PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Ini macam tak kelar2, tapi saya sendiri kiblat nya masih bingung mau kemana
https://www.motorplus-online.com/read/2 ... i?page=all
https://otoseken.gridoto.com/read/34225 ... otor-matik
https://www.motorplus-online.com/read/2 ... i?page=all
https://otoseken.gridoto.com/read/34225 ... otor-matik
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Nah itu bikin bingung gear oil nya motor matic. Yamalube juga nggak nyebut gear matic nya pake kekentalan berapa. Mungkin suhu2 ada yg bisa menjelaskan.Fertille wrote:Ini macam tak kelar2, tapi saya sendiri kiblat nya masih bingung mau kemana
https://www.motorplus-online.com/read/2 ... i?page=all
https://otoseken.gridoto.com/read/34225 ... otor-matik
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Thu Jun 25, 2015 15:34
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Tp yah setau saya itu oli gardan bawaan pabrik isinya sama kaya oli mesinnya cuman beda kemasannya aja supaya lbh mudah untuk pengisian.
Memang sebenernya better pke GL-4 klo untuk gardan tp mungkin untuk motor matic tingkat stressnya tdk terlalu tinggi kali yah smpe pabrikan berani repacking oli mesinya. Tp klo lihat vespa matic ttp minta spek gl4 buat gardanya
Dulu sebenernya castrol sempet masukin oli gardan buat motor spek gl-4 yg model kya odol tp entah knp discontinue malah skrng isinya pke oli mesin jg dengan kemasan botolan.
Memang sebenernya better pke GL-4 klo untuk gardan tp mungkin untuk motor matic tingkat stressnya tdk terlalu tinggi kali yah smpe pabrikan berani repacking oli mesinya. Tp klo lihat vespa matic ttp minta spek gl4 buat gardanya
Dulu sebenernya castrol sempet masukin oli gardan buat motor spek gl-4 yg model kya odol tp entah knp discontinue malah skrng isinya pke oli mesin jg dengan kemasan botolan.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Memang saya sendiri jadi rancu, standar oli gardan yg tepat itu bagaimana. Dibeberapa sumber sempet cek, oli gardan OEM dan sejenis nya (konon oli mesin juga) masih meninggalkan gram. Tapi kalo GL-4 malah bersih.tokezz wrote: ↑Tue Sep 22, 2020 14:41 Tp yah setau saya itu oli gardan bawaan pabrik isinya sama kaya oli mesinnya cuman beda kemasannya aja supaya lbh mudah untuk pengisian.
Memang sebenernya better pke GL-4 klo untuk gardan tp mungkin untuk motor matic tingkat stressnya tdk terlalu tinggi kali yah smpe pabrikan berani repacking oli mesinya. Tp klo lihat vespa matic ttp minta spek gl4 buat gardanya
Dulu sebenernya castrol sempet masukin oli gardan buat motor spek gl-4 yg model kya odol tp entah knp discontinue malah skrng isinya pke oli mesin jg dengan kemasan botolan.
Betul om, heran.indeskey wrote: ↑Tue Sep 22, 2020 10:44Nah itu bikin bingung gear oil nya motor matic. Yamalube juga nggak nyebut gear matic nya pake kekentalan berapa. Mungkin suhu2 ada yg bisa menjelaskan.Fertille wrote:Ini macam tak kelar2, tapi saya sendiri kiblat nya masih bingung mau kemana
https://www.motorplus-online.com/read/2 ... i?page=all
https://otoseken.gridoto.com/read/34225 ... otor-matik
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1636
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
lagian koq dibikin pusing...beli oli genuine-nya aja..paling harga cm 14rb-an
kalo beli oli gardan kayak mobil malah pusing..beli 1lt diisi cuma 120ml
kalo beli oli gardan kayak mobil malah pusing..beli 1lt diisi cuma 120ml
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
jadi penasaran, di yamaha apakah gear oil nya lebih kental jg dbanding honda... soalnya ga dtulis specnya
trus cek gugel, itu yamaha gear oil ada dua ukuran ya? 100 ml ama 150ml?
moge 155cc nya pake yg 150ml?
soalnya kalo honda cm ada 120ml....
trus cek gugel, itu yamaha gear oil ada dua ukuran ya? 100 ml ama 150ml?
moge 155cc nya pake yg 150ml?
soalnya kalo honda cm ada 120ml....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
biasa om... di dunia perlendiran otomotif ini biasanya feel orang beda2 atas suatu cairan..
vario saya 30k ga ganti2, awet2 aja.. ga ada gerung, ga ada dengung, ga ada klotak2...
tp bgitu nambah pcx, jadi kepikiran ama gear oil... HAHAHAH (padahal mah oil gear matic ga bgitu signifikan ama performa motor)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1636
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
30K ganti mah kacau wkwk...di mobil aja saya berkala per 20K toh murah kanPoporing wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 2:51biasa om... di dunia perlendiran otomotif ini biasanya feel orang beda2 atas suatu cairan..
vario saya 30k ga ganti2, awet2 aja.. ga ada gerung, ga ada dengung, ga ada klotak2...
tp bgitu nambah pcx, jadi kepikiran ama gear oil... HAHAHAH (padahal mah oil gear matic ga bgitu signifikan ama performa motor)
kalo gear oil mau beli semahal2nya kayaknya ga terlalu ngefek apa2...paling proteksi doank jangka panjang
yg lebih kerasa mgkn di oli mesin aja...cari yg dirasa lbh baik..ati2 palsu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Makin pusing kalo oli motor pake oli mobil (sesat)
Setau saya, kapasitas oli gardan yamaha emang banyak rasa aka varian om.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
ow... om sendiri pake matic yamaha yg mana?
vampir ga motornya?
bukan masalah murah om.. tp emg cairan itu penting ga penting.. jarang ada matic yg rusak gear blkg itu om... ga sebanyak cvt bermasalah atau komstir..MSU wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 2:5430K ganti mah kacau wkwk...di mobil aja saya berkala per 20K toh murah kanPoporing wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 2:51biasa om... di dunia perlendiran otomotif ini biasanya feel orang beda2 atas suatu cairan..
vario saya 30k ga ganti2, awet2 aja.. ga ada gerung, ga ada dengung, ga ada klotak2...
tp bgitu nambah pcx, jadi kepikiran ama gear oil... HAHAHAH (padahal mah oil gear matic ga bgitu signifikan ama performa motor)
kalo gear oil mau beli semahal2nya kayaknya ga terlalu ngefek apa2...paling proteksi doank jangka panjang
yg lebih kerasa mgkn di oli mesin aja...cari yg dirasa lbh baik..ati2 palsu
jadinya sy sering lupa.. hahahah
padahal ganti oli mesin tiap 2k-2.5k.. selalu di ahass.. ganti oli doank, maintenance nya mah per 5k atau 7k.. seingetnya aja.. hahaha
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 14, 2013 8:56
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
waduhh..liat trit ini jadi inget oli gardan metik belum ganti2...
kalau saya biasanya diisi sisa oli mesin saja, beli oli mobil biasanya shell hx8, masuk 0,8 liter, sisanya buat gardan atau buat lumasin pagar rumah sama masukin genset
kalau saya biasanya diisi sisa oli mesin saja, beli oli mobil biasanya shell hx8, masuk 0,8 liter, sisanya buat gardan atau buat lumasin pagar rumah sama masukin genset
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Kebetulan kapasitas oli gardan saya 140ml om. Yamaha matic masih jaman jet fiPoporing wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 3:09ow... om sendiri pake matic yamaha yg mana?
vampir ga motornya?bukan masalah murah om.. tp emg cairan itu penting ga penting.. jarang ada matic yg rusak gear blkg itu om... ga sebanyak cvt bermasalah atau komstir..MSU wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 2:5430K ganti mah kacau wkwk...di mobil aja saya berkala per 20K toh murah kanPoporing wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 2:51
biasa om... di dunia perlendiran otomotif ini biasanya feel orang beda2 atas suatu cairan..
vario saya 30k ga ganti2, awet2 aja.. ga ada gerung, ga ada dengung, ga ada klotak2...
tp bgitu nambah pcx, jadi kepikiran ama gear oil... HAHAHAH (padahal mah oil gear matic ga bgitu signifikan ama performa motor)
kalo gear oil mau beli semahal2nya kayaknya ga terlalu ngefek apa2...paling proteksi doank jangka panjang
yg lebih kerasa mgkn di oli mesin aja...cari yg dirasa lbh baik..ati2 palsu
jadinya sy sering lupa.. hahahah
padahal ganti oli mesin tiap 2k-2.5k.. selalu di ahass.. ganti oli doank, maintenance nya mah per 5k atau 7k.. seingetnya aja.. hahaha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4013
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Klo matic honda tiap 8000 km ganti oli gearnya. Jd kira2 setiap dua kali ganti oli mesin. Kalo saya selalu pakenya oli gear bawaan aja, murmer, praktis tinggal cucuk dari botolnya, nggk repot naker lagi
Di bukman honda rasanya pernah baca oli gearnya pake spek oli mesin.. tp td dicari-cari kok blm nemu
Di bukman honda rasanya pernah baca oli gearnya pake spek oli mesin.. tp td dicari-cari kok blm nemu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12276
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
nubie sih gak ambil pusing soal type oli gituan sih, pake yg ori aja trus gantinya tiap 2x ganti oli mesin (4000 km ato 6 bulan, mana yg tercapai dulu)
kalo ragu ato parno ya plgan dicepetin aja interval gantinya
kalo ragu ato parno ya plgan dicepetin aja interval gantinya
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
om ganti sendiri kah? oli mesin dan gear?yanuarra wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 3:49 Klo matic honda tiap 8000 km ganti oli gearnya. Jd kira2 setiap dua kali ganti oli mesin. Kalo saya selalu pakenya oli gear bawaan aja, murmer, praktis tinggal cucuk dari botolnya, nggk repot naker lagi
Di bukman honda rasanya pernah baca oli gearnya pake spek oli mesin.. tp td dicari-cari kok blm nemu
pas cek oli gear nya, bening ga?
saya pernah ganti di 5k atau 7k-an, itu masi bening... walaupun ada gram sedikit. hahah
menurut saya sih overkill kalo dganti tiap 8k...
tapi pernah jg saya ganti di 10k, gramnya jg banyak.. haha
skrg sih sy sesuai buku serpis aja....
cuma pas banjir kmrn saya ganti tiap 2 minggu.. selama 6minggu...
abis itu belum ganti lg...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4013
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Iya om, oli mesin n gear ganti sendiri.. jgn lupa di skutik ngonda spek torsinya 24 Nm buat baut pembuangan oli mesin.. 23 Nm baut pembuangan oli gearPoporing wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 7:18om ganti sendiri kah? oli mesin dan gear?yanuarra wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 3:49 Klo matic honda tiap 8000 km ganti oli gearnya. Jd kira2 setiap dua kali ganti oli mesin. Kalo saya selalu pakenya oli gear bawaan aja, murmer, praktis tinggal cucuk dari botolnya, nggk repot naker lagi
Di bukman honda rasanya pernah baca oli gearnya pake spek oli mesin.. tp td dicari-cari kok blm nemu
pas cek oli gear nya, bening ga?
saya pernah ganti di 5k atau 7k-an, itu masi bening... walaupun ada gram sedikit. hahah
menurut saya sih overkill kalo dganti tiap 8k...
tapi pernah jg saya ganti di 10k, gramnya jg banyak.. haha
skrg sih sy sesuai buku serpis aja....
cuma pas banjir kmrn saya ganti tiap 2 minggu.. selama 6minggu...
abis itu belum ganti lg...
Iya oli masih bening kok om.. kan tertutup itu, rasanya nggk ada kontaminan dari luar..cmiiw. Jadi diganti di 8.000(sesuai bukman) yaa masih bening2 aja.. Yg penting gearnya skutik cuma butuh dilumasi kok. Jd sy nggk pusing pakai olinya apaan..
Btw knp smpe ada gram2an banyak gitu om? Sy tiap ganti oli gear aman2 aja om...odo udah 45rb
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
ahahahha.. ga pake TW om.. pake feeling aja...yanuarra wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 9:03 Iya om, oli mesin n gear ganti sendiri.. jgn lupa di skutik ngonda spek torsinya 24 Nm buat baut pembuangan oli mesin.. 23 Nm baut pembuangan oli gear
Iya oli masih bening kok om.. kan tertutup itu, rasanya nggk ada kontaminan dari luar..cmiiw. Jadi diganti di 8.000(sesuai bukman) yaa masih bening2 aja.. Yg penting gearnya skutik cuma butuh dilumasi kok. Jd sy nggk pusing pakai olinya apaan..
Btw knp smpe ada gram2an banyak gitu om? Sy tiap ganti oli gear aman2 aja om...odo udah 45rb
seinget saya banyak gram pas kuras 10k pertama.. hitam dan banyak glitter...
abis itu kuras 5k bening...
seinget saya pernah poto itu.. tp entah kapan.. haha
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Wah, gardan inreyen mungkin masih meninggalkan gram. Btw saya lupa jawab, oli mesin maupun oli gardan saya ganti sendiriPoporing wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 9:40ahahahha.. ga pake TW om.. pake feeling aja...yanuarra wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 9:03 Iya om, oli mesin n gear ganti sendiri.. jgn lupa di skutik ngonda spek torsinya 24 Nm buat baut pembuangan oli mesin.. 23 Nm baut pembuangan oli gear
Iya oli masih bening kok om.. kan tertutup itu, rasanya nggk ada kontaminan dari luar..cmiiw. Jadi diganti di 8.000(sesuai bukman) yaa masih bening2 aja.. Yg penting gearnya skutik cuma butuh dilumasi kok. Jd sy nggk pusing pakai olinya apaan..
Btw knp smpe ada gram2an banyak gitu om? Sy tiap ganti oli gear aman2 aja om...odo udah 45rb
seinget saya banyak gram pas kuras 10k pertama.. hitam dan banyak glitter...
abis itu kuras 5k bening...
seinget saya pernah poto itu.. tp entah kapan.. haha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
nah itu om.. berarti pas inreyen, dalam 1k km pertama, selain kuras oli mesin jg harus kuras oli gear....Fertille wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 0:11Wah, gardan inreyen mungkin masih meninggalkan gram. Btw saya lupa jawab, oli mesin maupun oli gardan saya ganti sendiriPoporing wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 9:40ahahahha.. ga pake TW om.. pake feeling aja...yanuarra wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 9:03 Iya om, oli mesin n gear ganti sendiri.. jgn lupa di skutik ngonda spek torsinya 24 Nm buat baut pembuangan oli mesin.. 23 Nm baut pembuangan oli gear
Iya oli masih bening kok om.. kan tertutup itu, rasanya nggk ada kontaminan dari luar..cmiiw. Jadi diganti di 8.000(sesuai bukman) yaa masih bening2 aja.. Yg penting gearnya skutik cuma butuh dilumasi kok. Jd sy nggk pusing pakai olinya apaan..
Btw knp smpe ada gram2an banyak gitu om? Sy tiap ganti oli gear aman2 aja om...odo udah 45rb
seinget saya banyak gram pas kuras 10k pertama.. hitam dan banyak glitter...
abis itu kuras 5k bening...
seinget saya pernah poto itu.. tp entah kapan.. haha
tp ini saya jarang diingetin ama ahass soal gear oil ini...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Ideal nya memang 1000km pertama kuras semua oli sih om. Berlaku juga di R2 ato R4Poporing wrote: ↑Fri Sep 25, 2020 7:44nah itu om.. berarti pas inreyen, dalam 1k km pertama, selain kuras oli mesin jg harus kuras oli gear....
tp ini saya jarang diingetin ama ahass soal gear oil ini...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 193
- Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
- Daily Vehicle: D4-D and CRDi
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
oli gardan motor matic sy selalu pake oli mtf GL4, hasilnya bersih nggak ada gram.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Dec 15, 2020 2:32
- Location: Banjarbaru
- Daily Vehicle: None
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Kalau maksudnya rusak itu gear rompal, atau patah sampai motor gak bisa jalan memang iya, sangat jarang.Poporing wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 3:09ow... om sendiri pake matic yamaha yg mana?
vampir ga motornya?bukan masalah murah om.. tp emg cairan itu penting ga penting.. jarang ada matic yg rusak gear blkg itu om... ga sebanyak cvt bermasalah atau komstir..MSU wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 2:5430K ganti mah kacau wkwk...di mobil aja saya berkala per 20K toh murah kanPoporing wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 2:51
biasa om... di dunia perlendiran otomotif ini biasanya feel orang beda2 atas suatu cairan..
vario saya 30k ga ganti2, awet2 aja.. ga ada gerung, ga ada dengung, ga ada klotak2...
tp bgitu nambah pcx, jadi kepikiran ama gear oil... HAHAHAH (padahal mah oil gear matic ga bgitu signifikan ama performa motor)
kalo gear oil mau beli semahal2nya kayaknya ga terlalu ngefek apa2...paling proteksi doank jangka panjang
yg lebih kerasa mgkn di oli mesin aja...cari yg dirasa lbh baik..ati2 palsu
jadinya sy sering lupa.. hahahah
padahal ganti oli mesin tiap 2k-2.5k.. selalu di ahass.. ganti oli doank, maintenance nya mah per 5k atau 7k.. seingetnya aja.. hahaha
Tapi kalau sering saya temui dijalanan motor yg mendengung berisik, yg mungkin oli transmisi nya gak pernah atau jarang diganti.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Saya saat ini rutin pakai Pertamin Rored MTF spesifikasi GL-4. Sejauh ini memang lebih senyap, tapi memang semenjak overhaul CVT, terutama ganti bagian gears set masih cukup terasa berisik.Nugrohonug wrote: ↑Thu Oct 22, 2020 12:10 oli gardan motor matic sy selalu pake oli mtf GL4, hasilnya bersih nggak ada gram.
Setahu saya, ada beberapa brand dan tipe yang memang gear nya "penyakitan". Terutama produk lawas nya. Itu memang berisik sekali sewaktu di gas ataupun lepas gas. Btw, konsumsi lendir untuk R2 nya apa aja om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
kalo dengung, bearing cvt atau puli belakang om yg lebih sering..
di salah satu merek sering banget puli blkg yg drat-nya dol.. jadi bunyi kresek2...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
- Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur
Re: PRO KONTRA Oli Gardan Matic!
Om yg ganti oli sendiri, oli bekasnya dibuang dimana ya? pengen juga nyoba DIY kecil2an, tp masih kepikiran buang limbah olinya gimana