Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9791
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

oil drain valve?...

ngerinya klo pas jalan, kena mental batu atau kerikil, rusak dah,
yg ada bisa patah atau ribet ngelepasnya :mky_03:

klo baut oli kan lbh kuat dan kokoh udh design pabrik yg dirancang insinyur mesin :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

Abis baca baca ke page2 awal infonya schaeffer supreme 9000 bikin alus suara 2kd ya dan bisa dipake di gasoline engine karna ada spek API SL.

Apakah kalo dipake bensin akan bikin halus juga? Kebetulan flat tapped cocok sama API SL, bisa sampe berapa km/bulan? Krn baca baca ini oli kelas keraton juga, dan harganya cukup menarik di tokoijo
rednhers
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Mon Jan 04, 2021 14:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rednhers »

triport13 wrote: Mon May 24, 2021 7:27 Abis baca baca ke page2 awal infonya schaeffer supreme 9000 bikin alus suara 2kd ya dan bisa dipake di gasoline engine karna ada spek API SL.

Apakah kalo dipake bensin akan bikin halus juga? Kebetulan flat tapped cocok sama API SL, bisa sampe berapa km/bulan? Krn baca baca ini oli kelas keraton juga, dan harganya cukup menarik di tokoijo
kayaknya cocok2an sama mesin nya, saya pakai oli ptt eco 0w20 api sp malah lebih halus mesin nya daripada waktu pakai cap kerang 5w40 sn plus.
flat tapped, hla mesin hyundai G4EK :mky_01:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

jadi ngebayangin .....

biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli :mky_01:

apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic

kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.

setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget. :mky_03:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1524
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by MSU »

Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....

biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli :mky_01:

apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic

kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.

setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget. :mky_03:
Kalo saya sih ga peduli om...yg penting sesuai dengan kriteria sy maka apapun format mesinnya ok aja
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1568
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by lemonadelovers »

Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....

biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli :mky_01:

apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic

kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.

setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget. :mky_03:
Klo saya malah liat hp/ torsi d RPM brp dan kompresi mesin
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

Omnibus wrote:jadi ngebayangin .....

biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli :mky_01:

apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic

kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.

setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget. :mky_03:
Saya melihara 3SZ & L15A dari 2009&2010, tau flat tapped, roller rocker baru taun 2015an. Tau flat tapped harus pake API apa, roller rocker pake API apa baru 2016an. Kalo ga jd silent reader grup ini ya ga bakal paham. Dan setelah tau kayaknya lebih milih roller rocker ya krn kesesuaian spek olinya lebih bervariable? cmiiw
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

rednhers wrote:
triport13 wrote: Mon May 24, 2021 7:27 Abis baca baca ke page2 awal infonya schaeffer supreme 9000 bikin alus suara 2kd ya dan bisa dipake di gasoline engine karna ada spek API SL.

Apakah kalo dipake bensin akan bikin halus juga? Kebetulan flat tapped cocok sama API SL, bisa sampe berapa km/bulan? Krn baca baca ini oli kelas keraton juga, dan harganya cukup menarik di tokoijo
kayaknya cocok2an sama mesin nya, saya pakai oli ptt eco 0w20 api sp malah lebih halus mesin nya daripada waktu pakai cap kerang 5w40 sn plus.
flat tapped, hla mesin hyundai G4EK :mky_01:
Kalo saya lg ngerasa dari AMS 0w-30 ke AMS 0W-20 mesjn jd lebih kasar, jd mikir apa emg udh tuir aja mesin jd butuh yg kentel kentel [emoji28], lgsng kepikiran pas baca schaefer bikin mesin alus
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9791
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....

biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli :mky_01:

apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic

kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.

setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget. :mky_03:
klo saya prefer roller rocker, karena significantly less wear (sekitaran cam)
jd sebelum beli dah riset duluan dan tanya2 SA
wkwkwkwkwk.

I think, case oblak roller rocker resikonya lbh kecil dibanding aus nya flat tappet



kelebihan flat tappet?
lbh murah.

coba selisihnya X jumlah produksi mobil :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »


Suryaputra wrote:
Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....

biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli :mky_01:

apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic

kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.

setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget. :mky_03:
klo saya prefer roller rocker, karena significantly less wear (sekitaran cam)
jd sebelum beli dah riset duluan dan tanya2 SA
wkwkwkwkwk.

I think, case oblak roller rocker resikonya lbh kecil dibanding aus nya flat tappet lah ya
Kl begono gak bs 3S dong ky om kompre, sdh suka... ehh hrs cek dulu roller rocker or flat tappet... CVT or Geard AT... jd kaga beli2 ntar hahahah [emoji16]

Suka, Sikat, Senang... urusan yg lain belakangan, sing penting dompet tetap tebal susah kelipet, meski dompet ane makin hr makin tipis aje krn semuanya sdh hampir cashless tinggal tap2, scanner2 QR or gesekan2 kartu aja [emoji1787]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9791
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: Mon May 24, 2021 12:29
Omnibus wrote:jadi ngebayangin .....

biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli :mky_01:

apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic

kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.

setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget. :mky_03:
Saya melihara 3SZ & L15A dari 2009&2010, tau flat tapped, roller rocker baru taun 2015an. Tau flat tapped harus pake API apa, roller rocker pake API apa baru 2016an. Kalo ga jd silent reader grup ini ya ga bakal paham. Dan setelah tau kayaknya lebih milih roller rocker ya krn kesesuaian spek olinya lebih bervariable? cmiiw
nah sama :big_biglaugh:

benzz89 wrote: Mon May 24, 2021 13:16
Suryaputra wrote:
Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....

biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli :mky_01:

apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic

kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.

setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget. :mky_03:
klo saya prefer roller rocker, karena significantly less wear (sekitaran cam)
jd sebelum beli dah riset duluan dan tanya2 SA
wkwkwkwkwk.

I think, case oblak roller rocker resikonya lbh kecil dibanding aus nya flat tappet lah ya
Kl begono gak bs 3S dong ky om kompre, sdh suka... ehh hrs cek dulu roller rocker or flat tappet... CVT or Geard AT... jd kaga beli2 ntar hahahah [emoji16]

Suka, Sikat, Senang... urusan yg lain belakangan, sing penting dompet tetap tebal susah kelipet, meski dompet ane makin hr makin tipis aje krn semuanya sdh hampir cashless tinggal tap2, scanner2 QR or gesekan2 kartu aja [emoji1787]
om kompre mah bukan kaleng2,
tinggal pilih mobil di garasi wkwkwkwkw.

rusak -> jual / dihibahkan -> beli baru**

CVT rusak?
ganti segelondong, hidup gak usah dibikin pusing :big_biglaugh:


**bukan ganti yah, tapi beli/nambah baruu :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5725
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

triport13 wrote: Mon May 24, 2021 7:27 Abis baca baca ke page2 awal infonya schaeffer supreme 9000 bikin alus suara 2kd ya dan bisa dipake di gasoline engine karna ada spek API SL.

Apakah kalo dipake bensin akan bikin halus juga? Kebetulan flat tapped cocok sama API SL, bisa sampe berapa km/bulan? Krn baca baca ini oli kelas keraton juga, dan harganya cukup menarik di tokoijo
Lebih bagus beli oli khusus bensin.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »

Suryaputra wrote: om kompre mah bukan kaleng2,
tinggal pilih mobil di garasi wkwkwkwkw.

rusak -> jual / dihibahkan -> beli baru**

CVT rusak?
ganti segelondong, hidup gak usah dibikin pusing :big_biglaugh:


**bukan ganti yah, tapi beli/nambah baruu :ngacir:
Ibarat di dunia persilatan:

Mbah suhu plof Omnibus itu si racun dr Barat (Auw Yang Hong)... segala sesuatu yg (sebelum) rusak hrs bisa di maintenance & diperbaiki semaksimal mungkin dgn cara yg plng benar & part yg super asli, no compromise at any cost.

Om Kompre itu si sesat dr Timur (Oey Yok su)... segala sesuatu itu kalau rusak yah langsung aja diganti, seglondongan kl perlu, bahkan kl rusak terus2an di martil aja & hibahkan mobilnya ke orang lain, tinggal beli lg yg baru... gak usah pusing.

Makanya dulu pernah ada "duel seru" 2 pendekar beda aliran ini di SM hahahaha [emoji1787]... sorry jd oot.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11066
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Mon May 24, 2021 12:59
klo saya prefer roller rocker, karena significantly less wear (sekitaran cam)
jd sebelum beli dah riset duluan dan tanya2 SA
wkwkwkwkwk.

I think, case oblak roller rocker resikonya lbh kecil dibanding aus nya flat tappet


ini saya pajang lagi hasil pemeriksaan celah klep 2KD kepunyaan om mersides benzz89 yang dilakukan sekitar september 2020,


IMG20210524210701.jpg


angka didekat tulisan out dan in adalah angka panduan celah klep dari manual book. dan angka yang ada di dalam kotak adalah angka aktual celah klep.

untuk odometer dan tahun pembuatan, sila ybs om mersides benzz89 memberi keterangan.

buat saya pribadi, mau rocker arm pake roller atau tidak, pake rocker arm atau tidak, itu semua nggak penting.

:beer:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Mon May 24, 2021 13:56
Suryaputra wrote: om kompre mah bukan kaleng2,
tinggal pilih mobil di garasi wkwkwkwkw.

rusak -> jual / dihibahkan -> beli baru**

CVT rusak?
ganti segelondong, hidup gak usah dibikin pusing :big_biglaugh:


**bukan ganti yah, tapi beli/nambah baruu :ngacir:
Ibarat di dunia persilatan:

Mbah suhu plof Omnibus itu si racun dr Barat (Auw Yang Hong)... segala sesuatu yg (sebelum) rusak hrs bisa di maintenance & diperbaiki semaksimal mungkin dgn cara yg plng benar & part yg super asli, no compromise at any cost.

Om Kompre itu si sesat dr Timur (Oey Yok su)... segala sesuatu itu kalau rusak yah langsung aja diganti, seglondongan kl perlu, bahkan kl rusak terus2an di martil aja & hibahkan mobilnya ke orang lain, tinggal beli lg yg baru... gak usah pusing.

Makanya dulu pernah ada "duel seru" 2 pendekar beda aliran ini di SM hahahaha [emoji1787]... sorry jd oot.
ane mah bukan pendekar om ..... pendekar apaan cemong oli :wkkk:

sm om kompre waktu itu kan ibarat cuma friendly sunmori (sunday morning ride) aja, tempel tipis2 ..... secara om kompre kan aliran pedal to kamfret jarum speedo pentok kanan bawah. ane ngintil aja di belakang. :big_cat:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....

biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli :mky_01:

apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic

kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.

setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget. :mky_03:
Tambahin mbah PR nya biar tambah mumet :

- Cylinder : Cast iron VS Aluminium blok mesin
- Cylinder : Open deck VS semi-closed deck VS closed deck blok
- Stroke ratio : Short stroke VS Square VS Long Stroke

Biar lebih banyak pilihan, mikirin tujuh hari tujuh malam baru beli
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9791
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Mon May 24, 2021 13:56
Suryaputra wrote: om kompre mah bukan kaleng2,
tinggal pilih mobil di garasi wkwkwkwkw.

rusak -> jual / dihibahkan -> beli baru**

CVT rusak?
ganti segelondong, hidup gak usah dibikin pusing :big_biglaugh:


**bukan ganti yah, tapi beli/nambah baruu :ngacir:
Ibarat di dunia persilatan:

Mbah suhu plof Omnibus itu si racun dr Barat (Auw Yang Hong)... segala sesuatu yg (sebelum) rusak hrs bisa di maintenance & diperbaiki semaksimal mungkin dgn cara yg plng benar & part yg super asli, no compromise at any cost.

Om Kompre itu si sesat dr Timur (Oey Yok su)... segala sesuatu itu kalau rusak yah langsung aja diganti, seglondongan kl perlu, bahkan kl rusak terus2an di martil aja & hibahkan mobilnya ke orang lain, tinggal beli lg yg baru... gak usah pusing.

Makanya dulu pernah ada "duel seru" 2 pendekar beda aliran ini di SM hahahaha [emoji1787]... sorry jd oot.
wwkwkwkwkw.
kita jd penonton :mky_02:


marmut wrote: Mon May 24, 2021 14:19
Suryaputra wrote: Mon May 24, 2021 12:59
klo saya prefer roller rocker, karena significantly less wear (sekitaran cam)
jd sebelum beli dah riset duluan dan tanya2 SA
wkwkwkwkwk.

I think, case oblak roller rocker resikonya lbh kecil dibanding aus nya flat tappet


ini saya pajang lagi hasil pemeriksaan celah klep 2KD kepunyaan om mersides benzz89 yang dilakukan sekitar september 2020,



IMG20210524210701.jpg



angka didekat tulisan out dan in adalah angka panduan celah klep dari manual book. dan angka yang ada di dalam kotak adalah angka aktual celah klep.

untuk odometer dan tahun pembuatan, sila ybs om mersides benzz89 memberi keterangan.

buat saya pribadi, mau rocker arm pake roller atau tidak, pake rocker arm atau tidak, itu semua nggak penting.

:beer:
wuih masih dalam range normal :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....

biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli :mky_01:

apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic

kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.

setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget. :mky_03:
tau mesin flat tappet mah ane ga jadi ambil sijuki mbah wkwkwkwkwk

kalo kyk gitu kita jadi tersudutkan ke pilihan2 mobil yg boring...

tapi kalo ane yg liat mana yg paling bisa di kompromikan... itu yg ane pilih...

jujur memang kadang baru tau pas udh beli hahahaha
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Soal jenis klep dan noken

Ga usa jd bahan momok

Itu angkot grenmek enjin nya pake daihatsu punya, masi flat tappet.. gantol pake oli entah buatan mana, dan seinget nya aj, strong strong aj koq
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

rendr wrote: Mon May 24, 2021 15:49
Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40
tau mesin flat tappet mah ane ga jadi ambil sijuki mbah wkwkwkwkwk

kalo kyk gitu kita jadi tersudutkan ke pilihan2 mobil yg boring...

tapi kalo ane yg liat mana yg paling bisa di kompromikan... itu yg ane pilih...

jujur memang kadang baru tau pas udh beli hahahaha
kl ane nerka2 sih tp salah. :mky_03:
honda l15z krn sohc pasti rocker arm udah tau. kirain ane flat rocker, ga taunya ada rollernya.
2gd krn dohc toyota biasanya flat tappet with shim. ga taunya roller rocker.
sebelumnya lg pas kemri xv50 tau sih itu roller rocker dohc. cuma ga nyangka aja dipasang di 2gd sebab 2kd jg engga pake.
pas serena c26 kaga mikirin sama sekali. dpt diskon 70 jt aja udah seneng bgt jd yg lain egp wkwkwkwk
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon May 24, 2021 16:33 Soal jenis klep dan noken

Ga usa jd bahan momok

Itu angkot grenmek enjin nya pake daihatsu punya, masi flat tappet.. gantol pake oli entah buatan mana, dan seinget nya aj, strong strong aj koq
lah ono pake 20w50 atau malah sae 50 single grade mbah. kentelnya aja udah jd bantalan tersendiri.

dan mrk udah turun head brp kali juga kan ga ngasih kabar orang2.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9791
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Mon May 24, 2021 16:33 Soal jenis klep dan noken

Ga usa jd bahan momok

Itu angkot grenmek enjin nya pake daihatsu punya, masi flat tappet.. gantol pake oli entah buatan mana, dan seinget nya aj, strong strong aj koq
yg ptg narik mangg.. suara mesin jahit no sekian :big_biglaugh:

sludge jg ya bongkar tinggal rendem bensin :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9791
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 17:06
DOHC wrote: Mon May 24, 2021 16:33 Soal jenis klep dan noken

Ga usa jd bahan momok

Itu angkot grenmek enjin nya pake daihatsu punya, masi flat tappet.. gantol pake oli entah buatan mana, dan seinget nya aj, strong strong aj koq
lah ono pake 20w50 atau malah sae 50 single grade mbah. kentelnya aja udah jd bantalan tersendiri.

dan mrk udah turun head brp kali juga kan ga ngasih kabar orang2.
yah intinya klo flat tappet ini, harus lbh cermat milih oli.

bukan nerd lendir jg, tp krn mobil pk sendiri, apalagi mbl satu2nya
better pk oli dgn aditif zinc dan anti wear lain nya mumpuni.

gw sih gak anti jg sm flat tappet, cmn kebetulan emg mbl jaman now rata2 udh roller cam.. dr mbl hondut dan mazda 1.5L sampai AMG Mercedes aja dah pk roller camshaft..

jd berasa kekinian gtu dan feels more confidence geber di hi rpm :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Tue May 25, 2021 0:58
Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 17:06
DOHC wrote: Mon May 24, 2021 16:33 Soal jenis klep dan noken

Ga usa jd bahan momok

Itu angkot grenmek enjin nya pake daihatsu punya, masi flat tappet.. gantol pake oli entah buatan mana, dan seinget nya aj, strong strong aj koq
lah ono pake 20w50 atau malah sae 50 single grade mbah. kentelnya aja udah jd bantalan tersendiri.

dan mrk udah turun head brp kali juga kan ga ngasih kabar orang2.
yah intinya klo flat tappet ini, harus lbh cermat milih oli.

bukan nerd lendir jg, tp krn mobil pk sendiri, apalagi mbl satu2nya
better pk oli dgn aditif zinc dan anti wear lain nya mumpuni.

gw sih gak anti jg sm flat tappet, cmn kebetulan emg mbl jaman now rata2 udh roller cam.. dr mbl hondut dan mazda 1.5L sampai AMG Mercedes aja dah pk roller camshaft..

jd berasa kekinian gtu dan feels more confidence geber di hi rpm :big_biglaugh:
Justru mobil2 jaman now makin banyak yg flat tappet mbah, apalagi bikinan si daihatsu pelit ( akur ama mbah 69, ini merek pelit)

Ohh btw, batu makam jitiar jg flat tappet loh

Kl honda toyota masi banyak lineup nya yg roller rocker, baguslah mreka masi ikut pakem mreka dr dulu.. jgn kaya mitsubisi, dulunya jg sama ama tuh 2 roller rocker gangs, tp sejak kerja sama ama renolt, batu makam, ikut haluan pelit medit dia, jd flat tappet
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 17:06
DOHC wrote: Mon May 24, 2021 16:33 Soal jenis klep dan noken

Ga usa jd bahan momok

Itu angkot grenmek enjin nya pake daihatsu punya, masi flat tappet.. gantol pake oli entah buatan mana, dan seinget nya aj, strong strong aj koq
lah ono pake 20w50 atau malah sae 50 single grade mbah. kentelnya aja udah jd bantalan tersendiri.

dan mrk udah turun head brp kali juga kan ga ngasih kabar orang2.
Turun head ??wuoohhh big no no bambank...

Enjin brizik ? Kasi oli buntut 50.. masi brizik jg ?? Kasi oli gardan sae 90.. masi brizik jg ?? Naekin ke sae 140... masi brizik jg ?? Pisang beraksi...


Lead the jantan way.. :big_smoking:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: