Short Review & test drive : All New Kijang Innova 2.0 G AT 2017
Posted: Thu Apr 28, 2022 17:05
Selamat malam semuanya, kali ini saya mau mereview mobil yg laris di Indo, tetapi dengan varian yg paling dibenci di SM ini karena 2B, boyo dan boros
, yaitu ANKI G bensin AT 2017. Mobil ini adalah milik om saya, dibeli dari baru sejak 2017 lalu untuk menggantikan rush S AT 2010. alesan gak beli diesel karena mayoritas pakenya dalkot , paling jauh jg ke tanggerang / bogor sm ke bandung cuma sesekali aja sm waktu itu udh ada captiva diesel 2013 juga ( yg terpaksa dijual tahun 2019 dan digantikan oleh ANR TRD AT karena ATPMnya cabut, padahal waktu itu om saya masih sayang dengan captivanya), jadi saat itu ANKI ini jadi garage queen dan dipake buat kepasar doang, odonya juga waktu itu umur 2 tahun baru 10rb
, daily pake captiva terus, istrinya yg pake anki ini dan merasa gak nyaman
, tapi karena perlu mobil yg durable, akhirnya anki ini dipertahankan sampe hari ini , sekarang udh 53rban karena hampir tiap hari dipake + cukup sering bolak balik jaktim bsd juga kwwk + sejak ada ANR, om saya lebih sering make ANKI ini buat harian dan ANR 2019 nya cuma dipake buat kepasar doang sm mayoritas jakarta, kalo lukot biasa make anki ini , sampe sekarang odo ANR nya masih 27rb wkwkwk . Kalo historynya gak perlu saya bahas lagi ya, karena udh banyak juga yg review, langsung ke mobilnya aja ya hehehe
1. Exterior



keliatan lebih modern dibanding gen sblmnya, memang pada saat awal launchingnya akhir 2015 lalu di Indo, sempat menjadi perdebatan, namun lama2 terbiasa dan keliatan bagus jg kok
2. Interior




terlihat lebih modern dibanding gen sblmnya, dan juga interior qualitynya menurut saya cukup baik, walaupun fiturnya termasuk minim untuk mobil seharga 300 jt lebih saat barunya wkkw (saat ini sudah hampir 400
)
3. Fitur

Fitur di mobil ini cukup minim, tidak ada vsc hsa, rem belakang masih tromol, jok masih manual semua, speedo sederhana tampilannya, no keyless entry / start stop engine, no immob (karena kalo mau yg keyless wajib beli tipe Q or ventuer, kalo mau immob minimal tipe V baru dapet
), ac masih puteran kompor gas (tipe v keatas baru digital) + lampu masih halogen semua. untungnya sudah dilengkapi dengan ac double blower, hu 2din touchscreen dan tombol audio disetir + fitur safetynya sudah dilengkapi dengan dual srs airbag, abs ,ebd
4. mesin & driving impression

anki bensin matic ini dibekali dengan mesin 2.000 cc 1TR dual vvti, dengan transmisi otomatis 6 speed dan manual 5 speed
yg pertama kali saya rasakan saat bawa mobil ini adalah lemot, tarikannya entah knp agak kurang, tapi kalo dibanding innova bensin lama, udh mendingan, serta suara mesinnya juga lebih halus dibanding versi dieselnya + innova bensin lama. selain itu konsumsi bbm juga lebih irit dikit, sekitar 1: 8-10 dalkot (walaupun blm seirit yg versi dieselnya) , sedangkan yg dieselnya bisa 1:11-14 dalkot wkwkwk . selain itu, handling dan bantingan suspensinya juga biasa aja. kalo biasa bawa mobil kelas lcgc,lmpv rwd , lsuv rwd / sesama mobil ladder frame bensin mungkin gak masalah. tetapi kalo biasa bawa mobil fwd serta mobil monokok kaya crv or cx5 bakal berasa gak nyaman. tarikan biasa aja dan handling biasa aja, masih lebih responsif mobilio, BRV or HRV dibanding anki bensin ini kalo buat selap selip (kebetulan saya cukup sering nyetir mobilio dan brv punya teman + pernah punya HRV 1.5 E CVT 2018 juga) , tapi kalo dibanding anki diesel, saya lebih milih anki diesel daripada 3 itu, karena tarikan mesinnya, torsinya yg besar di putaran bawah dan juga perpindahan giginya yg responsif bisa nutupin semua kekurangannya menurut saya ( hal ini akan saya bahas di thread yg berbeda tentang ANKI diesel , kebetulan saya juga blm lama beli ANKI G diesel matic 2018 untuk menggantikan HRV 1.5 E CVT 2018 saya sebelumnya) , di anki bensini ini, perpindahan transmisinya juga cukup sigap dan smooth, lebih mendingan dibanding yg lama, tapi agak kehalang sm tarikan mesinnya yg biasa aja , cenderung kurang wkwk
5. conclusion
mobil ini cocok untuk anda yg menginginkan mobil bensin dengan cc besar, lega, muat banyak, perawatan murah ,part mudah ada dimana2 mau ori mau KW, aftersales terjamin karena it's a toyota
, siap dibawa kemana aja, merasa kalo suara mesin diesel berisik, pemakaian mayoritas dalkot, gaya nyetirnya kalem bukan sruntulan (karena kalo buat sruntulan, saya lebih recomend yg manualnya which is lebih mendingan tarikannya kalo bensin atau versi dieselnya sekalian wkwk) + mayoritas disopirin (karena kalo buat nyetir sendiri, saya lebih prefer yg dieselnya, kalopun tetep mau yg bensin, saya recomend yg manualnya aja, lebih mendingan dan gak selemot yg matic ini wkwk) . selain itu plusnya ada di kemudahan buat nyari yg kondisinya bagus dibanding varian lainnya, serta harganya yg paling terjangkau sekennya dibanding varian lainnya, maksud saya ,dengan dana sekian, bisa dapet yg tahunnya lebih muda kalo varian bensin matic ini daripada varian lain terutama dieselnya yg kalo dana sama dapetnya yg tahunnya lebih tua
, cuma disisi lain minusnya ada RV nya yg termasuk paling jeblok dibanding varian innova lainnya
plus
- desain exterior & interior
- suara mesin halus
- perpindahan giginya cukup sigap dan smooth
- lega
- practical
- muat banyak
- durable
- gc tinggi
- paling mudah untuk mendapatkan kondisi bagus untuk unit sekennya dibanding varian lainnya
- nama besar toyota
- interior quality dan kualitas audio bawaan + road noisenya cukup baik
minus
- minim fitur
- kenyamanan dan handling biasa2 aja
- 2B, boyo dan boros
, walaupun udh mendingan dibanding yg lama menurut saya
- rv nya termasuk anjlok buat ukuran innova
- driving feelnya biasa2 aja, dibandingkan dengan varian bensin manual / dieselnya wkwkwk
sekian review saya kali ini, i hope you will enjoy my review. thank you



1. Exterior



keliatan lebih modern dibanding gen sblmnya, memang pada saat awal launchingnya akhir 2015 lalu di Indo, sempat menjadi perdebatan, namun lama2 terbiasa dan keliatan bagus jg kok

2. Interior




terlihat lebih modern dibanding gen sblmnya, dan juga interior qualitynya menurut saya cukup baik, walaupun fiturnya termasuk minim untuk mobil seharga 300 jt lebih saat barunya wkkw (saat ini sudah hampir 400

3. Fitur

Fitur di mobil ini cukup minim, tidak ada vsc hsa, rem belakang masih tromol, jok masih manual semua, speedo sederhana tampilannya, no keyless entry / start stop engine, no immob (karena kalo mau yg keyless wajib beli tipe Q or ventuer, kalo mau immob minimal tipe V baru dapet

4. mesin & driving impression

anki bensin matic ini dibekali dengan mesin 2.000 cc 1TR dual vvti, dengan transmisi otomatis 6 speed dan manual 5 speed
yg pertama kali saya rasakan saat bawa mobil ini adalah lemot, tarikannya entah knp agak kurang, tapi kalo dibanding innova bensin lama, udh mendingan, serta suara mesinnya juga lebih halus dibanding versi dieselnya + innova bensin lama. selain itu konsumsi bbm juga lebih irit dikit, sekitar 1: 8-10 dalkot (walaupun blm seirit yg versi dieselnya) , sedangkan yg dieselnya bisa 1:11-14 dalkot wkwkwk . selain itu, handling dan bantingan suspensinya juga biasa aja. kalo biasa bawa mobil kelas lcgc,lmpv rwd , lsuv rwd / sesama mobil ladder frame bensin mungkin gak masalah. tetapi kalo biasa bawa mobil fwd serta mobil monokok kaya crv or cx5 bakal berasa gak nyaman. tarikan biasa aja dan handling biasa aja, masih lebih responsif mobilio, BRV or HRV dibanding anki bensin ini kalo buat selap selip (kebetulan saya cukup sering nyetir mobilio dan brv punya teman + pernah punya HRV 1.5 E CVT 2018 juga) , tapi kalo dibanding anki diesel, saya lebih milih anki diesel daripada 3 itu, karena tarikan mesinnya, torsinya yg besar di putaran bawah dan juga perpindahan giginya yg responsif bisa nutupin semua kekurangannya menurut saya ( hal ini akan saya bahas di thread yg berbeda tentang ANKI diesel , kebetulan saya juga blm lama beli ANKI G diesel matic 2018 untuk menggantikan HRV 1.5 E CVT 2018 saya sebelumnya) , di anki bensini ini, perpindahan transmisinya juga cukup sigap dan smooth, lebih mendingan dibanding yg lama, tapi agak kehalang sm tarikan mesinnya yg biasa aja , cenderung kurang wkwk
5. conclusion
mobil ini cocok untuk anda yg menginginkan mobil bensin dengan cc besar, lega, muat banyak, perawatan murah ,part mudah ada dimana2 mau ori mau KW, aftersales terjamin karena it's a toyota


plus
- desain exterior & interior
- suara mesin halus
- perpindahan giginya cukup sigap dan smooth
- lega
- practical
- muat banyak
- durable
- gc tinggi
- paling mudah untuk mendapatkan kondisi bagus untuk unit sekennya dibanding varian lainnya
- nama besar toyota
- interior quality dan kualitas audio bawaan + road noisenya cukup baik
minus
- minim fitur
- kenyamanan dan handling biasa2 aja
- 2B, boyo dan boros

- rv nya termasuk anjlok buat ukuran innova
- driving feelnya biasa2 aja, dibandingkan dengan varian bensin manual / dieselnya wkwkwk
sekian review saya kali ini, i hope you will enjoy my review. thank you