Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

vankryie
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 18 May 2016, 10:48

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by vankryie »

Mungkin ini memang karakteristik DCT yang menyentak ketika reverse, dibawah sy coba googling

As great as dual-clutch transmissions are, like every type of transmission type, they do have their drawbacks. One of the most common complaints about a DCT is that it tends to jerk and lurch when driven at lower speeds, such as in a parking lot or when the car is in reverse.

Everything You Need to Know About DCT Transmissions | Auto Trans
https://www.autotransrus.com.au/blog/du ... nsmission/
compaqku
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: 17 Nov 2009, 15:44

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by compaqku »

vhar7 wrote: 25 Jul 2022, 19:06
compaqku wrote: 20 Jul 2022, 15:45
iya pernah, tapi begitu bawa ke bengkel waktu servis rutin, udah gak ngalamin lagi.. eh tahu2 malah electric oil pump rusak wkwkwk... sekarang sih udah bener.. tapi gak tahu tahu yaaa klau tiba2 rusak lagi.. jadi was was.. pengalaman pake mobil korea kok gini banget... kayaknya secara teknologi mereka belulm siap yah..
Oh ngalamin juga ya transmisi nyentak pas di R.. wah berarti termasuk lumayan banyak juga kasus transmisi ini.. Tapi kalo punya om diganti utuh electric oil pump nya harusnya uda ga ada masalah lagi ya.. lain kalo cuma di perbaiki aja nah itu lebih was was.. Sayang ya pdhl mobil ini aslinya enak banget cuma kenyataan nya jg ga luput dari problems
Semoga sih diganti baru yah.. wkwkwkw... sejauh ini lancar sih.. tapi bau asem AC masih kadang keluar, apalagi kalau lupa gak matiin mode AC, supaya blower kering dulu.. lumayan menggangu, jadi pengap.
Omiyup
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: 12 Jun 2020, 01:54

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by Omiyup »

compaqku wrote: 20 Jul 2022, 15:44
evolution21 wrote: 20 Jul 2022, 15:09
compaqku wrote: 18 Jul 2022, 12:25 Saya juga pemakain Santa Fe 2021, CRDI juga.. baru aja keluar bengkel, karena Electric Oil Pump tiba2 rusak di toll, mesin nyala, aki normal, tapi gak bisa di gas sama sekali.. 2 minggu lebih di bengkel.. kata hyundai pluit, ini Santa Fe ke dua di Indo yang mengalami hal ini.
disamping itu, posisi drive, gak bisa D1, D2, D3, tapi langsung D3.. tpai sekarang sudah normal.. tapi masih ngeri2 sedap kalau lagi di tanjakan tiba2 gas nya rusak lagi.
Minus berikutnya adalah AC selalu bau asem, katanya typical di Santa Fe, evaporator terlalu sensitif, jadi harus resik orangnya.. jangan pakai karpet comfort yg bikin lembab.. padahal pemakaian saya gak berubah dari merek kendaraan eropa maupun jepang..

Anyway ini experience saya pakai mobil Korea pertama kali...

Bagaimana pemakai Santa Fe baru lainnya?
ac bau asam seumur2 ane pernah ngrasain waktu pake captiva diesel, ga pernah ketemu jalan keluarnya
alesan dr bengkel sama juga tuh begitu... padahal mobil masih baru, kebersihan interior ane jaga baik sekali... menurut saya ini problem something else
iya.. dari bengkel juga gak bisa kasih solusi.. semua ac masih bagus.. cuma mereka bilang, kalau Santa memang sensitif evap nya.. jadi harus sering dibersihin pakai fogging.. dan mereka juga bilang, beberapa Creta evap nya bocor, jadi freon habis.. tapi gak recall wkwkwk...
Wew, rakitan sini yah, wajar lah :big_bored:
Jadi agak ragu mau ambil tuh boil, karena dari harganya sangat2 price to performance pasti ada hal2 yang dikorbanin :big_bored:
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by yohanesw »

vankryie wrote: 26 Jul 2022, 14:42 Mungkin ini memang karakteristik DCT yang menyentak ketika reverse, dibawah sy coba googling

As great as dual-clutch transmissions are, like every type of transmission type, they do have their drawbacks. One of the most common complaints about a DCT is that it tends to jerk and lurch when driven at lower speeds, such as in a parking lot or when the car is in reverse.

Everything You Need to Know About DCT Transmissions | Auto Trans
https://www.autotransrus.com.au/blog/du ... nsmission/
ini terjemahannya, nyentak/nyendut ketika "lurch", artinya berjalan lambat/merambat, terutama ketika sedang parkir mundur. Tapi dalam keadaan normal ganti2 gigi sih saya ga pernah ngalamin nyentak2 di DCTnya, pastikan saja ganti giginya pas mobil benar2 sudah diam.
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
User avatar
daimler
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by daimler »

vipere wrote: 20 Jul 2022, 16:00
Suryaputra wrote: 20 Jul 2022, 15:49
compaqku wrote: 20 Jul 2022, 15:44 kirain udah ada perbaikan reability nih merek...ternyata masih sama aja . accent gue dulu jaman tahun 2000-an juga rusak mulu ac nya , gak pernah beres.
Kayaknya H miring ini fokus di fitur, gengsi dan stylenya ga fokus di reliabilitynya. Kalo seri2 hyundai lama padahal harganya masih oke lah beserta spare partnya klopun saatnya ganti, nah hyundai yg keluaran terbaru harganya udh terbilang lumayan padahal
Planned Obsolescence is inevitable expensive cars≠more reliable
Image
Dimassangku16
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 04 Oct 2022, 22:14
Location: Purwakarta
Daily Vehicle: Hyundai Santafe CRDI 2021

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by Dimassangku16 »

yohanesw wrote: 02 Mar 2022, 12:13 Review Pribadi 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Prolog:
Awalnya saya pemakai Santa Fe 2014 DM CRDI sejak Oktober 2019, dulunya memang diniatkan mau pakai mobil ini untuk minimal 3-5 tahun, sampe pada saat launching TM FL 2021 ini tiba2 jadi sangat tertarik karena deretan fiturnya yang terbilang "nyaris" ga ada downgrade dibanding generasi2 pendahulunya.

Pas hari launching April 2021 langsung diajak bareng temen juga ke MKG liat sekalian TD, waktu itu udah malem dan untungnya masih bisa muter. Impresi pertama memang cukup berkesan, mulai dari mesinnya yang senyap, dctnya yang halus, interiornya yang menurut saya sangat mewah buat harganya, headlamp yang terang lebih dari cukup, sampai feeling driving dynamicnya yang gesit banget mengingat ukuran bodinya yang besar, yang paling berkesan itu memang rigid bodinya jauh lebih kaku dibanding TM preFL sebelumnya, tapi secara suspensi cukup firm tapi masih lebih empuk dan nyaman dibanding yang lama kadang kena poldur dadakan pun bisa bikin loncat.

Nah sepulang dari situ, singkat cerita, ajakin bini juga tes besok siangnya, sebetulnya cuma maksudnya iseng aja karena dia juga penasaran mau liat dan kebetulan lagi mau keluar rumah juga, nah disini salahnya saya, TD 2 hari berurutan dan bareng bini itu bener2 bikin nyamannya ini mobil meresap sampe bikin susah tidur saking impresifnya driving experiencenya :upss: akhirnya sejak saat ini diniatkan deh beneran nabung extra untuk bisa ganti ke TM FL 2021 ini, tentunya yang CRDI lagi :big_okay:

Waktu bulan Juli 2021 sebenarnya sudah sempat mau SPK, tapi berhubung covid delta lagi tinggi2nya, akhirnya dibatalkan dan mundur ke awal Oktober 2021. Diluar dugaan proses SPK berjalan lancar dan diinfokan unitnya baru pada berdatangan dari pelabuhan jadi bisa terima unit dalam 1-2 minggu. Terima unit 26 Oktober 2021 dan plat sementara 2 bulan berhubung ngurus nopil pilihannya rada lama pake jasa diluaran.

Berikut ini review dan temuan saya selama 4 bulan pemakaian, silakan dikoreksi kalau memang ada yang kurang sesuai :mky_03:

Note: gambar2 akan ditambahkan berkala, masih bingung cara uploadnya :big_bored:

Desain Luar
+ Desain luar bagian fasia depan termasuk agak nyeleneh kalau di foto, saya termasuk ragu pas awalnya liat di brosur dan sosmed, tapi setelah lihat aslinya ternyata jauh lebih bisa diterima mata, elegan tapi sekaligus sedikit mengintimidasi terutama kalau terlihat dari spion, belum lagi bentuk DRLnya yang khas seperti huruf T itu memang bikin beda banget.
+ Grill besar bahannya satin chrome jadinya tidak bikin silau norak, tapi efek sampingnya klo uda kena dent atau baret karena kerikil susah benerinnya. Di grill saya udah ada 2 titik kena kerikil. Buat bersihin grill ini juga cukup Pe eR karena banyaknya lubang :big_dunno:
+ Headlamp full projector putih, sangat terang dan memadai di jalan gelap. Saya suka juga cutoffnya yang tidak terlalu tegas karena pengalaman retrofit santafe sebelumnya hal ini malah bikin mata cepat cape karena perbedaan terang/gelapnya yang signifikan antara area cutoff dan diluarnya.
+ Lampu sein depan menyatu manis dengan DRL bagian atas, kalau sein nyala, maka DRL bagian yang sama juga mati.
+ Lampu rem belakang kiri kanan menyatu denagn reflektor bar merah seperti veloz, awalnya ngerasa aneh karena ga nyala sama sekali, tapi setelah lihat implementasinya di veloz, akhirnya setuju memang lebih baik tidak nyala karena tampilannya jadi aneh kalau malam.
+ Posisi spion sangat baik dari dalam, sangat minim blindspot karena tangkai spionnya nempel ke bodi pintu. Kalau dulu di gen3 DM area segitiga spion dan pilar sangat mengganggu karena blindspotnya besar sekali.
- Desain lampu rem belakang ala 3D yang otentik di TM preFL malah hilang dan diganti model blok LED, sama kasusnya seperti DM preFL ke DM FL.
- Lampu sein belakang masih menjengkelkan posisinya malah di bumper, seharusnya bisa tukar posisi dengan lampu mundur, kalau dari sisi driver truk maka posisi lampu sein di bumpernya ini agak susah terlihat.
- Tidak punya foglamp.

Mesin, Transmisi dan Sasis
+ Blok mesin alumunium baru, pakai oli lebih sedikit 5.6L vs 6.7L sebelumnya.
+ Sangat senyap untuk ukuran mobil diesel.
+ Power mesin tidak pernah berasa kurang, hampir selalu linear dengan injakan gasnya, paling baru agak berkurang responnya sekitar 160+ kpj keatas, tapi itu pun naik ke 200 masih sangat2 cepat.
+ DSG sangat cepat, Tarikan D2 keatas sangat halus dan gigit.
+ Crawling 5-10kpj harus jaga pedal rem konsisten supaya ga terlalu ndut2an.
+ Tidak bisa mode D langsung kalau tidak pakai seatbelt saat EPB ON buat proteksi kepencet.
+ Sangat irit, rute standar saya di DM preFL sebelumnya sekitar 11kpl, disini 13.5kpl, dan tol mau mencapai diatas 15kpl sangat mudah, kalo rekor pribadi saya 22kpl
+ Tanjakan dengan mode smart sulit smooth karena standarnya adalah mode ECO, kalau turunan juga terlalu meluncur. Wajib ganti mode sport untuk tanjakan/turunan panjang supaya DSGnya paham kita perlu shifting poin lebih tinggi supaya lebih halus & turunan tidak meluncur.
+ Ireyen DSG 1500km sesuai manual, setelah itu jauh lebih smooth.
+ Naik gigi per 10kpj
+ Mode smart cukup pintar, nyaris ga pernah masuk mode Sport kecuali beneran gaspol, dan selama ini mode smart maksimal narik hanya injek gas setengah dan mobil sudah kenceng banget nariknya, lebih dari cukup untuk sekedar take over biasa. Standar smart pakai eco, cruise masuk comfort, gaspol masuk sport.
+ Bunyi fuel pump/fuel heater lumayan berisik setelah unlock remote.
- Gear patokan untuk speed berkendara diatas 70kpj itu benar2 sudah di titik minimum rpm optimal, karena kalau kita injak gas lebih dalam sedikit dan gearnya belum turun akan sedikit terdengar bunyi ngelitik khas gearbox manual karena ga pas rasionya. Untungnya cukup cepat DSGnya merespon ini untuk melakukan downshift.
- Paddle shift agak kurang berguna karena ada idle timer 8 detik sebelum balik auto, kadang perlu lebih lama untuk turunan panjang dan sempit. Tapi anehnya kadang juga ga balik auto sendiri.
- Tidak bisa parkir paralel.
- Oli mesin rekomendasi beres masih belum sesuai standar mesin barunya, terakhir masih SHU 0w20 yang lebih cenderung untuk mesin bensin, speknya ngawur semua untuk mesin diesel canggih begini. Akhirnya saya ganti sendiri SHU 5w40 buat 2x 7000, nanti setelah 15rb kemungkinan balik ke amsoil lagi.
- Lepas gas pada rpm/speed tertentu cenderung bikin badan 'ndelep' kedepan khas gearbox manual.
- DCT ajrut2an nanjak kecuali diset Sport berkurang banyak 80%, penyebabnya karena di ECO settingan cutoff gas ketika pedal gasnya diangkat sangat cepat, jadinya bikin ajrutan parah.
- Suhu coolant nanjak padalarang 80-90kpj terbilang tinggi 103-104c, tapi ini cuma sekali sih, setelah itu ga pernah lagi lewat 100c di rute yang sama.
- Sempat sekali anomali DSG pas turunan mbz 80kpj dari D7 mendadak ke D4 beberapa detik lalu balik lagi D7


Suspensi
+ Sangat nyaman, condong firm & stabil.
+ 150kpj padalarang sangat stabil dan di kabin tenang .
+ Nikung 120kpj padalarang sangat stabil dengan 4 dewasa + 2 anak.
+ Tidak terlalu goyang di jalan jelek, bantingannya sangat terasa premium dan mantep, kalau di tol pun juga sangat gesit gerakan bodinya mengikuti setir.
+ Ban sangat berpengaruh stabilitas kabin, ganti conti UC6 SUV langsung jauh lebih tenang dan empuk, grip semakin kuat dan jarang spin, dulu pakai kumho sangat rawan spin kalau gas injak mendadak.
- Ban bawaan Kumho wajib ganti, terlalu keras mentul dan gripnya sangat kurang memadai, cenderung berisik juga di jalan jelek dan di tol.


Safety
+ Sudah autolock 20kpj
+ Collision Warning cukup sensitif tapi ga cocok buat yang hobinya serudukan/salip mepet2
+ Rear cross alert berfungsi baik tapi sering bikin kagetan kalo ada tukang parkir dadakan deket bemper, diakalin sedikit dengan lambatkan mobil sangat pelan kalau sudah dekat objek bergeraknya.
+ Blind spot camera di spido sangat membantu untuk ngintip sudut mati dan malam hari, jadi bikin malas nengok spion kiri.
+ Child lock door row2 diganti tombol elektronik di driver, sangat membantu untuk safety anak2, sudah sekaligus kunci power window.
+ Rear Passenger Detection berfungsi baik dan sensitif.
+ Highway Assist dari 0kpj minim drifting, cenderung agak kekiri, tapi kalau speed diatas 60kpj bisa cenderung tengah.
+ Lane Keep Assist start dari 60kpj.
+ Lead Departure Warning sangat bermanfaat buat driver yang tipenya suka merem sebentar istirahat mata di lampu merah karena ada alarmnya kalau mobil depan sudah jalan :D
- Blind spot warning tidak bisa dimatikan hanya suaranya.
- Highway assist bisa dari 0kpj menandakan kolaborasinya dengan fitur auto cruise/adaptive cruise supaya bisa stop-n-go, sayangnya tidak ada fitur acc.
- Highway assist sangat sensitif dengan hasil spooring, kalau setirnya dalam keadaan normal sudah tidak lurus, fitur koreksi setir di highway assist juga agak terganggu, efeknya kalau jalan seperti oleng kiri dan kanan tergantung seberapa parah kondisi kaki2.
- Parking Assist Warning mengganggu di jalanan padat macet kalau diset auto karena bentar2 nyala kalau ada motor mepet2 lewat, disable via tombol hanya bisa sebentar, untungnya bisa dimatikan permanen fitur ini, baru aktif otomatis kalau di R saja.
- TPMS tidak bisa diset warning tekanannya.

Interior
+ Peredam bagian mesin dan underside sangat baik
+ Switch udara luar/dalam sinkron dengan kondisi sunroof buka/tutup
+ Remote start membuat AC otomatis hidup dengan udara luar dan fan medium (hampir setara settingan auto 1)
+ Material kulit setir, dashboard dan doortrim sangat halus & premium
+ Material kulit jok sangat bagus dan empuk, terutama headrestnya. Jok sangat memegang badan ketika manuver. Sayang tidak cooler seat padahal bahan kulit joknya sudah ready perforated.
+ Semua tombol pencetan sangat empuk dan impresi premium
+ Spion Electrochromatic sempat belum dapat, akhirnya terpasang setelah menunggu 3 bulan, tidak ada biaya tambahan. Sayang cakupan dimmer otomatisnya hanya sekitar 80%, jadi ada efek bingkai di kacanya kalau sedang dimmer maksimal.
+ Lampu dan wiper sudah full otomatis, khusus wiper juga lengkap dengan setelah speed intermittenya.
- Lingkar setir samping jam 9 & 3 agak terlalu kurus, sedikit kurang mantap digengam
- Dialer untuk mode berkendara agak ringkih/goyang
- Tidak ada Cooler Seat
- Tidak ada Holder kacamata
- Headrest terlalu rebah, kena downspec seharusnya bisa disetel 3 level seperti santa fe lama (DM preFL), terpaksa diakali tambah bantalan
- Material Busa jok sangat lambat untuk forming (ngebentuk) ke posisi yang enak dengan postur mengemudi, efeknya ketika awal adjust sudah enak, sekitar 20-30 menit malah jadi ga enak, jadi ngeraba posisinya yang benar2 enak untuk before & after sangat butuh waktu trial dan error karena efek perubahan busa joknya yang lambat ini.
- Sirip AC tidak ada slider takaran angin, hanya bisa slide ke kiri mentok untuk tutup
- Peredam bagian belakang terasa agak kurang, mungkin dari daerah fender atau pintu belakang yang kurang.
- 360cam terpotong di setiap 4 sudut, ada informasi gambar yang hilang, hati2 kalau terlalu mengandalkan kamera bisa nyeruduk.
- Kualitas audio terbilang pas2an, penyanyi suara tinggi pasti kedengeran seperti tercekik
- Slot USB di upper console posisinya rawan kena tumpahan air dari cupholder sebelahnya, lebih baik pasang usb rubber cap (tutup karet) biar aman
- Mode suara di carplay kadang ngebug ga ada suara, maps ga ngomong atau hanya suara navigasi saja, bisa juga karena pengaruh bug ios. Harus restart iphone baru normal. Kalau android auto hanya bisa voice search, kecuali lagi park Cenderung bermasalah kalau hpnya keluar/masuk mobil.
- Cupholder console hanya ada 2 per pengencang, cenderung botol bergetar kalau mobil sudah jalan
- Bentuk cupholder pintu tidak lurus kebawah dan agak kecil, tiap taruh botol pasti menggesek doortrimnya, kalau botol minum diatas 600ml sudah pasti ga muat.
- Sambungan sayap doortrim atas ga pas ke dashboard.
- Spion tengah seharusnya sudah Electrochromatic (ECM) sesuai brosur, tapi ternyata belum, infonya nanti ada penggantian part manual di beres setelah tersedia.
- Wireless charger tidak berguna karena modul fan didalamnya tidak ada, otomatis selalu bikin overheat dan baterai sudah pasti cepat rusak. Sekarang cuma dipakai untuk storage tambahan saja buat dompet/taruh hp.

Minor issue:
- Engsel pintu semuanya bunyi tuk tuk kalau dibuka.
- Kaki2 bagian belakang ada bunyi tuk klutuk kalau kena poldur tertentu.
- Steering column sempat dibongkar di servis 1000 karena setiap diputar ada bunyi tak tak, sekarang sudah sembuh tapi ada bunyi baru di kaki kanan depan kalau abis kena belokan patah dan diputar balik.

Temuan akan diupdate berkala nantinya :D
Ijin sharing. Salam kenal. Saya pemakai santafe crdi 2.2 2021 juga kebetulan. Kmrn habis ganti oli sae 0W-20 shell helix ultra tapi kapasitasnya 6 liter. Apa itu berlebih sedangkan cek di manual book ternyata di 5.6 liter. ? Mohon pencerahannya
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: 02 Apr 2017, 13:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by Dieselmani4 »

Dimassangku16 wrote: 04 Oct 2022, 22:30
yohanesw wrote: 02 Mar 2022, 12:13 Review Pribadi 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Prolog:
Awalnya saya pemakai Santa Fe 2014 DM CRDI sejak Oktober 2019, dulunya memang diniatkan mau pakai mobil ini untuk minimal 3-5 tahun, sampe pada saat launching TM FL 2021 ini tiba2 jadi sangat tertarik karena deretan fiturnya yang terbilang "nyaris" ga ada downgrade dibanding generasi2 pendahulunya.

Pas hari launching April 2021 langsung diajak bareng temen juga ke MKG liat sekalian TD, waktu itu udah malem dan untungnya masih bisa muter. Impresi pertama memang cukup berkesan, mulai dari mesinnya yang senyap, dctnya yang halus, interiornya yang menurut saya sangat mewah buat harganya, headlamp yang terang lebih dari cukup, sampai feeling driving dynamicnya yang gesit banget mengingat ukuran bodinya yang besar, yang paling berkesan itu memang rigid bodinya jauh lebih kaku dibanding TM preFL sebelumnya, tapi secara suspensi cukup firm tapi masih lebih empuk dan nyaman dibanding yang lama kadang kena poldur dadakan pun bisa bikin loncat.

Nah sepulang dari situ, singkat cerita, ajakin bini juga tes besok siangnya, sebetulnya cuma maksudnya iseng aja karena dia juga penasaran mau liat dan kebetulan lagi mau keluar rumah juga, nah disini salahnya saya, TD 2 hari berurutan dan bareng bini itu bener2 bikin nyamannya ini mobil meresap sampe bikin susah tidur saking impresifnya driving experiencenya :upss: akhirnya sejak saat ini diniatkan deh beneran nabung extra untuk bisa ganti ke TM FL 2021 ini, tentunya yang CRDI lagi :big_okay:

Waktu bulan Juli 2021 sebenarnya sudah sempat mau SPK, tapi berhubung covid delta lagi tinggi2nya, akhirnya dibatalkan dan mundur ke awal Oktober 2021. Diluar dugaan proses SPK berjalan lancar dan diinfokan unitnya baru pada berdatangan dari pelabuhan jadi bisa terima unit dalam 1-2 minggu. Terima unit 26 Oktober 2021 dan plat sementara 2 bulan berhubung ngurus nopil pilihannya rada lama pake jasa diluaran.

Berikut ini review dan temuan saya selama 4 bulan pemakaian, silakan dikoreksi kalau memang ada yang kurang sesuai :mky_03:

Note: gambar2 akan ditambahkan berkala, masih bingung cara uploadnya :big_bored:

Desain Luar
+ Desain luar bagian fasia depan termasuk agak nyeleneh kalau di foto, saya termasuk ragu pas awalnya liat di brosur dan sosmed, tapi setelah lihat aslinya ternyata jauh lebih bisa diterima mata, elegan tapi sekaligus sedikit mengintimidasi terutama kalau terlihat dari spion, belum lagi bentuk DRLnya yang khas seperti huruf T itu memang bikin beda banget.
+ Grill besar bahannya satin chrome jadinya tidak bikin silau norak, tapi efek sampingnya klo uda kena dent atau baret karena kerikil susah benerinnya. Di grill saya udah ada 2 titik kena kerikil. Buat bersihin grill ini juga cukup Pe eR karena banyaknya lubang :big_dunno:
+ Headlamp full projector putih, sangat terang dan memadai di jalan gelap. Saya suka juga cutoffnya yang tidak terlalu tegas karena pengalaman retrofit santafe sebelumnya hal ini malah bikin mata cepat cape karena perbedaan terang/gelapnya yang signifikan antara area cutoff dan diluarnya.
+ Lampu sein depan menyatu manis dengan DRL bagian atas, kalau sein nyala, maka DRL bagian yang sama juga mati.
+ Lampu rem belakang kiri kanan menyatu denagn reflektor bar merah seperti veloz, awalnya ngerasa aneh karena ga nyala sama sekali, tapi setelah lihat implementasinya di veloz, akhirnya setuju memang lebih baik tidak nyala karena tampilannya jadi aneh kalau malam.
+ Posisi spion sangat baik dari dalam, sangat minim blindspot karena tangkai spionnya nempel ke bodi pintu. Kalau dulu di gen3 DM area segitiga spion dan pilar sangat mengganggu karena blindspotnya besar sekali.
- Desain lampu rem belakang ala 3D yang otentik di TM preFL malah hilang dan diganti model blok LED, sama kasusnya seperti DM preFL ke DM FL.
- Lampu sein belakang masih menjengkelkan posisinya malah di bumper, seharusnya bisa tukar posisi dengan lampu mundur, kalau dari sisi driver truk maka posisi lampu sein di bumpernya ini agak susah terlihat.
- Tidak punya foglamp.

Mesin, Transmisi dan Sasis
+ Blok mesin alumunium baru, pakai oli lebih sedikit 5.6L vs 6.7L sebelumnya.
+ Sangat senyap untuk ukuran mobil diesel.
+ Power mesin tidak pernah berasa kurang, hampir selalu linear dengan injakan gasnya, paling baru agak berkurang responnya sekitar 160+ kpj keatas, tapi itu pun naik ke 200 masih sangat2 cepat.
+ DSG sangat cepat, Tarikan D2 keatas sangat halus dan gigit.
+ Crawling 5-10kpj harus jaga pedal rem konsisten supaya ga terlalu ndut2an.
+ Tidak bisa mode D langsung kalau tidak pakai seatbelt saat EPB ON buat proteksi kepencet.
+ Sangat irit, rute standar saya di DM preFL sebelumnya sekitar 11kpl, disini 13.5kpl, dan tol mau mencapai diatas 15kpl sangat mudah, kalo rekor pribadi saya 22kpl
+ Tanjakan dengan mode smart sulit smooth karena standarnya adalah mode ECO, kalau turunan juga terlalu meluncur. Wajib ganti mode sport untuk tanjakan/turunan panjang supaya DSGnya paham kita perlu shifting poin lebih tinggi supaya lebih halus & turunan tidak meluncur.
+ Ireyen DSG 1500km sesuai manual, setelah itu jauh lebih smooth.
+ Naik gigi per 10kpj
+ Mode smart cukup pintar, nyaris ga pernah masuk mode Sport kecuali beneran gaspol, dan selama ini mode smart maksimal narik hanya injek gas setengah dan mobil sudah kenceng banget nariknya, lebih dari cukup untuk sekedar take over biasa. Standar smart pakai eco, cruise masuk comfort, gaspol masuk sport.
+ Bunyi fuel pump/fuel heater lumayan berisik setelah unlock remote.
- Gear patokan untuk speed berkendara diatas 70kpj itu benar2 sudah di titik minimum rpm optimal, karena kalau kita injak gas lebih dalam sedikit dan gearnya belum turun akan sedikit terdengar bunyi ngelitik khas gearbox manual karena ga pas rasionya. Untungnya cukup cepat DSGnya merespon ini untuk melakukan downshift.
- Paddle shift agak kurang berguna karena ada idle timer 8 detik sebelum balik auto, kadang perlu lebih lama untuk turunan panjang dan sempit. Tapi anehnya kadang juga ga balik auto sendiri.
- Tidak bisa parkir paralel.
- Oli mesin rekomendasi beres masih belum sesuai standar mesin barunya, terakhir masih SHU 0w20 yang lebih cenderung untuk mesin bensin, speknya ngawur semua untuk mesin diesel canggih begini. Akhirnya saya ganti sendiri SHU 5w40 buat 2x 7000, nanti setelah 15rb kemungkinan balik ke amsoil lagi.
- Lepas gas pada rpm/speed tertentu cenderung bikin badan 'ndelep' kedepan khas gearbox manual.
- DCT ajrut2an nanjak kecuali diset Sport berkurang banyak 80%, penyebabnya karena di ECO settingan cutoff gas ketika pedal gasnya diangkat sangat cepat, jadinya bikin ajrutan parah.
- Suhu coolant nanjak padalarang 80-90kpj terbilang tinggi 103-104c, tapi ini cuma sekali sih, setelah itu ga pernah lagi lewat 100c di rute yang sama.
- Sempat sekali anomali DSG pas turunan mbz 80kpj dari D7 mendadak ke D4 beberapa detik lalu balik lagi D7


Suspensi
+ Sangat nyaman, condong firm & stabil.
+ 150kpj padalarang sangat stabil dan di kabin tenang .
+ Nikung 120kpj padalarang sangat stabil dengan 4 dewasa + 2 anak.
+ Tidak terlalu goyang di jalan jelek, bantingannya sangat terasa premium dan mantep, kalau di tol pun juga sangat gesit gerakan bodinya mengikuti setir.
+ Ban sangat berpengaruh stabilitas kabin, ganti conti UC6 SUV langsung jauh lebih tenang dan empuk, grip semakin kuat dan jarang spin, dulu pakai kumho sangat rawan spin kalau gas injak mendadak.
- Ban bawaan Kumho wajib ganti, terlalu keras mentul dan gripnya sangat kurang memadai, cenderung berisik juga di jalan jelek dan di tol.


Safety
+ Sudah autolock 20kpj
+ Collision Warning cukup sensitif tapi ga cocok buat yang hobinya serudukan/salip mepet2
+ Rear cross alert berfungsi baik tapi sering bikin kagetan kalo ada tukang parkir dadakan deket bemper, diakalin sedikit dengan lambatkan mobil sangat pelan kalau sudah dekat objek bergeraknya.
+ Blind spot camera di spido sangat membantu untuk ngintip sudut mati dan malam hari, jadi bikin malas nengok spion kiri.
+ Child lock door row2 diganti tombol elektronik di driver, sangat membantu untuk safety anak2, sudah sekaligus kunci power window.
+ Rear Passenger Detection berfungsi baik dan sensitif.
+ Highway Assist dari 0kpj minim drifting, cenderung agak kekiri, tapi kalau speed diatas 60kpj bisa cenderung tengah.
+ Lane Keep Assist start dari 60kpj.
+ Lead Departure Warning sangat bermanfaat buat driver yang tipenya suka merem sebentar istirahat mata di lampu merah karena ada alarmnya kalau mobil depan sudah jalan :D
- Blind spot warning tidak bisa dimatikan hanya suaranya.
- Highway assist bisa dari 0kpj menandakan kolaborasinya dengan fitur auto cruise/adaptive cruise supaya bisa stop-n-go, sayangnya tidak ada fitur acc.
- Highway assist sangat sensitif dengan hasil spooring, kalau setirnya dalam keadaan normal sudah tidak lurus, fitur koreksi setir di highway assist juga agak terganggu, efeknya kalau jalan seperti oleng kiri dan kanan tergantung seberapa parah kondisi kaki2.
- Parking Assist Warning mengganggu di jalanan padat macet kalau diset auto karena bentar2 nyala kalau ada motor mepet2 lewat, disable via tombol hanya bisa sebentar, untungnya bisa dimatikan permanen fitur ini, baru aktif otomatis kalau di R saja.
- TPMS tidak bisa diset warning tekanannya.

Interior
+ Peredam bagian mesin dan underside sangat baik
+ Switch udara luar/dalam sinkron dengan kondisi sunroof buka/tutup
+ Remote start membuat AC otomatis hidup dengan udara luar dan fan medium (hampir setara settingan auto 1)
+ Material kulit setir, dashboard dan doortrim sangat halus & premium
+ Material kulit jok sangat bagus dan empuk, terutama headrestnya. Jok sangat memegang badan ketika manuver. Sayang tidak cooler seat padahal bahan kulit joknya sudah ready perforated.
+ Semua tombol pencetan sangat empuk dan impresi premium
+ Spion Electrochromatic sempat belum dapat, akhirnya terpasang setelah menunggu 3 bulan, tidak ada biaya tambahan. Sayang cakupan dimmer otomatisnya hanya sekitar 80%, jadi ada efek bingkai di kacanya kalau sedang dimmer maksimal.
+ Lampu dan wiper sudah full otomatis, khusus wiper juga lengkap dengan setelah speed intermittenya.
- Lingkar setir samping jam 9 & 3 agak terlalu kurus, sedikit kurang mantap digengam
- Dialer untuk mode berkendara agak ringkih/goyang
- Tidak ada Cooler Seat
- Tidak ada Holder kacamata
- Headrest terlalu rebah, kena downspec seharusnya bisa disetel 3 level seperti santa fe lama (DM preFL), terpaksa diakali tambah bantalan
- Material Busa jok sangat lambat untuk forming (ngebentuk) ke posisi yang enak dengan postur mengemudi, efeknya ketika awal adjust sudah enak, sekitar 20-30 menit malah jadi ga enak, jadi ngeraba posisinya yang benar2 enak untuk before & after sangat butuh waktu trial dan error karena efek perubahan busa joknya yang lambat ini.
- Sirip AC tidak ada slider takaran angin, hanya bisa slide ke kiri mentok untuk tutup
- Peredam bagian belakang terasa agak kurang, mungkin dari daerah fender atau pintu belakang yang kurang.
- 360cam terpotong di setiap 4 sudut, ada informasi gambar yang hilang, hati2 kalau terlalu mengandalkan kamera bisa nyeruduk.
- Kualitas audio terbilang pas2an, penyanyi suara tinggi pasti kedengeran seperti tercekik
- Slot USB di upper console posisinya rawan kena tumpahan air dari cupholder sebelahnya, lebih baik pasang usb rubber cap (tutup karet) biar aman
- Mode suara di carplay kadang ngebug ga ada suara, maps ga ngomong atau hanya suara navigasi saja, bisa juga karena pengaruh bug ios. Harus restart iphone baru normal. Kalau android auto hanya bisa voice search, kecuali lagi park Cenderung bermasalah kalau hpnya keluar/masuk mobil.
- Cupholder console hanya ada 2 per pengencang, cenderung botol bergetar kalau mobil sudah jalan
- Bentuk cupholder pintu tidak lurus kebawah dan agak kecil, tiap taruh botol pasti menggesek doortrimnya, kalau botol minum diatas 600ml sudah pasti ga muat.
- Sambungan sayap doortrim atas ga pas ke dashboard.
- Spion tengah seharusnya sudah Electrochromatic (ECM) sesuai brosur, tapi ternyata belum, infonya nanti ada penggantian part manual di beres setelah tersedia.
- Wireless charger tidak berguna karena modul fan didalamnya tidak ada, otomatis selalu bikin overheat dan baterai sudah pasti cepat rusak. Sekarang cuma dipakai untuk storage tambahan saja buat dompet/taruh hp.

Minor issue:
- Engsel pintu semuanya bunyi tuk tuk kalau dibuka.
- Kaki2 bagian belakang ada bunyi tuk klutuk kalau kena poldur tertentu.
- Steering column sempat dibongkar di servis 1000 karena setiap diputar ada bunyi tak tak, sekarang sudah sembuh tapi ada bunyi baru di kaki kanan depan kalau abis kena belokan patah dan diputar balik.

Temuan akan diupdate berkala nantinya :D
Ijin sharing. Salam kenal. Saya pemakai santafe crdi 2.2 2021 juga kebetulan. Kmrn habis ganti oli sae 0W-20 shell helix ultra tapi kapasitasnya 6 liter. Apa itu berlebih sedangkan cek di manual book ternyata di 5.6 liter. ? Mohon pencerahannya
Waduh mobil diesel kok dikasih oli bensin ya..

Kalo wajib pk oli beres, dan boleh milih mending minta ganti Shell Rimula r5e saja drpd SHU 0w20
kingpower
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: 06 Mar 2016, 15:59

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by kingpower »

Halo izin jump in ya.

Beres hyundai boleh bawa oli sendiri ga ya?
Kalo di toko oli luaran (toda, cakra) stok filter oli hyundai genuiner yang untuk santa fe FL?
Mungkin yang tau boleh share juga
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1111
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by sh00t »

kingpower wrote: 18 Oct 2022, 14:01 Halo izin jump in ya.

Beres hyundai boleh bawa oli sendiri ga ya?
Kalo di toko oli luaran (toda, cakra) stok filter oli hyundai genuiner yang untuk santa fe FL?
Mungkin yang tau boleh share juga
Tergantung anda pendekatannya gimana dengan SAnya. Kalau mau ganti oli di luar, mendingan beli filter oli di beres saja om. Entah sudah ada aftermarketnya atau belum.
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1111
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by sh00t »

Dieselmani4 wrote: 18 Oct 2022, 13:54
Dimassangku16 wrote: 04 Oct 2022, 22:30
yohanesw wrote: 02 Mar 2022, 12:13 Review Pribadi 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Prolog:
Awalnya saya pemakai Santa Fe 2014 DM CRDI sejak Oktober 2019, dulunya memang diniatkan mau pakai mobil ini untuk minimal 3-5 tahun, sampe pada saat launching TM FL 2021 ini tiba2 jadi sangat tertarik karena deretan fiturnya yang terbilang "nyaris" ga ada downgrade dibanding generasi2 pendahulunya.

Pas hari launching April 2021 langsung diajak bareng temen juga ke MKG liat sekalian TD, waktu itu udah malem dan untungnya masih bisa muter. Impresi pertama memang cukup berkesan, mulai dari mesinnya yang senyap, dctnya yang halus, interiornya yang menurut saya sangat mewah buat harganya, headlamp yang terang lebih dari cukup, sampai feeling driving dynamicnya yang gesit banget mengingat ukuran bodinya yang besar, yang paling berkesan itu memang rigid bodinya jauh lebih kaku dibanding TM preFL sebelumnya, tapi secara suspensi cukup firm tapi masih lebih empuk dan nyaman dibanding yang lama kadang kena poldur dadakan pun bisa bikin loncat.

Nah sepulang dari situ, singkat cerita, ajakin bini juga tes besok siangnya, sebetulnya cuma maksudnya iseng aja karena dia juga penasaran mau liat dan kebetulan lagi mau keluar rumah juga, nah disini salahnya saya, TD 2 hari berurutan dan bareng bini itu bener2 bikin nyamannya ini mobil meresap sampe bikin susah tidur saking impresifnya driving experiencenya :upss: akhirnya sejak saat ini diniatkan deh beneran nabung extra untuk bisa ganti ke TM FL 2021 ini, tentunya yang CRDI lagi :big_okay:

Waktu bulan Juli 2021 sebenarnya sudah sempat mau SPK, tapi berhubung covid delta lagi tinggi2nya, akhirnya dibatalkan dan mundur ke awal Oktober 2021. Diluar dugaan proses SPK berjalan lancar dan diinfokan unitnya baru pada berdatangan dari pelabuhan jadi bisa terima unit dalam 1-2 minggu. Terima unit 26 Oktober 2021 dan plat sementara 2 bulan berhubung ngurus nopil pilihannya rada lama pake jasa diluaran.

Berikut ini review dan temuan saya selama 4 bulan pemakaian, silakan dikoreksi kalau memang ada yang kurang sesuai :mky_03:

Note: gambar2 akan ditambahkan berkala, masih bingung cara uploadnya :big_bored:

Desain Luar
+ Desain luar bagian fasia depan termasuk agak nyeleneh kalau di foto, saya termasuk ragu pas awalnya liat di brosur dan sosmed, tapi setelah lihat aslinya ternyata jauh lebih bisa diterima mata, elegan tapi sekaligus sedikit mengintimidasi terutama kalau terlihat dari spion, belum lagi bentuk DRLnya yang khas seperti huruf T itu memang bikin beda banget.
+ Grill besar bahannya satin chrome jadinya tidak bikin silau norak, tapi efek sampingnya klo uda kena dent atau baret karena kerikil susah benerinnya. Di grill saya udah ada 2 titik kena kerikil. Buat bersihin grill ini juga cukup Pe eR karena banyaknya lubang :big_dunno:
+ Headlamp full projector putih, sangat terang dan memadai di jalan gelap. Saya suka juga cutoffnya yang tidak terlalu tegas karena pengalaman retrofit santafe sebelumnya hal ini malah bikin mata cepat cape karena perbedaan terang/gelapnya yang signifikan antara area cutoff dan diluarnya.
+ Lampu sein depan menyatu manis dengan DRL bagian atas, kalau sein nyala, maka DRL bagian yang sama juga mati.
+ Lampu rem belakang kiri kanan menyatu denagn reflektor bar merah seperti veloz, awalnya ngerasa aneh karena ga nyala sama sekali, tapi setelah lihat implementasinya di veloz, akhirnya setuju memang lebih baik tidak nyala karena tampilannya jadi aneh kalau malam.
+ Posisi spion sangat baik dari dalam, sangat minim blindspot karena tangkai spionnya nempel ke bodi pintu. Kalau dulu di gen3 DM area segitiga spion dan pilar sangat mengganggu karena blindspotnya besar sekali.
- Desain lampu rem belakang ala 3D yang otentik di TM preFL malah hilang dan diganti model blok LED, sama kasusnya seperti DM preFL ke DM FL.
- Lampu sein belakang masih menjengkelkan posisinya malah di bumper, seharusnya bisa tukar posisi dengan lampu mundur, kalau dari sisi driver truk maka posisi lampu sein di bumpernya ini agak susah terlihat.
- Tidak punya foglamp.

Mesin, Transmisi dan Sasis
+ Blok mesin alumunium baru, pakai oli lebih sedikit 5.6L vs 6.7L sebelumnya.
+ Sangat senyap untuk ukuran mobil diesel.
+ Power mesin tidak pernah berasa kurang, hampir selalu linear dengan injakan gasnya, paling baru agak berkurang responnya sekitar 160+ kpj keatas, tapi itu pun naik ke 200 masih sangat2 cepat.
+ DSG sangat cepat, Tarikan D2 keatas sangat halus dan gigit.
+ Crawling 5-10kpj harus jaga pedal rem konsisten supaya ga terlalu ndut2an.
+ Tidak bisa mode D langsung kalau tidak pakai seatbelt saat EPB ON buat proteksi kepencet.
+ Sangat irit, rute standar saya di DM preFL sebelumnya sekitar 11kpl, disini 13.5kpl, dan tol mau mencapai diatas 15kpl sangat mudah, kalo rekor pribadi saya 22kpl
+ Tanjakan dengan mode smart sulit smooth karena standarnya adalah mode ECO, kalau turunan juga terlalu meluncur. Wajib ganti mode sport untuk tanjakan/turunan panjang supaya DSGnya paham kita perlu shifting poin lebih tinggi supaya lebih halus & turunan tidak meluncur.
+ Ireyen DSG 1500km sesuai manual, setelah itu jauh lebih smooth.
+ Naik gigi per 10kpj
+ Mode smart cukup pintar, nyaris ga pernah masuk mode Sport kecuali beneran gaspol, dan selama ini mode smart maksimal narik hanya injek gas setengah dan mobil sudah kenceng banget nariknya, lebih dari cukup untuk sekedar take over biasa. Standar smart pakai eco, cruise masuk comfort, gaspol masuk sport.
+ Bunyi fuel pump/fuel heater lumayan berisik setelah unlock remote.
- Gear patokan untuk speed berkendara diatas 70kpj itu benar2 sudah di titik minimum rpm optimal, karena kalau kita injak gas lebih dalam sedikit dan gearnya belum turun akan sedikit terdengar bunyi ngelitik khas gearbox manual karena ga pas rasionya. Untungnya cukup cepat DSGnya merespon ini untuk melakukan downshift.
- Paddle shift agak kurang berguna karena ada idle timer 8 detik sebelum balik auto, kadang perlu lebih lama untuk turunan panjang dan sempit. Tapi anehnya kadang juga ga balik auto sendiri.
- Tidak bisa parkir paralel.
- Oli mesin rekomendasi beres masih belum sesuai standar mesin barunya, terakhir masih SHU 0w20 yang lebih cenderung untuk mesin bensin, speknya ngawur semua untuk mesin diesel canggih begini. Akhirnya saya ganti sendiri SHU 5w40 buat 2x 7000, nanti setelah 15rb kemungkinan balik ke amsoil lagi.
- Lepas gas pada rpm/speed tertentu cenderung bikin badan 'ndelep' kedepan khas gearbox manual.
- DCT ajrut2an nanjak kecuali diset Sport berkurang banyak 80%, penyebabnya karena di ECO settingan cutoff gas ketika pedal gasnya diangkat sangat cepat, jadinya bikin ajrutan parah.
- Suhu coolant nanjak padalarang 80-90kpj terbilang tinggi 103-104c, tapi ini cuma sekali sih, setelah itu ga pernah lagi lewat 100c di rute yang sama.
- Sempat sekali anomali DSG pas turunan mbz 80kpj dari D7 mendadak ke D4 beberapa detik lalu balik lagi D7


Suspensi
+ Sangat nyaman, condong firm & stabil.
+ 150kpj padalarang sangat stabil dan di kabin tenang .
+ Nikung 120kpj padalarang sangat stabil dengan 4 dewasa + 2 anak.
+ Tidak terlalu goyang di jalan jelek, bantingannya sangat terasa premium dan mantep, kalau di tol pun juga sangat gesit gerakan bodinya mengikuti setir.
+ Ban sangat berpengaruh stabilitas kabin, ganti conti UC6 SUV langsung jauh lebih tenang dan empuk, grip semakin kuat dan jarang spin, dulu pakai kumho sangat rawan spin kalau gas injak mendadak.
- Ban bawaan Kumho wajib ganti, terlalu keras mentul dan gripnya sangat kurang memadai, cenderung berisik juga di jalan jelek dan di tol.


Safety
+ Sudah autolock 20kpj
+ Collision Warning cukup sensitif tapi ga cocok buat yang hobinya serudukan/salip mepet2
+ Rear cross alert berfungsi baik tapi sering bikin kagetan kalo ada tukang parkir dadakan deket bemper, diakalin sedikit dengan lambatkan mobil sangat pelan kalau sudah dekat objek bergeraknya.
+ Blind spot camera di spido sangat membantu untuk ngintip sudut mati dan malam hari, jadi bikin malas nengok spion kiri.
+ Child lock door row2 diganti tombol elektronik di driver, sangat membantu untuk safety anak2, sudah sekaligus kunci power window.
+ Rear Passenger Detection berfungsi baik dan sensitif.
+ Highway Assist dari 0kpj minim drifting, cenderung agak kekiri, tapi kalau speed diatas 60kpj bisa cenderung tengah.
+ Lane Keep Assist start dari 60kpj.
+ Lead Departure Warning sangat bermanfaat buat driver yang tipenya suka merem sebentar istirahat mata di lampu merah karena ada alarmnya kalau mobil depan sudah jalan :D
- Blind spot warning tidak bisa dimatikan hanya suaranya.
- Highway assist bisa dari 0kpj menandakan kolaborasinya dengan fitur auto cruise/adaptive cruise supaya bisa stop-n-go, sayangnya tidak ada fitur acc.
- Highway assist sangat sensitif dengan hasil spooring, kalau setirnya dalam keadaan normal sudah tidak lurus, fitur koreksi setir di highway assist juga agak terganggu, efeknya kalau jalan seperti oleng kiri dan kanan tergantung seberapa parah kondisi kaki2.
- Parking Assist Warning mengganggu di jalanan padat macet kalau diset auto karena bentar2 nyala kalau ada motor mepet2 lewat, disable via tombol hanya bisa sebentar, untungnya bisa dimatikan permanen fitur ini, baru aktif otomatis kalau di R saja.
- TPMS tidak bisa diset warning tekanannya.

Interior
+ Peredam bagian mesin dan underside sangat baik
+ Switch udara luar/dalam sinkron dengan kondisi sunroof buka/tutup
+ Remote start membuat AC otomatis hidup dengan udara luar dan fan medium (hampir setara settingan auto 1)
+ Material kulit setir, dashboard dan doortrim sangat halus & premium
+ Material kulit jok sangat bagus dan empuk, terutama headrestnya. Jok sangat memegang badan ketika manuver. Sayang tidak cooler seat padahal bahan kulit joknya sudah ready perforated.
+ Semua tombol pencetan sangat empuk dan impresi premium
+ Spion Electrochromatic sempat belum dapat, akhirnya terpasang setelah menunggu 3 bulan, tidak ada biaya tambahan. Sayang cakupan dimmer otomatisnya hanya sekitar 80%, jadi ada efek bingkai di kacanya kalau sedang dimmer maksimal.
+ Lampu dan wiper sudah full otomatis, khusus wiper juga lengkap dengan setelah speed intermittenya.
- Lingkar setir samping jam 9 & 3 agak terlalu kurus, sedikit kurang mantap digengam
- Dialer untuk mode berkendara agak ringkih/goyang
- Tidak ada Cooler Seat
- Tidak ada Holder kacamata
- Headrest terlalu rebah, kena downspec seharusnya bisa disetel 3 level seperti santa fe lama (DM preFL), terpaksa diakali tambah bantalan
- Material Busa jok sangat lambat untuk forming (ngebentuk) ke posisi yang enak dengan postur mengemudi, efeknya ketika awal adjust sudah enak, sekitar 20-30 menit malah jadi ga enak, jadi ngeraba posisinya yang benar2 enak untuk before & after sangat butuh waktu trial dan error karena efek perubahan busa joknya yang lambat ini.
- Sirip AC tidak ada slider takaran angin, hanya bisa slide ke kiri mentok untuk tutup
- Peredam bagian belakang terasa agak kurang, mungkin dari daerah fender atau pintu belakang yang kurang.
- 360cam terpotong di setiap 4 sudut, ada informasi gambar yang hilang, hati2 kalau terlalu mengandalkan kamera bisa nyeruduk.
- Kualitas audio terbilang pas2an, penyanyi suara tinggi pasti kedengeran seperti tercekik
- Slot USB di upper console posisinya rawan kena tumpahan air dari cupholder sebelahnya, lebih baik pasang usb rubber cap (tutup karet) biar aman
- Mode suara di carplay kadang ngebug ga ada suara, maps ga ngomong atau hanya suara navigasi saja, bisa juga karena pengaruh bug ios. Harus restart iphone baru normal. Kalau android auto hanya bisa voice search, kecuali lagi park Cenderung bermasalah kalau hpnya keluar/masuk mobil.
- Cupholder console hanya ada 2 per pengencang, cenderung botol bergetar kalau mobil sudah jalan
- Bentuk cupholder pintu tidak lurus kebawah dan agak kecil, tiap taruh botol pasti menggesek doortrimnya, kalau botol minum diatas 600ml sudah pasti ga muat.
- Sambungan sayap doortrim atas ga pas ke dashboard.
- Spion tengah seharusnya sudah Electrochromatic (ECM) sesuai brosur, tapi ternyata belum, infonya nanti ada penggantian part manual di beres setelah tersedia.
- Wireless charger tidak berguna karena modul fan didalamnya tidak ada, otomatis selalu bikin overheat dan baterai sudah pasti cepat rusak. Sekarang cuma dipakai untuk storage tambahan saja buat dompet/taruh hp.

Minor issue:
- Engsel pintu semuanya bunyi tuk tuk kalau dibuka.
- Kaki2 bagian belakang ada bunyi tuk klutuk kalau kena poldur tertentu.
- Steering column sempat dibongkar di servis 1000 karena setiap diputar ada bunyi tak tak, sekarang sudah sembuh tapi ada bunyi baru di kaki kanan depan kalau abis kena belokan patah dan diputar balik.

Temuan akan diupdate berkala nantinya :D
Ijin sharing. Salam kenal. Saya pemakai santafe crdi 2.2 2021 juga kebetulan. Kmrn habis ganti oli sae 0W-20 shell helix ultra tapi kapasitasnya 6 liter. Apa itu berlebih sedangkan cek di manual book ternyata di 5.6 liter. ? Mohon pencerahannya
Waduh mobil diesel kok dikasih oli bensin ya..

Kalo wajib pk oli beres, dan boleh milih mending minta ganti Shell Rimula r5e saja drpd SHU 0w20
Maaf om, kalau boleh tau kenapa gak boleh oli bensin dikasih ke mesin diesel? Bukannya selama specnya masih cocok contohnya butuh acea A3/B4 bisa" saja yah om? :thanks:
kingpower
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: 06 Mar 2016, 15:59

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by kingpower »

sh00t wrote: 18 Oct 2022, 15:42
kingpower wrote: 18 Oct 2022, 14:01 Halo izin jump in ya.

Beres hyundai boleh bawa oli sendiri ga ya?
Kalo di toko oli luaran (toda, cakra) stok filter oli hyundai genuiner yang untuk santa fe FL?
Mungkin yang tau boleh share juga
Tergantung anda pendekatannya gimana dengan SAnya. Kalau mau ganti oli di luar, mendingan beli filter oli di beres saja om. Entah sudah ada aftermarketnya atau belum.
Sepengalaman om, beres mana yang ngebolehin bawa sendiri oli om?
Beli filter oli doang diberes bisa ya om? Langsung ke bagian sparepart atau ke SA dulu ya kalo ini? Belom pernah beli2 doang di beres soalnya
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by vhar7 »

kingpower wrote: 18 Oct 2022, 14:01 Halo izin jump in ya.

Beres hyundai boleh bawa oli sendiri ga ya?
Kalo di toko oli luaran (toda, cakra) stok filter oli hyundai genuiner yang untuk santa fe FL?
Mungkin yang tau boleh share juga
Bantu jawab. Kalo di dealer surabaya - gubeng, saya bawa oli sendiri gpp ga dipermasalahin. Utk filter oli Santa Fe FL sempet cari di tokped ga nemu. Filter oli nya beda dengan yang pre FL, secara kode juga ada beda.
Dimassangku16 wrote: 04 Oct 2022, 22:30
Ijin sharing. Salam kenal. Saya pemakai santafe crdi 2.2 2021 juga kebetulan. Kmrn habis ganti oli sae 0W-20 shell helix ultra tapi kapasitasnya 6 liter. Apa itu berlebih sedangkan cek di manual book ternyata di 5.6 liter. ? Mohon pencerahannya
kayaknya aga kelebihan kalo 6 liter ya.. coba check dipstick aja pake 6 liter bablas ngga dari level MAX nya.
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: 02 Apr 2017, 13:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by Dieselmani4 »

sh00t wrote: 18 Oct 2022, 15:44
Dieselmani4 wrote: 18 Oct 2022, 13:54
Dimassangku16 wrote: 04 Oct 2022, 22:30
Ijin sharing. Salam kenal. Saya pemakai santafe crdi 2.2 2021 juga kebetulan. Kmrn habis ganti oli sae 0W-20 shell helix ultra tapi kapasitasnya 6 liter. Apa itu berlebih sedangkan cek di manual book ternyata di 5.6 liter. ? Mohon pencerahannya
Waduh mobil diesel kok dikasih oli bensin ya..

Kalo wajib pk oli beres, dan boleh milih mending minta ganti Shell Rimula r5e saja drpd SHU 0w20
Maaf om, kalau boleh tau kenapa gak boleh oli bensin dikasih ke mesin diesel? Bukannya selama specnya masih cocok contohnya butuh acea A3/B4 bisa" saja yah om? :thanks:
Kalo ada tulisan Acea A3/B4 gapapa sih om. Tapi ane ragu spec SHU 0w20 ini di indo spec-nya pake API SN atau SP
Spec tunggal utk bensin, bukan ACDC spt API SN/CF misalnya gituh
Attachments
Screenshot_20221019-101341_Blibli.jpg
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6104
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by Suryaputra »

Dieselmani4 wrote: 19 Oct 2022, 10:19
sh00t wrote: 18 Oct 2022, 15:44
Dieselmani4 wrote: 18 Oct 2022, 13:54

Waduh mobil diesel kok dikasih oli bensin ya..

Kalo wajib pk oli beres, dan boleh milih mending minta ganti Shell Rimula r5e saja drpd SHU 0w20
Maaf om, kalau boleh tau kenapa gak boleh oli bensin dikasih ke mesin diesel? Bukannya selama specnya masih cocok contohnya butuh acea A3/B4 bisa" saja yah om? :thanks:
Kalo ada tulisan Acea A3/B4 gapapa sih om. Tapi ane ragu spec SHU 0w20 ini di indo spec-nya pake API SN atau SP
Spec tunggal utk bensin, bukan ACDC spt API SN/CF misalnya gituh
klo lihat label sticker di bbrp seller sih
comply ke ACEA C5 mbah.

light duty diesel bisa.
low SAPS.
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10956
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: 19 Oct 2022, 11:30
Dieselmani4 wrote: 19 Oct 2022, 10:19
sh00t wrote: 18 Oct 2022, 15:44

Maaf om, kalau boleh tau kenapa gak boleh oli bensin dikasih ke mesin diesel? Bukannya selama specnya masih cocok contohnya butuh acea A3/B4 bisa" saja yah om? :thanks:
Kalo ada tulisan Acea A3/B4 gapapa sih om. Tapi ane ragu spec SHU 0w20 ini di indo spec-nya pake API SN atau SP
Spec tunggal utk bensin, bukan ACDC spt API SN/CF misalnya gituh
klo lihat label sticker di bbrp seller sih
comply ke ACEA C5 mbah.

light duty diesel bisa.
low SAPS.
definisi light duty diesel apa mbah? mesin santi tm ini termasuk emangnya?
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6104
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: 19 Oct 2022, 13:12
Suryaputra wrote: 19 Oct 2022, 11:30
Dieselmani4 wrote: 19 Oct 2022, 10:19

Kalo ada tulisan Acea A3/B4 gapapa sih om. Tapi ane ragu spec SHU 0w20 ini di indo spec-nya pake API SN atau SP
Spec tunggal utk bensin, bukan ACDC spt API SN/CF misalnya gituh
klo lihat label sticker di bbrp seller sih
comply ke ACEA C5 mbah.

light duty diesel bisa.
low SAPS.
definisi light duty diesel apa mbah? mesin santi tm ini termasuk emangnya?
Cek manual booknya dulu mbah.
*Colek me if I'm wrong
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1111
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by sh00t »

kingpower wrote: 19 Oct 2022, 09:39
sh00t wrote: 18 Oct 2022, 15:42
kingpower wrote: 18 Oct 2022, 14:01 Halo izin jump in ya.

Beres hyundai boleh bawa oli sendiri ga ya?
Kalo di toko oli luaran (toda, cakra) stok filter oli hyundai genuiner yang untuk santa fe FL?
Mungkin yang tau boleh share juga
Tergantung anda pendekatannya gimana dengan SAnya. Kalau mau ganti oli di luar, mendingan beli filter oli di beres saja om. Entah sudah ada aftermarketnya atau belum.
Sepengalaman om, beres mana yang ngebolehin bawa sendiri oli om?
Beli filter oli doang diberes bisa ya om? Langsung ke bagian sparepart atau ke SA dulu ya kalo ini? Belom pernah beli2 doang di beres soalnya
Kalau saya yah om. Saya terakhir di Hyundai Andalan cuma minta tanda tangan dan stempel saja pas service berkala. Parts yang dibutuhkan seperti filter oli saya beli disana, jadi biar kelihatan ada historynya saya beli parts pas saat service berkala. :upss:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1111
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by sh00t »

Dieselmani4 wrote: 19 Oct 2022, 10:19
sh00t wrote: 18 Oct 2022, 15:44
Dieselmani4 wrote: 18 Oct 2022, 13:54

Waduh mobil diesel kok dikasih oli bensin ya..

Kalo wajib pk oli beres, dan boleh milih mending minta ganti Shell Rimula r5e saja drpd SHU 0w20
Maaf om, kalau boleh tau kenapa gak boleh oli bensin dikasih ke mesin diesel? Bukannya selama specnya masih cocok contohnya butuh acea A3/B4 bisa" saja yah om? :thanks:
Kalo ada tulisan Acea A3/B4 gapapa sih om. Tapi ane ragu spec SHU 0w20 ini di indo spec-nya pake API SN atau SP
Spec tunggal utk bensin, bukan ACDC spt API SN/CF misalnya gituh
http://tdc.ge/wp-content/uploads/2014/0 ... _0W-20.pdf

Saya gak tau apakah ini pds sama dengan yang dijual di Indonesia atau gak. Tapi kalau sama pun, dari kekentalannya pun gak dianjurkan sama Hyundai dan specnya disini ACEA A1/BI, sedangkan kalau di manual book maunya ACEA A3/B4.
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1111
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by sh00t »

Suryaputra wrote: 19 Oct 2022, 13:34
Omnibus wrote: 19 Oct 2022, 13:12
Suryaputra wrote: 19 Oct 2022, 11:30

klo lihat label sticker di bbrp seller sih
comply ke ACEA C5 mbah.

light duty diesel bisa.
low SAPS.
definisi light duty diesel apa mbah? mesin santi tm ini termasuk emangnya?
Cek manual booknya dulu mbah.
Kalau di Santa Fe Pre FL itu comply ke ACEA C2/C3. Itu pun juga yang musti pakai DPF. Entah yang di FL.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6104
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by Suryaputra »

Pakai DPF
https://pttlubricants.co.id/mobil-diese ... cea-c3-16/
170k seliter di cakra

Klo gak pakai DPF
5w40
https://pttlubricants.co.id/mobil-diese ... synthetic/
140k seliter di Official store

Image

Image


gak bisa asal"an oli diesel buat ni mobil,
perlu read manual book carefully :mky_03:

Not even Shell Rimula R5e
no no no :upss:
*Colek me if I'm wrong
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1111
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by sh00t »

Suryaputra wrote: 19 Oct 2022, 15:53 Pakai DPF
https://pttlubricants.co.id/mobil-diese ... cea-c3-16/
170k seliter di cakra

Klo gak pakai DPF
5w40
https://pttlubricants.co.id/mobil-diese ... synthetic/
140k seliter di Official store

Image

Image


gak bisa asal"an oli diesel buat ni mobil,
perlu read manual book carefully :mky_03:

Not even Shell Rimula R5e
no no no :upss:
https://pttlubricants.co.id/mobil-bensi ... -a5-b5-c2/

Pakai ini juga bisa om. Malahan lebih murah cuma 82.000/liternya. :upss:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6104
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by Suryaputra »

sh00t wrote: 19 Oct 2022, 16:21
Suryaputra wrote: 19 Oct 2022, 15:53 Pakai DPF
https://pttlubricants.co.id/mobil-diese ... cea-c3-16/
170k seliter di cakra

Klo gak pakai DPF
5w40
https://pttlubricants.co.id/mobil-diese ... synthetic/
140k seliter di Official store

Image

Image


gak bisa asal"an oli diesel buat ni mobil,
perlu read manual book carefully :mky_03:

Not even Shell Rimula R5e
no no no :upss:
https://pttlubricants.co.id/mobil-bensi ... -a5-b5-c2/

Pakai ini juga bisa om. Malahan lebih murah cuma 82.000/liternya. :upss:
yg 5w40 nya ada mbah?
klo 5w30 nya itu buat bensin cocoknya hahaha
a5 b5

negara kita bnyk kesamaan dgn timteng
panasnya mirip
wkwkwkw
*Colek me if I'm wrong
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1111
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by sh00t »

Suryaputra wrote: 19 Oct 2022, 16:22
sh00t wrote: 19 Oct 2022, 16:21
Suryaputra wrote: 19 Oct 2022, 15:53 Pakai DPF
https://pttlubricants.co.id/mobil-diese ... cea-c3-16/
170k seliter di cakra

Klo gak pakai DPF
5w40
https://pttlubricants.co.id/mobil-diese ... synthetic/
140k seliter di Official store

Image

Image


gak bisa asal"an oli diesel buat ni mobil,
perlu read manual book carefully :mky_03:

Not even Shell Rimula R5e
no no no :upss:
https://pttlubricants.co.id/mobil-bensi ... -a5-b5-c2/

Pakai ini juga bisa om. Malahan lebih murah cuma 82.000/liternya. :upss:
yg 5w40 nya ada mbah?
klo 5w30 nya itu buat bensin cocoknya hahaha
a5 b5
Yes, yang 5w-40nya om. Specnya ACEA A3/B4. :big_grin:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6104
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by Suryaputra »

sh00t wrote: 19 Oct 2022, 16:24
Suryaputra wrote: 19 Oct 2022, 16:22
sh00t wrote: 19 Oct 2022, 16:21

https://pttlubricants.co.id/mobil-bensi ... -a5-b5-c2/

Pakai ini juga bisa om. Malahan lebih murah cuma 82.000/liternya. :upss:
yg 5w40 nya ada mbah?
klo 5w30 nya itu buat bensin cocoknya hahaha
a5 b5
Yes, yang 5w-40nya om. Specnya ACEA A3/B4. :big_grin:
hahahaha
ganti 5-7k KM gass lahh
*Colek me if I'm wrong
User avatar
daimler
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Review 4 Bulan Hyundai Santa Fe TM FL 2021 Signature CRDI

Post by daimler »

Suryaputra wrote: 19 Oct 2022, 16:22
sh00t wrote: 19 Oct 2022, 16:21
Suryaputra wrote: 19 Oct 2022, 15:53 Pakai DPF
https://pttlubricants.co.id/mobil-diese ... cea-c3-16/
170k seliter di cakra

Klo gak pakai DPF
5w40
https://pttlubricants.co.id/mobil-diese ... synthetic/
140k seliter di Official store

Image

Image


gak bisa asal"an oli diesel buat ni mobil,
perlu read manual book carefully :mky_03:

Not even Shell Rimula R5e
no no no :upss:
https://pttlubricants.co.id/mobil-bensi ... -a5-b5-c2/

Pakai ini juga bisa om. Malahan lebih murah cuma 82.000/liternya. :upss:
yg 5w40 nya ada mbah?
klo 5w30 nya itu buat bensin cocoknya hahaha
a5 b5

negara kita bnyk kesamaan dgn timteng
panasnya mirip
wkwkwkw
Nah baru aja ane mau komen demikian :upss:
Brarti ada pengaruh ya ambient temperature dan iklim dengan pemilihan oli. Penasaran di mobil lain berlakukah pemilihan oli sesuai iklim jg (terlepas katanya celah2 mobil modern lebih sempit & presisi)
*Sori kalau OOT
Planned Obsolescence is inevitable expensive cars≠more reliable
Image
Post Reply