MPV kisaran 200 jt an

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

fajarprie021
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 27 Jul 2007, 13:45

MPV kisaran 200 jt an

Post by fajarprie021 »

Mohon sarannya MPV 200 jt an,

sebelumnya pakai grand livina HWS 2011, sudah mulai kekecilan soalnya anak udah 3, pgn punya yg legaan, karena anak2 sudah mulai tinggi2,

pgnnya Innova diesel recommended tahun brp ya? pertimbangannya :
1. pajak tahunan terjangkau
2. Model tidak terlalu lama
3. bau asapnya mengganggu banget ga ya?saudara ada yg punya ertiga diesel, bau asapnya lumayan berasa

mohon sarannya

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3005
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by sintoni »

Tahun sih ga terllau pengaruh om, takutnya berpatokan ke tahun pemmbuatan tapi odo sudah tinggi atau kurang terawat. Ini mobil badak sih, yang penting spare 10 juta buat ganti fluida dll.

Kalau ane saranin cari yang V sekalian, soalnya peredaman beda sama yg G.

Innova 2012 non progresif mungkin di angka 3.5 mungkin ya? Atau paling mahal 4 jt.

fajarprie021
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 27 Jul 2007, 13:45

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by fajarprie021 »

buat asapnya gmn ya?di kompleks kl asapnya bau nyengat banget ga enak sm tetangga, ada saran buat nguranginnya?

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by Suryaputra »

fajarprie021 wrote: ↑
26 Jun 2020, 10:17
buat asapnya gmn ya?di kompleks kl asapnya bau nyengat banget ga enak sm tetangga, ada saran buat nguranginnya?
pilihan tepat om.
karena warga SM udh pasti saranin MPV sejuta umat dgn ketangguhan superr ya ipah diesel :big_biglaugh:

pk pertamina dex aja om, biar gak terlalu nyengat.
hahahhaaha.
*Colek Me if I'm Wrong

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1609
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by nyotnyet »

Pilihannya udah bener sih ipah diesel...2012 an kali ya dapet, sekalian ambil type V om.
Kalo bau asap kayanya ga terlalu yah, kecuali om super sensitif atau pas di belakang mobil persis.
Ini mobil bisa dipake lama banget, saya pake 9 taun sampe akhirnya bosan melanda, kita yg bosan duluan ke mobilnya hahahaha.
Selama 9 tahun minim maintenance, kecuali waktunya ganti oli dan kuras atf, lumayan bunyi harganya tergantung oli yg dipakai juga sih.
Perhatikan posisi duduk jok depan misal ada rencana dipake road trip, mayan capek, kalau ada budget bisa tuker ke punya reborn, Plug n Play
Tgl remap cus deh hahaha

stay calm and drive D4D

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2670
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by martinnn »

Innova Bensin aja kalau gak biasa bau solar
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by Suryaputra »

nyotnyet wrote: ↑
26 Jun 2020, 10:35
Pilihannya udah bener sih ipah diesel...2012 an kali ya dapet, sekalian ambil type V om.
Kalo bau asap kayanya ga terlalu yah, kecuali om super sensitif atau pas di belakang mobil persis.
Ini mobil bisa dipake lama banget, saya pake 9 taun sampe akhirnya bosan melanda, kita yg bosan duluan ke mobilnya hahahaha.
Selama 9 tahun minim maintenance, kecuali waktunya ganti oli dan kuras atf, lumayan bunyi harganya tergantung oli yg dipakai juga sih.
Perhatikan posisi duduk jok depan misal ada rencana dipake road trip, mayan capek, kalau ada budget bisa tuker ke punya reborn, Plug n Play
Tgl remap cus deh hahaha
dl sy pakai ipah, sy beli bantal kecil buat bayi, ganjel di blkg pinggang,
ya mayan ngurangin pegel nya lah :big_biglaugh:
*Colek Me if I'm Wrong

User avatar
pendoli
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 536
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by pendoli »

Nav1 seken kembaliannya banyak 😬 delica jugaa

Kaleng
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 514
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: New Megapro
Contact:

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by Kaleng »

kalau soal bau, setiap kali ada kenalan yang singgah berhenti depan rumah tanpa matiin inova dieselnya, lgsg kecium masuk rumah. paling parah yang pakai turbo timer, sdh dimatiin beberapa menit masih ngebul terus. kebetulan kenalan semua isinya pakai biosolar, gak tau kalau pertadex beda gak.

pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1035
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by pengendiesel »

Ada 2kd di rumah. Kalau ngomong bau di udara bebas sih minim banget.
Yang gak enak itu kalau moncong knalpot mengarah ke dalam rumah, baru baunya mengganggu

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18001
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by DOHC »

200 jt an nya ini 200 nambah sikit atau bsa ampe 20-30an ?

200an lebi dikit itu bsa dapet anki reborn bensin manual, 220-230an ud mepet2 dapet anki reborn bensin matic, 240-250an ud pasti dapet anki reborn bensin matic

Bau pas cold start ad cuman ga selebay ipah bensin sblom nya, suara dan getaran mesin lebi alus

Bentuk jauhh lebi fresh dbanding ipah lama yg ud super jadul, bensin suprisingly jauhh lebi irit dbanding ipah bensin jadul, kursi ud lebi proper desain nya. Model baru jg otomatis masi blom basi ampe 10 taon kedepan dbanding ipah jadul

Pajak kisaran 5 jutaan non progresif jakarta
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 895
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by krniawnhdr »

kalo pake anki reborn, masalah nggak dengan konsumsinya?
soalnya sebelumnya pake livina..
kalo pake anki diesel, budgetnya 200 annya itu sampe ke angka 280 ngga om? hehe
kalo sampe, sikat aja anki diesel sekalian.
kalo ngga mau bau asap diesel, siap ngga om ngga isi biosolar, tapi diisi pertadex? which is 2x nya harga biosolar.
kalo siap, sikaaatt...

User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: 08 Dec 2012, 17:14

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by Harchi »

Dari grand livina pindah ke innova diesel (asumsi ane, blm yg reborn harga segini), ga signifikan berubah kelegaan kabinnya, walaupun body nya emang bongsor, mgkn karena sasisnya yg banyak makan tempat. Jadi klo bisa sekalian ke yg reborn sih, agak legaan kabinnya, cuman yg diesel masih tinggi sih harganya. Asepnya sih bau ya. Klo anti mobil diesel ga usah ambil innova kayaknya, mending ke nav1 atau previa
If you can't stop thinking about it...buy it!!!

Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2150
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: Xpander

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by Pboyz97 »

Budget segitu dapet yg model GNKI 2011-2012, mesin dan transmisi sama aja sampe FL terakhir 2015 (sblm ANKI) , cari yg V diesel matic, karena kalo tipe V sudah dual airbag dan ABS + kalo matic torsinya lebih gede daripada yg manual, sedangkan tipe G blm ABS. Kalo bau asep ya gak begitu menganggu ya buat saya. Cuma kalo om TS udah alergi sm bau asepnya ertiga diesel, mending avoid innova gen 1, karena bau asepnya cukup berasa dibanding ertiga diesel. Kalu mau ke ANKI reborn sekalian, suara mesin dan bau asepnya jauh lebih baik daripada innova gen sblmnya, cuma kok kalo yg diesel, apalagi matic, overbudget ya, rata2 RV nya masih nahan semua. Tapi kalo bensin, keknya nambah dikit ke 220-230 udh dapet ANKI Reborn G bensin AT 2016. Kalo mau innova bensin lama, bisa dapet v bensin at 2015 model dono

Cuma kalo ga masalah sm konsumsi BBM, ANKI reborn bensin cukup oke kok, bantingan jauh lebih empuk dan lebih nyaman daripada innova gen sblmnya, cuma kalo dibanding livina sih, masih lebih nyaman livina. Cuma kalo secara kelegaan kabin, cukup meningkat kalo dari livina

Kalo alergi sm mobil diesel, dan pengen mobil yg lega. Bisa lirik serena c26 2013, harusnya udh biasa melihara livina, gak masalah lah ya melihara serena, upgrade secara kenyamanan, bantingan suspensi, fitur, dan kelegaan kabin, minusnya cuma driving feelnya aja yg gak begitu enak kalo disetir sendiri, lebih enak disupirin hehehe. Kalo alternatif, lain, bisa lirik NAV 1 V 2014-2015 atau mazda biante 2015 yg model sky
4A91 4AT / 2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / 1.5 2NR-FE CVT

quyquy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by quyquy »

Sudah pernah nyoba masuk ke All New Ertiga atau Xpander?

IMHO interiornya lebih luas ketimbang grand livina..
Ane tahu Grand Livina itu gak luas, ntah kenapa lebarnya cenderung sempit. Trs bagasinya kalau jok baris ketiga tegak itu sempit, beda sama xpander/new ertiga yg msh lebih oke bagasinya.

Cobain dulu deh. Kalo acceptable, mending ambil itu All New Ertiga / Xpander daripada innova (atau mobil kelas 2000cc lainnya) yg ketuaan.

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18001
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by DOHC »

Pboyz97 wrote: ↑
26 Jun 2020, 22:19


Cuma kalo ga masalah sm konsumsi BBM, ANKI reborn bensin cukup oke kok, bantingan jauh lebih empuk dan lebih nyaman daripada innova gen sblmnya, cuma kalo dibanding livina sih, masih lebih nyaman livina. Cuma kalo secara kelegaan kabin, cukup meningkat kalo dari livina

Wahh kl soal bantingan, nyaman pas jalan jelek dsb sehhh old atau all new grand lvina sehh ga ad ampas2 nya lawan reborn, bantingan reborn itu lebi mantep, kursi lebi tebel, suspensi lebi proper...

Satu2 nya yg bsa lipina menang cuman dr setir yg lebi enteng dan presisi ama dimensi yg lebi ramah buat supir


Laen crita all new livina / ecpander, itu baru laen crita deh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

fajarprie021
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 27 Jul 2007, 13:45

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by fajarprie021 »

quyquy wrote: ↑
27 Jun 2020, 07:45
Sudah pernah nyoba masuk ke All New Ertiga atau Xpander?

IMHO interiornya lebih luas ketimbang grand livina..
Ane tahu Grand Livina itu gak luas, ntah kenapa lebarnya cenderung sempit. Trs bagasinya kalau jok baris ketiga tegak itu sempit, beda sama xpander/new ertiga yg msh lebih oke bagasinya.

Cobain dulu deh. Kalo acceptable, mending ambil itu All New Ertiga / Xpander daripada innova (atau mobil kelas 2000cc lainnya) yg ketuaan.
ertiga juta agak kurang kuas, saudara pakai ertiga diesel, mertua ada new Rush, tp bantingan sm row ketiga lmyn sempit....berasa lbh luas Innova?

expander / new GL ky nya dimensi nya sama ky Rush .....

Innova reborn panjangnya berapa ya? garasi rada mentok panjangnya, terpaksa bongkar pagar kl nabung ke Innnova

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1609
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by nyotnyet »

quyquy wrote:Sudah pernah nyoba masuk ke All New Ertiga atau Xpander?

IMHO interiornya lebih luas ketimbang grand livina..
Ane tahu Grand Livina itu gak luas, ntah kenapa lebarnya cenderung sempit. Trs bagasinya kalau jok baris ketiga tegak itu sempit, beda sama xpander/new ertiga yg msh lebih oke bagasinya.

Cobain dulu deh. Kalo acceptable, mending ambil itu All New Ertiga / Xpander daripada innova (atau mobil kelas 2000cc lainnya) yg ketuaan.
All new ertiga papa saya ada pake buat harian, ganti dari old GL, kata dia masih enak bawa GL sih, ya iya sih beda kelas, cuma saya pernah bawa old Ertiga pindah ke ANE sih lumayan berasa improvementnya, buat harian sih udah lebih dari cukup imho ya

stay calm and drive D4D

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18001
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by DOHC »

Kl garasi pas2an, coret ipah dehh..

Ipah lama ama lipina aj lmayan beda nya, yg reborn lebi panjang lg dr ipah lama
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2150
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: Xpander

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by Pboyz97 »

DOHC wrote: ↑
27 Jun 2020, 11:33
Pboyz97 wrote: ↑
26 Jun 2020, 22:19


Cuma kalo ga masalah sm konsumsi BBM, ANKI reborn bensin cukup oke kok, bantingan jauh lebih empuk dan lebih nyaman daripada innova gen sblmnya, cuma kalo dibanding livina sih, masih lebih nyaman livina. Cuma kalo secara kelegaan kabin, cukup meningkat kalo dari livina

Wahh kl soal bantingan, nyaman pas jalan jelek dsb sehhh old atau all new grand lvina sehh ga ad ampas2 nya lawan reborn, bantingan reborn itu lebi mantep, kursi lebi tebel, suspensi lebi proper...

Satu2 nya yg bsa lipina menang cuman dr setir yg lebi enteng dan presisi ama dimensi yg lebi ramah buat supir


Laen crita all new livina / ecpander, itu baru laen crita deh
Wah, baru tau saya, kalo ANKI reborn bantingannya mantep kalo dibanding OGL wkwkwk. Kalo rasa nyetir presisi, emg OGL lebih unggul, karena setir OGL jg lebih enteng daripada ANKI reborn
4A91 4AT / 2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / 1.5 2NR-FE CVT

thirdstar7
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 265
Joined: 13 Sep 2018, 21:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by thirdstar7 »

saran mending cari livina facelift/xpander aja om kl budget 200jt pas, mobil ini kalo lega lebih lega dibandingkan rush baru/ertiga lama kok.
mumpung lg covid, cr mobil second livina facelif yg tertinggi 200jt dapet loh skrg.
warranty? masih dapat sampe 50rb km
harga depresiasi lg lumayan kenceng, dibanding beli baru 270jt an.
ntar kalo covid dah ilang, bakal balik normal lg harga mobil secondnya.
skrg kesempatan sih om, kl cari mobil diskon bnyk
Screenshot_2020-06-27-19-41-59-693_com.app.tokobagus.betterb.jpg
Screenshot_2020-06-27-19-41-59-693_com.app.tokobagus.betterb.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Clonz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by Clonz »

fajarprie021 wrote:
quyquy wrote: ↑
27 Jun 2020, 07:45
Sudah pernah nyoba masuk ke All New Ertiga atau Xpander?

IMHO interiornya lebih luas ketimbang grand livina..
Ane tahu Grand Livina itu gak luas, ntah kenapa lebarnya cenderung sempit. Trs bagasinya kalau jok baris ketiga tegak itu sempit, beda sama xpander/new ertiga yg msh lebih oke bagasinya.

Cobain dulu deh. Kalo acceptable, mending ambil itu All New Ertiga / Xpander daripada innova (atau mobil kelas 2000cc lainnya) yg ketuaan.
ertiga juta agak kurang kuas, saudara pakai ertiga diesel, mertua ada new Rush, tp bantingan sm row ketiga lmyn sempit....berasa lbh luas Innova?

expander / new GL ky nya dimensi nya sama ky Rush .....

Innova reborn panjangnya berapa ya? garasi rada mentok panjangnya, terpaksa bongkar pagar kl nabung ke Innnova
Reborn panjangnya 4740. Garasi saya jg mentok mepet ama anki reborn. Pas vanget depan belakang cuman sisa 5-10cm aja.
Jadi kalau mau buka gerbang musti keluar masuk mobil haha.

Gnki kurang ingat, tp pernah masuk garasi saya jg ngepress. Dengan kata lain, kalau udah consider GNKI, harusnya dimensi ANKI jg masuk kok.

Btw interiornya GNKI menurut saya malah lebih luas drpd ANKI. Mgkn karena jok anki lebih tebel drpd gnki. Dan jg mgkn karena area first row (buat driver dan penumpang samping) di ANKI lebih mewah dikit.

Masalah bau diesel, saya tinggal di perumahan kecil, tp ga sampe kayak di dalam gang sih, bau agak mengganggu waktu manasin mobil, tapi kalau udah jalan sih ga kerasa dan cepet ilangnya (pake ANKI, dan dex lite)

quyquy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by quyquy »

Pboyz97 wrote: ↑
27 Jun 2020, 19:32

Wah, baru tau saya, kalo ANKI reborn bantingannya mantep kalo dibanding OGL wkwkwk. Kalo rasa nyetir presisi, emg OGL lebih unggul, karena setir OGL jg lebih enteng daripada ANKI reborn
(Sedikit OOT)

Yaa itu karena karakter jenis rangka

Rangka ladder vs monokok karakter dijalan keriting => lebih nyaman rangka ladder. Getaran dari jalan selain teredam oleh kaki2 juga teredam dudukan di rangka laddernya. Makanya rangka ladder sebenernya jauh lebih nyaman ketimbang monokok.

Rangka ladder vs monokok karakter presisi berkendara => lebih presisi monokok. Nah urusan presisi dalam nyetir masoh juara monokok.

Nah tinggal mengartikan kata nyaman ini, nyaman dalam hal meredam jalan keriting/jalan makadam atau nyaman dalam hal kepresisian berkendara

Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2150
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: Xpander

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by Pboyz97 »

quyquy wrote: ↑
28 Jun 2020, 09:01
Pboyz97 wrote: ↑
27 Jun 2020, 19:32

Wah, baru tau saya, kalo ANKI reborn bantingannya mantep kalo dibanding OGL wkwkwk. Kalo rasa nyetir presisi, emg OGL lebih unggul, karena setir OGL jg lebih enteng daripada ANKI reborn
(Sedikit OOT)

Yaa itu karena karakter jenis rangka

Rangka ladder vs monokok karakter dijalan keriting => lebih nyaman rangka ladder. Getaran dari jalan selain teredam oleh kaki2 juga teredam dudukan di rangka laddernya. Makanya rangka ladder sebenernya jauh lebih nyaman ketimbang monokok.

Rangka ladder vs monokok karakter presisi berkendara => lebih presisi monokok. Nah urusan presisi dalam nyetir masoh juara monokok.

Nah tinggal mengartikan kata nyaman ini, nyaman dalam hal meredam jalan keriting/jalan makadam atau nyaman dalam hal kepresisian berkendara
Terimakasih om buat pencerahannya
4A91 4AT / 2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / 1.5 2NR-FE CVT

adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 892
Joined: 04 Sep 2014, 09:06

Re: MPV kisaran 200 jt an

Post by adty »

quyquy wrote: ↑
28 Jun 2020, 09:01
Pboyz97 wrote: ↑
27 Jun 2020, 19:32

Wah, baru tau saya, kalo ANKI reborn bantingannya mantep kalo dibanding OGL wkwkwk. Kalo rasa nyetir presisi, emg OGL lebih unggul, karena setir OGL jg lebih enteng daripada ANKI reborn
(Sedikit OOT)

Yaa itu karena karakter jenis rangka

Rangka ladder vs monokok karakter dijalan keriting => lebih nyaman rangka ladder. Getaran dari jalan selain teredam oleh kaki2 juga teredam dudukan di rangka laddernya. Makanya rangka ladder sebenernya jauh lebih nyaman ketimbang monokok.

Rangka ladder vs monokok karakter presisi berkendara => lebih presisi monokok. Nah urusan presisi dalam nyetir masoh juara monokok.

Nah tinggal mengartikan kata nyaman ini, nyaman dalam hal meredam jalan keriting/jalan makadam atau nyaman dalam hal kepresisian berkendara
Nyamannya ladder awal2 sy rasain, enak juga ya. Lewat jalan jelek, poldur, rasanya ya biasa aja ga ada gubrak2. Tp lama kelamaan malah timbul rasa mual, mungkin sy kebiasaan pakai mobil monokok
Penikmat roti tawar beroda

Post Reply