New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by AbdulHakim »

lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 08 Jan 2017, 11:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

AbdulHakim wrote: 12 Jun 2022, 21:16 lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?
Jalur saya palembang - bengkulu om. Mungkin sedikit lebih mulus, tapi banyak kelokan.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by AbdulHakim »

biznatch wrote: 12 Jun 2022, 21:22
AbdulHakim wrote: 12 Jun 2022, 21:16 lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?
Jalur saya palembang - bengkulu om. Mungkin sedikit lebih mulus, tapi banyak kelokan.
owh pantesan, banyak kelokan jalur Plg - Bengkulu, iya kalo gitu wajib yg akselerasinya instan om. bikin pede kalo mo nyalip.
tapi kalo ladder frame limbung, kesian yg di row 2 om, kalo saya siy tetep prefer suv monokok yaitu CRV RM gen-4 facelift belum pake cvt soalnya.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by ctopher7 »

biznatch wrote:
alexand wrote: 12 Jun 2022, 17:31 Fortuner 2.8 tarikan bawahnya lebih kuat dari ANPS
yg di concern sama TS itu enak buat nyalip kan, jadi mending 1GD aja :)

tapi entah mesin 1GD ini bisa kuat di isi dexlite terus / harus di kasih minum pertamina dex
kalo mau rajin bisa pakai https://www.hotshotsecret.com/everyday- ... treatment/ biar tahan di isi solbus :)
mike22 wrote: 12 Jun 2022, 18:50 Menurut saya ambil VNT kl mau isi solar goceng. Tanggung jg ambil vrz seken karena blm vsc dan emg harganya lagi tinggi2nya (dulu pas pandemi pernah di 380an).
Kl saya sih prefer innova V 2.4 baru saja om, kabarnya kan ini kijang terakhir yg RWD diesel.
Siap makasih masukannya om. Iya, isu solar dibatasi masih belum bisa ngegoyang harga vrz dan vnt bekas :big_biglaugh:
dibatasinnya 60 liter per hari, itu mah sama aja kyk ga dibatasi om

fortuner saya isi maksimal stengah tanki uda balik pom pasti. itu aja bisa pake 1.5 - 2 minggu. kalo innova lebih irit lagi karna bodynya lebih enteng

btw kenapa ga inova diesel matic aja om?
pecinta bio solar
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by Pboyz97 »

biznatch wrote: 12 Jun 2022, 05:12 Halo rekan-rekan SMers,

As subject, mohon masukan terkait ketiga mobil tersebut.

Latar belakang
Setelah beberapa tahun tersiksa pakai Xpander yang sukses bikin saya selalu deg-degan tiap kali mau nyalip truk di jalan lintas sumatera, saya putuskan untuk mengganti Xpander dengan SUV ladderframe yang lebih bertenaga namun tetap nyaman untuk bawa istri dan balita saya di kursi belakang. Awalnya, pilihan jatuh ke ANPS facelift yang menurut saya lebih ganteng dan safetynya lebih lengkap daripada fortuner 2.8.

Namun ketika uang udah siap dan mau SPK, jiwa frugal saya belum siap untuk membayar 600jt demi alat transportasi yang yang utilitasnya relatif rendah bagi saya (mobil hanya dipakai rata-rata 2 kali sebulan untuk perjalanan 500km PP antar kabupaten di sumatera, sementara sehari-hari saya cukup pakai motor). Dengan perkembangan jasa inspektor mobkas yang sekarang bikin beli mobkas jadi lebih terjamin, akhirnya saya coba pertimbangkan alternatif mobkas berikut:

Fortuner VNT
Ada 2 target, keduanya tahun 2014 dengan odo 38rb dan 58rb. Harga sekitar 315jt.
Pros :
+ Modelnya eksteriornya saya suka
+ Badak, spare part gampang
+ bisa hemat hampir 300jt
Cons :
- 315 jt untuk mobil tahun 2014 kok rasanya kemahalan ya?
- Dashboard dan fiturnya udah mulai termakan usia
- Design interior utilitarian, takutnya penumpang belakang ngerasa di-downgrade dibanding Xpander
- Meskipun saya udah siap dengan biaya lebih untuk perawatan, tapi mungkin kesulitan cari waktu kalo harus sering ke bengkel

Fortuner VRZ improvement
Targetnya VRZ NIK 2017 yang udah double disc dengan odo 40rb. Harga sekitar 425jt.
Pros :
+ Interior mewah
+ Walaupun bekas, tapi mungkin lebih worry free daripada VNT
Cons:
- Apakah VRZ tahun segitu masih ada masalah putu jedug?
- Rasanya sedikit tanggung, 425jt untuk mobkas berumur 5 tahun demi hemat <200jt

Mohon saran mana yang paling worth it untuk saya ambil: VNT dengan concern usianya, VRZ yang rasanya tanggung atau bite the bullet ambil ANPS baru? Yang terpenting bagi saya adalah tenaganya cukup untuk nyalip truk-truk panjang di lintas sumatera yang jalannya cuma 2 ruas namun tetap manusiawi bagi penumpang belakang. Untuk BBM, di area saya gak ada biosolar dan pertadex cuma ada di ibukota provinsi. Jadi kemungkinannya akan rutin diisi dexlite. Oh ya, saya penganut aliran standaran, jadi gak ada rencana untuk modif2 termasuk remap/ desktek, dll.

Why not dakar <2017? Nyari unitnya lebih susah dari nyari fortuner dan selisih harganya yang lumayan tinggi. CRV/CX5? Kenceng, nyaman, tapi kaki-kaki pasti cepet nyerah dengan kondisi jalan di sini. MPV? No, cuma mau SUV jadi jangan ada Inova Diesel diantara kita :big_peace:

Terima kasih sebelumnya :big_deal:
kebetulan saya ex user xpander dan vrz. sekarang pakai reborn diesel matic dan sudah pernah test drive ANPS dan VNT juga. kalo dari xpander ya semua kandiat bakal upgrade secara tarikan. dan juga yg om bilang bener, xpander tarikan bawahnya memang agak kurang, kebetulan pernah pakai dari 2017 - dijual akhir 2020. sama berdasarkan pengalaman saya, saya coba bantu jawab ya
Pertanyaan 1:
- Ada 2 target, keduanya tahun 2014 dengan odo 38rb dan 58rb. Harga sekitar 315jt.
Pros :
+ Modelnya eksteriornya saya suka
+ Badak, spare part gampang
+ bisa hemat hampir 300jt
Cons :
- 315 jt untuk mobil tahun 2014 kok rasanya kemahalan ya?
- Dashboard dan fiturnya udah mulai termakan usia
- Design interior utilitarian, takutnya penumpang belakang ngerasa di-downgrade dibanding Xpander
- Meskipun saya udah siap dengan biaya lebih untuk perawatan, tapi mungkin kesulitan cari waktu kalo harus sering ke bengkel
Jawaban:
memang kemahalan, 315 harusnya udh bisa dapet TRD 2015 dengan km yg dibawah 100 rb, kisaran 50-80rban lah. tapi kalo om memang nyari yg kondisinya mint cond dan memang untuk dipakai lama minimal 3 tahun kedepan cukup worthed , karena nyari VNT yg bagus cukup sulit. karena banyak dipake buat workhorse, armada, pt , rental dan banyak juga yg ex oprek terutama dibagian mesin jadi nyari yg low km dan full ori agak susah. paling yg perlu dicek kalo nemu odo rendah , cek service recordnya. pastikan bukman dan buku servis + faktur WAJIB ADA. sukur2 ada gantungan olinya juga + kondisi ban. kalo tahun segitu km dibawah 60 rb harusnya kondisi ban masih bagus atau at least masih bawaan tahun 2014 nya. kalo service recordnya gak jelas, mending tinggalin karena kalo nyari VNT seken hati2 sm odo puteran, karena cukup banyak yg odonya gondrong diatas 100rb. usahakan cari dari pemakai langsung dan bawa inspektor kalo mau cek mobil. sm kelemahannya saya setuju . kebetulan saya cukup sering naik VNT punya temen. minusnya 1 lg , kalo nyari kenyamanan , apalagi sering bawa balita. coret VNT. dibanding xpander juga lebih nyaman xpander menurut saya, VNT bantingannya entah knp agak keras. walaupun plusnya ada di poin yg om bilang. sama 1 lg, tarikan bawahnya lebih ngisi dibanding VRZ kalo sama2 kondisi STD. kalo soal perawtan mah gampang, kalo kondisi sehat, perawatan paling cuma ganti oli sm servis rutin aja, gaada yg perlu dikuatirin. ini mobil badak. part gampang ada dimana2, mau ori mau kw gampang dapetnya + bisa diisi bbm jenis apa aja hehehe . kalo memang gak hobi modif atau ngisinya rencana dexlite saya lebih prefer ANPS or ANF aja, karena jauh lebih nyaman dibanding VNT menurut saya untuk row 2nya

Pertanyaan 2:
Targetnya VRZ NIK 2017 yang udah double disc dengan odo 40rb. Harga sekitar 425jt.
Pros :
+ Interior mewah
+ Walaupun bekas, tapi mungkin lebih worry free daripada VNT
Cons:
- Apakah VRZ tahun segitu masih ada masalah putu jedug?
- Rasanya sedikit tanggung, 425jt untuk mobkas berumur 5 tahun demi hemat <200jt
Jawaban:
berdasarkan pengalaman saya piara VRZ 2018 dengan km 80rb pas dijual 3 bulan lalu. plusnya memang interior lebih mewah, lebih banyak fitur + lebih nyaman juga dibanding VNT. tapi kalo soal worry free dibanding VNT. tidak juga. karena nyari VRZ yg kondisi bagus, original dan low km sama susahnya dengan nyari VNT. terutama banyak yg km nya udh gondrong diatas 100rb + ex oprek, karena banyak dijadiin workhorse, armada PT, rental + jadi objek modifikasi juga , sama hati2 dengan odo puteran. kalo emg nemu tahun 2017 km 40rb, coba cek buku servisnya ada gak, sm gantungan olinya ada atau gak. dan juga kondisi ban + setir. kalo kondisi ban udh botak sm setirnya udh grebes, dan juga service recordnya gak lengkap mending tinggalin karena besar indikasinya karena odo udh diputer. kalo soal harga sih, wew, lumayan mahal juga ya. tapi kalo bicara kondisi asal semua valid dan asli dari segi service recordnya ya worthed lah kalo buat pake sendiri. sebagai gambaran, saya 3 bulan lalu jual VRZ 2018 km 80rb asli record beres toyota ke pemakai dari jateng 420 jt saja, kondisi bagus full ori luar dalem, boleh diadu sm yg kmnya 30 atau 40rb sm pajak panjang sampai November 2022 hehehe.

kalo soal putu jedug, random ya. kebetulan unit saya sudah DD juga gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli aja. kalo masalah nanggung ya tergantung kondisi. tapi kalo harga segitu kok saya lebih mending nambah dikit dapet yg TRD ya, coba cari pelan2, kalo di jakarta harga segitu dapet kok TRD 2017 yg low km under 100 rb menurut pengamatan sotoy saya

Pertanyaan terakhir:
Mohon saran mana yang paling worth it untuk saya ambil: VNT dengan concern usianya, VRZ yang rasanya tanggung atau bite the bullet ambil ANPS baru? Yang terpenting bagi saya adalah tenaganya cukup untuk nyalip truk-truk panjang di lintas sumatera yang jalannya cuma 2 ruas namun tetap manusiawi bagi penumpang belakang. Untuk BBM, di area saya gak ada biosolar dan pertadex cuma ada di ibukota provinsi. Jadi kemungkinannya akan rutin diisi dexlite. Oh ya, saya penganut aliran standaran, jadi gak ada rencana untuk modif2 termasuk remap/ desktek, dll.

Why not dakar <2017? Nyari unitnya lebih susah dari nyari fortuner dan selisih harganya yang lumayan tinggi. CRV/CX5? Kenceng, nyaman, tapi kaki-kaki pasti cepet nyerah dengan kondisi jalan di sini. MPV? No, cuma mau SUV jadi jangan ada Inova Diesel diantara kita :big_peace:
Jawaban:
tergantung kebutuhan. kalo memang rencananya pake dexlite dan mengutamakan kenyamanan. coret VNT, udh pasti gak bakal nyaman row 2nya, sm xpander aja masih lebih nyaman xpander hehehe . kalo opsinya cuma 2 itu, saya milih VRZ. tapi kalo om ada consider ambil ANPS juga. tergantung kebutuhan. kebetulan ANPS udh pernah TD juga. kalo buat nyetir sendiri, memang lebih enak ANPS dibanding ANF. tapi kalo buat kenyamanan, lebih enak ANF menurut saya, kalo diantara ANPS, ANF dan VNT ya.
kalo di ranking jadinya begini
driving feel
1. ANPS
2. VNT
3. VRZ
kenyamanan
1. VRZ
2. ANPS
3. VNT
sebagai gambaran saja, berdasarkan pengalaman saya mencoba ketiganya

dan last point. kalo saya pribadi, apalagi om mengutamakan kenyaman untuk istri dan anak om yg masih balita, justru kalau saya jadi om, saya akan ganti ke ANKI reborn V diesel AT atau Venturer diesel AT. karena dibanding 3 kandidat yg om sebut. saya berani bilang itu yg paling nyaman buat row 2 nya, apalagi om punya anak yg masih balita. saran saya coba om ajak istri dan anak om buat test drive semua kandidat. baik ANKI, ANF, ANPS, maupun VNT, jadi om tau lebih sreg ke yg mana. kalo om buat nyetir sendiri, ANF/ ANPS/ VNT masih oke lah. tapi kalo buat kenyamanan apalagi om punya anak yg masih balita, saya lebih prefer reborn karena yg paling nyaman dibanding ketiga kandidat yg om sebutin diatas. kalo biasa naik reborn, gatau knp kalo naik ANF duduk row 2nya berasa gak nyaman, berasa agak limbung. kalo ANPS / VNT termasuk keras bantingannya which is gak gitu nyaman buat saya pribadi, walaupun kalo dari segi driving feel masih lebih unggul ANPS/ ANF/ VNT dibanding reborn. kalo dirank jadinya begini
driving feel
1. ANPS
2. VNT
3. VRZ
4. Reborn
kenyamanan
1. Reborn
2. VRZ
3. ANPS
4. VNT
sama saya mau sharing pengalaman juga.kebetulan saya pernah ada di posisi yg sama kaya om, punya ortu yg mengutamakan kenyamanan, tapi masih cocok buat dibawa ke jalan rusak / tanjakkan + bandel, karena bapak saya sering rute tol dari jkt- depok - bekasi- bogor PP hampir tiap hari buat kerja + perlu mobil yg lega, irit bbm, durable , gc tinggi , tarikan enak karena tiap hari lewat tol dan jarak jauh + sering bawa barang juga, kebetulan saat itu saya beli VRZ seken karena memang kebetulan nemu yg harga dibawah pasaran sedikit dan kondisi bagus walaupun km agak gondrong, 78rban tahun 2018 VRZ yg udh DD. which is jadi mobil diesel pertama saya setelah lebih dari 20 tahun pakai mobil bensin terus. jujur aja, saya cukup suka dengan mobil itu, kelebihan dan kekurangannya sama kaya yg om jelasin diatas which is saya bisa terima. maklum, saya sendiri biasa make avxen, xpander, jazz, yaris, dan HRV + pertama kalinya saya pindah ke diesel. namun seiring berjalannya waktu, kami rebukkan keluarga which is memutuskan untuk melego si VRZ dan digantikan oleh reborn diesel matic yg masih saya gunakan sampai hari ini. alasan mengapa VRZ saya harus direlakan untuk dilego dan ditukar dengan reborn adalah:
- yg make bukan cuma saya doang. kalo yg make saya / bapak saya aja yg tiap hari nyetir sendiri juga VRZ tersebut masih saya piara ampe skrg, dan gak ganti reborn, tapi ada ibu dan nenek saya juga yg suka make. jadi perlu yg lebih mudah akses masuknya dan lebih nyaman. ibu saya gatau knp berasa mual kalo naik ANF dan gak nyaman, rasanya kalo di row 2 berasa dikocok2 dan limbung, maklum, kami biasa make CRV dan CX5. sejak saat itu ibu saya gamau naik ANF lagi dan lebih banyak jadi pajangan garasi karena yg make cuma saya doang :big_biglaugh:
- gak praktis. premis dari poin 1, jalan ke tempat kerja saya agak sempit dan parkiran kantor saya agak pas2an untuk mobil segede fortuner
- akses keluar masuknya agak ribet buat nenek saya , which is masuk ANF agak ribet karena mesti nginjek footstep dulu which is agak susah buat nenek saya

finally kami memutuskan untuk menjual VRZ tersebut dan digantikan oleh reborn diesel, yg saya rasakan adalah lebih nyaman di row 2nya dibanding VRZ kami sebelumnya dan VNT + ANPS yg sudah pernah saya test drive sebelumnya , walaupun kalo driving feel masih lebih enak 3 itu dibanding reborn menurut saya

kalo opsi alternatif lain, bisa pertimbangkan OPS dakar 2014-2015
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 08 Jan 2017, 11:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

AbdulHakim wrote: 12 Jun 2022, 21:36 owh pantesan, banyak kelokan jalur Plg - Bengkulu, iya kalo gitu wajib yg akselerasinya instan om. bikin pede kalo mo nyalip.
tapi kalo ladder frame limbung, kesian yg di row 2 om, kalo saya siy tetep prefer suv monokok yaitu CRV RM gen-4 facelift belum pake cvt soalnya.
Iya om, udah sempat liat2 CRV 2.4 juga. Cuma dengan pertimbangan merawat toyota tua lebih mudah dari honda tua, saya coret dulu CRV nya.
ctopher7 wrote: 12 Jun 2022, 22:02 dibatasinnya 60 liter per hari, itu mah sama aja kyk ga dibatasi om

fortuner saya isi maksimal stengah tanki uda balik pom pasti. itu aja bisa pake 1.5 - 2 minggu. kalo innova lebih irit lagi karna bodynya lebih enteng

btw kenapa ga inova diesel matic aja om?
Pboyz97 wrote: 12 Jun 2022, 23:15 .....

finally kami memutuskan untuk menjual VRZ tersebut dan digantikan oleh reborn diesel, yg saya rasakan adalah lebih nyaman di row 2nya dibanding VRZ kami sebelumnya dan VNT + ANPS yg sudah pernah saya test drive sebelumnya , walaupun kalo driving feel masih lebih enak 3 itu dibanding reborn menurut saya

kalo opsi alternatif lain, bisa pertimbangkan OPS dakar 2014-2015
Wah makasih banyak om pboyz. Lengkap banget nih penjelasannya :big_deal:

Saya gak minat sama innova karena designnya bukan selera saya. Selain itu, udah ada mobdin innova bensin nongkrong di carport walaupun gak bisa saya pake untuk keperluan pribadi.

Untuk dakar 2014-2015, saya pernah jadi penumpang dan rasanya jauh lebih sempit dari Vnt. Duduknya pun kayak agak jongkok. Terlebih panel2 warna kayunya yang bikin sakit mata. Tapi gak tau masalah karakter mesinnya ya, apakah dari rpm bawah sudah jauh lebih bertenaga daripada Vnt atau tenaganya baru keluar di rpm menengah - atas?
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by walid_007 »

2.8GR baru

joss
beli toyota 2nd and in case pjero 2nd trll overprice
harga ga beda jauh dr baru
dan mobil bekas tempur smua
engine roaring!
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by vanosz »

beli voxy baru aja gans,itu mesin barunya kencang,dan mobil begtu gak ada duanya buat kenyamanan,

jangan beli lader kalo buat keluarga,apalg ada bayi,

serius gans,

perempuan rumah ane aja kerja gak mau bawa lader,mual ktnya, :wkkk:


maunya naik bus,
Screenshot_20220613-081030_Gallery.jpg
User avatar
34lee
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 13 Jul 2014, 11:09
Location: Republic Of CH

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by 34lee »

Mobilnya om Van, toyota semua
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by Poporing »

vanosz wrote: 13 Jun 2022, 08:11 beli voxy baru aja gans,itu mesin barunya kencang,dan mobil begtu gak ada duanya buat kenyamanan,

jangan beli lader kalo buat keluarga,apalg ada bayi,

serius gans,

perempuan rumah ane aja kerja gak mau bawa lader,mual ktnya, :wkkk:


maunya naik bus,

Screenshot_20220613-081030_Gallery.jpg
lah.. ini om kompresorz juga ya?

--------

back to topic:

saya cuma pengalaman nyetir lintas timur
naik ribon bensin, inopa lama disel, H1 bensin... dari semuanya, yg paling lemot si H1.. walau tenaga 170an ps...
ngeri2 sedep kalo nyalip truk.. tp ya karena bodinya gede, klo ketemu mobil dari arah lawan, mereka yg nyingkir. hahahahah

sy baru tau klo xpander lemot.. sy kira kenceng.. karena sy pernah disalip ama xpander ngebut 2 kali...
keseringan sy disalip disel ladderframe...

*curhatan dari orang yg pengen beli H1 disel, tp maju mundur karena banyak baca cerita org di grup fb komunitas, susah nyari disel goceng pas di kota2 kecil*
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by ChZ »

Namun ketika uang udah siap dan mau SPK, jiwa frugal saya belum siap untuk membayar 600jt demi alat transportasi yang yang utilitasnya relatif rendah bagi saya (mobil hanya dipakai rata-rata 2 kali sebulan untuk perjalanan 500km PP antar kabupaten di sumatera, sementara sehari-hari saya cukup pakai motor). Dengan perkembangan jasa inspektor mobkas yang sekarang bikin beli mobkas jadi lebih terjamin, akhirnya saya coba pertimbangkan alternatif mobkas berikut:

Fortuner VNT
- 315 jt untuk mobil tahun 2014 kok rasanya kemahalan ya?

Fortuner VRZ improvement
- Rasanya sedikit tanggung, 425jt untuk mobkas berumur 5 tahun demi hemat <200jt
ini dilemma yang gak dialami oleh orang yang suka nyaranin inivi disil mitic dan kebo diesel, dan akhirnya ada juga yang nyadar kalo resale value nya terlampau gak waras untuk mobil seusianya. might as well dibilang "tergoreng".

600jt brand new

vs

300-400jt untuk mobil usia 5-10thn. dengan kasaran itungan harga fortuner sekarang artinya Fortuner usia 10 thn pun baru terdepresiasi 50%, kasarnya 4-5% per tahun.

minus beli baru jelas, di momen 1 detik pertama deal salaman dengan sales lalu keluar showroom harganya udah turun. ini tidak dialami mobil bekas. mobil bekas mau dijual harga sama pun masih bisa asal masih di tahun yang sama. nggak rugi, tapi pertimbangannya begini :

baik VNT atau VRZ saya sangat yakin bukan mobil garage queen. kemampuan nenggak biosolar 5150 itu jelas sebagian besar akan jadi mobil operasional pemilik sebelumnya. dan 5 - 10 tahun? apa yang terjadi selama waktu itu kita juga tidak ngerti. iya betul dapet barangnya 300-400juta, tapi abis itu maintenance dan wearable parts juga pasti costly. slow moving mulai minta jajan, ban udah mulai minta jajan.

ya sudah rough estimate +-30juta untuk perbaikan artinya di akumulasi jadi biaya extra lagi. belom repot-repotnya nanti kalo mau dipake, eh mobilnya malah masih antri di bengkel krn bengkelnya dekat-dekat liburan rame krn kalau baca postnya ini mobil akan dipake cuma untuk liburan dan weekend saja kan?

nah dengan rate penurunan segini dan randomnya kualitas barang, 600 juta-an di awal beli ANPS baru jadi kedengeran sangat reasonable krn 5 tahun pertama nyaris gak perlu mikir apa-apa, mobil pake tinggal greng. servis masih ditanggung dealer (tiga berlian dapet free servis 4 tahun kalo gak salah). apalagi kalo mobil cuma akan dipake jarang-jarang kan enakan beli baru.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1079
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by Mamang555 »

biznatch wrote: 12 Jun 2022, 21:22
Jalur saya palembang - bengkulu om. Mungkin sedikit lebih mulus, tapi banyak kelokan.
Bengkulu Palembang

Lewat Kepahiang Curup dan Linggau ya Om..
Itu jalanan lumayan bagus tapi emang belak belok sih. Butuh mobil torsi instan untuk salip2

=================================================

Btw, mungkin kalo areal Sumatra, saya sarankan beli baru saja
Lebih tenang. Karena biasanya, mobil2 ladder di Sumatera kadang dibawa blusukan masuk kebun sawit
Udah ngalamin kepater di jalanan tanah dan kolong2 jangan2 udah bolak balik kepentok batu

Sebenernya Innova G MT diesel aja enak. Harga masih termasuk reasonable.. tapi ini kan ga dipilih ya.. hehehe

Just imho
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by silentIm2 »

Kalo milih antara baru dan bekas, mending ambil baru sih om, walopun 'hanya' yg 2,4 G. Karena kalo baru masih garansi and worry free. Mobil 1,5 liter NA sekarang untuk kelok2 menanjak memang agak mengkhawatirkan, bukannya makin cepet malah makin selow, karena mereka mengejar efisiensi, tapi teknologi mesin masih sama 10 tahun yang lalu. Prinsip cost/tech-efficiency-performance - pick 2, masih berlaku.

Kalo ga perlu baris 3 sih saya suggest HRV turbo / Mazda CX3 / Kia Seltos, mengapa? 1. Performa sangat2 cukup untuk menyalip truk. Apalagi kalo yg turbo (CX3 masih NA). 2. Kaki2 belakang torsion beam lebih simpel dan rugged untuk perjalanan jalan rusak dibanding multilink, anggap saja seperti live axle tapi untuk FWD. 3. Kaki2 depan macpherson lebih simpel daripada double wishbone di Fortuner. Tapi berat mesin lebih ringan, jumlah bushing lebih sedikit dan bisa dibuat lebih besar, sehingga bisa saja lebih awet macpherson. bisa dibandingkan lebih sering bunyi2 suspensi depan innova atau hatchback setelah 150 ribu km. Itu juga alasan mobil WRC tetap pakai macpherson untuk suspensi depan (walopun dimodif karena beban kerja jauh lebih berat daripada standar). 4. Akurasi dan feel steering tetap lebih tajam monokok hatchback SUV daripada ladder, bikin manuver mepet2 lebih mudah. Tentu faktor utama ada di skill driver sih.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 08 Jan 2017, 11:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

walid_007 wrote: 13 Jun 2022, 07:52 2.8GR baru

joss
beli toyota 2nd and in case pjero 2nd trll overprice
harga ga beda jauh dr baru
dan mobil bekas tempur smua
wah makin banyak yg nyaranin 2.8GR nih, banyak banget ternyata di sini fansnya :upss:

vanosz wrote: 13 Jun 2022, 08:11 beli voxy baru aja gans,itu mesin barunya kencang,dan mobil begtu gak ada duanya buat kenyamanan,
Wah jangan om, selain gak suka sama MPV roti tawar, mobilnya pasti gasruk kalo dibawa di daerah saya.

Poporing wrote: 13 Jun 2022, 09:08 sy baru tau klo xpander lemot.. sy kira kenceng.. karena sy pernah disalip ama xpander ngebut 2 kali...
keseringan sy disalip disel ladderframe...

*curhatan dari orang yg pengen beli H1 disel, tp maju mundur karena banyak baca cerita org di grup fb komunitas, susah nyari disel goceng pas di kota2 kecil*
Either Xpandernya manual, atau dia udah ambil ancang2 dari 1 km itu mungkin om :big_biglaugh:

Betul, di sumatera kalopun ketemu yang jual solar goceng, mesti ikut antrian sama truk. Jadi saya sih lirik mobil diesel murni karena torsi bawahnya, masalah hemat nomor kesekian.
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 08 Jan 2017, 11:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

ChZ wrote: 13 Jun 2022, 09:42 ini dilemma yang gak dialami oleh orang yang suka nyaranin inivi disil mitic dan kebo diesel, dan akhirnya ada juga yang nyadar kalo resale value nya terlampau gak waras untuk mobil seusianya. might as well dibilang "tergoreng".

600jt brand new

vs

300-400jt untuk mobil usia 5-10thn. dengan kasaran itungan harga fortuner sekarang artinya Fortuner usia 10 thn pun baru terdepresiasi 50%, kasarnya 4-5% per tahun.

minus beli baru jelas, di momen 1 detik pertama deal salaman dengan sales lalu keluar showroom harganya udah turun. ini tidak dialami mobil bekas. mobil bekas mau dijual harga sama pun masih bisa asal masih di tahun yang sama. nggak rugi, tapi pertimbangannya begini :

baik VNT atau VRZ saya sangat yakin bukan mobil garage queen. kemampuan nenggak biosolar 5150 itu jelas sebagian besar akan jadi mobil operasional pemilik sebelumnya. dan 5 - 10 tahun? apa yang terjadi selama waktu itu kita juga tidak ngerti. iya betul dapet barangnya 300-400juta, tapi abis itu maintenance dan wearable parts juga pasti costly. slow moving mulai minta jajan, ban udah mulai minta jajan.

ya sudah rough estimate +-30juta untuk perbaikan artinya di akumulasi jadi biaya extra lagi. belom repot-repotnya nanti kalo mau dipake, eh mobilnya malah masih antri di bengkel krn bengkelnya dekat-dekat liburan rame krn kalau baca postnya ini mobil akan dipake cuma untuk liburan dan weekend saja kan?

nah dengan rate penurunan segini dan randomnya kualitas barang, 600 juta-an di awal beli ANPS baru jadi kedengeran sangat reasonable krn 5 tahun pertama nyaris gak perlu mikir apa-apa, mobil pake tinggal greng. servis masih ditanggung dealer (tiga berlian dapet free servis 4 tahun kalo gak salah). apalagi kalo mobil cuma akan dipake jarang-jarang kan enakan beli baru.
YES! YES! YES! akhirnya ada juga yang address alasan utama saya buat thread ini. Yaitu "worth it" atau tidaknya ketiga opsi tersebut dan financial implication ketika beli mobil.

Saya sangat sepakat dengan istilah "tergoreng" yang digunakan. Selama ini saya terbiasa pakai angka 10-15% untuk (conservatively) hitung depresiasi kendaraan bermotor. Makanya saya cukup kaget ketika hitung depresiasi kasar Vnt dan Vrz yang sebegitu kecilnya.

Terima kasih banyak masukannya om Chz :big_deal:
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 08 Jan 2017, 11:00

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by biznatch »

Mamang555 wrote: 13 Jun 2022, 09:52 Btw, mungkin kalo areal Sumatra, saya sarankan beli baru saja
Lebih tenang. Karena biasanya, mobil2 ladder di Sumatera kadang dibawa blusukan masuk kebun sawit
Udah ngalamin kepater di jalanan tanah dan kolong2 jangan2 udah bolak balik kepentok batu

Sebenernya Innova G MT diesel aja enak. Harga masih termasuk reasonable.. tapi ini kan ga dipilih ya.. hehehe

Just imho
Siap makasih masukannya om. Sebenernya saya cari unitnya di jakarta, tapi ya sama aja. Kalo unit sumatera takut bekas tambang/kebun sawit, unit jakarta takut bekas banjir dan travel :big_bored:
silentIm2 wrote: 13 Jun 2022, 10:03 Kalo milih antara baru dan bekas, mending ambil baru sih om, walopun 'hanya' yg 2,4 G. Karena kalo baru masih garansi and worry free. Mobil 1,5 liter NA sekarang untuk kelok2 menanjak memang agak mengkhawatirkan, bukannya makin cepet malah makin selow, karena mereka mengejar efisiensi, tapi teknologi mesin masih sama 10 tahun yang lalu. Prinsip cost/tech-efficiency-performance - pick 2, masih berlaku.

Kalo ga perlu baris 3 sih saya suggest HRV turbo / Mazda CX3 / Kia Seltos, mengapa? 1. Performa sangat2 cukup untuk menyalip truk. Apalagi kalo yg turbo (CX3 masih NA). 2. Kaki2 belakang torsion beam lebih simpel dan rugged untuk perjalanan jalan rusak dibanding multilink, anggap saja seperti live axle tapi untuk FWD. 3. Kaki2 depan macpherson lebih simpel daripada double wishbone di Fortuner. Tapi berat mesin lebih ringan, jumlah bushing lebih sedikit dan bisa dibuat lebih besar, sehingga bisa saja lebih awet macpherson. bisa dibandingkan lebih sering bunyi2 suspensi depan innova atau hatchback setelah 150 ribu km. Itu juga alasan mobil WRC tetap pakai macpherson untuk suspensi depan (walopun dimodif karena beban kerja jauh lebih berat daripada standar). 4. Akurasi dan feel steering tetap lebih tajam monokok hatchback SUV daripada ladder, bikin manuver mepet2 lebih mudah. Tentu faktor utama ada di skill driver sih.
Ahh, ide yang menarik, HRV turbo. Makasih masukannya om. :big_deal:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by ChZ »

biznatch wrote: 13 Jun 2022, 14:01
YES! YES! YES! akhirnya ada juga yang address alasan utama saya buat thread ini. Yaitu "worth it" atau tidaknya ketiga opsi tersebut dan financial implication ketika beli mobil.

Saya sangat sepakat dengan istilah "tergoreng" yang digunakan. Selama ini saya terbiasa pakai angka 10-15% untuk (conservatively) hitung depresiasi kendaraan bermotor. Makanya saya cukup kaget ketika hitung depresiasi kasar Vnt dan Vrz yang sebegitu kecilnya.

Terima kasih banyak masukannya om Chz :big_deal:
yah se tangguh tangguhnya itu duo gajah bekas ngisi 5150, gak ada yang bilang injektor dan fuel systemnya tidak perlu diservis kan? ya cerita di permukaan pada bilang oh kuat kok injektornya gak rusak bla bla bla, yang males kan kalo apes rontok keluar puluhan juta kita mau claim warranty ke siape? A2k mau sehebat apapun nego nya itu udah lewat masa garansi baru dateng udah auto tolak :big_biglaugh:

makin menguatkan lagi alasan buat keduanya jadi tidak worth dibeli dengan harga setinggi itu :big_biglaugh:

klo saya sih mikirnya 600jt gpp buat investment jangka panjang ajah, itung2 kalo mobilnya masih bagus kan bisa dipake sampe >5 tahun :big_grin: liat mobil masih kinclong 5 thn kemudian tuh bisa mengurangi hasrat untuk ganti ke model baru krn liat mobil2 baru jadi kemahalan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by b0ku »

ChZ wrote: 13 Jun 2022, 14:54
yah se tangguh tangguhnya itu duo gajah bekas ngisi 5150, gak ada yang bilang injektor dan fuel systemnya tidak perlu diservis kan? ya cerita di permukaan pada bilang oh kuat kok injektornya gak rusak bla bla bla, yang males kan kalo apes rontok keluar puluhan juta kita mau claim warranty ke siape? A2k mau sehebat apapun nego nya itu udah lewat masa garansi baru dateng udah auto tolak :big_biglaugh:

makin menguatkan lagi alasan buat keduanya jadi tidak worth dibeli dengan harga setinggi itu :big_biglaugh:

klo saya sih mikirnya 600jt gpp buat investment jangka panjang ajah, itung2 kalo mobilnya masih bagus kan bisa dipake sampe >5 tahun :big_grin: liat mobil masih kinclong 5 thn kemudian tuh bisa mengurangi hasrat untuk ganti ke model baru krn liat mobil2 baru jadi kemahalan.
kalo beli baru sekarang mendingan beli INNOVA diesel deh om mumpung belom discountinue :big_bored:

biar kalo bosen jadi ikutan jualan gorengan :mky_03:

fortuner mah masih akan ada terus jd harga scondnya bakalan jeblok kalo semuanya ud normal innova well see :mky_03:
Dudd88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 26 Oct 2018, 10:08
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Grand livina

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by Dudd88 »

Baru beberapa bulan di sumsel, sering liat xpander nyalip enteng aja kayaknya, mungkin yg manual. FWD yg sering liat nyalip2 disini xpander, r3. confero & Mobilio jg kadan2. Yg jarang liat avxen baru, padahal kalo pas berhenti sering ketemu. Disini kalau mau nyalip truck telat dikit aja langsung diambil mobil belakang. Sy merasakan apa yg TS alami. Hehe. Btw sy vote fortuner 2.8 aja om, terlihat dari spion mengintimidasi sekali, jadi yg depan agak ngalah. Hehe
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: 09 Feb 2017, 13:54

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by gwsecretc »

Saya vote buat anf 2.8 gr sport aja om..

Kalo fortuner vnt ato vrz bekas seperti yang udah” dijelaskan di atas, ntar kalo ada rusak om nya bakal repot. Beli mobil baru setidaknya lebih worry free, kecuali om siap buat bolak balik bengkel bila nanti ada trouble. Namanya mobil udah dipakai dan usia ga bohong sih om.

Anps dakar sih oke buat lukot... tapi kalo udah remap bakal lebih oke lagi. Ga recommended buat rute dalkot..

Oh ya jalur yang om lalui palembang-bengkulu ya? Saya asumsikan om tinggal di sumsel/bengkulu. Coba om cek lagi selisih harga anps dakar di sumsel sama jakarta. Beda nya jauh banget om sampai 25-26 jt. Malah 2018 dulu perna saya ambil anps dakar d palembang selisih otr nya sampai 35 jt dg jakarta. Anf malah cuma beda 12-15 jt, bahkan anf 2.8 sekarang paling beda 3-5 jt aja. Jatuhnya anps ini lebih mahal dibanding anf kalo om tinggal d daerah sumsel ya.

Masalah jumlah airbag, menurut saya sih ga ngaruh” amat ya, kita juga ga berharap tuh airbag sampai kepake juga.

Tapi point terpenting adalah.. om jangan lupa test drive dulu biar nantinya ga nyesel. :big_peace:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by ilhami »

AbdulHakim wrote: 12 Jun 2022, 21:16 lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?
koreksi dikit Om...yang biadab itu di bagian provinsi sumatra selatan nya . :big_peace:
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by Poporing »

ilhami wrote: 13 Jun 2022, 17:03
AbdulHakim wrote: 12 Jun 2022, 21:16 lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?
koreksi dikit Om...yang biadab itu di bagian provinsi sumatra selatan nya . :big_peace:
betul sekali..
apalagi pas kemaren ada kecelakaan di betung/banyuasin.. tambah lama dah lewat itu jalan
akhirnya sy muter lewat lubuklinggau buat ke pekanbaru :big_slap:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by AbdulHakim »

ilhami wrote: 13 Jun 2022, 17:03
AbdulHakim wrote: 12 Jun 2022, 21:16 lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?
koreksi dikit Om...yang biadab itu di bagian provinsi sumatra selatan nya . :big_peace:
Memang tak bisa dipungkiri, seolah-olah sudah menjadi suatu hal yg wajar, memalukan :big_slap:
Berharap proyek nasional (jalan tol lintas sumatra) bisa terus jalan, setelah pemerintah saat ini selesai.
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: 09 Feb 2017, 13:54

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by gwsecretc »

ilhami wrote: 13 Jun 2022, 17:03
AbdulHakim wrote: 12 Jun 2022, 21:16 lintas sumatra yang kondisi jalannya biadab itu jambi - palembang, apakah om TS itu melalui jalur ini?
koreksi dikit Om...yang biadab itu di bagian provinsi sumatra selatan nya . :big_peace:
Yupp, bener banget om..

Jangankan jalan lintas om, jalan di perkotaan aja pada hancur semua sekarang dan dibiarkan aja hampir ga ada usaha untuk perbaikan :big_dunno:

Apalagi setelah banjir natal 2021 kemarin, makin hancur aja jalanan di kota..
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: New ANPS, VRZ 2017 atau VNT 2014?

Post by Xous »

Kalau bole saran. Reborn disel g matik with modif. Velg ganti r17 trus ksh ban dueler AT. Cukup rasanya utk tinggi dan kekuatannya. Atau klo 3 kandidat sy vote vrz gen awal tromol brake. Nyari enduser lsg klo bs. Hbsni kudunya koreksi krn cm bole dex aka mehong
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post