Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, artoodetoo

Post Reply
kendibocor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2014

Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by kendibocor »

Om2 sekalian, barusan mazda 2 saya tiba2 seperti error. Seinnya kedip sangat cepat, mobil ga bisa stater, sempat lampu utama juga nyala seperti lampu sein. Kira2 kenapa ya? Kelistrikan yg diganti cuma lampu kabin jd led putih, sisanya standar. Kondisi aki memang sudah lemah tapi sampai kemarin dipakai stater mobil masih lancar. Besok mau dibawa ke beres, cuman takut malam ini korslet dan kebakar saja. Thanks

[youtube]https://youtu.be/8B6QIQ8moDY[/youtube]

User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1316
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by Pugman »

kendibocor wrote:
29 Jul 2020, 20:07
Om2 sekalian, barusan mazda 2 saya tiba2 seperti error. Seinnya kedip sangat cepat, mobil ga bisa stater, sempat lampu utama juga nyala seperti lampu sein. Kira2 kenapa ya? Kelistrikan yg diganti cuma lampu kabin jd led putih, sisanya standar. Kondisi aki memang sudah lemah tapi sampai kemarin dipakai stater mobil masih lancar. Besok mau dibawa ke beres, cuman takut malam ini korslet dan kebakar saja. Thanks

[youtube]https://youtu.be/8B6QIQ8moDY[/youtube]
Bantu nampilin



Biasanya ada salah satu sein yang mati, karena beban ke flasher berkurang. Tapi kalau lampu depan kedip juga biasanya ada error, menurut saya bukan konslet. Entah aki mulai soak atau system charging bermasalah.
Lihat buku manual, ada ga error code dari sein flashing.

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1985
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by Omnibus »

Kondisi begitu pas mesin nyala atau mati?

buat aki check aja tegangan aki berapa volt pakai multimeter. patokan 12.6V ketika mesin mati.

kendibocor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2014

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by kendibocor »

Pugman wrote:
29 Jul 2020, 20:35
kendibocor wrote:
29 Jul 2020, 20:07
Om2 sekalian, barusan mazda 2 saya tiba2 seperti error. Seinnya kedip sangat cepat, mobil ga bisa stater, sempat lampu utama juga nyala seperti lampu sein. Kira2 kenapa ya? Kelistrikan yg diganti cuma lampu kabin jd led putih, sisanya standar. Kondisi aki memang sudah lemah tapi sampai kemarin dipakai stater mobil masih lancar. Besok mau dibawa ke beres, cuman takut malam ini korslet dan kebakar saja. Thanks

[youtube]https://youtu.be/8B6QIQ8moDY[/youtube]
Bantu nampilin



Biasanya ada salah satu sein yang mati, karena beban ke flasher berkurang. Tapi kalau lampu depan kedip juga biasanya ada error, menurut saya bukan konslet. Entah aki mulai soak atau system charging bermasalah.
Lihat buku manual, ada ga error code dari sein flashing.
Makasih om. Di mzd nya emang nyala peringatan battery aja. Waktu maret service di beres juga sudah nyala peringatannya. Orng beres hanya bilang aki sudah mulai lemah. Tapi masih bisa brp bulan lagi. Apa berarti ganti aki dlu aja ya om? Rada serem juga selama ini saya pakai mobil selalu aki sampe habis tp ga pernah ada kejadian gini. Thanks om
Omnibus wrote:
29 Jul 2020, 20:48
Kondisi begitu pas mesin nyala atau mati?

buat aki check aja tegangan aki berapa volt pakai multimeter. patokan 12.6V ketika mesin mati.
ini pas mesin mati om, tiba2 aja kaya gini. Sekarang kondisi mobil ga bisa di stater. Tp lampu2 segala uda ga ada yg error lg sih. Makasih om. Tapi memang sepertinya sudah waktunya ganti aki sih. Saya coba ganti aki dlu saja apa ya?

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1985
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by Omnibus »

kendibocor wrote:
29 Jul 2020, 21:09
Omnibus wrote:
29 Jul 2020, 20:48
Kondisi begitu pas mesin nyala atau mati?

buat aki check aja tegangan aki berapa volt pakai multimeter. patokan 12.6V ketika mesin mati.
ini pas mesin mati om, tiba2 aja kaya gini. Sekarang kondisi mobil ga bisa di stater. Tp lampu2 segala uda ga ada yg error lg sih. Makasih om. Tapi memang sepertinya sudah waktunya ganti aki sih. Saya coba ganti aki dlu saja apa ya?
ok kalau memang yakin akinya drop, kalau gitu jangan coba2 distarter lagi krn bisa membuat control module (ecm, tcm, bcm, abs, eps) atau komponen elektrikal jadi rusak krn under voltage. dinyalain kontak ON juga jangan. sampai akinya diganti.

sebetulnya penasaran sih itu aki voltase nya brp skrg.

kendibocor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2014

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by kendibocor »

Omnibus wrote:
29 Jul 2020, 21:27
kendibocor wrote:
29 Jul 2020, 21:09
Omnibus wrote:
29 Jul 2020, 20:48
Kondisi begitu pas mesin nyala atau mati?

buat aki check aja tegangan aki berapa volt pakai multimeter. patokan 12.6V ketika mesin mati.
ini pas mesin mati om, tiba2 aja kaya gini. Sekarang kondisi mobil ga bisa di stater. Tp lampu2 segala uda ga ada yg error lg sih. Makasih om. Tapi memang sepertinya sudah waktunya ganti aki sih. Saya coba ganti aki dlu saja apa ya?
ok kalau memang yakin akinya drop, kalau gitu jangan coba2 distarter lagi krn bisa membuat control module (ecm, tcm, bcm, abs, eps) atau komponen elektrikal jadi rusak krn under voltage. dinyalain kontak ON juga jangan. sampai akinya diganti.

sebetulnya penasaran sih itu aki voltase nya brp skrg.
Iya om sekarang ga berani nyalain dlu. Untungnya mobil dirumah ga lagi dipakai. Besok si rencana mau ke beres dlu nanya kira2 masalah kenapa, kalo memang karena aki paling nanti panggil aki yg anter jemput deh. Yg satu takutin cuman korslet aja. Sebab ga umum banget lampu sein bisa sampai begitu. Makasih om

User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1469
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by Suryaputra »

klo dah pernah dibilang beres; aki dah drop, ya udh call aja shop and drive untuk beli aki baru.
Mazda gak masalah kan ganti aki di luar beres ?

harga aki gak seberapa, jgn tunda lagi, drpd harus ganti atau resiko rusak electrical module lain nya.
*Colek Me if I'm Wrong

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by josomba »

Just saran aja om ... ganti aki kalau shop n drive, akan ditawari panasonic Q85 yg harganya >2.5 juta (seinget saya mepet 3 juta) alias mirip harga beres..

Alternatip bisa pake Amaron atau Globatt atau merk lain yg tipenya 90D23L dan yg CCA-nya >600 (atau tertulis i-stop ready/capable/compatible). Rentang harganya 1.4 - 2 juta.
Image

User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1469
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by Suryaputra »

josomba wrote:
30 Jul 2020, 10:24
Just saran aja om ... ganti aki kalau shop n drive, akan ditawari panasonic Q85 yg harganya >2.5 juta (seinget saya mepet 3 juta) alias mirip harga beres..

Alternatip bisa pake Amaron atau Globatt atau merk lain yg tipenya 90D23L dan yg CCA-nya >600 (atau tertulis i-stop ready/capable/compatible). Rentang harganya 1.4 - 2 juta.
mobil jepang rasa eropah :mky_01:
*Colek Me if I'm Wrong

User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 607
Joined: 30 Oct 2011, 18:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by iwidiyanto »

kedip kenceng malah kaya sein bus2 malam yg ngebut2 itu.

User avatar
anadzir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by anadzir »

Kalau pada saat maret di vonis aki lemah dan dipaksa sampai sekarang ya yang bermasalah pasti di aki om.
Mobil jaman sekarang memang bergantung banget sama aki, karena modul-modul elektroniknya banyak.
Kemarin scross juga begitu, aki lemah gaada tanda apa apa, pas di start susah, berbagai macem error muncul di MID, dan HU kedap kedip layarnya. Di jumper pakai aki lain nyala, tapi EPS lama lama berat kemudian mesin brebet dan akhirnya mati padahal cuma berjarak beberapa meter. Setelah ganti aki, gaada problem sama sekali.

Coba check akinya di SnD dan ganti akinya sesuai dengan spesifikasi mobilnya. Di SnD ada alat cek pengisian aki juga, jadi pengecekan kondisi kelistrikan bisa menyeluruh.

User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 459
Joined: 19 Dec 2015, 23:14

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by Volk »

Wah..untung ganti aki nya pas masih lemah² duluan..belum mau mati kaya gitu..belajar ni dr pengalaman supaya jangan sampe kaya gt.semoga lancar y ga ada apa² m2 nya
M2 DJ BLACK

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by josomba »

Suryaputra wrote:
30 Jul 2020, 10:27
josomba wrote:
30 Jul 2020, 10:24
Just saran aja om ... ganti aki kalau shop n drive, akan ditawari panasonic Q85 yg harganya >2.5 juta (seinget saya mepet 3 juta) alias mirip harga beres..

Alternatip bisa pake Amaron atau Globatt atau merk lain yg tipenya 90D23L dan yg CCA-nya >600 (atau tertulis i-stop ready/capable/compatible). Rentang harganya 1.4 - 2 juta.
mobil jepang rasa eropah :mky_01:
:ungg:

Untung kaki2 masih ada merk 555 :big_biglaugh:
Image

User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1469
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by Suryaputra »

josomba wrote:
30 Jul 2020, 14:03
Suryaputra wrote:
30 Jul 2020, 10:27
josomba wrote:
30 Jul 2020, 10:24
Just saran aja om ... ganti aki kalau shop n drive, akan ditawari panasonic Q85 yg harganya >2.5 juta (seinget saya mepet 3 juta) alias mirip harga beres..

Alternatip bisa pake Amaron atau Globatt atau merk lain yg tipenya 90D23L dan yg CCA-nya >600 (atau tertulis i-stop ready/capable/compatible). Rentang harganya 1.4 - 2 juta.
mobil jepang rasa eropah :mky_01:
:ungg:

Untung kaki2 masih ada merk 555 :big_biglaugh:
merk legend di dunia perkakian :big_biglaugh:
*Colek Me if I'm Wrong

kendibocor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2014

Re: Mazda 2 sein kedip sangat cepat

Post by kendibocor »

Update..
Kemarin ke beres menurut SA ganti aki dlu saja baru discan problemnya dimana. Di quote harga kurang lebih 3,7 jt sama reset indikator kalo ada masalah. Akhirnya ganti amar*n sesuai yg memang buat istop. Kena harga 1,4an. Sampai sejauh ini setelah ganti aki tidak ada masalah seperti sebelumnya. Saya kaget juga karena sudah pernah pakai berbagai merk sampe eropa tapi baru kali ini aki lemah/mati tapi ada gejala seperti itu. Selama ini mobil lain gejala cuma stater aja yg makin hari makin susah. Thanks kawan2 atas atensi dan infonya.

Post Reply