Mobil second toyota etios valco G 2014 MT atau Suzuki splash facelift 2013 AT

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15576
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil second toyota etios valco G 2014 MT atau Suzuki splash facelift 2013 AT

Post by ChZ »

FU27 wrote: Thu Jun 25, 2020 12:11
Harchi wrote: Thu Jun 25, 2020 9:17 Splash at kan? Berarti yg udah facelift nih. Mobile enak ini sekaligus ga mikir pake nya, soalnya tinggi gc nya. Di bali ini mobil laris loh, sodara sepupu jg ada bbrp yg punya ini n ane sering disuruh nyetirin. Recommended sih emang, apalagi harganya anjlok ya, mengejutkan sih, tapi plus nya buat yg mau beli skrg malah diuntungkan. Dibanding etios? Jauh lah, etios berasa kayak lcgc, dibanding mirage yg dipuja2 di SM aja jauh enakan splash lah. Ane agak heran jg knp banyak yg nyaranin mirage, brp kali bawa mobil ini ga enak, mendingan brio, klo numpang enakan march. Takutnya cuman ikut2an tapi ga pernah ngrasain mobilnya langsung
Akhirnya ada yang sependapat. Soalnya saya gak ngerasain enaknya mirage itu apa. Rasa 3 silindernya berasa banget, enakan march 1.2. Pernah coba yang CVT, enakan CVT nya H. Tenaga ya biasa aja. Enak brio kemana2.
ChZ wrote: Thu Jun 25, 2020 3:50
klo liat rata2 user suzuki biasa pake mobil lama emg oom. SX4 lama sering bgt ketemu di jalan tp dikit bgt di situs jual beli.
Mobilnya menyenangkan, dan klo nyimak di group FB Wagon R, rata2 umur 5 tahun keluhannya minor2 aja macam bearing roda. Racksteer malah jarang banget ada keluhan. Apalagi harga parts2nya murah banget. Kampas rem depan SGP aja 100ribu per set. Udah kaya harga kampas rem motor sport.

Klo lihat harga parts di webnya S, ya murah2 memang fast movingnya
Mirage itu dipuji-puji karena fitur. biasa lah, internet petrolheads kalo liat mobil banyak fitur itu suka kagetan. pdhl ya kagak dipake juga. mobil yang sama review luar negri aja sampe sering dibilang avoid at all cost... gw coba mirage ama lcgc aja masih enak lcgc... cm orang uda terlanjur alergi sama cap LCGC... masa 40 kph bodyroll kemana-mana lebih parah dari xenia...

paling menang irit aja... CVT. lainnya masih 4AT... klo ini gw no komplen deh.

apakah standar mobil kita serendah itu sampe mobil yg dihindari ama review luar malah kita puja puji...

wah lucu jg padahal itu ertiga dan SX4 penyakitnya justru racksteer. bused gila jg kampas rem 100 ribuan, murah meriah muntah beneran :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15576
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil second toyota etios valco G 2014 MT atau Suzuki splash facelift 2013 AT

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Thu Jun 25, 2020 12:15

Sebenernya faktor daya beli lebih kuat sih relatif ya Om. Di daerah itu jg banyak kok yg daya beli nya bahkan lebih gede drpd di kota besar. Cuma mungkin masalah tren aja sih, kota besar, logikanya secara tingkat kesejahteraan lebih tinggi. Kebiasaan pake mobil pun berubah, misalnya tiap 5 tahun ganti.

Apalagi kalo di kota-kota besar itu pemakaiannya relatif tinggi. Dr ujung ke ujung kota aja bisa 80 km kali. Jd mungkin ngerasa setelah 5 tahun udah saatnya diremajakan
:mky_01:
owh ya bener juga, di kota kecil jarak relatif pendek-pendek, setaon blm tentu ampe 20-30k. sampe 5 taun mobil masih berasa kayak mobil baru.

di kota gede lebih cepet wear outnya, blm medan perangnya lebih sadis... jd bodinya jg lebih cepet kena sana-sini.
new_shogun wrote: Thu Jun 25, 2020 16:32
Inggaz wrote: Thu Jun 25, 2020 13:54 Vote Suzuki Splash.
Saya sempat pakai Splash MT dan buat Daily Commuter, bbm irit, biaya perawatan So So (karna pakai Oli bagus dan BBM 95), bentuk yg kompak dan tidak buat susah.
Plus:
1. Irit, Irit dan Irit (asal Oktan Min 92)
2. Kecepatan 120kph msh Ok bgt
(Note: Ban dan Suspensi keadaan OK)
3. Practical buat Mobil Perang
4. Suspensi dan Ban OK banget untuk kecepatan diatas 100kph
Minus:
1. Stir Besar dan Berat
2. Ketinggian Pedal Kaki Abnormal
3. Umur Racksteer sekitar 3thn - Daily Use

Overall sih lumayan buat Daily Commuter.
satu minusnya lagi menurut saya suara mesinnya yang agak kasar (besar, mengaum mungkin tepatnya) pada saat mesin stasioner. apalagi waktu pertama kali distater di pagi hari. padahal knalpot & resonator semua standar. pas mesin dinyalain, kaca2 jendela rumah sampai bergetar. ada dua mobil yang saya amati, milik teman dan milik saudara semua begini

:ungg: :ungg: :ungg:
btw iya ada yang mention ketinggian pedal... ane jg ngerasa sples pedal remnya tinggi amet, cepet pegel kalo dibawa macet-macetan lama.

nah iya ada jg yg nyebut suara knalpot... dl pertama dapet kirain punya ane rusak atau mountingnya kena... getarannya kuat bener...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Mobil second toyota etios valco G 2014 MT atau Suzuki splash facelift 2013 AT

Post by adriangaut »

ChZ wrote: Fri Jun 26, 2020 4:24
FU27 wrote: Thu Jun 25, 2020 12:11
Harchi wrote: Thu Jun 25, 2020 9:17 Splash at kan? Berarti yg udah facelift nih. Mobile enak ini sekaligus ga mikir pake nya, soalnya tinggi gc nya. Di bali ini mobil laris loh, sodara sepupu jg ada bbrp yg punya ini n ane sering disuruh nyetirin. Recommended sih emang, apalagi harganya anjlok ya, mengejutkan sih, tapi plus nya buat yg mau beli skrg malah diuntungkan. Dibanding etios? Jauh lah, etios berasa kayak lcgc, dibanding mirage yg dipuja2 di SM aja jauh enakan splash lah. Ane agak heran jg knp banyak yg nyaranin mirage, brp kali bawa mobil ini ga enak, mendingan brio, klo numpang enakan march. Takutnya cuman ikut2an tapi ga pernah ngrasain mobilnya langsung
Akhirnya ada yang sependapat. Soalnya saya gak ngerasain enaknya mirage itu apa. Rasa 3 silindernya berasa banget, enakan march 1.2. Pernah coba yang CVT, enakan CVT nya H. Tenaga ya biasa aja. Enak brio kemana2.
ChZ wrote: Thu Jun 25, 2020 3:50
klo liat rata2 user suzuki biasa pake mobil lama emg oom. SX4 lama sering bgt ketemu di jalan tp dikit bgt di situs jual beli.
Mobilnya menyenangkan, dan klo nyimak di group FB Wagon R, rata2 umur 5 tahun keluhannya minor2 aja macam bearing roda. Racksteer malah jarang banget ada keluhan. Apalagi harga parts2nya murah banget. Kampas rem depan SGP aja 100ribu per set. Udah kaya harga kampas rem motor sport.

Klo lihat harga parts di webnya S, ya murah2 memang fast movingnya
Mirage itu dipuji-puji karena fitur. biasa lah, internet petrolheads kalo liat mobil banyak fitur itu suka kagetan. pdhl ya kagak dipake juga. mobil yang sama review luar negri aja sampe sering dibilang avoid at all cost... gw coba mirage ama lcgc aja masih enak lcgc... cm orang uda terlanjur alergi sama cap LCGC... masa 40 kph bodyroll kemana-mana lebih parah dari xenia...

paling menang irit aja... CVT. lainnya masih 4AT... klo ini gw no komplen deh.

apakah standar mobil kita serendah itu sampe mobil yg dihindari ama review luar malah kita puja puji...

wah lucu jg padahal itu ertiga dan SX4 penyakitnya justru racksteer. bused gila jg kampas rem 100 ribuan, murah meriah muntah beneran :mky_07:
Mungkin ya kalo reviewer luar itu ngetest sambil cruising jadinya yang diliat power, handling, refinement dkk

Kalo di sini review di kota ya kena macet, power sama handling ngga berasa bedanya kalo cruising under 30km/h

Dan yang ditampilin di brosur ya fitur” sih........
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15576
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil second toyota etios valco G 2014 MT atau Suzuki splash facelift 2013 AT

Post by ChZ »

adriangaut wrote: Fri Jun 26, 2020 4:50
Mungkin ya kalo reviewer luar itu ngetest sambil cruising jadinya yang diliat power, handling, refinement dkk

Kalo di sini review di kota ya kena macet, power sama handling ngga berasa bedanya kalo cruising under 30km/h

Dan yang ditampilin di brosur ya fitur” sih........
kalo saya liat krn di luaran standar mobil kecilnya beda ama sini... d sini mirage termasuk yang wah krn ada yang lebih jelek : datsun go... dan di sana ntah kenapa dianggep mahal...

top gear... https://www.topgear.com/car-reviews/mitsubishi/mirage
Expensive, slow, horrid to drive. A mass of metal without sense or relish or ability or anything, really.
buat user yang cm commute sih bakal suka sama iritnya... d indonesia syarat buat jadi mobil bagus itu cuma 2 : irit bensin dan bisa ngisi yang termurah. tertutupi semua kelemahannya.

tp buat yang suka nekuk mobil kayak saya... agak heran aja kirain xenia udah standar mobil yang handlingnya paling buruk... ini pdhl xenia gen 1 vvti loh suspensinya masih yg mental mentul. yg ane heran koq bisa ada mobil yg dibelokin 40 kpj lebih gaje bodyrollnya dari xenia...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Krismawanyudha
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jun 23, 2020 23:17

Re: Mobil second toyota etios valco G 2014 MT atau Suzuki splash facelift 2013 AT

Post by Krismawanyudha »

Karena mayoritas pilih splash,

Mohon sarannya dong, kalau beli splash 2nd, apa aja nih yg harus diperhatikan?
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Mobil second toyota etios valco G 2014 MT atau Suzuki splash facelift 2013 AT

Post by IGedeAmat »

Krismawanyudha wrote: Fri Jun 26, 2020 13:01 Karena mayoritas pilih splash,

Mohon sarannya dong, kalau beli splash 2nd, apa aja nih yg harus diperhatikan?
Rule no.1, logonya harus huruf S,
kalo logonya garpu tala, dijamin rodanya kurang 2...
:big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15576
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil second toyota etios valco G 2014 MT atau Suzuki splash facelift 2013 AT

Post by ChZ »

Krismawanyudha wrote: Fri Jun 26, 2020 13:01 Karena mayoritas pilih splash,

Mohon sarannya dong, kalau beli splash 2nd, apa aja nih yg harus diperhatikan?
kalo kemarin dari pengalaman ngambil ya, ga ribet-ribet amet koq.

servis lengkap ganti oli + tuneup aja.

terus cek remnya, kmrn punya ane kampas remnya rada macet jd bikin nyantol-nyantol gasnya, dan bikin boros jg.

yahh belinya emg ga milih barang sih cukup ngasal makanya dpt jorok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 L12B3 CVT

Re: Mobil second toyota etios valco G 2014 MT atau Suzuki splash facelift 2013 AT

Post by HaykelAdityawarman »

ChZ wrote: Fri Jun 26, 2020 4:24 Mirage itu dipuji-puji karena fitur. biasa lah, internet petrolheads kalo liat mobil banyak fitur itu suka kagetan. pdhl ya kagak dipake juga. mobil yang sama review luar negri aja sampe sering dibilang avoid at all cost... gw coba mirage ama lcgc aja masih enak lcgc... cm orang uda terlanjur alergi sama cap LCGC... masa 40 kph bodyroll kemana-mana lebih parah dari xenia...

paling menang irit aja... CVT. lainnya masih 4AT... klo ini gw no komplen deh.

apakah standar mobil kita serendah itu sampe mobil yg dihindari ama review luar malah kita puja puji...

wah lucu jg padahal itu ertiga dan SX4 penyakitnya justru racksteer. bused gila jg kampas rem 100 ribuan, murah meriah muntah beneran :mky_07:

Salken bro momod sebelumnya, nubi ijin nimbrung di thread ini. Berhubung ane punya pengalaman sama beberapa mobil yang dibahas dimari. Bolehlah ane sebagai nubi di forum ini ikutan sharing.

Currently ane pake Mirage GLX alias versi terbawahnya yang manual sebagai mobil perang ane buat commuting ke kantor 140 KM PP tiap working days (sekarang ga tiap hari krn giliran work from home sama colleague yang lain hehe), beberapa kali pernah nyobain Mirage yang CVT juga.

While memang benar adanya mobil perang ane segitu buruknya dimata reviewer luar (iyalah, pengalaman hire mobil sewaan disana semasa kuliah paling jelek ane pernah dapet Yaris EUDM, kebayang standar disana gimana) ane rasa cukup exaggerating klo Mirage dibilang ga lebih baik dibanding duo Avxen atau LCGC nya daitoyo (ane bikin spesifik dulu disini) dari sisi pengendaliannya. Power ga lebih baik, FC juga, bantingan suspensi juga, handling apalagi. Engga bilang Mirage handlingnya bagus juga sih, cuman klo dibanding Xenia ya masih better lah sikit haha. Mungkin sama kaya bro momod, ane nilai mobil berdasarkan drivability nya dan ga gitu mentingin fitur dan gimmick lainnya.

Jujur, ane belom pernah nyoba nyetir mobil selevel Mirage di Suzuki jadi klo orang bilang lebih enak Ignis/Splash/Karimun lebih baik ya ane manut2 wae hehe. Ane pengalamannya sama LCGC ahond (Brio) sama March, both with Manual and Auto. Boleh sekali lagi ane ngasih impresi ane thd kedua mobil tsb disandingin sama Mirage.

Brio fun to drive banget, lebih powerful, CVT nya juga lebih refined dibanding Mirage. Cuman powerband nya agak diatas, jadi bawanya mesti agak spirited buat nyalip2, sempit dan gaenak bantingannya. Build quality interior sama joknya juga... begitulah. Buat yang berjiwa muda, Brio asik banget sayang klo dipake buat commute sejauh ane, sakitnya di punggung :big_peace:

Sementara March agak kebalikannya Brio menurut ane. Kabinnya lega, bantingannya lumayanlah, handling juga ga selimbung Mirage, tapi mesti sabar sama akselerasinya, lemot banget maticnya :D manualnya better, tapi koplingnya berat dan gear ratio terlalu close dibanding Brio sama Mirage.

Segitu aja dari ane, ane paham sih ada subjectivity dari tiap orang dalam ngerasain mobil, so let’s not take things too seriously :big_blushing:
Others beside the daily:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2015 A03A 3A92 MT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15576
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil second toyota etios valco G 2014 MT atau Suzuki splash facelift 2013 AT

Post by ChZ »

HaykelAdityawarman wrote: Tue Jul 14, 2020 11:39
While memang benar adanya mobil perang ane segitu buruknya dimata reviewer luar (iyalah, pengalaman hire mobil sewaan disana semasa kuliah paling jelek ane pernah dapet Yaris EUDM, kebayang standar disana gimana) ane rasa cukup exaggerating klo Mirage dibilang ga lebih baik dibanding duo Avxen atau LCGC nya daitoyo (ane bikin spesifik dulu disini) dari sisi pengendaliannya. Power ga lebih baik, FC juga, bantingan suspensi juga, handling apalagi. Engga bilang Mirage handlingnya bagus juga sih, cuman klo dibanding Xenia ya masih better lah sikit haha. Mungkin sama kaya bro momod, ane nilai mobil berdasarkan drivability nya dan ga gitu mentingin fitur dan gimmick lainnya.

Segitu aja dari ane, ane paham sih ada subjectivity dari tiap orang dalam ngerasain mobil, so let’s not take things too seriously :big_blushing:
hahaha no pun intended oom... krn ane inget sekali jaman itu kalo gak salah taun 2013 apa 2014 ya... di rumah masih ada xenia 1.3 metik 2011... tau sndiri xenia 1.3 metik handlingnya ya bgitulah...

cm serius ane waktu itu jg cukup bingung juga koq miras chassis flexingnya lebih berasa daripada sebuah xenia... tentu saja ane ga mengada-ada atau bias krn saat itu selisih waktunya masih dalam rentang 24 jam... siang coba miras malem nyetir xenia. apa krn mirasnya shocknya uda lemes ya gtw juga krn semua rasanya normal-normal aja... yg jelas pengalaman dengan miras cukup sekali itu sih, dan not a very pleasant experience...

btw punya oom keluaran taun keluaran 2015 yang uda minor facelift stau ane udah ada upgrade dikit di stabilizer... krn yang ane coba waktu itu keluaran 2013.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 L12B3 CVT

Re: Mobil second toyota etios valco G 2014 MT atau Suzuki splash facelift 2013 AT

Post by HaykelAdityawarman »

ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 14:33
cm serius ane waktu itu jg cukup bingung juga koq miras chassis flexingnya lebih berasa daripada sebuah xenia... tentu saja ane ga mengada-ada atau bias krn saat itu selisih waktunya masih dalam rentang 24 jam... siang coba miras malem nyetir xenia. apa krn mirasnya shocknya uda lemes ya gtw juga krn semua rasanya normal-normal aja... yg jelas pengalaman dengan miras cukup sekali itu sih, dan not a very pleasant experience...

btw punya oom keluaran taun keluaran 2015 yang uda minor facelift stau ane udah ada upgrade dikit di stabilizer... krn yang ane coba waktu itu keluaran 2013.
mengenai minor faceliftnya, kayanya memang yang dibenahi sektor yang signifikan.. dapet info sebelum facelift koplingnya berat, yang punya ane udah enteng banget. Ternyata ada improvement di stability juga.
Others beside the daily:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2015 A03A 3A92 MT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT