Koleksi hand tools [Part 03]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by josomba »

Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 3:15

nah ini dia .... yg kaya gini seharusnya busi.

heat range; timing; AFR -- all good

dikasih bensin apa mbah? krn ini setting timing dr pabrik sedikit ke arah advance. kl dikasih yg bergizi bisa lebih ngacir mobilnya.
92 aja mbah ...

Harusnya sih memang 95 ke atas, ane nubi untuk melihat korelasi dengan timing-nya, cuman secara CR juga 12:0 .... Sepengetahuan nubi 12:0 seh bahkan mintanya 98 yak :ungg:

Ga kebayang pengguna mobil yg sama tp pake 90...

OOT lg mbah omni. Masdut ini yg mesin2 gen sky aktip kan cenderung lean ya. Kalau ngikut gap 1.1mm sesuai spek pabrik, itu d ground electrode ada "putih2".

Nah ini jd 1mm karena ane ngikutin saran forum masdut3 di LN. Apa bener y kalau mesin cenderung lean, kudu turunin gap?
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11041
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

josomba wrote: Sat Oct 31, 2020 2:51 Nubi ikutan nimbrung...

Pagi ini mau coba iseng ngukur gap busi n iseng mau intip ruang bakar..

Handtool yg digunakan:
- American tools deep socket 14mm
- teteh kiro "Trelek"
- teteh kiro spark gap (gauge)
- borescope entah merk apa

Screenshot_20201031-094309_Gallery.jpg

Screenshot_20201031-094338_Gallery.jpg

Screenshot_20201031-094336_Gallery.jpg

2 busi 1mm peret, 2 sisanya 1mm tp agak loss.... Tak ketuk sikit biar jd 1mm peret juga.

Masup ke intip2 ruang bakar, ke piston 2 & 3. 1 n 4 lagi naik ke atas jd susah difoto :big_biglaugh:

20201031_0911028.png
20201031_0912030.png
Screenshot_20201031-094330_Gallery.jpg

Borescope tinggal culuk ke powerbank dan liat hasil pake hape. Koneksi pake wifi (borescope sebagai hotspotnya)

Demikian nubi sharing.

itu kuku ada item-item.... bentar lagi tandatangan buku merah buku ijo malu lah....
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11340
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

josomba wrote: Sat Oct 31, 2020 3:37
92 aja mbah ...

Harusnya sih memang 95 ke atas, ane nubi untuk melihat korelasi dengan timing-nya, cuman secara CR juga 12:0 .... Sepengetahuan nubi 12:0 seh bahkan mintanya 98 yak :ungg:

Ga kebayang pengguna mobil yg sama tp pake 90...

OOT lg mbah omni. Masdut ini yg mesin2 gen sky aktip kan cenderung lean ya. Kalau ngikut gap 1.1mm sesuai spek pabrik, itu d ground electrode ada "putih2".

Nah ini jd 1mm karena ane ngikutin saran forum masdut3 di LN. Apa bener y kalau mesin cenderung lean, kudu turunin gap?
cobain aja sekali isi pertabo 98, awas ketagihan. :mky_03:

gap? udah betul yg skrg. kl white blisters konon tipnya running too hot salah satu alasan memang betul krn too lean. sebab teorinya gap makin besar spark jg makin besar sampai 1 titik coil ga sanggup lagi. tp kl spark besar n lean berarti ada momen api msh besar tp ga bakar apa2 akhirnya tip overheat. makanya dikecilin gapnya spy spark lebih weak.

skrg pas ... pas sparknya abis pas AF mixture nya jg habis terbakar. tp spt sblmnya ane bilang ignition timingnya too advanced kayanya posisi habis terbakarnya sebelum TDC (piston msh bergerak ke atas menuju top dead center) jd ada power loss. spy ga begitu, spy habis terbakarnya passs di TDC harus diperlambat proses pembakarannya dgn cara pakai bensin oktan lbh tinggi. tenaganya pasti joss...
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3926
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by yanuarra »

Ini mbah2 suhu pd ngomongin apa si ane smpe nggk mudeng :big_sorry:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 4:24
josomba wrote: Sat Oct 31, 2020 2:51 Nubi ikutan nimbrung...

Pagi ini mau coba iseng ngukur gap busi n iseng mau intip ruang bakar..

Handtool yg digunakan:
- American tools deep socket 14mm
- teteh kiro "Trelek"
- teteh kiro spark gap (gauge)
- borescope entah merk apa

Screenshot_20201031-094309_Gallery.jpg

Screenshot_20201031-094338_Gallery.jpg

Screenshot_20201031-094336_Gallery.jpg

2 busi 1mm peret, 2 sisanya 1mm tp agak loss.... Tak ketuk sikit biar jd 1mm peret juga.

Masup ke intip2 ruang bakar, ke piston 2 & 3. 1 n 4 lagi naik ke atas jd susah difoto :big_biglaugh:

20201031_0911028.png
20201031_0912030.png
Screenshot_20201031-094330_Gallery.jpg

Borescope tinggal culuk ke powerbank dan liat hasil pake hape. Koneksi pake wifi (borescope sebagai hotspotnya)

Demikian nubi sharing.

itu kuku ada item-item.... bentar lagi tandatangan buku merah buku ijo malu lah....
Ahh rupanya mbah shifu menzerna dah mo kahwin

Kl gt kami segenap karyawan institute technik van asemreges mengucapkan tahniah utk majilis perkahwinan mbah shifu menzerna
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11041
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Sat Oct 31, 2020 5:18 Ini mbah2 suhu pd ngomongin apa si ane smpe nggk mudeng :big_sorry:


tape singkong kediri mana?
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 4:27
josomba wrote: Sat Oct 31, 2020 3:37
92 aja mbah ...

Harusnya sih memang 95 ke atas, ane nubi untuk melihat korelasi dengan timing-nya, cuman secara CR juga 12:0 .... Sepengetahuan nubi 12:0 seh bahkan mintanya 98 yak :ungg:

Ga kebayang pengguna mobil yg sama tp pake 90...

OOT lg mbah omni. Masdut ini yg mesin2 gen sky aktip kan cenderung lean ya. Kalau ngikut gap 1.1mm sesuai spek pabrik, itu d ground electrode ada "putih2".

Nah ini jd 1mm karena ane ngikutin saran forum masdut3 di LN. Apa bener y kalau mesin cenderung lean, kudu turunin gap?
cobain aja sekali isi pertabo 98, awas ketagihan. :mky_03:

gap? udah betul yg skrg. kl white blisters konon tipnya running too hot salah satu alasan memang betul krn too lean. sebab teorinya gap makin besar spark jg makin besar sampai 1 titik coil ga sanggup lagi. tp kl spark besar n lean berarti ada momen api msh besar tp ga bakar apa2 akhirnya tip overheat. makanya dikecilin gapnya spy spark lebih weak.

skrg pas ... pas sparknya abis pas AF mixture nya jg habis terbakar. tp spt sblmnya ane bilang ignition timingnya too advanced kayanya posisi habis terbakarnya sebelum TDC (piston msh bergerak ke atas menuju top dead center) jd ada power loss. spy ga begitu, spy habis terbakarnya passs di TDC harus diperlambat proses pembakarannya dgn cara pakai bensin oktan lbh tinggi. tenaganya pasti joss...
Mbah Shifu kl begini sama aja dgn NGELITIK ya?
Jd pembakaran sdh muncul sebelum Piston naek ke atas full dmn udara bertekanan dan BBM bercampur sempurna dibakar.
atau ini beda dengan gejla ngelitik kaya di engine resing Lipindut HR15 y mbah shifu? :weekk:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11340
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Sat Oct 31, 2020 6:05
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 4:27
josomba wrote: Sat Oct 31, 2020 3:37
92 aja mbah ...

Harusnya sih memang 95 ke atas, ane nubi untuk melihat korelasi dengan timing-nya, cuman secara CR juga 12:0 .... Sepengetahuan nubi 12:0 seh bahkan mintanya 98 yak :ungg:

Ga kebayang pengguna mobil yg sama tp pake 90...

OOT lg mbah omni. Masdut ini yg mesin2 gen sky aktip kan cenderung lean ya. Kalau ngikut gap 1.1mm sesuai spek pabrik, itu d ground electrode ada "putih2".

Nah ini jd 1mm karena ane ngikutin saran forum masdut3 di LN. Apa bener y kalau mesin cenderung lean, kudu turunin gap?
cobain aja sekali isi pertabo 98, awas ketagihan. :mky_03:

gap? udah betul yg skrg. kl white blisters konon tipnya running too hot salah satu alasan memang betul krn too lean. sebab teorinya gap makin besar spark jg makin besar sampai 1 titik coil ga sanggup lagi. tp kl spark besar n lean berarti ada momen api msh besar tp ga bakar apa2 akhirnya tip overheat. makanya dikecilin gapnya spy spark lebih weak.

skrg pas ... pas sparknya abis pas AF mixture nya jg habis terbakar. tp spt sblmnya ane bilang ignition timingnya too advanced kayanya posisi habis terbakarnya sebelum TDC (piston msh bergerak ke atas menuju top dead center) jd ada power loss. spy ga begitu, spy habis terbakarnya passs di TDC harus diperlambat proses pembakarannya dgn cara pakai bensin oktan lbh tinggi. tenaganya pasti joss...
Mbah Shifu kl begini sama aja dgn NGELITIK ya?
Jd pembakaran sdh muncul sebelum Piston naek ke atas full dmn udara bertekanan dan BBM bercampur sempurna dibakar.
atau ini beda dengan gejla ngelitik kaya di engine resing Lipindut HR15 y mbah shifu? :weekk:
bisa iya bisa engga

ngelitik kl bensinnya sdh self-ignite di momen itu. ada faktor lain bikin ga ngelitik, a.l. suhu ruang bakar, kebersihan ruang bakar, n bentuk kepala piston.

ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja. :big_smoking:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:18
blloewy wrote: Sat Oct 31, 2020 6:05
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 4:27

cobain aja sekali isi pertabo 98, awas ketagihan. :mky_03:

gap? udah betul yg skrg. kl white blisters konon tipnya running too hot salah satu alasan memang betul krn too lean. sebab teorinya gap makin besar spark jg makin besar sampai 1 titik coil ga sanggup lagi. tp kl spark besar n lean berarti ada momen api msh besar tp ga bakar apa2 akhirnya tip overheat. makanya dikecilin gapnya spy spark lebih weak.

skrg pas ... pas sparknya abis pas AF mixture nya jg habis terbakar. tp spt sblmnya ane bilang ignition timingnya too advanced kayanya posisi habis terbakarnya sebelum TDC (piston msh bergerak ke atas menuju top dead center) jd ada power loss. spy ga begitu, spy habis terbakarnya passs di TDC harus diperlambat proses pembakarannya dgn cara pakai bensin oktan lbh tinggi. tenaganya pasti joss...
Mbah Shifu kl begini sama aja dgn NGELITIK ya?
Jd pembakaran sdh muncul sebelum Piston naek ke atas full dmn udara bertekanan dan BBM bercampur sempurna dibakar.
atau ini beda dengan gejla ngelitik kaya di engine resing Lipindut HR15 y mbah shifu? :weekk:
bisa iya bisa engga

ngelitik kl bensinnya sdh self-ignite di momen itu. ada faktor lain bikin ga ngelitik, a.l. suhu ruang bakar, kebersihan ruang bakar, n bentuk kepala piston.

ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja. :big_smoking:
Lanjutinn

Ga bole tidur sblom part 5

Atau kalo ga, igun saya lepasin neh ke kamar mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11340
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 3:23
Tau tuh ownernya si GK5 aneh

Busi aj ampe 2 kali ganti, atau 3 kali.. foiled mulu ampe basah item legam berbulu busi nya :big_weee:
bukan gitu mbah .... ane cuma bantu ngelarisin pabrik n yg jual busi. masa pandemi mbah ... :big_weee: :mky_08:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11041
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:18

-

ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja. :big_smoking:

lagi baca petuah bermanfaat kok malah ditinggal tidur?
:big_chicken:
walah....... gimana ini.....
udah pernah kesetrum coil mbah? mari sini saya setrum.....
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11340
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 6:20
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:18
blloewy wrote: Sat Oct 31, 2020 6:05
Mbah Shifu kl begini sama aja dgn NGELITIK ya?
Jd pembakaran sdh muncul sebelum Piston naek ke atas full dmn udara bertekanan dan BBM bercampur sempurna dibakar.
atau ini beda dengan gejla ngelitik kaya di engine resing Lipindut HR15 y mbah shifu? :weekk:
bisa iya bisa engga

ngelitik kl bensinnya sdh self-ignite di momen itu. ada faktor lain bikin ga ngelitik, a.l. suhu ruang bakar, kebersihan ruang bakar, n bentuk kepala piston.

ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja. :big_smoking:
Lanjutinn

Ga bole tidur sblom part 5

Atau kalo ga, igun saya lepasin neh ke kamar mbah
eit eits menghindar menghindar .... ane masukin perangkap trus tembak sinar pengecil, jadi igun2 mini. ane masupin ntar ke knalpot hrv mbah, secara mrk suka knalpot. biar tambah ngelitik hrv mbah warektor ...!




:mky_02:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11340
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 6:26
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:18

-

ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja. :big_smoking:

lagi baca petuah bermanfaat kok malah ditinggal tidur?
:big_chicken:
walah....... gimana ini.....
udah pernah kesetrum coil mbah? mari sini saya setrum.....
udah pernah! saya pilih dikelitikin kaki 5 detik aja deh. kl kesetrum itu sekejap tp deg2an nya bisa lama... :big_weee:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:32
marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 6:26
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:18

-

ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja. :big_smoking:

lagi baca petuah bermanfaat kok malah ditinggal tidur?
:big_chicken:
walah....... gimana ini.....
udah pernah kesetrum coil mbah? mari sini saya setrum.....
udah pernah! saya pilih dikelitikin kaki 5 detik aja deh. kl kesetrum itu sekejap tp deg2an nya bisa lama... :big_weee:
Idem

Ksetrum coil dah perna jg.. sakitnya ampun2 tp anehnya ga berdarah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11340
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 6:35
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:32
marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 6:26


lagi baca petuah bermanfaat kok malah ditinggal tidur?
:big_chicken:
walah....... gimana ini.....
udah pernah kesetrum coil mbah? mari sini saya setrum.....
udah pernah! saya pilih dikelitikin kaki 5 detik aja deh. kl kesetrum itu sekejap tp deg2an nya bisa lama... :big_weee:
Idem

Ksetrum coil dah perna jg.. sakitnya ampun2 tp anehnya ga berdarah
gimana mau berdarah mbah ... kayanya pori2 yg kena jebretnya itu udah ketutup darah mati, udah kebakar gosong secara microskopis


:big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:40
DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 6:35
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:32

udah pernah! saya pilih dikelitikin kaki 5 detik aja deh. kl kesetrum itu sekejap tp deg2an nya bisa lama... :big_weee:
Idem

Ksetrum coil dah perna jg.. sakitnya ampun2 tp anehnya ga berdarah
gimana mau berdarah mbah ... kayanya pori2 yg kena jebretnya itu udah ketutup darah mati, udah kebakar gosong secara microskopis


:big_biglaugh:
Padahal saya waktu itu cuman coil motor 2 tak loh

Apakabar coil mobil yah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11041
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 6:41
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:40
DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 6:35

Idem

Ksetrum coil dah perna jg.. sakitnya ampun2 tp anehnya ga berdarah
gimana mau berdarah mbah ... kayanya pori2 yg kena jebretnya itu udah ketutup darah mati, udah kebakar gosong secara microskopis


:big_biglaugh:
Padahal saya waktu itu cuman coil motor 2 tak loh

Apakabar coil mobil yah

waini... musti coba.

:big_biglaugh:

seluruh flora dan fauna yang ada dimuka bumi pasti langsung diabsen.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 6:46
DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 6:41
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:40

gimana mau berdarah mbah ... kayanya pori2 yg kena jebretnya itu udah ketutup darah mati, udah kebakar gosong secara microskopis


:big_biglaugh:
Padahal saya waktu itu cuman coil motor 2 tak loh

Apakabar coil mobil yah

waini... musti coba.

:big_biglaugh:

seluruh flora dan fauna yang ada dimuka bumi pasti langsung diabsen.
Kaga mau mbah

Itu aj sakitnya lbi pedes dr kesabet fan belt

Lgs teriak guk2 kenceng banget ampe tetangga kluar kirain ad apa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11340
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 6:56
marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 6:46
DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 6:41

Padahal saya waktu itu cuman coil motor 2 tak loh

Apakabar coil mobil yah

waini... musti coba.

:big_biglaugh:

seluruh flora dan fauna yang ada dimuka bumi pasti langsung diabsen.
Kaga mau mbah

Itu aj sakitnya lbi pedes dr kesabet fan belt

Lgs teriak guk2 kenceng banget ampe tetangga kluar kirain ad apa
:big_biglaugh:

berarti badan mbah terpental mundur ngehajar kandang guk2 kali ya ...

wah heboh sangattt

:big_biglaugh:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3926
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 5:31
yanuarra wrote: Sat Oct 31, 2020 5:18 Ini mbah2 suhu pd ngomongin apa si ane smpe nggk mudeng :big_sorry:


tape singkong kediri mana?
Beli beli mbah :big_biglaugh:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:18 bisa iya bisa engga

ngelitik kl bensinnya sdh self-ignite di momen itu. ada faktor lain bikin ga ngelitik, a.l. suhu ruang bakar, kebersihan ruang bakar, n bentuk kepala piston.

ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja. :big_smoking:
Asumsinya khan kl pake ron di bawah berarti lbh cepet ignite dia mbah shifu.
Jd kl begitu selama ruang bakar bersih dan bentuk kepala piston normal ya ngga ada lecet atau kerusakan apapun mestinya meskipun ignite duluan tp ngga buat ngelitik ya mbah shifu?
Saya penasaran aja krn selama ini baca taunya ngelitik itu krn ruang bakar kotor dan bbm ignite duluan. Sdh carbon clean balik lagi krn ya bbm nya pake itu lagi yg bentuk kotoran di ruang bakar.
Nah kl pake bbm di bawah spek misalkan ron 90 dmn harusnya min ron 92 apakah bs mencegah ngelitik dgn tambahan additive ke bbm nya mbah shifu?
Soalnya saya penganut aliran konvensional dmn lbh prefer bbm high octane drpd downgrade bbm satu step tp ditambah additive tinggi.
Kata temen sich useles pake additive kl bbm nya yg ron di bawah spec...mendingan invest pake bbm sesuai spek drpd beli additive...
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11340
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Sat Oct 31, 2020 7:32
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:18 bisa iya bisa engga

ngelitik kl bensinnya sdh self-ignite di momen itu. ada faktor lain bikin ga ngelitik, a.l. suhu ruang bakar, kebersihan ruang bakar, n bentuk kepala piston.

ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja. :big_smoking:
Asumsinya khan kl pake ron di bawah berarti lbh cepet ignite dia mbah shifu.
Jd kl begitu selama ruang bakar bersih dan bentuk kepala piston normal ya ngga ada lecet atau kerusakan apapun mestinya meskipun ignite duluan tp ngga buat ngelitik ya mbah shifu?
Saya penasaran aja krn selama ini baca taunya ngelitik itu krn ruang bakar kotor dan bbm ignite duluan. Sdh carbon clean balik lagi krn ya bbm nya pake itu lagi yg bentuk kotoran di ruang bakar.
Nah kl pake bbm di bawah spek misalkan ron 90 dmn harusnya min ron 92 apakah bs mencegah ngelitik dgn tambahan additive ke bbm nya mbah shifu?
Soalnya saya penganut aliran konvensional dmn lbh prefer bbm high octane drpd downgrade bbm satu step tp ditambah additive tinggi.
Kata temen sich useles pake additive kl bbm nya yg ron di bawah spec...mendingan invest pake bbm sesuai spek drpd beli additive...
semua ledakan yg terjadi bukan oleh busi yg triggernya diatur oleh ecu, distributor cdi, platina, atau circuit breaker lainnya disebut "uncontrolled ignition" dan tidak boleh terjadi.

additive? banyak macam. kl yg dimaksud octane booster ya memang bisa meningkatkan ron. itupun tergantung merk, banyak yg kaleng2.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by josomba »

Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 4:27 cobain aja sekali isi pertabo 98, awas ketagihan. :mky_03:

gap? udah betul yg skrg. kl white blisters konon tipnya running too hot salah satu alasan memang betul krn too lean. sebab teorinya gap makin besar spark jg makin besar sampai 1 titik coil ga sanggup lagi. tp kl spark besar n lean berarti ada momen api msh besar tp ga bakar apa2 akhirnya tip overheat. makanya dikecilin gapnya spy spark lebih weak.

skrg pas ... pas sparknya abis pas AF mixture nya jg habis terbakar. tp spt sblmnya ane bilang ignition timingnya too advanced kayanya posisi habis terbakarnya sebelum TDC (piston msh bergerak ke atas menuju top dead center) jd ada power loss. spy ga begitu, spy habis terbakarnya passs di TDC harus diperlambat proses pembakarannya dgn cara pakai bensin oktan lbh tinggi. tenaganya pasti joss...
Kalau abis gajian biasa ngasih 1-2x bbm bergizi memang sih mbah .... dan memang tarikan jauh lebih baik, tp ga cek2 si busi pegimana kalau pas lg pake bbm lebih bergizi :big_biglaugh:

I see, berarti "katanya" orang forum masdut tersebut ada benernya ya terkait lowering gap dan masalah lean engine ...

Ni hari abis atur gap, coba bejek di tol terdekat sih .... cespleng lg ... 2-3 bulan terakhir berasa beda dikit tarikan soalnya.
marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 4:24 itu kuku ada item-item.... bentar lagi tandatangan buku merah buku ijo malu lah....
ssshhh ..... mohon jgn mengumbar obrolan2 di sekitaran garasi 69 ... eh 58 kemarih ... :big_biglaugh:

Tapi tetep makasih buat mbah klep
Image
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by blloewy »

josomba wrote: Sat Oct 31, 2020 12:06
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 4:27 cobain aja sekali isi pertabo 98, awas ketagihan. :mky_03:

gap? udah betul yg skrg. kl white blisters konon tipnya running too hot salah satu alasan memang betul krn too lean. sebab teorinya gap makin besar spark jg makin besar sampai 1 titik coil ga sanggup lagi. tp kl spark besar n lean berarti ada momen api msh besar tp ga bakar apa2 akhirnya tip overheat. makanya dikecilin gapnya spy spark lebih weak.

skrg pas ... pas sparknya abis pas AF mixture nya jg habis terbakar. tp spt sblmnya ane bilang ignition timingnya too advanced kayanya posisi habis terbakarnya sebelum TDC (piston msh bergerak ke atas menuju top dead center) jd ada power loss. spy ga begitu, spy habis terbakarnya passs di TDC harus diperlambat proses pembakarannya dgn cara pakai bensin oktan lbh tinggi. tenaganya pasti joss...
Kalau abis gajian biasa ngasih 1-2x bbm bergizi memang sih mbah .... dan memang tarikan jauh lebih baik, tp ga cek2 si busi pegimana kalau pas lg pake bbm lebih bergizi :big_biglaugh:

I see, berarti "katanya" orang forum masdut tersebut ada benernya ya terkait lowering gap dan masalah lean engine ...

Ni hari abis atur gap, coba bejek di tol terdekat sih .... cespleng lg ... 2-3 bulan terakhir berasa beda dikit tarikan soalnya.
marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 4:24 itu kuku ada item-item.... bentar lagi tandatangan buku merah buku ijo malu lah....
ssshhh ..... mohon jgn mengumbar obrolan2 di sekitaran garasi 69 ... eh 58 kemarih ... :big_biglaugh:

Tapi tetep makasih buat mbah klep
BIasa pake BBM apa om?
Tambah additive kah?
Btw, tahniah dan semoga lancar acaranya... :big_exellent:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by josomba »

blloewy wrote: Sat Oct 31, 2020 12:15
BIasa pake BBM apa om?
Tambah additive kah?
Btw, tahniah dan semoga lancar acaranya... :big_exellent:
Seperti yang sudah disebut di atas, saya minimum 92 oom ... merk sehh selewatnya aja, tergantung point OVO lg banyak atau ndak khusus buat shell dan BP :big_biglaugh:

rasio kompresi P5-VPS soalnya 12:1 .... agak gila sih (walau si masda bilang boleh) kalau maksa pake 90.

Additip seingetnya aja ... antara redline/bardahl/bluechem ... tergantung lg isi dompet saat beli :big_biglaugh:

Terima kasih um ...
Image