Ganti Coolant Radiator

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1780
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by sahabatq8 »

Sebenernya coolant boost emang penting ya kalo mobil harian?
Kalo di mobil saya sih coolant temp manteng di 89c, sesuai sama thermostatnya. Kalo lewat juga gak banyak paling 92-93c dan sebentar turun lagi.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by azu »

Shyn16 wrote: Fri Jan 05, 2024 4:57
azu wrote: Thu Dec 28, 2023 23:51 akhirnya klem selangnya datang juga, beli untuk beda-beda ukuran karena harganya juga ga sampai seribuan dan ga sempet ukur dulu selangnya ukuran berapa :mky_01:

IMG_20231229_061714.jpg



berikut kondisi area selang bypass reservoir, terlihat ada bekas coolant yg rembes dari selang tersebut

IMG_20231229_061402.jpg
IMG_20231229_061517.jpg



setelah dicoba, ternyata yang pas ukurannya 12mm. berikut kondisi setelah dibersihkan dan klem terpasang

IMG_20231229_062319.jpg



tinggal dilihat nanti setelah mobilnya dipakai masih ada yg rembes atau tidak.. kalau masih rembes berarti harus ganti selangnya :mky_01:
setelah ganti clamp gimana om, masih rembes g sekarang?

saya juga ada case serupa tapi tak sama nih, kalau saya di selang radiator atas, rembes di ujung juga, udah pakai lem gasket tetep ada keluar dari sela - sela... :big_bored:

opsi terakhir ganti selang, tapi takutnya g solve jg... :big_cry:
sejak pakai clamp, masih rembes juga tapi sedikit banget dibanding sebelumnya :mky_05:

akhirnya saya pakein lem gasket, terakhir cek sih setelah pakai lem gasket sudah tidak rembes.. harus dicek long termnya nanti :mky_01:


Selang radiator atas ini yg dari radiator ke blok mesin om? Usia mobil sudah berapa tahun/ odometer berapa KM om? rembesnya di sisi Radiator? Kalau di sisi radiator bisa jadi yg rembes itu dari upper tank radiatornya juga om
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by daimler »

BronanTheBrobarian wrote: Fri Jan 05, 2024 3:14 Noted, apa perlu pake radiator flush? ato korok sama flushing pake air suling aja dan langsung isi coolant cukup?
btw boilnya mazdut 2 non sky kah?
Iya
bebas mau pakai radiator flush atau pakai air demineral saja cukup kok.
btw ogut jg sempet miara mazdut 2 non sky yg R thn 2011, pas km udh 120rb thn 2022 kemaren kena damage 2x di radiator, walopun pakai coolant. yg pertama di konektor plastik dr selang radiator ke heater core. estimasi partnya 2pcs 2 120rb karena ada 2 konektor plastik blm inc jasanya. ada 2 karena dr selang raditor ke heater core sama dari heater core balik ke selang radiator. trs yg ke 2 pas malem habis dipakai perjalanan tanjakan panjang ga berapa lama indikator overheat kedap kedip, langsung segera melipir matiin mesin, buka kap, cek kontak on motorfan masih aman. sbelumnya kbetulan punya OBDII reader dan suhu coolant kok sering 98C pemakaian sehari2 dalkot pdhl dlu2 di range 95C,pas overheat kebaca suhunya sbelum matiin mesin sampai 105C :big_slap:

karena kbetulan udh deket rumah overheatnya, akhirnya tunggu kurleb 1,5jam untung ada warung bakmie deketnya jd ga suntuk2 amat nunggunya, sambil makan dlu :upss: . trs cek di OBDII reader suhunya dah 60C coba jalan pulang sambil mantau suhu di OBD readernya jgn sampai di angka 100C. besok paginya langsung manggil bengkel panggilan, dicek bongkar radiator, upper tank yg bahannya plastik udh retak halus kudu ganti. DC jasa, ganti uppertank, fee panggilan kurleb 1JT (mungkin bisa diminmalisir klo kita yg ke bengkel atau beli radiator sendiri, cm ogut ga berani jalan jauh2 dgn kondisi mesin rawan overheat).
Dicek om mz 2nya kondisi konektor plastik ke heatercorenya karena kata mekaniknya udh sering kejadian di mazdut 2,radiatornya aman, selang2nya aman cm konektor plastiknya yg kalah dluan
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by kendibocor »

Oktober kemarin baru ganti air radiator di F30. Uda mo 8 tahun ternyata BSI ga include kuras radiator jd ga pernah dikuras. Cuman ditambah2 aja kalo kurang dikit kata beres. Kemaren pas kuras sih masih bening ga ada tanda2 keropos n kotor.
Sama bengkelnya diganti pake mannol
20231019_113236.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Shyn16
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Wed Sep 28, 2022 4:23
Location: TangSel
Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Shyn16 »

azu wrote: Fri Jan 05, 2024 6:55 sejak pakai clamp, masih rembes juga tapi sedikit banget dibanding sebelumnya :mky_05:

akhirnya saya pakein lem gasket, terakhir cek sih setelah pakai lem gasket sudah tidak rembes.. harus dicek long termnya nanti :mky_01:


Selang radiator atas ini yg dari radiator ke blok mesin om? Usia mobil sudah berapa tahun/ odometer berapa KM om? rembesnya di sisi Radiator? Kalau di sisi radiator bisa jadi yg rembes itu dari upper tank radiatornya juga om
saya pakein lem gasket sampe udh g enak dilihat tetep aja rembes dari sisi sebelah dalem deket upper tank, ga kejangkau tangan buat padetin lem gasket nya... :big_dunno:

selang ke upper tank om... yang rembes bagian ujung selang yang nyambung ke upper tank... udah pernah dilepas jg check corong yang upper tank tapi masih aman... selang jg masih fleksible belum keras, cuma emang umur nya udah di atas 5 tahun aja... :ungg:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by MSU »

Shyn16 wrote: Sat Jan 06, 2024 1:38
azu wrote: Fri Jan 05, 2024 6:55 sejak pakai clamp, masih rembes juga tapi sedikit banget dibanding sebelumnya :mky_05:

akhirnya saya pakein lem gasket, terakhir cek sih setelah pakai lem gasket sudah tidak rembes.. harus dicek long termnya nanti :mky_01:


Selang radiator atas ini yg dari radiator ke blok mesin om? Usia mobil sudah berapa tahun/ odometer berapa KM om? rembesnya di sisi Radiator? Kalau di sisi radiator bisa jadi yg rembes itu dari upper tank radiatornya juga om
saya pakein lem gasket sampe udh g enak dilihat tetep aja rembes dari sisi sebelah dalem deket upper tank, ga kejangkau tangan buat padetin lem gasket nya... :big_dunno:

selang ke upper tank om... yang rembes bagian ujung selang yang nyambung ke upper tank... udah pernah dilepas jg check corong yang upper tank tapi masih aman... selang jg masih fleksible belum keras, cuma emang umur nya udah di atas 5 tahun aja... :ungg:
Salah aplikasi lem gasket atau mgkn kualitasnya ga om?
Kl sy selalu pake threebond...abis aplikasi diemin sehari baru abis itu isi air & test nyala
Shyn16
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Wed Sep 28, 2022 4:23
Location: TangSel
Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Shyn16 »

MSU wrote: Sat Jan 06, 2024 4:25
Shyn16 wrote: Sat Jan 06, 2024 1:38
azu wrote: Fri Jan 05, 2024 6:55 sejak pakai clamp, masih rembes juga tapi sedikit banget dibanding sebelumnya :mky_05:

akhirnya saya pakein lem gasket, terakhir cek sih setelah pakai lem gasket sudah tidak rembes.. harus dicek long termnya nanti :mky_01:


Selang radiator atas ini yg dari radiator ke blok mesin om? Usia mobil sudah berapa tahun/ odometer berapa KM om? rembesnya di sisi Radiator? Kalau di sisi radiator bisa jadi yg rembes itu dari upper tank radiatornya juga om
saya pakein lem gasket sampe udh g enak dilihat tetep aja rembes dari sisi sebelah dalem deket upper tank, ga kejangkau tangan buat padetin lem gasket nya... :big_dunno:

selang ke upper tank om... yang rembes bagian ujung selang yang nyambung ke upper tank... udah pernah dilepas jg check corong yang upper tank tapi masih aman... selang jg masih fleksible belum keras, cuma emang umur nya udah di atas 5 tahun aja... :ungg:
Salah aplikasi lem gasket atau mgkn kualitasnya ga om?
Kl sy selalu pake threebond...abis aplikasi diemin sehari baru abis itu isi air & test nyala
iya om sebelumnya malah pake threebond tetep rembes... itu dari bengkel udah dilepas dibersihin dulu...
tapi emang saya lgs bawa jalan lagi sih, seharusnya ditunggu dlu seharian ya...

sekarang saya tambel aja lgs pakai durasteel epoxy yang manual (hitam & putih ) dicampur dulu... ini masih cocol - cocol sendiri di rumah, tunggu seharian, memang rembes berkurang dari selang atas... cuma saya agak OCD aja karena masih rembes, pengennya tuntas no rembes... :big_think:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11033
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by marmut »

kang
Omnibus
ama kokoh
DOHC
mana yak?
nongkrong sini ada tontonan seru....

:big_grin:

ga enak cekikikan sendiri, mending ngakak bareng yuks.....

:big_grin: :big_grin: :big_grin:
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Chr1stm1 »

kendibocor wrote: Fri Jan 05, 2024 11:07 Oktober kemarin baru ganti air radiator di F30. Uda mo 8 tahun ternyata BSI ga include kuras radiator jd ga pernah dikuras. Cuman ditambah2 aja kalo kurang dikit kata beres. Kemaren pas kuras sih masih bening ga ada tanda2 keropos n kotor.
Sama bengkelnya diganti pake mannol

20231019_113236.jpg
Saya juga pakai ini di AN. Rush...karena spek ya mirip TMO bawaan ( free NAP ) jadi ga korosif ke aluminium dan ada pelumas utk waterpump
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26927
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Jan 07, 2024 13:51 kang
Omnibus
ama kokoh
DOHC
mana yak?
nongkrong sini ada tontonan seru....

:big_grin:

ga enak cekikikan sendiri, mending ngakak bareng yuks.....

:big_grin: :big_grin: :big_grin:
kita orang seh seneng liatnya

ilmu turun temurun dari institut asemreges kita orang masi kpake ampe ari ini

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11033
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jan 08, 2024 4:19

kita orang seh seneng liatnya

ilmu turun temurun dari institut asemreges kita orang masi kpake ampe ari ini

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:


:mky_03: :mky_03:

owe sampe ngegosip di room vip ama juragan masas, kenapa ya malah ambil opsi ribet, padahal tinggal beli anuan palingan noban go sebiji, itu udh yg heavy duty punya, ama ongkir ceban abis saban go trus tinggal dianuin, kelar urusan.

:big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26927
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jan 08, 2024 6:24
DOHC wrote: Mon Jan 08, 2024 4:19

kita orang seh seneng liatnya

ilmu turun temurun dari institut asemreges kita orang masi kpake ampe ari ini

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:


:mky_03: :mky_03:

owe sampe ngegosip di room vip ama juragan masas, kenapa ya malah ambil opsi ribet, padahal tinggal beli anuan palingan noban go sebiji, itu udh yg heavy duty punya, ama ongkir ceban abis saban go trus tinggal dianuin, kelar urusan.

:big_biglaugh:
mumpung ngomongin radiator

jadi inget kapan ari baru ngangkat 1NZ-FE odo irit pelit medit pait, ntu radiator moncong nya ama plastik atas nya ud mulai kmakan umur (ud belasan taon), tp lmayan masi megang, nahh inget kapan taon perna ganti dinamo kipas si 1KR-JZGTE, nah mau ga mau kan lepas tu selang atas, ajegile tu moncong radiator ud kaya krupuk

baca2 dimarih, palagi kl ngeliat kwalitet radiator skrg, apa kaga serem tu ya, palagi pake cara asemreges gt :big_think: :big_think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11033
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jan 08, 2024 10:08

mumpung ngomongin radiator

jadi inget kapan ari baru ngangkat 1NZ-FE odo irit pelit medit pait, ntu radiator moncong nya ama plastik atas nya ud mulai kmakan umur (ud belasan taon), tp lmayan masi megang, nahh inget kapan taon perna ganti dinamo kipas si 1KR-JZGTE, nah mau ga mau kan lepas tu selang atas, ajegile tu moncong radiator ud kaya krupuk

baca2 dimarih, palagi kl ngeliat kwalitet radiator skrg, apa kaga serem tu ya, palagi pake cara asemreges gt :big_think: :big_think:



ganti koh..... brp duit sih radiator 1nz? tiao puah udh lumayan lha ga usah yg mahal².
cukup buat 5 taun kedepan. selang ama tutupnya sekalian ganti jg. sedia satiao masih ada lebihan buat makan bakmi karet krekot.

1kr udh bubar moncong radiatornya? kok bisa? you kencengin klem kasi brp torsinya? 108 nm?

ajegile..... :glodak:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26927
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jan 08, 2024 10:57
DOHC wrote: Mon Jan 08, 2024 10:08

mumpung ngomongin radiator

jadi inget kapan ari baru ngangkat 1NZ-FE odo irit pelit medit pait, ntu radiator moncong nya ama plastik atas nya ud mulai kmakan umur (ud belasan taon), tp lmayan masi megang, nahh inget kapan taon perna ganti dinamo kipas si 1KR-JZGTE, nah mau ga mau kan lepas tu selang atas, ajegile tu moncong radiator ud kaya krupuk

baca2 dimarih, palagi kl ngeliat kwalitet radiator skrg, apa kaga serem tu ya, palagi pake cara asemreges gt :big_think: :big_think:



ganti koh..... brp duit sih radiator 1nz? tiao puah udh lumayan lha ga usah yg mahal².
cukup buat 5 taun kedepan. selang ama tutupnya sekalian ganti jg. sedia satiao masih ada lebihan buat makan bakmi karet krekot.

1kr udh bubar moncong radiatornya? kok bisa? you kencengin klem kasi brp torsinya? 108 nm?

ajegile..... :glodak:
uda mbah, natal kmaren ke atrium psen cetiaw lebi sikit ud dapet, ganti ama tutup radiator skalian

cuman ini lg iseng mo beli mulut buat termostaat ama konektor yg Y, cungkwo punya tp yg aluminium, bawaan dari plastik bahlul gampang retak itu

si 1KR boro2 diapa2in, lah klem nya aj masi yg ting2 bawaan daihatsu sedari jaman jokowi baru jd presiden,

lagian itulah kita orang blg jgn pelit2 ama radiator, palagi pake cara asemreges sgala, blom tau aj radiator jaman skrg ud kongsi fabriek ama ember plastik lionstar :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11033
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jan 08, 2024 11:52
uda mbah, natal kmaren ke atrium psen cetiaw lebi sikit ud dapet, ganti ama tutup radiator skalian

cuman ini lg iseng mo beli mulut buat termostaat ama konektor yg Y, cungkwo punya tp yg aluminium, bawaan dari plastik bahlul gampang retak itu

si 1KR boro2 diapa2in, lah klem nya aj masi yg ting2 bawaan daihatsu sedari jaman jokowi baru jd presiden,

lagian itulah kita orang blg jgn pelit2 ama radiator, palagi pake cara asemreges sgala, blom tau aj radiator jaman skrg ud kongsi fabriek ama ember plastik lionstar :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:


motor fan aman? apa udh diganti pake dinamo maspion punya?

untung ayla punya koko ai masi aman. mala abis ganti velg resing skr jd cakepan dikit kalo diliat dr jarak 1 kilo.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1274
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by singachu »

marmut wrote: Sun Jan 07, 2024 13:51 kang
Omnibus
ama kokoh
DOHC
mana yak?
nongkrong sini ada tontonan seru....

:big_grin:

ga enak cekikikan sendiri, mending ngakak bareng yuks.....

:big_grin: :big_grin: :big_grin:
DOHC wrote: Mon Jan 08, 2024 4:19
kita orang seh seneng liatnya

ilmu turun temurun dari institut asemreges kita orang masi kpake ampe ari ini

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

mbah suhu master..... ajarin dong....
2NRVE papansah 2019 udah 5 taon agustus nanti.... liat di bukman sih untuk ganti awal coolant ya 5 taon pertama maximal.
Udah coba2 liat di bagian blok mesin ga ada baut drain coolant dari blok mesin.
Paling aku rencana lepas selang bypass heater yang di belakang rumah thermostat, masukin selang kecil terus sedot pakai vacuum buat ambil sebanyak mungkin coolant lama.
Selain lepas drain cock radiator , habis itu rencana langsung fill lagi, jadi cuman drain and fill aja ga pakai flushing2an.... dan langsung bleeding.
Kuatir kalau diflush pakai air malah ninggalin air flushingan, toh kondisi sekarang baik2 saja.
Itu selang yang mau aku copot, balikinnya ga usah di kasih lem2an segala macam kan ? tetep pakai klem constant pressure bawaan.

Gimana nurut suhu master ?

Coolant rencana mau beli di dealer terdekat saja Toyota LL pink, di toko biasa masih blom tau aku mana yang pasti ori. Siap2 dua galon cukup ga ya ?

regards,
singachu
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11033
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by marmut »

singachu wrote: Tue Jan 09, 2024 1:32


mbah suhu master..... ajarin dong....
2NRVE papansah 2019 udah 5 taon agustus nanti.... liat di bukman sih untuk ganti awal coolant ya 5 taon pertama maximal.
Udah coba2 liat di bagian blok mesin ga ada baut drain coolant dari blok mesin.
Paling aku rencana lepas selang bypass heater yang di belakang rumah thermostat, masukin selang kecil terus sedot pakai vacuum buat ambil sebanyak mungkin coolant lama.
Selain lepas drain cock radiator , habis itu rencana langsung fill lagi, jadi cuman drain and fill aja ga pakai flushing2an.... dan langsung bleeding.
Kuatir kalau diflush pakai air malah ninggalin air flushingan, toh kondisi sekarang baik2 saja.
Itu selang yang mau aku copot, balikinnya ga usah di kasih lem2an segala macam kan ? tetep pakai klem constant pressure bawaan.

Gimana nurut suhu master ?

Coolant rencana mau beli di dealer terdekat saja Toyota LL pink, di toko biasa masih blom tau aku mana yang pasti ori. Siap2 dua galon cukup ga ya ?

regards,
singachu


ngobrol di room vip aja om.
inclusio
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Oct 11, 2021 11:35

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by inclusio »

Suhu mau tanya coolant yg lebih bagus dari pada bawaan toyota apa ya? Apa coolant toyota pink udah cukup?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by MSU »

singachu wrote: Tue Jan 09, 2024 1:32
marmut wrote: Sun Jan 07, 2024 13:51 kang
Omnibus
ama kokoh
DOHC
mana yak?
nongkrong sini ada tontonan seru....

:big_grin:

ga enak cekikikan sendiri, mending ngakak bareng yuks.....

:big_grin: :big_grin: :big_grin:
DOHC wrote: Mon Jan 08, 2024 4:19
kita orang seh seneng liatnya

ilmu turun temurun dari institut asemreges kita orang masi kpake ampe ari ini

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

mbah suhu master..... ajarin dong....
2NRVE papansah 2019 udah 5 taon agustus nanti.... liat di bukman sih untuk ganti awal coolant ya 5 taon pertama maximal.
Udah coba2 liat di bagian blok mesin ga ada baut drain coolant dari blok mesin.
Paling aku rencana lepas selang bypass heater yang di belakang rumah thermostat, masukin selang kecil terus sedot pakai vacuum buat ambil sebanyak mungkin coolant lama.
Selain lepas drain cock radiator , habis itu rencana langsung fill lagi, jadi cuman drain and fill aja ga pakai flushing2an.... dan langsung bleeding.
Kuatir kalau diflush pakai air malah ninggalin air flushingan, toh kondisi sekarang baik2 saja.
Itu selang yang mau aku copot, balikinnya ga usah di kasih lem2an segala macam kan ? tetep pakai klem constant pressure bawaan.

Gimana nurut suhu master ?

Coolant rencana mau beli di dealer terdekat saja Toyota LL pink, di toko biasa masih blom tau aku mana yang pasti ori. Siap2 dua galon cukup ga ya ?

regards,
singachu
kalo saya demennya main aman om...jadi kalo buka2 selang spt itu akan sy kasi threebond dl...toh warnanya abu2
ga usah banyak2 jg sebetulnya cuma untuk memastikan aja...
kalo ada waktu rada senggang abis kasi threebond, masukin selang & klem ulang....tinggalin dl jgn lsg isi air...kalo sy besoknya baru sy isi air & nyalain
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26927
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jan 08, 2024 12:24
DOHC wrote: Mon Jan 08, 2024 11:52
uda mbah, natal kmaren ke atrium psen cetiaw lebi sikit ud dapet, ganti ama tutup radiator skalian

cuman ini lg iseng mo beli mulut buat termostaat ama konektor yg Y, cungkwo punya tp yg aluminium, bawaan dari plastik bahlul gampang retak itu

si 1KR boro2 diapa2in, lah klem nya aj masi yg ting2 bawaan daihatsu sedari jaman jokowi baru jd presiden,

lagian itulah kita orang blg jgn pelit2 ama radiator, palagi pake cara asemreges sgala, blom tau aj radiator jaman skrg ud kongsi fabriek ama ember plastik lionstar :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:


motor fan aman? apa udh diganti pake dinamo maspion punya?

untung ayla punya koko ai masi aman. mala abis ganti velg resing skr jd cakepan dikit kalo diliat dr jarak 1 kilo.
motor fan kl dari buku primbon bawaan owner sblom nya

ngaku nya sehh ud perna dganti kira2 30an rebu km sblom nya, di nasmoko

muda2an ga boong

1KR-JZGTE kita orang mah masi standard aj, blom lama cuman iseng ganti sokbreker, iseng cobain kyaba premium dus puti abu2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26927
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

singachu wrote: Tue Jan 09, 2024 1:32
marmut wrote: Sun Jan 07, 2024 13:51 kang
Omnibus
ama kokoh
DOHC
mana yak?
nongkrong sini ada tontonan seru....

:big_grin:

ga enak cekikikan sendiri, mending ngakak bareng yuks.....

:big_grin: :big_grin: :big_grin:
DOHC wrote: Mon Jan 08, 2024 4:19
kita orang seh seneng liatnya

ilmu turun temurun dari institut asemreges kita orang masi kpake ampe ari ini

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

mbah suhu master..... ajarin dong....
2NRVE papansah 2019 udah 5 taon agustus nanti.... liat di bukman sih untuk ganti awal coolant ya 5 taon pertama maximal.
Udah coba2 liat di bagian blok mesin ga ada baut drain coolant dari blok mesin.
Paling aku rencana lepas selang bypass heater yang di belakang rumah thermostat, masukin selang kecil terus sedot pakai vacuum buat ambil sebanyak mungkin coolant lama.
Selain lepas drain cock radiator , habis itu rencana langsung fill lagi, jadi cuman drain and fill aja ga pakai flushing2an.... dan langsung bleeding.
Kuatir kalau diflush pakai air malah ninggalin air flushingan, toh kondisi sekarang baik2 saja.
Itu selang yang mau aku copot, balikinnya ga usah di kasih lem2an segala macam kan ? tetep pakai klem constant pressure bawaan.

Gimana nurut suhu master ?

Coolant rencana mau beli di dealer terdekat saja Toyota LL pink, di toko biasa masih blom tau aku mana yang pasti ori. Siap2 dua galon cukup ga ya ?

regards,
singachu
bukan master , palagi suhu

cuman mo numpang komen soal flushing, palagi sedot2an, cabut2an

kl mnurut kita orang, ga usa..

5 taon mah sbenernya masi gapapa itu, buka dari baut kupu2 radiator bawah jg ud ckup koq

perihal ilmu asemreges ttg selang2an, biar mbah ono dari pedepokan gerasi 69 aj yg ngasi wangsit, kita orang cuman numpang ktawa aj dipojokan :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1274
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by singachu »

marmut wrote: Tue Jan 09, 2024 2:54 ngobrol di room vip aja om.
aku dah lama join serayamotor, tapi ga ngerti maksudnya room vip :big_biglaugh: :upss:
inclusio wrote: Tue Jan 09, 2024 4:29 Suhu mau tanya coolant yg lebih bagus dari pada bawaan toyota apa ya? Apa coolant toyota pink udah cukup?
kalau aku baca2 di forum ini sih sepertinya malah itu yang paling bagus om. Emang ada kendala kah dengan pemakaian coolant bawaannya ? Kalau ga ada kendala apa2 kenapa ga dilanjut aja ?

DOHC wrote: Tue Jan 09, 2024 9:12
bukan master , palagi suhu

cuman mo numpang komen soal flushing, palagi sedot2an, cabut2an

kl mnurut kita orang, ga usa..

5 taon mah sbenernya masi gapapa itu, buka dari baut kupu2 radiator bawah jg ud ckup koq

perihal ilmu asemreges ttg selang2an, biar mbah ono dari pedepokan gerasi 69 aj yg ngasi wangsit, kita orang cuman numpang ktawa aj dipojokan :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
siap2 :big_exellent:
MSU wrote: Tue Jan 09, 2024 5:16 kalo saya demennya main aman om...jadi kalo buka2 selang spt itu akan sy kasi threebond dl...toh warnanya abu2
ga usah banyak2 jg sebetulnya cuma untuk memastikan aja...
kalo ada waktu rada senggang abis kasi threebond, masukin selang & klem ulang....tinggalin dl jgn lsg isi air...kalo sy besoknya baru sy isi air & nyalain
wah, keburu mobilnya mau dipakai :big_biglaugh: Kalau di aerio sih sudah maen lem, soalnya bbrp fitting pipanya sudah terlanjur ada kemakan karat. Dan selama ini sih ga pernah rembes bocor di area sambungan selang.
Nah menurut yang bener kan ga pakai lem2an ya ? CMIIW, mumpung si avanza masih perawan blom pernah dilepas pingin tau aja sebenernya perlu ga nya. Mungkin tipis2 aja kali.
Kalau terlalu tebal malah resiko mudah kecabut.

regards,
singachu
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by azu »

singachu wrote: Wed Jan 10, 2024 2:26
marmut wrote: Tue Jan 09, 2024 2:54 ngobrol di room vip aja om.
aku dah lama join serayamotor, tapi ga ngerti maksudnya room vip :big_biglaugh: :upss:
inclusio wrote: Tue Jan 09, 2024 4:29 Suhu mau tanya coolant yg lebih bagus dari pada bawaan toyota apa ya? Apa coolant toyota pink udah cukup?
kalau aku baca2 di forum ini sih sepertinya malah itu yang paling bagus om. Emang ada kendala kah dengan pemakaian coolant bawaannya ? Kalau ga ada kendala apa2 kenapa ga dilanjut aja ?

DOHC wrote: Tue Jan 09, 2024 9:12
bukan master , palagi suhu

cuman mo numpang komen soal flushing, palagi sedot2an, cabut2an

kl mnurut kita orang, ga usa..

5 taon mah sbenernya masi gapapa itu, buka dari baut kupu2 radiator bawah jg ud ckup koq

perihal ilmu asemreges ttg selang2an, biar mbah ono dari pedepokan gerasi 69 aj yg ngasi wangsit, kita orang cuman numpang ktawa aj dipojokan :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
siap2 :big_exellent:
MSU wrote: Tue Jan 09, 2024 5:16 kalo saya demennya main aman om...jadi kalo buka2 selang spt itu akan sy kasi threebond dl...toh warnanya abu2
ga usah banyak2 jg sebetulnya cuma untuk memastikan aja...
kalo ada waktu rada senggang abis kasi threebond, masukin selang & klem ulang....tinggalin dl jgn lsg isi air...kalo sy besoknya baru sy isi air & nyalain
wah, keburu mobilnya mau dipakai :big_biglaugh: Kalau di aerio sih sudah maen lem, soalnya bbrp fitting pipanya sudah terlanjur ada kemakan karat. Dan selama ini sih ga pernah rembes bocor di area sambungan selang.
Nah menurut yang bener kan ga pakai lem2an ya ? CMIIW, mumpung si avanza masih perawan blom pernah dilepas pingin tau aja sebenernya perlu ga nya. Mungkin tipis2 aja kali.
Kalau terlalu tebal malah resiko mudah kecabut.

regards,
singachu
kalau dari repair manual pabrikan, untuk selang dan jalur pendinginan ini tidak pakai lem gasket om selain untuk seal water pump. saya dulu di 1NZ dipakein lem sama bengkelnya langsung pas ganti radiator, padahal semua selang dan bagian plastik yang ada tutup radiator juga saya ganti baru sekalian rekondisi saja karena sudah 160rb Km mana sebel juga keliatan ada yg meleber gitu :mky_01:

pas flushing untuk penggantian radiator juga saya ga buka drain plug yg di blok mesin, pernah baca disini juga kalau pemasangan kembalinya kurang pas torsinya malah berisiko slek/bocor juga. paling saya usahakan dengan flushing pakai air demineral distilasi untuk minimalisasi karat, dalam hal ini pakai Amidis galonan, biar setidaknya kalau kecampur dengan coolant baru juga bukan dengan air biasa yg lebih cepat menimbulkan karat.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1274
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by singachu »

azu wrote: Wed Jan 10, 2024 3:12 kalau dari repair manual pabrikan, untuk selang dan jalur pendinginan ini tidak pakai lem gasket om selain untuk seal water pump. saya dulu di 1NZ dipakein lem sama bengkelnya langsung pas ganti radiator, padahal semua selang dan bagian plastik yang ada tutup radiator juga saya ganti baru sekalian rekondisi saja karena sudah 160rb Km mana sebel juga keliatan ada yg meleber gitu :mky_01:
nah itu dia makanya mikir perlu ga nya kalau masih bagus.

azu wrote: Wed Jan 10, 2024 3:12 pas flushing untuk penggantian radiator juga saya ga buka drain plug yg di blok mesin, pernah baca disini juga kalau pemasangan kembalinya kurang pas torsinya malah berisiko slek/bocor juga. paling saya usahakan dengan flushing pakai air demineral distilasi untuk minimalisasi karat, dalam hal ini pakai Amidis galonan, biar setidaknya kalau kecampur dengan coolant baru juga bukan dengan air biasa yg lebih cepat menimbulkan karat.
semua air bikin karat om, amidis cuman ga bikin endapan mineral. Ya memang kalau kecampur juga bikin encer aja karena aslinya kan mixing air juga.
Berhubung kondisi pendinginan masih bagus aku pikir drain and fill aja tanpa introduce air termasuk amidis sih, itu pikiran awal, paling introduce angin aja misal dengan ditiup/disedot, paling peer dikit buat bleeding karena makin banyak udara di system.
Nah soal cara dorong pakai air lain itu kan mana lebih bagus coolant lama yang tertinggal vs air non coolant :ungg:
kalau di aerio kadang aku dorongnya pakai coolant baru, jadi rada korban kebuang coolant dikit. Lha ini toyota SLCC harganya kok mahal juga ya liat di online, 180rb an 1 galon :big_biglaugh:

regards,
singachu
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by azu »

singachu wrote: Wed Jan 10, 2024 3:50
azu wrote: Wed Jan 10, 2024 3:12 kalau dari repair manual pabrikan, untuk selang dan jalur pendinginan ini tidak pakai lem gasket om selain untuk seal water pump. saya dulu di 1NZ dipakein lem sama bengkelnya langsung pas ganti radiator, padahal semua selang dan bagian plastik yang ada tutup radiator juga saya ganti baru sekalian rekondisi saja karena sudah 160rb Km mana sebel juga keliatan ada yg meleber gitu :mky_01:
nah itu dia makanya mikir perlu ga nya kalau masih bagus.

azu wrote: Wed Jan 10, 2024 3:12 pas flushing untuk penggantian radiator juga saya ga buka drain plug yg di blok mesin, pernah baca disini juga kalau pemasangan kembalinya kurang pas torsinya malah berisiko slek/bocor juga. paling saya usahakan dengan flushing pakai air demineral distilasi untuk minimalisasi karat, dalam hal ini pakai Amidis galonan, biar setidaknya kalau kecampur dengan coolant baru juga bukan dengan air biasa yg lebih cepat menimbulkan karat.
semua air bikin karat om, amidis cuman ga bikin endapan mineral. Ya memang kalau kecampur juga bikin encer aja karena aslinya kan mixing air juga.
Berhubung kondisi pendinginan masih bagus aku pikir drain and fill aja tanpa introduce air termasuk amidis sih, itu pikiran awal, paling introduce angin aja misal dengan ditiup/disedot, paling peer dikit buat bleeding karena makin banyak udara di system.
Nah soal cara dorong pakai air lain itu kan mana lebih bagus coolant lama yang tertinggal vs air non coolant :ungg:
kalau di aerio kadang aku dorongnya pakai coolant baru, jadi rada korban kebuang coolant dikit. Lha ini toyota SLCC harganya kok mahal juga ya liat di online, 180rb an 1 galon :big_biglaugh:

regards,
singachu
Kalau ga mau kecampur air bisa aja sih om, fill and drain didorong pakai coolant baru ala2 kuras transmisi tapi jadinya bakal boros banget coolant itu kalau mau semuanya keganti coolant baru :big_grin:

Di Auto2000 sekitar 160 segalon om, kalo online mulai dari 120 segalon juga ada.. Itungannya murah daripada SLLC Honda yg biru mah
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD