Page 1 of 2

Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Thu Feb 04, 2021 15:38
by suryosap
Selamat malam semuanya,
As subject, minggu kemarin saya melihat ada Honda Jazz full modif yang kemudian kata pemiliknya bekas untuk balap. Saya melihat-melihat mobil tersebut kebetulan pemilik mobil ini sangat welcome.

Salah hal yang mencuri perhatian saya adalah banyaknya pipa-pipa stabilizer di mobil tersebut, bahkan sampai ada didalam kabin. Dari pembicaraan dengan pemilik, ia mengatakan mobil daily bisa saja menggunakan stabilizer bar dan menyarankan aplikasi stabilizer bar yang mengikat body/sasis(?) saja. Stabilizer yang mengikat suspensi akan mengganggu kenyamanan mobil.

Sayang pembicaraan hanya singkat, saya masih punya beberapa pertanyaan dan rasa penasaran.

1. Apakah pernyataan pemilik mobil tersebut tepat?

2. Apakah tujuan utama dari aplikasi stabilizer bar?

3. Apakah plus minus penggunaan stabilizer bar?

4. Mengapa beberapa mobil dalam keadaan stock sudah ada stabilizer sementara beberapa tidak ada?


Terima kasih ✌

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Thu Feb 04, 2021 16:00
by maastricht889
Menarik juga om, kebetulan saya lg pelajarin soal barang ginian merk ul*** ra****. Seberapa ngefek sih yg saya penasaran itu, dan apakah dianjurin pasang di seluruh bagian buat ukuran mobil daily (maksud saya di strut bar mesin, tengah2 bawah bodi sama di kaki2 belakang).

Mungkin disini yg udah pake langsung bs sharing, regardless mobilnya pake apaan

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Thu Feb 04, 2021 16:15
by suryosap
erwinign wrote: Thu Feb 04, 2021 16:00 Menarik juga om, kebetulan saya lg pelajarin soal barang ginian merk ul*** ra****. Seberapa ngefek sih yg saya penasaran itu, dan apakah dianjurin pasang di seluruh bagian buat ukuran mobil daily (maksud saya di strut bar mesin, tengah2 bawah bodi sama di kaki2 belakang).

Mungkin disini yg udah pake langsung bs sharing, regardless mobilnya pake apaan
Sama-sama om, saya sebagai orang yang masih sangat awam ingin banyak informasi dan pengetahuan tentang stabilizer bar. Brand stabilizer yang paling sering saya temui online ada 2, ultra racing dan hardrace 👌

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Thu Feb 04, 2021 16:19
by maastricht889
suryosap wrote: Thu Feb 04, 2021 16:15
erwinign wrote: Thu Feb 04, 2021 16:00 Menarik juga om, kebetulan saya lg pelajarin soal barang ginian merk ul*** ra****. Seberapa ngefek sih yg saya penasaran itu, dan apakah dianjurin pasang di seluruh bagian buat ukuran mobil daily (maksud saya di strut bar mesin, tengah2 bawah bodi sama di kaki2 belakang).

Mungkin disini yg udah pake langsung bs sharing, regardless mobilnya pake apaan
Sama-sama om, saya sebagai orang yang masih sangat awam ingin banyak informasi dan pengetahuan tentang stabilizer bar. Brand stabilizer yang paling sering saya temui online ada 2, ultra racing dan hardrace 👌
Itung2 kl emang manjur kan lumayan om, apalg om pake veloz dan saya ertiga. Selama pakek ertiga yg tak rasain pas belok di depan mentul2, pas manuver dalkot bagian belakang semacem geal geol aneh. Dah mendingan setelah ganti ban tapak lbh gede tp masih ndak puas

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Thu Feb 04, 2021 16:54
by quyquy
Pernah pakai:

1. Strutbar
2. Front Lower Bar
3. Sway Bar

Aplikasinya di Xenia gen 2.

Kelebihan: Kestabilan meningkat jauh dibanding polosan nggak pake apa2. Padahal per dan shock masih bawaan pabrik

Kekurangan:
1. Karakter mobil berubah jadi lebih kaku. Mobil lebih keras bantingannya sehingga melibas jalan keriting, getarannya sampai masuk ke kabin.
2. Pasang strutbar setir lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros 1-2 km/liter

Kok bisa pasang strutbar lebih boros bbm?
Iya, karena rolling resistance nya lebih besar. Mobil lebih napak ke jalan.
Halah itu mah teori? Ya awalnya saya juga nggak percaya.
Lalu saya coba satu bulan pake strutbar, satu bulan nggak pake strutbar.
Dan ternyata waktu nggak pake strutbar mesin lebih enteng tarikannya dan besin lebih hemat.
Kalo nggak percaya, cobain aja..

Jadi gimana donk, untung nggak pake stabilizer bar tambahan?

Ya tergantung driving style dan tingkat kenyamanan yg ingin didapat.

Driving style suka buru2 alias ngebut dan ingin nyaman dalam perihal kepresisian pengemudian mobil ya pasanglah stabiliser bar.

Tapi kalo driving style biasa aja dan nyaman yang ingin didapat adalah nyaman empuk suspensi ya jangan pasang stabiliser bar.

Kalo ingin sedikit lebih stabil (ingat sedikit ya) dan masih ingin dapat kenyamanan perihal empuk, caranya pasang spring buffer.

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Fri Feb 05, 2021 1:41
by DOHC
Saya perna make yg strutbar waktu jaman pake old batu makam grand lipindut, beli nya ama rekanan NLC yg punya bengkel body repair ama anti karat rekanan ntuh grup jg.. ngaku nya import malon atau dr mana lah

Sperti yg om quy blg, berasa d setir, berasa lebi berat tp berat nya justru paling berasa pas lg lari d tol, mo pindah2 jalur setir lebi mantep, ama kl lg nikung patah sambil agak kenceng, depan mobil lebi nurut ama putaran setir

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Fri Feb 05, 2021 2:07
by maastricht889
DOHC wrote: Fri Feb 05, 2021 1:41 Saya perna make yg strutbar waktu jaman pake old batu makam grand lipindut, beli nya ama rekanan NLC yg punya bengkel body repair ama anti karat rekanan ntuh grup jg.. ngaku nya import malon atau dr mana lah

Sperti yg om quy blg, berasa d setir, berasa lebi berat tp berat nya justru paling berasa pas lg lari d tol, mo pindah2 jalur setir lebi mantep, ama kl lg nikung patah sambil agak kenceng, depan mobil lebi nurut ama putaran setir
Kl pasang stabilizer/sejenis strut bar di kaki2 belakang rekomen ngga mbah?

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Fri Feb 05, 2021 2:12
by DOHC
erwinign wrote: Fri Feb 05, 2021 2:07
DOHC wrote: Fri Feb 05, 2021 1:41 Saya perna make yg strutbar waktu jaman pake old batu makam grand lipindut, beli nya ama rekanan NLC yg punya bengkel body repair ama anti karat rekanan ntuh grup jg.. ngaku nya import malon atau dr mana lah

Sperti yg om quy blg, berasa d setir, berasa lebi berat tp berat nya justru paling berasa pas lg lari d tol, mo pindah2 jalur setir lebi mantep, ama kl lg nikung patah sambil agak kenceng, depan mobil lebi nurut ama putaran setir
Kl pasang stabilizer/sejenis strut bar di kaki2 belakang rekomen ngga mbah?
Tergantung mbah

Kl kaki2 blakang ud torsion bar + stabilizer kaya di hrv, buat apa lg.. yg ad jd kaku banget blakang nya

Tp kl masi independent tp tanpa stabilizer sperti di CK4, nah enak tuh kl d tambahin strut blakang

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Fri Feb 05, 2021 3:30
by evolution21
pernah pake sway bar di cx5
body belakang kalo kena goncangan lebih kaku

buat lari kencang di tol terasa lebih baik stabilnya.

pikir2 krn mostly pemakaian dalkot yg jalanan ga terlalu mulus dan pemasangan itu makin nambah ga nyaman apalagi cx5 bantigannya udah kaku jd ane lepas

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Fri Feb 05, 2021 4:01
by eriwow
Pernah pake strut bar ama sway bar.
Plus:
Mobil jd lebih kaku.
Lebih stabil
Lebih presisi di kecepatan tinggi buat belok2

Negatif:
Setir jd lebih berat
Ban cepet botak (perasaan ajah gak ada data)
Banyak org nanya... ini apa? Fungsinya apa? Kerasa efeknya?


Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Fri Feb 05, 2021 4:35
by lamatlancah
kalau untuk balap / track racing, chasis/body kendaraan kadang butuh flex untuk meningkatkan traksi.

tapi kelebihan flex, handling jadi engga direct/ jadi bego.

untuk bikin handling jadi direct, body atau chassis harus kaku, dan suspension bisa bekerja 100% sebagaimana mestinya.

tapi disisi lain, handling mobilnya bakal jadi less forgiving.

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Fri Feb 05, 2021 12:54
by suryosap
erwinign wrote: Thu Feb 04, 2021 16:19
suryosap wrote: Thu Feb 04, 2021 16:15
erwinign wrote: Thu Feb 04, 2021 16:00 Menarik juga om, kebetulan saya lg pelajarin soal barang ginian merk ul*** ra****. Seberapa ngefek sih yg saya penasaran itu, dan apakah dianjurin pasang di seluruh bagian buat ukuran mobil daily (maksud saya di strut bar mesin, tengah2 bawah bodi sama di kaki2 belakang).

Mungkin disini yg udah pake langsung bs sharing, regardless mobilnya pake apaan
Sama-sama om, saya sebagai orang yang masih sangat awam ingin banyak informasi dan pengetahuan tentang stabilizer bar. Brand stabilizer yang paling sering saya temui online ada 2, ultra racing dan hardrace 👌
Itung2 kl emang manjur kan lumayan om, apalg om pake veloz dan saya ertiga. Selama pakek ertiga yg tak rasain pas belok di depan mentul2, pas manuver dalkot bagian belakang semacem geal geol aneh. Dah mendingan setelah ganti ban tapak lbh gede tp masih ndak puas
m.youtube.com/watch?v=O827zaRZAVs
Baru saja nonton ini, Vios sebelum dengan sesudah memakai stabilizer bar hasilnya sepertinya meyakinkan. Depan strut bar, belakangnya seperti bukan swaybar?
eriwow wrote: Fri Feb 05, 2021 4:01 Pernah pake strut bar ama sway bar.
Plus:
Mobil jd lebih kaku.
Lebih stabil
Lebih presisi di kecepatan tinggi buat belok2

Negatif:
Setir jd lebih berat
Ban cepet botak (perasaan ajah gak ada data)
Banyak org nanya... ini apa? Fungsinya apa? Kerasa efeknya?
lamatlancah wrote: Fri Feb 05, 2021 4:35 kalau untuk balap / track racing, chasis/body kendaraan kadang butuh flex untuk meningkatkan traksi.

tapi kelebihan flex, handling jadi engga direct/ jadi bego.

untuk bikin handling jadi direct, body atau chassis harus kaku, dan suspension bisa bekerja 100% sebagaimana mestinya.

tapi disisi lain, handling mobilnya bakal jadi less forgiving.
evolution21 wrote: Fri Feb 05, 2021 3:30 pernah pake sway bar di cx5
body belakang kalo kena goncangan lebih kaku

buat lari kencang di tol terasa lebih baik stabilnya.

pikir2 krn mostly pemakaian dalkot yg jalanan ga terlalu mulus dan pemasangan itu makin nambah ga nyaman apalagi cx5 bantigannya udah kaku jd ane lepas
DOHC wrote: Fri Feb 05, 2021 2:12
erwinign wrote: Fri Feb 05, 2021 2:07
DOHC wrote: Fri Feb 05, 2021 1:41 Saya perna make yg strutbar waktu jaman pake old batu makam grand lipindut, beli nya ama rekanan NLC yg punya bengkel body repair ama anti karat rekanan ntuh grup jg.. ngaku nya import malon atau dr mana lah

Sperti yg om quy blg, berasa d setir, berasa lebi berat tp berat nya justru paling berasa pas lg lari d tol, mo pindah2 jalur setir lebi mantep, ama kl lg nikung patah sambil agak kenceng, depan mobil lebi nurut ama putaran setir
Kl pasang stabilizer/sejenis strut bar di kaki2 belakang rekomen ngga mbah?
Tergantung mbah

Kl kaki2 blakang ud torsion bar + stabilizer kaya di hrv, buat apa lg.. yg ad jd kaku banget blakang nya

Tp kl masi independent tp tanpa stabilizer sperti di CK4, nah enak tuh kl d tambahin strut blakang
Om, mengenai stabilizer bar yang mengikat ke body/sasis dengan mengikat suspensi apakah ada perbedaannya? Apakah stabilizer yang mengikat suspensi akan mengganggu kenyamanan?

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Fri Feb 05, 2021 12:59
by suryosap
quyquy wrote: Thu Feb 04, 2021 16:54 Pernah pakai:

1. Strutbar
2. Front Lower Bar
3. Sway Bar

Aplikasinya di Xenia gen 2.

Kelebihan: Kestabilan meningkat jauh dibanding polosan nggak pake apa2. Padahal per dan shock masih bawaan pabrik

Kekurangan:
1. Karakter mobil berubah jadi lebih kaku. Mobil lebih keras bantingannya sehingga melibas jalan keriting, getarannya sampai masuk ke kabin.
2. Pasang strutbar setir lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros 1-2 km/liter

Kok bisa pasang strutbar lebih boros bbm?
Iya, karena rolling resistance nya lebih besar. Mobil lebih napak ke jalan.
Halah itu mah teori? Ya awalnya saya juga nggak percaya.
Lalu saya coba satu bulan pake strutbar, satu bulan nggak pake strutbar.
Dan ternyata waktu nggak pake strutbar mesin lebih enteng tarikannya dan besin lebih hemat.
Kalo nggak percaya, cobain aja..

Jadi gimana donk, untung nggak pake stabilizer bar tambahan?

Ya tergantung driving style dan tingkat kenyamanan yg ingin didapat.

Driving style suka buru2 alias ngebut dan ingin nyaman dalam perihal kepresisian pengemudian mobil ya pasanglah stabiliser bar.

Tapi kalo driving style biasa aja dan nyaman yang ingin didapat adalah nyaman empuk suspensi ya jangan pasang stabiliser bar.

Kalo ingin sedikit lebih stabil (ingat sedikit ya) dan masih ingin dapat kenyamanan perihal empuk, caranya pasang spring buffer.
Stabilizer barnya mengikat ke body/sasis atau suspensi om? Mungkin akan banyak manfaat jika mobil sering dibawa ke luar kota.

Spring buffer cara kerjanya bagaimana om?

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Fri Feb 05, 2021 14:48
by lamatlancah
suryosap wrote: Fri Feb 05, 2021 12:54 Om, mengenai stabilizer bar yang mengikat ke body/sasis dengan mengikat suspensi apakah ada perbedaannya? Apakah stabilizer yang mengikat suspensi akan mengganggu kenyamanan?
semoga saya engga salah tangkep maksud dari pertanyaannya.

stabilizer yg mengikat ke body/chassis itu untuk membuat chassis lebih rigid, tidak ada diagonal flex terutama ketika berbelok.

stabilizer yg mengikat suspensi = anto roll bar.
sesuai namanya, untuk mengurangi roll (limbung) dari kendaraan.

kalau untuk pemakaian sehari2 dalkot, mungkin tidak akan terasa dan tidak ada pula efeknya.
karena speednya pun cenderung pelan. maka dari itu kemungkinan besar tidak akan mengganggu kenyamanan.

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Fri Feb 05, 2021 15:25
by vincewonk
DOHC wrote: Fri Feb 05, 2021 1:41 Saya perna make yg strutbar waktu jaman pake old batu makam grand lipindut, beli nya ama rekanan NLC yg punya bengkel body repair ama anti karat rekanan ntuh grup jg.. ngaku nya import malon atau dr mana lah

Sperti yg om quy blg, berasa d setir, berasa lebi berat tp berat nya justru paling berasa pas lg lari d tol, mo pindah2 jalur setir lebi mantep, ama kl lg nikung patah sambil agak kenceng, depan mobil lebi nurut ama putaran setir
Berarti strut barnya beneran om. Saya ada sekali bawa mobil temen brio pake strut bar. Ga ada efeknya.

Pas dia lagi ke wc di rest area, saya buka kap mesin dan pegang2 strut barnya.

Eh bengkok :big_biglaugh:

Saya coba lurusin lagi deh. Setahun berlalu dan dia ga pernah sadar sampe skrg.

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Fri Feb 05, 2021 16:48
by himaatoo
quyquy wrote: Thu Feb 04, 2021 16:54 Pernah pakai:

1. Strutbar
2. Front Lower Bar
3. Sway Bar

Aplikasinya di Xenia gen 2.

Kelebihan: Kestabilan meningkat jauh dibanding polosan nggak pake apa2. Padahal per dan shock masih bawaan pabrik

Kekurangan:
1. Karakter mobil berubah jadi lebih kaku. Mobil lebih keras bantingannya sehingga melibas jalan keriting, getarannya sampai masuk ke kabin.
2. Pasang strutbar setir lebih berat dan konsumsi bbm lebih boros 1-2 km/liter

Kok bisa pasang strutbar lebih boros bbm?
Iya, karena rolling resistance nya lebih besar. Mobil lebih napak ke jalan.
Halah itu mah teori? Ya awalnya saya juga nggak percaya.
Lalu saya coba satu bulan pake strutbar, satu bulan nggak pake strutbar.
Dan ternyata waktu nggak pake strutbar mesin lebih enteng tarikannya dan besin lebih hemat.
Kalo nggak percaya, cobain aja..

Jadi gimana donk, untung nggak pake stabilizer bar tambahan?

Ya tergantung driving style dan tingkat kenyamanan yg ingin didapat.

Driving style suka buru2 alias ngebut dan ingin nyaman dalam perihal kepresisian pengemudian mobil ya pasanglah stabiliser bar.

Tapi kalo driving style biasa aja dan nyaman yang ingin didapat adalah nyaman empuk suspensi ya jangan pasang stabiliser bar.

Kalo ingin sedikit lebih stabil (ingat sedikit ya) dan masih ingin dapat kenyamanan perihal empuk, caranya pasang spring buffer.
Izin nimbrung om.

Fakta menarik nih tentang konsumsi bbm setelah pakai strut bar.

Saya sendiri masang strutbar di fiesta yang sebelum facelift.
Awalnya juga saya gak paham tentang ini barang, tapi setelah diracuni teman akhirnya mencoba lah.
Dan ternyata bagi saya hasilnya luar biasa.

Bagi yang pernah bawa fiesta pasti tau gimana rasanya si fiesta ini kalau dibawa bermanuver.
Setelah dipasangkan strut bar, rasanya makin-makin mantep lagi.
Body roll sangat jauh berkurang, mobil terasa sangat nempel dengan aspal dan jadi pede banget maintain high speed di tol (bukan untuk ditiru ya).

Cuma ya seperti yang om-om bilang di atas, stir jadi terasa lebih berat, padahal stir fiesta ini enteng banget awalnya.
Saya juga ga paham teknisnya gimana kok bisa bikin stir jadi berat.
Dan baru tau juga bisa bikin bbm lebih boros, hahahaha.

Kalau si om TS suka mengenai kepresisian dalam mengemudi, jangan ragu pake bar-baran itu.
Tapi kalo lebih mementingkan kenyamanan sendiri dan penumpang sih kayanya mending keep stock aja.

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Sat Feb 06, 2021 3:34
by marmut
suryosap wrote: Thu Feb 04, 2021 15:38 Selamat malam semuanya,
As subject, minggu kemarin saya melihat ada Honda Jazz full modif yang kemudian kata pemiliknya bekas untuk balap. Saya melihat-melihat mobil tersebut kebetulan pemilik mobil ini sangat welcome.

Salah hal yang mencuri perhatian saya adalah banyaknya pipa-pipa stabilizer di mobil tersebut, bahkan sampai ada didalam kabin. Dari pembicaraan dengan pemilik, ia mengatakan mobil daily bisa saja menggunakan stabilizer bar dan menyarankan aplikasi stabilizer bar yang mengikat body/sasis(?) saja. Stabilizer yang mengikat suspensi akan mengganggu kenyamanan mobil.

Sayang pembicaraan hanya singkat, saya masih punya beberapa pertanyaan dan rasa penasaran.

1. Apakah pernyataan pemilik mobil tersebut tepat?

2. Apakah tujuan utama dari aplikasi stabilizer bar?

3. Apakah plus minus penggunaan stabilizer bar?

4. Mengapa beberapa mobil dalam keadaan stock sudah ada stabilizer sementara beberapa tidak ada?


Terima kasih ✌

1. bisa tepat, bisa tidak.
tergantung kepada konsep awal anda sebagai driver dan mobil yang digunakan. anda punya konsep apa dengan kendaraan anda? mau untuk city driving atau buat manuver gila-gilaan (entah dijalan atau sirkuit)?

2. mengurangi body roll atau gampangnya, mengurangi limbung pada kendaraan.

3. hitungan yang tepat, akan membuat kendaraan jadi nyaman dikendarai.
batang stabilizer yang terlalu kecil, akan sia-sia dan tidak terasa manfaatnya. hanya menambah beban kendaraan.
batang stabilizer yang terlalu besar, membuat pergerakan suspensi semakin kaku dan ini yang mengganggu kenyamanan berkendara.

4. ini hanya dugaan sotoy sebagai nubi ya.... bukan ketetapan, memangkas biaya produksi.

jika anda sebagai city driver tetapi menginginkan pengendalian yang kualitasnya sedikit diatas suspensi standar, bisa mengganti batang stabilizer dengan diameter yang sedikit lebih besar.
atau bisa juga mengikat chassis kiri-kanan dengan under brace bar. lokasinya di kolong, belakangnya roda depan. mau beli yang bermerk atau bikin sendiri dan langsung di las ke chassis, itu pilihan anda.
masih kurang juga? sila pasang strut bar depan belakang. saya jamin mobil makin enak buat manuver.

semoga membantu.

:beer:

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Sat Feb 06, 2021 5:08
by KielConstantine
suryosap wrote: Fri Feb 05, 2021 12:59
quyquy wrote: Thu Feb 04, 2021 16:54 Kalo ingin sedikit lebih stabil (ingat sedikit ya) dan masih ingin dapat kenyamanan perihal empuk, caranya pasang spring buffer.
Spring buffer cara kerjanya bagaimana om?
Baru kemaren ane nontonin video siapa tuh. Fortuner dipasangin semacam karet di per nya wkwkwk. Stelah ane googling nemu ini

https://instagram.com/primesuspension_o ... xiuz6bg18h

Harga 3 jutaan. Worth apa kg kira-kira ?



Katanya si akbar rais, cocok kalo mobil blom pasang coilover.

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Sat Feb 06, 2021 5:49
by daffaputra
pengalaman di veloz sturtbar, underbrace sama swaybar efeknya pertama emang kaku dan ngga begitu heboh goyang2annya. kl ditol jauh lebih ngerasa nurut stirnya sama kerasa lebih diem.

efek negatifnya setelah make lebih 1 bulan badan sakit (efek kaku) stir berat dikit.

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Sat Feb 06, 2021 10:15
by DOHC
KielConstantine wrote: Sat Feb 06, 2021 5:08
suryosap wrote: Fri Feb 05, 2021 12:59
quyquy wrote: Thu Feb 04, 2021 16:54 Kalo ingin sedikit lebih stabil (ingat sedikit ya) dan masih ingin dapat kenyamanan perihal empuk, caranya pasang spring buffer.
Spring buffer cara kerjanya bagaimana om?
Baru kemaren ane nontonin video siapa tuh. Fortuner dipasangin semacam karet di per nya wkwkwk. Stelah ane googling nemu ini

https://instagram.com/primesuspension_o ... xiuz6bg18h

Harga 3 jutaan. Worth apa kg kira-kira ?



Katanya si akbar rais, cocok kalo mobil blom pasang coilover.
3 jt mah diperbudak bengkel itu om

Di ebay bertebaran koq spring buffer model ginian, ga ampe 100 dollar

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Sat Feb 06, 2021 12:26
by quyquy
Spring Buffer ada yang produksi lokal:

Osano Spring Buffer..

Pabriknya memang spesialis bikin karet2 mobil.

Harganya nggak mahal masih dibawah 500rb per set.

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Sat Feb 06, 2021 14:10
by kunaskun
suryosap wrote: Thu Feb 04, 2021 15:38 Selamat malam semuanya,
As subject, minggu kemarin saya melihat ada Honda Jazz full modif yang kemudian kata pemiliknya bekas untuk balap. Saya melihat-melihat mobil tersebut kebetulan pemilik mobil ini sangat welcome.

Salah hal yang mencuri perhatian saya adalah banyaknya pipa-pipa stabilizer di mobil tersebut, bahkan sampai ada didalam kabin. Dari pembicaraan dengan pemilik, ia mengatakan mobil daily bisa saja menggunakan stabilizer bar dan menyarankan aplikasi stabilizer bar yang mengikat body/sasis(?) saja. Stabilizer yang mengikat suspensi akan mengganggu kenyamanan mobil.

Sayang pembicaraan hanya singkat, saya masih punya beberapa pertanyaan dan rasa penasaran.

1. Apakah pernyataan pemilik mobil tersebut tepat?

2. Apakah tujuan utama dari aplikasi stabilizer bar?

3. Apakah plus minus penggunaan stabilizer bar?

4. Mengapa beberapa mobil dalam keadaan stock sudah ada stabilizer sementara beberapa tidak ada?


Terima kasih ✌
kalau desain dan diproduksi tepat menurut saya berguna.

tapi ya balik ke ekspektasi masing2 pemakai.
saya dulu sempet coba di macam2 mobil yg pake stabilizer bar. memang improve untuk saya, uniknya beberapa org ada yg ga berasa, ada yg berasa penambahan benda tsb. ada yg ngomel2 malah jadi keras, ada yg seneng karena handling meningkat dan ga berasa tambah keras. dan ini jadi plus minus untuk pemakai. apalagi bicara aliran standard is the best vs mod is the best vs mobil aing kumaha aing.

kalau pengen tahu lebih jauh coba cek web ultra racing malaysia. penjelasannya bagus dan mudah dicerna.

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Sat Feb 06, 2021 15:52
by lamatlancah
KielConstantine wrote: Sat Feb 06, 2021 5:08
suryosap wrote: Fri Feb 05, 2021 12:59
quyquy wrote: Thu Feb 04, 2021 16:54 Kalo ingin sedikit lebih stabil (ingat sedikit ya) dan masih ingin dapat kenyamanan perihal empuk, caranya pasang spring buffer.
Spring buffer cara kerjanya bagaimana om?
Baru kemaren ane nontonin video siapa tuh. Fortuner dipasangin semacam karet di per nya wkwkwk. Stelah ane googling nemu ini

https://instagram.com/primesuspension_o ... xiuz6bg18h

Harga 3 jutaan. Worth apa kg kira-kira ?



Katanya si akbar rais, cocok kalo mobil blom pasang coilover.
mungkin 1000-5000km terasa efeknya. selebihnya udah engga karuan deh, ditambah kalau karetnya menjadi getas keras dan akhirnya pecah sendiri.

mau bener sih ya ganti spring dan s/a nya.

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Sun Feb 28, 2021 23:56
by kompresorz
KielConstantine wrote: Sat Feb 06, 2021 5:08

Baru kemaren ane nontonin video siapa tuh. Fortuner dipasangin semacam karet di per nya wkwkwk. Stelah ane googling nemu ini

https://instagram.com/primesuspension_o ... xiuz6bg18h

Harga 3 jutaan. Worth apa kg kira-kira ?



Katanya si akbar rais, cocok kalo mobil blom pasang coilover.
jangan gampang percaya sama orang bgtuan...tar ada lagi alat penambah tenaga n irit bensin....P E A...
sam on u...

paling benar ya benahin suspensi....sbelum coilover ganti shock yang keras...bilstein...

setelah itu loncat pasang coilover KW atau bilstein...


ketemu coilover baru rasain sakit pinggang....


pasang strutbar...sway bar...klo suspensi msh standar...itu cuma sugesti...
tapi emang kbanyakan orang sugesti sih...

pake oli ini wah enak..

pake bensin ini wah enak...

pdhl baru pake...

kt pengamat ciptah lesmanah...kaco kaco kaco...

Re: Plus Minus Stabilizer Bar (strutbar, member brace, swaybar dan lainnya)

Posted: Mon Mar 01, 2021 18:46
by suryosap
kompresorz wrote: Sun Feb 28, 2021 23:56
KielConstantine wrote: Sat Feb 06, 2021 5:08

Baru kemaren ane nontonin video siapa tuh. Fortuner dipasangin semacam karet di per nya wkwkwk. Stelah ane googling nemu ini

https://instagram.com/primesuspension_o ... xiuz6bg18h

Harga 3 jutaan. Worth apa kg kira-kira ?



Katanya si akbar rais, cocok kalo mobil blom pasang coilover.
jangan gampang percaya sama orang bgtuan...tar ada lagi alat penambah tenaga n irit bensin....P E A...
sam on u...

paling benar ya benahin suspensi....sbelum coilover ganti shock yang keras...bilstein...

setelah itu loncat pasang coilover KW atau bilstein...


ketemu coilover baru rasain sakit pinggang....


pasang strutbar...sway bar...klo suspensi msh standar...itu cuma sugesti...
tapi emang kbanyakan orang sugesti sih...

pake oli ini wah enak..

pake bensin ini wah enak...

pdhl baru pake...

kt pengamat ciptah lesmanah...kaco kaco kaco...
Sekitar 2 mingguan yang lalu saya ikut kumpul dengan komunitas ertiga di sidoarjo. Saya dapat kesempatan nyoba, yang satu ertiga full standar, yang satunya lagi pakai front strut bar 4 titik dan rear sway bar 2 titik. Sama sama ertiga 1st gen, sama facelit, ban sama gajah tunggal, bisa dianggap fair om. Saya bisa merasakan bedanya, ketika manuver(80kpj) jauh lebih tenang, semacam jadi kaku. Bahkan ertiga hanya ganti per saja(per ijo) sudah ada pengaruhnya.

Coba om side by side untuk membuktikan apakah sekedar sugesti atau nyata 👌