Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2390
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by sahabatq8 »

b0ku wrote: 23 Jan 2025, 21:03
ctopher7 wrote: 23 Jan 2025, 19:31 maksudnya mobil skrg om. yang robust yah model bawah yang mobilnya memang simple dan trondolan. kalo uda di kelar 300 jt+ rata rata uda fwd cvt eps epb trus banyak yang pake turbo pula, memang smuanya resep makin ga reliable
ya gitu deh om omong2x CVT tadi baru ngobrol sama SAnya nissan sekalian cek record xtrail, katanya kalo jarang di betot2x mah awet pak cvtnya cepet rusak karena sering di betot :big_bored:

SAnya malah saranin saya kalo mau betot2x mulu pake konvensional pak :big_bored:

kesimpulannya CVT itu emang matic bener2x downgrade kalo saya denger omongan SA tadi :big_bored:
Kalo bawa santai sebenernya CVT ideal transmission. Tenaga ngisi terus, napasnya unlimited, rpm tetep rendah. Tapi kalo udah namanya cari performa bakal sengsara di geber yang ada selip dan oli matic cepet panas. Selama pake oli bagus dan maintenance gak telat sih seharusnya 200-250rb km sih bisa, apalagi kalo xtrail t32 ada atf warmer/cooler yang akan menjaga suhu max di 90an. Mobil ane sekarang 156rb , kondisi udah remap jg. Tahan sampe kapan ya , mudah mudahan masih panjang umurnya :big_smile]
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5558
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by b0ku »

sahabatq8 wrote: 23 Jan 2025, 23:18
Kalo bawa santai sebenernya CVT ideal transmission. Tenaga ngisi terus, napasnya unlimited, rpm tetep rendah. Tapi kalo udah namanya cari performa bakal sengsara di geber yang ada selip dan oli matic cepet panas. Selama pake oli bagus dan maintenance gak telat sih seharusnya 200-250rb km sih bisa, apalagi kalo xtrail t32 ada atf warmer/cooler yang akan menjaga suhu max di 90an. Mobil ane sekarang 156rb , kondisi udah remap jg. Tahan sampe kapan ya , mudah mudahan masih panjang umurnya :big_smile]
mobil ane si ada ATF collernya si om gede lagi keknya kalo dari record mereka flushing di 60.000km sekarang 97rb kemaren di cek masih bening kemungkinan ATF yang sekarang ud jalan 37.000an

kata SAnya kalo masih bening dibiarin aja sih :big_bored:

kalo buat pakean saya si gak cocok om mendingan kalo saya CRV GEN 4 aja deh yang masih AT :big_slap:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Ibet »

sahabatq8 wrote: 23 Jan 2025, 23:18 Kalo bawa santai sebenernya CVT ideal transmission. Tenaga ngisi terus, napasnya unlimited, rpm tetep rendah. Tapi kalo udah namanya cari performa bakal sengsara di geber yang ada selip dan oli matic cepet panas. Selama pake oli bagus dan maintenance gak telat sih seharusnya 200-250rb km sih bisa, apalagi kalo xtrail t32 ada atf warmer/cooler yang akan menjaga suhu max di 90an. Mobil ane sekarang 156rb , kondisi udah remap jg. Tahan sampe kapan ya , mudah mudahan masih panjang umurnya :big_smile]
wah ini mindset saya kalo bawa mobil cvt, sampe siksa diri sih ngga, lebih ke bawa santai aja
kalo suka betot ya better cari dct sekalian ga sih, ato >4AT yg sudah modif transgo, etc

kalo nyambungin sama hrv rs, ini kan transmisi yg biasa dipake buat civic/crv, sekarang dipake di hrv yg lebih enteng dan bannya jg lebih kecil
logic aja, harusnya lebih robust ahahaha

tinggal gimana oli cvtnya, saya percayakan pada hcf2 ceban km sekali ganti :big_biglaugh:
Suryaputra wrote: 23 Jan 2025, 20:52
ctopher7 wrote: 23 Jan 2025, 19:31 maksudnya mobil skrg om. yang robust yah model bawah yang mobilnya memang simple dan trondolan. kalo uda di kelar 300 jt+ rata rata uda fwd cvt eps epb trus banyak yang pake turbo pula, memang smuanya resep makin ga reliable
yess bener
setuju betul

mobil above 300jt ke atas (brand new)
udh pk EPS + sensing / ADAS, EPB, dan electrical lain, itu makin bnyk list jajan nya :big_peace:

klo CVT, kuncinya di
- kesabaran nge-gas dari 0 km/h posisi diam
- klo di tanjakan gak usah gas poll
- di turunan seimbangin antara rem dan engine brake
- perhatikan interval ganti oli nya :big_biglaugh:
more electronic function = more trouble
di hrv kan ketambahan adas aja, ini juga jarang sih saya liat orang kena trouble
nanti akan ada masa dimana orang sini marah - marah bikin thread mobilnya mogok karena belom update software ahahhaa

nah komen yg bawah juga saya setuju om,
intinya less stress to the steel belt aja sih
toh ini cenggow turbo di us sanah mileage pada tinggi - tinggi ga ada masalah wkwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by ChZ »

ctopher7 wrote: 23 Jan 2025, 10:55 sbnernya kalo dipikir pikir, mobil kyk fortuner / innova lebih cocok disebut truk dibanding mobil penumpang spertinya. lagian anomali banget, cuman tinggal ganti cairan sama filter solar bisa jalan ratusan ribu km di jalanan indo ga rusak rusak. cuman ya tradeoff nya gitu deh dibawanya gaenak

tapi kykny benchmark orang indo jadi ketinggian, smua mobil disamaratakan dengan ngerawat truk begini yang memang dari sananya super susah jebol. gimana bisa jebol, mesin very undertuned, rwd ladder frame, ps masih hidrolik, 6at yang tahan sampe 800 nm
kan selalu dibilang

"disesuaikan dengan kondisi jalan dan karakter masyarakat indonesia"

ya bener kayak gitu makanya.

tapi biasa RWD ladder frame kalah duluan di shock om kalo front wheel kalahnya di bushing2. shocknya malah rata-rata awet ini saya pake H jarang banget ganti shock.

RWD ladder frame itu jarang rusak, sekali rusak mahal, kalo FWD itu rusaknya kecil2 murah2, tapi sering.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by ChZ »

sahabatq8 wrote: 23 Jan 2025, 23:18
Kalo bawa santai sebenernya CVT ideal transmission. Tenaga ngisi terus, napasnya unlimited, rpm tetep rendah. Tapi kalo udah namanya cari performa bakal sengsara di geber yang ada selip dan oli matic cepet panas. Selama pake oli bagus dan maintenance gak telat sih seharusnya 200-250rb km sih bisa, apalagi kalo xtrail t32 ada atf warmer/cooler yang akan menjaga suhu max di 90an. Mobil ane sekarang 156rb , kondisi udah remap jg. Tahan sampe kapan ya , mudah mudahan masih panjang umurnya :big_smile]
yang kadang di luar nalar itu, bener oli diganti tapi

kondisi underfill / overfill
filter ngga pernah diganti

utk CVTnya sendiri kuat apa ngga itu ya gimana ya mau kuat tapi doyan betot ala dragrace ya beli manual ganti competition clutch. not even manual dgn kopling standar masa kini bakal tahan jg.

kalo betotnya dari 80-160 doang sih sebenernya kerja transmisi enteng. orang ga pindah2. di toll pula ada angin kebantu pendinginannya.

saya tu malah ngerasa mobil di indo itu rusaknya gegara dipake macet-macetan, ngga semua mobil punya sistem pendinginan yang oke. kadang pelumas itu kan juga kalo macet dia ngga mompa oli banyak ke sistem. kalo betot justru dia lancar mompa olinya buat dinginin.

wong kenyataan yang high miles malah pada awet mau make/modelnya apapun. giliran yang low km atau km nanggung masalahnya banyak bener. itu kan sering macet-macetan kalo low km.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12255
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Suryaputra »

Ibet wrote: 24 Jan 2025, 09:11
sahabatq8 wrote: 23 Jan 2025, 23:18 Kalo bawa santai sebenernya CVT ideal transmission. Tenaga ngisi terus, napasnya unlimited, rpm tetep rendah. Tapi kalo udah namanya cari performa bakal sengsara di geber yang ada selip dan oli matic cepet panas. Selama pake oli bagus dan maintenance gak telat sih seharusnya 200-250rb km sih bisa, apalagi kalo xtrail t32 ada atf warmer/cooler yang akan menjaga suhu max di 90an. Mobil ane sekarang 156rb , kondisi udah remap jg. Tahan sampe kapan ya , mudah mudahan masih panjang umurnya :big_smile]
wah ini mindset saya kalo bawa mobil cvt, sampe siksa diri sih ngga, lebih ke bawa santai aja
kalo suka betot ya better cari dct sekalian ga sih, ato >4AT yg sudah modif transgo, etc

kalo nyambungin sama hrv rs, ini kan transmisi yg biasa dipake buat civic/crv, sekarang dipake di hrv yg lebih enteng dan bannya jg lebih kecil
logic aja, harusnya lebih robust ahahaha

tinggal gimana oli cvtnya, saya percayakan pada hcf2 ceban km sekali ganti :big_biglaugh:
Suryaputra wrote: 23 Jan 2025, 20:52
ctopher7 wrote: 23 Jan 2025, 19:31 maksudnya mobil skrg om. yang robust yah model bawah yang mobilnya memang simple dan trondolan. kalo uda di kelar 300 jt+ rata rata uda fwd cvt eps epb trus banyak yang pake turbo pula, memang smuanya resep makin ga reliable
yess bener
setuju betul

mobil above 300jt ke atas (brand new)
udh pk EPS + sensing / ADAS, EPB, dan electrical lain, itu makin bnyk list jajan nya :big_peace:

klo CVT, kuncinya di
- kesabaran nge-gas dari 0 km/h posisi diam
- klo di tanjakan gak usah gas poll
- di turunan seimbangin antara rem dan engine brake
- perhatikan interval ganti oli nya :big_biglaugh:
more electronic function = more trouble
di hrv kan ketambahan adas aja, ini juga jarang sih saya liat orang kena trouble
nanti akan ada masa dimana orang sini marah - marah bikin thread mobilnya mogok karena belom update software ahahhaa

nah komen yg bawah juga saya setuju om,
intinya less stress to the steel belt aja sih
toh ini cenggow turbo di us sanah mileage pada tinggi - tinggi ga ada masalah wkwk
iya mbah
couldn't agree more

buat cruiser di tol, daily driving dan city driving, CVT tuh enak.
lbh enak dr 4-5 speed AT honda sendiri :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2390
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by sahabatq8 »

ChZ wrote: 24 Jan 2025, 09:58
sahabatq8 wrote: 23 Jan 2025, 23:18
Kalo bawa santai sebenernya CVT ideal transmission. Tenaga ngisi terus, napasnya unlimited, rpm tetep rendah. Tapi kalo udah namanya cari performa bakal sengsara di geber yang ada selip dan oli matic cepet panas. Selama pake oli bagus dan maintenance gak telat sih seharusnya 200-250rb km sih bisa, apalagi kalo xtrail t32 ada atf warmer/cooler yang akan menjaga suhu max di 90an. Mobil ane sekarang 156rb , kondisi udah remap jg. Tahan sampe kapan ya , mudah mudahan masih panjang umurnya :big_smile]
yang kadang di luar nalar itu, bener oli diganti tapi

kondisi underfill / overfill
filter ngga pernah diganti

utk CVTnya sendiri kuat apa ngga itu ya gimana ya mau kuat tapi doyan betot ala dragrace ya beli manual ganti competition clutch. not even manual dgn kopling standar masa kini bakal tahan jg.

kalo betotnya dari 80-160 doang sih sebenernya kerja transmisi enteng. orang ga pindah2. di toll pula ada angin kebantu pendinginannya.

saya tu malah ngerasa mobil di indo itu rusaknya gegara dipake macet-macetan, ngga semua mobil punya sistem pendinginan yang oke. kadang pelumas itu kan juga kalo macet dia ngga mompa oli banyak ke sistem. kalo betot justru dia lancar mompa olinya buat dinginin.

wong kenyataan yang high miles malah pada awet mau make/modelnya apapun. giliran yang low km atau km nanggung masalahnya banyak bener. itu kan sering macet-macetan kalo low km.
Iya biasa CVT strugglenya kalo di betot dari standstill. Apalagi kalo mau sok sokan brake boost :big_slap: .

Setuju sih, kalo yang high mileage biasanya paling perlu remajaan kaki kaki berhubungan dengan masa pakai aja. Kalo mesin jarang dipake/sering short trip dan macet macetan, malah jadi lebih cepet rusak ya. Mungkin juga efek dari olinya yang jarang diganti dan bensin yang udah basi didalem tanki.
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Kent »

Suryaputra wrote: 22 Jan 2025, 10:13
ChZ wrote: 22 Jan 2025, 10:07
Ibet wrote: 22 Jan 2025, 10:04

makasih banyak om .. info lendir kyueit mid-grade 5000km ganti 0w-20 dong om

:emo-big_love:



betul om, waktu itu bingung antara crv 2020, civic 2019/20 atau ini.
akhirnya justru karena mikir yg tech nya paling simpel, kaki - kaki simpel, pajek paling murah, jadilah ambil ini
mesin jg common civic / crv dan terbukti badak ..
rusak - rusak kayanya kalo platform ini ya itu - itu lagi sih, eps wakakak



aman banget mbah, apalagi masuk driving mode sport
di mode econ smooth, normal agak agresif sikit, nah di sport ini pedal nya sensitif
steeringnya berat - berat gimana gitu, ga enteng kaya bombomcar wakakak
better dikasih ron98 + 0w20 yg bagusan ini mesin bakal jos sih
sekarang masih ron92 + honda epro botol putih merah ituuu
oom itu rack steer aman?

soalnya saya diceritain owner bengkel langganan ganti oli, ampe stress ngurusin rack steernya mulu :big_biglaugh:
cmiiw... patternnya klo diperhatikan

yg stress ngurus EPS kaput, itu yg edisi sensing2an ya.
*semi autopilot

krn selama sy miara honda EPS juga, gak ada sensing2an, gak prnh masalah EPS nya
dr brio, freed, jazz gd3.

sampai mobilio KM >70rb, gakda masalah EPS nya,
jajan onderstel: cuma lower arm aja sekali, sm link stabil 2x :mky_03:

makin bnyk teknologi, makin cepet kaput emang :upss:
iyah HRV ini lumayan oke sih sebenarnya buat daily, krn CRV terlalu lebar.
sy jd ngeri baca EPS nya sering problem, krn biasa EPS gk knp2 kecuali dpt unit busuk yg City (the ke 3 langsung eps lampu nyala)
udah pd kena EPS yg sensing2? kan sensing bru 3 thn y

ini oli pada pakai brp km y?
semua yg L15 turbo aku sekarang pakai OLI eco klo gk PTT atau Total 8000, tp 5rb sekali buang.
di samain sama mobil yg jarang jalan, jd biar setidaknya 1 thn ganti oli.
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Kent »

Suryaputra wrote: 24 Jan 2025, 10:16 buat cruiser di tol, daily driving dan city driving, CVT tuh enak.
lbh enak dr 4-5 speed AT honda sendiri :big_biglaugh:
saya malah setuju, sy dr dulu suka sekali CVT.
cuman CVT baru-baru 3 thn terakhir ini agak jerky kyk DCT.
namun y emang bener2 CVT sekarang sigap bgt (tp korbanin jd agak jerky feels nya)
CVT pd gk suka, pdhl menurut pribadi saya lbh kenceng (masalah gk berasa shifting itu krn mesin nya kurang tenaga saja, cc nya kekecilan)
kabur sebelum di timpuk yg lain
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Kent »

anyway ada yg berasa ndak, HRV Turbo ini rem nya kurang enak dibanding honda lain nya.
sama minus HRV generasi ini tuh kesel dengan pandangan keluar nya jelek bgt, berasa kyk bawa ladder frame.
sama spion nya mundur bgt, jd klo liat ke kiri harus kepala nengok (gk bs mata nya aja ngelirik).
jd posisi duduk nya gk enak untuk HRV yg generasi sekarang (kyk bukan naik honda posisi duduk nya)
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2390
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by sahabatq8 »

Kent wrote: 24 Jan 2025, 14:08
Suryaputra wrote: 24 Jan 2025, 10:16 buat cruiser di tol, daily driving dan city driving, CVT tuh enak.
lbh enak dr 4-5 speed AT honda sendiri :big_biglaugh:
saya malah setuju, sy dr dulu suka sekali CVT.
cuman CVT baru-baru 3 thn terakhir ini agak jerky kyk DCT.
namun y emang bener2 CVT sekarang sigap bgt (tp korbanin jd agak jerky feels nya)
CVT pd gk suka, pdhl menurut pribadi saya lbh kenceng (masalah gk berasa shifting itu krn mesin nya kurang tenaga saja, cc nya kekecilan)
kabur sebelum di timpuk yg lain
Agak jerky karena mulai banyak yang pake gear overdrive seperti D-CVTnya daihatsu. Algorithmnya kurang pinter nebak kapan perlu kapan jangan jadi begitu deh.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12255
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by Suryaputra »

Kent wrote: 24 Jan 2025, 14:04
Suryaputra wrote: 22 Jan 2025, 10:13
ChZ wrote: 22 Jan 2025, 10:07

oom itu rack steer aman?

soalnya saya diceritain owner bengkel langganan ganti oli, ampe stress ngurusin rack steernya mulu :big_biglaugh:
cmiiw... patternnya klo diperhatikan

yg stress ngurus EPS kaput, itu yg edisi sensing2an ya.
*semi autopilot

krn selama sy miara honda EPS juga, gak ada sensing2an, gak prnh masalah EPS nya
dr brio, freed, jazz gd3.

sampai mobilio KM >70rb, gakda masalah EPS nya,
jajan onderstel: cuma lower arm aja sekali, sm link stabil 2x :mky_03:

makin bnyk teknologi, makin cepet kaput emang :upss:
iyah HRV ini lumayan oke sih sebenarnya buat daily, krn CRV terlalu lebar.
sy jd ngeri baca EPS nya sering problem, krn biasa EPS gk knp2 kecuali dpt unit busuk yg City (the ke 3 langsung eps lampu nyala)
udah pd kena EPS yg sensing2? kan sensing bru 3 thn y

ini oli pada pakai brp km y?
semua yg L15 turbo aku sekarang pakai OLI eco klo gk PTT atau Total 8000, tp 5rb sekali buang.
di samain sama mobil yg jarang jalan, jd biar setidaknya 1 thn ganti oli.
Oli mesin pk aja spec API SP / GF6

mulai dari Fastron Gold 0w20, sampai sesuai budget,
ganti per 5-6rb km untuk mesin turbo / ikutin oil life indicator + filter oli ori Honda murah dan berkualitas media-filter nya, bisa beli di beres spy terjamin asli.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2943
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by KielConstantine »

Ibet wrote: 24 Jan 2025, 09:11 wah ini mindset saya kalo bawa mobil cvt, sampe siksa diri sih ngga, lebih ke bawa santai aja

kalo suka betot ya better cari dct sekalian ga sih, ato >4AT yg sudah modif transgo, etc
Pilih mana… benerin CVT sabuk jebol.. atau benerin DCT yg mechatronic nya jebol macem golf mk7 1.5 tsi dry clutch :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 722
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by timbermaniac123 »

Kent wrote: 24 Jan 2025, 14:10 anyway ada yg berasa ndak, HRV Turbo ini rem nya kurang enak dibanding honda lain nya.
sama minus HRV generasi ini tuh kesel dengan pandangan keluar nya jelek bgt, berasa kyk bawa ladder frame.
sama spion nya mundur bgt, jd klo liat ke kiri harus kepala nengok (gk bs mata nya aja ngelirik).
jd posisi duduk nya gk enak untuk HRV yg generasi sekarang (kyk bukan naik honda posisi duduk nya)
Mungkin karena kap mesinnya lebih rata / flat, dibanding generasi sebelumnya yang kap mesinnya agak menukik turun. Jadi yang sekarang di ujung kiri kanan atas lampu terlihat agak naik menyusahkan untuk melihat jalanan depan.

Kedua, spion hrv ini kesannya lebih ke arah vertical panjangnya. Bukan melebar horizontal kaya mobil kebanyakan.

Selebihnya saya mayan suka posisi duduknya direndahin jadi bangku nya bisa agak kebelakangan. Yang ga enak di posisi nyetir cuma foot restnya aja, kok kaya kurang pas posisi kaki kiri nya.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1731
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by AbdulHakim »

CVT tanpa rubber effect itu e-CVT di mobil hybridnya toyota, yang menggunakan planetary gear.
Nah ga tau ya kalo di CRV Hybrid, transmisinya
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1124
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by ctopher7 »

KielConstantine wrote: 24 Jan 2025, 15:17
Ibet wrote: 24 Jan 2025, 09:11 wah ini mindset saya kalo bawa mobil cvt, sampe siksa diri sih ngga, lebih ke bawa santai aja

kalo suka betot ya better cari dct sekalian ga sih, ato >4AT yg sudah modif transgo, etc
Pilih mana… benerin CVT sabuk jebol.. atau benerin DCT yg mechatronic nya jebol macem golf mk7 1.5 tsi dry clutch :upss:
pilih zf8 atau 9g-tronic aja om :big_peace: maticnya sih proven reliable sisanya shir repair plesur sama aliran siksa diri wkwkwkwkwk
gboooster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 17 May 2021, 14:59
Location: Surabaya
Daily Vehicle: GE8 RS AT - All New HRV SE

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by gboooster »

Suryaputra wrote: 24 Jan 2025, 10:16 buat cruiser di tol, daily driving dan city driving, CVT tuh enak.
lbh enak dr 4-5 speed AT honda sendiri :big_biglaugh:
bener, saya bandingin mobil saya sesuai bio.
jauh enak CVT HRV daripada 5AT GE8 buat daily diring dalkot maupun lukot.
5AT honda suka bingung saat crawling, kickdow saat nyalip juga respon transmisinya lama, respon paddle shiftnya juga lambat.
Menangnya 5AT GE8 sih kalau buat naik gunung mantap banget :big_biglaugh:
gboooster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 17 May 2021, 14:59
Location: Surabaya
Daily Vehicle: GE8 RS AT - All New HRV SE

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by gboooster »

Kent wrote: 24 Jan 2025, 14:10 anyway ada yg berasa ndak, HRV Turbo ini rem nya kurang enak dibanding honda lain nya.
sama minus HRV generasi ini tuh kesel dengan pandangan keluar nya jelek bgt, berasa kyk bawa ladder frame.
sama spion nya mundur bgt, jd klo liat ke kiri harus kepala nengok (gk bs mata nya aja ngelirik).
jd posisi duduk nya gk enak untuk HRV yg generasi sekarang (kyk bukan naik honda posisi duduk nya)
iya liat spion kiri sulit banget, kudu nengok. Kadang lihat Lane Watch masih kurang yakin, jadi perlu lihat spion.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2417
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by darrelund »

ChZ wrote: 24 Jan 2025, 09:51 kan selalu dibilang

"disesuaikan dengan kondisi jalan dan karakter masyarakat indonesia"

ya bener kayak gitu makanya.

tapi biasa RWD ladder frame kalah duluan di shock om kalo front wheel kalahnya di bushing2. shocknya malah rata-rata awet ini saya pake H jarang banget ganti shock.

RWD ladder frame itu jarang rusak, sekali rusak mahal, kalo FWD itu rusaknya kecil2 murah2, tapi sering.
jadi inget di app sebelah

yg bilang ganti bushing etc etc bikin kantong jebol :big_biglaugh:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1504
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by t105erd »

AbdulHakim wrote: 24 Jan 2025, 15:44 CVT tanpa rubber effect itu e-CVT di mobil hybridnya toyota, yang menggunakan planetary gear.
Nah ga tau ya kalo di CRV Hybrid, transmisinya
om kalo CVT Subaru itu bagus ga? katanya pakai rantai yah bukan pakai sabuk? lagi ngincer XV
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5558
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by b0ku »

gboooster wrote: 24 Jan 2025, 16:20
bener, saya bandingin mobil saya sesuai bio.
jauh enak CVT HRV daripada 5AT GE8 buat daily diring dalkot maupun lukot.
5AT honda suka bingung saat crawling, kickdow saat nyalip juga respon transmisinya lama, respon paddle shiftnya juga lambat.
Menangnya 5AT GE8 sih kalau buat naik gunung mantap banget :big_biglaugh:
masih responsive om 5at itu apalagi pasang trotle control fellnya itu loh enak banget soalnya masih ada berasa mechanical shiftingnya :mky_03:

emang kencengan CVT sih mobilio aja berasa kenceng cvtnya dulu nyobain GK5 juga kaget lsg inget DSGnya TSI :big_biglaugh:

cuma tetep aja ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng itu yang gak tahan :big_bored:

ditambah gak tahan di bawa ala mobil track :mky_03:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1731
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by AbdulHakim »

t105erd wrote: 25 Jan 2025, 08:11
AbdulHakim wrote: 24 Jan 2025, 15:44 CVT tanpa rubber effect itu e-CVT di mobil hybridnya toyota, yang menggunakan planetary gear.
Nah ga tau ya kalo di CRV Hybrid, transmisinya
om kalo CVT Subaru itu bagus ga? katanya pakai rantai yah bukan pakai sabuk? lagi ngincer XV
Saya belum pernah pake Subaru om, CVT nissan, honda, toyota aja.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1124
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by ctopher7 »

ChZ wrote: 24 Jan 2025, 09:51
ctopher7 wrote: 23 Jan 2025, 10:55 sbnernya kalo dipikir pikir, mobil kyk fortuner / innova lebih cocok disebut truk dibanding mobil penumpang spertinya. lagian anomali banget, cuman tinggal ganti cairan sama filter solar bisa jalan ratusan ribu km di jalanan indo ga rusak rusak. cuman ya tradeoff nya gitu deh dibawanya gaenak

tapi kykny benchmark orang indo jadi ketinggian, smua mobil disamaratakan dengan ngerawat truk begini yang memang dari sananya super susah jebol. gimana bisa jebol, mesin very undertuned, rwd ladder frame, ps masih hidrolik, 6at yang tahan sampe 800 nm
kan selalu dibilang

"disesuaikan dengan kondisi jalan dan karakter masyarakat indonesia"

ya bener kayak gitu makanya.

tapi biasa RWD ladder frame kalah duluan di shock om kalo front wheel kalahnya di bushing2. shocknya malah rata-rata awet ini saya pake H jarang banget ganti shock.

RWD ladder frame itu jarang rusak, sekali rusak mahal, kalo FWD itu rusaknya kecil2 murah2, tapi sering.
kalo innova sih saya uda sering denger banyak yang claim tuh shock. fortuner jg spertinya shocknya memble, saya punya gaperna saya cek wkwk

kalo ladder macem LC atau G wagen aman spertinya :big_slap: iya lah orang harganya 6-10x lipat wkwkwk
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2390
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by sahabatq8 »

t105erd wrote: 25 Jan 2025, 08:11
AbdulHakim wrote: 24 Jan 2025, 15:44 CVT tanpa rubber effect itu e-CVT di mobil hybridnya toyota, yang menggunakan planetary gear.
Nah ga tau ya kalo di CRV Hybrid, transmisinya
om kalo CVT Subaru itu bagus ga? katanya pakai rantai yah bukan pakai sabuk? lagi ngincer XV
Bagus om, lumayan durable sekarang wrx turbo 2.4 aja makenya CVT, mayan gede kan torsinya. Cuma olinya aja yang harus hati² , banyak yang ngakunya bisa untuk CVT subaru tapi kenyataannya selip.

Sebenernya Hyundai Creta/Stargazer jg pake rantai om, cuman kapasitas torsinya gak sebagus Subaru. In general sih ane berasanya cvt chain itu lebih responsive, less rubber banding.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1124
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?

Post by ctopher7 »

darrelund wrote: 24 Jan 2025, 21:49
jadi inget di app sebelah

yg bilang ganti bushing etc etc bikin kantong jebol :big_biglaugh:
ini relatif mbah menurut pengalaman saya. kalo bushingnya innova beli aftermarket kyk protoflex gitu murah

yang kampret tuh modelan mobil yang jarang bushing aftermarket nya, biasanya bengkel skalian suruh lgsg ganti sama armnya skalian. arm sebiji bisa 2 jtan tinggal dikali ada berapa arm tu mobil. abis itu dikali kiri kanan :big_cry:

kalo bushing honda saya kurang tau kondisinya gimana, tapi kan hrv terkenal kaki glodakan, itu karna bushingnya pada getas / pecah juga kah?
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post