Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Tampanman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by Tampanman »

Lebih kesal lagi kalau liat mobil yang depannya terang meriah banget kalau malam, lampu headlamp, foglamp, sampai drl semuanya dinyalain pada malam hari, padahal dalam kota dan ga lagi hujan...

cads
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 06 Feb 2020, 07:47

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by cads »

penting banget lampu hazard waktu emergency braking, daripada resiko disundul dari belakang

atau klo mau modif xtrim alay bisa coba ini :ngacir:


nurekopriyo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 22 Oct 2012, 06:07

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by nurekopriyo »

walid_007 wrote:
15 Feb 2020, 07:02
Klo pas lagi ujan gede ?
Krn byk mobil yg ga ada rear foglamp
ini saya setuju bngt...

setuju sekali bhw nyalain hazard saat hujan cenderung membingungkan tapi klo hujan deres lampu senja (merah yg belakang) watt-nya kurang kuat nembus rintik hujan..
saya pernah punya vios gen.2/vios dugong, salah satu dr hanya sejumlah kecil mobil yg punya fog lamp belakang dg watt yg lbh tinggi..
masalahnya 80% populasi mobil di Indo DM gk punya fitur ini (cmiiw)...

jadi scr situasional saya 'terpaksa setuju' dg hazard saat hujan deras/deras sekali...

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1043
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by Omnibus »

nurekopriyo wrote:
15 Feb 2020, 11:48
walid_007 wrote:
15 Feb 2020, 07:02
Klo pas lagi ujan gede ?
Krn byk mobil yg ga ada rear foglamp
ini saya setuju bngt...

setuju sekali bhw nyalain hazard saat hujan cenderung membingungkan tapi klo hujan deres lampu senja (merah yg belakang) watt-nya kurang kuat nembus rintik hujan..
saya pernah punya vios gen.2/vios dugong, salah satu dr hanya sejumlah kecil mobil yg punya fog lamp belakang dg watt yg lbh tinggi..
masalahnya 80% populasi mobil di Indo DM gk punya fitur ini (cmiiw)...

jadi scr situasional saya 'terpaksa setuju' dg hazard saat hujan deras/deras sekali...
ok begini ..... itu masalah watt kurang terangnya lampu senja jauh lebih berguna daripada lampu hazard yg terang tapi kedap-kedip. Kalau lampu hazard yg terang dan berwarna kuning tsb tidak berkedip alias nyala terus, saya setuju itu lebih efektif drpd lampu senja yg merah.

Tapi krn berkedip dan hrs menembus curah hujan, kaca depan mobil belakang anda dan kibasan wiper (yg belum tentu kibasannya bersih sempurna) malah akan membuat org belakang anda sulit berkonsentrasi. kalau lihat lampu hazard anda itu pupil mata dia akan membesar dan mengecil spt anda di kamar gelap dan lampu kamar dihidupkan dan dimatikan terus menerus. dlm keadaan sudah begitu tambah lagi suara hujan menerpa kaca depan dan atap yg membuat konsentrasi tambah sulit.

lampu yg berkedap-kedip juga tidak membuat mudah mengukur jarak. sangat sulit mengukur jarak terhadap lampu berkedip tapi objeknya bergerak. beda dgn lampu berkedip yg dinyalakan mobil yg berhenti mogok di piggir jalan atau menempel di atas cone atau apapun yg tdk bergerak.

selain itu dgn hazard menyala bagaimana anda memberi tahu kendaraan sekitar kalau anda ingin berganti jalur ke kiri atau ke kanan? sebab sein kiri kanan anda tdk berfungsi ketika hazard menyala (kecuali di sebagian mobil jerman yg sy tahu saklar sein bisa override hazard)

tata cara mengemudi international jg tdk ada yg menyebutkan kl hujan lebat harus pakai hazard. kecuali mobil dlm keadaan FULL STOP.

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2280
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by kunaskun »

nurekopriyo wrote:
15 Feb 2020, 11:48
walid_007 wrote:
15 Feb 2020, 07:02
Klo pas lagi ujan gede ?
Krn byk mobil yg ga ada rear foglamp
ini saya setuju bngt...

setuju sekali bhw nyalain hazard saat hujan cenderung membingungkan tapi klo hujan deres lampu senja (merah yg belakang) watt-nya kurang kuat nembus rintik hujan..
saya pernah punya vios gen.2/vios dugong, salah satu dr hanya sejumlah kecil mobil yg punya fog lamp belakang dg watt yg lbh tinggi..
masalahnya 80% populasi mobil di Indo DM gk punya fitur ini (cmiiw)...

jadi scr situasional saya 'terpaksa setuju' dg hazard saat hujan deras/deras sekali...
dari segi aturan salah. hazzard hanya untuk full stop.
soal rear foglamp, malah saya setuju di Indonesia ga banyak kendaraan yang adopsi ini. karena pengalaman beberapa kali ketemu mobil yg ada fitur ini ketika sore/malam selalu nyala dalam segala situasi, malah jadi silau dan berbahaya.

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1543
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by nyotnyet »

nurekopriyo wrote:
walid_007 wrote:
15 Feb 2020, 07:02
Klo pas lagi ujan gede ?
Krn byk mobil yg ga ada rear foglamp
ini saya setuju bngt...

setuju sekali bhw nyalain hazard saat hujan cenderung membingungkan tapi klo hujan deres lampu senja (merah yg belakang) watt-nya kurang kuat nembus rintik hujan..
saya pernah punya vios gen.2/vios dugong, salah satu dr hanya sejumlah kecil mobil yg punya fog lamp belakang dg watt yg lbh tinggi..
masalahnya 80% populasi mobil di Indo DM gk punya fitur ini (cmiiw)...

jadi scr situasional saya 'terpaksa setuju' dg hazard saat hujan deras/deras sekali...
Om sudah pernah ngrasain di tol waktu hujan lebat mobil depan om hazard semua?
Udah matanya capek konsentrasi karna ujan deres, eh ditambah kedipan hazard mobil depan.
Kebetulan baru saya alami sendiri waktu saya di tol perjalanan plg ke surabaya dari semarang, sepanjang jalan tol hujan lebat dan banyak yg hazard, sampe surabaya saya kerasa mata capek bgt, biasanya kalo normal ga pernah kaya gitu.
Jadi saya ga setuju kalo hujan lebat pasang hazard, mendingan nyalain lampu normal aja speed normal jalan di kiri.

stay calm and drive D4D

pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by pernahmiskin »

Tuas/Tombol lampu hazard yg susah buat di terapkan ketika rem mendadak menurut saya adalah tuas hazzard/lampu darurat mobil pick up lawas dan beberapa mobil lawas lain.

Letaknya ada di balik setir..

Sy sdh googling tp ga ketemu pict'nya
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:

sh00t
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 476
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by sh00t »

pernahmiskin wrote:
16 Feb 2020, 02:51
Tuas/Tombol lampu hazard yg susah buat di terapkan ketika rem mendadak menurut saya adalah tuas hazzard/lampu darurat mobil pick up lawas dan beberapa mobil lawas lain.

Letaknya ada di balik setir..

Sy sdh googling tp ga ketemu pict'nya
Mobil box L 300 masih di belakang setir tuh om.

P47hos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by P47hos »

Kok masih ada yg setuju sama nyalain Hazard waktu hujan lebat ya... Padahal itu sangat mengganggu konsentrasi org yg lihat. Mending klo di tol masih bisa diselip, kalau jalanan luar kota lebih berbahaya lagi, jalanan kecil naik turun asli bikin pusing dan bikin emosi klo dibelakang mobil begitu. Padahal nyala lampu belakang aja sdh cukup terlihat.

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4187
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by F 272 »

Kalo saya....rem mendadak selalu klakson Panjang....supaya mobil belakang siap2 ngerem juga..gara2 pernah ngalamin mobil depan ngerem..saya ngerem eh mobil (taxi) belakang nga sigap... pintu belakang mobil saya langsung dia seruduk sampai kap mesin dia mlendung ke atas...kejadian di tol Jagorawi sekitaran Cawang arah ke Bogor, sejak itu saya selalu ngerem sambil klkason panjang.. stelah itu biasanya saya langsung tekan tombok hazard... :big_blushing: :big_okay:

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1043
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by Omnibus »

nyotnyet wrote:
16 Feb 2020, 00:31

Om sudah pernah ngrasain di tol waktu hujan lebat mobil depan om hazard semua?
Udah matanya capek konsentrasi karna ujan deres, eh ditambah kedipan hazard mobil depan.
Kebetulan baru saya alami sendiri waktu saya di tol perjalanan plg ke surabaya dari semarang, sepanjang jalan tol hujan lebat dan banyak yg hazard, sampe surabaya saya kerasa mata capek bgt, biasanya kalo normal ga pernah kaya gitu.
Jadi saya ga setuju kalo hujan lebat pasang hazard, mendingan nyalain lampu normal aja speed normal jalan di kiri.
nah
yg nyalain hazard bukan cuma 1 tp banyak dan kedap kedipnya kan mobil2 itu tidak berbarengan. ada yg pas ritme off ada yg ritme on. wahahahaha

udah gitu yg paling kejam yg ga nyalain lampu kota tp cuma nyalain hazardnya aja. itu mobil keliatan antara ada dan tiada.

hadehh di tol tp berasa kaya di pasar malam dgn kemidi putar (carousel) dan bianglala (ferris wheel) nya.

k1493nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: 14 Oct 2015, 05:18

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by k1493nk »

Omnibus wrote:
nurekopriyo wrote:
15 Feb 2020, 11:48
walid_007 wrote:
15 Feb 2020, 07:02
Klo pas lagi ujan gede ?
Krn byk mobil yg ga ada rear foglamp
ini saya setuju bngt...

setuju sekali bhw nyalain hazard saat hujan cenderung membingungkan tapi klo hujan deres lampu senja (merah yg belakang) watt-nya kurang kuat nembus rintik hujan..
saya pernah punya vios gen.2/vios dugong, salah satu dr hanya sejumlah kecil mobil yg punya fog lamp belakang dg watt yg lbh tinggi..
masalahnya 80% populasi mobil di Indo DM gk punya fitur ini (cmiiw)...

jadi scr situasional saya 'terpaksa setuju' dg hazard saat hujan deras/deras sekali...
ok begini ..... itu masalah watt kurang terangnya lampu senja jauh lebih berguna daripada lampu hazard yg terang tapi kedap-kedip. Kalau lampu hazard yg terang dan berwarna kuning tsb tidak berkedip alias nyala terus, saya setuju itu lebih efektif drpd lampu senja yg merah.

Tapi krn berkedip dan hrs menembus curah hujan, kaca depan mobil belakang anda dan kibasan wiper (yg belum tentu kibasannya bersih sempurna) malah akan membuat org belakang anda sulit berkonsentrasi. kalau lihat lampu hazard anda itu pupil mata dia akan membesar dan mengecil spt anda di kamar gelap dan lampu kamar dihidupkan dan dimatikan terus menerus. dlm keadaan sudah begitu tambah lagi suara hujan menerpa kaca depan dan atap yg membuat konsentrasi tambah sulit.

lampu yg berkedap-kedip juga tidak membuat mudah mengukur jarak. sangat sulit mengukur jarak terhadap lampu berkedip tapi objeknya bergerak. beda dgn lampu berkedip yg dinyalakan mobil yg berhenti mogok di piggir jalan atau menempel di atas cone atau apapun yg tdk bergerak.

selain itu dgn hazard menyala bagaimana anda memberi tahu kendaraan sekitar kalau anda ingin berganti jalur ke kiri atau ke kanan? sebab sein kiri kanan anda tdk berfungsi ketika hazard menyala (kecuali di sebagian mobil jerman yg sy tahu saklar sein bisa override hazard)

tata cara mengemudi international jg tdk ada yg menyebutkan kl hujan lebat harus pakai hazard. kecuali mobil dlm keadaan FULL STOP.
riizv89 wrote:Bukannya penting om, apalagi klo jarak pandang terbatas. Misal hujan sangat lebat, Jadi dibelakang akan lebih waspada juga, klo saya sih okay buat peringatan sesama.
Setuju dengan ini, pernah lwt tol batang saat hujan lebat saat sore hari, jarak pandang under 50m. Mbl di depan ga ada yg kelihatan kecuali yg nyalain hazard.

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1543
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by nyotnyet »

Omnibus wrote:
nyotnyet wrote:
16 Feb 2020, 00:31

Om sudah pernah ngrasain di tol waktu hujan lebat mobil depan om hazard semua?
Udah matanya capek konsentrasi karna ujan deres, eh ditambah kedipan hazard mobil depan.
Kebetulan baru saya alami sendiri waktu saya di tol perjalanan plg ke surabaya dari semarang, sepanjang jalan tol hujan lebat dan banyak yg hazard, sampe surabaya saya kerasa mata capek bgt, biasanya kalo normal ga pernah kaya gitu.
Jadi saya ga setuju kalo hujan lebat pasang hazard, mendingan nyalain lampu normal aja speed normal jalan di kiri.
nah
yg nyalain hazard bukan cuma 1 tp banyak dan kedap kedipnya kan mobil2 itu tidak berbarengan. ada yg pas ritme off ada yg ritme on. wahahahaha

udah gitu yg paling kejam yg ga nyalain lampu kota tp cuma nyalain hazardnya aja. itu mobil keliatan antara ada dan tiada.

hadehh di tol tp berasa kaya di pasar malam dgn kemidi putar (carousel) dan bianglala (ferris wheel) nya.
Nah ini, ga nyalain lampu apa2 cuma hazard, mikirnya mungkin saya masih bisa keliatan kok, ngapain nyalain lampu kota/besar, ya mobil belakang lu yg ga keliatan ada mobil lu disitu wkwkwkwkwk

Asli om, cape bener kena hazard pas ujan lebat

stay calm and drive D4D

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1043
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by Omnibus »

k1493nk wrote:
16 Feb 2020, 10:48
Omnibus wrote:
nurekopriyo wrote:
15 Feb 2020, 11:48


ini saya setuju bngt...

setuju sekali bhw nyalain hazard saat hujan cenderung membingungkan tapi klo hujan deres lampu senja (merah yg belakang) watt-nya kurang kuat nembus rintik hujan..
saya pernah punya vios gen.2/vios dugong, salah satu dr hanya sejumlah kecil mobil yg punya fog lamp belakang dg watt yg lbh tinggi..
masalahnya 80% populasi mobil di Indo DM gk punya fitur ini (cmiiw)...

jadi scr situasional saya 'terpaksa setuju' dg hazard saat hujan deras/deras sekali...
ok begini ..... itu masalah watt kurang terangnya lampu senja jauh lebih berguna daripada lampu hazard yg terang tapi kedap-kedip. Kalau lampu hazard yg terang dan berwarna kuning tsb tidak berkedip alias nyala terus, saya setuju itu lebih efektif drpd lampu senja yg merah.

Tapi krn berkedip dan hrs menembus curah hujan, kaca depan mobil belakang anda dan kibasan wiper (yg belum tentu kibasannya bersih sempurna) malah akan membuat org belakang anda sulit berkonsentrasi. kalau lihat lampu hazard anda itu pupil mata dia akan membesar dan mengecil spt anda di kamar gelap dan lampu kamar dihidupkan dan dimatikan terus menerus. dlm keadaan sudah begitu tambah lagi suara hujan menerpa kaca depan dan atap yg membuat konsentrasi tambah sulit.

lampu yg berkedap-kedip juga tidak membuat mudah mengukur jarak. sangat sulit mengukur jarak terhadap lampu berkedip tapi objeknya bergerak. beda dgn lampu berkedip yg dinyalakan mobil yg berhenti mogok di piggir jalan atau menempel di atas cone atau apapun yg tdk bergerak.

selain itu dgn hazard menyala bagaimana anda memberi tahu kendaraan sekitar kalau anda ingin berganti jalur ke kiri atau ke kanan? sebab sein kiri kanan anda tdk berfungsi ketika hazard menyala (kecuali di sebagian mobil jerman yg sy tahu saklar sein bisa override hazard)

tata cara mengemudi international jg tdk ada yg menyebutkan kl hujan lebat harus pakai hazard. kecuali mobil dlm keadaan FULL STOP.
riizv89 wrote:Bukannya penting om, apalagi klo jarak pandang terbatas. Misal hujan sangat lebat, Jadi dibelakang akan lebih waspada juga, klo saya sih okay buat peringatan sesama.
Setuju dengan ini, pernah lwt tol batang saat hujan lebat saat sore hari, jarak pandang under 50m. Mbl di depan ga ada yg kelihatan kecuali yg nyalain hazard.
Maaf, saya justru sedang mengkampanyekan yg berlawanan dgn anda. :wkkk:

SAYA TIDAK SETUJU HAZARD KETIKA HUJAN. Cukup nyalakan lampu kota spy tail light merah anda menyala.

k1493nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: 14 Oct 2015, 05:18

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by k1493nk »

Omnibus wrote:
k1493nk wrote:
16 Feb 2020, 10:48
Omnibus wrote:
ok begini ..... itu masalah watt kurang terangnya lampu senja jauh lebih berguna daripada lampu hazard yg terang tapi kedap-kedip. Kalau lampu hazard yg terang dan berwarna kuning tsb tidak berkedip alias nyala terus, saya setuju itu lebih efektif drpd lampu senja yg merah.

Tapi krn berkedip dan hrs menembus curah hujan, kaca depan mobil belakang anda dan kibasan wiper (yg belum tentu kibasannya bersih sempurna) malah akan membuat org belakang anda sulit berkonsentrasi. kalau lihat lampu hazard anda itu pupil mata dia akan membesar dan mengecil spt anda di kamar gelap dan lampu kamar dihidupkan dan dimatikan terus menerus. dlm keadaan sudah begitu tambah lagi suara hujan menerpa kaca depan dan atap yg membuat konsentrasi tambah sulit.

lampu yg berkedap-kedip juga tidak membuat mudah mengukur jarak. sangat sulit mengukur jarak terhadap lampu berkedip tapi objeknya bergerak. beda dgn lampu berkedip yg dinyalakan mobil yg berhenti mogok di piggir jalan atau menempel di atas cone atau apapun yg tdk bergerak.

selain itu dgn hazard menyala bagaimana anda memberi tahu kendaraan sekitar kalau anda ingin berganti jalur ke kiri atau ke kanan? sebab sein kiri kanan anda tdk berfungsi ketika hazard menyala (kecuali di sebagian mobil jerman yg sy tahu saklar sein bisa override hazard)

tata cara mengemudi international jg tdk ada yg menyebutkan kl hujan lebat harus pakai hazard. kecuali mobil dlm keadaan FULL STOP.
riizv89 wrote:Bukannya penting om, apalagi klo jarak pandang terbatas. Misal hujan sangat lebat, Jadi dibelakang akan lebih waspada juga, klo saya sih okay buat peringatan sesama.
Setuju dengan ini, pernah lwt tol batang saat hujan lebat saat sore hari, jarak pandang under 50m. Mbl di depan ga ada yg kelihatan kecuali yg nyalain hazard.
Maaf, saya justru sedang mengkampanyekan yg berlawanan dgn anda. :wkkk:

SAYA TIDAK SETUJU HAZARD KETIKA HUJAN. Cukup nyalakan lampu kota spy tail light merah anda menyala.
Ga tembus om cahaya merah... Hujan lebat sore hari, yg tampak hanya warna abu2. Saya sebelum kejadian itu juga ga setuju dengan hazard saat hujan. Tapi setelah mengalami hal itu saya mempertimbangkan nyalain hazard bila jarak pandang bener2 terbatas.


Fyi, saat itu hampir semua kendaraan berjalan pada kec di bawah 60kpj.

lamatlancah
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: 14 Sep 2016, 18:20
Daily Vehicle: 4Runner TRD Pro

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by lamatlancah »

kemarin hari sabtu sekitar jam 14:30 di tol pasteur dan kopo sedang hujan sebesar2nya. jarak pandang hanya sekitar 25 meter, 90% dari mobil di situ pada nyalain lampu hazard. kalau sempet difoto kayaknya bagus efek hasilnya hehehehe..

saturday
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by saturday »

Perlu. Beberapa kali sangat terbantu oleh orang depan yang menyalakan hazardnya saat hard braking. Saya langsung pelankan laju dan jaga jarak. Kalau saya sendiri belum pernah nayalakan hazard saat hard braking. Tidak kepikiran :mky_01:

User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 591
Joined: 30 Oct 2011, 18:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by iwidiyanto »

lampu hazard itu kalo pas ujan deres bikin sy yg di belakangnya terdistraksi, biasanya sy langsung menjauh atau ganti lajur

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1043
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by Omnibus »

k1493nk wrote:
16 Feb 2020, 11:35
Omnibus wrote:
Maaf, saya justru sedang mengkampanyekan yg berlawanan dgn anda. :wkkk:

SAYA TIDAK SETUJU HAZARD KETIKA HUJAN. Cukup nyalakan lampu kota spy tail light merah anda menyala.
Ga tembus om cahaya merah... Hujan lebat sore hari, yg tampak hanya warna abu2. Saya sebelum kejadian itu juga ga setuju dengan hazard saat hujan. Tapi setelah mengalami hal itu saya mempertimbangkan nyalain hazard bila jarak pandang bener2 terbatas.


Fyi, saat itu hampir semua kendaraan berjalan pada kec di bawah 60kpj.
Sebaiknya om kembali ke jalan yg benar spt sebelumnya :big_exellent:

Divisi Humas Polri bilang menyalakan hazard saat hujan adalah salah.

Polda Jabar ketika operasi zebra Lodaya Okt 2018 juga mensosialisasikan penggunaan hazard saat hujan adalah salah.

Auto2000 sampai2 juga mensosialisasikan hal yg sama.

Bahkan di banyak negara hal tsb illegal (bisa dikenakan sanksi) karena berbahaya.

saduran:
Divisi Humas Polri pada akun media sosial pernah menjelaskan empat hal salah kaprah penggunaan lampu hazard.

1. Menyalakan lampu hazard saat hujan. Penggunaan seperti ini dikatakan hanya akan membingungkan pengemudi di belakang karena fungsi lampu sein jadi tidak maksimal. Jadi disarankan pengemudi cukup berhati-hati saat melalui hujan sembari menyalakan lampu utama.

2. Menyalakan hazard saat memberi tanda lurus di persimpangan. Kegiatan ini tidak perlu karena bukan peruntukannya. Tanpa menghidupkan lampu sein itu berarti kendaraan bergerak lurus.

3. Menyalakan lampu hazard di lorong gelap. Aktivitas ini juga dikatakan tidak perlu karena tidak ada efeknya dan malah dinilai membingungkan pengemudi di belakang. Saat berada di lorong gelap disarankan menyalakan lampu senja atau lampu utama dengan begitu lampu belakang merah yang ikutan menyala sudah bisa menjadi bentuk komunikasi dengan pengemudi di belakang.

4. Menyalakan lampu hazard saat di jalan berkabut. Pada kondisi ini pengendara sebetulnya cukup untuk menyalakan lampu kabut atau utama.

source:
https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20 ... mpu-hazard

https://jabar.tribunnews.com/2018/11/08 ... -dan-salah

https://auto2000.co.id/news-event/ini-a ... deras/amp/

https://www.google.com/search?q=illegal ... UTF-8#ip=1
Last edited by Omnibus on 16 Feb 2020, 12:19, edited 2 times in total.

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2280
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by kunaskun »

k1493nk wrote:
16 Feb 2020, 11:35
Ga tembus om cahaya merah... Hujan lebat sore hari, yg tampak hanya warna abu2. Saya sebelum kejadian itu juga ga setuju dengan hazard saat hujan. Tapi setelah mengalami hal itu saya mempertimbangkan nyalain hazard bila jarak pandang bener2 terbatas.

Fyi, saat itu hampir semua kendaraan berjalan pada kec di bawah 60kpj.
https://www.accuweather.com/en/weather- ... n-2/432626
alasan di USA lebih gampang: A motorist behind you might mistake it for a turn signal or assume that you are tapping on your brakes. They are called hazard lights because they signal a hazard - that your car has broken down, or you have been in an accident,". dan sudah jelas melanggar aturan nyaris di semua negara bagian. di Indonesia? secara hukum jelas illegal.

tapi karena ini di Indonesia, terjadilah hal2 "ajaib". hazzard pas convoy, hazzard pas hujan. mungkin lama2 mobil di indo ga perlu sign dan lampu kota, pake hazzard saja terus. [emo-yesno]

--
kalau mau peduli soal keselamatan dan mau tahu soal kenapa merah itu jadi penanda utama
https://sciencing.com/visible-colors-di ... 09029.html
https://www.quora.com/What-are-the-easi ... ce-and-why

sederhananya: MERAH ITU LEBIH MUDAH DITERIMA MATA.

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2280
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by kunaskun »

lamatlancah wrote:
16 Feb 2020, 11:43
kemarin hari sabtu sekitar jam 14:30 di tol pasteur dan kopo sedang hujan sebesar2nya. jarak pandang hanya sekitar 25 meter, 90% dari mobil di situ pada nyalain lampu hazard. kalau sempet difoto kayaknya bagus efek hasilnya hehehehe..
pernah beberapa kali kaya gini, karena saya ngeri sendiri takut kenapa2 akibat semuanya kelap kelip, akhirnya berjuang minggir ke lajur paling kiri, jalan santai2 saja sampe mereda dan driver norak lainnya ga pake hazzard, baru pindah jalur lagi.

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4563
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by kompresorz »

walid_007 wrote:
15 Feb 2020, 07:02
Klo pas lagi ujan gede ?
Krn byk mobil yg ga ada rear foglamp
bawa mobilnya ke tempat aksesoris pasangin rear foglam... :big_weee:

gitu aja repot...


:ngacir:

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4563
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by kompresorz »

Omnibus wrote:
16 Feb 2020, 12:16
k1493nk wrote:
16 Feb 2020, 11:35
Omnibus wrote:
Maaf, saya justru sedang mengkampanyekan yg berlawanan dgn anda. :wkkk:

SAYA TIDAK SETUJU HAZARD KETIKA HUJAN. Cukup nyalakan lampu kota spy tail light merah anda menyala.
Ga tembus om cahaya merah... Hujan lebat sore hari, yg tampak hanya warna abu2. Saya sebelum kejadian itu juga ga setuju dengan hazard saat hujan. Tapi setelah mengalami hal itu saya mempertimbangkan nyalain hazard bila jarak pandang bener2 terbatas.


Fyi, saat itu hampir semua kendaraan berjalan pada kec di bawah 60kpj.
Sebaiknya om kembali ke jalan yg benar spt sebelumnya :big_exellent:

Divisi Humas Polri bilang menyalakan hazard saat hujan adalah salah.

Polda Jabar ketika operasi zebra Lodaya Okt 2018 juga mensosialisasikan penggunaan hazard saat hujan adalah salah.

Auto2000 sampai2 juga mensosialisasikan hal yg sama.

Bahkan di banyak negara hal tsb illegal (bisa dikenakan sanksi) karena berbahaya.

saduran:
Divisi Humas Polri pada akun media sosial pernah menjelaskan empat hal salah kaprah penggunaan lampu hazard.

1. Menyalakan lampu hazard saat hujan. Penggunaan seperti ini dikatakan hanya akan membingungkan pengemudi di belakang karena fungsi lampu sein jadi tidak maksimal. Jadi disarankan pengemudi cukup berhati-hati saat melalui hujan sembari menyalakan lampu utama.

2. Menyalakan hazard saat memberi tanda lurus di persimpangan. Kegiatan ini tidak perlu karena bukan peruntukannya. Tanpa menghidupkan lampu sein itu berarti kendaraan bergerak lurus.

3. Menyalakan lampu hazard di lorong gelap. Aktivitas ini juga dikatakan tidak perlu karena tidak ada efeknya dan malah dinilai membingungkan pengemudi di belakang. Saat berada di lorong gelap disarankan menyalakan lampu senja atau lampu utama dengan begitu lampu belakang merah yang ikutan menyala sudah bisa menjadi bentuk komunikasi dengan pengemudi di belakang.

4. Menyalakan lampu hazard saat di jalan berkabut. Pada kondisi ini pengendara sebetulnya cukup untuk menyalakan lampu kabut atau utama.

source:
https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20 ... mpu-hazard

https://jabar.tribunnews.com/2018/11/08 ... -dan-salah

https://auto2000.co.id/news-event/ini-a ... deras/amp/

https://www.google.com/search?q=illegal ... UTF-8#ip=1
syiaap komandan om nibus...







kbetulan saya gak pernah nyalain hazard klo hujan atau persimpangan...

malah berdebat dengan sodara perempuan yg lama kerja diluar idupin hazard ketemu simpang....
krn ktnya org lain rata2 idup hazard...



laporan selesai komandan....

LAKSANAKAN...


:ngacir: :ngacir:

nurekopriyo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 22 Oct 2012, 06:07

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by nurekopriyo »

Omnibus wrote:
nurekopriyo wrote:
15 Feb 2020, 11:48
walid_007 wrote:
15 Feb 2020, 07:02
Klo pas lagi ujan gede ?
Krn byk mobil yg ga ada rear foglamp
ini saya setuju bngt...

setuju sekali bhw nyalain hazard saat hujan cenderung membingungkan tapi klo hujan deres lampu senja (merah yg belakang) watt-nya kurang kuat nembus rintik hujan..
saya pernah punya vios gen.2/vios dugong, salah satu dr hanya sejumlah kecil mobil yg punya fog lamp belakang dg watt yg lbh tinggi..
masalahnya 80% populasi mobil di Indo DM gk punya fitur ini (cmiiw)...

jadi scr situasional saya 'terpaksa setuju' dg hazard saat hujan deras/deras sekali...
ok begini ..... itu masalah watt kurang terangnya lampu senja jauh lebih berguna daripada lampu hazard yg terang tapi kedap-kedip. Kalau lampu hazard yg terang dan berwarna kuning tsb tidak berkedip alias nyala terus, saya setuju itu lebih efektif drpd lampu senja yg merah.

Tapi krn berkedip dan hrs menembus curah hujan, kaca depan mobil belakang anda dan kibasan wiper (yg belum tentu kibasannya bersih sempurna) malah akan membuat org belakang anda sulit berkonsentrasi. kalau lihat lampu hazard anda itu pupil mata dia akan membesar dan mengecil spt anda di kamar gelap dan lampu kamar dihidupkan dan dimatikan terus menerus. dlm keadaan sudah begitu tambah lagi suara hujan menerpa kaca depan dan atap yg membuat konsentrasi tambah sulit.

lampu yg berkedap-kedip juga tidak membuat mudah mengukur jarak. sangat sulit mengukur jarak terhadap lampu berkedip tapi objeknya bergerak. beda dgn lampu berkedip yg dinyalakan mobil yg berhenti mogok di piggir jalan atau menempel di atas cone atau apapun yg tdk bergerak.

selain itu dgn hazard menyala bagaimana anda memberi tahu kendaraan sekitar kalau anda ingin berganti jalur ke kiri atau ke kanan? sebab sein kiri kanan anda tdk berfungsi ketika hazard menyala (kecuali di sebagian mobil jerman yg sy tahu saklar sein bisa override hazard)

tata cara mengemudi international jg tdk ada yg menyebutkan kl hujan lebat harus pakai hazard. kecuali mobil dlm keadaan FULL STOP.
sori go maksud utk setuju dg sepenuh hati kan saya kasi quote...

klo dibaca lengkap saya bilang mobil2 Indo DM gk punya lampu kabut belakang yg wattnya tinggi alias bisa cukup kuat nembus klo intensitas hujan tinggi (nanti saya cari referensi intensitas hujan tinggi yg bakal bikin susah liat di jalam itu berapa mm)...

saya cenderung beranggapan baiknya regulator mulai 'mendorong' manufacturer utk memasang lampu kabut belakang (makanya saya kasi contoh mobil yg pernah saya punya vios gen.2 yg punya lampu tsb)...

mobil saya sekarang xtrail T32 spot utk lampu kabut belakang di'biarin' kosong..
saya jg smpt punya outlander sport juga sama persis kosong..
kedua mobil tsb posisi lampu kabut belakang ada di tengah bawah bemper belakang..

mhn maaf & semoga menjelaskan..

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1043
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Perlukah menyalakan lampu hazard pada saat melakukan pengereman mendadak

Post by Omnibus »

nurekopriyo wrote:
16 Feb 2020, 14:13
Omnibus wrote:

........
sori go maksud utk setuju dg sepenuh hati kan saya kasi quote...

klo dibaca lengkap saya bilang mobil2 Indo DM gk punya lampu kabut belakang yg wattnya tinggi alias bisa cukup kuat nembus klo intensitas hujan tinggi (nanti saya cari referensi intensitas hujan tinggi yg bakal bikin susah liat di jalam itu berapa mm)...

saya cenderung beranggapan baiknya regulator mulai 'mendorong' manufacturer utk memasang lampu kabut belakang (makanya saya kasi contoh mobil yg pernah saya punya vios gen.2 yg punya lampu tsb)...

mobil saya sekarang xtrail T32 spot utk lampu kabut belakang di'biarin' kosong..
saya jg smpt punya outlander sport juga sama persis kosong..
kedua mobil tsb posisi lampu kabut belakang ada di tengah bawah bemper belakang..

mhn maaf & semoga menjelaskan..
noted om ..... :big_deal:

rear foglamp memang sptnya yg paling sesuai. tp melihat banyak pengemudi yg tdk tau kapan hrs menyalakannya malah nanti jd salah lagi, contohnya ga ada hujan ga ada kabut tapi dinyalakan dan malah membuat silau.

untungnya skrg lampu belakang mobil baru rata2 sdh LED jd lbh kuat jg intensitasnya.

Post Reply