ditunggu review nya nh om,
lagi bimbang antara ioniq 5 atau santa fe crdi ini
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
ditunggu review nya nh om,
Setau saya memang akan dapat 2 macam charger. 1 portable yg dibawa2 dan 1 lagi yg akan diinstall oleh teknisi hyundai dirumah.Salvanost wrote: ↑Mon Jun 13, 2022 7:04 Gua keki juga sama ini berita Ionic 5
Minimal spec charger kasih tau lah...
4jam doank 1 jam doank maksudnya apaan coba
Ini udah telp customer service hyundai
Dikabarin kalau nantinya dikasih 2 charger
Dikasih 2 charge 2-2nya gratis dapat pas beli (kalau salah berarti info masih simpang siur ya ini dapat dari customer care hyundai langsung)
Charge portable bawaan 3500watt ini bisa dibawa kemana mana di dalam bagasi mobil juga bisa
Wall mount charging 7200-7700watt
Ini charger yg dipasang di rumah atau kantor
tadi pagi bokap bilang tertarik sama Ioniq 5 gara2 bebas 3in 1 dan ganjil genapBpurna wrote: ↑Mon Jun 13, 2022 15:31Setau saya memang akan dapat 2 macam charger. 1 portable yg dibawa2 dan 1 lagi yg akan diinstall oleh teknisi hyundai dirumah.Salvanost wrote: ↑Mon Jun 13, 2022 7:04 Gua keki juga sama ini berita Ionic 5
Minimal spec charger kasih tau lah...
4jam doank 1 jam doank maksudnya apaan coba
Ini udah telp customer service hyundai
Dikabarin kalau nantinya dikasih 2 charger
Dikasih 2 charge 2-2nya gratis dapat pas beli (kalau salah berarti info masih simpang siur ya ini dapat dari customer care hyundai langsung)
Charge portable bawaan 3500watt ini bisa dibawa kemana mana di dalam bagasi mobil juga bisa
Wall mount charging 7200-7700watt
Ini charger yg dipasang di rumah atau kantor
Utk portable charger itu bisa kita pilih mau brp ampere. Ada 8,10,12,14. Kalau 8x220v: 1800W, 10x220:2200W, dstnya sesuai daya yg available saja. 3500W max berarti pilih yg 16A, bisa kita ganti2 sendiri di chargernya. Ada tombolnya gitu.
Kalau mobil plg worth memang ioniq 5 ini sih.
Dari segi akselerasi, mercy or bmw yg 0-100 7detikan kyknya 900jt plus semua harganya.
Dari segi luas kursi, menyerupai e class or s class (harga 1m plus)
Dari segi irit, gak ada yg bs ngelawan.
Dari segi range sesama ev, tesla twice the price.
Masih mending klo cuman menurun,Turboman wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 23:24 Serba sulit ya
1. Mobil ICE (Internal Combustion), harus selalu siap2 menghadapi melonjaknya harga BBM saat situasi dunia nggak stabil
2. Mobil Listrik, harus menghadapi realita saat mobil udah usia 8 tahun / lebih kemampuan batere yg menurun & harga batere selangit
Semoga saja dgn penemuan batere LFP dll / jenis batt tanpa Nickel / Cobalt / tanpa logam2 mahal akan menurunkan harga batere scr signifikan
Juga spt hape, batere2 alternative / batere suntik / batere ganti cell cell yg lemah aja (gak usah ganti semua)
Spt nya ke depannya Batere Nickel spt NCA / LMN batt arah penggunaan lebih utk mobil2 EV kelas Super High Performance / Ultra long range, sementara EV umum pake batt LFP / lainnya
CMIIW
ummmm accel 7 detikan.... HRV turbo / honda civic turbo 500-600jtan koqBpurna wrote: ↑Mon Jun 13, 2022 15:31
Kalau mobil plg worth memang ioniq 5 ini sih.
Dari segi akselerasi, mercy or bmw yg 0-100 7detikan kyknya 900jt plus semua harganya.
Dari segi luas kursi, menyerupai e class or s class (harga 1m plus)
Dari segi irit, gak ada yg bs ngelawan.
Dari segi range sesama ev, tesla twice the price.
Intinya semakin padat penduduk bumi = semakin mahal harga2 komoditasSuryaputra wrote:Masih mending klo cuman menurun,Turboman wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 23:24 Serba sulit ya
1. Mobil ICE (Internal Combustion), harus selalu siap2 menghadapi melonjaknya harga BBM saat situasi dunia nggak stabil
2. Mobil Listrik, harus menghadapi realita saat mobil udah usia 8 tahun / lebih kemampuan batere yg menurun & harga batere selangit
Semoga saja dgn penemuan batere LFP dll / jenis batt tanpa Nickel / Cobalt / tanpa logam2 mahal akan menurunkan harga batere scr signifikan
Juga spt hape, batere2 alternative / batere suntik / batere ganti cell cell yg lemah aja (gak usah ganti semua)
Spt nya ke depannya Batere Nickel spt NCA / LMN batt arah penggunaan lebih utk mobil2 EV kelas Super High Performance / Ultra long range, sementara EV umum pake batt LFP / lainnya
CMIIW
klo kebakar ngeri2 sedap juga
BBM iya mbah berasa bangett pertamax 12500 seliter
swasta Vivo yg paling murah aja udh sentuh 13900 seliter, naik Rp 1k dari 12900
pk pertalite, ngelitik pas nanjak cipularang
apa sy pasang produk ajaib BRQ aja yaa, secara sudah direkomen oleh mbah pembalap fitra
Solusi plg ekonomis, klo bepergian sendiri, pakai Skutik bisa dapat 40-an km/liter betul" hemat
_________________________________________________________________________
Setuju mbah.Turboman wrote: ↑Sat Jun 18, 2022 3:17Intinya semakin padat penduduk bumi = semakin mahal harga2 komoditasSuryaputra wrote:Masih mending klo cuman menurun,Turboman wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 23:24 Serba sulit ya
1. Mobil ICE (Internal Combustion), harus selalu siap2 menghadapi melonjaknya harga BBM saat situasi dunia nggak stabil
2. Mobil Listrik, harus menghadapi realita saat mobil udah usia 8 tahun / lebih kemampuan batere yg menurun & harga batere selangit
Semoga saja dgn penemuan batere LFP dll / jenis batt tanpa Nickel / Cobalt / tanpa logam2 mahal akan menurunkan harga batere scr signifikan
Juga spt hape, batere2 alternative / batere suntik / batere ganti cell cell yg lemah aja (gak usah ganti semua)
Spt nya ke depannya Batere Nickel spt NCA / LMN batt arah penggunaan lebih utk mobil2 EV kelas Super High Performance / Ultra long range, sementara EV umum pake batt LFP / lainnya
CMIIW
klo kebakar ngeri2 sedap juga
BBM iya mbah berasa bangett pertamax 12500 seliter
swasta Vivo yg paling murah aja udh sentuh 13900 seliter, naik Rp 1k dari 12900
pk pertalite, ngelitik pas nanjak cipularang
apa sy pasang produk ajaib BRQ aja yaa, secara sudah direkomen oleh mbah pembalap fitra
Solusi plg ekonomis, klo bepergian sendiri, pakai Skutik bisa dapat 40-an km/liter betul" hemat
_________________________________________________________________________
gak hanya Minyak bumi
harga2 bahan baku batere spt Lithium / Cobalt / Nikel juga liat aja 15 tahun terakhir naiknya spt apa.......
Tarip listrik juga bisa naik terus jika Coal / Uranium / Gas makin lama makin mahal
Mungkinkah suatu hari nanti punya mobil pribadi = sesuatu yg sgt mewah ?
Mobil ICE = akan mahal di BBM
EV = sgt mahal di batere
CMIIW & Disclemer
sejarah berulang.Suryaputra wrote: ↑Sat Jun 18, 2022 4:03
Setuju mbah.
Jaman generasi baby boomer tahap awal, punya rumah hal yg biasa
Makin ke sini, klo ada yg beli rumah jaman now, apalagi cash, itu bener2 sultan.
Bener mbah, klo dipikir2 yaa, mobil ICE pun, in the near future jd barang mewah.
Apalagi EV hahaha
Serba salah emang brother.ChZ wrote: ↑Sat Jun 18, 2022 4:12sejarah berulang.Suryaputra wrote: ↑Sat Jun 18, 2022 4:03
Setuju mbah.
Jaman generasi baby boomer tahap awal, punya rumah hal yg biasa
Makin ke sini, klo ada yg beli rumah jaman now, apalagi cash, itu bener2 sultan.
Bener mbah, klo dipikir2 yaa, mobil ICE pun, in the near future jd barang mewah.
Apalagi EV hahaha
pernah dulu ada waktu punya mobil itu mewah, lama lama orang semua bisa punya mobil.
skrg inflasi makin gila, mobil pun balik jadi barang mewah.
ada om dari kanada, bulan lalu ada kesini cerita, saking housing di sana mahal, anaknya (sepupu ane) rent. dan katanya emang ini trend di sana anak muda saking gak mampu afford housing rata-rata ya ambil rent (yang gak murah juga).
diitung2 sampe mati pun gak bakal bisa beli rumah dengan bayaran UMR sono. rent nya aja mahal.
pension buat orang yang sudah gak bekerja dari negara pun cuma cukup buat bayar rent.
sialnya mobil di usa pun sekarang pada lebih suka sistem lease dibanding beli.
di indo kalau harga mobil makin ga waras, bisa aja nanti generasi muda lebih suka lease drpd beli. ga mikir pajak juga kan. orang kita sewa bukan beli. ga mikir penyusutan, ntar di akhir ownership milih mau ganti baru atau dimiliki, dan udah pasti enakan lease baru lagi.
bank senang, car company senang, kita yang gila hahahaha bayar leasing mobil terus terusan.
Kalo saya lebih mikir depresiasi sama advancement 3 tahun kedepan (pasti kyk hp cepet ketinggalan) , sekarang kena early adopter tax.Turboman wrote: ↑Fri Jun 17, 2022 23:24 Serba sulit ya
1. Mobil ICE (Internal Combustion), harus selalu siap2 menghadapi melonjaknya harga BBM saat situasi dunia nggak stabil
2. Mobil Listrik, harus menghadapi realita saat mobil udah usia 8 tahun / lebih kemampuan batere yg menurun & harga batere selangit
Semoga saja dgn penemuan batere LFP dll / jenis batt tanpa Nickel / Cobalt / tanpa logam2 mahal akan menurunkan harga batere scr signifikan
Juga spt hape, batere2 alternative / batere suntik / batere ganti cell cell yg lemah aja (gak usah ganti semua)
Spt nya ke depannya Batere Nickel spt NCA / LMN batt arah penggunaan lebih utk mobil2 EV kelas Super High Performance / Ultra long range, sementara EV umum pake batt LFP / lainnya
CMIIW
gua pernah konsultasi gini di grup lain om...kendibocor wrote: ↑Sat Jun 18, 2022 4:20 Sekarang pun harga mobil makin ga logis, dlm setahun bisa naek beberapa kali. 1-2 dekade lalu kayaknya ga sampe gini2 amat. Sekarang harga mobkas banyak yg mepet harga baru pas 2-3 thn lalu. Depresiasi mobilnya hampir mendekati kenaikan harganya sedangkan buying powernya ga bertambah signifikan. Makanya sekarang mending cepet2 beli mbl atau benda apa yg dimau, sukur2 barangnya bisa jadi barang investasi. Sblm inflasi gila2an dan 2-3 tahun lg ga mampu beli.
Dari dlu prinsip bokap mobil jepang max 5 thn, mbl eropa max 7 thn harus ganti. Ya secara ekonomi emang bokap mendukung buat seperti itu. Kebanyakan orang jg ane rasa sama kaya gitu. mindsetnya mobil diatas 5 thn pasti uda bonyok karena emang dari dlu yg rawat mbl ya supir yg agak asal2an. Sebenernya dlu mbl keluarga hampir ga ada masalah sih, cuma emang dari eksterior, interior uda keliatan fatigues nya. Tp Sekarang kayaknya dengan perawatan yg bener mobil bisa kok beyond 5 years or 100k km. Interior eksterior butek tinggal dipoles aja kaya mobil baru lg.Salvanost wrote: ↑Sat Jun 18, 2022 12:55gua pernah konsultasi gini di grup lain om...kendibocor wrote: ↑Sat Jun 18, 2022 4:20 Sekarang pun harga mobil makin ga logis, dlm setahun bisa naek beberapa kali. 1-2 dekade lalu kayaknya ga sampe gini2 amat. Sekarang harga mobkas banyak yg mepet harga baru pas 2-3 thn lalu. Depresiasi mobilnya hampir mendekati kenaikan harganya sedangkan buying powernya ga bertambah signifikan. Makanya sekarang mending cepet2 beli mbl atau benda apa yg dimau, sukur2 barangnya bisa jadi barang investasi. Sblm inflasi gila2an dan 2-3 tahun lg ga mampu beli.
ada mobil umur 10 tahun mau ganti mobil apa pertahanin aja
mereka2 rata2 jawab pertahanin aja, karena mobil lama lebih gampang dibenerin
kalau mobil baru = parts baru = inflasi terus harga parts naik pasti banyak toko ga mau nyetok, hasilnya partsnya susah didapat
walaupun saya yakin Indonesia ekonominya kuat sebelum pileg dan pilpres 2024
jadi mungkin ketakutan sekarang2 ini baru kelihatan nanti setelah 2024
Suryaputra wrote: ↑Sat Jun 18, 2022 4:03Setuju mbah.Turboman wrote: ↑Sat Jun 18, 2022 3:17Intinya semakin padat penduduk bumi = semakin mahal harga2 komoditasSuryaputra wrote:
Masih mending klo cuman menurun,
klo kebakar ngeri2 sedap juga
BBM iya mbah berasa bangett pertamax 12500 seliter
swasta Vivo yg paling murah aja udh sentuh 13900 seliter, naik Rp 1k dari 12900
pk pertalite, ngelitik pas nanjak cipularang
apa sy pasang produk ajaib BRQ aja yaa, secara sudah direkomen oleh mbah pembalap fitra
Solusi plg ekonomis, klo bepergian sendiri, pakai Skutik bisa dapat 40-an km/liter betul" hemat
_________________________________________________________________________
gak hanya Minyak bumi
harga2 bahan baku batere spt Lithium / Cobalt / Nikel juga liat aja 15 tahun terakhir naiknya spt apa.......
Tarip listrik juga bisa naik terus jika Coal / Uranium / Gas makin lama makin mahal
Mungkinkah suatu hari nanti punya mobil pribadi = sesuatu yg sgt mewah ?
Mobil ICE = akan mahal di BBM
EV = sgt mahal di batere
CMIIW & Disclemer
Jaman generasi baby boomer tahap awal, punya rumah hal yg biasa
Makin ke sini, klo ada yg beli rumah jaman now, apalagi cash, itu bener2 sultan.
Bener mbah, klo dipikir2 yaa, mobil ICE pun, in the near future jd barang mewah.
Apalagi EV hahaha
Klo lukot ngeri2 sedap jg ya
Bibieight wrote: ↑Sat Jul 02, 2022 9:31 20220702_162636.jpg
3 minggu pakai tol priuk-raya bekazi, sekali ke bogor pp, kena 6.3 km/kwh, pakai mode eco ya, kalo mode sport pedal to the karpet ala-ala tesla ya cuma 3-4 km/kwh. Tapi buat saya novelty gaya2an 0-100 km dibawah 5 detik cuma sesaat koq, sisanya malah coba cari 7km/kwh.
Di Ioniq forum lagi rame ini, yg pada kena di US, rata2 diganti segelondong, masalahnya disana nunggu gelondongan itu bisa 2-3 bulan… . ACnya bukan model kompressor-kondensor biasa kayaknya, tapi model heatpump soalnya sekalian dipake buat ngademin batere juga. Nah kalo di Indonesia tinggal diliat ni, itu stock CKD tetep dipake buat bikin mobil baru atau dipake buat gantiin yg pada kena ACnya…. Besok mau saya ajak kenalan ama DC charger, sekalian liat apa pas dicharge emang kompressornya bener2 Nyasaland enggak…..Bpurna wrote: ↑Sat Jul 02, 2022 15:04Bibieight wrote: ↑Sat Jul 02, 2022 9:31 20220702_162636.jpg
3 minggu pakai tol priuk-raya bekazi, sekali ke bogor pp, kena 6.3 km/kwh, pakai mode eco ya, kalo mode sport pedal to the karpet ala-ala tesla ya cuma 3-4 km/kwh. Tapi buat saya novelty gaya2an 0-100 km dibawah 5 detik cuma sesaat koq, sisanya malah coba cari 7km/kwh.
Saudara saya ioniq5 nya kena trouble di ac. Katanya kompresor musti diganti. Nunggu parts aja msh waranty juga. Semoga bukan cacat pabrik. Hrsnya kalo drive eco bisa 7km/kwh
Wah range anxiety masih adaBibieight wrote: ↑Sat Jul 02, 2022 9:31 20220702_162636.jpg
3 minggu pakai tol priuk-raya bekazi, sekali ke bogor pp, kena 6.3 km/kwh, pakai mode eco ya, kalo mode sport pedal to the karpet ala-ala tesla ya cuma 3-4 km/kwh. Tapi buat saya novelty gaya2an 0-100 km dibawah 5 detik cuma sesaat koq, sisanya malah coba cari 7km/kwh.