NEW VELOZ 2022!!

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

Entah apa yg ada di pemikiran toyota koq veloz dikasi ban profil 50... Jelas2 pemakai veloz sebagian besar itu y pembeli avanza generasi sblm nya yg akan ngarepin mobil yg tangguh. Kasih ban profil 50 jelas bkn utk mobil yg tangguh melainkan hanya utk gaya2an
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by silenzo »

the-mantal wrote: Thu Oct 13, 2022 6:05 Entah apa yg ada di pemikiran toyota koq veloz dikasi ban profil 50... Jelas2 pemakai veloz sebagian besar itu y pembeli avanza generasi sblm nya yg akan ngarepin mobil yg tangguh. Kasih ban profil 50 jelas bkn utk mobil yg tangguh melainkan hanya utk gaya2an
Asumsi saya: Toyota sudah lakukan survei atau riset dan ambil kesimpulan kalau pemilik Veloz “mayoritas” di daerah yg infrastruktur jalannya “lumayan” baik dan flat :big_think:
antonwdj
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Veloz

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by antonwdj »

Apakah ada yg merasakan di veloz 2022 matic saat gas dilepas mobil seperti ngerem sendiri? Terasa seperti engine brake. Efeknya tidak selalu terjadi. Terasa paling mengganggu saat kecepatan rendah sekitar 10-20 kpj. Saat terjadi dan dibiarkan sehingga kecepatan makin menurun, efek engine brakenya bisa tiba2 hilang sendiri dan menyebabkan hentakan. Saya lihat di youtube ada yg merasakan efek ini juga di avanza matic.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by ariswp »

Karakter D-CVT bukannya memang gitu ya?
Di raize sepupu saya juga gitu sih, kayak ada efek engine brake yang rada berasa, kadang pas turun mulai melandai engine brake tau2 ilang,
Tapi belom taraf mengganggu sih (buat saya)
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
antonwdj
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Veloz

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by antonwdj »

Berarti memang normal ya om. Kalau menurut saya mengganggu karena ada hentakan yang terasa seperti saat pakai mobil manual dan nginjek kopling tidak pas waktunya. Kalau di manual kita bisa sesuaikan tapi ini matic ga ada koplingnya hehe.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by ilhami »

Berarti efeknya mirip dengan cvt di motor matic
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by vipere »

antonwdj wrote: Sat Oct 15, 2022 1:29 Berarti memang normal ya om. Kalau menurut saya mengganggu karena ada hentakan yang terasa seperti saat pakai mobil manual dan nginjek kopling tidak pas waktunya. Kalau di manual kita bisa sesuaikan tapi ini matic ga ada koplingnya hehe.
bener banget..rocky juga gitu ,sama. apalagi kalo kecepetan rendah, lepas gas, berasa hentakannya. engine breaknya terlalu kasar.
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

Ini efek engine cut off ya... Makanya tiap kali lepas gas berasa deselerasi nya kuat dan kl diperhatiin di current fuel consumption nya lsg mentok ke 99.9km/l. Nanti turun sampai kecepatan 20 atau dibawah nya agak terasa ndut2an pas perpindahan ke coasting dan current fuel consumption nya jadi 20-30 km/l aja.

Klo saya ngakali nya biasa saya gas lagi aja trus lepas nanti dia akan lsg ganti ke coasting. Cuman efeknya jd berasa nyetir agresif banget haha..

Yg saya jg ga suka dr dcvt / mesin nya itu klo rpm dibawah 1500 mesin terasa bergetar gitu. Jd saya kl mnyetir ga pernah dibawah 1500 rpm... Dan kesannya jd agresif banget krn nyetir 1500 rpm itu kecepatan naiknya cepet banget
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
antonwdj
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Veloz

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by antonwdj »

Mungkin ada yg pernah coba Xpander facelift yg sudah CVT atau Stargazer. Apakah terasa hentakan juga di kecepatan rendah?
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by krniawnhdr »

antonwdj wrote: Wed Oct 19, 2022 1:42 Mungkin ada yg pernah coba Xpander facelift yg sudah CVT atau Stargazer. Apakah terasa hentakan juga di kecepatan rendah?
Veloz aja mungkin om. stargazer nggak ada..transisinya paling smooth dirasa.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by piraku »

antonwdj wrote:Mungkin ada yg pernah coba Xpander facelift yg sudah CVT atau Stargazer. Apakah terasa hentakan juga di kecepatan rendah?
Mungkin itu karena DCVT yg pake gear beneran untuk putaran bawah.
antonwdj
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Veloz

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by antonwdj »

DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
antonwdj
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Veloz

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by antonwdj »

krniawnhdr wrote: Thu Oct 20, 2022 0:51
antonwdj wrote: Wed Oct 19, 2022 1:42 Mungkin ada yg pernah coba Xpander facelift yg sudah CVT atau Stargazer. Apakah terasa hentakan juga di kecepatan rendah?
Veloz aja mungkin om. stargazer nggak ada..transisinya paling smooth dirasa.
Berarti efek ini bukan hal yg sama utk semua CVT
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by the-mantal »

kemarin baru coba transmisinya ditaruh di S jgn di D, lumayan lebih smooth banget krn mainnya di putaran 2000 rpm ke atas.
dicoba aja.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by MSU »

antonwdj wrote: Thu Oct 20, 2022 3:35 DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
apa berarti di xenia & avanza beda matiknya om?
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by piraku »

Oiya beda kepanjangan DCVT nya ternyata
Toyota - Direct Shift CVT
Daihatsu - Dual CVT

Kalau diatas 60km/h pindah dari belt ke planetary gear, berarti cruising 100km/h rpmnya ga serendah CVT biasa dong? CMIIW
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by piraku »


MSU wrote:
antonwdj wrote: Thu Oct 20, 2022 3:35 DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
apa berarti di xenia & avanza beda matiknya om?
Kayanya sama aja kalau kasus xenia dan avanza mah. Keduanya basis DNGA.
Yg beda DCVT nya voxy.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by AbdulHakim »

antonwdj wrote: Thu Oct 20, 2022 3:35 DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
lha lebih make-sense Direct Shift-CVT nya Toyota dong kalo gitu
setelah googling mobil Toyota apa yg pake Direct Shift-CVT di Indonesia, ternyata Voxy :big_grin: ya ono rego ono rupo lah ya
ngarep avxenveloz pake Direct Shift-CVT mo jadi berapa harganya :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Thu Oct 20, 2022 6:54
antonwdj wrote: Thu Oct 20, 2022 3:35 DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
lha lebih make-sense Direct Shift-CVT nya Toyota dong kalo gitu
setelah googling mobil Toyota apa yg pake Direct Shift-CVT di Indonesia, ternyata Voxy :big_grin: ya ono rego ono rupo lah ya
ngarep avxenveloz pake Direct Shift-CVT mo jadi berapa harganya :big_biglaugh:
logically, direct shift CVT, girboksnya akan lbh awet yaa.
karena beban pulley + belt lebih minimal / ketika mobil sudah berjalan.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Kent »

Kalo berasa jedug sih krn matic sih gak.
tp emang ada suara2 kyk mendenggung gk jelas, kyk engine break pas kita di kecepatan rendah n lepas gas.
feels saya sih gk jeduk, tp memang agak ganggu aja feels nya.
kyk klo kita gigi mundur (with matic non CVT) kan klo di gas ada bunyi ngungggg.. nah kyk gt suara nya klo lepas gas.

yg lbh ganggu annoying itu sebenarnya RPM naik turun dangdut nya, itu lbh nyebelin menurut gw.
y tp di terima aja lah, toyota mesin <2.0cc emang gt karakter nya..
hahahaha.....
antonwdj
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Veloz

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by antonwdj »

the-mantal wrote: Thu Oct 20, 2022 3:58 kemarin baru coba transmisinya ditaruh di S jgn di D, lumayan lebih smooth banget krn mainnya di putaran 2000 rpm ke atas.
dicoba aja.
Kalau di S terus kayaknya jadi lebih boros karena putaran mesin lebih tinggi. Begitu masuk S, lingkaran hijau di speedometer hilang. Selain itu di S ada sensasi pindah gigi (virtual) yang justru mestinya ga ada di CVT. Tapi beda orang akan beda2 pendapat tentunya.
antonwdj
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Veloz

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by antonwdj »

MSU wrote: Thu Oct 20, 2022 4:37
antonwdj wrote: Thu Oct 20, 2022 3:35 DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
apa berarti di xenia & avanza beda matiknya om?
Xenia, avanza, veloz pakai DCVT Daihatsu semua
antonwdj
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Veloz

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by antonwdj »

AbdulHakim wrote: Thu Oct 20, 2022 6:54
antonwdj wrote: Thu Oct 20, 2022 3:35 DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
lha lebih make-sense Direct Shift-CVT nya Toyota dong kalo gitu
setelah googling mobil Toyota apa yg pake Direct Shift-CVT di Indonesia, ternyata Voxy :big_grin: ya ono rego ono rupo lah ya
ngarep avxenveloz pake Direct Shift-CVT mo jadi berapa harganya :big_biglaugh:
Saya sependapat. Tujuan launch gear di Direct Shift-CVT Toyota salah satunya mengatasi kekurangan CVT biasa yaitu ngeden saat mulai jalan.

Iya betul Direct Shift-CVT tidak bisa dipakai di avanza/xenia/veloz karena lebih mahal. DCVT Daihatsu lebih murah.

Ekspektasi saya namanya CVT harusnya mulus ga ada hentakan. Stargazer sama2 Low MPV juga tapi CVTnya mulus (menurut reply di atas). Entah Xpander facelift yg CVT gimana. Kelebihan CVT saya baca katanya mulus tidak seperti AT konvensional tapi sebelumnya saya pakai Grand Livina 2012 yg masih AT konvensional malah mulus banget itu.
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by silenzo »

Saya kok merasa ground clearance Veloz itu ngga 205mm seperti yg ada di brosur. Barusan lihat Hyundai Creta, yang ground clearance versi brosurnya di angka 190mm. Kok kelihatan kalau si Hyundai Creta lebih tinggi ground clearance-nya dibandingkan dengan Veloz? Jadi terkesan lebih aman buat jalanan yg permukaanya amburadul. Minta tolong komentar men temen. Thanks.
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by rajapb »

krniawnhdr wrote: Thu Oct 20, 2022 0:51
antonwdj wrote: Wed Oct 19, 2022 1:42 Mungkin ada yg pernah coba Xpander facelift yg sudah CVT atau Stargazer. Apakah terasa hentakan juga di kecepatan rendah?
Veloz aja mungkin om. stargazer nggak ada..transisinya paling smooth dirasa.
stargazer gigi startnya pake gear beneran. "Gear" selanjutnya baru pake cvt, makanya berasa smooth di kecepatan rendah.