Bisa jadikan VL AT ndak?
Atau kalau memang cukupnya di VE AT.... Juga bagus...
Pengalaman saya... Yg sudah pernah pakai ya...
Rush baru tidak pake konde....
Adalah pilihan teraman. Tapi ya gitu, tidak dapat apa2.
Tumpakan alakadarnya.
Ada uang dan pingin yg lain... Mending lainnya.
Ertiga baru... Rasanya lebih sempit lebarnya interior dibanding Livinapander.
Xpander... Bawahnya loyo... Tapi overall rasanya nyaman.
Masalah servis... Kalau dirasa mahal, segera cari bengkel alternatif. Spesialis mitsubishi/nissan...
Biaya kisaran 60-80% bengkel resmi.
Semua mobil diatas, mesinnya sangat tahan untuk disiksa. Kenapa?
Toyota... Semua tau, mayoritas market mobil pasti Toyota... Sehingga mau dari ORI, Kw Ori, Kw1 sampe Kw10 semua ada.
Problemnya... Mobil rusak sama nggak rusak, hampir gak kerasa bedanya. Ini yg bikin terasa bandel. Untuk sekedar tau saja ya... Servis Agya/Avanza bengkel resmi habisnya jg banyak lho... Juta juta an...
Suzuki, ini mesin dipake worldwide dan overseas market, terbukti dipake segala macam mobil, dipakai seri niaga. Buktinya travel jg banyak pakai, pastinya jos . K15B seri improvementnya dari mesin susuku yg baru...
Livinapander... Mesin mitsubishi ini bukan mesin baru, melainkan mesin tahun 2000an awal tengah. Secara teknologi, mesin ini lebih sederhana dibanding mesin Grand Livina sebelumnya...
4A91 ini mesin yg bandel dan pastinya gak rewelan.
Nah... Bicara masalah servis mahal... Mobil yang lain biasanya punya benchmark lebih nyaman kedap dan empuk dibanding rival Toyota nya...
Biasanya teknologi dan teknikal canggih banyak digunakan disini. Seperti misalnya desain kaki2 yang lebih empuk, dikarenakan banyak karet bushing dan desain konstruksi yg lebih advanced dari rival Toyotanya.
Hal ini pengaruh dengan kekuatan, yang mana akhirnya dirasa lebih ringkih krn asal hajar aja saking enaknya...
Ditambah merk lain, biasanya parts KW nya tidak sebanyak dan seterpisah-pisah Toyota nya...
Ini menyebabkan merk lain terkesan mahal... Padahal, kalau semua sama-sama original parts, begitu ditotal unda undi hampir sama. Selisih sekian ratus ribu saja...
Atau... Kadang membandingkannya tidak imbang. Contohnya Nissan Serena... Dibandingkan dengan Innova... Atau Nissan X-Trail dibandingkan dengan Avanza/Rush... Yaaaa jadi ngak sebanding ..
Saya sih bawanya X-Trail, kalo di compare Innova, ternyata kelas harga partsnya sama... Dibanding CRV, juga sama... Unda undi murah sini mahal situ dan sebaliknya.
Saran saya sih kembali lagi... Suka dan Mudah mana rawat merk nya... Apalagi mertua sudah pensiun,bisa jadi ini pembelian mobil baru terakhir...
Saya tetap vote Livina kalo bisa yang VL, fitur lebih lengkap. Rumit dikit diawal, habis itu terbiasa... VE bagus di dasbor+kursi warna coklat. Kalau VL fiturnya lengkap dipake 10 tahun jugaaa fiturnya ngak ketinggalan.
Ertiga juga bagus, tp saya belum pernah in-depth using... Jadi gak brani komen banyak.
Kalau saya boleh bilang, Suzuki itu biasanya nanggung... Dan Ertiga adalah pilihan kompromi dari semuanya. Yang kayak setengah A dapet, setengah B dapet.
Tapi kalo komplit susuki enggak bisa... Adanya di merk A dg kekurangan ini kelebihan itu. Atau di Merk B dgn kelebihan itu, kekurangan ini.
Oiya, usahakan AT... Lebih enak lebih halus lebih tidak ndat ndut di permacetan/jalan oelan dalkot
≠======
Sekilas tentang AT,
Jangan kuatir. AT dengan perawatan betul, harusnya 200-250rb km bisa tercapai tanpa maintenance apapun kecuali ganti oli matik.
Kalau manula... Biasanya kelas mobil ini di 80-100rb km sudah minta ganti kopling set. Ditotal sampai KM yg sama... Bisa sudah ganti 2-3x kopling set, yang mana kalau ori semua... Habisnya kurleb sama seperti total overhaul matic 1x turun di KM 200-250rb.
Sebagai contoh
Avanza old 1.3 G MT saya KM sudah 170rb an, sudah kopling set ke 3. Tiap ganti selalu ori, kurleb 2jt an... Dikali 3 sampai km 240rb misalnya... Sudah 6jt ++ (belum labour cost), ini harga bengkel resmi/bengkel biasa hampir mirip.
Xtrail saya.... Belum pernah turun matic km 180, estimasi sampai terasa delay saat pagi hari gak bisa jalan... Mgkn di km 250rb an.... Total overhaul termasuk cek kampas kopling matiknya yg perlu diganti, estimasi di 6-8jt sudah labour cost di bengkel spesialis nissan.
Yaaa kurleb hampir sama lah, unda undi tambah2 dikit. Tapi memang gak enaknya langsung petok/pecah tabungan hahahah....