Koleksi hand tools [Part 02]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Sep 10, 2020 12:56
DOHC wrote: Thu Sep 10, 2020 7:08 -------
Yg sengaja diilangin justru buku servis

Biar ga ketauan riwayat servis nya yg bolong2 atau ala kadarnya atau puter2 odo
catatan service record gk5 ane udah 3 lembar bolak balik mbah ... yg ada malah skrg jd takut kl sewaktu2 dijual dipikir mobilnya penyakitan pdhl kebanyakan diy iseng. skrg sebagian ane tulis di post-it aja jadinya wakakakaka
sepengalaman saya, kl jual ke pmakai langsung malah seneng kl dapet servis record yg lengkap om
saya jg biasa tulis tangan servis apa aj d mobil, ampe kuras radiator, rem , tembak vet aj saya tulis d buku tulis yg ud saya siapin dr awal..

nahh jgn kl jual ama pedege, itu mulutnya pd minta di gampar, mobil bermasalah lah, rewel lah..

btw dl saya jual lipindut aj, catetan servis nya ampe stengah buku tulis.. yg beli nya tante2 ampe bengong2, tp hepi krn mobil nya kerawat katanya

yg aneh malah ipah tuwir saya, pemakaian belasan taon, satu buku tulis aj ga abis2.. :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11072
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Sep 10, 2020 12:56

catatan service record gk5 ane udah 3 lembar bolak balik mbah ... yg ada malah skrg jd takut kl sewaktu2 dijual dipikir mobilnya penyakitan pdhl kebanyakan diy iseng. skrg sebagian ane tulis di post-it aja jadinya wakakakaka

pekerjaan/perbaikan DIY catat di log book tersendiri dan tidak perlu orang lain lihat kecuali memang berkepentingan.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

Mbah-mbah mw tanya:

- grease for cv joint: better khusus grease cv joint (biasanya kemasan odol) atau yg penting nlgi 2 ?
- grease for rack and pinion: yg penting nlgi 2 aja atau better nlgi 2 yg ada kandungan moly?

ada bunyi "nyit2" (pas lewat poldur aja) seolah2 dari arah kaki depan(kuping driver). Klo dari kuping diluar bunyinya dari blkg. Curiga asalnya dari SA atau coil spring blkg.. cek ricek 3 jam ketemu asalnya dari kabel yg gesek2 dgn dudukannya di axle beam. Masih kenceng nggk longgar. Tp krn axle beamnya gerak jd kabelnya bergesekan dgn penjepitnya itu. Bikin bunyi. Solusinya pake silicone spray. Adem lagi. Tp after 5-6 bulan bunyinya muncul lagi. Ntu kabel mau ane coba balurin rubber grease.
Pertanyaannya:
- rubber grease aman buat kabel dan cocok nggk ya?

- spion retract perlu dilumasi nggk ya? :big_grin:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11072
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Fri Sep 11, 2020 4:35 Mbah-mbah mw tanya:

- grease for cv joint: better khusus grease cv joint (biasanya kemasan odol) atau yg penting nlgi 2 ?
- grease for rack and pinion: yg penting nlgi 2 aja atau better nlgi 2 yg ada kandungan moly?

ada bunyi "nyit2" (pas lewat poldur aja) seolah2 dari arah kaki depan(kuping driver). Klo dari kuping diluar bunyinya dari blkg. Curiga asalnya dari SA atau coil spring blkg.. cek ricek 3 jam ketemu asalnya dari kabel yg gesek2 dgn dudukannya di axle beam. Masih kenceng nggk longgar. Tp krn axle beamnya gerak jd kabelnya bergesekan dgn penjepitnya itu. Bikin bunyi. Solusinya pake silicone spray. Adem lagi. Tp after 5-6 bulan bunyinya muncul lagi. Ntu kabel mau ane coba balurin rubber grease.
Pertanyaannya:
- rubber grease aman buat kabel dan cocok nggk ya?

- spion retract perlu dilumasi nggk ya? :big_grin:

cobra grease.





















:ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Profith83 »

om @DOHC @Omnibus

Mau tanya 2 pertanyaan.
Ini untuk ganti filter ATF yah? sebenarnya yang butuh lebih sering diganti yg mana? yang ini atau yang di pan. Mobil saya KM 80rb 5 thn. Kemudian kalau dibuka, adakah gasket yang juga harus diganti? atau cuma lem silicone saja?
ATF filter Mobilio.jpg

Apakah pernah lihat boot/karet drive shaft (lihat dari ban sisi sopir dibuka) ini penampakannya.
Ada semacam uap oli seperti dibawah ini. Ini Mobil Mobilio saya. Perkiraan semua Brio, Mobilio dan HRV ngalami spt ini.

Tambah lama bisa tambah parah sptnya. dulu di KM 20rb claim karena agak parah sampai basah di calter, sekarang KM 80rb seperti penampakan dibawah. Kalau kondisi nguap spt ini apakah oli transmisi bisa sampai berkurang 0.5 liter dalam waktu 2 thn atau 20rb KM yah. Atau kalau dilihat dari 20rb KM sampai 80rb KM seperti itu mungkin bekas dulu yah kurang dibersihkan saja? atau bocor halus saja
Boot drive shaft.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Fri Sep 11, 2020 5:30 om @DOHC @Omnibus

Mau tanya 2 pertanyaan.
Ini untuk ganti filter ATF yah? sebenarnya yang butuh lebih sering diganti yg mana? yang ini atau yang di pan. Mobil saya KM 80rb 5 thn. Kemudian kalau dibuka, adakah gasket yang juga harus diganti? atau cuma lem silicone saja?
ATF filter Mobilio.jpg


Apakah pernah lihat boot/karet drive shaft (lihat dari ban sisi sopir dibuka) ini penampakannya.
Ada semacam uap oli seperti dibawah ini. Ini Mobil Mobilio saya. Perkiraan semua Brio, Mobilio dan HRV ngalami spt ini.

Tambah lama bisa tambah parah sptnya. dulu di KM 20rb claim karena agak parah sampai basah di calter, sekarang KM 80rb seperti penampakan dibawah. Kalau kondisi nguap spt ini apakah oli transmisi bisa sampai berkurang 0.5 liter dalam waktu 2 thn atau 20rb KM yah. Atau kalau dilihat dari 20rb KM sampai 80rb KM seperti itu mungkin bekas dulu yah kurang dibersihkan saja? atau bocor halus saja
Boot drive shaft.jpg
Yg om tunjuk itu, namanya atf warmer om.. kl odo ud 80 rebu, bole d buka warmer nya, trus dganti filter kecil nya

Dl saya punya hrv pas odo 100 rebu jg saya ganti filter kecil itu.. kl ga salah 100an rebu doank, murah koq.. ga usa kasi silicone, tribon, lem gasket dsb, krn nanti ud dikasi seal karet nya koq.. pasang yg bener aj... kerjain nya jg gampang.. copotin sekrup 10 mili nya doank.. nanti saya coba cari foto nya kl ad

Kl mau lebi lengkap lg, buka oil pan atf nya.. dsitu ad 1 filter lg.. rada mahal.. 300an rebu kl ga sala saya beli d atrium.. itu musti copot oil pan.. seal ulang pake karet gasket nya, dbeli terpisah..

Kl uap oli, saya ga ngalamin seh om, ampe skrg 122 rebu km
Tp dl odo 70an rebu ud perna claim ganti as roda satu set..

Feeling saya sehh dr seal as roda.. masang nya ga center, atau emg kebetulan dapet nya barang ampas.. coba aj suru montir beres cek dan tanggung jawap.. om ud beli paket garansi 5 taon kan.. suru mreka buka as roda ama cek seal nya

Coba ini mbah omni, kira2 emg lobang hawa girbok cvt L15 dmana yah posisi nya mbah ? Saya ud jungkir balik nyari ga ketemu, apa posisi nya deket boot as roda kanan ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

kl transmission seal yg kena di lantai garasi akan ada netes.

mobil sy jg ada uap gitu tp dibawah, pas di bagian pertemuan antara engine dan transmisi. dilap juga hilang. tapi ga ada netes atau rembes yg gimana gitu.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Fri Sep 11, 2020 6:43
Profith83 wrote: Fri Sep 11, 2020 5:30 om @DOHC @Omnibus

Mau tanya 2 pertanyaan.
Ini untuk ganti filter ATF yah? sebenarnya yang butuh lebih sering diganti yg mana? yang ini atau yang di pan. Mobil saya KM 80rb 5 thn. Kemudian kalau dibuka, adakah gasket yang juga harus diganti? atau cuma lem silicone saja?
ATF filter Mobilio.jpg


Apakah pernah lihat boot/karet drive shaft (lihat dari ban sisi sopir dibuka) ini penampakannya.
Ada semacam uap oli seperti dibawah ini. Ini Mobil Mobilio saya. Perkiraan semua Brio, Mobilio dan HRV ngalami spt ini.

Tambah lama bisa tambah parah sptnya. dulu di KM 20rb claim karena agak parah sampai basah di calter, sekarang KM 80rb seperti penampakan dibawah. Kalau kondisi nguap spt ini apakah oli transmisi bisa sampai berkurang 0.5 liter dalam waktu 2 thn atau 20rb KM yah. Atau kalau dilihat dari 20rb KM sampai 80rb KM seperti itu mungkin bekas dulu yah kurang dibersihkan saja? atau bocor halus saja
Boot drive shaft.jpg
Yg om tunjuk itu, namanya atf warmer om.. kl odo ud 80 rebu, bole d buka warmer nya, trus dganti filter kecil nya

Dl saya punya hrv pas odo 100 rebu jg saya ganti filter kecil itu.. kl ga salah 100an rebu doank, murah koq.. ga usa kasi silicone, tribon, lem gasket dsb, krn nanti ud dikasi seal karet nya koq.. pasang yg bener aj... kerjain nya jg gampang.. copotin sekrup 10 mili nya doank.. nanti saya coba cari foto nya kl ad

Kl mau lebi lengkap lg, buka oil pan atf nya.. dsitu ad 1 filter lg.. rada mahal.. 300an rebu kl ga sala saya beli d atrium.. itu musti copot oil pan.. seal ulang pake karet gasket nya, dbeli terpisah..

Kl uap oli, saya ga ngalamin seh om, ampe skrg 122 rebu km
Tp dl odo 70an rebu ud perna claim ganti as roda satu set..

Feeling saya sehh dr seal as roda.. masang nya ga center, atau emg kebetulan dapet nya barang ampas.. coba aj suru montir beres cek dan tanggung jawap.. om ud beli paket garansi 5 taon kan.. suru mreka buka as roda ama cek seal nya

Coba ini mbah omni, kira2 emg lobang hawa girbok cvt L15 dmana yah posisi nya mbah ? Saya ud jungkir balik nyari ga ketemu, apa posisi nya deket boot as roda kanan ?
kalau dibaca baca ATF warmer sebenarnya punya tujuan agar ATF hangat, sebenarnya itu filter beneran yang tujuannya untuk filter ataukah untuk warmer ya om? bingung saya
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Fri Sep 11, 2020 7:12 kl transmission seal yg kena di lantai garasi akan ada netes.

mobil sy jg ada uap gitu tp dibawah, pas di bagian pertemuan antara engine dan transmisi. dilap juga hilang. tapi ga ada netes atau rembes yg gimana gitu.
Sama om ... tidak ada netes. Dibawah juga tidak basah tapi lembab itupun sedikit benar yang pertemuan, yang ada bahan dari plastik
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Fri Sep 11, 2020 7:47
kalau dibaca baca ATF warmer sebenarnya punya tujuan agar ATF hangat, sebenarnya itu filter beneran yang tujuannya untuk filter ataukah untuk warmer ya om? bingung saya
mudahnya sih itu sebetulnya heat exchanger, jd kl di negara dingin (atau pagi hari) berfungsi sbg cvt fluid warmer (krn coolant yg lewat situ lbh hangat) dan di negara tropis (atau stlh suhu kerja normal) berfungsi sbg cvt fluid cooler (krn coolant yg lewat situ lbh rendah suhunya drpd cvt fluid).

nah ruang heat exhangernya itu cuma passage kecil jadinya cvt fluid yg lewat hrs disaring spy kl ada kotoran tdk membuat jalur jd buntu.

sementara yg di bak karter cvt itulah filter utama krn dr strainer (titik sedot) langsung disaring oleh filter yg besar tsb sebelum dialirkan ke valve body, torque converter, dan komponen lain.

kedua filter tsb perlu maintenance yaitu diganti kl sdh waktunya.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Fri Sep 11, 2020 5:17
yanuarra wrote: Fri Sep 11, 2020 4:35 Mbah-mbah mw tanya:

- grease for cv joint: better khusus grease cv joint (biasanya kemasan odol) atau yg penting nlgi 2 ?
- grease for rack and pinion: yg penting nlgi 2 aja atau better nlgi 2 yg ada kandungan moly?

ada bunyi "nyit2" (pas lewat poldur aja) seolah2 dari arah kaki depan(kuping driver). Klo dari kuping diluar bunyinya dari blkg. Curiga asalnya dari SA atau coil spring blkg.. cek ricek 3 jam ketemu asalnya dari kabel yg gesek2 dgn dudukannya di axle beam. Masih kenceng nggk longgar. Tp krn axle beamnya gerak jd kabelnya bergesekan dgn penjepitnya itu. Bikin bunyi. Solusinya pake silicone spray. Adem lagi. Tp after 5-6 bulan bunyinya muncul lagi. Ntu kabel mau ane coba balurin rubber grease.
Pertanyaannya:
- rubber grease aman buat kabel dan cocok nggk ya?

- spion retract perlu dilumasi nggk ya? :big_grin:

cobra grease.





















:ngacir:
Cobra yg mana mbah? Kan byk macemnya tuh. Ada king cobra, ada cobra sawah, dll







:ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

Akhir2 ini spd motor jarang diperhatiin..dipergunakan juga jarang2 krn pandemi gini kmn2 pake mobil krn ngerasa lebih safe...
===
Keinget sprtinya coolant radiator honda vario 150 ane blm diganti lg sekitar 3 tahun.. (umur motor 5 tahun dari baru)..Cek kampas rem depan-blkg dah tipis pula..
===
Akhirnya ane nggowes ke bengkel kecil terdekat buat beli coolant honda, disc pad depan, sm busi NGK standar (berdayakan ekonomi sekitar :mky_02: )
===
Gowes2....
IMG_20200912_155418.jpg
IMG_20200912_155335.jpg
Beli coolantnya dibengkel terpisah krn bengkel pertama kehabisan coolant.. bikin pegel gowes aja :big_bored:

===

Krn dah capek gowes yg dikerjain kuras radiator dulu, yg lain besok aja :upss:

Nahh perlengkapan yg dibutuhin sbb:
IMG_20200912_152749.jpg
Adanya cuma ini :mky_01:
1. Gelas penampungan
2. Corong
3. Obeng PH2
4. Ratchet (1/4, 3/8, 1/2) Ini kepake semua karena 1/4 untuk area sempit, 3/8 buat tutup radiator, 1/2 buat baut drain)
5. Kunci socket 8 mm , 10 mm
6 Socket extension 3/8 panjang 2" dan 5" + adaptor 3/8 ke 1/4
7. Torx socket
8. Coolant AHM

Skip-skip====

Pertama buka dlu cover radiator pkai socket 8 mm + cover tabung reservoir pkai obeng..
IMG_20200912_152956.jpg
Nah ntr keliatan tuh baut drain dibawah radiator, bukanya pake kunci torx..
IMG_20200912_153054.jpg
Yg dipakai ukuran T40
IMG_20200912_153143.jpg
Kemudian tutup radiatornya sprti ini..bukanya pakai socket 10 mm
IMG_20200912_153410.jpg
IMG_20200912_153640.jpg
===

Yaudah tinggal di buang coolant lamanya deh :big_grin:
IMG_20200912_153759.jpg
IMG_20200912_153836.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11072
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Sat Sep 12, 2020 9:53

sangat cocok untuk rantai kereta angin anda...


20200912_165653.jpg




*ratchet-è blesak kang.... luwih apik kenmaster.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

Continued..... :ngacir:

Jangan lupa dibuka sekalian baut drain yg di blok mesin..pakai socket 10mm dan extension krn cukup dalam, bisa kelihatan kalau dari sisi kiri
IMG_20200912_152833.jpg
Ini coolant lama
IMG_20200912_153918.jpg
Bilas pertama hasilnya ini
IMG_20200912_154052.jpg
Bilas kedua hasilnya ini
IMG_20200912_154207.jpg
Dua kali bilas aja krn udah males nungguin tiap bilas musti idling 5 menit dan rasanya udah cukupan :big_biglaugh:
Habis itu ane tuang coolant AHMnya
IMG_20200912_154319.jpg
Idling 5 menit.. tunggu ademan.. tambah coolant lagi sedikit sm isi reservoir smpe batas upper...

Pasang cover2 kembali...

Done..

maap lagi gabut :mky_01:




Kabur :ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Sat Sep 12, 2020 10:00
yanuarra wrote: Sat Sep 12, 2020 9:53

sangat cocok untuk rantai kereta angin anda...



20200912_165653.jpg





*ratchet-è blesak kang.... luwih apik kenmaster.
Larang beli regane kuen kang? Ana ceramic-ceramic mengkonon :big_grin:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11072
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Sat Sep 12, 2020 10:27

Larang beli regane kuen kang? Ana ceramic-ceramic mengkonon :big_grin:

beli.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Sat Sep 12, 2020 13:07
yanuarra wrote: Sat Sep 12, 2020 10:27

Larang beli regane kuen kang? Ana ceramic-ceramic mengkonon :big_grin:

beli.
Sekien sih rante e uwis dipai fastron gold 5w-30
Ambiran mlayune banter



:ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11072
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Sat Sep 12, 2020 13:19

Sekien sih rante e uwis dipai fastron gold 5w-30
Ambiran mlayune banter



:ngacir:

rante dikasih oli = lengket.
rante lengket = nyimpen debu.
nyimpen debu = efeknya kaya diamplas.
gampang putus kang....

mending dibersihin pake degreaser trus dilap sampe kering, abis itu kalo gaada chain lube ya kasih penetrant anti rust aja disemprot rata. diemin 5 menitan abis itu dilap sampe kering.
pake chain lube juga musti dilap sampe kering luarnya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

mantep om ... bersih juga coolant lama nya ya.

ane bentar lg 9 bulan amsoil di gk nih, tp baru 5k, sayang jg ya wkwkwkwk
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Sat Sep 12, 2020 13:27
yanuarra wrote: Sat Sep 12, 2020 13:19

Sekien sih rante e uwis dipai fastron gold 5w-30
Ambiran mlayune banter



:ngacir:

rante dikasih oli = lengket.
rante lengket = nyimpen debu.
nyimpen debu = efeknya kaya diamplas.
gampang putus kang....

mending dibersihin pake degreaser trus dilap sampe kering, abis itu kalo gaada chain lube ya kasih penetrant anti rust aja disemprot rata. diemin 5 menitan abis itu dilap sampe kering.
pake chain lube juga musti dilap sampe kering luarnya.
Lha iya mbah nembe kelingan :big_biglaugh:
Soale chain lube entek..penetran anti rust pada bae entek...ywis ana sisa fastron gold jd dinggo :big_grin:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Sat Sep 12, 2020 13:40 mantep om ... bersih juga coolant lama nya ya.

ane bentar lg 9 bulan amsoil di gk nih, tp baru 5k, sayang jg ya wkwkwkwk
Iya bener om masi bersih...

Yaudah tunggu 12 bulan aja klo gitu om :weekk:

Btw ane jg amsoil tuang 28 december 2019. Brti sama dong mau 9 bulan :wkkk:
Tp udah 9.3k... gara2 bulan kmren 2x PP jkt-jatim totalnya ada kali 3.5k.. PPnya juga jarak berdekatan.. masih pake oli yg sama...blm diganti.. gaya nyetir jg mirip ky kopaja kejar setoran.. Nah skrg masih enak.. Cek deepstick jg masih di batas up. Mntep bener amsoil nih
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: Sat Sep 12, 2020 14:14
sy ganti di januari belasan om. memang ada harga ada kualitas ya. enak bgt emang itu oli. pernah pakai q8 om? enak mana mnrt om?
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Sat Sep 12, 2020 14:22
yanuarra wrote: Sat Sep 12, 2020 14:14
sy ganti di januari belasan om. memang ada harga ada kualitas ya. enak bgt emang itu oli. pernah pakai q8 om? enak mana mnrt om?
Blm pernah pake sih om.. cm rasanya masih megang ams :mky_01:
Klo Q8 kayanya review positifnya di olinya yg kelas atas.. nggk hapal jg sy namanya.. Q8 special apa gitu wakakak..
Tp klo amsoil reviewnya positif di semua lini olinya ya.. yg MCO jg byk yg seneng..ky sebangsa 250cc gitu byk yg pake amsoil..

Tp boleh dicoba deh ntr ini Q8.. etapi PTT masih ada 8 liter :big_think:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11072
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Sep 12, 2020 14:22

sy ganti di januari belasan om. memang ada harga ada kualitas ya. enak bgt emang itu oli. pernah pakai q8 om? enak mana mnrt om?

ngga minat coba top 1 mbah?














:ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sat Sep 12, 2020 14:57
Omnibus wrote: Sat Sep 12, 2020 14:22

sy ganti di januari belasan om. memang ada harga ada kualitas ya. enak bgt emang itu oli. pernah pakai q8 om? enak mana mnrt om?

ngga minat coba top 1 mbah?














:ngacir:
udah pernah thn 94 sy pakai itu di twincam. 20w50. dibilangnya bagus bisa tahan 5000 km. lawannya prima xp cuma 3000 km.

warna ijo, bau kaya remason, kaleng musti dibolongin pake obeng digetok.

masa2 jahiliyah ...






:ngacir:

*tp jaman itu sy udah diy pake wrench diamond. seragam putih biru celana pendek wkwkwkwk