Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by t105erd »

hackers11 wrote: 21 Sep 2022, 10:49 Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?

Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]

Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Pakai HX7 aja udah paling bener, murmercrot anti sakit hati :big_grin:
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by t105erd »

Suryaputra wrote: 21 Sep 2022, 12:39
t105erd wrote: 21 Sep 2022, 12:22
Suryaputra wrote: 21 Sep 2022, 10:56

Wowh mantap iron nya rendah
TBN jg masih strong.

Motor emg nguapnya cenderung tinggi:
- RPM tinggi bisa sampai 3x lipat mobil biasa

- Karakter keluarga mesin Yamaha Skutiknya emg lbh makan oli, beda sama Honda, gaktau knp (makanya yamaha standard rekomen oli buntut 40 dan non fuel economy) sehingga NOACk nya jg rendah

- Apalagi kondisi udh bore-up beda cerita, mungkin pakai W50 yg setara jd gak nguap :big_biglaugh:
Betul, mesin2 Yamaha yang pakai bahan diasil memang cepet bgt abis oli, mio injeksi istri saya kemarin hampir abis olinya gara2 lupa ganti, mana kalo udah rusak harus ganti blok silinder segelondong soalnya ga pake liner kalo mesin diasil silindernya yamaha.
ohh pantes.
diasil jd satu kesatuan sama blok silindernya ya.
Betul ga cuma yg matik, kaya jupiter mx, vixion juga pakai diasil silinder ga pakai liner, jadi piston langsung ketemu blok, kalo oli sampe abis terus dinding silinder baret, abis itu mesin ngebul nah itu harus ganti 1 blok silinder ga bisa di reamer. Jadi emang paling bener pakai oli SAE 40 aja yg murmer tapi interval ga terlalu lama, dari pada pakai oli bagus2 dilama2in bikin jebol itu blok mesin.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

t105erd wrote: 21 Sep 2022, 12:52
Suryaputra wrote: 21 Sep 2022, 12:39
t105erd wrote: 21 Sep 2022, 12:22

Betul, mesin2 Yamaha yang pakai bahan diasil memang cepet bgt abis oli, mio injeksi istri saya kemarin hampir abis olinya gara2 lupa ganti, mana kalo udah rusak harus ganti blok silinder segelondong soalnya ga pake liner kalo mesin diasil silindernya yamaha.
ohh pantes.
diasil jd satu kesatuan sama blok silindernya ya.
Betul ga cuma yg matik, kaya jupiter mx, vixion juga pakai diasil silinder ga pakai liner, jadi piston langsung ketemu blok, kalo oli sampe abis terus dinding silinder baret, abis itu mesin ngebul nah itu harus ganti 1 blok silinder ga bisa di reamer. Jadi emang paling bener pakai oli SAE 40 aja yg murmer tapi interval ga terlalu lama, dari pada pakai oli bagus2 dilama2in bikin jebol itu blok mesin.
bagusnya diasil emg ngelepas panasnya direct.
beda sm liner biasa, ada gap antara blok dalam dan liner piston, jd lepas panasnya kurang efektif.

kuncinya selalu cek level oli aja.
krn oli sebagus apapun, klo olinya abis atau nguap, ya sm aja boong :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by hackers11 »

Thanks infonya om2 semua.
Betul juga sih, 900km terakhir miss ga cek level olinya.
Perubahan disitu mungkin ke depannya.

Sementara karena masi ada stok oli unil opal 5w30 kyknya abisin itu dulu. Dan abis itu coba yg buntut 40 atau 50.

Oya boreupnya pake tdr yg pnp. Dapet Blok, piston dan injector sama paking2.
Bloknya sih udah ga diasil lagi, speknya ceramic dan piston forge.

Tapi mungkin OOTnya cukup dulu.
Makasih semua feedbacknya.
Ntar yg unil opal setelah 2000an km saya rencananya tes juga[emoji6]
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by rendr »

Wih udh 100 page.. otw rumah baru lagi
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

hackers11 wrote: 21 Sep 2022, 13:45 Thanks infonya om2 semua.
Betul juga sih, 900km terakhir miss ga cek level olinya.
Perubahan disitu mungkin ke depannya.

Sementara karena masi ada stok oli unil opal 5w30 kyknya abisin itu dulu. Dan abis itu coba yg buntut 40 atau 50.

Oya boreupnya pake tdr yg pnp. Dapet Blok, piston dan injector sama paking2.
Bloknya sih udah ga diasil lagi, speknya ceramic dan piston forge.

Tapi mungkin OOTnya cukup dulu.
Makasih semua feedbacknya.
Ntar yg unil opal setelah 2000an km saya rencananya tes juga[emoji6]
ntap mbah
thanks for sharing
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by daimler »

Suryaputra wrote: 21 Sep 2022, 10:56
hackers11 wrote: 21 Sep 2022, 10:49 Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?

Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]

Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Wowh mantap iron nya rendah
TBN jg masih strong.

Motor emg nguapnya cenderung tinggi:
- RPM tinggi bisa sampai 3x lipat mobil biasa

- Karakter keluarga mesin Yamaha Skutiknya emg lbh makan oli, beda sama Honda, gaktau knp (makanya yamaha standard rekomen oli buntut 40 dan non fuel economy) sehingga NOACk nya jg rendah

- Apalagi kondisi udh bore-up beda cerita, mungkin pakai W50 yg setara jd gak nguap :big_biglaugh:
Btw ikut nimbrung karena di trit motor sepi penghuni. Karena rpm lebih tinggi apakah aman pakai oli diesel seperti shell rimula atau mobil 1 delvac 15W-40?
Kayaknya kasus makan oli (vampir oli) itu mesin2 yamaha yg udh pk teknologi diasil ya sepertinya. Kalo di suzuki teknologi SCEM kayanya penguapannya lebih sdikit. Apalagi honda yg masih pakai liner boring besi.
*Sori kalo oot
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

daimler wrote: 21 Sep 2022, 17:02
Suryaputra wrote: 21 Sep 2022, 10:56
hackers11 wrote: 21 Sep 2022, 10:49 Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?

Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]

Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Wowh mantap iron nya rendah
TBN jg masih strong.

Motor emg nguapnya cenderung tinggi:
- RPM tinggi bisa sampai 3x lipat mobil biasa

- Karakter keluarga mesin Yamaha Skutiknya emg lbh makan oli, beda sama Honda, gaktau knp (makanya yamaha standard rekomen oli buntut 40 dan non fuel economy) sehingga NOACk nya jg rendah

- Apalagi kondisi udh bore-up beda cerita, mungkin pakai W50 yg setara jd gak nguap :big_biglaugh:
Btw ikut nimbrung karena di trit motor sepi penghuni. Karena rpm lebih tinggi apakah aman pakai oli diesel seperti shell rimula atau mobil 1 delvac 15W-40?
Kayaknya kasus makan oli (vampir oli) itu mesin2 yamaha yg udh pk teknologi diasil ya sepertinya. Kalo di suzuki teknologi SCEM kayanya penguapannya lebih sdikit. Apalagi honda yg masih pakai liner boring besi.
*Sori kalo oot
Melihat aditif anti wear nya yg robust (rata" oli diesel), bisa dicoba di skutik yamaha :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ravennaras
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 21 Sep 2022, 22:26
Location: Bandung
Daily Vehicle: Mazda CX5 GT Skyactiv 2013

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by ravennaras »

permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe :big_childish:
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 17 Apr 2017, 13:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by jnkr »

ravennaras wrote:permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe :big_childish:
Spek oli minta spek gmn om? 0w-20 yg paling value for money saat ini di toko ijo ada Bardahl S9. #bukansalesoli
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

ravennaras wrote: 21 Sep 2022, 22:31 permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe :big_childish:
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20
Ganti per 5rb Km atau 6 bulan

Dan ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: 22 Sep 2022, 07:19
ravennaras wrote: 21 Sep 2022, 22:31 permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe :big_childish:
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20
Ganti per 5rb Km atau 6 bulan

Dan ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
klupaan satu lagi

D G O 0-20
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by josomba »

DOHC wrote: 22 Sep 2022, 08:52

klupaan satu lagi

D G O 0-20
ga D G O 0-16 mbah?
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: 22 Sep 2022, 08:52
Suryaputra wrote: 22 Sep 2022, 07:19
ravennaras wrote: 21 Sep 2022, 22:31 permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe :big_childish:
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20
Ganti per 5rb Km atau 6 bulan

Dan ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
klupaan satu lagi

D G O 0-20
Aduh Maap Lupa..
itu sih gakda lawan :mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4422
Joined: 29 May 2007, 19:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Ryan Steele »

rendr wrote: 21 Sep 2022, 14:29 Wih udh 100 page.. otw rumah baru lagi
kan udah ada, om. tinggal buka gembok gerbangnya :mky_03:
no signature
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Spies »

josomba wrote: 22 Sep 2022, 08:55
DOHC wrote: 22 Sep 2022, 08:52

klupaan satu lagi

D G O 0-20
ga D G O 0-16 mbah?
Dgo 0w16 di kirana berkah abadi cuma 75rb mbah

Silakan buat yang tampan dan pemberani :upss: :upss: :upss:
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Spies »

Suryaputra wrote: 22 Sep 2022, 07:19
ravennaras wrote: 21 Sep 2022, 22:31 permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe :big_childish:
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20
Ganti per 5rb Km atau 6 bulan

Dan ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
Ptt eco sekarang harganya ga eco lagi :big_dunno:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Spies wrote: 22 Sep 2022, 09:14
josomba wrote: 22 Sep 2022, 08:55
DOHC wrote: 22 Sep 2022, 08:52

klupaan satu lagi

D G O 0-20
ga D G O 0-16 mbah?
Dgo 0w16 di kirana berkah abadi cuma 75rb mbah

Silakan buat yang tampan dan pemberani :upss: :upss: :upss:
CorCross Hibrid cocok tuh
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by AbdulHakim »

Spies wrote: 22 Sep 2022, 09:16
Suryaputra wrote: 22 Sep 2022, 07:19
ravennaras wrote: 21 Sep 2022, 22:31 permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe :big_childish:
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20
Ganti per 5rb Km atau 6 bulan

Dan ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
Ptt eco sekarang harganya ga eco lagi :big_dunno:
nah itu dia, padahal performa oli bensinnya peteteh ga se-wow oli dieselnya.
jadi untuk oli bensin yg price to value nya oke, udah pas yg dibilang ama mbah Suryaputra dan mbah kelep
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: 22 Sep 2022, 09:32
Spies wrote: 22 Sep 2022, 09:14
josomba wrote: 22 Sep 2022, 08:55

ga D G O 0-16 mbah?
Dgo 0w16 di kirana berkah abadi cuma 75rb mbah

Silakan buat yang tampan dan pemberani :upss: :upss: :upss:
CorCross Hibrid cocok tuh
akhir tahun baru schedule ganti oli perdana corcross hybrid mbah, nanti kita lihat sama beres dikasih oli visco berapa :big_think:
tapi 1.800 cc carnot cycle ini dikasih buntut 20 juga gakpapa siy kyknya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: 22 Sep 2022, 09:33
Spies wrote: 22 Sep 2022, 09:16
Suryaputra wrote: 22 Sep 2022, 07:19

PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20
Ganti per 5rb Km atau 6 bulan

Dan ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
Ptt eco sekarang harganya ga eco lagi :big_dunno:
nah itu dia, padahal performa oli bensinnya peteteh ga se-wow oli dieselnya.
jadi untuk oli bensin yg price to value nya oke, udah pas yg dibilang ama mbah Suryaputra dan mbah kelep
Oli Diesel nya PTT wow banget
krn di negri asalnya, salah satu sarang Tuner Diesel terbaik.
apalagi PTT BUMN nya, ya masa kalah sama Amsowel dan Q8 :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: 22 Sep 2022, 09:36
Suryaputra wrote: 22 Sep 2022, 09:32
Spies wrote: 22 Sep 2022, 09:14

Dgo 0w16 di kirana berkah abadi cuma 75rb mbah

Silakan buat yang tampan dan pemberani :upss: :upss: :upss:
CorCross Hibrid cocok tuh
akhir tahun baru schedule ganti oli perdana corcross hybrid mbah, nanti kita lihat sama beres dikasih oli visco berapa :big_think:
tapi 1.800 cc carnot cycle ini dikasih buntut 20 juga gakpapa siy kyknya
Iya klo baca manual book internesyenel nya Toyota Hybrid,
direkomen 0w16 tapi 0w20 jg bisa dalam kondisi w16 gak available.
& Next OCI, tetep balik pakai W16

Contohnya Camry Hibrid,
Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1724
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Spies wrote: 22 Sep 2022, 09:16
Suryaputra wrote: 22 Sep 2022, 07:19
ravennaras wrote: 21 Sep 2022, 22:31 permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe :big_childish:
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20
Ganti per 5rb Km atau 6 bulan

Dan ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
Ptt eco sekarang harganya ga eco lagi :big_dunno:
Oli paling eco itu Q8 dan Amsoil. 10rb/1 tahun baru ganti, limbahnya minimal (eco friendly) :upss:
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4422
Joined: 29 May 2007, 19:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Ryan Steele »

concern-nya lebih ke dompet friendly... :mky_01:
no signature
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4422
Joined: 29 May 2007, 19:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Ryan Steele »

Iyak... postingan terakhir, sebagai penutup thread oli part 16. huehehehehe... :big_peace:

Monggo, gembok gerbang thread oli part 17 udah dibuka. Silakan dilanjut di viewtopic.php?t=31892
no signature
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post