Ganti Coolant Radiator

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by dinatara »

Profith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 3:23
Ada yang bilang sebaiknya konsentrat yang 30 persen saja, karena iklim tropis cukup 30 saja tidak mungkin beku airnya.
yang 50 untuk iklim yang bisa beku
justru iklim tropis perlu 30 agar banyak air, air diperlukan untuk pelepasan panas dengan bagus.
Tapi yang 30 jadinya lebih sering ganti, misal 2 thn sekali.

Kalau Toyota yang 50:50 saran ganti berapa thn atau berapa KM?
Kalau Honda yang hijau 30:70 saran ganti berapa thn atau berapa KM?

FYI, Toyota yang 50:50 masih masuk akal hargannya.
Kalau Honda yang 50:50(warna biru) seingat saya 1 liter diatas 100rb. Pakai 4 liter sudah 450 wakaka
Izin up threat lama mbah, penasaran sama statement ini dari dulu.
1. Alasan konsentrat 30 lebih sering diganti kenapa mbah? Klo lebih sering top up kayaknya iya karena penguapannya.
2. Apakah bisa saya berasumsi : mesin2 tahun agak lama yg ber-varnish itu karena karakter mesinnya lebih panas, jadi untuk mengimbanginya kita pakai coolant 30-70 ? Hal ini kejadian di 1NZ saya dan lumrah banyak 1NZ lain ber-varnish (abaikan kemungkinan oli palsu, telat ganti oli dll ya mbah)
Terima kasih
2012 - 1NZFE
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4584
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Profith83 »

dinatara wrote: Mon Feb 28, 2022 10:40
Profith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 3:23
Ada yang bilang sebaiknya konsentrat yang 30 persen saja, karena iklim tropis cukup 30 saja tidak mungkin beku airnya.
yang 50 untuk iklim yang bisa beku
justru iklim tropis perlu 30 agar banyak air, air diperlukan untuk pelepasan panas dengan bagus.
Tapi yang 30 jadinya lebih sering ganti, misal 2 thn sekali.

Kalau Toyota yang 50:50 saran ganti berapa thn atau berapa KM?
Kalau Honda yang hijau 30:70 saran ganti berapa thn atau berapa KM?

FYI, Toyota yang 50:50 masih masuk akal hargannya.
Kalau Honda yang 50:50(warna biru) seingat saya 1 liter diatas 100rb. Pakai 4 liter sudah 450 wakaka
Izin up threat lama mbah, penasaran sama statement ini dari dulu.
1. Alasan konsentrat 30 lebih sering diganti kenapa mbah? Klo lebih sering top up kayaknya iya karena penguapannya.
2. Apakah bisa saya berasumsi : mesin2 tahun agak lama yg ber-varnish itu karena karakter mesinnya lebih panas, jadi untuk mengimbanginya kita pakai coolant 30-70 ? Hal ini kejadian di 1NZ saya dan lumrah banyak 1NZ lain ber-varnish (abaikan kemungkinan oli palsu, telat ganti oli dll ya mbah)
Terima kasih
Maap mbah gak bisa bantu lebih banyak. Saya juga masih ingin tahu kalau bleeding air radiator di Innova diesel.

Yang penting waktu ganti coolant tidak ada angin ke trap, selama ada air radiator penuh harusnya tidak akan membuat overheat atau varnish.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

Profith83 wrote: Mon Feb 28, 2022 14:37
dinatara wrote: Mon Feb 28, 2022 10:40
Profith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 3:23
Ada yang bilang sebaiknya konsentrat yang 30 persen saja, karena iklim tropis cukup 30 saja tidak mungkin beku airnya.
yang 50 untuk iklim yang bisa beku
justru iklim tropis perlu 30 agar banyak air, air diperlukan untuk pelepasan panas dengan bagus.
Tapi yang 30 jadinya lebih sering ganti, misal 2 thn sekali.

Kalau Toyota yang 50:50 saran ganti berapa thn atau berapa KM?
Kalau Honda yang hijau 30:70 saran ganti berapa thn atau berapa KM?

FYI, Toyota yang 50:50 masih masuk akal hargannya.
Kalau Honda yang 50:50(warna biru) seingat saya 1 liter diatas 100rb. Pakai 4 liter sudah 450 wakaka
Izin up threat lama mbah, penasaran sama statement ini dari dulu.
1. Alasan konsentrat 30 lebih sering diganti kenapa mbah? Klo lebih sering top up kayaknya iya karena penguapannya.
2. Apakah bisa saya berasumsi : mesin2 tahun agak lama yg ber-varnish itu karena karakter mesinnya lebih panas, jadi untuk mengimbanginya kita pakai coolant 30-70 ? Hal ini kejadian di 1NZ saya dan lumrah banyak 1NZ lain ber-varnish (abaikan kemungkinan oli palsu, telat ganti oli dll ya mbah)
Terima kasih
Maap mbah gak bisa bantu lebih banyak. Saya juga masih ingin tahu kalau bleeding air radiator di Innova diesel.

Yang penting waktu ganti coolant tidak ada angin ke trap, selama ada air radiator penuh harusnya tidak akan membuat overheat atau varnish.
Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Apalagi klo pakai oli w20, jd serasi.

Krn w20 ngelepas kalornya jg lbh cepat.

pengen coba ini dah klo masuk sini,
https://www.q8oils.com/product/q8-antifreeze-long-life/

wkkwkwwkwk
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by dinatara »

Profith83 wrote: Mon Feb 28, 2022 14:37
Maap mbah gak bisa bantu lebih banyak. Saya juga masih ingin tahu kalau bleeding air radiator di Innova diesel.

Yang penting waktu ganti coolant tidak ada angin ke trap, selama ada air radiator penuh harusnya tidak akan membuat overheat atau varnish.
:big_deal: :big_deal:

Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 14:49 Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Apalagi klo pakai oli w20, jd serasi.

Krn w20 ngelepas kalornya jg lbh cepat.

pengen coba ini dah klo masuk sini,
https://www.q8oils.com/product/q8-antifreeze-long-life/

wkkwkwwkwk
Topup nya banyak gk mbah?
Efek nya pas awal ganti coolant konsentrat 30 gimana mbah? Tertarik bgt nih.
2012 - 1NZFE
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: Tue Mar 01, 2022 1:21
Profith83 wrote: Mon Feb 28, 2022 14:37
Maap mbah gak bisa bantu lebih banyak. Saya juga masih ingin tahu kalau bleeding air radiator di Innova diesel.

Yang penting waktu ganti coolant tidak ada angin ke trap, selama ada air radiator penuh harusnya tidak akan membuat overheat atau varnish.
:big_deal: :big_deal:

Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 14:49 Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Apalagi klo pakai oli w20, jd serasi.

Krn w20 ngelepas kalornya jg lbh cepat.

pengen coba ini dah klo masuk sini,
https://www.q8oils.com/product/q8-antifreeze-long-life/

wkkwkwwkwk
Topup nya banyak gk mbah?
Efek nya pas awal ganti coolant konsentrat 30 gimana mbah? Tertarik bgt nih.
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp

krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km :big_biglaugh:

yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya

dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Mercer29 »

Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 14:49
Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Rate penguapan coolant yang 50/50 gini ini kira" berapa mL atau persen dari total volume sih om? Rata" dalam jangka waktu berapa lama juga?

Dan juga coolant nya nguap dari tabung reservoir atau pada waktu circulate radiator habis dari engine block?

Buku manual selalu mention konsumsi oli tapi ga pernah ada omongan apa" kalo soal coolant level turun :big_think:
2021 W101RE LBVFJ
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

Mercer29 wrote: Tue Mar 01, 2022 9:36
Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 14:49
Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Rate penguapan coolant yang 50/50 gini ini kira" berapa mL atau persen dari total volume sih om? Rata" dalam jangka waktu berapa lama juga?

Dan juga coolant nya nguap dari tabung reservoir atau pada waktu circulate radiator habis dari engine block?

Buku manual selalu mention konsumsi oli tapi ga pernah ada omongan apa" kalo soal coolant level turun :big_think:
ya ini dia, mungkin coolant penguapannya bs lbh diprediksi.
dan terlihat dr tabung reservoir.

beda sm penguapan oli, tergantung dr grade brand olinya juga.
klo pk oli top grade dari brand ternama, malah bisa minim banget penguapan (sesama daily driving).
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by RezPrat »

Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
dinatara wrote: Tue Mar 01, 2022 1:21
Profith83 wrote: Mon Feb 28, 2022 14:37
Maap mbah gak bisa bantu lebih banyak. Saya juga masih ingin tahu kalau bleeding air radiator di Innova diesel.

Yang penting waktu ganti coolant tidak ada angin ke trap, selama ada air radiator penuh harusnya tidak akan membuat overheat atau varnish.
:big_deal: :big_deal:

Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 14:49 Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Apalagi klo pakai oli w20, jd serasi.

Krn w20 ngelepas kalornya jg lbh cepat.

pengen coba ini dah klo masuk sini,
https://www.q8oils.com/product/q8-antifreeze-long-life/

wkkwkwwkwk
Topup nya banyak gk mbah?
Efek nya pas awal ganti coolant konsentrat 30 gimana mbah? Tertarik bgt nih.
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp

krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km :big_biglaugh:

yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya

dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Ganti coolant tiap tahun itu overkill ngga sih? Soalnya ini kan hanya air yg d kasi anti freeze,Anti rust sama additif penaik titik didih. Dia ngga kena combustion. Ane rasa kalo pake yg truely long-life eg: Toyota/branded punya 5 tahun aman deh.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

ac235287 wrote: Tue Mar 01, 2022 14:28
Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
dinatara wrote: Tue Mar 01, 2022 1:21

:big_deal: :big_deal:




Topup nya banyak gk mbah?
Efek nya pas awal ganti coolant konsentrat 30 gimana mbah? Tertarik bgt nih.
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp

krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km :big_biglaugh:

yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya

dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Ganti coolant tiap tahun itu overkill ngga sih? Soalnya ini kan hanya air yg d kasi anti freeze,Anti rust sama additif penaik titik didih. Dia ngga kena combustion. Ane rasa kalo pake yg truely long-life eg: Toyota/branded punya 5 tahun aman deh.
Itungannya gini aja.
Coolant long life honda warna biru itu
4 liter = 400rb an
Umur Max 5 thn.

Coolant biru denso 70/30
4 liter = 100rb an
Sy ganti 1 thn sekali :big_biglaugh:

Jd ya gak overkill juga sebetulnya.
Lagipula ganti sendiri gampang, gak usah ngolong dan ngedongkrak :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by josomba »

ac235287 wrote: Tue Mar 01, 2022 14:28
Ganti coolant tiap tahun itu overkill ngga sih? Soalnya ini kan hanya air yg d kasi anti freeze,Anti rust sama additif penaik titik didih. Dia ngga kena combustion. Ane rasa kalo pake yg truely long-life eg: Toyota/branded punya 5 tahun aman deh.
Kalau long life tulen, sbenernya iya bisa 3-5 tahun. Valvoline yg RTU dan longlife di botol tertulis 3 tahun / 150k KM.

:big_smile]
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26919
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

coolant rutin ganti itu karena aditip anti rust nya yg menurun , apalagi utk enjin2 bahan besi cor, lebi cepet lg deplete nya

kl anti boiling ama freeeze nya mah seumur idup tu cairan ga bakal ilang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by RezPrat »

Wah kalo gitu kayaknya ane 3 tahunan kuras juga lah baiknya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:16 coolant rutin ganti itu karena aditip anti rust nya yg menurun , apalagi utk enjin2 bahan besi cor, lebi cepet lg deplete nya

kl anti boiling ama freeeze nya mah seumur idup tu cairan ga bakal ilang
+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by blloewy »

Suryaputra wrote: Wed Mar 02, 2022 7:31
DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:16 coolant rutin ganti itu karena aditip anti rust nya yg menurun , apalagi utk enjin2 bahan besi cor, lebi cepet lg deplete nya

kl anti boiling ama freeeze nya mah seumur idup tu cairan ga bakal ilang
+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram :ngacir:
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie :big_think:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by josomba »

blloewy wrote: Wed Mar 02, 2022 7:50
Suryaputra wrote: Wed Mar 02, 2022 7:31
DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:16 coolant rutin ganti itu karena aditip anti rust nya yg menurun , apalagi utk enjin2 bahan besi cor, lebi cepet lg deplete nya

kl anti boiling ama freeeze nya mah seumur idup tu cairan ga bakal ilang
+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram :ngacir:
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie :big_think:
Minyak rem turun performa karena kandungan air yg meningkat sih mbah, brake fluid kan higroskopis. hehe.

Kalau brake fluid bonafide, biasa nyantumin boiling point awal dan wet boiling point (biasa 1-2 tahun setelah digunakan asumsinya).
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Wed Mar 02, 2022 7:50
Suryaputra wrote: Wed Mar 02, 2022 7:31
DOHC wrote: Wed Mar 02, 2022 3:16 coolant rutin ganti itu karena aditip anti rust nya yg menurun , apalagi utk enjin2 bahan besi cor, lebi cepet lg deplete nya

kl anti boiling ama freeeze nya mah seumur idup tu cairan ga bakal ilang
+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram :ngacir:
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie :big_think:
mbah blower, yg ketempelan debu minyak remnya apa brake pad nya?

kl ketempelan debu minyak remnya, jangankan minyak rem. body mobil aja ga ada debunya itu mbah josomba punya masda 2. :big_grin:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by josomba »

Omnibus wrote: Wed Mar 02, 2022 8:56
blloewy wrote: Wed Mar 02, 2022 7:50
Suryaputra wrote: Wed Mar 02, 2022 7:31

+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram :ngacir:
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie :big_think:
mbah blower, yg ketempelan debu minyak remnya apa brake pad nya?

kl ketempelan debu minyak remnya, jangankan minyak rem. body mobil aja ga ada debunya itu mbah josomba punya masda 2. :big_grin:
Tau aja mbah baru mandi si hitam ini
20220302_092002.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by yanuarra »

josomba wrote: Wed Mar 02, 2022 10:49
Omnibus wrote: Wed Mar 02, 2022 8:56
blloewy wrote: Wed Mar 02, 2022 7:50

Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie :big_think:
mbah blower, yg ketempelan debu minyak remnya apa brake pad nya?

kl ketempelan debu minyak remnya, jangankan minyak rem. body mobil aja ga ada debunya itu mbah josomba punya masda 2. :big_grin:
Tau aja mbah baru mandi si hitam ini

20220302_092002.jpg
Waduuh... Kapan ya nubi punya mobil sebagus ituu.. :ungg:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

josomba wrote: Wed Mar 02, 2022 8:29
blloewy wrote: Wed Mar 02, 2022 7:50
Suryaputra wrote: Wed Mar 02, 2022 7:31

+ ganti brake fluid setahun 1x
makin lama = titik didih makin turun = brake fading = ngempos gak bisa neken cakram :ngacir:
Maap nubie numpang komen ya mbah..
kl minyak rem kayanya penyebabnya dia ketempelan debu jd kualitas nya menurun selain krn suhu tinggi pengereman.
begitu pendapat nubie :big_think:
Minyak rem turun performa karena kandungan air yg meningkat sih mbah, brake fluid kan higroskopis. hehe.

Kalau brake fluid bonafide, biasa nyantumin boiling point awal dan wet boiling point (biasa 1-2 tahun setelah digunakan asumsinya).
Yep oksidasi itu j a h a t
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by josomba »

yanuarra wrote: Wed Mar 02, 2022 11:51
Waduuh... Kapan ya nubi punya mobil sebagus ituu.. :ungg:
Merendahnya kebangeten ...

:ungg:
Image
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Mz175 »

Suryaputra wrote: Tue Mar 01, 2022 9:10
dinatara wrote: Tue Mar 01, 2022 1:21
Profith83 wrote: Mon Feb 28, 2022 14:37
Maap mbah gak bisa bantu lebih banyak. Saya juga masih ingin tahu kalau bleeding air radiator di Innova diesel.

Yang penting waktu ganti coolant tidak ada angin ke trap, selama ada air radiator penuh harusnya tidak akan membuat overheat atau varnish.
:big_deal: :big_deal:

Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 14:49 Iya sy sejak pakai konsentrat 30 (Denso biru 70 30), Jd lebih sering topup coolant di reservoir sebulan sekali.
Tp emang theoritically kemampuan ngelepas kalor, air lbh banyak = lebih cepat.
Apalagi klo pakai oli w20, jd serasi.

Krn w20 ngelepas kalornya jg lbh cepat.

pengen coba ini dah klo masuk sini,
https://www.q8oils.com/product/q8-antifreeze-long-life/

wkkwkwwkwk
Topup nya banyak gk mbah?
Efek nya pas awal ganti coolant konsentrat 30 gimana mbah? Tertarik bgt nih.
Klo ditanya efek, perlu disupport oleh scanner yg tepat.
jd bisa dicompare, rata2 temp kerja mesin pakai 50 50 VS 70 30 brp

krn coolant ini beda, gak kyk oli,
yg bisa dirasakan bedanya di Hi RPM sampai OCI 10rb km :big_biglaugh:

yg pasti sy topup tiap bulan yah minimal 100-200 ml
dgn kondisi tiap 2 minggu PP jkt bandung dan sekitarnya

dan Tiap tahun pasti sy drain, dan refill dgn yg baru.
sampai ke reservoir coolantnya jg diganti.
Kalau di kasus saya ganti coolant ac nya dingin. Dulu masih pake coolant bawaan mazda nggak berkurang sama sekali. Mungkin karena nggak pernah hi-rev. Sekarang pake merk seiken aja 4 ltr 130rb di toko offline. Ganti 2 tahun / 20rb km
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by yanuarra »

josomba wrote: Wed Mar 02, 2022 16:53
yanuarra wrote: Wed Mar 02, 2022 11:51
Waduuh... Kapan ya nubi punya mobil sebagus ituu.. :ungg:
Merendahnya kebangeten ...

:ungg:
Ya engga merendah mbah.. Wong nubi mmg adanya yaris jadoel.. dibanding masada sekaiaktip ya bumi langit lah :big_chicken: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: Thu Mar 03, 2022 3:51
josomba wrote: Wed Mar 02, 2022 16:53
yanuarra wrote: Wed Mar 02, 2022 11:51
Waduuh... Kapan ya nubi punya mobil sebagus ituu.. :ungg:
Merendahnya kebangeten ...

:ungg:
Ya engga merendah mbah.. Wong nubi mmg adanya yaris jadoel.. dibanding masada sekaiaktip ya bumi langit lah :big_chicken: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
yg bisa lari 160++ pake gigi 3 itu ya mbah. keyeeeeyn :ungg:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 693
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by hackers11 »

Bicara coolant apa ada yg ounya info ttg coolant engine ice?
Awalnya populer di motor karena bisa nurunin temp dibandingkan coolant biasa sampai 6 derajat lbh rendah.
Speknya Polypropylene Glycol (PG). Sedangkan merek lain umumnya masih pakai Etylene Glycol (EG).
Harga aih sgt mahal karena 2ltr bisa 400an rb.
Too good to be true kah?

Kenapa tertarik?
kemaren turing trans jawa di daerah yg temp bisa 36 derajat(suhu luar) rasanya performa mesin drop. Harus gas lbh agresif bwt jaga kecepatan. Mobilnya rocky 1.0. berpikir kalo temperatur mesin bisa diimprove gejala power down bisa diminimalisir cmiiw
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by benzz89 »


Omnibus wrote:
yanuarra wrote: Thu Mar 03, 2022 3:51
josomba wrote: Wed Mar 02, 2022 16:53 Merendahnya kebangeten ...

:ungg:
Ya engga merendah mbah.. Wong nubi mmg adanya yaris jadoel.. dibanding masada sekaiaktip ya bumi langit lah :big_chicken: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
yg bisa lari 160++ pake gigi 3 itu ya mbah. keyeeeeyn :ungg:
Waduuhhh... kalah nih Yaris GR kalau gitchu... ngeriikkk [emoji51]