Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ariswp »

1:17 sama om skyaviation dan bung sembalap?
Ekspektasi di jalanan indonesia gak usah jauh2 average user di 1:14an lah
Mirip2 sama econobox 1.5L cvt

Nilai plus paling klo butuh pickup power ajah, akomodasi dan emblem hybrid yg beneran
Oh ya sama subsidi untuk harga beli dari pemerintah (klo goal)
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 580
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by timbermaniac123 »

mungkin karena 2000cc. corolla cross di jakarta kayanya nembus 1:20 di kemacetan jakarta. Semoga 2023, toyota keluarin avanza hybrid 1500cc di harga sekitar 350jt, bakal jadi mobil mainstream.

Tapi kalau dibandingin innova bensin lama yang sehari2 1:7, dapet 1:14 pun masih 2x lipetnya. Tapi karena kompresi rendah, innova lama masih aman pertalite juga sih.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

ariswp wrote: Sat Dec 24, 2022 5:29 1:17 sama om skyaviation dan bung sembalap?
Ekspektasi di jalanan indonesia gak usah jauh2 average user di 1:14an lah
Mirip2 sama econobox 1.5L cvt

Nilai plus paling klo butuh pickup power ajah, akomodasi dan emblem hybrid yg beneran
Oh ya sama subsidi untuk harga beli dari pemerintah (klo goal)
kok blom ada yang ngetes yah type binzin mitic dapet berapa :mky_03: anggep binzin mitic dapet 10 kml (masa 8 kml sedih amat mesin canggih2 ga beda ma 1TR), ini real world usage anggaplah 15 kml. harga batre 30jt harga beli selisih 30jt kalo gak disubsidi pemerintah :mky_03:

dah kaya bandingin innivi binzin vs innivi dizil lama. harga beli mahalan dizil tp ongkos jalan murah dizil padahal operasional sebenernya imbang malah bisa murah versi binzin.
timbermaniac123 wrote: Sat Dec 24, 2022 5:32 mungkin karena 2000cc. corolla cross di jakarta kayanya nembus 1:20 di kemacetan jakarta. Semoga 2023, toyota keluarin avanza hybrid 1500cc di harga sekitar 350jt, bakal jadi mobil mainstream.

Tapi kalau dibandingin innova bensin lama yang sehari2 1:7, dapet 1:14 pun masih 2x lipetnya. Tapi karena kompresi rendah, innova lama masih aman pertalite juga sih.
dugaan ane sih karena bobotnya ngaruh itu batre ama motor listrik jelek banget kan sekalinya kena high load panas di gaspol sekali aja langsung depleted dah kaya batre hp nyalain aplikasi banyak :mky_03: benzene nya cuma 140-150hp an ya berat body segitu. kaya CRV 2000cc lama sama 2400cc nya di kota emang borosnya 2400cc jauh, tp di luar kota imbang2.

corolla cross ringan, batre lebih besar sepertinya. cm mesin benzene nya cupu 98hp doank.
Last edited by ChZ on Sat Dec 24, 2022 5:40, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9649
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 5:33
ariswp wrote: Sat Dec 24, 2022 5:29 1:17 sama om skyaviation dan bung sembalap?
Ekspektasi di jalanan indonesia gak usah jauh2 average user di 1:14an lah
Mirip2 sama econobox 1.5L cvt

Nilai plus paling klo butuh pickup power ajah, akomodasi dan emblem hybrid yg beneran
Oh ya sama subsidi untuk harga beli dari pemerintah (klo goal)
kok blom ada yang ngetes yah type binzin mitic dapet berapa :mky_03: anggep binzin mitic dapet 10 kml (masa 8 kml sedih amat mesin canggih2 ga beda ma 1TR), ini real world usage anggaplah 15 kml. harga batre 30jt harga beli selisih 30jt kalo gak disubsidi pemerintah :mky_03:

dah kaya bandingin innivi binzin vs innivi dizil lama. harga beli mahalan dizil tp ongkos jalan murah dizil.
1TR dl sy pakai 1:6-7
Berisik dan lemot pula

Klo misal m20A bisa 1:8-9 dan lbh responsif
Ya udah improvement brp sektor itu :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Sat Dec 24, 2022 5:35
1TR dl sy pakai 1:6-7
Berisik dan lemot pula

Klo misal m20A bisa 1:8-9 dan lbh responsif
Ya udah improvement brp sektor itu :upss:
M20 FKS 176hp mayan lah 30hp lebih gede dari TR :mky_03: body jg ringan zenix dari innivi manapun

ribon 1TR punya mbah @DOHC aja ktanya bisa 1:10 kan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9649
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 5:41
Suryaputra wrote: Sat Dec 24, 2022 5:35
1TR dl sy pakai 1:6-7
Berisik dan lemot pula

Klo misal m20A bisa 1:8-9 dan lbh responsif
Ya udah improvement brp sektor itu :upss:
M20 FKS 176hp mayan lah 30hp lebih gede dari TR :mky_03: body jg ringan zenix dari innivi manapun

ribon 1TR punya mbah @DOHC aja ktanya bisa 1:10 kan.
Nah extra 30an hp
Torque juga naik dan fwd monokok pula, jadi should be relatively much better in terms of driving performance yaa.

Tp cvt :weekk:

1TR ipah gen 1,
saya dapat 1:9-10 pas PP bogor - jakarta dulu :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bibieight »

ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 4:52
itu juga type G, ban lebih kecil dan eco tyre (low rolling resistance) :mky_03: jd yang Q jangan2 malah 1:15 juga :mky_03: kalo innivi dizil mitic pake biosolar ya op costnya tetep murah innivi dizil mitic :mky_03: pake dex pun minimal innivi dizil mitic ga perlu ganti batre 30juta :big_biglaugh:

pantes tuh TAM taun depan masarin innivi dizil mitic lagi. ayo angkat suaramu para pecinta innivi dizil mitic :mky_03:

di mobil ukuran gini kayaknya hybrid batre kecil gini udah gak efisien :big_bored: ud berat jatohnya mesin bensin sering nyala. aturan pake plugin hybrid mobil gede. nyala nya luar kota aja.
Mangkanya sy kaget, temen2 sy yg pd pake Cross bisa dapet 1:20an, ini koq jauh banget, berarti bobot ngaruh banget yak ?. Kalo ada yg punya hybrid dan mau experiment : ganti batere pake Li-Ion, dengan berat dan dimensi yg sama kapasitas bisa naik 3x lipat, kan voltase terpaksa tetep 200V, Li-Ion nominal voltase 3.6V (Ni-Mh cuma 1.2V), sapa tau naik iritnya. Syarat : harus boss, soalnya parkir harus atap/basement, baterenya Zenix kan taruh dalam kabin dan cuman dikipasin pake angin :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bulgogi »

ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 4:52
Bulgogi wrote: Sat Dec 24, 2022 0:38 1:17 itupun dites media

Yakin sih, sehari-hari cuma 1:14 normal jakarta

Reborn dieselku aja cuma 1:12 traffic bintaro-jakarta
itu juga type G, ban lebih kecil dan eco tyre (low rolling resistance) :mky_03: jd yang Q jangan2 malah 1:15 juga :mky_03: kalo innivi dizil mitic pake biosolar ya op costnya tetep murah innivi dizil mitic :mky_03: pake dex pun minimal innivi dizil mitic ga perlu ganti batre 30juta :big_biglaugh:

pantes tuh TAM taun depan masarin innivi dizil mitic lagi. ayo angkat suaramu para pecinta innivi dizil mitic :mky_03:
Itu pun dites sendirian, kalo bawa 7 orang + barang dibelakang curiga zenix hybrid cuma 1:12 :ungg: malah ngga beda jauh sama diesel..
ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 4:52 di mobil ukuran gini kayaknya hybrid batre kecil gini udah gak efisien :big_bored: ud berat jatohnya mesin bensin sering nyala. aturan pake plugin hybrid mobil gede. nyala nya luar kota aja.
Ide subtitute diesel to hybrid rasanya bukan solutif ya..

Dan torsinya juga ternyata ngga bagus" amat, liat vlog ridwan bawa zenix nanjak ternyata berat juga.. sampe ridwan gak berani test stop & go, takut kena somasi mungkin.. :mky_01:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

Kalau torsi diperbesar, mungkin FWD gampang selip
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Sat Dec 24, 2022 6:58
ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 4:52
itu juga type G, ban lebih kecil dan eco tyre (low rolling resistance) :mky_03: jd yang Q jangan2 malah 1:15 juga :mky_03: kalo innivi dizil mitic pake biosolar ya op costnya tetep murah innivi dizil mitic :mky_03: pake dex pun minimal innivi dizil mitic ga perlu ganti batre 30juta :big_biglaugh:

pantes tuh TAM taun depan masarin innivi dizil mitic lagi. ayo angkat suaramu para pecinta innivi dizil mitic :mky_03:

di mobil ukuran gini kayaknya hybrid batre kecil gini udah gak efisien :big_bored: ud berat jatohnya mesin bensin sering nyala. aturan pake plugin hybrid mobil gede. nyala nya luar kota aja.
Mangkanya sy kaget, temen2 sy yg pd pake Cross bisa dapet 1:20an, ini koq jauh banget, berarti bobot ngaruh banget yak ?. Kalo ada yg punya hybrid dan mau experiment : ganti batere pake Li-Ion, dengan berat dan dimensi yg sama kapasitas bisa naik 3x lipat, kan voltase terpaksa tetep 200V, Li-Ion nominal voltase 3.6V (Ni-Mh cuma 1.2V), sapa tau naik iritnya. Syarat : harus boss, soalnya parkir harus atap/basement, baterenya Zenix kan taruh dalam kabin dan cuman dikipasin pake angin :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ya biar kapasitas naik 3x kan ttp cooling hrus dibikin lebi badak um, li-ion sensi ama tempratur :big_biglaugh:

oe curiga emg baterenya ga ngangkat buat mobil gede gtu.........
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 4:52 di mobil ukuran gini kayaknya hybrid batre kecil gini udah gak efisien :big_bored: ud berat jatohnya mesin bensin sering nyala. aturan pake plugin hybrid mobil gede. nyala nya luar kota aja.
ini concern oe pas denger inopa pke hibrid, begitu batere depleted itu tenaga & torsi ilang banyak.

ujungnya mesin kerja extra = boros

tp klo dibilang soal bobot & dimensi, kyknya mobil toyota laen ad yg lebi berat dan efisien

zenix emg cocoknya pke A25A sih klo menurut oe, tp yah............mahal
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by DOHC »

ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 5:41
Suryaputra wrote: Sat Dec 24, 2022 5:35
1TR dl sy pakai 1:6-7
Berisik dan lemot pula

Klo misal m20A bisa 1:8-9 dan lbh responsif
Ya udah improvement brp sektor itu :upss:
M20 FKS 176hp mayan lah 30hp lebih gede dari TR :mky_03: body jg ringan zenix dari innivi manapun

ribon 1TR punya mbah @DOHC aja ktanya bisa 1:10 kan.
numpang nambahin mbah

1 : 12.8 utk transjawabahn dgn style nyetir ugal2an, kl nyetir ngikutin aturan speed max 100 kph bsa 1:13 an

dalkot macet2an 1:8an, kl dalkot 1:10 cuman pas psbb doank

tp ini berlaku hanya utk 1TR ribon metik yah, kl yg manual, ga beda jauh ama 1TR jadul borosnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9649
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Sat Dec 24, 2022 17:21
ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 4:52 di mobil ukuran gini kayaknya hybrid batre kecil gini udah gak efisien :big_bored: ud berat jatohnya mesin bensin sering nyala. aturan pake plugin hybrid mobil gede. nyala nya luar kota aja.
ini concern oe pas denger inopa pke hibrid, begitu batere depleted itu tenaga & torsi ilang banyak.

ujungnya mesin kerja extra = boros

tp klo dibilang soal bobot & dimensi, kyknya mobil toyota laen ad yg lebi berat dan efisien

zenix emg cocoknya pke A25A sih klo menurut oe, tp yah............mahal
Klo batre depleted (let say in 8-10 years)
Malah lbh irit sodara nya si M20A KFS dong ya

Bisa produce 176ps on crank :big_okay:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9649
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Sat Dec 24, 2022 13:47 Kalau torsi diperbesar, mungkin FWD gampang selip
Yes

Itu HRV turbo ditest sm mereka, matiin TC, selip mulu roda depan wkwkwkw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Fearised
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Tue Jun 13, 2017 7:27
Location: Semarang
Daily Vehicle: Wagonr

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Fearised »

Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.

Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak

Sekian. Nugroho smg
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1130
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by t105erd »

Fearised wrote: Sun Dec 25, 2022 14:04 Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.

Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak

Sekian. Nugroho smg
Kangen Semarang jadinya om, 6 tahun lebih disana. Menikmati jalur2 pegunungan sekitar sana
Fearised
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Tue Jun 13, 2017 7:27
Location: Semarang
Daily Vehicle: Wagonr

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Fearised »

Kangen Semarang jadinya om, 6 tahun lebih disana. Menikmati jalur2 pegunungan sekitar sana
[/quote]

Tinggal didaerah mana om dl? Saya di pedurungan, semarang panas gerah ,mulai macet om 😅,kalau area kabupaten semarang dan sekitarnya yang mayan adem kearah selatan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

Bulgogi wrote: Sat Dec 24, 2022 10:47
Ide subtitute diesel to hybrid rasanya bukan solutif ya..

Dan torsinya juga ternyata ngga bagus" amat, liat vlog ridwan bawa zenix nanjak ternyata berat juga.. sampe ridwan gak berani test stop & go, takut kena somasi mungkin.. :mky_01:
electric motornya punya torque cuma 200 Nm max, mau instant torque pun diesel di 2000 rpm tetap lebih kuat (innivi dizil mitic 350 Nm). lbh kaya torsinya innova bensin :mky_03:

makanya orang2 banggain electric instant torque itu kan krn liat akselerasi tesla doank, commoners mah mana mungkin naik yang begitu :mky_07: instant torque =/= big torque. kl buat common cars torque king tetap CR Diesel. :big_smoking:

utk load gede diesel tetap lebih efisien. jadi kl sering nanjak dan bawa 7 penumpang mending beli innivi dizil mitic :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4203
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Dec 26, 2022 3:29
electric motornya punya torque cuma 200 Nm max, mau instant torque pun diesel di 2000 rpm tetap lebih kuat (innivi dizil mitic 350 Nm). lbh kaya torsinya innova bensin :mky_03:

makanya orang2 banggain electric instant torque itu kan krn liat akselerasi tesla doank, commoners mah mana mungkin naik yang begitu :mky_07: instant torque =/= big torque. kl buat common cars torque king tetap CR Diesel. :big_smoking:

utk load gede diesel tetap lebih efisien. jadi kl sering nanjak dan bawa 7 penumpang mending beli innivi dizil mitic :ngacir:
dari kemaren jalan2x naek tol ujan mulu jalanan licin ngehindarin ban belakang selip akhirnya maen paddle pake gigi 5 ini dia yang gila dari torsi mesin diesel turbo gigi 5 aja masih enak buat selap selip urut dikit dari 70-80kmh gigi 5 tenaganya lsg keluar padahal masih di bawah 3000rpm atau rpm torsi maksimum soalnya maen di sekitar 2000an :big_biglaugh:
Last edited by b0ku on Mon Dec 26, 2022 4:07, edited 1 time in total.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by peterming77 »

Fearised wrote: Sun Dec 25, 2022 14:04 Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.

Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak

Sekian. Nugroho smg
Beneran jauh lebih irit dari bensin Innova lama ya Gan? Kebetulan kmrn habis test V non hybrid juga, dari awal lihat dan coba masuk kabin di pameran udah kerasa posisi mengemudi pasti enak dan beneran memang enak nyaman waktu kmrn coba. Posisi tuas gigi juga pas dalam jangkauan, relaxed driving jadinya. Catatan aja 1 buat penumpang (kebetulan lagi cari mobil buat Cece saya), skrg posisi naik kabinnya tinggi banget hampir kayak kelas Pajero/Fortuner, jadi susah kalo mau naik turun buat penumpang yg agak pendek dan udah umur :ungg:

Kmrn udah semangat pengin ambil yg hybrid G tapi kok setelah liat2 banyak catatannya:
1) Soft touch nya ga ada semua, termasuk yg di center armrest depan :big_cry: --> harus ada anggaran buat re-trim
2) Setir no kulit --> wajib re-trim
3) Ga ada defogger kaca belakang --> netral
4) Ga ada armrest penumpang belakang --> netral
5) Ga ada ionizer --> gimmick nice to have tapi kalo ga ada juga gpp
6) Ga ada headlamp leveling --> netral
7) Ga ada monitor penumpang belakang --> netral
8. Ga ada electric retract buat spion --> DEALBREAKER sekali masak bayar 468jt mobil lebar gini spion nga ada electric retract??? Bisa kesundul2 itu spion kiri kalo lewat di jalan2 sempit

Kalau dengan konsumsi BBM non hybrid bisa 1:11-12 sepertinya better ambil V non hybrid di 477jt an, krn V hybrid bedanya 70jt dng keiritan BBM di level 1:15-17 menurut saya ga worth it (gara2 panoramic sunroof yg sebenernya ga ada juga gpp).

Cuman kalo masalah masuk kabin ketinggian sepertinya ini harus cari jalan, mungkin (kalo beneran ambil) di ganti lowering kit supaya akses kabin bisa turun dikit.

Habis TD Zenix iseng TD Veloz (alasan: akses kabin penumpang gampang) :big_cry: :big_cry: :big_cry: :big_cry: impresinya: (no komen)
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by lawyerone »

peterming77 wrote: Mon Dec 26, 2022 4:06
Fearised wrote: Sun Dec 25, 2022 14:04 Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.

Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak

Sekian. Nugroho smg
Beneran jauh lebih irit dari bensin Innova lama ya Gan? Kebetulan kmrn habis test V non hybrid juga, dari awal lihat dan coba masuk kabin di pameran udah kerasa posisi mengemudi pasti enak dan beneran memang enak nyaman waktu kmrn coba. Posisi tuas gigi juga pas dalam jangkauan, relaxed driving jadinya. Catatan aja 1 buat penumpang (kebetulan lagi cari mobil buat Cece saya), skrg posisi naik kabinnya tinggi banget hampir kayak kelas Pajero/Fortuner, jadi susah kalo mau naik turun buat penumpang yg agak pendek dan udah umur :ungg:

Kmrn udah semangat pengin ambil yg hybrid G tapi kok setelah liat2 banyak catatannya:
1) Soft touch nya ga ada semua, termasuk yg di center armrest depan :big_cry: --> harus ada anggaran buat re-trim
2) Setir no kulit --> wajib re-trim
3) Ga ada defogger kaca belakang --> netral
4) Ga ada armrest penumpang belakang --> netral
5) Ga ada ionizer --> gimmick nice to have tapi kalo ga ada juga gpp
6) Ga ada headlamp leveling --> netral
7) Ga ada monitor penumpang belakang --> netral
8. Ga ada electric retract buat spion --> DEALBREAKER sekali masak bayar 468jt mobil lebar gini spion nga ada electric retract??? Bisa kesundul2 itu spion kiri kalo lewat di jalan2 sempit

Kalau dengan konsumsi BBM non hybrid bisa 1:11-12 sepertinya better ambil V non hybrid di 477jt an, krn V hybrid bedanya 70jt dng keiritan BBM di level 1:15-17 menurut saya ga worth it (gara2 panoramic sunroof yg sebenernya ga ada juga gpp).

Cuman kalo masalah masuk kabin ketinggian sepertinya ini harus cari jalan, mungkin (kalo beneran ambil) di ganti lowering kit supaya akses kabin bisa turun dikit.

Habis TD Zenix iseng TD Veloz (alasan: akses kabin penumpang gampang) :big_cry: :big_cry: :big_cry: :big_cry: impresinya: (no komen)
Cerita dong om impresi driving Veloz nya 😁😁

Lihat data ground clearance veloz masih lebih tinggi 2cm soalnya.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1396
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

peterming77 wrote: Mon Dec 26, 2022 4:06
Fearised wrote: Sun Dec 25, 2022 14:04 Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.

Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak

Sekian. Nugroho smg
Beneran jauh lebih irit dari bensin Innova lama ya Gan? Kebetulan kmrn habis test V non hybrid juga, dari awal lihat dan coba masuk kabin di pameran udah kerasa posisi mengemudi pasti enak dan beneran memang enak nyaman waktu kmrn coba. Posisi tuas gigi juga pas dalam jangkauan, relaxed driving jadinya. Catatan aja 1 buat penumpang (kebetulan lagi cari mobil buat Cece saya), skrg posisi naik kabinnya tinggi banget hampir kayak kelas Pajero/Fortuner, jadi susah kalo mau naik turun buat penumpang yg agak pendek dan udah umur :ungg:

Kmrn udah semangat pengin ambil yg hybrid G tapi kok setelah liat2 banyak catatannya:
1) Soft touch nya ga ada semua, termasuk yg di center armrest depan :big_cry: --> harus ada anggaran buat re-trim
2) Setir no kulit --> wajib re-trim
3) Ga ada defogger kaca belakang --> netral
4) Ga ada armrest penumpang belakang --> netral
5) Ga ada ionizer --> gimmick nice to have tapi kalo ga ada juga gpp
6) Ga ada headlamp leveling --> netral
7) Ga ada monitor penumpang belakang --> netral
8. Ga ada electric retract buat spion --> DEALBREAKER sekali masak bayar 468jt mobil lebar gini spion nga ada electric retract??? Bisa kesundul2 itu spion kiri kalo lewat di jalan2 sempit

Kalau dengan konsumsi BBM non hybrid bisa 1:11-12 sepertinya better ambil V non hybrid di 477jt an, krn V hybrid bedanya 70jt dng keiritan BBM di level 1:15-17 menurut saya ga worth it (gara2 panoramic sunroof yg sebenernya ga ada juga gpp).

Cuman kalo masalah masuk kabin ketinggian sepertinya ini harus cari jalan, mungkin (kalo beneran ambil) di ganti lowering kit supaya akses kabin bisa turun dikit.

Habis TD Zenix iseng TD Veloz (alasan: akses kabin penumpang gampang) :big_cry: :big_cry: :big_cry: :big_cry: impresinya: (no komen)
Feeling saya itu semua sudah disiapkan om, untuk minor facelift Zenix 1 tahun dan 2 tahun lagi 😁
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9649
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Mon Dec 26, 2022 4:23
peterming77 wrote: Mon Dec 26, 2022 4:06
Fearised wrote: Sun Dec 25, 2022 14:04 Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.

Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak

Sekian. Nugroho smg
Beneran jauh lebih irit dari bensin Innova lama ya Gan? Kebetulan kmrn habis test V non hybrid juga, dari awal lihat dan coba masuk kabin di pameran udah kerasa posisi mengemudi pasti enak dan beneran memang enak nyaman waktu kmrn coba. Posisi tuas gigi juga pas dalam jangkauan, relaxed driving jadinya. Catatan aja 1 buat penumpang (kebetulan lagi cari mobil buat Cece saya), skrg posisi naik kabinnya tinggi banget hampir kayak kelas Pajero/Fortuner, jadi susah kalo mau naik turun buat penumpang yg agak pendek dan udah umur :ungg:

Kmrn udah semangat pengin ambil yg hybrid G tapi kok setelah liat2 banyak catatannya:
1) Soft touch nya ga ada semua, termasuk yg di center armrest depan :big_cry: --> harus ada anggaran buat re-trim
2) Setir no kulit --> wajib re-trim
3) Ga ada defogger kaca belakang --> netral
4) Ga ada armrest penumpang belakang --> netral
5) Ga ada ionizer --> gimmick nice to have tapi kalo ga ada juga gpp
6) Ga ada headlamp leveling --> netral
7) Ga ada monitor penumpang belakang --> netral
8. Ga ada electric retract buat spion --> DEALBREAKER sekali masak bayar 468jt mobil lebar gini spion nga ada electric retract??? Bisa kesundul2 itu spion kiri kalo lewat di jalan2 sempit

Kalau dengan konsumsi BBM non hybrid bisa 1:11-12 sepertinya better ambil V non hybrid di 477jt an, krn V hybrid bedanya 70jt dng keiritan BBM di level 1:15-17 menurut saya ga worth it (gara2 panoramic sunroof yg sebenernya ga ada juga gpp).

Cuman kalo masalah masuk kabin ketinggian sepertinya ini harus cari jalan, mungkin (kalo beneran ambil) di ganti lowering kit supaya akses kabin bisa turun dikit.

Habis TD Zenix iseng TD Veloz (alasan: akses kabin penumpang gampang) :big_cry: :big_cry: :big_cry: :big_cry: impresinya: (no komen)
Feeling saya itu semua sudah disiapkan om, untuk minor facelift Zenix 1 tahun dan 2 tahun lagi 😁
Emang selalu gtu :big_biglaugh:

ada aja fitur yg ditambahin nanti untuk some batch berikutnya, sama spt update software aja, sampai final release sblm muncul yg baru lg, jadi 1D3S aja lahh
Duit ada - suka sikat senang :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1396
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Mon Dec 26, 2022 4:28
AbdulHakim wrote: Mon Dec 26, 2022 4:23
peterming77 wrote: Mon Dec 26, 2022 4:06

Beneran jauh lebih irit dari bensin Innova lama ya Gan? Kebetulan kmrn habis test V non hybrid juga, dari awal lihat dan coba masuk kabin di pameran udah kerasa posisi mengemudi pasti enak dan beneran memang enak nyaman waktu kmrn coba. Posisi tuas gigi juga pas dalam jangkauan, relaxed driving jadinya. Catatan aja 1 buat penumpang (kebetulan lagi cari mobil buat Cece saya), skrg posisi naik kabinnya tinggi banget hampir kayak kelas Pajero/Fortuner, jadi susah kalo mau naik turun buat penumpang yg agak pendek dan udah umur :ungg:

Kmrn udah semangat pengin ambil yg hybrid G tapi kok setelah liat2 banyak catatannya:
1) Soft touch nya ga ada semua, termasuk yg di center armrest depan :big_cry: --> harus ada anggaran buat re-trim
2) Setir no kulit --> wajib re-trim
3) Ga ada defogger kaca belakang --> netral
4) Ga ada armrest penumpang belakang --> netral
5) Ga ada ionizer --> gimmick nice to have tapi kalo ga ada juga gpp
6) Ga ada headlamp leveling --> netral
7) Ga ada monitor penumpang belakang --> netral
8. Ga ada electric retract buat spion --> DEALBREAKER sekali masak bayar 468jt mobil lebar gini spion nga ada electric retract??? Bisa kesundul2 itu spion kiri kalo lewat di jalan2 sempit

Kalau dengan konsumsi BBM non hybrid bisa 1:11-12 sepertinya better ambil V non hybrid di 477jt an, krn V hybrid bedanya 70jt dng keiritan BBM di level 1:15-17 menurut saya ga worth it (gara2 panoramic sunroof yg sebenernya ga ada juga gpp).

Cuman kalo masalah masuk kabin ketinggian sepertinya ini harus cari jalan, mungkin (kalo beneran ambil) di ganti lowering kit supaya akses kabin bisa turun dikit.

Habis TD Zenix iseng TD Veloz (alasan: akses kabin penumpang gampang) :big_cry: :big_cry: :big_cry: :big_cry: impresinya: (no komen)
Feeling saya itu semua sudah disiapkan om, untuk minor facelift Zenix 1 tahun dan 2 tahun lagi 😁
Emang selalu gtu :big_biglaugh:

ada aja fitur yg ditambahin nanti untuk some batch berikutnya, sama spt update software aja, sampai final release sblm muncul yg baru lg, jadi 1D3S aja lahh
Duit ada - suka sikat senang :ngacir:
Di sinilah peran dan kontribusi dari early adopter yang sangat berjasa :big_grin:
Meski begitu, mesinnya yg tangguh lazimnya Toyota bisa diharapkan.
Masih menyandang nama besar Kijang soalnya.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by peterming77 »

lawyerone wrote: Mon Dec 26, 2022 4:16
peterming77 wrote: Mon Dec 26, 2022 4:06
Fearised wrote: Sun Dec 25, 2022 14:04 Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.

Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak

Sekian. Nugroho smg
Beneran jauh lebih irit dari bensin Innova lama ya Gan? Kebetulan kmrn habis test V non hybrid juga, dari awal lihat dan coba masuk kabin di pameran udah kerasa posisi mengemudi pasti enak dan beneran memang enak nyaman waktu kmrn coba. Posisi tuas gigi juga pas dalam jangkauan, relaxed driving jadinya. Catatan aja 1 buat penumpang (kebetulan lagi cari mobil buat Cece saya), skrg posisi naik kabinnya tinggi banget hampir kayak kelas Pajero/Fortuner, jadi susah kalo mau naik turun buat penumpang yg agak pendek dan udah umur :ungg:

Kmrn udah semangat pengin ambil yg hybrid G tapi kok setelah liat2 banyak catatannya:
1) Soft touch nya ga ada semua, termasuk yg di center armrest depan :big_cry: --> harus ada anggaran buat re-trim
2) Setir no kulit --> wajib re-trim
3) Ga ada defogger kaca belakang --> netral
4) Ga ada armrest penumpang belakang --> netral
5) Ga ada ionizer --> gimmick nice to have tapi kalo ga ada juga gpp
6) Ga ada headlamp leveling --> netral
7) Ga ada monitor penumpang belakang --> netral
8. Ga ada electric retract buat spion --> DEALBREAKER sekali masak bayar 468jt mobil lebar gini spion nga ada electric retract??? Bisa kesundul2 itu spion kiri kalo lewat di jalan2 sempit

Kalau dengan konsumsi BBM non hybrid bisa 1:11-12 sepertinya better ambil V non hybrid di 477jt an, krn V hybrid bedanya 70jt dng keiritan BBM di level 1:15-17 menurut saya ga worth it (gara2 panoramic sunroof yg sebenernya ga ada juga gpp).

Cuman kalo masalah masuk kabin ketinggian sepertinya ini harus cari jalan, mungkin (kalo beneran ambil) di ganti lowering kit supaya akses kabin bisa turun dikit.

Habis TD Zenix iseng TD Veloz (alasan: akses kabin penumpang gampang) :big_cry: :big_cry: :big_cry: :big_cry: impresinya: (no komen)
Cerita dong om impresi driving Veloz nya 😁😁

Lihat data ground clearance veloz masih lebih tinggi 2cm soalnya.
Veloz menurut saya:
1) Posisi mengemudi GAK BISA KETEMU YG ENAK krn setir ga ada telescopic dan jarak pedal ke kaki beda dari Raize yg meski sama2 ga telescopic tapi masih bisa ketemu posisi nyetir yg tolerable. Di Veloz kalau posisi setir pas, kaki kelipet2, tapi kalo posisi kaki pas, tangan ke setir tegak lurus punggung maju alias kugapai tak sampai :big_biglaugh:
2) Kekedapan kabin ala noise cancelling headphone dng posisi ambience sound on, alias ga kedap
3) Di Zenix ketemu jalanan ga rata dihajar aja kabinnya masih nyaman, di Veloz ketemu jalan ga rata kayak naik kapal
4) GEDOMBRANGAN :big_cry: :big_cry: :big_cry:

GC lebih tinggi 2cm dari Zenix? Tapi masuk ke kabin tengah Veloz gampang sekali, naik ke kabin Zenix harus dikasih pijakan ...

Note: BENERAN GC Veloz 205 vs Zenix 185 :big_dunno: Kok bisa ya

maapkan saya ya pengguna Veloz, bukan mau roasting Veloz sebenernya. :big_grin: tapi jelas uang 100jt nambah ke Zenix itu dibelanjakan ke mana.