New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

Halo rekan-rekan SMers,

As subject, mohon masukan terkait ketiga mobil tersebut.

Latar belakang
Setelah beberapa tahun tersiksa pakai Xpander yang sukses bikin saya selalu deg-degan tiap kali mau nyalip truk di jalan lintas sumatera, saya putuskan untuk mengganti Xpander dengan SUV ladderframe yang lebih bertenaga namun tetap nyaman untuk bawa istri dan balita saya di kursi belakang. Awalnya, pilihan jatuh ke ANPS facelift yang menurut saya lebih ganteng dan safetynya lebih lengkap daripada fortuner 2.8.

Namun ketika uang udah siap dan mau SPK, jiwa frugal saya belum siap untuk membayar 600jt demi alat transportasi yang yang utilitasnya relatif rendah bagi saya (mobil hanya dipakai rata-rata 2 kali sebulan untuk perjalanan 500km PP antar kabupaten di sumatera, sementara sehari-hari saya cukup pakai motor). Dengan perkembangan jasa inspektor mobkas yang sekarang bikin beli mobkas jadi lebih terjamin, akhirnya saya coba pertimbangkan alternatif mobkas berikut:

Fortuner VNT
Ada 2 target, keduanya tahun 2014 dengan odo 38rb dan 58rb. Harga sekitar 315jt.
Pros :
+ Modelnya eksteriornya saya suka
+ Badak, spare part gampang
+ bisa hemat hampir 300jt
Cons :
- 315 jt untuk mobil tahun 2014 kok rasanya kemahalan ya?
- Dashboard dan fiturnya udah mulai termakan usia
- Design interior utilitarian, takutnya penumpang belakang ngerasa di-downgrade dibanding Xpander
- Meskipun saya udah siap dengan biaya lebih untuk perawatan, tapi mungkin kesulitan cari waktu kalo harus sering ke bengkel

Fortuner VRZ improvement
Targetnya VRZ NIK 2017 yang udah double disc dengan odo 40rb. Harga sekitar 425jt.
Pros :
+ Interior mewah
+ Walaupun bekas, tapi mungkin lebih worry free daripada VNT
Cons:
- Apakah VRZ tahun segitu masih ada masalah putu jedug?
- Rasanya sedikit tanggung, 425jt untuk mobkas berumur 5 tahun demi hemat <200jt

Mohon saran mana yang paling worth it untuk saya ambil: VNT dengan concern usianya, VRZ yang rasanya tanggung atau bite the bullet ambil ANPS baru? Yang terpenting bagi saya adalah tenaganya cukup untuk nyalip truk-truk panjang di lintas sumatera yang jalannya cuma 2 ruas namun tetap manusiawi bagi penumpang belakang. Untuk BBM, di area saya gak ada biosolar dan pertadex cuma ada di ibukota provinsi. Jadi kemungkinannya akan rutin diisi dexlite. Oh ya, saya penganut aliran standaran, jadi gak ada rencana untuk modif2 termasuk remap/ desktek, dll.

Why not dakar <2017? Nyari unitnya lebih susah dari nyari fortuner dan selisih harganya yang lumayan tinggi. CRV/CX5? Kenceng, nyaman, tapi kaki-kaki pasti cepet nyerah dengan kondisi jalan di sini. MPV? No, cuma mau SUV jadi jangan ada Inova Diesel diantara kita :big_peace:

Terima kasih sebelumnya :big_deal:
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by doge »

g cari fortuner 2.7 aja? g selemot innova 2.0 kok

harga turun kenceng krn g bnyk yg minat

drpd bingung cri tmpt isi solar busuk maupun mewah dimana; di sumatera relatif sulit jg kan cri solar
:ngacir:
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by ariswp »

doge wrote: Sun Jun 12, 2022 1:02 g cari fortuner 2.7 aja? g selemot innova 2.0 kok

harga turun kenceng krn g bnyk yg minat

drpd bingung cri tmpt isi solar busuk maupun mewah dimana; di sumatera relatif sulit jg kan cri solar
Sekenan ANF SRZ berapa ya om skrg? Apa dibawah VRZ? Harganya abu2 banget soalnya unitnya jarang ini, temen ada yg punya SRZ buat gantiin VNT, katanya nyesel kenapa dulu ga ambil fortie lama yang 2.7
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by marr »

Dah vnt ajaaah, harganya paling murah dari antara 3 itu kalo main concern soal harga
Bosen, jual tuker sama yang lebih mahal kalo kurang puas. Mobilnya likuid, pasang di marketplace jaminan cepet laku punya. Kalo misalnya ga suka atau kurang puas, jualnya pun ga rugi2 amat
:big_biglaugh:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by AbdulHakim »

doge wrote: Sun Jun 12, 2022 1:02 g cari fortuner 2.7 aja? g selemot innova 2.0 kok

harga turun kenceng krn g bnyk yg minat

drpd bingung cri tmpt isi solar busuk maupun mewah dimana; di sumatera relatif sulit jg kan cri solar
konsumsi bbm nya segini ga om?
IMG_20220612_100540.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

ariswp wrote: Sun Jun 12, 2022 1:14 g cari fortuner 2.7 aja? g selemot innova 2.0 kok

harga turun kenceng krn g bnyk yg minat

drpd bingung cri tmpt isi solar busuk maupun mewah dimana; di sumatera relatif sulit jg kan cri solar
doge wrote: Sun Jun 12, 2022 1:02 Sekenan ANF SRZ berapa ya om skrg? Apa dibawah VRZ? Harganya abu2 banget soalnya unitnya jarang ini, temen ada yg punya SRZ buat gantiin VNT, katanya nyesel kenapa dulu ga ambil fortie lama yang 2.7
Yes, om. Kemaren sempat lirik fortuner 2.7 juga. yang tahun 2014/15 kondisi kinyis odo <60rb harganya masih di 280-300jt, sementara SRZ 2016 harganya 370-390jt. Bedanya cuma 10-20jt dengan tipe diselnya untuk untuk dan kondisi yang sama, ditambah barangnya agak ghoib. Dengan selisih cuma segitu saya pikir mending versi diselnya sekalian. Walaupun ya, nyari BBM nya memang agak sulit di sini.
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

marr wrote: Sun Jun 12, 2022 3:03 Dah vnt ajaaah, harganya paling murah dari antara 3 itu kalo main concern soal harga
Bosen, jual tuker sama yang lebih mahal kalo kurang puas. Mobilnya likuid, pasang di marketplace jaminan cepet laku punya. Kalo misalnya ga suka atau kurang puas, jualnya pun ga rugi2 amat
:big_biglaugh:
Siap, makasih masukknya om. Saya belum perhatiin masalah likuiditanya, nice one :big_deal:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by KielConstantine »

biznatch wrote: Sat Jun 11, 2022 22:12 Oh ya, saya penganut aliran standaran, jadi gak ada rencana untuk modif2 termasuk remap/ desktek, dll.
Karena ada kalimat ini . Ane saran pajero dakar aja brand new . Tenaga udh gede dari lahir .

Fortuner VNT lemot abis klo standar. Sama aja kek fortuner 2gd di gas macam keong kg bisa lari klo standart wkwkwkwk

Best choice seh fortuner GR 2.8 . Tenaga gede , tingkat kestabilan / bodyroll jg mendingan dah buat ukuran standart pabrik drpd si anps yang ngeri-ngeri keguling klo lari overspeed


Btw itu smua yg diatas ane tulis tentang driving dynamic . Kalo buat tingkat kemewahan, model , fitur , safety ya preferensi masing2 :mrgreen:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by sh00t »

KielConstantine wrote:
biznatch wrote: Sat Jun 11, 2022 22:12 Oh ya, saya penganut aliran standaran, jadi gak ada rencana untuk modif2 termasuk remap/ desktek, dll.
Karena ada kalimat ini . Ane saran pajero dakar aja brand new . Tenaga udh gede dari lahir .

Fortuner VNT lemot abis klo standar. Sama aja kek fortuner 2gd di gas macam keong kg bisa lari klo standart wkwkwkwk

Best choice seh fortuner GR 2.8 . Tenaga gede , tingkat kestabilan / bodyroll jg mendingan dah buat ukuran standart pabrik drpd si anps yang ngeri-ngeri keguling klo lari overspeed


Btw itu smua yg diatas ane tulis tentang driving dynamic . Kalo buat tingkat kemewahan, model , fitur , safety ya preferensi masing2 :mrgreen:
Mbah, koq gak saranin santa fe sih mbah? Tenaga sudah gede dari lahir juga. Malahan lebih gede dari pajero sport tuh mbah. [emoji13]
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by doge »

ariswp wrote: Sun Jun 12, 2022 1:14
doge wrote: Sun Jun 12, 2022 1:02 g cari fortuner 2.7 aja? g selemot innova 2.0 kok

harga turun kenceng krn g bnyk yg minat

drpd bingung cri tmpt isi solar busuk maupun mewah dimana; di sumatera relatif sulit jg kan cri solar
Sekenan ANF SRZ berapa ya om skrg? Apa dibawah VRZ? Harganya abu2 banget soalnya unitnya jarang ini, temen ada yg punya SRZ buat gantiin VNT, katanya nyesel kenapa dulu ga ambil fortie lama yang 2.7
wah krg tw jg, barang langka...
lah knp tmennya nyesel?
AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 3:06 konsumsi bbm nya segini ga om?
IMG_20220612_100540.jpg
sbg ex user ipah non euro at, msh oke ini mah :mky_08:
biznatch wrote: Sun Jun 12, 2022 7:35
Yes, om. Kemaren sempat lirik fortuner 2.7 juga. yang tahun 2014/15 kondisi kinyis odo <60rb harganya masih di 280-300jt, sementara SRZ 2016 harganya 370-390jt. Bedanya cuma 10-20jt dengan tipe diselnya untuk untuk dan kondisi yang sama, ditambah barangnya agak ghoib. Dengan selisih cuma segitu saya pikir mending versi diselnya sekalian. Walaupun ya, nyari BBM nya memang agak sulit di sini.
waw bru tau selisihnya g jauh, e tapi klo beli fortie baru mahal yg 2.7, hrs order dlu lg :mky_04:

ya klo gini mah bner aja ambil yg diesel.. cri lbh gmpg, jual jg ada yg siap nampung... gtw ntar klo biosol udh ilang kyk premium msh bnyk yg siap nampung apa g
:ngacir:
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by faridrach »

KielConstantine wrote: Sun Jun 12, 2022 8:24
biznatch wrote: Sat Jun 11, 2022 22:12 Oh ya, saya penganut aliran standaran, jadi gak ada rencana untuk modif2 termasuk remap/ desktek, dll.
Karena ada kalimat ini . Ane saran pajero dakar aja brand new . Tenaga udh gede dari lahir .

Fortuner VNT lemot abis klo standar. Sama aja kek fortuner 2gd di gas macam keong kg bisa lari klo standart wkwkwkwk

Best choice seh fortuner GR 2.8 . Tenaga gede , tingkat kestabilan / bodyroll jg mendingan dah buat ukuran standart pabrik drpd si anps yang ngeri-ngeri keguling klo lari overspeed


Btw itu smua yg diatas ane tulis tentang driving dynamic . Kalo buat tingkat kemewahan, model , fitur , safety ya preferensi masing2 :mrgreen:
Kalau saya malah cenderung kebalik ya opininya, dengan rute antar kabupaten Sumatera yang tentu saja kebanyakan non tol, VRZ akan lebih enak untuk nyalip2 instan karena power rpm bawahnya sdh nyundul2 dan jauh lebih enak.

Seriously saya nyetir ANPS di kondisi jalan non tol dan butuh akselerasi tiba2 untuk mendahului truk itu menyiksa dan bikin geregetan, karena bener2 rpm bawahnya lemot bangaaat. Begitu masuk mid high baru enak.

Just my 2 cents yah om :big_deal: :big_exellent:
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

KielConstantine wrote: Sun Jun 12, 2022 8:24
Karena ada kalimat ini . Ane saran pajero dakar aja brand new . Tenaga udh gede dari lahir .

Fortuner VNT lemot abis klo standar. Sama aja kek fortuner 2gd di gas macam keong kg bisa lari klo standart wkwkwkwk

Best choice seh fortuner GR 2.8 . Tenaga gede , tingkat kestabilan / bodyroll jg mendingan dah buat ukuran standart pabrik drpd si anps yang ngeri-ngeri keguling klo lari overspeed


Btw itu smua yg diatas ane tulis tentang driving dynamic . Kalo buat tingkat kemewahan, model , fitur , safety ya preferensi masing2 :mrgreen:
Makasih masukannya om. Katakanlah saya mau modif dikit, paling minimal mesti modif apa ya om supaya bisa nyaman nyalip2 dan tetap aman buat mesin? apakah cukup remap atau mesti pasang destek / unichip? kalo udah ke level ganti exhaust system, intercooler, dll saya mundur dah :big_biglaugh:


Iya om. Kalo dari desain sih menurut saya pajero cuma lebih ganteng dikit aja dari fortuner dan memang mesin 1gd nya menggiurkan. Tapi airbags yang cuma 3 biji untuk mobil 600jt tahun 2022 itu unacceptable buat saya. :big_dunno:
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

sh00t wrote: Sun Jun 12, 2022 8:32
Mbah, koq gak saranin santa fe sih mbah? Tenaga sudah gede dari lahir juga. Malahan lebih gede dari pajero sport tuh mbah. [emoji13]
Wah ampun om. Di kota saya dealer hyundai cuma 1, itupun joinan gedung sama kia :big_biglaugh:
doge wrote: Sun Jun 12, 2022 9:11 ya klo gini mah bner aja ambil yg diesel.. cri lbh gmpg, jual jg ada yg siap nampung... gtw ntar klo biosol udh ilang kyk premium msh bnyk yg siap nampung apa g
Siap om :big_deal:
Kalo nampung sih kayaknya pasti masih ad, harganya aja yang jatoh entah berapa puluh juta kayak kemarin pas puncak pandemi :big_biglaugh:
faridrach wrote: Sun Jun 12, 2022 9:32 Kalau saya malah cenderung kebalik ya opininya, dengan rute antar kabupaten Sumatera yang tentu saja kebanyakan non tol, VRZ akan lebih enak untuk nyalip2 instan karena power rpm bawahnya sdh nyundul2 dan jauh lebih enak.

Seriously saya nyetir ANPS di kondisi jalan non tol dan butuh akselerasi tiba2 untuk mendahului truk itu menyiksa dan bikin geregetan, karena bener2 rpm bawahnya lemot bangaaat. Begitu masuk mid high baru enak.

Just my 2 cents yah om :big_deal: :big_exellent:
Betul om, skenario umum di jalur saya itu pas kita harus nyalip truk panjang yang jalan 30-60 km/jam dan kesempatan nyalipnya juga gak lama karena jalurnya cuma 2 dan berkelok. Jadi memang mobilnya butuh akselerasi cepat dari 20-40 km/jam. Saya kurang ngerti kalo di diesel itu masih di RPM bawah atau udah masuk menengah. Yang jelas kalo selama ini saya pake Xpander (matic), nungguin akselerasinya lama beneer. Mau nyalip udah keburu masuk tikungan atau ada mobil dari arah berlawanan :big_dunno:
Dayakz87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Jul 14, 2020 15:29

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by Dayakz87 »

Kalau budget diatas 400 rasanya dapat om Pajero 2017, saya terakhir jual pajero saya 2017 di angka 410, ga tau skrng karena harga mobkas pada naik.

Kalau menurut saya sih diesel pajero lebih enak dan responsif drpada fortuner, kebetulan kakak ipar saya pakai fortuner diesel 2017 (lupa tipe yang mana), tapi kelemahannya pajero, ruang driver agak sempit.
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

Dayakz87 wrote: Sun Jun 12, 2022 10:03 Kalau budget diatas 400 rasanya dapat om Pajero 2017, saya terakhir jual pajero saya 2017 di angka 410, ga tau skrng karena harga mobkas pada naik.

Kalau menurut saya sih diesel pajero lebih enak dan responsif drpada fortuner, kebetulan kakak ipar saya pakai fortuner diesel 2017 (lupa tipe yang mana), tapi kelemahannya pajero, ruang driver agak sempit.
Sekarang gak dapet om. Pajero 2017 yg udah panel dashboardnya piano black sekitar 450jt. Jauh sama VRZ tahun setara. Sementara kalo yang masih wood panel, errrr rasanya murahan banget bikin sakit mata. Kalo masalah kursi driver sih saya udah nyoba dan masih acceptable buat saya
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by fl4b1e »

faridrach wrote:
KielConstantine wrote: Sun Jun 12, 2022 8:24
biznatch wrote: Sat Jun 11, 2022 22:12 Oh ya, saya penganut aliran standaran, jadi gak ada rencana untuk modif2 termasuk remap/ desktek, dll.
Karena ada kalimat ini . Ane saran pajero dakar aja brand new . Tenaga udh gede dari lahir .

Fortuner VNT lemot abis klo standar. Sama aja kek fortuner 2gd di gas macam keong kg bisa lari klo standart wkwkwkwk

Best choice seh fortuner GR 2.8 . Tenaga gede , tingkat kestabilan / bodyroll jg mendingan dah buat ukuran standart pabrik drpd si anps yang ngeri-ngeri keguling klo lari overspeed


Btw itu smua yg diatas ane tulis tentang driving dynamic . Kalo buat tingkat kemewahan, model , fitur , safety ya preferensi masing2 :mrgreen:
Kalau saya malah cenderung kebalik ya opininya, dengan rute antar kabupaten Sumatera yang tentu saja kebanyakan non tol, VRZ akan lebih enak untuk nyalip2 instan karena power rpm bawahnya sdh nyundul2 dan jauh lebih enak.

Seriously saya nyetir ANPS di kondisi jalan non tol dan butuh akselerasi tiba2 untuk mendahului truk itu menyiksa dan bikin geregetan, karena bener2 rpm bawahnya lemot bangaaat. Begitu masuk mid high baru enak.

Just my 2 cents yah om :big_deal: :big_exellent:
setuju sama Om Faridrach..
Kalau pandangan saya sih kalau lintas sumatera dgn truk, meskipun saya oenggenar monocoque, saya prefer Fortie.

Dan kalau masalah seliaih 200 juta++ yg VNT dan jarang modif, dah cukup VRZ saja Om. Saya juga termasuk penggemar standaran soalnya Om. Mnrt saya kalau lintas sumatera masih pas VRZ pas kok.

kalau di trans jawa, saya lebih memilih ANKI saja :) lebih enak suspensinya dibanding VRZ.. hahahaha.. kalau bisa Santa Fe sih lebih baik. tapi sayang dipake lewat lintas sumatra non tol yaa..

Kalau mobil yg lain selain Fortie atau AnPS, MuX /Trailblazer juga oke. Tapi kalau Om gak nemu bengkelnya di kota Om ya skip aja MuX atau Trailblazer...
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by farizfsa »

Wew fortuner vrz taun segitu udh di 400 ya, not a good time buat beli mbl seken ya. Akhir taun lalu 330-340 udh dpt vrz 2016

Utilitas rendah sih cari mbl yg harganya relatif ga naik dan cenderung jatuh aja imho, macem mux atau trailblazer
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by pengendiesel »

Apal banget sama forti vnt trd n anf 2gd, pernah TD singkat anps fl.

Antara vnt trd n anf 2gd dulu yah
Plusnya vnt yang paling menonjol di saya :
- untuk nyalip2 jalur luar kota, jauh lebih pd daripada anf 2gd. Respon awalnya lebih cepat. Spek 2gd di atas kertas lebih gede, tapi di real life jalanan luar kota untuk salip kendaraan2 di depan, vnt lebih enak. 2gd selain maticnya aduh entahlah, throttle responsenya juga lambat. Jadi feeling mengemudinya di low rpm mirip mobil cvt.
- badak, banget nget nget nget. Saya beli 2nd hand, di saya jalan sekitar 30-40k, mogok cuma sekali doang. Gara2 aki mokat. Padahal pemakaian saya jorok banget.
- spare part lebih murah daripada 2gd

Plusnya 2gd :
- lebih irit sekitar 15% dibanding vnt
- gigi banyak. Walau gak enak, tapi ratio banyak sangat membantu. Terutama di turunan curam dan jalan tol. Gigi 1nya kasar banget, sangat berguna untuk engine brake. Saya pake vnt, udah masuk gigi 1, masih aja ngeloyor....serem. Di tol 100km/h, vnt manteng sekitar 2000rpm. Anf 1600rpm.
- interior lebih up to date, meskipun ada beberapa hal yang malah bikin jengkel (automatic lampnya haadeeehhh)
- 4 disc brake. Rasa pengeremannya jauh lebih enak drpd vnt yang belalangnya masih tromol.
Vin 2017 masih putu jedug? Kemungkinan iya, karena itu termasuk batch2 awal. Lha vin 2021 aja masuh jedug :big_slap: penasaran sama yang bilang jedug sudah gak ada di anf anki batch akhir2, itu merasakan sendiri atau katanya katanya :big_dunno:

Sekarang anps. Ini gak bisa ngomong banyak, karena belom pernah pelihara, sebatas td dan ngeliat di jalanan doang. Mohon maaf kalo gak akurat.
Buat saya yang paling menonjol adalah........suspensinya. Yes, banyak yang komplen keempukan, bikin mabuk. Tapi buat saya, suspensi kayak gini yang cocok untuk mobil leder frem.
Saya gak tau jalanan di sumatera gimana, tapi yang pasti suspensi anps ini yang paling enak (dibandingkan vnt n anf) kalo digunakan di jalanan antar kota jawa timur yang keritingnya udah keterlaluan. Pake vnt or anf berasa dilempar2 kayak naek kuda. Tapi di sisi lain, untuk di tol yang mulus dan jalan berkelok2, lebih enak vnt n anf.
Jadi ya, tergantung om lebih butuh yang mana. Empuk n relaxed driving atau keras n sporty. Jadi urutan suspensi dari yang paling saya cocok anps, anf, vnt trd. Yang terakhir ini sumpah keras banget. Tapi di tikungan lebih pd, bodyroll gak terlalu berasa....paling langsung kebalik :big_biglaugh:
Imho, ngebut di tol n nikung2 kenceng pake suv leder frem sih konyol banget, murni ngetes hoki....bohong besarlah kalo ngomong pake skill.
Minus di drlnya. Banyak sekali anps pre fl yang drlnya udah kacao. Entah redup atau mati. Padahal anf di umur yang sama, rata2 masih terang benderang.
Selain itu, yg ane gak demen dari anps adalah.....mesinnya. LAH, bukannya kenceng banget? Betul, tapi kencengnya baru keluar di rpm atas. Sedangkan kalo di jalur luar kota, kita mau nyalip2, respon awal ini sangat penting. Beda sepersekian detik aja, nyali udah beda, respon otak juga udah beda.
Disesuaikan saja sama gaya nyetirnya bagaimana.

Kemudian banyak orang bilang, tiptronicnya anf palsu, bukan tiptronic beneran kayak anps. Tapi di daily use, tiptronic palsu kayak anf n anki ini justru jauh lebih praktis daripada punya anps. Buset, itu gigi ada 8, ratio rapat, asel or desel dikit aja udah mesti pencet2 paddle shift. Sporty sih, tapi emang kita hidup di sirkuit?

Conclusion, kalo jalanan di sumatera keriting parah juga kayak di jatim, saya pilih anps. Rpm bawah yang lemot bisa diakali dengan downshift mode manual.
Tapi kalo cenderung mulus kayak di bali, anf jadi pilihan yang logic.
Kenyamanan keluarga penting banget kan?

Btw, kalo urusan nyalip2 di luar kota, selama ini yang paling enak pernah pake itu anki diesel m/t. Betul2 toel dikit, tanpa perlu downshift, udah lewat semua tuh, padahal isi 7 orang. Mungkin anf m/t bisa jadi pertimbangan juga, meskipun pasti tidak segesit anki, tapi pasti jauh lebih enak daripada versi maticnya untuk urusan salip menyalip.
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by alexand »

Fortuner 2.8 tarikan bawahnya lebih kuat dari ANPS
yg di concern sama TS itu enak buat nyalip kan, jadi mending 1GD aja :)

tapi entah mesin 1GD ini bisa kuat di isi dexlite terus / harus di kasih minum pertamina dex
kalo mau rajin bisa pakai https://www.hotshotsecret.com/everyday- ... treatment/ biar tahan di isi solbus :)
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by mike22 »

Menurut saya ambil VNT kl mau isi solar goceng. Tanggung jg ambil vrz seken karena blm vsc dan emg harganya lagi tinggi2nya (dulu pas pandemi pernah di 380an).
Kl saya sih prefer innova V 2.4 baru saja om, kabarnya kan ini kijang terakhir yg RWD diesel.
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

fl4b1e wrote: Sun Jun 12, 2022 10:15 setuju sama Om Faridrach..
Kalau pandangan saya sih kalau lintas sumatera dgn truk, meskipun saya oenggenar monocoque, saya prefer Fortie.

Dan kalau masalah seliaih 200 juta++ yg VNT dan jarang modif, dah cukup VRZ saja Om. Saya juga termasuk penggemar standaran soalnya Om. Mnrt saya kalau lintas sumatera masih pas VRZ pas kok.

kalau di trans jawa, saya lebih memilih ANKI saja :) lebih enak suspensinya dibanding VRZ.. hahahaha.. kalau bisa Santa Fe sih lebih baik. tapi sayang dipake lewat lintas sumatra non tol yaa..

Kalau mobil yg lain selain Fortie atau AnPS, MuX /Trailblazer juga oke. Tapi kalau Om gak nemu bengkelnya di kota Om ya skip aja MuX atau Trailblazer...
farizfsa wrote: Sun Jun 12, 2022 10:15 Wew fortuner vrz taun segitu udh di 400 ya, not a good time buat beli mbl seken ya. Akhir taun lalu 330-340 udh dpt vrz 2016

Utilitas rendah sih cari mbl yg harganya relatif ga naik dan cenderung jatuh aja imho, macem mux atau trailblazer
Makasih masukannya om. Wuih chevrolet / ford gak ada bengkelnya di kota saya om.

Iya, saya lagi gak hoki masalah timing jual beli mobil. Jualnya pas pandemi, butuh belinya pas sekarang lagi tinggi2nya. Mungkin saya ada bakat jadi pemain saham. Buy high sell low :wkkk:
Last edited by biznatch on Sun Jun 12, 2022 12:10, edited 1 time in total.
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

pengendiesel wrote: Sun Jun 12, 2022 10:20 ...

Selain itu, yg ane gak demen dari anps adalah.....mesinnya. LAH, bukannya kenceng banget? Betul, tapi kencengnya baru keluar di rpm atas. Sedangkan kalo di jalur luar kota, kita mau nyalip2, respon awal ini sangat penting. Beda sepersekian detik aja, nyali udah beda, respon otak juga udah beda.
Disesuaikan saja sama gaya nyetirnya bagaimana.

Kemudian banyak orang bilang, tiptronicnya anf palsu, bukan tiptronic beneran kayak anps. Tapi di daily use, tiptronic palsu kayak anf n anki ini justru jauh lebih praktis daripada punya anps. Buset, itu gigi ada 8, ratio rapat, asel or desel dikit aja udah mesti pencet2 paddle shift. Sporty sih, tapi emang kita hidup di sirkuit?

Conclusion, kalo jalanan di sumatera keriting parah juga kayak di jatim, saya pilih anps. Rpm bawah yang lemot bisa diakali dengan downshift mode manual.
Tapi kalo cenderung mulus kayak di bali, anf jadi pilihan yang logic.
Kenyamanan keluarga penting banget kan?

Btw, kalo urusan nyalip2 di luar kota, selama ini yang paling enak pernah pake itu anki diesel m/t. Betul2 toel dikit, tanpa perlu downshift, udah lewat semua tuh, padahal isi 7 orang. Mungkin anf m/t bisa jadi pertimbangan juga, meskipun pasti tidak segesit anki, tapi pasti jauh lebih enak daripada versi maticnya untuk urusan salip menyalip.
Waah makasih banyak insight-nya om. Bener2 mencerahkan. :big_deal:

Betul banget yang om bilang. Sepersekian detik buat nyalip itu berharga banget. Makanya saya stress pakai xpander yang lemotnya gak karuan :big_biglaugh:
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

alexand wrote: Sun Jun 12, 2022 10:31 Fortuner 2.8 tarikan bawahnya lebih kuat dari ANPS
yg di concern sama TS itu enak buat nyalip kan, jadi mending 1GD aja :)

tapi entah mesin 1GD ini bisa kuat di isi dexlite terus / harus di kasih minum pertamina dex
kalo mau rajin bisa pakai https://www.hotshotsecret.com/everyday- ... treatment/ biar tahan di isi solbus :)
mike22 wrote: Sun Jun 12, 2022 11:50 Menurut saya ambil VNT kl mau isi solar goceng. Tanggung jg ambil vrz seken karena blm vsc dan emg harganya lagi tinggi2nya (dulu pas pandemi pernah di 380an).
Kl saya sih prefer innova V 2.4 baru saja om, kabarnya kan ini kijang terakhir yg RWD diesel.
Siap makasih masukannya om. Iya, isu solar dibatasi masih belum bisa ngegoyang harga vrz dan vnt bekas :big_biglaugh:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by pengendiesel »

biznatch wrote: Sun Jun 12, 2022 12:10
Waah makasih banyak insight-nya om. Bener2 mencerahkan. :big_deal:

Betul banget yang om bilang. Sepersekian detik buat nyalip itu berharga banget. Makanya saya stress pakai xpander yang lemotnya gak karuan :big_biglaugh:
Sama2 om....semoga bisa dapet yang paling cocok.
Oh ya, gambaran 2gd tadi semua dalam normal mode. Kalo masuk power mode, anf responsif banget. Selip koplingnya kayak berkurang jauh, gas dikit langsung respon. Even faster daripada vnt.
Tapi saya gak ngerti apa efek jangka panjangnya kalo sering pake power mode
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

pengendiesel wrote: Sun Jun 12, 2022 13:28 Sama2 om....semoga bisa dapet yang paling cocok.
Oh ya, gambaran 2gd tadi semua dalam normal mode. Kalo masuk power mode, anf responsif banget. Selip koplingnya kayak berkurang jauh, gas dikit langsung respon. Even faster daripada vnt.
Tapi saya gak ngerti apa efek jangka panjangnya kalo sering pake power mode
Noted. makasih om. Sejauh ini kelihatannya VRZ yang paling balance. Mewah + nyamannya dapet, tenaganya juga dapet kalo pake power mode. Toh power modenya juga kan mungkin bakal saya pake kalo pas mau nyalip aja. Tinggal pinter2 milih unitnya yang masuk di kantong dan bebas putu jedug nih.

:big_deal: