Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: 13 Mar 2022, 16:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Prolog
Waktu HR-V (Vezel) baru ini keluar di Japan sana, saya gak demen blas. Kok ya keliatannya masih bagusan generasi waktu itu (RU). Tapi powertrainnya menarik, e:hev nya Honda which is hybrid dan prinsipnya mirip e-powernya Nissan, tapi di high speed mesin bensinnya bisa bantuin.
Pas masuk Indo, ternyata yang masuk tetep L15 hahaha. Sama ketambahan mesin turbo yang unique cuma buat pasar Indo. Dan waktu saya liat foto specnya, kok yang RS paket menarik ya? 500 juta kurang dapet body chassis baru total, mesin 177ps, dan Honda Sensing.
S juga nggak kalah menarik, 350 di bawah Creta sudah dapet emblem H yang tegak, Honda Sensing full pack, dan pastinya platform yang jauh lebih baru. Cukup kalo buat kaki harian mah.
Dan juga warna kesukaan saya coklat dimasukin sama HPM, Sand Khaki Pearl. Karena yang SE udah dibahas sama om CHZ, saya bahas RS aja.
Car : 2022 Honda HR-V RS Sand Khaki Pearl
Mileage : 141 km on going
Price : 501jt (sialnya, ga free sparepart)
Exterior
Dari depan, mobil ini jauh beda sama HR-V lama. RS pakai grill Modulo ke 3d 3dan, SE ke bawah grillnya horizontal biasa. Lampu sudah full LED dan dapet running sign (di bawahnya RS dapet? Gak tau). Keren sih meski banyak yang bilang mirip Changan UNI-K hahaha.
RS juga dapat aero kit yang saya ga begitu suka. Aksen ala detak jantung warna merah di lower grill juga saya ga suka, buat apa sih. Bagusan punya SE ke bawah yang polosan. Tapi kalo grill saya pegang RS, lebih keren.
Sampingnya juga beda jauh dengan HR-V lama, modelnya sekarang ala ala coupe gitu. Handle pintu unik tetep ada. Handle pintu depan sudah nggak chrome, pun garis body jadi jauh lebih simpel tapi tegas. Honda sekarang kayak mau nunjukin kalau designnya sudah step up, gak norak ala-ala dulu yang segala window line juga dikrom.
Velg RS dan SE sama, 18 inci dengan warna abu dan ban Alenza. E dan S pakai 17 inci dengan ban Goodyear. Sejujurnya di awal mobil ini launch saya lebih suka velg 18 ini dibanding Vezel JDM, tapi ternyata diliat lama-lama bosen juga velg mono tone gini. Turns out velg keduanya sama, jadi kalo bosen nanti tinggal ganti warna velg ke Vezel JDM yang two tone.
Atapnya HR-V ini pinter banget Honda buatnya, meski kayak coupe ternyata slopingnya pas banget di atas kepala penumpang 2nd row, jadi gak makan headroom.
Belakangnya saya juga suka. Lampu full LED, penempatan plat dan kaca ala ala coupe bagus. Yang saya gak suka cuma emblemnya kenapa harus sebanyak itu. RS dapat dual muffler dan SE ke bawah satu aja. Kentara banget kesannya RS mau nunjukin “saya mobil kenceng” hahaha. Oh ya untuk RS bagasi sudah PBD. Katanya ada kick sensor tapi saya belum coba.
Overall, saya suka sama designnya. Ini salah satu contoh mobil yang harus diliat pake mata kepala sendiri baru bakal suka. Kalo di foto proporsi designnya aneh memang. Sialnya, terlalu banyak detail yang mengganggu seperti aksen detak jantung dan emblem.
Warna Sand Khakinya juara tapi.
Exterior : 8.5/10
Interior
Begitu masuk, yang langsung kerasa sama saya adalah bukaan handlenya yang firm dan kerasa berbobot, gak kayak HR-V lama yang enteng dan “krek” gitu. Pintunya juga lebih berat tapi gak nyusahin di tempat miring.
Doortrim HR-V baru ini bisa dibilang biasa aja desainnya, tapi materialnya patut diberi jempol. Di atas ada soft touch, bawah kulit, dan handle ala ala aluminium. Lucunya soft touch door trim cuma ada di RS.
Naik ke dalam seperti biasa Honda, rendah tapi masih ergonomis. Setelan jok masih manual, not good. Seriously Honda, 500 juta setelan jok masih manual? Lengkap sih, tapi ya males banget bayar setengah M setel jok masih jeglek jeglek. Expectation saya ada memory seat malah hahaha. Joknya enak sekali, headrest juga besar dan ada supportnya. Ini di luar ekspektasi saya karena HR-V lama joknya jauh sekali di bawah ini rasanya. Material joknya kulit kulitan yang halus.
Dashboardnya beda total dengan HR-V lama. Yang ini gak ada desain aneh-aneh, semua normal aja tapi tetep kesan mewahnya ada. RS dapat instrument TFT, tipe bawahnya semua kayak BR-V. Aneh juga kenapa nggak semua dibuat TFT ya? Raize Rocky aja udah TFT. Ini jadi hinaan sih untuk kaum mendang mending yang gak beli juga dan deal breaker bagi beberapa konsumen beneran.
Seperti City HB juga, semua tombol feelnya firm dan kulit steernya halus sekali, jadi kasih kesan premium. Head unitnya malah kenapa gak dikasih OEM Honda sih. Katanya ada Apple CarPlay dan Android Auto tapi belum dicobain. Kualitas audio jauh di atas HR-V lama tapi masih di bawah CX-30. Lanewatch muncul di layar HU tapi kok bagi saya ga begitu kepake ya hahaha.
Konsol tengah juga bukan yang tinggi banget kayak HR-V lama, jadi lebih biasa sekarang. Yang menarik perhatian di sini tombol driving mode dan Hill Descent Control. Jarang ada di harga segini nih. Driving mode ada Sport, Normal, sama Eco. Rem parkir elektrik kayak HR-V lama.
Panoramic roofnya yang bikin heboh itu beneran malesin. Udahlah gak bisa dibuka, yang depan shadenya tipis, yang belakang malah kayak main puzzle. Sepanjang saya bawa HR-V ini tutup pano belakang gak pernah saya pasang, masih di sarung yang dikasi Hondanya. Kalo shade belakang dibuka, makan bagasi dikit. Kalo ditutup, gelap di belakang jadinya. Mau buka main puzzle dulu. Serba salah hahaha.
Duduk di belakang bisa dibilang cukup enak. Headroom lega, legroom juga, tapi sayangnya menurut saya posisi duduknya agak ke bawah, jadi paha nggantung sedikit. HR-V lama ngga gini kayaknya seinget saya. Rasa claustrophobic ada dikit karena kaca kecil dan headliner warna item. Lampu kabin belakang lucu kayak punya pesawat, disentuh aja nyala. Rasanya jadi lebih premium aja.
Bagasi seperti saya bilang di atas, sudah PBD dan ada opsi untuk nutup abis kita tinggal pergi. Bagasinya lega tapi bakal kemakan shade pano kalo dibuka, karena harus disimpen di bagasi ngga bisa diselipin di tempat ban serep. Tapi yah lumayan lega, dibanding yang lama kayaknya ada tambahan space. Lebih gede juga dibanding CX-30 atau Corolla Cross.
Buat interior, saya boleh bilang improvementnya cukup jauh dari design maupun quality. Dari HR-V lama yang kena lobang kriyet2 jadi solid banget rasanya. Sayang aja panoramic ribed dan HU non OEM merusak impresi saya.
Interior : 8.5/10
Driving
Waktu start, yang pertama kerasa adalah suara mesin yang begitu senyap. Beda sama HR-V lama yang langsung kedengeran. Lucunya waktu saya remote start malah dari luar suara mesinnya kenceng banget. Oya kalo diremote start mobil masih locked, dan ga bisa langsung jalan harus teken start button dulu.
Masuk D, teken EPB, jalan.. rasanya masih sama aja sama HR-V lama. Hanya aja agak kerasa lebaran dan gedean di jalan kecil.
Waktu masuk jalan gede, buset enak amat ini mobil. Lubang diredam dengan baik, speedtrap jalanan yang gedenya sialan itu aja masih enak redamannya. Nggak nyangka juga HR-V baru bakal seenak ini.
Bisa dibilang masih keras, tapi far better dibanding Creta yang keempukan atau CX-3 yang kerasnya aduhai. Masih di bawah CX-30 tapi di atas Corolla Cross. Penasaran Honda mimpi apa tumbenan bikin mobil seenak ini hahaha. Sebenernya ga sekali ini sih, saya bawa City HB juga enak banget padahal itu regional bukan global line up.
Masuk tol, tambah amazed lagi saya. Memang suara ban meski udah pake Bridgestone Alenza masih masuk sedikit, tapi suara mesin cukup senyap di atas 160 lebih bahkan. Kabar baik bagi yang cari long distance cruiser, tapi kabar buruk bagi kaum brataktak. Even redamannya di kecepatan segitu masih sangat baik, sambungan jalan ga begitu kerasa.
Bahkan di beberapa segmen jalan saya rasa ini lebih baik dari kakaknya si CR-V RW. Lebih senyap mesinnya, redaman suspensinya lebih tenang, dan bannya lebih bagus. Meski soal suara angin dari kaca dan karet2 masih better CR-V.
Handling juga nggak bisa dibilang jelek. Saya rasa ini jauh lebih direct steeringnya dari HR-V lama meski sama-sama EPS. Chassis juga lebih kaku dari yang lama. Parameternya adalah tingkat kepedean saya ngebut naik ini hahaha, di HR-V lama 160 saya udah agak ngeri. Di yang baru ini masih tenang di dalam dan sayanya juga tenang. CX-30 masih menang di sini sedikit tapi. Creta? Jauh hahaha.
Power 177ps-nya juga gak bohong. Mapping mesinnya sepertinya beda sama Civic/CR-V, tarikannya terasa lebih smooth tapi pasti dibanding Civic/CR-V yang lebih meledak-ledak. Cuman di HR-V ini ketolong body enteng, jadi rasanya ya kencang juga. Prediksi saya 0-100 di 7 detikan gede atau 8 detik kecil. Saya baru berani sampai 160-170an, enteng naiknya padahal masih inreyen hahaha. Kalo CR-V turbo bisa 220 dan Civic bisa 230 harusnya topspeednya gak jauh dari 2 itu. Oya menurut saya lebih enak ngebut naik ini daripada Civic FK.
Satu lagi yang patut dihighlight adalah Honda Sensing di seluruh tipe. Di rute saya hanya kepake di tol karena jalan non tol nya gak ada marka, tapi rasanya bener2 bantu untuk daily. Lane followingnya juga smooth, nggak kaku gerak steernya padahal ini pake camera (apa ada radarnya ya? Logo depan rata soalnya). ACC juga bantu meski masalahnya sama seperti ACC mobil lain, jaraknya kejauhan kalo low speed hahaha, jadi diselak terus sama mobil lain. Kalau mau dimatikan ada tombolnya di kanan steer, tapi begitu restart mobil otomatis nyala semua sensingnya.
Sangat surprising bawa mobil ini.
Driving : 9.5/10
Verdict
Mungkin ada yang protes saya kasih 9.5 untuk driving, karena di harga segitu ada CX-30 atau MG HS yang enak. Tapi jangan lupa, HR-V ini bisa dibeli dari 350 jutaan dan rasa nyetirnya akan sama seperti RS yang 500 juta, hanya beda mesin. Sedangkan CX-30 atau HS baru bisa dibeli di 400an gede atau bahkan 540an untuk CX-30.
It means, HR-V baru ini bisa kasih kualitas ride 500 jutaan di harga 350 juta, worth it and which is why saya gak bakal recommend RS ini kalau anda gak hobi ngebut dan cuma buat daily. S atau SE cukup, E malah nanggung menurut saya. Bayangin nambah 60 juta (atau 10 juta kalo rela beli yang S) dari BR-V HS dapat mobil yang enak banget. Beli RS 500 juta kalo gak hobi ngebut waste of money hahaha.
Dan keliatan banget HR-V ini mau ngebanting Creta abis-abisan. Harga disamain, merek udah lebih established. Creta memang enak dan well equipped kalo dibanding HR-V lama, tapi langsung dibanting begitu HR-V baru ini keluar. Sales saya bilang beberapa hari sebelum saya bawa unit ada orang datang naik Creta baru masih plat sementara, liat2 HR-V dan mukanya kayak nyesel gitu hahaha.
Thank you!
Waktu HR-V (Vezel) baru ini keluar di Japan sana, saya gak demen blas. Kok ya keliatannya masih bagusan generasi waktu itu (RU). Tapi powertrainnya menarik, e:hev nya Honda which is hybrid dan prinsipnya mirip e-powernya Nissan, tapi di high speed mesin bensinnya bisa bantuin.
Pas masuk Indo, ternyata yang masuk tetep L15 hahaha. Sama ketambahan mesin turbo yang unique cuma buat pasar Indo. Dan waktu saya liat foto specnya, kok yang RS paket menarik ya? 500 juta kurang dapet body chassis baru total, mesin 177ps, dan Honda Sensing.
S juga nggak kalah menarik, 350 di bawah Creta sudah dapet emblem H yang tegak, Honda Sensing full pack, dan pastinya platform yang jauh lebih baru. Cukup kalo buat kaki harian mah.
Dan juga warna kesukaan saya coklat dimasukin sama HPM, Sand Khaki Pearl. Karena yang SE udah dibahas sama om CHZ, saya bahas RS aja.
Car : 2022 Honda HR-V RS Sand Khaki Pearl
Mileage : 141 km on going
Price : 501jt (sialnya, ga free sparepart)
Exterior
Dari depan, mobil ini jauh beda sama HR-V lama. RS pakai grill Modulo ke 3d 3dan, SE ke bawah grillnya horizontal biasa. Lampu sudah full LED dan dapet running sign (di bawahnya RS dapet? Gak tau). Keren sih meski banyak yang bilang mirip Changan UNI-K hahaha.
RS juga dapat aero kit yang saya ga begitu suka. Aksen ala detak jantung warna merah di lower grill juga saya ga suka, buat apa sih. Bagusan punya SE ke bawah yang polosan. Tapi kalo grill saya pegang RS, lebih keren.
Sampingnya juga beda jauh dengan HR-V lama, modelnya sekarang ala ala coupe gitu. Handle pintu unik tetep ada. Handle pintu depan sudah nggak chrome, pun garis body jadi jauh lebih simpel tapi tegas. Honda sekarang kayak mau nunjukin kalau designnya sudah step up, gak norak ala-ala dulu yang segala window line juga dikrom.
Velg RS dan SE sama, 18 inci dengan warna abu dan ban Alenza. E dan S pakai 17 inci dengan ban Goodyear. Sejujurnya di awal mobil ini launch saya lebih suka velg 18 ini dibanding Vezel JDM, tapi ternyata diliat lama-lama bosen juga velg mono tone gini. Turns out velg keduanya sama, jadi kalo bosen nanti tinggal ganti warna velg ke Vezel JDM yang two tone.
Atapnya HR-V ini pinter banget Honda buatnya, meski kayak coupe ternyata slopingnya pas banget di atas kepala penumpang 2nd row, jadi gak makan headroom.
Belakangnya saya juga suka. Lampu full LED, penempatan plat dan kaca ala ala coupe bagus. Yang saya gak suka cuma emblemnya kenapa harus sebanyak itu. RS dapat dual muffler dan SE ke bawah satu aja. Kentara banget kesannya RS mau nunjukin “saya mobil kenceng” hahaha. Oh ya untuk RS bagasi sudah PBD. Katanya ada kick sensor tapi saya belum coba.
Overall, saya suka sama designnya. Ini salah satu contoh mobil yang harus diliat pake mata kepala sendiri baru bakal suka. Kalo di foto proporsi designnya aneh memang. Sialnya, terlalu banyak detail yang mengganggu seperti aksen detak jantung dan emblem.
Warna Sand Khakinya juara tapi.
Exterior : 8.5/10
Interior
Begitu masuk, yang langsung kerasa sama saya adalah bukaan handlenya yang firm dan kerasa berbobot, gak kayak HR-V lama yang enteng dan “krek” gitu. Pintunya juga lebih berat tapi gak nyusahin di tempat miring.
Doortrim HR-V baru ini bisa dibilang biasa aja desainnya, tapi materialnya patut diberi jempol. Di atas ada soft touch, bawah kulit, dan handle ala ala aluminium. Lucunya soft touch door trim cuma ada di RS.
Naik ke dalam seperti biasa Honda, rendah tapi masih ergonomis. Setelan jok masih manual, not good. Seriously Honda, 500 juta setelan jok masih manual? Lengkap sih, tapi ya males banget bayar setengah M setel jok masih jeglek jeglek. Expectation saya ada memory seat malah hahaha. Joknya enak sekali, headrest juga besar dan ada supportnya. Ini di luar ekspektasi saya karena HR-V lama joknya jauh sekali di bawah ini rasanya. Material joknya kulit kulitan yang halus.
Dashboardnya beda total dengan HR-V lama. Yang ini gak ada desain aneh-aneh, semua normal aja tapi tetep kesan mewahnya ada. RS dapat instrument TFT, tipe bawahnya semua kayak BR-V. Aneh juga kenapa nggak semua dibuat TFT ya? Raize Rocky aja udah TFT. Ini jadi hinaan sih untuk kaum mendang mending yang gak beli juga dan deal breaker bagi beberapa konsumen beneran.
Seperti City HB juga, semua tombol feelnya firm dan kulit steernya halus sekali, jadi kasih kesan premium. Head unitnya malah kenapa gak dikasih OEM Honda sih. Katanya ada Apple CarPlay dan Android Auto tapi belum dicobain. Kualitas audio jauh di atas HR-V lama tapi masih di bawah CX-30. Lanewatch muncul di layar HU tapi kok bagi saya ga begitu kepake ya hahaha.
Konsol tengah juga bukan yang tinggi banget kayak HR-V lama, jadi lebih biasa sekarang. Yang menarik perhatian di sini tombol driving mode dan Hill Descent Control. Jarang ada di harga segini nih. Driving mode ada Sport, Normal, sama Eco. Rem parkir elektrik kayak HR-V lama.
Panoramic roofnya yang bikin heboh itu beneran malesin. Udahlah gak bisa dibuka, yang depan shadenya tipis, yang belakang malah kayak main puzzle. Sepanjang saya bawa HR-V ini tutup pano belakang gak pernah saya pasang, masih di sarung yang dikasi Hondanya. Kalo shade belakang dibuka, makan bagasi dikit. Kalo ditutup, gelap di belakang jadinya. Mau buka main puzzle dulu. Serba salah hahaha.
Duduk di belakang bisa dibilang cukup enak. Headroom lega, legroom juga, tapi sayangnya menurut saya posisi duduknya agak ke bawah, jadi paha nggantung sedikit. HR-V lama ngga gini kayaknya seinget saya. Rasa claustrophobic ada dikit karena kaca kecil dan headliner warna item. Lampu kabin belakang lucu kayak punya pesawat, disentuh aja nyala. Rasanya jadi lebih premium aja.
Bagasi seperti saya bilang di atas, sudah PBD dan ada opsi untuk nutup abis kita tinggal pergi. Bagasinya lega tapi bakal kemakan shade pano kalo dibuka, karena harus disimpen di bagasi ngga bisa diselipin di tempat ban serep. Tapi yah lumayan lega, dibanding yang lama kayaknya ada tambahan space. Lebih gede juga dibanding CX-30 atau Corolla Cross.
Buat interior, saya boleh bilang improvementnya cukup jauh dari design maupun quality. Dari HR-V lama yang kena lobang kriyet2 jadi solid banget rasanya. Sayang aja panoramic ribed dan HU non OEM merusak impresi saya.
Interior : 8.5/10
Driving
Waktu start, yang pertama kerasa adalah suara mesin yang begitu senyap. Beda sama HR-V lama yang langsung kedengeran. Lucunya waktu saya remote start malah dari luar suara mesinnya kenceng banget. Oya kalo diremote start mobil masih locked, dan ga bisa langsung jalan harus teken start button dulu.
Masuk D, teken EPB, jalan.. rasanya masih sama aja sama HR-V lama. Hanya aja agak kerasa lebaran dan gedean di jalan kecil.
Waktu masuk jalan gede, buset enak amat ini mobil. Lubang diredam dengan baik, speedtrap jalanan yang gedenya sialan itu aja masih enak redamannya. Nggak nyangka juga HR-V baru bakal seenak ini.
Bisa dibilang masih keras, tapi far better dibanding Creta yang keempukan atau CX-3 yang kerasnya aduhai. Masih di bawah CX-30 tapi di atas Corolla Cross. Penasaran Honda mimpi apa tumbenan bikin mobil seenak ini hahaha. Sebenernya ga sekali ini sih, saya bawa City HB juga enak banget padahal itu regional bukan global line up.
Masuk tol, tambah amazed lagi saya. Memang suara ban meski udah pake Bridgestone Alenza masih masuk sedikit, tapi suara mesin cukup senyap di atas 160 lebih bahkan. Kabar baik bagi yang cari long distance cruiser, tapi kabar buruk bagi kaum brataktak. Even redamannya di kecepatan segitu masih sangat baik, sambungan jalan ga begitu kerasa.
Bahkan di beberapa segmen jalan saya rasa ini lebih baik dari kakaknya si CR-V RW. Lebih senyap mesinnya, redaman suspensinya lebih tenang, dan bannya lebih bagus. Meski soal suara angin dari kaca dan karet2 masih better CR-V.
Handling juga nggak bisa dibilang jelek. Saya rasa ini jauh lebih direct steeringnya dari HR-V lama meski sama-sama EPS. Chassis juga lebih kaku dari yang lama. Parameternya adalah tingkat kepedean saya ngebut naik ini hahaha, di HR-V lama 160 saya udah agak ngeri. Di yang baru ini masih tenang di dalam dan sayanya juga tenang. CX-30 masih menang di sini sedikit tapi. Creta? Jauh hahaha.
Power 177ps-nya juga gak bohong. Mapping mesinnya sepertinya beda sama Civic/CR-V, tarikannya terasa lebih smooth tapi pasti dibanding Civic/CR-V yang lebih meledak-ledak. Cuman di HR-V ini ketolong body enteng, jadi rasanya ya kencang juga. Prediksi saya 0-100 di 7 detikan gede atau 8 detik kecil. Saya baru berani sampai 160-170an, enteng naiknya padahal masih inreyen hahaha. Kalo CR-V turbo bisa 220 dan Civic bisa 230 harusnya topspeednya gak jauh dari 2 itu. Oya menurut saya lebih enak ngebut naik ini daripada Civic FK.
Satu lagi yang patut dihighlight adalah Honda Sensing di seluruh tipe. Di rute saya hanya kepake di tol karena jalan non tol nya gak ada marka, tapi rasanya bener2 bantu untuk daily. Lane followingnya juga smooth, nggak kaku gerak steernya padahal ini pake camera (apa ada radarnya ya? Logo depan rata soalnya). ACC juga bantu meski masalahnya sama seperti ACC mobil lain, jaraknya kejauhan kalo low speed hahaha, jadi diselak terus sama mobil lain. Kalau mau dimatikan ada tombolnya di kanan steer, tapi begitu restart mobil otomatis nyala semua sensingnya.
Sangat surprising bawa mobil ini.
Driving : 9.5/10
Verdict
Mungkin ada yang protes saya kasih 9.5 untuk driving, karena di harga segitu ada CX-30 atau MG HS yang enak. Tapi jangan lupa, HR-V ini bisa dibeli dari 350 jutaan dan rasa nyetirnya akan sama seperti RS yang 500 juta, hanya beda mesin. Sedangkan CX-30 atau HS baru bisa dibeli di 400an gede atau bahkan 540an untuk CX-30.
It means, HR-V baru ini bisa kasih kualitas ride 500 jutaan di harga 350 juta, worth it and which is why saya gak bakal recommend RS ini kalau anda gak hobi ngebut dan cuma buat daily. S atau SE cukup, E malah nanggung menurut saya. Bayangin nambah 60 juta (atau 10 juta kalo rela beli yang S) dari BR-V HS dapat mobil yang enak banget. Beli RS 500 juta kalo gak hobi ngebut waste of money hahaha.
Dan keliatan banget HR-V ini mau ngebanting Creta abis-abisan. Harga disamain, merek udah lebih established. Creta memang enak dan well equipped kalo dibanding HR-V lama, tapi langsung dibanting begitu HR-V baru ini keluar. Sales saya bilang beberapa hari sebelum saya bawa unit ada orang datang naik Creta baru masih plat sementara, liat2 HR-V dan mukanya kayak nyesel gitu hahaha.
Thank you!
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
wah akhirnya ada yang sudah dapet di SM hahahaha saya cuma bisa ngiler liat tetangga depan pake RS turbo.
oiya yang bikin mesin L15BA di civic/HRV baru lebih enak meski basisnya tetep old L15B7 emang ada banyak ubahan. skrg exit valve nya dikasih VTEC mechanism. dulu pertama kali yang pake di accord. turbo juga pake yang bilahnya lebih banyak jadi pasti terasa lebih smooth.
utk perspektif memang 500 juta mahal tapi kalau mobil baru dgn figure 0-100 8 detikan emang dia paling murah sih, mungkin makanya HPM ga masukin civic hatchback soalnya kalo jadi sama malah kemakan civic hatchnya
lebih murah dari dua kebo diesel dengan modal lebih kecil bisa buat ngasepin
yang penasaran ini beneran se enak itu yah, padahal dia suspensi torsion beam. berarti gak salah kalo orang2 bilang civic FE juga lebih enak dari FC/FK. emang honda ini sweet spot buat performance x practicality.Oya menurut saya lebih enak ngebut naik ini daripada Civic FK.
oiya yang bikin mesin L15BA di civic/HRV baru lebih enak meski basisnya tetep old L15B7 emang ada banyak ubahan. skrg exit valve nya dikasih VTEC mechanism. dulu pertama kali yang pake di accord. turbo juga pake yang bilahnya lebih banyak jadi pasti terasa lebih smooth.
utk perspektif memang 500 juta mahal tapi kalau mobil baru dgn figure 0-100 8 detikan emang dia paling murah sih, mungkin makanya HPM ga masukin civic hatchback soalnya kalo jadi sama malah kemakan civic hatchnya

lebih murah dari dua kebo diesel dengan modal lebih kecil bisa buat ngasepin

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- grimjow
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: 21 Aug 2015, 21:45
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Good review. Setuju sih E nanggung. Karena S dan E pakai 17 inch, menurut saya sih tetap akan ada bedanya ride feelnya dengan SE yang pakai 18. Nanti pas uda beli S atau E, coba naik punya teman /saudara misal yang punya SE ntar malah nyesel ga ambil SE , dan malah nyari pelek aftermarket 18 inch yang satunya 5 juta yang ada aksen krom atau gold.sherryandkez wrote: ↑16 Apr 2022, 12:39 Prolog
It means, HR-V baru ini bisa kasih kualitas ride 500 jutaan di harga 350 juta, worth it and which is why saya gak bakal recommend RS ini kalau anda gak hobi ngebut dan cuma buat daily. S atau SE cukup, E malah nanggung menurut saya. Bayangin nambah 60 juta (atau 10 juta kalo rela beli yang S) dari BR-V HS dapat mobil yang enak banget. Beli RS 500 juta kalo gak hobi ngebut waste of money hahaha.
Thank you!
Yang ga beli RS bukan karena ga demen ngebut kayanya sekarang, tapi dipaksa ga boleh ngebut karena Etle.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4845
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
nice review om. kebetulan udh liat langsung unitnya di IIMS kemarin. ubahannya memang cukup signifikan ya dibanding yg lama, terutama dari segi desain, interior dan fiturnya. selain itu, kualitas audio bawaan dan bqnya juga membaik jauh dibanding yg lama, dan kalo menurut saya, tipe SE udh cukup kok kalo buat dalkot, kecuali butuh bgt tenaga gede baru ambil yg RS hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4263
- Joined: 26 Mar 2007, 15:16
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
I LOVE SM. ada yang review varian tertinggi, dan di kemudian hari kayanya jadi koleksi pedege mobkas. dan kenceng.
kalau udah gini sepertinya money is no objection, pay morer solely for the freaking fast engine (retune dikit 200 hp bisa ngintilian duo gerobak sayur di trans jawa),
apalagi kalau dihitung lagi dengan budget segitu bisa dapet mobil 7 seater lain atau apa kek daripada hanya sekedar medium crossover terlebih nambah 50 jt cuma buat mesin kenceng
dan untuk Creta memang sekarang jadi 2nd choice ya, walau sebenernya kuncian Creta itu untuk beberapa jenis konsumen, di customizable option, yg sayangnya ini bukan jenis konsumen yg banyak dari segi kuantitas. saya pribadi masih milih Creta atau Carens biar aneh sekalian. tapi ya tentu saja konsumen seperti saya ini seperti member SM lainnya, ga umum.

kalau udah gini sepertinya money is no objection, pay morer solely for the freaking fast engine (retune dikit 200 hp bisa ngintilian duo gerobak sayur di trans jawa),
apalagi kalau dihitung lagi dengan budget segitu bisa dapet mobil 7 seater lain atau apa kek daripada hanya sekedar medium crossover terlebih nambah 50 jt cuma buat mesin kenceng

dan untuk Creta memang sekarang jadi 2nd choice ya, walau sebenernya kuncian Creta itu untuk beberapa jenis konsumen, di customizable option, yg sayangnya ini bukan jenis konsumen yg banyak dari segi kuantitas. saya pribadi masih milih Creta atau Carens biar aneh sekalian. tapi ya tentu saja konsumen seperti saya ini seperti member SM lainnya, ga umum.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Baruuuu banget test drive RS turbo, bener2 one of a kind ini mobil. Tarikan L15C turbonya downshift pake paddle shift smooth tapi langsung josss wkt tes di tanjakan.
Kaki2 di jalan jelek, polisi tidur ada ngayun tp jauh jauh jauh lebih solid dari prestis 1.8 FL sekalipun sama ada efek blep blepnya. Penasaran feelnya L15ZF di SE gimana
Kaki2 di jalan jelek, polisi tidur ada ngayun tp jauh jauh jauh lebih solid dari prestis 1.8 FL sekalipun sama ada efek blep blepnya. Penasaran feelnya L15ZF di SE gimana
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12258
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Wah honda akhirnya put a bit attention buat NVH
Tapi.. apakah ini hanya di seri RS atau top of the line aja?
Krn yg review seri entry belum lihat.
Bukan hal yg sulit buat engineer sekelas honda, tinggal mau apa nggak aja
Biasanya kasta NVH dibedakan dr tipe tertinggi dan entry.
Kaya toyota ipah seri G dan V itu beda redaman nya
Dan mantap juga honda ngasih ban suv premium BS alenza, itu jg dipakai di varian biem X5

Tapi.. apakah ini hanya di seri RS atau top of the line aja?
Krn yg review seri entry belum lihat.
Bukan hal yg sulit buat engineer sekelas honda, tinggal mau apa nggak aja

Biasanya kasta NVH dibedakan dr tipe tertinggi dan entry.
Kaya toyota ipah seri G dan V itu beda redaman nya

Dan mantap juga honda ngasih ban suv premium BS alenza, itu jg dipakai di varian biem X5
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: 18 Jan 2016, 21:54
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
yg SE hening jg kok, pke ban BS cm gtw seri apa g merhatiinSuryaputra wrote: ↑16 Apr 2022, 15:54 Wah honda akhirnya put a bit attentiony buat NVH![]()
Tapi.. apakah ini hanya di seri RS atau top of the line aja?
Krn yg review seri entry belum lihat.
Bukan hal yg sulit buat engineer sekelas honda, tinggal mau apa nggak aja
Biasanya kasta NVH dibedakan dr tipe tertinggi dan entry.
Kaya toyota ipah seri G dan V itu beda redaman nya
Dan mantap juga honda ngasih ban suv premium BS alenza, itu jg dipakai di varian biem X5
tapi
overall feelnya JAUH banget sama ahond era freed (msh piara 1)
udh td yg 1.5se (odo 300an km apa wkt td)maastricht889 wrote: ↑16 Apr 2022, 15:28 Baruuuu banget test drive RS turbo, bener2 one of a kind ini mobil. Tarikan L15C turbonya downshift pake paddle shift smooth tapi langsung josss wkt tes di tanjakan.
Kaki2 di jalan jelek, polisi tidur ada ngayun tp jauh jauh jauh lebih solid dari prestis 1.8 FL sekalipun sama ada efek blep blepnya. Penasaran feelnya L15ZF di SE gimana
yaaa... enak bw santai lah itu mobil.. kyk bw freed lah, cm bedanya klo yg se kan ada paddleshift bwt fake gear at, jd klo butuh narik ndadak ya turunin gear aja smpe ngacir
toh mesin masih l15 kan... smpe 3rb ya gutless.. cm krn cvt ya rasionya lbh refined drpd 5at

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12258
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Wah mantap lah.doge wrote: ↑16 Apr 2022, 16:10yg SE hening jg kok, pke ban BS cm gtw seri apa g merhatiinSuryaputra wrote: ↑16 Apr 2022, 15:54 Wah honda akhirnya put a bit attentiony buat NVH![]()
Tapi.. apakah ini hanya di seri RS atau top of the line aja?
Krn yg review seri entry belum lihat.
Bukan hal yg sulit buat engineer sekelas honda, tinggal mau apa nggak aja
Biasanya kasta NVH dibedakan dr tipe tertinggi dan entry.
Kaya toyota ipah seri G dan V itu beda redaman nya
Dan mantap juga honda ngasih ban suv premium BS alenza, itu jg dipakai di varian biem X5
tapi
overall feelnya JAUH banget sama ahond era freed (msh piara 1)
udh td yg 1.5se (odo 300an km apa wkt td)maastricht889 wrote: ↑16 Apr 2022, 15:28 Baruuuu banget test drive RS turbo, bener2 one of a kind ini mobil. Tarikan L15C turbonya downshift pake paddle shift smooth tapi langsung josss wkt tes di tanjakan.
Kaki2 di jalan jelek, polisi tidur ada ngayun tp jauh jauh jauh lebih solid dari prestis 1.8 FL sekalipun sama ada efek blep blepnya. Penasaran feelnya L15ZF di SE gimana
yaaa... enak bw santai lah itu mobil.. kyk bw freed lah, cm bedanya klo yg se kan ada paddleshift bwt fake gear at, jd klo butuh narik ndadak ya turunin gear aja smpe ngacir
toh mesin masih l15 kan... smpe 3rb ya gutless.. cm krn cvt ya rasionya lbh refined drpd 5at
Bakal jd king of the class lagi
Penasaran coba cek ke kolong bawah ajah,
Siapa tau chassis sm rangka suspensi udh pakai subframe terpisah ala ala mbl eropah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1127
- Joined: 11 Jun 2021, 19:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
kalo duo grobak sih diasepin om sama hrv turbo, kecuali yang uda modif cumi cumi ganti turbo sama nozel ya wkwkkunaskun wrote:I LOVE SM. ada yang review varian tertinggi, dan di kemudian hari kayanya jadi koleksi pedege mobkas. dan kenceng.![]()
kalau udah gini sepertinya money is no objection, pay morer solely for the freaking fast engine (retune dikit 200 hp bisa ngintilian duo gerobak sayur di trans jawa),
apalagi kalau dihitung lagi dengan budget segitu bisa dapet mobil 7 seater lain atau apa kek daripada hanya sekedar medium crossover terlebih nambah 50 jt cuma buat mesin kenceng
dan untuk Creta memang sekarang jadi 2nd choice ya, walau sebenernya kuncian Creta itu untuk beberapa jenis konsumen, di customizable option, yg sayangnya ini bukan jenis konsumen yg banyak dari segi kuantitas. saya pribadi masih milih Creta atau Carens biar aneh sekalian. tapi ya tentu saja konsumen seperti saya ini seperti member SM lainnya, ga umum.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 186
- Joined: 06 Mar 2016, 15:59
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Wah jadi penasaran sama hrv ini apakah beneran seenak itu sampe lebih enak dari corolla cross.
Dirumah ada corolla cross dan daily saya pake CRV T aja menurut saya lebih enak corolla cross.
Berarti mungkin hrv baru ini lebih enak dari crv kali ya
Dirumah ada corolla cross dan daily saya pake CRV T aja menurut saya lebih enak corolla cross.
Berarti mungkin hrv baru ini lebih enak dari crv kali ya
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: 19 Sep 2010, 07:38
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
mantap reviewnya om.. saya udh inden yg SE tanpa tes drive dan sangat curious terutama dgn bantingan dan sunshade depan.sherryandkez wrote: ↑16 Apr 2022, 12:39
Panoramic roofnya yang bikin heboh itu beneran malesin. Udahlah gak bisa dibuka, yang depan shadenya tipis, yang belakang malah kayak main puzzle. Sepanjang saya bawa HR-V ini tutup pano belakang gak pernah saya pasang, masih di sarung yang dikasi Hondanya. Kalo shade belakang dibuka, makan bagasi dikit. Kalo ditutup, gelap di belakang jadinya. Mau buka main puzzle dulu. Serba salah hahaha.
----
Waktu masuk jalan gede, buset enak amat ini mobil. Lubang diredam dengan baik, speedtrap jalanan yang gedenya sialan itu aja masih enak redamannya. Nggak nyangka juga HR-V baru bakal seenak ini.
Bisa dibilang masih keras, tapi far better dibanding Creta yang keempukan atau CX-3 yang kerasnya aduhai. Masih di bawah CX-30 tapi di atas Corolla Cross. Penasaran Honda mimpi apa tumbenan bikin mobil seenak ini hahaha.
pernah piara banyak mobil a.l CX-3 dan Outlander Sport. OS bantingan paling mantap sementara CX-3 paling bikin pantat sakit meskipun berbanding terbalik utk driving experience nya.
jadi bantingan beda jauh dgn HRV lama dan CX-3 ya? bagaimana dengan sunshade depan yg menerawang begitu, apakah panas matahari masuk?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: 28 Mar 2013, 11:53
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3822
- Joined: 10 Aug 2015, 20:13
- Location: Jakarta
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Kayaknya di civic dan crv aman2 aja. Paling itu masih pagi apa abis dicuci masuk air kali knalpotnyaheiituaku wrote: ↑17 Apr 2022, 08:42 https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... ri-knalpot
apakah mesin turbo honda bakar oli?

- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Hadeh calon isu goreng gorengan lagi.heiituaku wrote: ↑17 Apr 2022, 08:42 https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... ri-knalpot
apakah mesin turbo honda bakar oli?
Dugaan si paling masih pagi aja, mungkin blm warmed up. Gw dulu pernah kok CRV RE asapnya malah sampe keliatan putih banget pagi pagi.
Males aja ini nanti bakal jd goreng gorengan netijin maha tau seakan trobel semua mesinnya.... Pdhl yang pake mah hepi hepi aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3822
- Joined: 10 Aug 2015, 20:13
- Location: Jakarta
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Sales brand sebelah yg head to head langsung sama hrv pada kebakaran jenggot sih om, menghujat hrv abis2an terutama tutup panoramicnya. Sama ngebandingin harga trim tertinggi beda 100 jt, padahal si rs ga bisa langsung head to head sama trim tertinggi merekaChZ wrote: ↑17 Apr 2022, 10:20Hadeh calon isu goreng gorengan lagi.heiituaku wrote: ↑17 Apr 2022, 08:42 https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... ri-knalpot
apakah mesin turbo honda bakar oli?
Kalau emg iya mungkin defect unit masang ring piston g bener.... Atau ya namanya masih break in period mgkn cylinder bore nya masih sisakan celah oli masuk agak banyak.
Tapi ya mesin GDI pasti ada dilution. Di amrik sempat trobel excessive dilution di awal dulu terutama di northern yang cenderung dingin. Cm ya gak semua unit kena jg sih.
Males aja ini nanti bakal jd goreng gorengan netijin maha tau.... Hahahahaha. Pdhl mah 5 taun beredar tuh mesin terbukti bulletproof. CRV turbo ampe yg isi pertalite banyak jg masih jalan.

- grimjow
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: 21 Aug 2015, 21:45
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Saya malah fokus lampunya, cakep dari belakang.heiituaku wrote: ↑17 Apr 2022, 08:42 https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... ri-knalpot
apakah mesin turbo honda bakar oli?
Manuver juga stabil

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2153
- Joined: 25 Jan 2017, 16:12
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
nice review, om
dibandingkan dengan varian S dan E yg pake ban 17”, lebih nyaman mana, om?

dibandingkan dengan varian S dan E yg pake ban 17”, lebih nyaman mana, om?

Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Peace of mind.
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11744
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
msh periode indreyen udah digeber2 ... that's what u getheiituaku wrote: ↑17 Apr 2022, 08:42 https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... ri-knalpot
apakah mesin turbo honda bakar oli?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5584
- Joined: 12 Jul 2013, 11:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
asep putihnya pas lagi di geber kayak pajero saya kalo pake dex kalo di kickdown pasti begitu jgn2x ud remap sama copot katalikheiituaku wrote: ↑17 Apr 2022, 08:42 https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... ri-knalpot
apakah mesin turbo honda bakar oli?

gimana liat GE8 saya gara2x setelan gas kenceng kalo di gas lagi idle banyak serbuk item keluar dari kenalpot

- sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2392
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Kemarin sempet liat liat mobil ini di IIMS. Overall ok sih big upgrade dibandingin seri HRV lama, dibandingkan kompetitornya ini salah satu yang paling menarik. Cuma komment saya cuma satu, itu headunitnya kok kyk tempelan ya, afterthought gitu. Rumah plastiknya kalo di pegang kopong dan tipis bgt.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
- forzanetti
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 436
- Joined: 10 Jul 2021, 17:04
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Terutama HU yang S sama E, keliatan jadul banget, frame tebel.sahabatq8 wrote:Kemarin sempet liat liat mobil ini di IIMS. Overall ok sih big upgrade dibandingin seri HRV lama, dibandingkan kompetitornya ini salah satu yang paling menarik. Cuma komment saya cuma satu, itu headunitnya kok kyk tempelan ya, afterthought gitu. Rumah plastiknya kalo di pegang kopong dan tipis bgt.
Tapi ya HU gampang lah bisa upgrade sendiri hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Br aja udah test yg SE saya om, saya tes di tanjakan ekstrim khas semarang (gombel, jalan sumbing, jalan galunggung). Masih bisa aja (tipikal 1.5 NA), harus maenin paddle shift baru mayan jambak tarikannya. Dr powerband gr2 L15 DOHC saya liat power distributionnya lbh merata, tenaga torsi ada terus walaupun ttp kalem dibanding L15 SOHC sblmnya.doge wrote: ↑16 Apr 2022, 16:10yg SE hening jg kok, pke ban BS cm gtw seri apa g merhatiinSuryaputra wrote: ↑16 Apr 2022, 15:54 Wah honda akhirnya put a bit attentiony buat NVH![]()
Tapi.. apakah ini hanya di seri RS atau top of the line aja?
Krn yg review seri entry belum lihat.
Bukan hal yg sulit buat engineer sekelas honda, tinggal mau apa nggak aja
Biasanya kasta NVH dibedakan dr tipe tertinggi dan entry.
Kaya toyota ipah seri G dan V itu beda redaman nya
Dan mantap juga honda ngasih ban suv premium BS alenza, itu jg dipakai di varian biem X5
tapi
overall feelnya JAUH banget sama ahond era freed (msh piara 1)
udh td yg 1.5se (odo 300an km apa wkt td)maastricht889 wrote: ↑16 Apr 2022, 15:28 Baruuuu banget test drive RS turbo, bener2 one of a kind ini mobil. Tarikan L15C turbonya downshift pake paddle shift smooth tapi langsung josss wkt tes di tanjakan.
Kaki2 di jalan jelek, polisi tidur ada ngayun tp jauh jauh jauh lebih solid dari prestis 1.8 FL sekalipun sama ada efek blep blepnya. Penasaran feelnya L15ZF di SE gimana
yaaa... enak bw santai lah itu mobil.. kyk bw freed lah, cm bedanya klo yg se kan ada paddleshift bwt fake gear at, jd klo butuh narik ndadak ya turunin gear aja smpe ngacir
toh mesin masih l15 kan... smpe 3rb ya gutless.. cm krn cvt ya rasionya lbh refined drpd 5at
Saya nyalip2 di tanjakan nurut banget chassisnya dan bs nebak pantatnya lg di mana, selama nyalip di tanjakan suara L15ZFnya enakkkk. Bantingan suspensi juga oke punya, lembut-solid ngayun gitu. Pas unt ukuran saya, bantingan di atas prestis 1.8 fl.
Kayanya ban BS Alenza HL 33 bener2 nyumbang bantingan seenak ini, lucunya ban ini patternnya persis plek sama Dueler HL 33 di crv turbo. Yg tipe S sama E FYI bannya Goodyear ATM2, dan dari size jadi 215/60/R17. Di SE sama RS sizenya 225/50/R18.
NVH antara SE sama RS sama aja, jauh lebih kedap dari hrv lama sekalipun vs prestis. Gambaran NVH, selama test drive ada motor knalpot kenceng banget baru kedengeran. Motor ori brenti di samping/papasan waktu lampu merah ga kedengeran, approve sesuai videonya RH memang NVHnya good. Suara ban udah bener2 minim, ada suara sedikit banget. Krg lebih gambarannya kaya naik CX5 2017.
Di SE sesuai khas cvt honda, di awal ngegas suka kedengeran suara "nguung", di kuping saya udh minim banget dengernya gr2 se-kedap itu drpd yg lama. Krn di prestis fl pun suara nguung itu udh keitung minim buat saya, ini lebih minim lagi.
Steering response-feedback di SE udah lebih kerasa, mendekati RS turbo. Feedback stir dibanding hrv 1.5 lama sih jauh lah, ini enak banget walopun di tipe SE.
Driving position di hrv baru saya suka, kap mesin bs keliatan rata ngotak dan sangat predictable. Di crv RE kap mesin keliatan tp masih ngelengkung agak ga ketebak, crv turbo warna putih msh agak susah nebak moncongnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: 18 Jan 2016, 21:54
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
blm pada ngeh neh klo smpe tipe se jg g ada tweeterforzanetti wrote: ↑17 Apr 2022, 15:51Terutama HU yang S sama E, keliatan jadul banget, frame tebel.sahabatq8 wrote:Kemarin sempet liat liat mobil ini di IIMS. Overall ok sih big upgrade dibandingin seri HRV lama, dibandingkan kompetitornya ini salah satu yang paling menarik. Cuma komment saya cuma satu, itu headunitnya kok kyk tempelan ya, afterthought gitu. Rumah plastiknya kalo di pegang kopong dan tipis bgt.
Tapi ya HU gampang lah bisa upgrade sendiri hehe

cm 4speaker, mendem jdnya hahaha

- sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2392
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Oh ya? Kirain pake model coaxial speaker depannya.doge wrote: ↑17 Apr 2022, 16:00blm pada ngeh neh klo smpe tipe se jg g ada tweeterforzanetti wrote: ↑17 Apr 2022, 15:51Terutama HU yang S sama E, keliatan jadul banget, frame tebel.sahabatq8 wrote:Kemarin sempet liat liat mobil ini di IIMS. Overall ok sih big upgrade dibandingin seri HRV lama, dibandingkan kompetitornya ini salah satu yang paling menarik. Cuma komment saya cuma satu, itu headunitnya kok kyk tempelan ya, afterthought gitu. Rumah plastiknya kalo di pegang kopong dan tipis bgt.
Tapi ya HU gampang lah bisa upgrade sendiri hehe![]()
cm 4speaker, mendem jdnya hahaha
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 19 Replies
- 4756 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 210 Replies
- 36310 Views
-
Last post by darrelund
-
- 39 Replies
- 4364 Views
-
Last post by mullen
-
- 95 Replies
- 28433 Views
-
Last post by qushay20019
-
- 32 Replies
- 12131 Views
-
Last post by Bibieight
-
- 5 Replies
- 7269 Views
-
Last post by takokak
-
- 8 Replies
- 4532 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 33 Replies
- 7872 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 35 Replies
- 11247 Views
-
Last post by theone77
-
- 11 Replies
- 8067 Views
-
Last post by ciando