Review BMW 320i F30 2016

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Post Reply
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by peterming77 »

ChZ wrote: 27 Jun 2023, 12:41
peterming77 wrote: 27 Jun 2023, 11:18
Mau tanya ke mbah nya BMW: lebih worth E90 325i LCI atau nambah buat F30 320i tahun2 awal yg paling basic?

Dan yg penting: E90 LCI masih sheer repairing pleasure? :ungg:
Yg jelas F30 N20 ga se eargasm bawa N52 inline6 wkwkwkwkw.

Tp kalo jd mobil mainan definitely F30>E90. Part modif banyak, lebih kenceng, transmisi lebih bagus, sasis lebih ok.

Gimana gimana mobil yg lebih baik secara rancang bangun. Cuma engine keknya N52 lbh kuat dari N20. NA 6cyl lebih rendah stressnya dari 4cyl turbo. Blom timing chain guide issue kl apes di N20.
Ini juga yg sempat saya baca2 ada issue timing chain meski random ya unit yg kena :ungg: Kalo F30 LCI budget belum nyampe :big_blushing: Apalagi yg F30 LCI edisi Alcantara :big_smoking: :big_exellent: :big_love: :big_love: :big_love:

KielConstantine wrote: 27 Jun 2023, 13:20
Kalo di engine N52 yg paling concern di system double vanos aja tuh. Krn dy pake baut magnesium smua. Itu engine ngejar lightweight jd pake baut model bgituan, nah rentan patah pas odo mulai deket 100rebu an. Biasalah kelakuan engineer bangsa arya :ngacir:

Dan ud kejadian patah kepalanya pas baru angkut dulu. Dari total 8 baut; patah 5 biji wkwkwkwkwk. Jadinya turun 1/2 mesin total2 abis 18 juta.

Bautnya diganti pake yg model besi pake engine M54 punya (ga bakal rusak atau patah lagi forever). Ane sempet pegang banding2 in memang jauh lebih enteng yg bahan magnesium. Trus ditambah perintilan lain karena udh turun semi-overhaul ya ganti2 komponen laen B C D E smua yg ada disitu lah skalian . Aslinya cuman 10-12 jutaan doang benerin system double vanos. Trus lucunya mobil ane jd kasus pertama N52 patah baut vanos di bengkel anugrah. Abis itu selang setahun ane balik katanya jd mulai banyak kasus serupa di customer laen yg punya itu engine :big_biglaugh:

Trus restorasi kaki2 full jg abis mirip2 sekitar 10 jutaan
Jadi pas baru angkut ane refresh smua ditotal hampir 30jt om, mobil enak lagi dibawanya mantapp & presisi

Udah dah. Sisanya barang consumables aj macem ganti oli; tune up; sama replace speed sensor :mky_07:

———
Long story short. Kalo mau coba pelihara E90 ane saranin seh skalian aj E90 325i LCI M Edition; dy cuman kluar di tahun 2012. Bener2 masa akhir E90 sebelom diganti ke model F30

Image

Image

0-100 km/h = 7 detik pas banget dipake hari2 daily drive lah
Ditambah dengerin deruman suara Inline-6 yang aduhaii :upss:
Gara2 nonton di YouTube pembahasan 325i E90 lah kok interior nya keliatan ok yg ada iDrive nya, warna juga hitam, kalo yg E90 non iDrive saya ga doyan interior nya apalagi ada trim kayu2.

Exterior nya cakep ya, bahasa design garis kap mesin pas diatas kidney grill dipake lagi di G20 setelah F30 dipotong diatasnya, jadi ga keliatan kuno. :big_love:
sintoni wrote: 27 Jun 2023, 13:29 Beberapa hari ini lg ngiler liat F30, iseng2 cek harga yg 2012-2013 sudah under kepala 3.

Hauahauahaua.

Tapi galau jg disini ada bengkel yg rekomen ga ya.
Yup bener udah dibawah 300 lah, tahun depan makin murah, kalo nga kena goreng2 lagi.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5586
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by sintoni »

328i ini pake adaptive suspension kalau misal ganti shock biasa bs ga ya?

Oh ya itu shock ada non sensor ada yg sensor ada bedanya ga ya?
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2979
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

peterming77 wrote: 27 Jun 2023, 13:42
ChZ wrote: 27 Jun 2023, 12:41
peterming77 wrote: 27 Jun 2023, 11:18
Mau tanya ke mbah nya BMW: lebih worth E90 325i LCI atau nambah buat F30 320i tahun2 awal yg paling basic?

Dan yg penting: E90 LCI masih sheer repairing pleasure? :ungg:
Yg jelas F30 N20 ga se eargasm bawa N52 inline6 wkwkwkwkw.

Tp kalo jd mobil mainan definitely F30>E90. Part modif banyak, lebih kenceng, transmisi lebih bagus, sasis lebih ok.

Gimana gimana mobil yg lebih baik secara rancang bangun. Cuma engine keknya N52 lbh kuat dari N20. NA 6cyl lebih rendah stressnya dari 4cyl turbo. Blom timing chain guide issue kl apes di N20.
Ini juga yg sempat saya baca2 ada issue timing chain meski random ya unit yg kena :ungg: Kalo F30 LCI budget belum nyampe :big_blushing: Apalagi yg F30 LCI edisi Alcantara :big_smoking: :big_exellent: :big_love: :big_love: :big_love:

KielConstantine wrote: 27 Jun 2023, 13:20
Kalo di engine N52 yg paling concern di system double vanos aja tuh. Krn dy pake baut magnesium smua. Itu engine ngejar lightweight jd pake baut model bgituan, nah rentan patah pas odo mulai deket 100rebu an. Biasalah kelakuan engineer bangsa arya :ngacir:

Dan ud kejadian patah kepalanya pas baru angkut dulu. Dari total 8 baut; patah 5 biji wkwkwkwkwk. Jadinya turun 1/2 mesin total2 abis 18 juta.

Bautnya diganti pake yg model besi pake engine M54 punya (ga bakal rusak atau patah lagi forever). Ane sempet pegang banding2 in memang jauh lebih enteng yg bahan magnesium. Trus ditambah perintilan lain karena udh turun semi-overhaul ya ganti2 komponen laen B C D E smua yg ada disitu lah skalian . Aslinya cuman 10-12 jutaan doang benerin system double vanos. Trus lucunya mobil ane jd kasus pertama N52 patah baut vanos di bengkel anugrah. Abis itu selang setahun ane balik katanya jd mulai banyak kasus serupa di customer laen yg punya itu engine :big_biglaugh:

Trus restorasi kaki2 full jg abis mirip2 sekitar 10 jutaan
Jadi pas baru angkut ane refresh smua ditotal hampir 30jt om, mobil enak lagi dibawanya mantapp & presisi

Udah dah. Sisanya barang consumables aj macem ganti oli; tune up; sama replace speed sensor :mky_07:

———
Long story short. Kalo mau coba pelihara E90 ane saranin seh skalian aj E90 325i LCI M Edition; dy cuman kluar di tahun 2012. Bener2 masa akhir E90 sebelom diganti ke model F30

Image

Image

0-100 km/h = 7 detik pas banget dipake hari2 daily drive lah
Ditambah dengerin deruman suara Inline-6 yang aduhaii :upss:
Gara2 nonton di YouTube pembahasan 325i E90 lah kok interior nya keliatan ok yg ada iDrive nya, warna juga hitam, kalo yg E90 non iDrive saya ga doyan interior nya apalagi ada trim kayu2.

Exterior nya cakep ya, bahasa design garis kap mesin pas diatas kidney grill dipake lagi di G20 setelah F30 dipotong diatasnya, jadi ga keliatan kuno. :big_love:
sintoni wrote: 27 Jun 2023, 13:29 Beberapa hari ini lg ngiler liat F30, iseng2 cek harga yg 2012-2013 sudah under kepala 3.

Hauahauahaua.

Tapi galau jg disini ada bengkel yg rekomen ga ya.
Yup bener udah dibawah 300 lah, tahun depan makin murah, kalo nga kena goreng2 lagi.
E90 325i M edition yg om kiel blg emang cakep tuh. Tp harganya bisa lebih mahal drpd F30. Terakhir liat di oelex masi buka 300an.
Trus yg harus diperhatiin lg FCnya. 325i NA kayaknya ga bs dibilang irit deh bensinnya, kalo F30 yg 320i sih lumayan irit yak minusnya turbolag masi berasa banget kalo di mode comfort.
sintoni wrote: 27 Jun 2023, 13:46 328i ini pake adaptive suspension kalau misal ganti shock biasa bs ga ya?

Oh ya itu shock ada non sensor ada yg sensor ada bedanya ga ya?
Kalo yg pake adaptive bisa ganti shock biasa tp harus di coding ulang.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by peterming77 »

Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2979
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

peterming77 wrote: 28 Jun 2023, 06:23 Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
Harus nanya om fariz tuh yg masih pake 520d tp sepengetahuan ane N47 sama aja sering kena timing chain jg. Yg LCI B47 konon PN timing chainnya sama CMIIW, jd masih blm beres kayak di B48.
Mengenai power harusnya diesel lebih enak bwat stop n go ya, torsi jg 100Nm lebih gede. Irit jg dapet untuk long cruising 1 tanki bisa mepet 1000km.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
AbdulHakim
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1168
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by AbdulHakim »

peterming77 wrote: 28 Jun 2023, 06:23 Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
F30 320d ini claimed 0-100 km/jam dalam 7.4 detik, top speed 230 km/jam.
Suara mesin dieselnya masih maaf masih berisik, belum sehalus mesin diesel kekinian, tapi tentu dari dalam kabin ga ada masalah :big_peace:
for sure ini mobil kentjang.
Katanya N47 timing chain tidak perlu diganti, toh rattle sebelum vs setelah penggantian timing chain itu very slightly to be noticed kalo ga bisa dibilang sama, apalagi di mesin diesel yang noisy. Tapi atas nama preventive maintenance dan peace of mine, serta didukung oleh azaz repair sheer pleasure, maka ga salah juga buat ganti timing chain :big_grin:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by peterming77 »

kendibocor wrote: 28 Jun 2023, 07:16 Harus nanya om fariz tuh yg masih pake 520d tp sepengetahuan ane N47 sama aja sering kena timing chain jg. Yg LCI B47 konon PN timing chainnya sama CMIIW, jd masih blm beres kayak di B48.
Mengenai power harusnya diesel lebih enak bwat stop n go ya, torsi jg 100Nm lebih gede. Irit jg dapet untuk long cruising 1 tanki bisa mepet 1000km.
AbdulHakim wrote: 28 Jun 2023, 07:19 F30 320d ini claimed 0-100 km/jam dalam 7.4 detik, top speed 230 km/jam.
Suara mesin dieselnya masih maaf masih berisik, belum sehalus mesin diesel kekinian, tapi tentu dari dalam kabin ga ada masalah :big_peace:
for sure ini mobil kentjang.
Katanya N47 timing chain tidak perlu diganti, toh rattle sebelum vs setelah penggantian timing chain itu very slightly to be noticed kalo ga bisa dibilang sama, apalagi di mesin diesel yang noisy. Tapi atas nama preventive maintenance dan peace of mine, serta didukung oleh azaz repair sheer pleasure, maka ga salah juga buat ganti timing chain :big_grin:
Berarti tetap azaz repair sheer plesyuh ga bisa lepas ya, tapi yg paling tentram buat hati ambil F30 LCI B48, harganya aja yg bikin ga tentram :big_biglaugh:

Atau kalo mau tentram adem ayem ya balik ambil FC fwd :big_smoking:
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2979
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

AbdulHakim wrote: 28 Jun 2023, 07:19
peterming77 wrote: 28 Jun 2023, 06:23 Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
F30 320d ini claimed 0-100 km/jam dalam 7.4 detik, top speed 230 km/jam.
Suara mesin dieselnya masih maaf masih berisik, belum sehalus mesin diesel kekinian, tapi tentu dari dalam kabin ga ada masalah :big_peace:
for sure ini mobil kentjang.
Katanya N47 timing chain tidak perlu diganti, toh rattle sebelum vs setelah penggantian timing chain itu very slightly to be noticed kalo ga bisa dibilang sama, apalagi di mesin diesel yang noisy. Tapi atas nama preventive maintenance dan peace of mine, serta didukung oleh azaz repair sheer pleasure, maka ga salah juga buat ganti timing chain :big_grin:
Tetep ganti dong om kalo udah rattle. Kalo ampe putus ya bye2 lah tuh mesin, bukan masalah berisik aja.
peterming77 wrote: 28 Jun 2023, 08:29
Berarti tetap azaz repair sheer plesyuh ga bisa lepas ya, tapi yg paling tentram buat hati ambil F30 LCI B48, harganya aja yg bikin ga tentram :big_biglaugh:

Atau kalo mau tentram adem ayem ya balik ambil FC fwd :big_smoking:
B48 harusnya aman, coba tanya informan anugrah bmw serpong aja tuh yg inisialnya K brp banyak kejadian B48 ganti timing chain :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2340
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by farizfsa »

AbdulHakim wrote: 28 Jun 2023, 07:19
peterming77 wrote: 28 Jun 2023, 06:23 Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
F30 320d ini claimed 0-100 km/jam dalam 7.4 detik, top speed 230 km/jam.
Suara mesin dieselnya masih maaf masih berisik, belum sehalus mesin diesel kekinian, tapi tentu dari dalam kabin ga ada masalah :big_peace:
for sure ini mobil kentjang.
Katanya N47 timing chain tidak perlu diganti, toh rattle sebelum vs setelah penggantian timing chain itu very slightly to be noticed kalo ga bisa dibilang sama, apalagi di mesin diesel yang noisy. Tapi atas nama preventive maintenance dan peace of mine, serta didukung oleh azaz repair sheer pleasure, maka ga salah juga buat ganti timing chain :big_grin:
bener mesinnya masih masih agak berisik dibanding hyundai2 diesel baru. mbl saya mesin N47 alhamdulillah sampe 8 tahun pakai 130rb km blm pernah ganti. org2 bilang ganti setiap 75 ribu.

yang sangat perlu diperhatiin di mesin N47 adalah pulley damper, kalo sudah retak karetnya segera ganti. ga mahal kok.

di F30 320d ada aftermarket cold air intake APe pula syg ga bisa bisa diaplikasiin ke N47 di f10 karena posisi air filer beda total.

mau gimanapun mesin diesel 4 silinder mah ga akan halus, mau halus coba main yg 6 silinder segaris atau V6, halus dr dalem cuma kedengeran suara siulan turbo.
Audi Q7 3.0 V6 TDI 4L ‘08 (DPE MT10 22" + Eibach + Tein Endurapro+)
BMW 520d F10 ‘14 (HRE P40 20" + H&R + Bilstein)
Ford Ranger 2.2 T7 ‘15 (HRE 648R 20”)
Lexus ES300h ‘14
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2340
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by farizfsa »

kendibocor wrote: 28 Jun 2023, 10:52
AbdulHakim wrote: 28 Jun 2023, 07:19
peterming77 wrote: 28 Jun 2023, 06:23 Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
F30 320d ini claimed 0-100 km/jam dalam 7.4 detik, top speed 230 km/jam.
Suara mesin dieselnya masih maaf masih berisik, belum sehalus mesin diesel kekinian, tapi tentu dari dalam kabin ga ada masalah :big_peace:
for sure ini mobil kentjang.
Katanya N47 timing chain tidak perlu diganti, toh rattle sebelum vs setelah penggantian timing chain itu very slightly to be noticed kalo ga bisa dibilang sama, apalagi di mesin diesel yang noisy. Tapi atas nama preventive maintenance dan peace of mine, serta didukung oleh azaz repair sheer pleasure, maka ga salah juga buat ganti timing chain :big_grin:
Tetep ganti dong om kalo udah rattle. Kalo ampe putus ya bye2 lah tuh mesin, bukan masalah berisik aja.
peterming77 wrote: 28 Jun 2023, 08:29
Berarti tetap azaz repair sheer plesyuh ga bisa lepas ya, tapi yg paling tentram buat hati ambil F30 LCI B48, harganya aja yg bikin ga tentram :big_biglaugh:

Atau kalo mau tentram adem ayem ya balik ambil FC fwd :big_smoking:
B48 harusnya aman, coba tanya informan anugrah bmw serpong aja tuh yg inisialnya K brp banyak kejadian B48 ganti timing chain :mky_03:
B48 katanya sih aman, tp anehnya B38 kok ga aman2 amat ya padahal cuma dipotong 1 silinder wkwkwk
Audi Q7 3.0 V6 TDI 4L ‘08 (DPE MT10 22" + Eibach + Tein Endurapro+)
BMW 520d F10 ‘14 (HRE P40 20" + H&R + Bilstein)
Ford Ranger 2.2 T7 ‘15 (HRE 648R 20”)
Lexus ES300h ‘14
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2340
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by farizfsa »

kendibocor wrote: 28 Jun 2023, 07:16
peterming77 wrote: 28 Jun 2023, 06:23 Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
Harus nanya om fariz tuh yg masih pake 520d tp sepengetahuan ane N47 sama aja sering kena timing chain jg. Yg LCI B47 konon PN timing chainnya sama CMIIW, jd masih blm beres kayak di B48.
Mengenai power harusnya diesel lebih enak bwat stop n go ya, torsi jg 100Nm lebih gede. Irit jg dapet untuk long cruising 1 tanki bisa mepet 1000km.
1 tanki bisa 1200km, kalo mobilnya sering dipake long cruise ya.

kalo udh sering dalkot kaya saya, paling 950-1050km satu tank.

obat timing chain ya oli bagus dan jgn telat. itu aja kayanya sih. so far 130rb km an ini blm kena, sampe anugrah dan avon bingung kok blm kena ya wakakaka
Audi Q7 3.0 V6 TDI 4L ‘08 (DPE MT10 22" + Eibach + Tein Endurapro+)
BMW 520d F10 ‘14 (HRE P40 20" + H&R + Bilstein)
Ford Ranger 2.2 T7 ‘15 (HRE 648R 20”)
Lexus ES300h ‘14
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by ChZ »

farizfsa wrote: 28 Jun 2023, 12:43
B48 katanya sih aman, tp anehnya B38 kok ga aman2 amat ya padahal cuma dipotong 1 silinder wkwkwk
BMW nggak mengenal kaizen, biarlah konsumen jadi kelinci percobaannya... :big_weee:

udah bertaun-taun ampe B48 juga baru belajar bikin mesin 4 silinder yang bener.

dari dulu adaaaa ajaaa tuh penyakitnya 4-silinder BMW :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2979
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

farizfsa wrote: 28 Jun 2023, 12:43
kendibocor wrote: 28 Jun 2023, 10:52
AbdulHakim wrote: 28 Jun 2023, 07:19
F30 320d ini claimed 0-100 km/jam dalam 7.4 detik, top speed 230 km/jam.
Suara mesin dieselnya masih maaf masih berisik, belum sehalus mesin diesel kekinian, tapi tentu dari dalam kabin ga ada masalah :big_peace:
for sure ini mobil kentjang.
Katanya N47 timing chain tidak perlu diganti, toh rattle sebelum vs setelah penggantian timing chain itu very slightly to be noticed kalo ga bisa dibilang sama, apalagi di mesin diesel yang noisy. Tapi atas nama preventive maintenance dan peace of mine, serta didukung oleh azaz repair sheer pleasure, maka ga salah juga buat ganti timing chain :big_grin:
Tetep ganti dong om kalo udah rattle. Kalo ampe putus ya bye2 lah tuh mesin, bukan masalah berisik aja.
peterming77 wrote: 28 Jun 2023, 08:29
Berarti tetap azaz repair sheer plesyuh ga bisa lepas ya, tapi yg paling tentram buat hati ambil F30 LCI B48, harganya aja yg bikin ga tentram :big_biglaugh:

Atau kalo mau tentram adem ayem ya balik ambil FC fwd :big_smoking:
B48 harusnya aman, coba tanya informan anugrah bmw serpong aja tuh yg inisialnya K brp banyak kejadian B48 ganti timing chain :mky_03:
B48 katanya sih aman, tp anehnya B38 kok ga aman2 amat ya padahal cuma dipotong 1 silinder wkwkwk
Ini namanya sial om :big_weee:
ChZ wrote: 28 Jun 2023, 12:46
farizfsa wrote: 28 Jun 2023, 12:43
B48 katanya sih aman, tp anehnya B38 kok ga aman2 amat ya padahal cuma dipotong 1 silinder wkwkwk
BMW nggak mengenal kaizen, biarlah konsumen jadi kelinci percobaannya... :big_weee:

udah bertaun-taun ampe B48 juga baru belajar bikin mesin 4 silinder yang bener.

dari dulu adaaaa ajaaa tuh penyakitnya 4-silinder BMW :big_biglaugh:
Sebenernya B48 ga aman2 jg mbah, uda beberapa kejadian piston jebol tp emang uda tuningan semua sih rata2. Tp insenyur jerman emang rada2 kepala batu, itu chargepipe aja tetep bandel pake plastik ga diganti2 :big_slap:
Kayaknya kalo ga nanem 1 item yg potensi kerusakannya tinggi, hatinya pada ga tentrem :big_bored:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 28 Jun 2023, 12:57
Sebenernya B48 ga aman2 jg mbah, uda beberapa kejadian piston jebol tp emang uda tuningan semua sih rata2. Tp insenyur jerman emang rada2 kepala batu, itu chargepipe aja tetep bandel pake plastik ga diganti2 :big_slap:
Kayaknya kalo ga nanem 1 item yg potensi kerusakannya tinggi, hatinya pada ga tentrem :big_bored:
rules nomer 1 insinyur jerman kalo productnya ga awet bukan salah kita, tp user gak tau cara pakenya :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post