Akibat lampu hazard di musim hujan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by kunaskun »

g36 wrote: 02 Nov 2021, 12:03 WKWKWKWKWKWKW emang sering gitu om, ga usah di kisaran plat H juga sering kok. Pas masih sering lewat toll Transjawa entah berapa kali di dim Fortie/Pajero/Innova dari lajur kanan padahal masih jauhhhhhhh (as in, barely keliatan di spion tengah). Entah saya lagi overtake kendaraan lain atau santai di kiri, sama aja di dim terus.

Anecdote: kawan saya yg bawaannya Paj/Fortie juga pada suka ugal-ugalan. Plat L dua ekor, plat K seekor. Kawan yg innova plat H malah kalem bener nyetirnya, kalah ugal sama saya yg bawa hatchback lemot.
maklum di propinsi termiskin di jawa, pakjero dan portuner dengan nopol H, Ax, R. itu simbol orang kaya, nah orang kaya itu legal untuk ugal2an dan pengen kaya pejabat2 gitu2. kalau innova biasanya supir travel atau supir pejabat. kalau avanza xenia ya pejabat level bawah jatah dinas. biasanya ginian dikasih 140 kpj juga kicep atau disalip mobil yg lebih kenceng atau merek jerman :big_biglaugh:

hazzard? tentu fitur wajib, komplit dengan bullbar depan belakang, serba item2, kalau perlu pasang ngiung2 dan lampu disko. kalau pas ketemu di rest area, kadang cuma bisa elus dada lihat itu mobil isinya overload 3 bahkan 4 generasi keluarga.
g36
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 28 Jan 2017, 16:13

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by g36 »

kunaskun wrote: 03 Nov 2021, 10:13
maklum di propinsi termiskin di jawa, pakjero dan portuner dengan nopol H, Ax, R. itu simbol orang kaya, nah orang kaya itu legal untuk ugal2an dan pengen kaya pejabat2 gitu2. kalau innova biasanya supir travel atau supir pejabat. kalau avanza xenia ya pejabat level bawah jatah dinas. biasanya ginian dikasih 140 kpj juga kicep atau disalip mobil yg lebih kenceng atau merek jerman :big_biglaugh:

hazzard? tentu fitur wajib, komplit dengan bullbar depan belakang, serba item2, kalau perlu pasang ngiung2 dan lampu disko. kalau pas ketemu di rest area, kadang cuma bisa elus dada lihat itu mobil isinya overload 3 bahkan 4 generasi keluarga.
Plot twist....beberapa kali kalo saya iseng saya nututin Paj/Fortie/Inopa (entah kenapa seringnya yang Gen 3), toh larinya juga 140-150an....ga kenceng2 amat. Bonus kalo doi panas hati terus mulai ngawur nyetirnya....udah red flag tanda lepasin aja.

BTT, saya pake hazard paling kalo ngerem dadakan bin pakem....atau kalo lagi ngasih jalan kendaraan lain yang nyebrang. Jaga2 aja sih di case kedua, kadang ada yang suka mak sruntul dari lajur lain waktu traffic pada brenti buat ngasi jalan.
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by pengendiesel »

Kebayang gimana nasib saya waktu jalan dari denpasar ke gilimanuk, timingnya pas sama rombongan suv gagahnya tiga berlian ke arah yang sama :big_bored:

Rombongan gede, full sticker, full aksesoris, pake patwal di depan. Waktu dikasih jalan, ternyata gak abis2 tuh buntut belakangnya :mky_04:

Bagus kalo sekali lewat, abis itu jalan terus. Ini rombongannya nyalip, abis gitu berhenti, saya salip. Mereka jalan lagi, nyalip saya lagi, berhenti lagi, dst. Wadidaaawwww.

Yang lebih lucu, sepanjang perjalanan balik dari bali, cukup banyak rombongan kecil yang dikawal patwal. Paling kecil isinya cuma 4 mobil doang :big_slap:
Entahlah....makin ke sini emang kelakuannya makin out of the box

Padahal kalo saya pribadi touring kalo gak rombongan besar, lebih enak tanpa patwal.
Stress banget ngikutin patwal, jalan harus berani di tengah dan jarak sama kendaraan depan harus mepet2. Ngeliat truk atau bus dari arah berlawanan gak minggir2 agak ngilu rasanya :big_biglaugh:
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: 26 Nov 2015, 23:27

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by rajapb »

OOT sedikit. Selain kaum hazarder yang bebal dan rese, kaum bebal lainnya yang ngeselin itu para Lane Hogger. Argumennya selalu aja "lOH sAYA kAn uDAh mEmAtUHi bATaS kECePaTan". Padahal gak tau aja di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, stay di jalur cepat terus2an dan panteng di speed limit malah ilegal, malah kalau di jalur cepat di-encourage untuk kenceng lewat sedikit speed limit, tapi sehabis itu langsung stay balik lagi ke jalur tengah. Harusnya Indonesia juga diterapin hal kaya gini.
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by Poporing »

rajapb wrote: 03 Nov 2021, 21:30 OOT sedikit. Selain kaum hazarder yang bebal dan rese, kaum bebal lainnya yang ngeselin itu para Lane Hogger. Argumennya selalu aja "lOH sAYA kAn uDAh mEmAtUHi bATaS kECePaTan". Padahal gak tau aja di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, stay di jalur cepat terus2an dan panteng di speed limit malah ilegal, malah kalau di jalur cepat di-encourage untuk kenceng lewat sedikit speed limit, tapi sehabis itu langsung stay balik lagi ke jalur tengah. Harusnya Indonesia juga diterapin hal kaya gini.
emang uda diterapin om...
kan di tol sering ada papan: Gunakan lajur kiri. Lajur kanan hanya untuk mendahului.
edit: eh maksudnya pengenaan denda kalo stay di fast lane ya? belum ada afaik


tp ya gitu orang2 endonesa. sangat beragam..
banyak yg mikir, saya kan uda berkendara di kecepatan maksimal yg dibolehkan, ya saya boleh donk di lajur kanan mulu....
dan kalo diklakson atau dikasi dim, malah idupin sein kanan...... LAHHH KOPETTTTT.. LO MAU TERJANG PEMBATAS JALUR TOL???
g36
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 28 Jan 2017, 16:13

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by g36 »

Ah...buat saya sendiri mending yg gitu mah, daripada truk/bus yg ngeyel di lajur kanan. Bonus kzl points kalo pas di toll yg ada jalur khusus kendaraan lambat di paling kiri.

Tambah lagi kalo ada truk yang overtakenya lamaaaaaaaaaaa. Mending lawan lane hogger kendaraan pribadi deh, minimal buat awareness ke arah depan juga lebih gampang.
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by kenop »

Poporing wrote: 03 Nov 2021, 22:03
rajapb wrote: 03 Nov 2021, 21:30 OOT sedikit. Selain kaum hazarder yang bebal dan rese, kaum bebal lainnya yang ngeselin itu para Lane Hogger. Argumennya selalu aja "lOH sAYA kAn uDAh mEmAtUHi bATaS kECePaTan". Padahal gak tau aja di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, stay di jalur cepat terus2an dan panteng di speed limit malah ilegal, malah kalau di jalur cepat di-encourage untuk kenceng lewat sedikit speed limit, tapi sehabis itu langsung stay balik lagi ke jalur tengah. Harusnya Indonesia juga diterapin hal kaya gini.
emang uda diterapin om...
kan di tol sering ada papan: Gunakan lajur kiri. Lajur kanan hanya untuk mendahului.
edit: eh maksudnya pengenaan denda kalo stay di fast lane ya? belum ada afaik


tp ya gitu orang2 endonesa. sangat beragam..
banyak yg mikir, saya kan uda berkendara di kecepatan maksimal yg dibolehkan, ya saya boleh donk di lajur kanan mulu....
dan kalo diklakson atau dikasi dim, malah idupin sein kanan...... LAHHH KOPETTTTT.. LO MAU TERJANG PEMBATAS JALUR TOL???
Tp logika nya kl di kanan uda kecepatan maksimal, uda ga bs disalip lg dong ya?
Kl kita nyalip lg berati kita yg melebihi kecepatan maksimal yg diperbolehkan..

Kl sy sih lebi enak tengah, kl sampe rem mendadak msh ada opsi kiri / kanan ato pasrah :big_biglaugh:
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by Poporing »

kenop wrote: 04 Nov 2021, 09:53
Poporing wrote: 03 Nov 2021, 22:03
rajapb wrote: 03 Nov 2021, 21:30 OOT sedikit. Selain kaum hazarder yang bebal dan rese, kaum bebal lainnya yang ngeselin itu para Lane Hogger. Argumennya selalu aja "lOH sAYA kAn uDAh mEmAtUHi bATaS kECePaTan". Padahal gak tau aja di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, stay di jalur cepat terus2an dan panteng di speed limit malah ilegal, malah kalau di jalur cepat di-encourage untuk kenceng lewat sedikit speed limit, tapi sehabis itu langsung stay balik lagi ke jalur tengah. Harusnya Indonesia juga diterapin hal kaya gini.
emang uda diterapin om...
kan di tol sering ada papan: Gunakan lajur kiri. Lajur kanan hanya untuk mendahului.
edit: eh maksudnya pengenaan denda kalo stay di fast lane ya? belum ada afaik


tp ya gitu orang2 endonesa. sangat beragam..
banyak yg mikir, saya kan uda berkendara di kecepatan maksimal yg dibolehkan, ya saya boleh donk di lajur kanan mulu....
dan kalo diklakson atau dikasi dim, malah idupin sein kanan...... LAHHH KOPETTTTT.. LO MAU TERJANG PEMBATAS JALUR TOL???
Tp logika nya kl di kanan uda kecepatan maksimal, uda ga bs disalip lg dong ya?
Kl kita nyalip lg berati kita yg melebihi kecepatan maksimal yg diperbolehkan..

Kl sy sih lebi enak tengah, kl sampe rem mendadak msh ada opsi kiri / kanan ato pasrah :big_biglaugh:
betul om... logikanya begitu, ga boleh disalip lagi..
tapi kan tiap pengendara ada kebutuhan yg berbeda.. mungkin speedometer kita deviasinya tinggi.. kita kira 100kph, tp ternyata 90kph. trus pengendara di blkg kita speedonya baru 80kph... hahahah..
blm lg mgkn ada yg mau italian tuning.. and so on..
bukan hak atau kewajiban kita untuk menertibkan pengendara lain (selama ga nyenggol ya)...

saya jg di lajur tengah .. ke kanan kalo lg nyalip..
kalo lg bawa mertua atau ortu malah jarang bgt ke kanan :big_biglaugh:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by kenop »

Poporing wrote: 04 Nov 2021, 10:01
betul om... logikanya begitu, ga boleh disalip lagi..
tapi kan tiap pengendara ada kebutuhan yg berbeda.. mungkin speedometer kita deviasinya tinggi.. kita kira 100kph, tp ternyata 90kph. trus pengendara di blkg kita speedonya baru 80kph... hahahah..
blm lg mgkn ada yg mau italian tuning.. and so on..
bukan hak atau kewajiban kita untuk menertibkan pengendara lain (selama ga nyenggol ya)...

saya jg di lajur tengah .. ke kanan kalo lg nyalip..
kalo lg bawa mertua atau ortu malah jarang bgt ke kanan :big_biglaugh:
haha bisa jg sih, speedo memang beda2 di tiap mobil..

tapi ada jg sih rute tol yg kita mau ngga mau harus jalan di kanan, kayak tol jkt merak (arah jakarta) di atas jam 9 malem..
jalur 1 truk super besar jalan 40 km/h, jalur 2 truk besar jalan 50 km/h, jalur 3 truk agak besar jalan 60 km/h
alhasil mobil2 jalan di kanan semua dan nyalip dari kiri :mky_04:

klo jalan di tengah ngikutin aturan nya sih gregetan bgt cm bs jalan 50 - 60 km/h di tol yg minimal nya 80 km/h :big_bored:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by pengendiesel »

fajarrian wrote: 30 Oct 2021, 19:30
silenzo wrote: 30 Oct 2021, 19:06 Kalo kita di jalur paling kanan lalu di belakang "sekonyong konyong" ada mobil yang pakai klakson tet tot tet tot dan lampu biru kelap kelip (non ambulan), perlukah kita minggir? Dengan dua kondisi keadaan jalan:
1. Lancar di semua jalur (mobil kita melaju dengan kecepatan sesuai peraturan)
2. Padat merayap di semua jalur (mobil lita melaju dengan kecepatan sama seperti yang pada padat merayap)

Note….biasanya yang "sekonyong konyong" ini gajinya kita yang bayarin aka lewat pajak 😝
jawab point yang pertama

fyi jalur kanan itu hanya untuk mendahului,jadi kalo ada mobil yang lebih cepat mau nyusul walopun mobil bukan tet tot tet tot ya harus minggir di lajur kiri

untuk di trans sumatera saya selalu stay di lajur kanan karena di lajur kiri jalannya caur banget, tapi selalu aware liat spion. kalo ada mobil yang lebih cepat mau nyalip saya, walaupun udah cruising 140++ tanpa perlu di dim/klakson saya akan minggir kekiri buat kasih jalan abis itu balik lg kekanan

begitupun sebaliknya, kalo ada lane hogger di lajur kanan bakal saya tempel 5cm+dim+klakson panjang
Maaf om, kalo dibaca dari cara om nyetir di atas, berarti anda melanggar banyak sekali dong?

1. Selalu stay di lajur kanan. Padahal setau saya lajur kanan hanya untuk mendahului. Kalo gak mendahului, harus balik lagi ke lajur tengah/kiri, no matter what.
2. Cruising 140++. Udah jelaslah ya speed limitnya berapa.
3. Tempel 5cm. Berarti anda gak jaga jarak aman dong? Dan sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan gara2 anda berusaha menyingkirkan lane hogger.

Cmiiw.
eriwow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Oct 2018, 12:33
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by eriwow »

Coba saya bikin daftar kebiasaan mengemudi yang bikin perdebatan 'salah dan benar':
1. Pemakaian lampu hazard
2. Pemakaian jalur kanan di tol
3. Memotong garis tidak putus2 ketika mendahului kendaraan lain.
4. Pemakaian lampu dim ketika hendak mendahului secara berlebihan.
5. menggunakan klakson tetot dan lampu biru (walaupun ini terang2an dilarang)
6. Konvoi dengan jumlah kendaraan yg sangat banyak. Saya gak tau aturan berapa maksimum kendaraan yg diperbolehkan dalam satu rangkaian konvoi
7. Berjalan sangat lambat di jalan tol (khususnya buat truk) dan sdh sangat lambat seringnya ambil jalur kedua terutama di tol cikampek yg mempunyai 2-4 jalur.
8. Melampaui batas kecepatan di jalan tol.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by pengendiesel »

Poporing wrote: 04 Nov 2021, 10:01
betul om... logikanya begitu, ga boleh disalip lagi..
tapi kan tiap pengendara ada kebutuhan yg berbeda.. mungkin speedometer kita deviasinya tinggi.. kita kira 100kph, tp ternyata 90kph. trus pengendara di blkg kita speedonya baru 80kph... hahahah..
blm lg mgkn ada yg mau italian tuning.. and so on..
bukan hak atau kewajiban kita untuk menertibkan pengendara lain (selama ga nyenggol ya)...

saya jg di lajur tengah .. ke kanan kalo lg nyalip..
kalo lg bawa mertua atau ortu malah jarang bgt ke kanan :big_biglaugh:
Waduh, logikanya jangan dibalik dong om.
Bisa chaos kalo di jalan tiap orang merasa harus dituruti gara2 punya kebutuhan yang berbeda itu.
Jangan2 lane hogger stay di lajur kanan karena pingin cek tumbuhan di jalur hijau itu jenisnya apa?
Contoh paling banyak mengenai pembenaran super subyektif itu di bus2 ngeblong atau ambil bahu jalan dengan alasan dikejar waktu :big_dunno:

Deviasi speedo antar mobilpun gak sebegitunya sampe bikin kondisi yang berbahaya. Speed gps 90 sama 100 itu gak terlalu beda kok.

Italian tune up? Hmmm...emang harus di gigi tinggi ya? Saya kalo lagi italian tune up di tol pake gigi 1 dan 2 doang, supaya gak ngelanggar speed limit.
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by Poporing »

pengendiesel wrote: 04 Nov 2021, 12:02
Poporing wrote: 04 Nov 2021, 10:01
betul om... logikanya begitu, ga boleh disalip lagi..
tapi kan tiap pengendara ada kebutuhan yg berbeda.. mungkin speedometer kita deviasinya tinggi.. kita kira 100kph, tp ternyata 90kph. trus pengendara di blkg kita speedonya baru 80kph... hahahah..
blm lg mgkn ada yg mau italian tuning.. and so on..
bukan hak atau kewajiban kita untuk menertibkan pengendara lain (selama ga nyenggol ya)...

saya jg di lajur tengah .. ke kanan kalo lg nyalip..
kalo lg bawa mertua atau ortu malah jarang bgt ke kanan :big_biglaugh:
Waduh, logikanya jangan dibalik dong om.
Bisa chaos kalo di jalan tiap orang merasa harus dituruti gara2 punya kebutuhan yang berbeda itu.
Jangan2 lane hogger stay di lajur kanan karena pingin cek tumbuhan di jalur hijau itu jenisnya apa?
Contoh paling banyak mengenai pembenaran super subyektif itu di bus2 ngeblong atau ambil bahu jalan dengan alasan dikejar waktu :big_dunno:

Deviasi speedo antar mobilpun gak sebegitunya sampe bikin kondisi yang berbahaya. Speed gps 90 sama 100 itu gak terlalu beda kok.

Italian tune up? Hmmm...emang harus di gigi tinggi ya? Saya kalo lagi italian tune up di tol pake gigi 1 dan 2 doang, supaya gak ngelanggar speed limit.
itu saya nulis logikanya betul ga bole disalip karena kecepatan yg dibolehkan sudah maksimal
trus yg bener berarti bole disalip? melebihi batas kecepatan maksimal?
saya udah nulis, biarin aja kendaraan mau nyalip. bukan ranah saya untuk menghalangi org yg mau ngebut

ngerti maksud saya ga sih?
apa saya salah nulis?
saya dari awal di page 1 jg nulis ga setuju lane hogger

bingung jadinya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by marmut »

Poporing wrote: 04 Nov 2021, 12:12

ngerti maksud saya ga sih?
apa saya salah nulis?
saya dari awal di page 1 jg nulis ga setuju lane hogger

bingung jadinya


sans broer....balik ke sebelah aja biar adem.

:big_smoking:
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: 29 Jul 2016, 16:01

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by Jordiansyah007 »

kemarin ditawari kawan pasang whelen punya dia yg udh ga dipake, yaudahlah dipasang. gw coba test kencang jg ini suaranya

kalo ngadepin lanehogger di lajur kanan gw hidupin tuh wiu2 + lampu biru + dim :big_biglaugh: :big_biglaugh: jelas2 depan kosong melompong ngapain dia santuy dikanan

sama buat ngusir bus2 & truk yg stay di lajur kanan bunyiin aja wiu2 + nyalain lampu biru :big_biglaugh: :big_biglaugh:

paling parah itu truk2 sayur betah bgt dikanan padahal depan kosong melompong, kiri kosong, udh gt dikanan lambat. nyalain wiu auto minggir :big_biglaugh:
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by Poporing »

marmut wrote: 04 Nov 2021, 12:20
Poporing wrote: 04 Nov 2021, 12:12

ngerti maksud saya ga sih?
apa saya salah nulis?
saya dari awal di page 1 jg nulis ga setuju lane hogger

bingung jadinya


sans broer....balik ke sebelah aja biar adem.

:big_smoking:
ah iya... kayak saya marah ya
maap mbah.. maap om pengendiesel...
itu saya nanya biasa kok mbah

maksud saya, sy ga suka ama lane hogger... apalagi yg suka idupin sein ke kanan :big_biglaugh:
tp saya ga nyetopin dia kasi pemahaman atau pelajaran..
saya biarin aja...
pun saya jarang di lajur kanan.. krn sy ke lajur kanan cuma buat nyalip
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by pengendiesel »

Poporing wrote: 04 Nov 2021, 12:12
pengendiesel wrote: 04 Nov 2021, 12:02
Poporing wrote: 04 Nov 2021, 10:01
betul om... logikanya begitu, ga boleh disalip lagi..
tapi kan tiap pengendara ada kebutuhan yg berbeda.. mungkin speedometer kita deviasinya tinggi.. kita kira 100kph, tp ternyata 90kph. trus pengendara di blkg kita speedonya baru 80kph... hahahah..
blm lg mgkn ada yg mau italian tuning.. and so on..
bukan hak atau kewajiban kita untuk menertibkan pengendara lain (selama ga nyenggol ya)...

saya jg di lajur tengah .. ke kanan kalo lg nyalip..
kalo lg bawa mertua atau ortu malah jarang bgt ke kanan :big_biglaugh:
Waduh, logikanya jangan dibalik dong om.
Bisa chaos kalo di jalan tiap orang merasa harus dituruti gara2 punya kebutuhan yang berbeda itu.
Jangan2 lane hogger stay di lajur kanan karena pingin cek tumbuhan di jalur hijau itu jenisnya apa?
Contoh paling banyak mengenai pembenaran super subyektif itu di bus2 ngeblong atau ambil bahu jalan dengan alasan dikejar waktu :big_dunno:

Deviasi speedo antar mobilpun gak sebegitunya sampe bikin kondisi yang berbahaya. Speed gps 90 sama 100 itu gak terlalu beda kok.

Italian tune up? Hmmm...emang harus di gigi tinggi ya? Saya kalo lagi italian tune up di tol pake gigi 1 dan 2 doang, supaya gak ngelanggar speed limit.
itu saya nulis logikanya betul ga bole disalip karena kecepatan yg dibolehkan sudah maksimal
trus yg bener berarti bole disalip? melebihi batas kecepatan maksimal?
saya udah nulis, biarin aja kendaraan mau nyalip. bukan ranah saya untuk menghalangi org yg mau ngebut

ngerti maksud saya ga sih?
apa saya salah nulis?
saya dari awal di page 1 jg nulis ga setuju lane hogger

bingung jadinya
Eits nganu om, saya ngebold yang bagian : tiap pengendara ada kebutuhan yang berbeda.
Jadi bahasan saya di atas tentang hal ini.

Yang bold bagian : boleh, itu om poporing yang ngebold di post asli, dan saya setuju dengan hal itu.

Maaf kalo bikin bingung :big_sorry: :big_deal:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by maastricht889 »

Poporing wrote: 04 Nov 2021, 12:48
marmut wrote: 04 Nov 2021, 12:20
Poporing wrote: 04 Nov 2021, 12:12

ngerti maksud saya ga sih?
apa saya salah nulis?
saya dari awal di page 1 jg nulis ga setuju lane hogger

bingung jadinya


sans broer....balik ke sebelah aja biar adem.

:big_smoking:
ah iya... kayak saya marah ya
maap mbah.. maap om pengendiesel...
itu saya nanya biasa kok mbah

maksud saya, sy ga suka ama lane hogger... apalagi yg suka idupin sein ke kanan :big_biglaugh:
tp saya ga nyetopin dia kasi pemahaman atau pelajaran..
saya biarin aja...
pun saya jarang di lajur kanan.. krn sy ke lajur kanan cuma buat nyalip
Saya jujur aja suka nyalain sein kanan kl di trans jawa om, ngikutin teknik supir bis AKAP buat kasih tau mobil belakang saya kl jangan salip kiri
g36
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 28 Jan 2017, 16:13

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by g36 »

erwinign wrote: 04 Nov 2021, 14:43
Saya jujur aja suka nyalain sein kanan kl di trans jawa om, ngikutin teknik supir bis AKAP buat kasih tau mobil belakang saya kl jangan salip kiri
Wah tekniknya saya jg pake jaman masih sering lewat pantura sebelum ada transjawa nih :mky_01:

BTW kayanya speed limit itu batas cruising maksimal sih, di AS juga biasanya orang sering nyetir di atas limit (5-10mph yg dianggep wajar secara umum, tapi memang secara legalitas sih salah, kalo ditilang juga bisa misalnya apes kena polisi ato kota yang sewot). Boleh naik lagi hanya ketika overtaking. Habis itu ya tetep balik lajur tengah atau kiri kalo bukan untuk overtaking. Di sana juga banyak yg anggap kalo nyetir di limit tapi di lajur overtaking sebagai lane hogger AFAIK.
rajapb wrote: 03 Nov 2021, 21:30 OOT sedikit. Selain kaum hazarder yang bebal dan rese, kaum bebal lainnya yang ngeselin itu para Lane Hogger. Argumennya selalu aja "lOH sAYA kAn uDAh mEmAtUHi bATaS kECePaTan". Padahal gak tau aja di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, stay di jalur cepat terus2an dan panteng di speed limit malah ilegal, malah kalau di jalur cepat di-encourage untuk kenceng lewat sedikit speed limit, tapi sehabis itu langsung stay balik lagi ke jalur tengah. Harusnya Indonesia juga diterapin hal kaya gini.
Pretty much this, apa yang om rajapb bilang.

Saya juga terapkan sih selama di toll antarkota yg limit 100......klo yg dalkot limit 80 kayanya saya patuh cuma di ruas sekitar Sidoarjo-SBY (banyak speedcam dan polisinya disiplin :mky_01: )
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: 27 Dec 2013, 18:59

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by epinjose »

kadang yang suka stay dikanan (pas 2 lajur doang), soale jalur kiri jalan nya grenjelan lobang2..

pas ada yg mau nyalip/ kasih dim, geser kiri.. selesai disalip, balik ke kanan lagi..

mungkin kalo lajur kiri nya mulus lain cerita..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by maastricht889 »

epinjose wrote: 08 Nov 2021, 19:50 kadang yang suka stay dikanan (pas 2 lajur doang), soale jalur kiri jalan nya grenjelan lobang2..

pas ada yg mau nyalip/ kasih dim, geser kiri.. selesai disalip, balik ke kanan lagi..

mungkin kalo lajur kiri nya mulus lain cerita..
Kl mau jujur transjawa itu kudu rata 3 lajur om, ini br enak. Truk bs pelan2 di paling kiri, nyetir santuy di tengah, ugal2an konvoi bs di jalur tercepat
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by Omnibus »

"lane hogger" itu definisi yg relatif. bagi orang yg sedang speeding >160kph even ada yg lagi cruising 140kph di lajur kanan dianggapnya sbg lane hogger. disaliplah dr lajur kiri.

buat yg lg speeding >160kph ga sabar utk nunggu si "lane hogger 140kph" tsb utk pindah ke lajur kiri. buat si "lane hogger 140kph" terlalu risky kl dia hrs manuver pindah2 lajur dgn speed segitu toh dia juga sdh well above speed limit. kl dia cruising 140kph di lajur kiri itu namanya naik kuda lumping alias ajrut2an aspalnya bekas truk odol (over dimension over load) semua. even pake masdut yg katanya jinba ittai udah ga seru stay di lajur kiri.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by Kaleng »

epinjose wrote: 08 Nov 2021, 19:50 kadang yang suka stay dikanan (pas 2 lajur doang), soale jalur kiri jalan nya grenjelan lobang2..

pas ada yg mau nyalip/ kasih dim, geser kiri.. selesai disalip, balik ke kanan lagi..

mungkin kalo lajur kiri nya mulus lain cerita..
Jujur di tol-tol tertentu dalam kota jakarta dan sekitar, hny jalur paling kanan saja yang cukup mulus, akibatnya sering stay di jalur kanan, namun dengan speed yang sama dengan mobil depan dan jarak aman.

Kalau di tol yang jalur tengah atau paling kiri lumayan mulus biasanya saya tidak pernah pakai jalur paling kanan kecuali memang mau menyalip.

Saya rasa banyak juga yang seperti om epinjose atau saya terpaksa di jalur paling kanan karena itu saja yang manusiawi.
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: 27 Dec 2013, 18:59

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by epinjose »

Kaleng wrote: 09 Nov 2021, 08:40
epinjose wrote: 08 Nov 2021, 19:50 kadang yang suka stay dikanan (pas 2 lajur doang), soale jalur kiri jalan nya grenjelan lobang2..

pas ada yg mau nyalip/ kasih dim, geser kiri.. selesai disalip, balik ke kanan lagi..

mungkin kalo lajur kiri nya mulus lain cerita..
Jujur di tol-tol tertentu dalam kota jakarta dan sekitar, hny jalur paling kanan saja yang cukup mulus, akibatnya sering stay di jalur kanan, namun dengan speed yang sama dengan mobil depan dan jarak aman.

Kalau di tol yang jalur tengah atau paling kiri lumayan mulus biasanya saya tidak pernah pakai jalur paling kanan kecuali memang mau menyalip.

Saya rasa banyak juga yang seperti om epinjose atau saya terpaksa di jalur paling kanan karena itu saja yang manusiawi.
saya nda um, ngalah aja..
kalo cuma 2 lajur dan kiri banyak lobang, ya saya pilih ikutan kenceng di kanan sm yang lain.. haha

tp kalo 3 jalur mulus semua, saya sebisa mungkin malah ambil kiri kalau kosong, bahkan jalan 100 up.

ga enak di tol ngehajar lobang / tambalan kecil2 laknat soale bukan mobil ladder, ga nyaman..
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Akibat lampu hazard di musim hujan

Post by pengendiesel »

Omnibus wrote: 08 Nov 2021, 20:17 "lane hogger" itu definisi yg relatif. bagi orang yg sedang speeding >160kph even ada yg lagi cruising 140kph di lajur kanan dianggapnya sbg lane hogger. disaliplah dr lajur kiri.

buat yg lg speeding >160kph ga sabar utk nunggu si "lane hogger 140kph" tsb utk pindah ke lajur kiri. buat si "lane hogger 140kph" terlalu risky kl dia hrs manuver pindah2 lajur dgn speed segitu toh dia juga sdh well above speed limit. kl dia cruising 140kph di lajur kiri itu namanya naik kuda lumping alias ajrut2an aspalnya bekas truk odol (over dimension over load) semua. even pake masdut yg katanya jinba ittai udah ga seru stay di lajur kiri.
Harusnya di jalan tol ada 1 hal lagi yang sangat penting tapi hampir gak pernah dibahas (mungkin terlalu asik adu bacot antara lane hogger vs speeding), yaitu jaga jarak aman.

Perpaduan speeding+lane hogger+tidak jaga jarak aman ini menyebabkan seringnya terjadi tabrakan beruntun di LAJUR KANAN.
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas ... -jalan-tol
Apalagi tol dalam kota, saat mau nyalip, udah ambil lajur kanan, kasih jarak aman sama mobil depan, malah diklakson+dim sama yang belakang. Mana yang belakang mepet banget lagi posisinya. Kayaknya gak pernah ada 'jaga jarak aman' di kosakatanya selama ini.

Memang sih, selama ini kalo ngeliat sendiri atau ada teman yang tabrakan beruntun di jalan tol, kejadiannya selalu di lajur kanan. Yang lajur kiri/tengah malah aman, padahal banyak yang jalan kayak siput.


Setuju sama om omnibus, lane hogger itu relatif banget. Tapi speeding dan jaga jarak aman itu absolut.

Ayo, mari kita lanjutken lagi adu bacotnya :big_biglaugh:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post