Ganti Coolant Radiator

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Ganti Coolant Radiator

Post by Leonhart »

suhu
ane mau nanya
klo ganti coolant, bagusnya sampe lepasin Drain Bolt (baut) di blok mesin apa cukup dari Keran pembuangan Radiator deket Fan sama Reservoir aja ?

sama ngelepas Tabung Reservoir di HRV ini gmn ya ?
soalnya kyknya agak beda strukturnya ama honda2 lainnya...

:mky_01:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

bukan suhu, tp numpang jawab

tabung resevoir hrv kayanya cuman modalin konci pas 10 buat lepasin baut2 nya aj.. copotin yg bagian selang ama tutup nya dl, lalu botol reservoir nya, copotin baut lalu tarik ke atas dikit
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Omnibus »

ikutan jawab ..... kl mau puas lepas block drain. tp beli dulu seal ring penggantinya di beres dan hrs siap torque wrench. factory spec baut drain itu 78 Nm. jangan sampai kekencengan/kelonggaran n jd bocor atau dol. amsiong kl kejadian.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Profith83 »

Kalau gak ribet kayanya buang saja dari drain radiator sampai habis coba ditampung berapa liter.
Sampai tidak ada netes. Dan yg reservoir dibuang

Setelah itu isi ulang.

Pengalaman di innova diesel GNKI bisa keluar 7 liter. Pas keluar gak ngukur tapi pas masang balik .. isi beberapa kali sampai total 7 liter tidak turun lagi dia.

Nah saya gak tahu kalau posisi kosong sampai berapa liter.

Dan apakah boleh air dibuang semua termasuk di blok mesin. Karena termostat kan tunggu panas baru terbuka. Sedangkan airnya tidak ada di blok mesin. Takutnya tuh termostat gak terbuka
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by MSU »

Saya paling ga berani buka block drain...takut dol atau ada error...
Toh logika saya sisa air di block tinggal sedikit,campur coolant baru spek sama...cut aja interval ganti-nya lebih aman
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Leonhart »

Profith83 wrote: Fri May 08, 2020 17:50 Kalau gak ribet kayanya buang saja dari drain radiator sampai habis coba ditampung berapa liter.
Sampai tidak ada netes. Dan yg reservoir dibuang

Setelah itu isi ulang.

Pengalaman di innova diesel GNKI bisa keluar 7 liter. Pas keluar gak ngukur tapi pas masang balik .. isi beberapa kali sampai total 7 liter tidak turun lagi dia.

Nah saya gak tahu kalau posisi kosong sampai berapa liter.

Dan apakah boleh air dibuang semua termasuk di blok mesin. Karena termostat kan tunggu panas baru terbuka. Sedangkan airnya tidak ada di blok mesin. Takutnya tuh termostat gak terbuka

Jadi klo mesin blum panas
Air gk masuk ke blok mesin ya ?
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Leonhart »

MSU wrote: Fri May 08, 2020 23:52 Saya paling ga berani buka block drain...takut dol atau ada error...
Toh logika saya sisa air di block tinggal sedikit,campur coolant baru spek sama...cut aja interval ganti-nya lebih aman
Haha iya itu yg ane takutin om

Kebeneran rencana mau ganti coolant prestone
Sblmnya msh coolent oem bawaan mbl
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by marmut »

Leonhart wrote: Sat May 09, 2020 1:30
Profith83 wrote: Fri May 08, 2020 17:50 Kalau gak ribet kayanya buang saja dari drain radiator sampai habis coba ditampung berapa liter.
Sampai tidak ada netes. Dan yg reservoir dibuang

Setelah itu isi ulang.

Pengalaman di innova diesel GNKI bisa keluar 7 liter. Pas keluar gak ngukur tapi pas masang balik .. isi beberapa kali sampai total 7 liter tidak turun lagi dia.

Nah saya gak tahu kalau posisi kosong sampai berapa liter.

Dan apakah boleh air dibuang semua termasuk di blok mesin. Karena termostat kan tunggu panas baru terbuka. Sedangkan airnya tidak ada di blok mesin. Takutnya tuh termostat gak terbuka

Jadi klo mesin blum panas
Air gk masuk ke blok mesin ya ?


masuk.

sans, ga usah parno gitu.
air bisa masuk ke water jacket lewat selang radiator bawah dan selang-selang kecil lainnya. dan di badan thermostat-nya ada lubang kecil sekitar 1 mm buat buang "buang angin".
coba nanti waktu ngisi coolant pelan-pelan jangan sampe luber, sambil selang radiator bawah dipencet-pencet pasti akan ada gelembung udara yang keluar....

paling enak saat drain ditampung dan diukur berapa liter, jadi ketauan berapa banyak yang terbuang. bandingkan dengan kapasitas di manual book. setelah itu saat refill juga diukur, sesuai apa enggak dengan yang terbuang?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

Hrv Kl buang dr radiator thok + air d reservoir.. 4 liter pas

Tiap taon ane drain n fill slalu abis sgitu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by MSU »

Leonhart wrote: Sat May 09, 2020 1:32
MSU wrote: Fri May 08, 2020 23:52 Saya paling ga berani buka block drain...takut dol atau ada error...
Toh logika saya sisa air di block tinggal sedikit,campur coolant baru spek sama...cut aja interval ganti-nya lebih aman
Haha iya itu yg ane takutin om

Kebeneran rencana mau ganti coolant prestone
Sblmnya msh coolent oem bawaan mbl
Saran sy pake coolant ori-nya aja om...krn kadang tu mesin butuh spek tertentu
Misal toyota butuh non silikat dll dll...sy kuranf ngerti
Tp patokan sy kl kurang ngerti,maka sy pake ori aja
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Leonhart »

marmut wrote: Sat May 09, 2020 2:19
Leonhart wrote: Sat May 09, 2020 1:30
Profith83 wrote: Fri May 08, 2020 17:50 Kalau gak ribet kayanya buang saja dari drain radiator sampai habis coba ditampung berapa liter.
Sampai tidak ada netes. Dan yg reservoir dibuang

Setelah itu isi ulang.

Pengalaman di innova diesel GNKI bisa keluar 7 liter. Pas keluar gak ngukur tapi pas masang balik .. isi beberapa kali sampai total 7 liter tidak turun lagi dia.

Nah saya gak tahu kalau posisi kosong sampai berapa liter.

Dan apakah boleh air dibuang semua termasuk di blok mesin. Karena termostat kan tunggu panas baru terbuka. Sedangkan airnya tidak ada di blok mesin. Takutnya tuh termostat gak terbuka

Jadi klo mesin blum panas
Air gk masuk ke blok mesin ya ?


masuk.

sans, ga usah parno gitu.
air bisa masuk ke water jacket lewat selang radiator bawah dan selang-selang kecil lainnya. dan di badan thermostat-nya ada lubang kecil sekitar 1 mm buat buang "buang angin".
coba nanti waktu ngisi coolant pelan-pelan jangan sampe luber, sambil selang radiator bawah dipencet-pencet pasti akan ada gelembung udara yang keluar....

paling enak saat drain ditampung dan diukur berapa liter, jadi ketauan berapa banyak yang terbuang. bandingkan dengan kapasitas di manual book. setelah itu saat refill juga diukur, sesuai apa enggak dengan yang terbuang?
Jd menurut om
Perlu gk Buka baut drain di blok mesin ?


Andai pas udah di ukur yg terbuang
Tapi gak sesuai dengan kapasitas manual book gmn ?

Misal manual book bilang 4.5 liter
Cuma kebuang 4 liteer
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by coklatMetalik »

Sy sih ngikut ini
Dikasih air mengalir terus smp jernih

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by marmut »

Leonhart wrote: Sat May 09, 2020 2:50

Jd menurut om
Perlu gk Buka baut drain di blok mesin ?


Andai pas udah di ukur yg terbuang
Tapi gak sesuai dengan kapasitas manual book gmn ?

Misal manual book bilang 4.5 liter
Cuma kebuang 4 liteer

akses ke drain plug-nya bisa/gampang dijangkau nggak? kalo gampang ya buka lah...
kalo susah, biarin aja.
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Leonhart »

marmut wrote: Sat May 09, 2020 2:57
Leonhart wrote: Sat May 09, 2020 2:50

Jd menurut om
Perlu gk Buka baut drain di blok mesin ?


Andai pas udah di ukur yg terbuang
Tapi gak sesuai dengan kapasitas manual book gmn ?

Misal manual book bilang 4.5 liter
Cuma kebuang 4 liteer

akses ke drain plug-nya bisa/gampang dijangkau nggak? kalo gampang ya buka lah...
kalo susah, biarin aja.
Agak jauh di bawah dan ada kehalang pipa 1

Perlu extension, seumur2 pnya mbl
Baru ini kepikiran mau buka baut blok mesin haha

Baca2 dr forum luar msh pro kontra
Ada yg blg stlh buka jd rembes / bocor la

Haha
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Omnibus »

melihat dr pertanyaan TS yg ngelepas reservoir aja bingung, mendingan jangan coba2 dah....

info sy jelas di atas perlu specific torque dan seal washer baru. TS hrs punya required tools ........ n skills.


more on L15 (R18 may differ):

Drain bolt.jpg
Drain bolt 2.jpg
InkedDrain bolt 3_LI.jpg
Coolant capacity.jpg
source: alldata
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by saridin »

Barusan DIY ganti air radiator Mirage. Kalo ada yg salah mohon koreksinya, maklum nubie dan it's a first time.

1) Buang coolant lama lewat radiator drain, juga kosongkan reservoir.
2) Drain masih kebuka, isi air PDAM sampe drain out-nya bening. Harusnya air destilasi, but I don't have one.
3) Tutup drain, isi air PAM sampe penuh. Dg radiator cap kebuka, nyalakan mobil + AC agar kipas muter. Tunggu sampe airnya muncrat2.
4) Drain out dan step 3 diulangi sekali lagi.
5) Tutup drain, isi coolant baru ke reservoir sampe batas F.
6) Dengan corong isikan coolant ke radiator sampe luber (dicorong).
7) Nyalakan mesin+AC agar kipasnya muter, sambil terus menambah coolant pelan2 hingga memenuhi corong.
8) Ditunggu sampai gelembung udara dicorong yg keluar lewat radiator cap benar2 habis. (Ini cukup lama)
9) Matikan mesin, pasang radiator cap.

Tapi kok coolant-nya masih sisa dikit, tambahkan lagi gak ya? Coolant dr beres isi 4 liter.
|ertelu gx 13||miras glx 14|
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by MSU »

saridin wrote: Sat May 09, 2020 5:42 Barusan DIY ganti air radiator Mirage. Kalo ada yg salah mohon koreksinya, maklum nubie dan it's a first time.

1) Buang coolant lama lewat radiator drain, juga kosongkan reservoir.
2) Drain masih kebuka, isi air PDAM sampe drain out-nya bening. Harusnya air destilasi, but I don't have one.
3) Tutup drain, isi air PAM sampe penuh. Dg radiator cap kebuka, nyalakan mobil + AC agar kipas muter. Tunggu sampe airnya muncrat2.
4) Drain out dan step 3 diulangi sekali lagi.
5) Tutup drain, isi coolant baru ke reservoir sampe batas F.
6) Dengan corong isikan coolant ke radiator sampe luber (dicorong).
7) Nyalakan mesin+AC agar kipasnya muter, sambil terus menambah coolant pelan2 hingga memenuhi corong.
8) Ditunggu sampai gelembung udara dicorong yg keluar lewat radiator cap benar2 habis. (Ini cukup lama)
9) Matikan mesin, pasang radiator cap.

Tapi kok coolant-nya masih sisa dikit, tambahkan lagi gak ya? Coolant dr beres isi 4 liter.
Kurleb udah ok...cuma saya ga pernah flush pake air keran..mending setelah semua coolant kebuang lsg isi yang baru.
Pas ngisi..di atas lubang pengisian kasi corong..pas udah mulai luber pijat2 sedikit selang radiator atas untuk buang angin palsu..
Abis itu nyalain mesin..tunggu sampe termostat buka, tandanya di lubang pengisian ada sirkulasi atau selang atas jd hangat..tambahin lagi dikit2..kalo udah ga berkurang lg lsg pasang tutup radiator & selesai
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Profith83 »

saridin wrote: Sat May 09, 2020 5:42 Barusan DIY ganti air radiator Mirage. Kalo ada yg salah mohon koreksinya, maklum nubie dan it's a first time.

1) Buang coolant lama lewat radiator drain, juga kosongkan reservoir.
2) Drain masih kebuka, isi air PDAM sampe drain out-nya bening. Harusnya air destilasi, but I don't have one.
3) Tutup drain, isi air PAM sampe penuh. Dg radiator cap kebuka, nyalakan mobil + AC agar kipas muter. Tunggu sampe airnya muncrat2.
4) Drain out dan step 3 diulangi sekali lagi.
5) Tutup drain, isi coolant baru ke reservoir sampe batas F.
6) Dengan corong isikan coolant ke radiator sampe luber (dicorong).
7) Nyalakan mesin+AC agar kipasnya muter, sambil terus menambah coolant pelan2 hingga memenuhi corong.
8) Ditunggu sampai gelembung udara dicorong yg keluar lewat radiator cap benar2 habis. (Ini cukup lama)
9) Matikan mesin, pasang radiator cap.

Tapi kok coolant-nya masih sisa dikit, tambahkan lagi gak ya? Coolant dr beres isi 4 liter.
Mungkin lain kali lebih baik dibuang di radiator dan reservoir saja.
Kemudian isi coolant lagi.
Dibandingkan dengan
Kuras pakai air ledeng. Kecuali kurasnya pakai air destilasi atau air tambah aki.

Air pam menurut saya jauh lebih berbahaya drpd bekas coolant di mesin yg sudah 2 s/d 3 thn. Asal coolant masih terlihat warna dan tidak coklat/warna karat.

Kalau mau coba saja rendam paku dengan air pam murni dan air bekas coolant. Taruh di botol kaca

Dati situ hasilnya kita tahu lebih baik mana dikuras pakai air pam atau tidak dikuras biarkan coolant di blok mesin
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat May 09, 2020 4:36 melihat dr pertanyaan TS yg ngelepas reservoir aja bingung, mendingan jangan coba2 dah....

info sy jelas di atas perlu specific torque dan seal washer baru. TS hrs punya required tools ........ n skills.


more on L15 (R18 may differ):


Drain bolt.jpg


Drain bolt 2.jpg


InkedDrain bolt 3_LI.jpg


Coolant capacity.jpg

source: alldata
Ternyata total cuman 4.47 liter

Lah buka dr radiator aj ud kluar 3.5 liter.. berarti cuman sisa seliter doank d enjin blok.. ga worth it jg ya buka2 baut drain enjin blok

Laen crita kl kaya ipah.. d enjin blok aj bsa nampung ampe 2 liter
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat May 09, 2020 6:50
Ternyata total cuman 4.47 liter

Lah buka dr radiator aj ud kluar 3.5 liter.. berarti cuman sisa seliter doank d enjin blok.. ga worth it jg ya buka2 baut drain enjin blok

Laen crita kl kaya ipah.. d enjin blok aj bsa nampung ampe 2 liter
ohh itu di keterangan "include reservoir" juga ..... ga ke shot tulisannya ya

jd praktis yg di blok kurang dr 1L :mky_01:

worth it ga nya kayanya mending dibilas air demin accu, seliter merk yuasa di tokoijo Rp 7.000-12.000, paling butuh 4. apalagi kl kaya ente tiap taun ganti, kayanya ga ada coklat2nya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat May 09, 2020 7:00
DOHC wrote: Sat May 09, 2020 6:50
Ternyata total cuman 4.47 liter

Lah buka dr radiator aj ud kluar 3.5 liter.. berarti cuman sisa seliter doank d enjin blok.. ga worth it jg ya buka2 baut drain enjin blok

Laen crita kl kaya ipah.. d enjin blok aj bsa nampung ampe 2 liter
ohh itu di keterangan "include reservoir" juga ..... ga ke shot tulisannya ya

jd praktis yg di blok kurang dr 1L :mky_01:

worth it ga nya kayanya mending dibilas air demin accu, seliter merk yuasa di tokoijo Rp 7.000-12.000, paling butuh 4. apalagi kl kaya ente tiap taun ganti, kayanya ga ada coklat2nya.
Hebat jg yah desain si honda l15, bsa nyisain dikit doank d enjin blok

Tp bagus jg seh, ga usa ribet buka enjin blok punya drain plug, kl.ke hold cuman stengah liter doank

Kl ane seh, tiap kl drain tiap taon, warna, bau ama cairan nya kdg masi mirip ama yg baru d botol om.. cuman yah biar peace of mind aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by marmut »

Leonhart wrote: Sat May 09, 2020 3:04

Agak jauh di bawah dan ada kehalang pipa 1

Perlu extension, seumur2 pnya mbl
Baru ini kepikiran mau buka baut blok mesin haha

Baca2 dr forum luar msh pro kontra
Ada yg blg stlh buka jd rembes / bocor la

Haha

drain plug-nya tapered bolt atau baut biasa?
kalau baut biasa, kecil kemungkinan bocor kecuali ngencengin ala kadarnya.
misal tapered bolt, ini buka-pasangnya bikin biji keringetan. antara patah atau bocor..... tapi dicoba saja daripada penasaran ga bisa tidur. kalo sampe bocor ya beli lem epoxy kan cuma 15rb. klaar.
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Leonhart »

marmut wrote: Sat May 09, 2020 7:23
Leonhart wrote: Sat May 09, 2020 3:04

Agak jauh di bawah dan ada kehalang pipa 1

Perlu extension, seumur2 pnya mbl
Baru ini kepikiran mau buka baut blok mesin haha

Baca2 dr forum luar msh pro kontra
Ada yg blg stlh buka jd rembes / bocor la

Haha

drain plug-nya tapered bolt atau baut biasa?
kalau baut biasa, kecil kemungkinan bocor kecuali ngencengin ala kadarnya.
misal tapered bolt, ini buka-pasangnya bikin biji keringetan. antara patah atau bocor..... tapi dicoba saja daripada penasaran ga bisa tidur. kalo sampe bocor ya beli lem epoxy kan cuma 15rb. klaar.
Baut biasa
Tp denger2 dari forum 8th civic

Baut drain di r18 ini keras bgt ktnya
Makanya byk org di forum sana
Prefer kagak buka

Sisa 800ml - 1 liter di engine block
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Leonhart »

DOHC wrote: Sat May 09, 2020 7:20
Omnibus wrote: Sat May 09, 2020 7:00
DOHC wrote: Sat May 09, 2020 6:50
Ternyata total cuman 4.47 liter

Lah buka dr radiator aj ud kluar 3.5 liter.. berarti cuman sisa seliter doank d enjin blok.. ga worth it jg ya buka2 baut drain enjin blok

Laen crita kl kaya ipah.. d enjin blok aj bsa nampung ampe 2 liter
ohh itu di keterangan "include reservoir" juga ..... ga ke shot tulisannya ya

jd praktis yg di blok kurang dr 1L :mky_01:

worth it ga nya kayanya mending dibilas air demin accu, seliter merk yuasa di tokoijo Rp 7.000-12.000, paling butuh 4. apalagi kl kaya ente tiap taun ganti, kayanya ga ada coklat2nya.
Hebat jg yah desain si honda l15, bsa nyisain dikit doank d enjin blok

Tp bagus jg seh, ga usa ribet buka enjin blok punya drain plug, kl.ke hold cuman stengah liter doank

Kl ane seh, tiap kl drain tiap taon, warna, bau ama cairan nya kdg masi mirip ama yg baru d botol om.. cuman yah biar peace of mind aj

Ente buka baut reservoirnya pake kunci pas aja bisa ?

Ane takut kagak muat sempit bgt celahnya euy ahahaha


Mbl hrv ini reservoirnya agak aneh emang
Mendelep di bawah

Trs selang rservoirnya di tabung

Mbl lain kan di tutupnya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

Buka baut kupu2 reservoir mah pake jari ama kain aj.. pasti kebuka
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: