Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by triport13 »

ctopher7 wrote:
triport13 wrote:
Omnibus wrote: wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan :mky_01:

sering oci 10k km kah om?
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.

Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km

Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
menurut saya justru mobil uda rada ada umur, kondisi begini jangan di flush gitu deh, ntar malah bikin pada rusak smua. ini dari yang saya paham feel mobilnya juga masih oke kan, bukan ada penurunan performa signifikan

mending pake oli bagus aja kyk ams signature buat mesin bensin om, ganti tiap 6-7 ribu km juga gamasalah

kadang kalo uda berumur, kotor di flush malah ngerusak seal, paking dll
belom lagi kalo abis di flush, nanti nguras cairan flushnya ga abis, malah bikin jadi masalah
Betul om saya jg aware sekali dgn hal itu makanya saya convert ke oli bagus aja drpd knp knp, dan itu saya ganti packing klep juga efek setelah saya pake enginer flush 2x oci krnsaya gatel liat varnish.

Setelah itu saya anti sekali pake engine flush, tp kalo kayak engine flush yg mineral oil basednya PTT sepertinya ok ok aja, tp itupun lebih untuk me ngeluarkan sisa sisa oli lama aja sih bukan untuk menghilangkan sludge/varnish (IMO).
User avatar
carfreak89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Fri Aug 26, 2016 3:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by carfreak89 »

Suryaputra wrote: Sun Jan 30, 2022 6:15
carfreak89 wrote: Sun Jan 30, 2022 5:45
sahabatq8 wrote: Sat Jan 29, 2022 15:22

Kalo bulenya Q8 paling anti flushing , kita pernah tanya knp Q8 gak keluarin produk buat flushing. Intinya bener seperti yang om bilang, salah satu yang sering terjadi nguras cairan flushnya ga abis. Akhirnya bisa bikin oli cepet rusak jg. Kalo kondisinya udah keburu parah, mending di bersihin secara mekanikal seperti semprot dry ice/sandblast.

Sekarang banyak obat flushing yang oil based yang lebih aman tapi dari segi efektifitasnya kurang. IMO Cuma dijalanin 15 menit doang varnish gak banyak berubah, Mending dananya buat beli oli bagusan dikit/ oci diperpendek.
Mantep cui q8.. akhirnya pake yg special G long life.. lumayan sih skg uda jalan 500an berasa smooth mesinnya, kayanya cocok ama mesin boxer.. cuma ntar tinggal diliat kl uda pake bbrp rb km ada nyusut banyak ngganya.. :big_peace:
Wow subaru :big_love: :big_love:
Halo mbah makasih inpohnya, hahaha ntar next time coba yg dex 1 gen 2. Biar tau bedanya wkwkwk :big_biglaugh:
Gameover82
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jan 29, 2022 22:43
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Fortuner 2021

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Gameover82 »

Kalo di sby tempat jual dan ganti oli mesin, matic yg ok dimana ya utk diesel? Mohon sarannya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: Sun Jan 30, 2022 12:40
ctopher7 wrote:
triport13 wrote: Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.

Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km

Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
menurut saya justru mobil uda rada ada umur, kondisi begini jangan di flush gitu deh, ntar malah bikin pada rusak smua. ini dari yang saya paham feel mobilnya juga masih oke kan, bukan ada penurunan performa signifikan

mending pake oli bagus aja kyk ams signature buat mesin bensin om, ganti tiap 6-7 ribu km juga gamasalah

kadang kalo uda berumur, kotor di flush malah ngerusak seal, paking dll
belom lagi kalo abis di flush, nanti nguras cairan flushnya ga abis, malah bikin jadi masalah
Betul om saya jg aware sekali dgn hal itu makanya saya convert ke oli bagus aja drpd knp knp, dan itu saya ganti packing klep juga efek setelah saya pake enginer flush 2x oci krnsaya gatel liat varnish.

Setelah itu saya anti sekali pake engine flush, tp kalo kayak engine flush yg mineral oil basednya PTT sepertinya ok ok aja, tp itupun lebih untuk me ngeluarkan sisa sisa oli lama aja sih bukan untuk menghilangkan sludge/varnish (IMO).
Mantap cb aja, pk oli bagus, oci tiap 5rb km.
Jalanin selama 2-3x
Trus buka head cover nya.

Insya Allah lbh kinclong.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

triport13 wrote: Sun Jan 30, 2022 12:34
Nice info om thank you!

Soon akan saya cek deh ngeri juga kalo sampe knp knp, dan kebetulan temen ane alphardnya abis jebol mesinnya di transjawabahn karna actuatornya juga atau apa gitu penyakit khas mesin 2.4nya camry & alphard, betulin di bengkel non beres abis 20-30an jt kalo ga salah

Oia btw mobil saya Avanza 1.5 3SZ-VE om, apakah ttp riskan seperti mesin altis dgn kondisi suara yg seperti itu?
sorry salah kirain altis om. tp semua yg ada vvti nya kemungkinannya dr vvti actuatornya atau oil control valve (vvti solenoid). barusan gugel mesin ini seringnya kena di oil control valve yg bermasalah dan di inet banyak tutorial cara perbaikannya utk DIYer. atau kl kepingin tau coba aja di scan colok obd, jika memang bermasalah artinya valve timing ngaco n kemungkinan dia akan nge-flag trouble code P1349.
dan ya mesin 3szve ini interference engine juga - resiko sama.
triport
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Jul 24, 2017 4:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by triport »

Sorry salah post
-
-
-
-
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by triport on Sun Jan 30, 2022 14:37, edited 1 time in total.
User avatar
Materwelon
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Mon Aug 14, 2017 0:56

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Materwelon »

Omnibus wrote: Sun Jan 30, 2022 13:50
triport13 wrote: Sun Jan 30, 2022 12:34
Nice info om thank you!

Soon akan saya cek deh ngeri juga kalo sampe knp knp, dan kebetulan temen ane alphardnya abis jebol mesinnya di transjawabahn karna actuatornya juga atau apa gitu penyakit khas mesin 2.4nya camry & alphard, betulin di bengkel non beres abis 20-30an jt kalo ga salah

Oia btw mobil saya Avanza 1.5 3SZ-VE om, apakah ttp riskan seperti mesin altis dgn kondisi suara yg seperti itu?
sorry salah kirain altis om. tp semua yg ada vvti nya kemungkinannya dr vvti actuatornya atau oil control valve (vvti solenoid). barusan gugel mesin ini seringnya kena di oil control valve yg bermasalah dan di inet banyak tutorial cara perbaikannya utk DIYer. atau kl kepingin tau coba aja di scan colok obd, jika memang bermasalah artinya valve timing ngaco n kemungkinan dia akan nge-flag trouble code P1349.
dan ya mesin 3szve ini interference engine juga - resiko sama.
Ini dia bongkar vvti nya mesin MZ, mungkin ngga beda jauh sama Toyota lain nya, masalah nya sama rattle di awal.
pisangGoreng007
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Feb 25, 2021 4:29
Location: tangerang selatan
Daily Vehicle: Xpander Cvt

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by pisangGoreng007 »

Thanks untuk informasi rekomendasi oli nya ya om2 semua :big_smile]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

triport wrote: Sun Jan 30, 2022 14:34 Sorry salah post
-
-
-
-
Mantap mbah :big_okay:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Jan07 »

marvelio wrote: Sun Jan 30, 2022 9:49
Jan07 wrote: Sun Jan 30, 2022 9:27

Ada om sedikit penguapan sepertinya om soalnya kemaren ini dicek kurang cuma saya pikir sekalian emang mau ganti oli bentar lagi jadi saya diemin..
Kata bengkel temen sih om..
Btw,kalo oli daihatsu dibanding shell gimana ya om?Sama" 10w-40 bedanya 100 ribuan lagi ada promo liat di tokped..
Izin bantu jawab ya oom.
DGO setahu saya rebrand dari Fastron, bentuk botolnya sih mengatakan begitu. Product by Sadikun group.
Shell, ati-ati banyak banget palsunya apalagi kalo HX7/HX8 tapi harganya setara DGO. Saya pribadi sdh menghindari merk mainstream karena banyak banget palsunya.

Kalo mau 10W-40 yg ekonomis, mungkin bisa coba ini:

PTT
https://tokopedia.link/5LKo1pSGenb
atau kl takut palsu beli aja di official store bl*bli biasanya tiap Jumat banyak diskon

Level menengah, ada Total Quartz 9000, reviewnya konon mayan enak ini oli
https://tokopedia.link/JLWMz64Genb

Hati2 beli oli merk mainstream, kecuali di official store/distributor resmi, bagi saya agak mahal lebih baik yang penting asli. Daripada harga miring tapi turun mesin hehehe

BTW, teman saya ada yg pakai Jazz 2004, terakhir 3x OCI masih pakai PTT 5W-30 aman oom. Tarikannya lebih enteng dari sblmnya pakai buntut 40. Cuma kalo merasa lebih tenang pakai buntut 40, lanjut aja gaakan rusak :big_peace:
Iya om,kalo shell saya biasa beli langsung harga normal..
Siap deh om,nanti saya liat" lagi soalnya tadi nemu daihatsu genuine oil 170 ribuan/3,5lt di t*kp*d tokonya verified gitu sih om :big_smile]
Baik om,saya pertimbangkan lagi 5w-30 :big_exellent:
Terimakasih om"..
sesame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Mon Jun 29, 2020 16:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sesame »

triport13 wrote: Sun Jan 30, 2022 12:34
Omnibus wrote:
triport13 wrote: Sat Jan 29, 2022 6:03
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.

Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km

Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
wahaha persis temen sy, mobilnya sama altis juga 2017. krn emang ga ngerti permesinan dia merasa kl bengkel resmi suruhnya 10k km itu sdh betul. sama pakenya 10w40 juga. masalahnya dia mobil beli second jd skrg kondisinya gimana sy jg ga tau. haha orgnya lucu jg, mobilnya mau sy bantu cek lihat trouble codes pake scanner aja udah ketakutan takut jd rusak n mogok krn dicolok obd :mky_07:

ok btt, kl diterusin nanti timing chain sama camshaft sprocket nya yg aus berlebihan. dan yg paling parah kl chain nya sdh aus bisa putus tiba2, n krn engine ini interference engine kl timing chain putus akibatnya piston bisa mentok sama valves. biayanya jd jauh lbh mahal.
kl ada dana n mobil msh mau dipake lama ya mending dibetulin om.
Nice info om thank you!

Soon akan saya cek deh ngeri juga kalo sampe knp knp, dan kebetulan temen ane alphardnya abis jebol mesinnya di transjawabahn karna actuatornya juga atau apa gitu penyakit khas mesin 2.4nya camry & alphard, betulin di bengkel non beres abis 20-30an jt kalo ga salah

Oia btw mobil saya Avanza 1.5 3SZ-VE om, apakah ttp riskan seperti mesin altis dgn kondisi suara yg seperti itu?
Infoin ya om kl udah dibenerin, kondisinya sama di veloz 2014 ane kl cold start, vvti rattle ga sampe 1 detik sih..
Skrg pake oli Q8 D1/G1 5W-30, ga ilang jg suaranya, malah agak panjang dikit dibandingkan pake PTT 5W-30 botol item..
Tp oli Q8 kl udh jalan sih jd lebih halus suara mesinnya, suara ban doang yg kedengeran :big_biglaugh:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5725
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

Gameover82 wrote: Sun Jan 30, 2022 13:22 Kalo di sby tempat jual dan ganti oli mesin, matic yg ok dimana ya utk diesel? Mohon sarannya
Coba ke Winst Auto, di Mulyosari sana.. Itu owner emang hobi mobil jadi kerjaan bagus, liat lokasi tepat pas seberang pintu masuk perumahan Sutorejo.
Jan07 wrote: Sun Jan 30, 2022 16:58 Iya om,kalo shell saya biasa beli langsung harga normal..
Siap deh om,nanti saya liat" lagi soalnya tadi nemu daihatsu genuine oil 170 ribuan/3,5lt di t*kp*d tokonya verified gitu sih om :big_smile]
Baik om,saya pertimbangkan lagi 5w-30 :big_exellent:
Terimakasih om"..
Iya itu kan DGO jg ada yang 5w30.

DGO 10w40 jg oke lah kalau cuma pake 5rb km, paling cuma agak berat dikit sama konsumsi BBM lebih boros dikit jg.
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by triport13 »

sesame wrote:
triport13 wrote: Sun Jan 30, 2022 12:34
Omnibus wrote: wahaha persis temen sy, mobilnya sama altis juga 2017. krn emang ga ngerti permesinan dia merasa kl bengkel resmi suruhnya 10k km itu sdh betul. sama pakenya 10w40 juga. masalahnya dia mobil beli second jd skrg kondisinya gimana sy jg ga tau. haha orgnya lucu jg, mobilnya mau sy bantu cek lihat trouble codes pake scanner aja udah ketakutan takut jd rusak n mogok krn dicolok obd :mky_07:

ok btt, kl diterusin nanti timing chain sama camshaft sprocket nya yg aus berlebihan. dan yg paling parah kl chain nya sdh aus bisa putus tiba2, n krn engine ini interference engine kl timing chain putus akibatnya piston bisa mentok sama valves. biayanya jd jauh lbh mahal.
kl ada dana n mobil msh mau dipake lama ya mending dibetulin om.
Nice info om thank you!

Soon akan saya cek deh ngeri juga kalo sampe knp knp, dan kebetulan temen ane alphardnya abis jebol mesinnya di transjawabahn karna actuatornya juga atau apa gitu penyakit khas mesin 2.4nya camry & alphard, betulin di bengkel non beres abis 20-30an jt kalo ga salah

Oia btw mobil saya Avanza 1.5 3SZ-VE om, apakah ttp riskan seperti mesin altis dgn kondisi suara yg seperti itu?
Infoin ya om kl udah dibenerin, kondisinya sama di veloz 2014 ane kl cold start, vvti rattle ga sampe 1 detik sih..
Skrg pake oli Q8 D1/G1 5W-30, ga ilang jg suaranya, malah agak panjang dikit dibandingkan pake PTT 5W-30 botol item..
Tp oli Q8 kl udh jalan sih jd lebih halus suara mesinnya, suara ban doang yg kedengeran :big_biglaugh:
Nah kalo veloznya om udh kilometer berapa? Sebelumnya punya kebiasaan oci seperti 10rb km/1tahun kah?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DOHC »

sintoni wrote: Sun Jan 30, 2022 23:33
Gameover82 wrote: Sun Jan 30, 2022 13:22 Kalo di sby tempat jual dan ganti oli mesin, matic yg ok dimana ya utk diesel? Mohon sarannya
Coba ke Winst Auto, di Mulyosari sana.. Itu owner emang hobi mobil jadi kerjaan bagus, liat lokasi tepat pas seberang pintu masuk perumahan Sutorejo.
Jan07 wrote: Sun Jan 30, 2022 16:58 Iya om,kalo shell saya biasa beli langsung harga normal..
Siap deh om,nanti saya liat" lagi soalnya tadi nemu daihatsu genuine oil 170 ribuan/3,5lt di t*kp*d tokonya verified gitu sih om :big_smile]
Baik om,saya pertimbangkan lagi 5w-30 :big_exellent:
Terimakasih om"..
Iya itu kan DGO jg ada yang 5w30.

DGO 10w40 jg oke lah kalau cuma pake 5rb km, paling cuma agak berat dikit sama konsumsi BBM lebih boros dikit jg.
DGO itu not bad koq

Pantengin aj official store nya d toped atau shopee, tiap beberapa bulan skali bsa diskon 45 ampe 50 persen.. nahh disitu value for money banget koq

Atau pantengin toped nya si sadikun, kadang yg fastron eko green lcgc jg bsa diskon ampe segalon dibawah 200 rb.. nahh ini jg value for money banget

Kita orang sehh dah pake beberapa kl ga masalah, daleman mesin tetep bersih, ganti tiap 6 bulan / 4 rebu km
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sesame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Mon Jun 29, 2020 16:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sesame »

triport13 wrote: Sun Jan 30, 2022 23:45
sesame wrote:
triport13 wrote: Sun Jan 30, 2022 12:34
Nice info om thank you!

Soon akan saya cek deh ngeri juga kalo sampe knp knp, dan kebetulan temen ane alphardnya abis jebol mesinnya di transjawabahn karna actuatornya juga atau apa gitu penyakit khas mesin 2.4nya camry & alphard, betulin di bengkel non beres abis 20-30an jt kalo ga salah

Oia btw mobil saya Avanza 1.5 3SZ-VE om, apakah ttp riskan seperti mesin altis dgn kondisi suara yg seperti itu?
Infoin ya om kl udah dibenerin, kondisinya sama di veloz 2014 ane kl cold start, vvti rattle ga sampe 1 detik sih..
Skrg pake oli Q8 D1/G1 5W-30, ga ilang jg suaranya, malah agak panjang dikit dibandingkan pake PTT 5W-30 botol item..
Tp oli Q8 kl udh jalan sih jd lebih halus suara mesinnya, suara ban doang yg kedengeran :big_biglaugh:
Nah kalo veloznya om udh kilometer berapa? Sebelumnya punya kebiasaan oci seperti 10rb km/1tahun kah?
veloz ane udh 89.[cencored] km om.. yoi, di 0-70rb km oci 10rb/1 tahun jg,mostly pake Fastron Gold 5w-30..
tp baru ngeh bunyi vvti rattle di KM 75rb ke atas sih..
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 459
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Spies »

DOHC wrote: Mon Jan 31, 2022 1:23
sintoni wrote: Sun Jan 30, 2022 23:33
Gameover82 wrote: Sun Jan 30, 2022 13:22 Kalo di sby tempat jual dan ganti oli mesin, matic yg ok dimana ya utk diesel? Mohon sarannya
Coba ke Winst Auto, di Mulyosari sana.. Itu owner emang hobi mobil jadi kerjaan bagus, liat lokasi tepat pas seberang pintu masuk perumahan Sutorejo.
Jan07 wrote: Sun Jan 30, 2022 16:58 Iya om,kalo shell saya biasa beli langsung harga normal..
Siap deh om,nanti saya liat" lagi soalnya tadi nemu daihatsu genuine oil 170 ribuan/3,5lt di t*kp*d tokonya verified gitu sih om :big_smile]
Baik om,saya pertimbangkan lagi 5w-30 :big_exellent:
Terimakasih om"..
Iya itu kan DGO jg ada yang 5w30.

DGO 10w40 jg oke lah kalau cuma pake 5rb km, paling cuma agak berat dikit sama konsumsi BBM lebih boros dikit jg.
DGO itu not bad koq

Pantengin aj official store nya d toped atau shopee, tiap beberapa bulan skali bsa diskon 45 ampe 50 persen.. nahh disitu value for money banget koq

Atau pantengin toped nya si sadikun, kadang yg fastron eko green lcgc jg bsa diskon ampe segalon dibawah 200 rb.. nahh ini jg value for money banget

Kita orang sehh dah pake beberapa kl ga masalah, daleman mesin tetep bersih, ganti tiap 6 bulan / 4 rebu km
Cocok nih buat garage queen :big_cat:

Fastron eco mah nggak diskon juga udh di bawah 200 mbah kalo di tokonya sadikun... 0w20 180rb, 5w30 176rb
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

sesame wrote: Mon Jan 31, 2022 1:41
triport13 wrote: Sun Jan 30, 2022 23:45
sesame wrote: Infoin ya om kl udah dibenerin, kondisinya sama di veloz 2014 ane kl cold start, vvti rattle ga sampe 1 detik sih..
Skrg pake oli Q8 D1/G1 5W-30, ga ilang jg suaranya, malah agak panjang dikit dibandingkan pake PTT 5W-30 botol item..
Tp oli Q8 kl udh jalan sih jd lebih halus suara mesinnya, suara ban doang yg kedengeran :big_biglaugh:
Nah kalo veloznya om udh kilometer berapa? Sebelumnya punya kebiasaan oci seperti 10rb km/1tahun kah?
veloz ane udh 89.[cencored] km om.. yoi, di 0-70rb km oci 10rb/1 tahun jg,mostly pake Fastron Gold 5w-30..
tp baru ngeh bunyi vvti rattle di KM 75rb ke atas sih..
Udah pernah buka head cover nya?
Jd lihat kondisi kebersihan cam dan actuator ocv nya.

Klo bersih, ya berarti normal dan karena pemakaian aja, sudah umurnya spt itu, either dibersihin atau ganti baru.

Klo tnyt ada varnish, ya bisa jadi asal muasal nya dr situ :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sesame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Mon Jun 29, 2020 16:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sesame »

Suryaputra wrote: Mon Jan 31, 2022 3:29
sesame wrote: Mon Jan 31, 2022 1:41
triport13 wrote: Sun Jan 30, 2022 23:45
Nah kalo veloznya om udh kilometer berapa? Sebelumnya punya kebiasaan oci seperti 10rb km/1tahun kah?
veloz ane udh 89.[cencored] km om.. yoi, di 0-70rb km oci 10rb/1 tahun jg,mostly pake Fastron Gold 5w-30..
tp baru ngeh bunyi vvti rattle di KM 75rb ke atas sih..
Udah pernah buka head cover nya?
Jd lihat kondisi kebersihan cam dan actuator ocv nya.

Klo bersih, ya berarti normal dan karena pemakaian aja, sudah umurnya spt itu, either dibersihin atau ganti baru.

Klo tnyt ada varnish, ya bisa jadi asal muasal nya dr situ :mky_03:
seumur2 blom pernah dibuka sih om Surya, ga tau ya kalo Beres pernah buka tp ga bilang2..
semenjak KM 80rb, ga mau ke Beres lg sih.. ngintip dr lubang oli sih bersih warna metal, ga ada varnish..
mungkin nextnya mampir ke garasi 69 om marmut lah, sekalian checkup, semoga ga ada yg aneh2 :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

sesame wrote: Mon Jan 31, 2022 3:36
Suryaputra wrote: Mon Jan 31, 2022 3:29
sesame wrote: Mon Jan 31, 2022 1:41
veloz ane udh 89.[cencored] km om.. yoi, di 0-70rb km oci 10rb/1 tahun jg,mostly pake Fastron Gold 5w-30..
tp baru ngeh bunyi vvti rattle di KM 75rb ke atas sih..
Udah pernah buka head cover nya?
Jd lihat kondisi kebersihan cam dan actuator ocv nya.

Klo bersih, ya berarti normal dan karena pemakaian aja, sudah umurnya spt itu, either dibersihin atau ganti baru.

Klo tnyt ada varnish, ya bisa jadi asal muasal nya dr situ :mky_03:
seumur2 blom pernah dibuka sih om Surya, ga tau ya kalo Beres pernah buka tp ga bilang2..
semenjak KM 80rb, ga mau ke Beres lg sih.. ngintip dr lubang oli sih bersih warna metal, ga ada varnish..
mungkin nextnya mampir ke garasi 69 om marmut lah, sekalian checkup, semoga ga ada yg aneh2 :big_biglaugh:
Nah garasi 69 debest lah.
Sy mo maen2 ke sono (lt.2 nya) tp gak sempet2 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by triport13 »

Hasil ganti oli dari AMS SS 0W-20 filter oem ke Q8 Special D1 filter wix :

Tarikan : emg lebih enteng buntut 20 sih udh jelas, ternyata lumayan berasa terutama rpm bawah

Kehalusan : jadi lebih halus terutama di rpm >2000, menurut feeling saya sama halusnya seperti waktu pake AMS SS 0W-30, jd penasaran pengen coba schaeffer supreme 9000 5w-40 yg katanya bikin alus mesin tp tentu rpm bawah makin berat

Rattle vvti cold start : ini jauh bgt berkurang, kayaknya emg paling bener ya ikutin bukman yah, waktu pake 0W-20 lumayan lama rattlenya, pake 5w-30 baik q8 atau ams ini ga sampe 1 detik.

Om [mention]sesame [/mention]mungkin patut dicoba om di veloz supaya rattle vvtinya berkurang. Geser mic ke mbah [mention]Omnibus [/mention] siapa tau bisa ngasih analisa, apakah mesin ini emg alergi oli encer atau gmn
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Mon Jan 31, 2022 1:23

DGO itu not bad koq

Pantengin aj official store nya d toped atau shopee, tiap beberapa bulan skali bsa diskon 45 ampe 50 persen.. nahh disitu value for money banget koq

Atau pantengin toped nya si sadikun, kadang yg fastron eko green lcgc jg bsa diskon ampe segalon dibawah 200 rb.. nahh ini jg value for money banget

Kita orang sehh dah pake beberapa kl ga masalah, daleman mesin tetep bersih, ganti tiap 6 bulan / 4 rebu km
:big_biglaugh:

pasti not bad om kelelep...klo bermasalah selama rawatan beres dgo ngamuk aja sekalian...

gw aja pake TMO harian mentok sekandasnya aja sekuat mesin aja...cuma tuningan yg kurang skrg...susah lari 200...tar gw bawa tedi lagi ya..skalian buka sepet limit..truk mau terbang...

mau belajar itu jangan sugesti trs...pake 5000-10000 km langsung ganti merk lain...


kapan tau bagus enggak...

Screenshot_20220130-182709_Video Player.jpg
Screenshot_20220131-113933_Gallery.jpg
Screenshot_20220131-113946_Motion photo viewer.jpg
Screenshot_20220131-114000_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: Mon Jan 31, 2022 4:34 Hasil ganti oli dari AMS SS 0W-20 filter oem ke Q8 Special D1 filter wix :

Tarikan : emg lebih enteng buntut 20 sih udh jelas, ternyata lumayan berasa terutama rpm bawah

Kehalusan : jadi lebih halus terutama di rpm >2000, menurut feeling saya sama halusnya seperti waktu pake AMS SS 0W-30, jd penasaran pengen coba schaeffer supreme 9000 5w-40 yg katanya bikin alus mesin tp tentu rpm bawah makin berat

Rattle vvti cold start : ini jauh bgt berkurang, kayaknya emg paling bener ya ikutin bukman yah, waktu pake 0W-20 lumayan lama rattlenya, pake 5w-30 baik q8 atau ams ini ga sampe 1 detik.

Om @sesame mungkin patut dicoba om di veloz supaya rattle vvtinya berkurang. Geser mic ke mbah @Omnibus siapa tau bisa ngasih analisa, apakah mesin ini emg alergi oli encer atau gmn
Alergi sih nggak.
Cuman emg mesinnya karena by design untuk visco w30 dan rentang yg ada di manual book :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

kompresorz wrote: Mon Jan 31, 2022 5:11
DOHC wrote: Mon Jan 31, 2022 1:23

DGO itu not bad koq

Pantengin aj official store nya d toped atau shopee, tiap beberapa bulan skali bsa diskon 45 ampe 50 persen.. nahh disitu value for money banget koq

Atau pantengin toped nya si sadikun, kadang yg fastron eko green lcgc jg bsa diskon ampe segalon dibawah 200 rb.. nahh ini jg value for money banget

Kita orang sehh dah pake beberapa kl ga masalah, daleman mesin tetep bersih, ganti tiap 6 bulan / 4 rebu km
:big_biglaugh:

pasti not bad om kelelep...klo bermasalah selama rawatan beres dgo ngamuk aja sekalian...

gw aja pake TMO harian mentok sekandasnya aja sekuat mesin aja...cuma tuningan yg kurang skrg...susah lari 200...tar gw bawa tedi lagi ya..skalian buka sepet limit..truk mau terbang...

mau belajar itu jangan sugesti trs...pake 5000-10000 km langsung ganti merk lain...


kapan tau bagus enggak...


Screenshot_20220130-182709_Video Player.jpg
Screenshot_20220131-113933_Gallery.jpg
Screenshot_20220131-113946_Motion photo viewer.jpg
Screenshot_20220131-114000_Gallery.jpg
Salfok gelang nya mbahh :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

triport13 wrote: Mon Jan 31, 2022 4:34 Hasil ganti oli dari AMS SS 0W-20 filter oem ke Q8 Special D1 filter wix :

Tarikan : emg lebih enteng buntut 20 sih udh jelas, ternyata lumayan berasa terutama rpm bawah

Kehalusan : jadi lebih halus terutama di rpm >2000, menurut feeling saya sama halusnya seperti waktu pake AMS SS 0W-30, jd penasaran pengen coba schaeffer supreme 9000 5w-40 yg katanya bikin alus mesin tp tentu rpm bawah makin berat

Rattle vvti cold start : ini jauh bgt berkurang, kayaknya emg paling bener ya ikutin bukman yah, waktu pake 0W-20 lumayan lama rattlenya, pake 5w-30 baik q8 atau ams ini ga sampe 1 detik.

Om @sesame mungkin patut dicoba om di veloz supaya rattle vvtinya berkurang. Geser mic ke mbah @Omnibus siapa tau bisa ngasih analisa, apakah mesin ini emg alergi oli encer atau gmn
ya itu sdh terbukti kan om, hasilnya beda dgn sae berbeda. memang mesin yg ada sistem variable valve timing sdh diset secara desain paling optimum dgn sae brp. tp even begitu msh ada suara 1 detik itu bisa jd OCV sih yg sdh aus, mungkin sdh ga bisa nahan oli lagi di ocv nya jd ketika cold start hrs narik oli dulu dr oil pan. dgn pakai oli yg lbh kental oli yg msh tersisa di ocv (tdk turun ke oil pan) lebih banyak makanya skrg bunyinya lbh singkat.
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Jan07 »

sintoni wrote: Sun Jan 30, 2022 23:33
Gameover82 wrote: Sun Jan 30, 2022 13:22 Kalo di sby tempat jual dan ganti oli mesin, matic yg ok dimana ya utk diesel? Mohon sarannya
Coba ke Winst Auto, di Mulyosari sana.. Itu owner emang hobi mobil jadi kerjaan bagus, liat lokasi tepat pas seberang pintu masuk perumahan Sutorejo.
Jan07 wrote: Sun Jan 30, 2022 16:58 Iya om,kalo shell saya biasa beli langsung harga normal..
Siap deh om,nanti saya liat" lagi soalnya tadi nemu daihatsu genuine oil 170 ribuan/3,5lt di t*kp*d tokonya verified gitu sih om :big_smile]
Baik om,saya pertimbangkan lagi 5w-30 :big_exellent:
Terimakasih om"..
Iya itu kan DGO jg ada yang 5w30.

DGO 10w40 jg oke lah kalau cuma pake 5rb km, paling cuma agak berat dikit sama konsumsi BBM lebih boros dikit jg.
Kalau sebagai perbandingan DGO,PTT,Shell,total mending mana ya om?secara harga mereka ga beda jauh :big_childish: