tua bisa jadi scrap apalagi piara mobil juga kerasa tiap tahun bayar pajak meskipun ga kepake,jadi pedagang2 juga bisa bangkrut dari sana klo ga da yg beli mokas
Klo orang2 pinter ya pasti ga mau beli mobil tua mending beli mobil baru yang worry free
fansdiesel wrote: Fri Mar 17, 2023 13:02

Oh iya ada spesialis gorengan ex taksi juga wkwkwk
Ya itulah negara ini,banyak yang hobi beli sampah dan limbah makannya dijual laku,mau baju bekas,hp bekas sampe mobil habis pakai juga laku
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Fri Mar 17, 2023 16:34
Gw seh masih rada maklum yah mobil-mobil format 2 pintu coupe; trus cabrio & roadster style yg bisa buka atap ampe abis.. Harga pada mahal2 even sekenan nya . Ya bener tuh modelnya nafsuin, cakep abis. Ada nilainya lah mau dihargain tinggi jg


Image E92 coupe

Image E91 wagon

Justru yg bikin gw kg habis pikir mobil2 modelan wagon kek gambar diatas tuh. Mnurut gw seh overrated banget. Sampe ke goreng2 harga gila2an jg .. Bentuk rada aneh. Kg ada bagus2nya mnurut gw, cocok buat angkut mayat iya wakakaka. No offence lah :upss:

Ente sendiri kalo punya duit mau bayarin yg mana?
Anggep aja tahun sama; kondisi sama2 ok. Sama-sama kegoreng

E92 (coupe) second hand open price 700jt
E91 (wagon) second hand open price 700jt

Gw sih merem E92 :mky_07:
karena barangnya lebih rare dari yang 2 pintu karena pas dijual baru peminatnya dikit terus skarang culturenya berubah banyak yang suka mobil gituan populasi penjualan berdasarkan jaman dia kagak laku, pokoknya suplly dan demand aja om buktinya rocco sama golf aja karena gampang di dapet plus banyak trouble akhirnya harga bekasnya reasonable biarpun belakangan stabil gak naek gak turun
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Fri Mar 17, 2023 16:50 Jadi masalah mobil kegoreng apa ngga balik lagi usernya ada yg nyari mobil tua apa ngga,kalo ga da yg mau ,mobil tua bisa jadi scrap apalagi piara mobil juga kerasa tiap tahun bayar pajak meskipun ga kepake,jadi pedagang2 juga bisa bangkrut dari sana klo ga da yg beli mokas
Klo orang2 pinter ya pasti ga mau beli mobil tua mending beli mobil baru yang worry free
fansdiesel wrote: Fri Mar 17, 2023 13:02

Oh iya ada spesialis gorengan ex taksi juga wkwkwk
Ya itulah negara ini,banyak yang hobi beli sampah dan limbah makannya dijual laku,mau baju bekas,hp bekas sampe mobil habis pakai juga laku
salah om justru kenapa mobil2x tua itu harganya bisa mahal karena gampang di maintain di banding mobil baru dan fell nyetirnya lebih enak karena brasa banget mekanikal fellnya :mky_03:

yang mau beli mobil tua justru kebanyakan malah orang pinter yang ngerti enginering mereka tau betapa ribetnya mobil sekarang dan lebih milih piara yang tua :mky_07:

apalagi sejak jaman mobil china mulai masuk mobil sekarang makin gak menarik karena mobil baru lebih tentang gimmik daripada enginering :big_bored:

urusan pajak mobil tua bayangin punya mustang 60s harga 2milyard pajak cuma 500rb mobil gak rewel parts murah karena saya ud cek semua harga partsnya di ausie murah2x kalo punya duit banyak parts improvementnya :big_smoking:

mendingan saya bawa mobil kek gini di banding beli M4 baru pajak puluhan juta terus rusak juga butuh tools khusus :big_bored:

at least mustang gak dipake gak bakalan rewel kek bmw dan gak pusing bayar PKB tahunan cuma gopeceng cuyyy :big_smoking:

nongki ke mall juga masih dianggep sultan sampe 10-20thn lagi juga :big_biglaugh:

estilo harga naek mulu pajak cuma cetiawww paling :mky_07:

sekarang mobil baru bawa kaleng rombeng avanza aja pajak gotiawww :mky_07:

gotiawww gw bawa pajero modif suspensi modif rem modif mesin modif lebih enak :big_smoking:

rusak juga masih lebih murah ketimbang tuker pajero baru itupun pajero baru biarpun power lebih gede suspensi sama mesin lebih payah kok sebenernya gara2x std emisi sama gak tau pajero baru malah di bikin lebih limbung pernya :mky_03:

saya mah daripada beli mobil modern buang2x duit mendingan saya restore mobil tua sambil saya improve kayak pajero sama ge8 saya sih ud bener2x enak ogah saya dikasih mobil baru karena kualitasnya gak bakalan lebih enak dari hasil modifikasi di motuba saya, karena ud ngerasain sendiri karena kebiasaan pake mobil ud di upgrade pake mobil orang yang rata2x stock itu kagak enak banget dari suspensi rem dan responsenya beda :mky_07:

yang doyan beli sampah bukan orang kita malah di luar sana banyak tukang LOAK beli2x sampah buat di restore atau dijual bahkan di lelang buat nyari cuan :big_biglaugh:

ni saya kasih contohnya



merekalah yang doyan ngumpulan dan beli sampah abis itu di bangun ulang negara kita mah gak ada apa2xnya sama mereka :big_biglaugh:

kalo gak percaya cari aja banyak acara setipe kek gini betebaran di channel edukasi :mky_03:

ngomong2x soal sampah justru mobil barulah yang sampah jadi bikin mobil2x tua ini pada kegoreng mereka gak bsia ngalahin reputasi si tua sampe2x di luar sana banyak sampe ngorek junkyard nyari mobil ud busuk di restore jadi mobil baru :big_biglaugh:

susah produk jaman sekarang sebagus2xnya itu hasil birokrat gak kek produk dulu biarpun mereka teknologi terbatas cuma kreativitas mereka lebih sedikit di batasin sama birokrasi makannya mereka lebih maksimal :mky_03:
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by fansdiesel »

new is always better....
kalau ada pilihan raize turbo vs estilo tua butut ya jelas pilih raize baru ngapain beli econobox sampah yang lebih layak discrap
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

fansdiesel wrote: Sat Mar 18, 2023 3:10 new is always better....
kalau ada pilihan raize turbo vs estilo tua butut ya jelas pilih raize baru ngapain beli econobox sampah yang lebih layak discrap
kecuali raize loe keguling duluan diadu buat spritied driving

sama gak ada yang horny dengerin suara ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng :mky_07:

diadu druabiility pun pasti lebih awet estilo :mky_07:

raize cobain aja 10thn berapa komponen ud jebol duluan

estilo di hajar 300rb km tanpa turun mesin sama gearbox juga bisa dia wong partsnya dikit :wkkk:

mobil sekarang tuh cengeng2x karena kebanyakan elektronik sama birokrasi mobil dulu itu lebih mekanikal lebih gampang di repair tanpa tools khusus blom tamabhan bobot safety feature gak guna bikin mobil makin gak gesit secara mekanikal :big_biglaugh:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Sat Mar 18, 2023 1:49
zonepublic wrote: Fri Mar 17, 2023 16:50 Jadi masalah mobil kegoreng apa ngga balik lagi usernya ada yg nyari mobil tua apa ngga,kalo ga da yg mau ,mobil tua bisa jadi scrap apalagi piara mobil juga kerasa tiap tahun bayar pajak meskipun ga kepake,jadi pedagang2 juga bisa bangkrut dari sana klo ga da yg beli mokas
Klo orang2 pinter ya pasti ga mau beli mobil tua mending beli mobil baru yang worry free
fansdiesel wrote: Fri Mar 17, 2023 13:02

Oh iya ada spesialis gorengan ex taksi juga wkwkwk
Ya itulah negara ini,banyak yang hobi beli sampah dan limbah makannya dijual laku,mau baju bekas,hp bekas sampe mobil habis pakai juga laku
salah om justru kenapa mobil2x tua itu harganya bisa mahal karena gampang di maintain di banding mobil baru dan fell nyetirnya lebih enak karena brasa banget mekanikal fellnya :mky_03:

yang mau beli mobil tua justru kebanyakan malah orang pinter yang ngerti enginering mereka tau betapa ribetnya mobil sekarang dan lebih milih piara yang tua :mky_07:

apalagi sejak jaman mobil china mulai masuk mobil sekarang makin gak menarik karena mobil baru lebih tentang gimmik daripada enginering :big_bored:

urusan pajak mobil tua bayangin punya mustang 60s harga 2milyard pajak cuma 500rb mobil gak rewel parts murah karena saya ud cek semua harga partsnya di ausie murah2x kalo punya duit banyak parts improvementnya :big_smoking:

mendingan saya bawa mobil kek gini di banding beli M4 baru pajak puluhan juta terus rusak juga butuh tools khusus :big_bored:

at least mustang gak dipake gak bakalan rewel kek bmw dan gak pusing bayar PKB tahunan cuma gopeceng cuyyy :big_smoking:

nongki ke mall juga masih dianggep sultan sampe 10-20thn lagi juga :big_biglaugh:

estilo harga naek mulu pajak cuma cetiawww paling :mky_07:

sekarang mobil baru bawa kaleng rombeng avanza aja pajak gotiawww :mky_07:

gotiawww gw bawa pajero modif suspensi modif rem modif mesin modif lebih enak :big_smoking:

rusak juga masih lebih murah ketimbang tuker pajero baru itupun pajero baru biarpun power lebih gede suspensi sama mesin lebih payah kok sebenernya gara2x std emisi sama gak tau pajero baru malah di bikin lebih limbung pernya :mky_03:

saya mah daripada beli mobil modern buang2x duit mendingan saya restore mobil tua sambil saya improve kayak pajero sama ge8 saya sih ud bener2x enak ogah saya dikasih mobil baru karena kualitasnya gak bakalan lebih enak dari hasil modifikasi di motuba saya, karena ud ngerasain sendiri karena kebiasaan pake mobil ud di upgrade pake mobil orang yang rata2x stock itu kagak enak banget dari suspensi rem dan responsenya beda :mky_07:

yang doyan beli sampah bukan orang kita malah di luar sana banyak tukang LOAK beli2x sampah buat di restore atau dijual bahkan di lelang buat nyari cuan :big_biglaugh:

ni saya kasih contohnya



merekalah yang doyan ngumpulan dan beli sampah abis itu di bangun ulang negara kita mah gak ada apa2xnya sama mereka :big_biglaugh:

kalo gak percaya cari aja banyak acara setipe kek gini betebaran di channel edukasi :mky_03:

ngomong2x soal sampah justru mobil barulah yang sampah jadi bikin mobil2x tua ini pada kegoreng mereka gak bsia ngalahin reputasi si tua sampe2x di luar sana banyak sampe ngorek junkyard nyari mobil ud busuk di restore jadi mobil baru :big_biglaugh:

susah produk jaman sekarang sebagus2xnya itu hasil birokrat gak kek produk dulu biarpun mereka teknologi terbatas cuma kreativitas mereka lebih sedikit di batasin sama birokrasi makannya mereka lebih maksimal :mky_03:
Bener mobil lama lbh mudah diservice,apalagi yang masih karburator spt generasi grand civic,wonder civic,tp partnya susah nyarinya
Apalagi di indo banyak orang yg buta servis mobil,apalagi ibu2 banyak yg ga tahu kalo cairan di mobil itu banyak dan harus rutin diganti ,taunya klo udah rusak aja,dijual beli baru
Jadi era sekarang banyak yg pake mobil karena kepraktisan saja
Belum lagi banyak yg ketipu bengkel,ketipu pedagang mobil klo mobil bekas jadi mrk trauma dan milih beli mobil baru yg worry free,ntar dipake 2-3 tahun dijual dan peremajaan lagi
Lagipula pabrikan mobil juga lama2 mengurangi produksi spare part mobil2nya kalo udah diatas 10 tahun part2 slow moving sudah agak susah dicari,mau ga mau harus bergantung sama produk aftermarket atau copotan
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sat Mar 18, 2023 5:36 Bener mobil lama lbh mudah diservice,apalagi yang masih karburator spt generasi grand civic,wonder civic,tp partnya susah nyarinya
Apalagi di indo banyak orang yg buta servis mobil,apalagi ibu2 banyak yg ga tahu kalo cairan di mobil itu banyak dan harus rutin diganti ,taunya klo udah rusak aja,dijual beli baru
Jadi era sekarang banyak yg pake mobil karena kepraktisan saja
Belum lagi banyak yg ketipu bengkel,ketipu pedagang mobil klo mobil bekas jadi mrk trauma dan milih beli mobil baru yg worry free,ntar dipake 2-3 tahun dijual dan peremajaan lagi
Lagipula pabrikan mobil juga lama2 mengurangi produksi spare part mobil2nya kalo udah diatas 10 tahun part2 slow moving sudah agak susah dicari,mau ga mau harus bergantung sama produk aftermarket atau copotan
itulah masalah mobil sekarang komponenya mayoritas kebanyakan custom khusus spesifik ke mobil itu tungguin aja kek raize berapa taun lagi cuma urusan LED putus benerinnya kelabakan karena nyari batok baru buat orang awam, kalo yang ngerti sih bisa bawa ke tukang custom :big_biglaugh:

mobil lama lampu putus nyari ke warung lampu h4 30rb :mky_07:

mobil lama juga awet karena mereka banyak universal parts dan parts yang bisa di buat ulang di restore apalagi yang interior nya besi semua tinggal modal di cat sama di retrim beres kadang krom rontok aja tinggal di krom ulang :mky_03:

buat mobil 70-90s bentar lagi juga bisa digituin karena ud ada 3d printing :mky_03:

pajero saya tutup spoiler ilang aja saya bikin pake 3d printing :big_biglaugh:

justru mobil2x sekarang lah yang gak bakalan awet karena banyak komponen gak universal apalagi elektroniknya :mky_03:

mau liat berapa lama tuh LCD speedometer pada tahan :big_biglaugh:

belom macem sekarang lcdnya head unit kagak universal 10thn lagi jebol astra ud males bikinin alias dah kuno juga nyari universal gak ada yang pas :wkkk: belom yang sistem kontrolnya integrated sama tuh HU

makannya saya gak heran mobil2x mewah taon 2000an sekarang babak belur mah :big_biglaugh:
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by fansdiesel »

b0ku wrote: Sat Mar 18, 2023 3:42
fansdiesel wrote: Sat Mar 18, 2023 3:10 new is always better....
kalau ada pilihan raize turbo vs estilo tua butut ya jelas pilih raize baru ngapain beli econobox sampah yang lebih layak discrap
kecuali raize loe keguling duluan diadu buat spritied driving

sama gak ada yang horny dengerin suara ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng :mky_07:

diadu druabiility pun pasti lebih awet estilo :mky_07:

raize cobain aja 10thn berapa komponen ud jebol duluan

estilo di hajar 300rb km tanpa turun mesin sama gearbox juga bisa dia wong partsnya dikit :wkkk:

mobil sekarang tuh cengeng2x karena kebanyakan elektronik sama birokrasi mobil dulu itu lebih mekanikal lebih gampang di repair tanpa tools khusus blom tamabhan bobot safety feature gak guna bikin mobil makin gak gesit secara mekanikal :big_biglaugh:
[cencored] box is [cencored] box

https://ibb.co/XSJH6S3
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

fansdiesel wrote: Sat Mar 18, 2023 8:25
b0ku wrote: Sat Mar 18, 2023 3:42
fansdiesel wrote: Sat Mar 18, 2023 3:10 new is always better....
kalau ada pilihan raize turbo vs estilo tua butut ya jelas pilih raize baru ngapain beli econobox sampah yang lebih layak discrap
kecuali raize loe keguling duluan diadu buat spritied driving

sama gak ada yang horny dengerin suara ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng :mky_07:

diadu druabiility pun pasti lebih awet estilo :mky_07:

raize cobain aja 10thn berapa komponen ud jebol duluan

estilo di hajar 300rb km tanpa turun mesin sama gearbox juga bisa dia wong partsnya dikit :wkkk:

mobil sekarang tuh cengeng2x karena kebanyakan elektronik sama birokrasi mobil dulu itu lebih mekanikal lebih gampang di repair tanpa tools khusus blom tamabhan bobot safety feature gak guna bikin mobil makin gak gesit secara mekanikal :big_biglaugh:
[cencored] box is [cencored] box

https://ibb.co/XSJH6S3
gpp yang penting harga naek mulu gw sendiri suka ledek mobil gw mobil mak mak ke pasar itulah hebatnya, berawal dari kasta rendahan tapi banyak yang appriciate :big_smoking:

dikira di indo doank kali estilo di goreng dimana2x juga lagi mahal itu honda hatch terutama mesinnya ud b series :mky_07:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Sat Mar 18, 2023 8:59
fansdiesel wrote: Sat Mar 18, 2023 8:25
b0ku wrote: Sat Mar 18, 2023 3:42

kecuali raize loe keguling duluan diadu buat spritied driving

sama gak ada yang horny dengerin suara ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng :mky_07:

diadu druabiility pun pasti lebih awet estilo :mky_07:

raize cobain aja 10thn berapa komponen ud jebol duluan

estilo di hajar 300rb km tanpa turun mesin sama gearbox juga bisa dia wong partsnya dikit :wkkk:

mobil sekarang tuh cengeng2x karena kebanyakan elektronik sama birokrasi mobil dulu itu lebih mekanikal lebih gampang di repair tanpa tools khusus blom tamabhan bobot safety feature gak guna bikin mobil makin gak gesit secara mekanikal :big_biglaugh:
[cencored] box is [cencored] box

https://ibb.co/XSJH6S3
gpp yang penting harga naek mulu gw sendiri suka ledek mobil gw mobil mak mak ke pasar itulah hebatnya, berawal dari kasta rendahan tapi banyak yang appriciate :big_smoking:

dikira di indo doank kali estilo di goreng dimana2x juga lagi mahal itu honda hatch terutama mesinnya ud b series :mky_07:
Swap engine GE8?


Tp GE8 ga akan bisa kegoreng setinggi estilo,populasinya banyak soalnya,lha GK5 yg downgrade aja harganya masih lbh tinggi drpd GE8
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sat Mar 18, 2023 10:22
Swap engine GE8?


Tp GE8 ga akan bisa kegoreng setinggi estilo,populasinya banyak soalnya,lha GK5 yg downgrade aja harganya masih lbh tinggi drpd GE8
gk cuma gak mau kalah aja om lagian susah jual GK di harga gorengan :big_biglaugh:

ge8 asal antik dikit gampang banget jual tingginya soalnya ud susah nyari km di bawah 70rb gk kan masih banyak yang antik :mky_03:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Sat Mar 18, 2023 11:50
zonepublic wrote: Sat Mar 18, 2023 10:22
Swap engine GE8?


Tp GE8 ga akan bisa kegoreng setinggi estilo,populasinya banyak soalnya,lha GK5 yg downgrade aja harganya masih lbh tinggi drpd GE8
gk cuma gak mau kalah aja om lagian susah jual GK di harga gorengan :big_biglaugh:

ge8 asal antik dikit gampang banget jual tingginya soalnya ud susah nyari km di bawah 70rb gk kan masih banyak yang antik :mky_03:
Iya sih,btw ge8 gue masih 55ribu asli lho pdhl tahun 2010 dapetnya tahun lalu di harga pasaran sekarang yg km 100ribuan hahaha,mesin kering,matic oke ga da rembes2,cm part2 mulai aus krn usia aja,cuma jelek bodinya aja krn sm tangan 1nya sempat diganti2 bemper,spoiler sama side skirtnya pake bodikit Mugen2an bikinan orang yg jeleknya parah bikinannya,ni lg mau balikin orinya cr bemper bagus
sama lampunya pernah dipasang hid khas anak alay yg kualitasnya ancur bgt cutoff projectornya miring,tp udah gue restorasi balikin lampu halogen lagi
Kemarin abis ganti kampas rem depan,yg belakang belum nemu part orinya
Sama ganti oli ac&drier filter
Abis ini pr selanjutnya ganti enjin monting,yg monting transmisi udah mulai bunyi soalnya sama ganti oli transmisi
Mobil km sedikit rawatnya boros juga rupanya padahal ga da rusak2 yg major

sebenernya 2 taun lalu pernah minang ge8 2012 yg udah facelift cuma kayanya penyakitnya khas ge8 facelift maticnya rentan rembes entah dimana dicari2 susah ketemu yg pasti selalu ada bercak merah di lantai jadi dijual lagi

Oh ya 1 lagi orang awam beli mokas lihat KM sih jadi pada asumsi km rendah pst bagus,akhirnya malah banyak kena tipu,makannya pada beli mobil baru
Last edited by zonepublic on Sat Mar 18, 2023 13:53, edited 1 time in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sat Mar 18, 2023 13:39 Iya sih,btw ge8 gue masih 55ribu asli lho pdhl tahun 2010 dapetnya tahun lalu di harga pasaran sekarang yg km 100ribuan hahaha,mesin kering,matic oke ga da rembes2,cm part2 mulai aus krn usia aja,cuma jelek bodinya aja krn sm tangan 1nya sempat diganti2 bemper,spoiler sama side skirtnya pake bodikit Mugen2an bikinan orang yg jeleknya parah bikinannya,ni lg mau balikin orinya cr bemper bagus
sama lampunya pernah dipasang hid khas anak alay yg kualitasnya ancur bgt cutoff projectornya miring,tp udah gue restorasi balikin lampu halogen lagi

sebenernya 2 taun lalu pernah minang ge8 2012 yg udah facelift cuma kayanya penyakitnya khas ge8 facelift maticnya rentan rembes entah dimana dicari2 susah ketemu yg pasti selalu ada bercak merah di lantai jadi dijual lagi

Oh ya 1 lagi orang awam beli mokas lihat KM sih jadi pada asumsi km rendah pst bagus,akhirnya malah banyak kena tipu,makannya pada beli mobil baru
banyakan taon kok om banyak yang ngotot mau tahun muda padahal kalo LOW km asli tahun tua dapet barang gress dengan harga lebih murah apalagi model sama dengan selisih 3-5thn :mky_03:

balik lagi LOW km naronya gimana?? saya pernah nemu 30rb asli first owner cuma dia naro ud kejemur di bawah po on pula ancurlah tuh mobil 30rb ud kayak ud jalan 100rb++ :big_bored:

emang awalnya patokan KM cuma inspeksi lagi kondisi body sesuai gak??? :mky_03:
Last edited by b0ku on Sat Mar 18, 2023 14:00, edited 2 times in total.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Sat Mar 18, 2023 13:52
zonepublic wrote: Sat Mar 18, 2023 13:39 Iya sih,btw ge8 gue masih 55ribu asli lho pdhl tahun 2010 dapetnya tahun lalu di harga pasaran sekarang yg km 100ribuan hahaha,mesin kering,matic oke ga da rembes2,cm part2 mulai aus krn usia aja,cuma jelek bodinya aja krn sm tangan 1nya sempat diganti2 bemper,spoiler sama side skirtnya pake bodikit Mugen2an bikinan orang yg jeleknya parah bikinannya,ni lg mau balikin orinya cr bemper bagus
sama lampunya pernah dipasang hid khas anak alay yg kualitasnya ancur bgt cutoff projectornya miring,tp udah gue restorasi balikin lampu halogen lagi

sebenernya 2 taun lalu pernah minang ge8 2012 yg udah facelift cuma kayanya penyakitnya khas ge8 facelift maticnya rentan rembes entah dimana dicari2 susah ketemu yg pasti selalu ada bercak merah di lantai jadi dijual lagi

Oh ya 1 lagi orang awam beli mokas lihat KM sih jadi pada asumsi km rendah pst bagus,akhirnya malah banyak kena tipu,makannya pada beli mobil baru
banyakan taon kok om banyak yang ngotot mau tahun muda padahal kalo LOW km asli tahun tua dapet barang gress dengan harga lebih murah apalagi model sama dengan selisih 3-5thn :mky_03:

balik lagi LOW km naronya gimana?? saya pernah nemu 30rb asli first owner cuma dia naro ud kejemur di bawah po on pula ancurlah tuh mobil 30rb ud kayak ud jalan 100rb++ :big_bored:

emang awalnya patokan KM cuma inspeksi lagi kondisi body sesuai gak??? :mky_03:
Karena sebelum pake jazz ini tahun 2019 saya beli ignis gx amt 2nd tahun 2018 km 11ribu ga banyak servis om,hahaha
Setaun saya pake 30ribu km cm ganti oli mesin,gardan&ganti klakson abis nerabas banjir aja krn tidak ada keluhan berarti dan akhirnya di tahun 2020 mobilnya saya jual,meskipun jujur nyetirnya ga seenak jazz ge8 tp mampir beres cm pas jadwal servis aja dan sekali servis di bengkel resmi cm kluar dana 400ribu aja buat ganti oli2 mesin&gardan
Sebenernya sebelum ambil jazz iseng2 mau coba ambil ford fiesta ecoboost pengen rasain naik mobil DCT dan mesin turbo ford yang katanya pernah menang mesin terbaik spt apa,cuma jaman susah sekarang jadi lebih mengantisipasi resiko pengeluaran tak terduga
Ni barusan nemu odyssey RB1 absolut yg masih mint cuma harganya kok 200++ rada gila open pricenya,jadi mikir2 mau ambil,sebenernya penasaran sm kenyamanan odyssey seri itu
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sat Mar 18, 2023 13:58 Karena sebelum pake jazz ini tahun 2019 saya beli ignis gx amt 2nd tahun 2018 km 11ribu ga banyak servis om,hahaha
Setaun saya pake 30ribu km cm ganti oli mesin,gardan&ganti klakson abis nerabas banjir aja krn tidak ada keluhan berarti dan akhirnya di tahun 2020 mobilnya saya jual,meskipun jujur nyetirnya ga seenak jazz ge8 tp mampir beres cm pas jadwal servis aja dan sekali servis di bengkel resmi cm kluar dana 400ribu aja buat ganti oli2 mesin&gardan
Sebenernya sebelum ambil jazz iseng2 mau coba ambil ford fiesta ecoboost pengen rasain naik mobil DCT dan mesin turbo ford yang katanya pernah menang mesin terbaik spt apa,cuma jaman susah sekarang jadi lebih mengantisipasi resiko pengeluaran tak terduga
Ni barusan nemu odyssey RB1 absolut yg masih mint cuma harganya kok 200++ rada gila open pricenya,jadi mikir2 mau ambil,sebenernya penasaran sm kenyamanan odyssey seri itu
emang kalo suzuki masuk beres aja murah om

cuma kalo saya doyanya pilih lendir sendiri :mky_03: minyak rem saya aja saya pakein bmw punya semua biar boiling pointnya lebih tinggi :mky_01:

odysey emang naek mulu om ud berapa taun terakhir :big_bored:

DCT gak enak om buat macet2xan, saya sih dulu sering bawa F360 bukan dct si dia sequintial cuma setau saya mirip2x pas saya cobain TSI, kagak enak sumpah yang paling susah itu musti injek gas karena gak ada catalic conventer buat gelinding sendiri pas lepas rem :big_bored:

baru2x ini juga ada temen pake x1 dct dia gak tahan akhirnya ganti CX30 :big_biglaugh:

kalo jazz saya dulu 2016 saya dapet ketolong km aja om baru 35.000 sebenernya mah barangnya busuk buat km segitu saking busuknya pas dapet lendirnya lsg saya buang businya saya ganti sama yang baru padahal busi jazz itu kan tahan 100.000 :mky_03:

body baret2x alus malah saya nemu ceceran beras di dalem cuma saya sukanya warna item tipe s paddleshift dan botak alias gak pake spoiler mugen :mky_03:

seusai sama image mobil jazz impian saya gak ada bodykits cuma ntar isinya modifan semua mesin sama kaki2xnya :big_biglaugh:

sampe sekarang tuh saya cuma pernah repaint fender depan sama bemper doank gara2x claim asuransi padahal baretnya banyak di pintu belakang cuma kalo dari jauh gak keliatan ya ud diemin aja soalnya enak kalo masi ngaleng anggep aja platina kalo kata bule :mky_03:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Sat Mar 18, 2023 14:21
zonepublic wrote: Sat Mar 18, 2023 13:58 Karena sebelum pake jazz ini tahun 2019 saya beli ignis gx amt 2nd tahun 2018 km 11ribu ga banyak servis om,hahaha
Setaun saya pake 30ribu km cm ganti oli mesin,gardan&ganti klakson abis nerabas banjir aja krn tidak ada keluhan berarti dan akhirnya di tahun 2020 mobilnya saya jual,meskipun jujur nyetirnya ga seenak jazz ge8 tp mampir beres cm pas jadwal servis aja dan sekali servis di bengkel resmi cm kluar dana 400ribu aja buat ganti oli2 mesin&gardan
Sebenernya sebelum ambil jazz iseng2 mau coba ambil ford fiesta ecoboost pengen rasain naik mobil DCT dan mesin turbo ford yang katanya pernah menang mesin terbaik spt apa,cuma jaman susah sekarang jadi lebih mengantisipasi resiko pengeluaran tak terduga
Ni barusan nemu odyssey RB1 absolut yg masih mint cuma harganya kok 200++ rada gila open pricenya,jadi mikir2 mau ambil,sebenernya penasaran sm kenyamanan odyssey seri itu
emang kalo suzuki masuk beres aja murah om


odysey emang naek mulu om ud berapa taun terakhir :big_bored:

sampe sekarang tuh saya cuma pernah repaint fender depan sama bemper doank gara2x claim asuransi padahal baretnya banyak di pintu belakang cuma kalo dari jauh gak keliatan ya ud diemin aja soalnya enak kalo masi ngaleng anggep aja platina kalo kata bule :mky_03:
Jazz mobil perang ya berarti?
Btw kampas rem depannya jazz hitungannya ga mahal lo kemarin beli ori buatan honda karawang cm 600ribu
tahun 2017 pas masih pake suzuki splash matic sempet ganti kampas rem depannya aja 1,3jt belum termasuk ongkos gantinya dan itupun part kw,bukan ori suzuki karena katanya kampas remnya dari jepang
Suzuki ignis aja kampas rem depannya 750ribu orinya

Saya sih bayangin bawa odyssey seperti bawa honda stream kali ya,agak susah buat sruntal sruntul pake mobil panjang gitu,resikonya paling di kaki2nya,dulu pernah nyoba stream kaki2nya lumayan gluduk2 tuh rasanya agak sayang buat dalkot
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sat Mar 18, 2023 14:41
Jazz mobil perang ya berarti?
Btw kampas rem depannya jazz hitungannya ga mahal lo kemarin beli ori buatan honda karawang cm 600ribu
tahun 2017 pas masih pake suzuki splash matic sempet ganti kampas rem depannya aja 1,3jt belum termasuk ongkos gantinya dan itupun part kw,bukan ori suzuki karena katanya kampas remnya dari jepang
Suzuki ignis aja kampas rem depannya 750ribu orinya

Saya sih bayangin bawa odyssey seperti bawa honda stream kali ya,agak susah buat sruntal sruntul pake mobil panjang gitu,resikonya paling di kaki2nya,dulu pernah nyoba stream kaki2nya lumayan gluduk2 tuh rasanya agak sayang buat dalkot
tadianya si satu2xnya cuma lama2x saya milih ngojek sayang dipake tiap hari belakangan ada pajero,lebih sering bawa pajero sih lagian kebanyakan bawa jazz bawa pajero jd gak enak, cuma sebaliknya kebanyakan bawa pajero bawa jazz jadi enak pajero sih menang nyaman aja sama lebih mewah interiornya bqnya emang mantep jok kulit bawannya apalagi awet banget CRV aja gampang rusak ini sih awet warnanya item lagi :big_biglaugh:

yang common dari 2 2nya parts modifnya berlimpah banget gampang dicari makanya ini 2 project car belom kelar semua :mky_03:

saya sih kampas pake ELIG om 2 2nya 800rban enak nih bahannya gak tau bahan apa yang pasti tahan lama pakem sama gak ada debunya pelek depan selalu bersih :mky_03:

mobil lebar ceper sih saya paling ogah om ud ngerasain bawa F360 gak ada enak2nya beneran justru saya suka pendek tuh yang kecil kayak ge8 atau kalo gede yang tinggi macem pajero :big_biglaugh:

masuk gang senggol aja saya lebih milih pake pajero di banding jazz lebih enak soalnya gak pusing kena trotoar trotoar lindes ajeee :big_biglaugh:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Sat Mar 18, 2023 15:14
zonepublic wrote: Sat Mar 18, 2023 14:41
Jazz mobil perang ya berarti?
Btw kampas rem depannya jazz hitungannya ga mahal lo kemarin beli ori buatan honda karawang cm 600ribu
tahun 2017 pas masih pake suzuki splash matic sempet ganti kampas rem depannya aja 1,3jt belum termasuk ongkos gantinya dan itupun part kw,bukan ori suzuki karena katanya kampas remnya dari jepang
Suzuki ignis aja kampas rem depannya 750ribu orinya

Saya sih bayangin bawa odyssey seperti bawa honda stream kali ya,agak susah buat sruntal sruntul pake mobil panjang gitu,resikonya paling di kaki2nya,dulu pernah nyoba stream kaki2nya lumayan gluduk2 tuh rasanya agak sayang buat dalkot
tadianya si satu2xnya cuma lama2x saya milih ngojek sayang dipake tiap hari belakangan ada pajero,lebih sering bawa pajero sih lagian kebanyakan bawa jazz bawa pajero jd gak enak, cuma sebaliknya kebanyakan bawa pajero bawa jazz jadi enak pajero sih menang nyaman aja sama lebih mewah interiornya bqnya emang mantep jok kulit bawannya apalagi awet banget CRV aja gampang rusak ini sih awet warnanya item lagi :big_biglaugh:

yang common dari 2 2nya parts modifnya berlimpah banget gampang dicari makanya ini 2 project car belom kelar semua :mky_03:

saya sih kampas pake ELIG om 2 2nya 800rban enak nih bahannya gak tau bahan apa yang pasti tahan lama pakem sama gak ada debunya pelek depan selalu bersih :mky_03:

mobil lebar ceper sih saya paling ogah om ud ngerasain bawa F360 gak ada enak2nya beneran justru saya suka pendek tuh yang kecil kayak ge8 atau kalo gede yang tinggi macem pajero :big_biglaugh:

masuk gang senggol aja saya lebih milih pake pajero di banding jazz lebih enak soalnya gak pusing kena trotoar trotoar lindes ajeee :big_biglaugh:
Belum pernah pake pajero karena denger2 sensi sama solbus,ga lucu servis injektor bunyi juta juta
Dulu ladder pakenya innova 2kd aja buat nerabas jalanan rusak
Cuma ya naik jazz pindah innova berasa naik kapal,mmg pake ladder enak disetirin sebenernya
michaeldimass
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed Mar 08, 2023 21:33

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by michaeldimass »

Ya mobil mobil korea yg enggak laku aja harga bekasnya aja menurut saya kemahalan kok ga masuk di akal saya

Pernah liat hyundai tucson dijual udah dari 2022 pertengahan belom laku sampe sekarang dan ga cuma 1 yg lama laku
Ya iya mobil kek gitu masih dijual mahal buat hobi enggak , merk kurang dipandang dibanding jepun , mobil jg b aja buat hobi juga kurang jelas ga laku laku :big_smoking:

Terus orang jual sonet sama seltos used mirip harga baru padahal km udah lumayan dan dealer ngasih disc gede banget + penambahan fitur + bonus aja susah buat laku gimana jual kemahalan :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sat Mar 18, 2023 15:20
Belum pernah pake pajero karena denger2 sensi sama solbus,ga lucu servis injektor bunyi juta juta
Dulu ladder pakenya innova 2kd aja buat nerabas jalanan rusak
Cuma ya naik jazz pindah innova berasa naik kapal,mmg pake ladder enak disetirin sebenernya
dulu saya pake solar kok cuma keki aja tiap liat engine bay dekil item semua, terus ya itu mobil kna termostart saya gak tau nyaris overheat 3x ya ud headnya melengkung aer radiator bocor keluar mulu ya dipake gpp sih selama rajin isi radiatornya cuma akhirnya saya putusin turun mesin buat benerin tuh head melengkung, nah sebelom turun mesin itu saya iseng isi shell terus dex ya ud sampe sekarang ketagihan ternyata ngefek jauh pake dex turbolagnya lebih berasa berkurang :mky_03:

kalo pake solar lebih ke efek jangka panjang kok pertamina sendiri ud test bisa jalan 150rb lbih ya cuma efek janga panjangnya resiko injektor common rail rusak ya ada biaya servvice bisa 10jt kalibrasi aja terus kalo jebol beneran ya siapin aja beli set injektor baru 50jtan :big_biglaugh:

sejauh ini justru pajero saya top speed pas saya jaman masih pake solar 180kmh di cipali sejak itu cuma jalan di kota2x doank paling kenceng juga lari 160kmh :big_biglaugh:

kalo saya suka pajero lama ini bisa di bilang best hanlding buat ladder frame masih pake per gerobak saking kerasnya bannya aja makan rata semua padahal bannya saya beli bekas semua, sekarang sih ud ganti pake ban baru, saya ngeh gini karena dulu ge8 juga sempet pake lowering kita bannya makannya rata sejak saya balikin stock bannya lsg amburadul sekarang si ud coilover makannya bagus lagi :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Fri Mar 17, 2023 16:34 Ente sendiri kalo punya duit mau bayarin yg mana?
Anggep aja tahun sama; kondisi sama2 ok. Sama-sama kegoreng

E92 (coupe) second hand open price 700jt
E91 (wagon) second hand open price 700jt

Gw sih merem E92 :mky_07:
Gw juga maap ga nangkep wagon bagusnya apa... Wkwkwkwkw. Apaan e39 wagon 500 juta, mobil gw dapet 8 biji :mky_07: mobil yang sama cuma beda body. Dapet jg benerin rusak rusaknya sama :mky_07:

mo wagon odyssey gepeng tuh wagon. 7 seater pula.

Mazda6 wagon sosoan mau goreng, tuh pasaran kg ada yang gila gilaan harganya :mky_07: lagi mobil baru msh dijual mau goreng aje.

Klo coupe dimana mana emg kasta tertinggi dan biasa pasaran jg mahal. E92 coupe apalagi d indo banyakan 335i apa malah M3 :big_smoking: tuh kan sepaket enjin jg bukan kaleng kaleng.

Klo wagon kenceng msh masuk akal lah digoreng macem M5 touring. Lah 528 wagon buat apa :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Sat Mar 18, 2023 5:36 Bener mobil lama lbh mudah diservice,apalagi yang masih karburator spt generasi grand civic,wonder civic,tp partnya susah nyarinya
Apalagi di indo banyak orang yg buta servis mobil,apalagi ibu2 banyak yg ga tahu kalo cairan di mobil itu banyak dan harus rutin diganti ,taunya klo udah rusak aja,dijual beli baru
Jadi era sekarang banyak yg pake mobil karena kepraktisan saja
Belum lagi banyak yg ketipu bengkel,ketipu pedagang mobil klo mobil bekas jadi mrk trauma dan milih beli mobil baru yg worry free,ntar dipake 2-3 tahun dijual dan peremajaan lagi
Lagipula pabrikan mobil juga lama2 mengurangi produksi spare part mobil2nya kalo udah diatas 10 tahun part2 slow moving sudah agak susah dicari,mau ga mau harus bergantung sama produk aftermarket atau copotan
Kalau beli mobil tua, pastikan type yang emang favorit atau diproduksi lama / modular.

Apalagi kl emang tipe mesinnya durable.

Misal neh BMW, rumusnya beli tipe 6 silinder. Tapi yang dipake lintas seri 3/5/7/X. Skrg BMW tipe 6 silinder dari M50/52/54 ampe N52 itu cenderung mesin yang easy to maintain loh. Malah biaya dan kerusakan cenderung lbh minim dibanding M40/43/N42/46.

Klo seri F mesin N20/B48 ya wong masih baru. Wkwkwkwkw.

Yang sulit biasa body parts dan electrical. Emang musti ngampak. Tapi ya kalau mobil baru pun sama sama hrs inden kok. Keselnya? Ya lbh kesel mobil baru partnya inden. Wkwkwkwk. Klo mobil tua minimal ngerti oh barangnya ada tinggal tunggu kirim aja brp hari.

Oiya sama mekanik mobil tua (yang specialist) biasa ga trial n error mulu macem anak magang beres.

Anyway gw sih milih bawa E39 gw kemana mana.... Kalo ga inget boros dan wearable partsnya makin banyak. Terus size nya jg impractical buat macet macetan.

Begitu inget, dahlah pake civic turbo aja lbh peace of mind :upss:

Serius, buat daily, nurut ane ideal beli mobil produksi 2010 sampe 2019 ini peak nya durability dan technology. Setelah itu prasaan ane yah kok jarang mobil bagus. Jelek mahal pula.

Ke car show jg makin ga napsuin. Barang2 napsuin macem CTR GR yaris jimny dari lahir udah di upsell sama pabrikannya gimana dong.

Electric/hybrid? Ya good luck dengan modul2 elektroniknya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by ExorT »

ChZ wrote: Sun Mar 19, 2023 5:53
...

Ke car show jg makin ga napsuin. Barang2 napsuin macem CTR GR yaris jimny dari lahir udah di upsell sama pabrikannya gimana dong.

Electric/hybrid? Ya good luck dengan modul2 elektroniknya.
Hahaha, apalagi kalau ketambahan reseller2 showroom yang upsell barang "brand new".

Ane pribadi sih, meskipun sanggup beli, tidak akan mau beli barang gituan dari reseller. Tetap ngantri beli baru di dealer resmi saja.

Lain cerita kalo beli mobil bekas yang benar2 bekas pemakaian sacara wajar ya atau mobil CBU yang tidak dijual secara resmi disini. Ya bebas dimana aja.

Cara paling benar kalo liat trend sekarang sih, ada bau2 mau keluar model baru, langsung aja inden sebelum launching. Tentunya ya buat pemakaian pribadi, bukan buat dijual lagi tentunya.

Harga launching produk di awal rata2 menjadi harga early bird. Setelahnya ya tiap bulan naik harga.

Habis gini penggoreng harga ioniq 5 bakalan gigit jari, kena diskon. :big_biglaugh: