Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16537
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by ChZ »

Kent wrote: 24 Jan 2025, 14:08
saya malah setuju, sy dr dulu suka sekali CVT.
cuman CVT baru-baru 3 thn terakhir ini agak jerky kyk DCT.
namun y emang bener2 CVT sekarang sigap bgt (tp korbanin jd agak jerky feels nya)
CVT pd gk suka, pdhl menurut pribadi saya lbh kenceng (masalah gk berasa shifting itu krn mesin nya kurang tenaga saja, cc nya kekecilan)
kabur sebelum di timpuk yg lain
so much hate on CVT padahal nyoba CVT toyota, honda, mitsubishi, nissan semua rasanya bisa beda-beda. kayak matic biasa juga sama-sama 6 speed kadang ada yang gak enak. santafe 2.2 CRDI 2012 itu gak enak 6at nya.

CRV turbo asal tega ngebejek, virtual shiftingnya kayak pake dual clutch :upss:
ctopher7 wrote: 25 Jan 2025, 09:17
kalo innova sih saya uda sering denger banyak yang claim tuh shock. fortuner jg spertinya shocknya memble, saya punya gaperna saya cek wkwk

kalo ladder macem LC atau G wagen aman spertinya :big_slap: iya lah orang harganya 6-10x lipat wkwkwk
Gwagen nanti masalahnya lain lagi om :upss:

kalo LC waduh mobil udah lulus tes di gurun sahara shocknya gampang meler kayak innova ya balikin ke pabrik aja :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by b0ku »

ctopher7 wrote: 25 Jan 2025, 09:27
ini relatif mbah menurut pengalaman saya. kalo bushingnya innova beli aftermarket kyk protoflex gitu murah

yang kampret tuh modelan mobil yang jarang bushing aftermarket nya, biasanya bengkel skalian suruh lgsg ganti sama armnya skalian. arm sebiji bisa 2 jtan tinggal dikali ada berapa arm tu mobil. abis itu dikali kiri kanan :big_cry:

kalo bushing honda saya kurang tau kondisinya gimana, tapi kan hrv terkenal kaki glodakan, itu karna bushingnya pada getas / pecah juga kah?
bushing honda dijual om soalnya armnya mahal malah sama beli hardrace beda2x dikit :mky_07:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 722
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by timbermaniac123 »

ctopher7 wrote: 25 Jan 2025, 09:27
yang kampret tuh modelan mobil yang jarang bushing aftermarket nya, biasanya bengkel skalian suruh lgsg ganti sama armnya skalian. arm sebiji bisa 2 jtan tinggal dikali ada berapa arm tu mobil. abis itu dikali kiri kanan :big_cry:
Voxy 80 arm nya satu sisi 11 juta padahal mobil yang cukup mainstream.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2944
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by KielConstantine »

ctopher7 wrote: 24 Jan 2025, 15:44
KielConstantine wrote: 24 Jan 2025, 15:17 Pilih mana… benerin CVT sabuk jebol.. atau benerin DCT yg mechatronic nya jebol macem golf mk7 1.5 tsi dry clutch :upss:
pilih zf8 atau 9g-tronic aja om :big_peace: maticnya sih proven reliable sisanya shir repair plesur sama aliran siksa diri wkwkwkwkwk
ZF-8 seh kg perlu diragukan om… skarang aj sampe di pake ke M series asli . Udh pada ninggalin M-DCT injineur bmw nya

Tapi seumur2 gw blom pernah liat ada tuning house yg ganti sparepart CVT jadi lebih robust seh, paling sekedar remap CVT ada beberapa yg bisa buat honda2 kelas econobox

Sementara DCT banyak banget hardware kalo mau upgrade clutchnya, sama ada flywheel set racing yg tahan buat torsi gede
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: 25 Jan 2025, 17:12
ctopher7 wrote: 24 Jan 2025, 15:44
KielConstantine wrote: 24 Jan 2025, 15:17 Pilih mana… benerin CVT sabuk jebol.. atau benerin DCT yg mechatronic nya jebol macem golf mk7 1.5 tsi dry clutch :upss:
pilih zf8 atau 9g-tronic aja om :big_peace: maticnya sih proven reliable sisanya shir repair plesur sama aliran siksa diri wkwkwkwkwk
ZF-8 seh kg perlu diragukan om… skarang aj sampe di pake ke M series asli . Udh pada ninggalin M-DCT injineur bmw nya

Tapi seumur2 gw blom pernah liat ada tuning house yg ganti sparepart CVT jadi lebih robust seh, paling sekedar remap CVT ada beberapa yg bisa buat honda2 kelas econobox

Sementara DCT banyak banget hardware kalo mau upgrade clutchnya, sama ada flywheel set racing yg tahan buat torsi gede
siapa yang mau balapan cuma dengerin ngeeeeeeeeeeeeeeeeng doank ntar sopirnya bobo...... :big_slap:






oh iya F1 katanya dulu pake cvt sih :big_slap:
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Kent »

Suryaputra wrote: 24 Jan 2025, 14:36
Kent wrote: 24 Jan 2025, 14:04
Suryaputra wrote: 22 Jan 2025, 10:13

cmiiw... patternnya klo diperhatikan

yg stress ngurus EPS kaput, itu yg edisi sensing2an ya.
*semi autopilot

krn selama sy miara honda EPS juga, gak ada sensing2an, gak prnh masalah EPS nya
dr brio, freed, jazz gd3.

sampai mobilio KM >70rb, gakda masalah EPS nya,
jajan onderstel: cuma lower arm aja sekali, sm link stabil 2x :mky_03:

makin bnyk teknologi, makin cepet kaput emang :upss:
iyah HRV ini lumayan oke sih sebenarnya buat daily, krn CRV terlalu lebar.
sy jd ngeri baca EPS nya sering problem, krn biasa EPS gk knp2 kecuali dpt unit busuk yg City (the ke 3 langsung eps lampu nyala)
udah pd kena EPS yg sensing2? kan sensing bru 3 thn y

ini oli pada pakai brp km y?
semua yg L15 turbo aku sekarang pakai OLI eco klo gk PTT atau Total 8000, tp 5rb sekali buang.
di samain sama mobil yg jarang jalan, jd biar setidaknya 1 thn ganti oli.
Oli mesin pk aja spec API SP / GF6

mulai dari Fastron Gold 0w20, sampai sesuai budget,
ganti per 5-6rb km untuk mesin turbo / ikutin oil life indicator + filter oli ori Honda murah dan berkualitas media-filter nya, bisa beli di beres spy terjamin asli.
iyah, tp klo per 7rb or 8rb susah inget nya nanti supir nya.
kecuali mobil yg ada oil life.
jadi enakan semua sekarang di bablas yg jarang pakai 5rb, yg sering pakai 10rb service beres.

5rb ke beres ganti oli + filter aja.
klo 10rb bru ganti ikutin jadwal beres, jd toyota pas 10rb bru di pake free nya (hemat yg 5rb ttp bayar ganti oli + filter aja)
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Kent »

timbermaniac123 wrote: 24 Jan 2025, 15:37
Kent wrote: 24 Jan 2025, 14:10 anyway ada yg berasa ndak, HRV Turbo ini rem nya kurang enak dibanding honda lain nya.
sama minus HRV generasi ini tuh kesel dengan pandangan keluar nya jelek bgt, berasa kyk bawa ladder frame.
sama spion nya mundur bgt, jd klo liat ke kiri harus kepala nengok (gk bs mata nya aja ngelirik).
jd posisi duduk nya gk enak untuk HRV yg generasi sekarang (kyk bukan naik honda posisi duduk nya)
Mungkin karena kap mesinnya lebih rata / flat, dibanding generasi sebelumnya yang kap mesinnya agak menukik turun. Jadi yang sekarang di ujung kiri kanan atas lampu terlihat agak naik menyusahkan untuk melihat jalanan depan.

Kedua, spion hrv ini kesannya lebih ke arah vertical panjangnya. Bukan melebar horizontal kaya mobil kebanyakan.

Selebihnya saya mayan suka posisi duduknya direndahin jadi bangku nya bisa agak kebelakangan. Yang ga enak di posisi nyetir cuma foot restnya aja, kok kaya kurang pas posisi kaki kiri nya.

gboooster wrote: 24 Jan 2025, 16:22 iya liat spion kiri sulit banget, kudu nengok. Kadang lihat Lane Watch masih kurang yakin, jadi perlu lihat spion.
nah kan, kadang suka kagok
iyah, ini honda paling aneh visibility nya.
krn lbh susah bawa hrs klo zigzag, y jd jarang zigzag (piper sendiri takut gk liat ada apa).
y jd kadang mabok antar liat lanewatch biar cepet, atau turning head liat spion kiri.
posisi duduk aku cukup mundur, tp handrest gk bs maju (jd gk support)
tp size lebar nya pas buat jalanan Jakarta masuk2 gang.
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Kent »

ChZ wrote: 25 Jan 2025, 10:10
Kent wrote: 24 Jan 2025, 14:08
saya malah setuju, sy dr dulu suka sekali CVT.
cuman CVT baru-baru 3 thn terakhir ini agak jerky kyk DCT.
namun y emang bener2 CVT sekarang sigap bgt (tp korbanin jd agak jerky feels nya)
CVT pd gk suka, pdhl menurut pribadi saya lbh kenceng (masalah gk berasa shifting itu krn mesin nya kurang tenaga saja, cc nya kekecilan)
kabur sebelum di timpuk yg lain
so much hate on CVT padahal nyoba CVT toyota, honda, mitsubishi, nissan semua rasanya bisa beda-beda. kayak matic biasa juga sama-sama 6 speed kadang ada yang gak enak. santafe 2.2 CRDI 2012 itu gak enak 6at nya.

CRV turbo asal tega ngebejek, virtual shiftingnya kayak pake dual clutch :upss:

iyah padahal ya kan di bebek jg jarang2 ya, plus minus sih.
cuman yg pasti mobil sekarang dah canggih, CVT aja kyknya dah improve bgt.
walo improvement nya itu td, bikin jd kasar.
saya lebih suka CRV turbo punya cvt dan feels rem dibanding HRV yg baru ini, tp y gk sampe sekesel CVT nya avanza.. heheh
crv itu kelebaran di pakai daily, sehari2 jg sendirian aja (even lbh nyaman, tp susah bawa nya).
overal menurut gw sih mobil klo bukan kerja kasar atau di pakai balap2, gk ada benefit berbeda jauh dibanding CVT.
mobil enak kenceng, tp kan 90% jg macet2an. wakakaka
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2419
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by darrelund »

ctopher7 wrote: 25 Jan 2025, 09:27
ini relatif mbah menurut pengalaman saya. kalo bushingnya innova beli aftermarket kyk protoflex gitu murah

yang kampret tuh modelan mobil yang jarang bushing aftermarket nya, biasanya bengkel skalian suruh lgsg ganti sama armnya skalian. arm sebiji bisa 2 jtan tinggal dikali ada berapa arm tu mobil. abis itu dikali kiri kanan :big_cry:

kalo bushing honda saya kurang tau kondisinya gimana, tapi kan hrv terkenal kaki glodakan, itu karna bushingnya pada getas / pecah juga kah?
betul relatif mbah, cuma ya klo utk common car macam honda bushing tok harusnya ga bikin jebol sih :big_think:

kecuali ni bicara ganti arm/ assy udah beda cerita, hrv RU aja low arm assy incl bushing 2.5jt/pcs :big_biglaugh:

apalagi multilink depan belakang macem audi dah, banyak kan arm nya :big_biglaugh:

kaki glodakan sepengalaman oe tuh bushingnya dah pada lemes (harusnya padat & stiff), pecah siy oe lom perna
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2419
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by darrelund »

ChZ wrote: 25 Jan 2025, 10:10
so much hate on CVT padahal nyoba CVT toyota, honda, mitsubishi, nissan semua rasanya bisa beda-beda. kayak matic biasa juga sama-sama 6 speed kadang ada yang gak enak. santafe 2.2 CRDI 2012 itu gak enak 6at nya.
setuju, memang harus tega bejeknya

klo ud gigit juga cepet kok naik spit nya, toh komputer nya pinter utk jaga di peak torque/ kurva idealnya

cvt paling lucu tuh extroid cvt nya nissin, gapake belt, lom perna liat aslinya, unik tuh kayaknya. dedesain utk nahan mesin turbo 6 cyl

Image
Image
Image

https://www.nissan-global.com/PDF/tcvt_e.pdf
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by b0ku »

Kent wrote: 25 Jan 2025, 23:22
nah kan, kadang suka kagok
iyah, ini honda paling aneh visibility nya.
krn lbh susah bawa hrs klo zigzag, y jd jarang zigzag (piper sendiri takut gk liat ada apa).
y jd kadang mabok antar liat lanewatch biar cepet, atau turning head liat spion kiri.
posisi duduk aku cukup mundur, tp handrest gk bs maju (jd gk support)
tp size lebar nya pas buat jalanan Jakarta masuk2 gang.
padahal honda dulu paling bagus visibilitynya alesan saya pertahanin GE8 karena posisi duduknya gak ada obat kayak mobil gokart :big_biglaugh:

sekarang malah ngampas salah satu alesan dulu boss saya suruh beli GK5 sampe di bawain mobil test drive pun saya gak mau dashboardnya kagak enak :big_bored:

eh sekarang ud sempit visibility ngampas pula ampun deh itu badut2x di honda kerjanya pada ngapain si sekarang :big_bored:




cvt pulak............... :ngacir:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1508
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by t105erd »

sahabatq8 wrote: 25 Jan 2025, 09:22
t105erd wrote: 25 Jan 2025, 08:11
AbdulHakim wrote: 24 Jan 2025, 15:44 CVT tanpa rubber effect itu e-CVT di mobil hybridnya toyota, yang menggunakan planetary gear.
Nah ga tau ya kalo di CRV Hybrid, transmisinya
om kalo CVT Subaru itu bagus ga? katanya pakai rantai yah bukan pakai sabuk? lagi ngincer XV
Bagus om, lumayan durable sekarang wrx turbo 2.4 aja makenya CVT, mayan gede kan torsinya. Cuma olinya aja yang harus hati² , banyak yang ngakunya bisa untuk CVT subaru tapi kenyataannya selip.

Sebenernya Hyundai Creta/Stargazer jg pake rantai om, cuman kapasitas torsinya gak sebagus Subaru. In general sih ane berasanya cvt chain itu lebih responsive, less rubber banding.
mantap infonya, iya memang saya liat2 sih cvtf kaya aisin ga support cvt yg chain
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: 25 Jan 2025, 09:22
t105erd wrote: 25 Jan 2025, 08:11
AbdulHakim wrote: 24 Jan 2025, 15:44 CVT tanpa rubber effect itu e-CVT di mobil hybridnya toyota, yang menggunakan planetary gear.
Nah ga tau ya kalo di CRV Hybrid, transmisinya
om kalo CVT Subaru itu bagus ga? katanya pakai rantai yah bukan pakai sabuk? lagi ngincer XV
Bagus om, lumayan durable sekarang wrx turbo 2.4 aja makenya CVT, mayan gede kan torsinya. Cuma olinya aja yang harus hati² , banyak yang ngakunya bisa untuk CVT subaru tapi kenyataannya selip.

Sebenernya Hyundai Creta/Stargazer jg pake rantai om, cuman kapasitas torsinya gak sebagus Subaru. In general sih ane berasanya cvt chain itu lebih responsive, less rubber banding.
Perhatikan contact area belt -> pulley nya
Memang sizenya lebih sedikit, dibanding steel belt pada umumnya sih
.
IMG_20250126_115021.jpg
1577820737304.png
Tapi memang kuat handle torsi besar, gak ada efek meregang dan melar spt steel belt.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1127
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by ctopher7 »

darrelund wrote: 26 Jan 2025, 01:33
ctopher7 wrote: 25 Jan 2025, 09:27
ini relatif mbah menurut pengalaman saya. kalo bushingnya innova beli aftermarket kyk protoflex gitu murah

yang kampret tuh modelan mobil yang jarang bushing aftermarket nya, biasanya bengkel skalian suruh lgsg ganti sama armnya skalian. arm sebiji bisa 2 jtan tinggal dikali ada berapa arm tu mobil. abis itu dikali kiri kanan :big_cry:

kalo bushing honda saya kurang tau kondisinya gimana, tapi kan hrv terkenal kaki glodakan, itu karna bushingnya pada getas / pecah juga kah?
betul relatif mbah, cuma ya klo utk common car macam honda bushing tok harusnya ga bikin jebol sih :big_think:

kecuali ni bicara ganti arm/ assy udah beda cerita, hrv RU aja low arm assy incl bushing 2.5jt/pcs :big_biglaugh:

apalagi multilink depan belakang macem audi dah, banyak kan arm nya :big_biglaugh:

kaki glodakan sepengalaman oe tuh bushingnya dah pada lemes (harusnya padat & stiff), pecah siy oe lom perna
kalo di zoom keliatan yang lama dah retak sisi kanannya :mky_03:
IMG_4512.jpeg
ini juga pecah sisi bawah :mky_03:
IMG_4496.jpeg

ini juga pecah link stabil
IMG_4666.jpeg
dan trakir upper arm jg pecah bushingnya
IMG_4711.jpeg
mobil umur 7 tahun, km ga sampe 30 rebu pas saya ambil
User avatar
NovaCammy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 20 Jul 2023, 19:31
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobil

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by NovaCammy »

Ibet wrote: 23 Jan 2025, 09:54
ChZ wrote: 23 Jan 2025, 09:32 nah orangnya cerita, jawaban SA nya agak nyebelin

"emang gitu pak, nanti kalo rusak ya diclaim aja"
"ya gak gitu tong masa rack tiap 10 ribu rusak"

:mky_07: tp masih dipake mobilnya. dulu bilangnya kesel mau dijual aja.

btw emang gila sih harganya HRV 1.5t turun banget.
ini kan kaya cinta jaman sma aja
udah tau nyakitin, tapi ya dikejar penasaran terus
:big_biglaugh:

masalahnya orang dealer kan gabisa ubah spec jg wkwkkw, ngapain marah ke mereka ahaha
harusnya pabrikan kan bikin spec khusus negara yg jalannya ga mulus
jadi ya sebenernya gamungkin kita - kita ini dapet mobil driving dynamics enak harga murah
makanya ada hilux/strada for more passenger with modern amenities ajahh ahhaaha

no offense ya, toh saya jg pake innova cumi 2014 jg, odo read udah 230 rb km full biosolar :big_okay:

=============

di threads juga ada tuh yg ngeluh, hrv baru tapi dah ganti racksteer, sampe gamau beli mobil jepang lagi
sampe banyak yg komen, wah ini itu saya gamau beli lagi merk jepang etc etc
tar giliran mobil yg dibenci itu diskon gede, ya larinya kesana lagi wakakakak

maybe that's why orang belanja mobil 400-500 jt pada akhirnya kembali ke duo gajah pantura itu

============

anyway, dapet cerita kawan ganti racksteer jg tipe SE, abis itu sih udah sembuh penyakitnya
sekali doang ganti .. hopefully yg saya juga deh

saya dapetnya dari orang yg mau upgrade ke crv hev, tipikal kastemer ikutin kata bengkel resmi
100% nurut, sampe ga ngeh kalo eps nya bunyi wakakak


Sorry mau tanya nih.

Btw gejala racksteer rusak kira-kira apa yah hehe. Agak ngeri-ngeri sedap soalnya berhubung punya tipe se dan research issuenya hrv rv di kaki-kaki gitu meskipun km masih kecil.


Jadinya pas ketemu jalan jelek atau polisi tidur tak pelanin banget.
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Ibet »

KielConstantine wrote: 24 Jan 2025, 15:17 Pilih mana… benerin CVT sabuk jebol.. atau benerin DCT yg mechatronic nya jebol macem golf mk7 1.5 tsi dry clutch :upss:
wkwkwk .. pilih 4AT Aisin yg bisa nahan 600Nm tanpa modif aja om :emo-big_love:
NovaCammy wrote: 29 Jan 2025, 11:37 Sorry mau tanya nih.

Btw gejala racksteer rusak kira-kira apa yah hehe. Agak ngeri-ngeri sedap soalnya berhubung punya tipe se dan research issuenya hrv rv di kaki-kaki gitu meskipun km masih kecil.


Jadinya pas ketemu jalan jelek atau polisi tidur tak pelanin banget.
bunyi gluk gluk gluk pas lewat jalan yg gravel / bolong parah gitu
kalo udah parah banget, posisi diem, setir di tengah, goyangin kiri - kanan aja pelan - pelan, nanti bunyi gluk gluk juga om

punya saya masih stadium awal ..
si hrv yg gen ini kalo ga salah penyakitnya cuman racksteer aja, penyakit lower arm udah ga ada deh kaya yg lama
kemaren ngolong sama SA di dealer, shock absorber juga ganti vendor ke KYB, sebelumnya kan Showa.

saya tanya jg kalo beli sendiri berapa racksteer ori dealer, 6.1 jt aja udah include pasang
yg hrv lama kalo ga salah di angka 13 jt .. so 50% more cheaper lah, angka 6.1 jt buat racksteer ya make sense masih, apalagi 3 taun baru rusak

intinya selama masih warranty mah tukerin aja om, no worries kalo ngondah
Kent wrote: 24 Jan 2025, 14:10 anyway ada yg berasa ndak, HRV Turbo ini rem nya kurang enak dibanding honda lain nya.
sama minus HRV generasi ini tuh kesel dengan pandangan keluar nya jelek bgt, berasa kyk bawa ladder frame.
sama spion nya mundur bgt, jd klo liat ke kiri harus kepala nengok (gk bs mata nya aja ngelirik).
jd posisi duduk nya gk enak untuk HRV yg generasi sekarang (kyk bukan naik honda posisi duduk nya)
No problem di saya om, tapi emang sukses bikin feel nyetir kaya SUV beneran sih
mungkin karena roofnya kaya lebih pendek dari yg lama punya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16537
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by ChZ »

Kent wrote: 25 Jan 2025, 23:30

iyah padahal ya kan di bebek jg jarang2 ya, plus minus sih.
cuman yg pasti mobil sekarang dah canggih, CVT aja kyknya dah improve bgt.
walo improvement nya itu td, bikin jd kasar.
saya lebih suka CRV turbo punya cvt dan feels rem dibanding HRV yg baru ini, tp y gk sampe sekesel CVT nya avanza.. heheh
crv itu kelebaran di pakai daily, sehari2 jg sendirian aja (even lbh nyaman, tp susah bawa nya).
overal menurut gw sih mobil klo bukan kerja kasar atau di pakai balap2, gk ada benefit berbeda jauh dibanding CVT.
mobil enak kenceng, tp kan 90% jg macet2an. wakakaka
CRV kalo buat harian kota-kota kurang agile, lebar, berasa semua motor mau mepetin. tapi kalo giliran high speed cruise beuh ampe skrg cari gantinya susah oom. mau naik ya harus ke premium SUV langsung.

gak heran kalo banyak yang CRV nya di keep. barusan ada tuh kenalan ambil CRV hybrid buat gantiin CRV turbo lamanya, padahal orang kaya banget orang keluarga yang megang toko oleh2 paling top di sini ...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: 09 Feb 2017, 13:54

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by gwsecretc »

ChZ wrote: 31 Jan 2025, 10:04 CRV kalo buat harian kota-kota kurang agile, lebar, berasa semua motor mau mepetin. tapi kalo giliran high speed cruise beuh ampe skrg cari gantinya susah oom. mau naik ya harus ke premium SUV langsung.

gak heran kalo banyak yang CRV nya di keep. barusan ada tuh kenalan ambil CRV hybrid buat gantiin CRV turbo lamanya, padahal orang kaya banget orang keluarga yang megang toko oleh2 paling top di sini ...
Jadi worth ga mbah crv rw 1.5 T upgrade ke crv hybrid atau 1.5 T yg gen rs? Secara harga ny naik drastis, mau tukar tambah nambah banyak pula.
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Jenson »

gwsecretc wrote: 31 Jan 2025, 11:24
ChZ wrote: 31 Jan 2025, 10:04 CRV kalo buat harian kota-kota kurang agile, lebar, berasa semua motor mau mepetin. tapi kalo giliran high speed cruise beuh ampe skrg cari gantinya susah oom. mau naik ya harus ke premium SUV langsung.

gak heran kalo banyak yang CRV nya di keep. barusan ada tuh kenalan ambil CRV hybrid buat gantiin CRV turbo lamanya, padahal orang kaya banget orang keluarga yang megang toko oleh2 paling top di sini ...
Jadi worth ga mbah crv rw 1.5 T upgrade ke crv hybrid atau 1.5 T yg gen rs? Secara harga ny naik drastis, mau tukar tambah nambah banyak pula.
Kalo pake rumus mendang mending, rasa-rasanya lebih worth tuker tambah Lexus RX 200 yg 2016-2017 uda kepala 6, sisanya spare 100-200 buat rapi2. Rasanya kelas ga boong, pasti masi lebih enak dr CRV baru sekalipun
User avatar
NovaCammy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 20 Jul 2023, 19:31
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobil

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by NovaCammy »

Ibet wrote: 30 Jan 2025, 08:37
KielConstantine wrote: 24 Jan 2025, 15:17 Pilih mana… benerin CVT sabuk jebol.. atau benerin DCT yg mechatronic nya jebol macem golf mk7 1.5 tsi dry clutch :upss:
wkwkwk .. pilih 4AT Aisin yg bisa nahan 600Nm tanpa modif aja om :emo-big_love:
NovaCammy wrote: 29 Jan 2025, 11:37 Sorry mau tanya nih.

Btw gejala racksteer rusak kira-kira apa yah hehe. Agak ngeri-ngeri sedap soalnya berhubung punya tipe se dan research issuenya hrv rv di kaki-kaki gitu meskipun km masih kecil.


Jadinya pas ketemu jalan jelek atau polisi tidur tak pelanin banget.
bunyi gluk gluk gluk pas lewat jalan yg gravel / bolong parah gitu
kalo udah parah banget, posisi diem, setir di tengah, goyangin kiri - kanan aja pelan - pelan, nanti bunyi gluk gluk juga om

punya saya masih stadium awal ..
si hrv yg gen ini kalo ga salah penyakitnya cuman racksteer aja, penyakit lower arm udah ga ada deh kaya yg lama
kemaren ngolong sama SA di dealer, shock absorber juga ganti vendor ke KYB, sebelumnya kan Showa.

saya tanya jg kalo beli sendiri berapa racksteer ori dealer, 6.1 jt aja udah include pasang
yg hrv lama kalo ga salah di angka 13 jt .. so 50% more cheaper lah, angka 6.1 jt buat racksteer ya make sense masih, apalagi 3 taun baru rusak

intinya selama masih warranty mah tukerin aja om, no worries kalo ngondah
Kent wrote: 24 Jan 2025, 14:10 anyway ada yg berasa ndak, HRV Turbo ini rem nya kurang enak dibanding honda lain nya.
sama minus HRV generasi ini tuh kesel dengan pandangan keluar nya jelek bgt, berasa kyk bawa ladder frame.
sama spion nya mundur bgt, jd klo liat ke kiri harus kepala nengok (gk bs mata nya aja ngelirik).
jd posisi duduk nya gk enak untuk HRV yg generasi sekarang (kyk bukan naik honda posisi duduk nya)
No problem di saya om, tapi emang sukses bikin feel nyetir kaya SUV beneran sih
mungkin karena roofnya kaya lebih pendek dari yg lama punya
Btw om Ibet kalau stadium awal di racksteernya tuh kalau di jalan conblock itu getar + bunyi yah? Soalnya ngerasa di crv kayak gini gitu. Untungnya hrvnya masih aman. Jadi agak parno hehe.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16537
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by ChZ »

gwsecretc wrote: 31 Jan 2025, 11:24
Jadi worth ga mbah crv rw 1.5 T upgrade ke crv hybrid atau 1.5 T yg gen rs? Secara harga ny naik drastis, mau tukar tambah nambah banyak pula.
brand new? tetep nggak :upss:

lebih murah kasih peredam dan ban michelin di RW, naikannya udah 70% mirip lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Kent »

Jenson wrote: 31 Jan 2025, 12:13
gwsecretc wrote: 31 Jan 2025, 11:24
ChZ wrote: 31 Jan 2025, 10:04 CRV kalo buat harian kota-kota kurang agile, lebar, berasa semua motor mau mepetin. tapi kalo giliran high speed cruise beuh ampe skrg cari gantinya susah oom. mau naik ya harus ke premium SUV langsung.

gak heran kalo banyak yang CRV nya di keep. barusan ada tuh kenalan ambil CRV hybrid buat gantiin CRV turbo lamanya, padahal orang kaya banget orang keluarga yang megang toko oleh2 paling top di sini ...
Jadi worth ga mbah crv rw 1.5 T upgrade ke crv hybrid atau 1.5 T yg gen rs? Secara harga ny naik drastis, mau tukar tambah nambah banyak pula.
Kalo pake rumus mendang mending, rasa-rasanya lebih worth tuker tambah Lexus RX 200 yg 2016-2017 uda kepala 6, sisanya spare 100-200 buat rapi2. Rasanya kelas ga boong, pasti masi lebih enak dr CRV baru sekalipun
sy sih rasa worth worth aja selama ada budget nya + memang masuk kreteria mobil nya.
memang sakit, tp mobil memang barang consumable (pst jatuh)

klo RX200 kan 2017, masih pegang mobil baru.
worry less, tinggal gas.
krn sy yg agak gatel klo misalnya ada rusak tp gk di bnerin.
pusing sih bener2in mobil, saya seneng mobil tp gk mau jg jd gk kerja tp malah utusin mobil.
menurut sy sih RX klo beli baru jg turun nya gk banyak, untuk kelas premium SUV.
lexus kyknya RX series saya perhatiin paling bertahan harga nya (CMIIW).
klo gk mau rugi sakit hati beli nya : alphard, RX200, Fortuner, LC. turun harganya gk masuk akal (tinggal tahan bawa daily nya apa kgk aja).. wkakaaka..

tp balik lg, naik ke CRV RS nambah gt banyak?
sy sih klo gk ada concern jalanan Jakarta, misal sy pindah ke BSD dan cuman di sekitaran y sy sih ganti (tp ttp tunggu disc).
hehehehe.
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: 09 Feb 2017, 13:54

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by gwsecretc »

Jenson wrote: 31 Jan 2025, 12:13
Kalo pake rumus mendang mending, rasa-rasanya lebih worth tuker tambah Lexus RX 200 yg 2016-2017 uda kepala 6, sisanya spare 100-200 buat rapi2. Rasanya kelas ga boong, pasti masi lebih enak dr CRV baru sekalipun
Sy perna coba rx300 2018 punya sepupu, naikan emang lebih nyaman dibanding crv turbo. Tapi kalo pas nyetir, ternyata masih enakan crv turbo om..
ChZ wrote: 01 Feb 2025, 11:22
brand new? tetep nggak :upss:

lebih murah kasih peredam dan ban michelin di RW, naikannya udah 70% mirip lah.
Kayaknya sy keep aja dah. Peredam sudah pasang nyaris full body kecuali atap dan dashboard. Noise lumayan berkurang terutama di daerah doortrim, kalo road noise hanya berkurang sedikit (ban masih BS dueler).Tapi dapat bonus bass speaker bawaan jadi lebih enak.
Kent wrote: 01 Feb 2025, 17:42 sy sih rasa worth worth aja selama ada budget nya + memang masuk kreteria mobil nya.
memang sakit, tp mobil memang barang consumable (pst jatuh)

klo RX200 kan 2017, masih pegang mobil baru.
worry less, tinggal gas.
krn sy yg agak gatel klo misalnya ada rusak tp gk di bnerin.
pusing sih bener2in mobil, saya seneng mobil tp gk mau jg jd gk kerja tp malah utusin mobil.
menurut sy sih RX klo beli baru jg turun nya gk banyak, untuk kelas premium SUV.
lexus kyknya RX series saya perhatiin paling bertahan harga nya (CMIIW).
klo gk mau rugi sakit hati beli nya : alphard, RX200, Fortuner, LC. turun harganya gk masuk akal (tinggal tahan bawa daily nya apa kgk aja).. wkakaaka..

tp balik lg, naik ke CRV RS nambah gt banyak?
sy sih klo gk ada concern jalanan Jakarta, misal sy pindah ke BSD dan cuman di sekitaran y sy sih ganti (tp ttp tunggu disc).
hehehehe.
Lumayan nambah nya om, crv 1.5 turbo baru 700an jt, yg hybrid 800an jt, sedangkan crv turbo 2017 saya hanya laku 350-360an jt..
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2392
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by sahabatq8 »

gwsecretc wrote: 01 Feb 2025, 22:45
Jenson wrote: 31 Jan 2025, 12:13
Kalo pake rumus mendang mending, rasa-rasanya lebih worth tuker tambah Lexus RX 200 yg 2016-2017 uda kepala 6, sisanya spare 100-200 buat rapi2. Rasanya kelas ga boong, pasti masi lebih enak dr CRV baru sekalipun
Sy perna coba rx300 2018 punya sepupu, naikan emang lebih nyaman dibanding crv turbo. Tapi kalo pas nyetir, ternyata masih enakan crv turbo om..
ChZ wrote: 01 Feb 2025, 11:22
brand new? tetep nggak :upss:

lebih murah kasih peredam dan ban michelin di RW, naikannya udah 70% mirip lah.
Kayaknya sy keep aja dah. Peredam sudah pasang nyaris full body kecuali atap dan dashboard. Noise lumayan berkurang terutama di daerah doortrim, kalo road noise hanya berkurang sedikit (ban masih BS dueler).Tapi dapat bonus bass speaker bawaan jadi lebih enak.
Kent wrote: 01 Feb 2025, 17:42 sy sih rasa worth worth aja selama ada budget nya + memang masuk kreteria mobil nya.
memang sakit, tp mobil memang barang consumable (pst jatuh)

klo RX200 kan 2017, masih pegang mobil baru.
worry less, tinggal gas.
krn sy yg agak gatel klo misalnya ada rusak tp gk di bnerin.
pusing sih bener2in mobil, saya seneng mobil tp gk mau jg jd gk kerja tp malah utusin mobil.
menurut sy sih RX klo beli baru jg turun nya gk banyak, untuk kelas premium SUV.
lexus kyknya RX series saya perhatiin paling bertahan harga nya (CMIIW).
klo gk mau rugi sakit hati beli nya : alphard, RX200, Fortuner, LC. turun harganya gk masuk akal (tinggal tahan bawa daily nya apa kgk aja).. wkakaaka..

tp balik lg, naik ke CRV RS nambah gt banyak?
sy sih klo gk ada concern jalanan Jakarta, misal sy pindah ke BSD dan cuman di sekitaran y sy sih ganti (tp ttp tunggu disc).
hehehehe.
Lumayan nambah nya om, crv 1.5 turbo baru 700an jt, yg hybrid 800an jt, sedangkan crv turbo 2017 saya hanya laku 350-360an jt..
Rx300 modalin tein endura pro plus + remap aja udah enak
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Ibet »

NovaCammy wrote: 01 Feb 2025, 08:00
Btw om Ibet kalau stadium awal di racksteernya tuh kalau di jalan conblock itu getar + bunyi yah? Soalnya ngerasa di crv kayak gini gitu. Untungnya hrvnya masih aman. Jadi agak parno hehe.
di HRV RS yg saya pake sih om
geter normal, bunyi yg ga normalnya om, kaya ada yg longgar di bawah steering wheel
aman om, pake dulu aja as usual kalo masih masa garansi .. nanti deket - deket warranty mau abis (before 3 years)
langsung klaim aja kaya saya, jangan lupa ngetip SA nya bahaha

kalo tipe E / S harusnya lebih aman, profil ban lebih tebel di 215/60 R17 juga kan
harusnya lebih ringan dan punya better protection daripada yg R18 nya

kalopun harus beli racksteer sekarang jg udah murah, 6.1 jt ori include pasang

bicara CR-V Turbo, nah ini mahal, simply karena motor EPS nya jadi satu sama si racksteer
kalo HR-V motor EPS ada di deket steering yoke di bawah setir (in cabin), jadi racksteer only

sempet nanya ke mamang bengkel EPS, HRV lama - HRV baru interchangeable jg kalo mau beli yg merk Heiker dkk
cuman ya gatau kebenarannya dan aktual aplikasinya gimana ahahaha
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post