Clonz wrote: ↑03 Apr 2021, 06:07
Pagi om om.
Mau minta saran, saya ada kepikiran mau tuker guling innova reborn G Diesel AT 2019 saya ke wuling almaz RS PRO 7 seater 1.5Turbo.
Kira2 apa ya plus minus nya? Mohon sharing dari para pengguna Almaz selama ini, kira2 apa yg musti diperhatikan dan kekurangan apa dari almaz(karena saya belom pernah pelihara mocin, dan lihat di beberapa forum wuling, kok kayaknya agak banyak problem di sensor2 dan kaki2, apa benar?)
Kenapa mau tuker? Ada beberapa hal yg mengganjal:
1. Ga kebiasaan pake diesel, skrg pake diesel berasa boyo di tarikan bawah menengah(masih males remap/piggyback dll). Dan agak berisik dan bau asapnya.
2. 2gd ini kok terlalu limbung bikin penumpang pada protes. Keras bantingannya kayak gerobak (ban, shock, per std). Jadi kadang keras, tapi limbung.
3. Jalan kec rada tinggi dikit di dalkot, anak2 lgsg teriak2. (Sebelumnya pake crv RE, di kec yg sama, mereka diem2 aja)
4. 2gd G, berasa kopong tanpa gimmcik apapun. Dr luar keren, tp dalamnya bener2 ga ada apa2 nya. Fitur safety jg minim (2019 belom dikasih VSC sekalipun).
5. Built quality menurun: shock gampang lemes, disc brake kualitas jelek, sering berasa ga pakem kalau ngerem. Bodi tipis. Cat tipis, finishing kurang halus.
Apakah 4 ganjalan di atas bisa teratasi kalau tuker guling ke almaz ya om om? Apalagi di masa pandemi gini dan ppnbm innova jg baru disahkan.
Apakah worthed long term, dipake lama masih bisa dan dalam segi keawetan dan durability masih oke?
Terima kasih sebelumnya om om

Saya coba bantu jawab ya
1. Biasa pake bbm apa memangnya? Biosolar atau dex?
2. Kalo biasa pake suv monokok sih iya, tapi kalo biasa pake innova or fortuner lama, 2gd ini judh jauh lebih enak kok menurut saya dan lebih empuk
3. Teriak2 kenapa om? Saya sendiri juga ex user RE 2010 dan pernah nyobain ANKI V diesel AT, dan buat saya pribadi bantingan suspensinya mirip2, cuma lebih empuk anki sedikit + kekedapan kabin juga lebih kedap ANKI dibanding RE
4. Kalo G mah gaheran, kalo nyari fitur, minimal kudu tipe V om kalo ANKI. Karena mayoritas user innova ga nyari fitur dan kenyamanan, tapi nyari durability, konsumsi BBM, keawetan, RV yg ga jatoh jatoh amat, akomodasi dan kepraktisan, karena rata2 jg beli innova buat daily dan tempur, yg jalan tiap hari hehehe
5. Soal itu no comment saya
Tergantung, prioritas om apa, cuma dari no 2,3,4 akan upgrade ya dari ANKI, cuma kalo no 1 dan 5 kurang yakin saya. Kalo plusnya almaz daripada ANKI diesel G ya ada di kenyamanan dan bantingan suspensi yg lebih empuk sm kekedapan kabin yg lebih baik + fitur yg lebih lengkap, cuma ya minusnya, ada di konsumsi BBM yg pasti lebih boros , tarikan bawah yg agak kurang dan brandnya + durability jg blm teruji dan rv jg akan anjlok apalagi mobcin blm seterkenal mobil jepang brandnya .
Kalau saya jadi om, saya gaakan ganti. Cukup pasang stutbar dan stabilizer aja kalo mau stabil atau ganti ban yg bagusan, kalo mau jg bisa pasang peredam tambahan, karena diluar semua kelemahan yg om sebutin tadi, ANKI adalah mobil keluarga yg all rounder dan cocok buat kebutuhan sehari2 dan udh salah 1 mobil yg paling tepat lah kalo mau pake longterm karena badak awet durable, perawatan murah, part banyak (dari ori ampe kw ada semua dimana mana) dan gampang benerinnya , dan saya sendiri jg masih ragu pake mobcin, bukan karena mobilnya jelek, tapi saya perlu pembuktian konsistensi dari ASS dan eksistensi ATPM nya minimal 5-10 tahun kedepan apakah akan bernasib sama dengan chevy ford dan datsun atau tetap eksis dalam waktu yg lama seperti toyodai ahond suzuki mitsu dkk wkwkkw