Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by evanbngdor » 16 Jan 2020, 14:14

ChZ wrote:
15 Jan 2020, 09:57
Omnibus wrote:
14 Jan 2020, 16:17

sy diceritain langsung sm anak buah ghosn yg jd trainer sy waktu nguli disana. ada kejadian diawal2 kepemimpinan dia pimpin meeting didepan senior jepang, marah2 sampai gebrak meja sampai jam tangannya pecah berserakan kemana2. jelas dr awal ada perbedaan culture yg mencolok. org jepang kan menghargai senioritas bgt sampai cuma senior yg dihormati yg boleh berkumis dan goaty di area kantor.
Ternyata realita di balik cerita kesuksesan Ghosn nyelametin batumakam gak seindah itu yak. tindakan Ghosn seperti itu mgk dipandang un-ethical bagi orang Jepang yang sangat menjunjung tinggi etika dan perfeksionis. sangat melukai pride mereka pastinya.
Memang beda budaya beda cara pendekatan&bekerja nya sih.

Kebetulan tempat saya kerja skg petinggi2nya kebanyakan Expatriate dari Perancis. Tipikalnya ya hajar sana sini. Coba sana sini. Bekerja ngga mengenal senioritas, bisa lanjut, ngga bisa cabut. Kalo lg meeting bahasa tubuh pasti keluar, ketok2 meja udah biasa.

Nah ada temen yg kerja di kompetitor, petingginya kebanyakan Expatriate dari Jepang, ya tipikal Jepang pada umumnya, senioritas dan etos kerja dijunjung tinggi banget, sampe kadang mau pulang aja susah, mesti kabur2
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2221
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by kunaskun » 16 Jan 2020, 14:29

ChZ wrote:
16 Jan 2020, 13:27

french cars (in general) bahkan terkenal lemon, sampe dibully trio TG waktu ngetes 3 Peugeot :mky_07: masalahnya sales volume french cars di sini ga banyak jadi ga terlalu kedengeran. yah anggep aja Nissunk adalah contoh bagaimana kualitas mobil prancis jika diterapkan dalam skala gede.

mesin HR15, QR25, YD25 kayaknya masih by Nissan yak, tuh 3 mesin kan lumayan robust. QR25 surprisingly robust masih dipake ampe skrg dan T30 juga kayaknya adem ayem aja soal mesin.

HR12 kipas pendinginnya lemah syahwat... ntah ngambil dari junkyard mana lalu dipasang.
ya begitulah. somehow sebenernya yang beruntung Renault, banyak mesin kecil nissan di rebrand kan.

secara umum powerhouse nissan kalau saya baca2 ga banyak yang aneh2 lah, CVT? merek apa si yg ga problem? dibandingkan geared AT.

HR12 punya cooling fan akibat bahan bushing dari plastik/nylon bukan dari metal, alhasil kalah sama cuaca Indo yg panas = nyala terus. Padahal itu part bikinin Nidec. gebleknya lagi jual pengganti satu assy dengan blade, ga bisa motor saja. padahal bisa dibongkar juga ternyata, dan modal 100 ribuan ganti itu bushing as fan dari brass/metal/kuningan.
to be exact : mempopulerkan teknologi tsb dipakai di common cars. pabrikan pertama yang apply CVT di hampir semua lineup.

Yah sebenernya soal innovation mereka banyak sih... full electric vehicle mereka duluan sih yang pake di common cars Leaf (bukan kelas mewah macem Tesla), terus e-Power juga inovasi menarik.

good technology sayang tidak longlast.
ya begitulah. hidup memang soal memilih :mky_06:
DOHC wrote:
16 Jan 2020, 13:46
Utk HR dan MR series enjin sebenernya didevelop utk gantiin QR series yg ud obsolete banget, cman somehow knapa HR dan MR series mentok d 2.0 liter displacement, utk 2.5 nya mreka masi stuck di QR
kayanya karena HR itu memang di develop ga buat kapasitas gede. mungkin prediksinya ga ada lagi mobil yg butuh mesin kapasitas gede. kalau ada ya kasihin saja mesin kuno. Karena nyatanya HR itu sampe sekarang terus beranak pinak dengan macem2 varian kan.

QR series pun kluar d jaman ahond dgn D, K, B series nya, mitsu masi d 4G series nya, atoyot dgn 4-A series nya.. jd yah bsa kbayang masi gmana kualiti nya


Utk urusan teknologi dan kualiti sehh MR am HR series sehh ga maen2.. boring silinder sekelas teknologi mobil balap, noken as ama kruk as mirror finishin.. ga heran bsa pake teknologi gt krn dibuat di pabrik yg sama ama tranny GTR
QR > MR > HR jadi gitu ya urutannya.

pernah baca soal HR15, nasibnya di bully2 netijen indo karena hobi ngelitik. kalau di break down, not bad at all dari segi tech, material, dsb, apalagi ternyata memang disiapin untuk force induction. tapi ya begitulah
Makanya ane blg sayang ini merek, ad potensi utk bkin mobil bagus tp d rusak ama printilan2 nya, blm lg pas awal2 after sales nya yg amburadul
apalagi di indo, sempet merangsek top three, bikin daitoyo, ahond, suzuki berbenah, mati pelan2 ga cuma karena dibawah bendera indomobil, juga karena ternyata HQ kacau balau [emo-yesno]

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 891
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Omnibus » 16 Jan 2020, 15:05

DOHC wrote:
16 Jan 2020, 13:46
Utk HR dan MR series enjin sebenernya didevelop utk gantiin QR series yg ud obsolete banget, cman somehow knapa HR dan MR series mentok d 2.0 liter displacement, utk 2.5 nya mreka masi stuck di QR

.....
karena HR dan MR tdk dilengkapi counterbalance shaft. tanpa itu engine 4-cyl diatas 2.200 cc akan suffer first order harmonics (vibrate) terutama dr rpm menengah ke tinggi. QR dilengkapi counterbalance shaft makanya bisa sampai 2.500 cc. Dan biaya produksi engine dgn counterbalance shaft itu mahal.

T30 pertama2 launching dulu yg msh CBU cc nya 2.000 tp pakai QR20. dan akhirnya semua 2.0 diganti MR20 kan. and why? right, blame the french. wkwkwkkwk
Last edited by Omnibus on 16 Jan 2020, 15:16, edited 1 time in total.

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9063
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by ChZ » 16 Jan 2020, 15:07

DOHC wrote:
16 Jan 2020, 13:46
Utk HR dan MR series enjin sebenernya didevelop utk gantiin QR series yg ud obsolete banget, cman somehow knapa HR dan MR series mentok d 2.0 liter displacement, utk 2.5 nya mreka masi stuck di QR

QR series pun kluar d jaman ahond dgn D, K, B series nya, mitsu masi d 4G series nya, atoyot dgn 4-A series nya.. jd yah bsa kbayang masi gmana kualiti nya

Utk urusan teknologi dan kualiti sehh MR am HR series sehh ga maen2.. boring silinder sekelas teknologi mobil balap, noken as ama kruk as mirror finishin.. ga heran bsa pake teknologi gt krn dibuat di pabrik yg sama ama tranny GTR

Makanya ane blg sayang ini merek, ad potensi utk bkin mobil bagus tp d rusak ama printilan2 nya, blm lg pas awal2 after sales nya yg amburadul
HR ama MR bukannya tergantung cc kayak ahond gt yak?

Nissan HR12,HR15 = Honda L12,L15
Nissan MR18, MR20 = Honda R18,R20
Nissan QR20, QR25 = Honda K20,K24.

dst.

tapi emang penyakit enjin batumakam sebenernya jarang ada yang ajaib-ajaib sih.
kunaskun wrote:
16 Jan 2020, 14:29

ya begitulah. somehow sebenernya yang beruntung Renault, banyak mesin kecil nissan di rebrand kan.

secara umum powerhouse nissan kalau saya baca2 ga banyak yang aneh2 lah, CVT? merek apa si yg ga problem? dibandingkan geared AT.

HR12 punya cooling fan akibat bahan bushing dari plastik/nylon bukan dari metal, alhasil kalah sama cuaca Indo yg panas = nyala terus. Padahal itu part bikinin Nidec. gebleknya lagi jual pengganti satu assy dengan blade, ga bisa motor saja. padahal bisa dibongkar juga ternyata, dan modal 100 ribuan ganti itu bushing as fan dari brass/metal/kuningan.

kayanya karena HR itu memang di develop ga buat kapasitas gede. mungkin prediksinya ga ada lagi mobil yg butuh mesin kapasitas gede. kalau ada ya kasihin saja mesin kuno. Karena nyatanya HR itu sampe sekarang terus beranak pinak dengan macem2 varian kan.

QR > MR > HR jadi gitu ya urutannya.

pernah baca soal HR15, nasibnya di bully2 netijen indo karena hobi ngelitik. kalau di break down, not bad at all dari segi tech, material, dsb, apalagi ternyata memang disiapin untuk force induction. tapi ya begitulah


apalagi di indo, sempet merangsek top three, bikin daitoyo, ahond, suzuki berbenah, mati pelan2 ga cuma karena dibawah bendera indomobil, juga karena ternyata HQ kacau balau [emo-yesno]
Renault si beruntung itu Keleus pake mesin QR uda terkenal robust. HR sebenernya liat track record lipina ga pernah prone to engine problem aneh-aneh, lipina taun 2007 jg jalan-jalan aja biarpun udah kucel dekil dan bunyi semua kaki-kaki :mky_07:

merek jepang yang populer pake CVT di indo kurang lebihnya :

batumakam, mitsu, blakangan baru toyota honda nyusul. Batumakam ama mitsu CVTnya sepabrik (jatco). honda inhouse, toyota ntah biasanya aisin.

case nya jatco CVT sebenernya agak unik krn cukup random dan yang punya problem bawaan itu kalo setau ane Xtronic gen awal (T31, J32 Teana, Juke) itupun ada jg yang tembus ratusan ribu. Otlendir semprot dan Mirage kurang tau, mgk dikembanginnya ama Xtronic gen-2 jadi gak terlalu prone to trouble.

plus kebanyakan user transmisi CVT gak ngerti perawatan CVT dan cilakanya beres juga nggak ngasih tau ho-oh ho-oh aja ama service manual krn mekaniknya kebanyakan jg baru lulus SMK dan percaya aja sama apa tuh alat di beres nissunk yang bisa baca umur CVTF. Honda gak punya alat gini jadi yah ikut buku, 2yrs/40k. Kmrn SA ahond sampe bingung kok ane minta ganti padahal kilometer rendah blm disaranin ganti lah iye kan di buku elu bilangnya 2thn/40k :mky_07: alasan sebenernya : mobil udah tuned lebih prone to wear, cm gak bilang SA nya tar gugur garansi :mky_07:

Cilakanya lagi mayoritas pengguna mobil pasti main percaya ama beres juga :mky_05:

oooh kejawab sekarang kenapa kok itu fan lemah sekali, kadang malah bisa as early as itungan bulan itu kipas pendingin mati :mky_05:

yang jadi "warisan" batu makam ampe skrg adalah naikin standar LMPV dari papanjah gen awal yang naikannya kek grobak jadi lebih manusiawi :mky_07: iya ada Ertiga abis itu, tapi jangan lupa mungkin Suzuki juga blajar gimana bikin LMPV enak dari batumakam jg. Daitoyo sempat ketar-ketir di awal muncul GL sampe keluar video legendaris "GL ga bisa nanjak di parkiran mall" yang untuk internal sales Toyota yang kok bisa bocor ke luar.

terus bikin ahond keluarin CRV mesin 2.4 sejak T30 ngerusak pasar dengan mesin 2.5 yang tenaganya buas dan harganya mepet.
Last edited by ChZ on 16 Jan 2020, 15:14, edited 1 time in total.
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16904
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by DOHC » 16 Jan 2020, 15:14

@kunaskun : MR ama HR didevelop waktu yg bebarengan om. Dan yeah, ntuh HR ama MR emg scara desain sehh lumayan, tp yah blk lg masalah printilan.. bahkan utk coil nya aj awal2 banyak bgt yg cacat..

@omnibus :ahh bener jg, lupa ama tuh counterbalans shaft
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9063
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by ChZ » 16 Jan 2020, 15:23

evanbngdor wrote:
16 Jan 2020, 14:14

Memang beda budaya beda cara pendekatan&bekerja nya sih.

Kebetulan tempat saya kerja skg petinggi2nya kebanyakan Expatriate dari Perancis. Tipikalnya ya hajar sana sini. Coba sana sini. Bekerja ngga mengenal senioritas, bisa lanjut, ngga bisa cabut. Kalo lg meeting bahasa tubuh pasti keluar, ketok2 meja udah biasa.

Nah ada temen yg kerja di kompetitor, petingginya kebanyakan Expatriate dari Jepang, ya tipikal Jepang pada umumnya, senioritas dan etos kerja dijunjung tinggi banget, sampe kadang mau pulang aja susah, mesti kabur2
:mky_01:
nah apalagi kontras gini, mgk ane rasa senior-senior di Nissan menganggap si Ghosn ini "bocah kampungan kaga punya aturan ma sopan santun", dan ane rasa makin bikin jengkel krn media coverage mengagung-agungkan jasanya dan mereka gak bisa melawan fact kalo keuangan batumakam membaik :mky_07:

dan sekarang kondisi keuangan memburuk barangkali mereka dapet "kesempatan" buat kudeta si Ghosn.
Omnibus wrote:
16 Jan 2020, 15:05

karena HR dan MR tdk dilengkapi counterbalance shaft. tanpa itu engine 4-cyl diatas 2.200 cc akan suffer first order harmonics (vibrate) terutama dr rpm menengah ke tinggi. QR dilengkapi counterbalance shaft makanya bisa sampai 2.500 cc. Dan biaya produksi engine dgn counterbalance shaft itu mahal.

T30 pertama2 launching dulu yg msh CBU cc nya 2.000 tp pakai QR20. dan akhirnya semua 2.0 diganti MR20 kan. and why? right, blame the french. wkwkwkkwk
apakah cutting cost ini jg terjadi di engine-engine besar spt VQ ? Soalnya Teana L33 juga turun "kasta" kan dari VQ25 jadi QR25. gimana2 produksi V6 lebih mahal jg kan dari 4-inline. Daripada bikin 2 mesin displacement sama beda konfigurasi lebih baik diturunin saja jadi 4-cyl.

dan lalu nasibnya Infiniti yang gagal bersaing dengan Lexus...
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by evanbngdor » 16 Jan 2020, 15:33

ChZ wrote:
16 Jan 2020, 15:23
evanbngdor wrote:
16 Jan 2020, 14:14

Memang beda budaya beda cara pendekatan&bekerja nya sih.

Kebetulan tempat saya kerja skg petinggi2nya kebanyakan Expatriate dari Perancis. Tipikalnya ya hajar sana sini. Coba sana sini. Bekerja ngga mengenal senioritas, bisa lanjut, ngga bisa cabut. Kalo lg meeting bahasa tubuh pasti keluar, ketok2 meja udah biasa.

Nah ada temen yg kerja di kompetitor, petingginya kebanyakan Expatriate dari Jepang, ya tipikal Jepang pada umumnya, senioritas dan etos kerja dijunjung tinggi banget, sampe kadang mau pulang aja susah, mesti kabur2
:mky_01:
nah apalagi kontras gini, mgk ane rasa senior-senior di Nissan menganggap si Ghosn ini "bocah kampungan kaga punya aturan ma sopan santun", dan ane rasa makin bikin jengkel krn media coverage mengagung-agungkan jasanya dan mereka gak bisa melawan fact kalo keuangan batumakam membaik :mky_07:

dan sekarang kondisi keuangan memburuk barangkali mereka dapet "kesempatan" buat kudeta si Ghosn.
Iyep, satu hal yg ngga berubah dari budaya kerja orang Jepang itu Senioritasnya, dan karena itu jdnya apa yang mereka anggap benar dan sesuai sama filosofi/nilai2 pasti akan mereka junjung tinggi meskipun istilah kasarnya ya ada kerugian yg dicuekin.

Memang ngga mudah sih buat membuat perubahan, jangankan beda negara. 1 negara beda latar belakang aja pasti kalau yg minoritas mau bikin perubahan di lingkungan yg mayoritas, effortnya luar biasa. Ngga gampang menjadi persuasif, padahal mungkin itu demi kebaikan semua, bukan pribadi.
:big_dunno:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 891
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Omnibus » 16 Jan 2020, 16:07

ChZ wrote:
16 Jan 2020, 15:23
Omnibus wrote:
16 Jan 2020, 15:05

karena HR dan MR tdk dilengkapi counterbalance shaft. tanpa itu engine 4-cyl diatas 2.200 cc akan suffer first order harmonics (vibrate) terutama dr rpm menengah ke tinggi. QR dilengkapi counterbalance shaft makanya bisa sampai 2.500 cc. Dan biaya produksi engine dgn counterbalance shaft itu mahal.

T30 pertama2 launching dulu yg msh CBU cc nya 2.000 tp pakai QR20. dan akhirnya semua 2.0 diganti MR20 kan. and why? right, blame the french. wkwkwkkwk
apakah cutting cost ini jg terjadi di engine-engine besar spt VQ ? Soalnya Teana L33 juga turun "kasta" kan dari VQ25 jadi QR25. gimana2 produksi V6 lebih mahal jg kan dari 4-inline. Daripada bikin 2 mesin displacement sama beda konfigurasi lebih baik diturunin saja jadi 4-cyl.

dan lalu nasibnya Infiniti yang gagal bersaing dengan Lexus...
Teana J31 dan J32 dgn VQ nya merupakan mobil yg sangat refined, mesinnya halus dan cukup bertenaga. kelemahannya minumnya kuat, just like any other engines from the same marque. Dia ga bisa lawan Camry dan Accord krn issue nya selalu minumnya kuat padahal 6 cyl nya sebetulnya adalah point differensiasi nya kan. Camry n accord jg yg laku yg versi 4 cyl nya kan. Next L33 ganti jd 4 cyl sama dgn kompetitor, spec head to head tp pricing point bisa dibawahnya.

Lexus jg awal2nya struggling.... toyoda-san jg bilang lexus sebagus bahkan bisa lbh bagus dr mercedes (dulu) tp lexus ga punya history spt mercedes.
Apalagi infinity.... problem yg sm dgn acura. spoiled child yg ga berhasil dlm hidup.

Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 13 Dec 2016, 12:41

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Jindanjun » 16 Jan 2020, 19:37

Hemm terlepas dari kasus Ghosn ini..
Saya liat kok nissan indo kayak gak ada gebrakan apa2 ya sejak keluarin grand livina dulu...model yg jadi backbone penjualan gak ganti2 model bertahun2, untung ketolong xpander jadi bisa minjem bodinya buat bikin all new livina....ya wajar orang lama-lama pada lupa sama brand ini

Atpmnya juga kayaknya lebih sibuk jualan sujuki
ap kt nt aj

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2221
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by kunaskun » 16 Jan 2020, 21:14

ChZ wrote:
16 Jan 2020, 15:07

HR ama MR bukannya tergantung cc kayak ahond gt yak?

Nissan HR12,HR15 = Honda L12,L15
Nissan MR18, MR20 = Honda R18,R20
Nissan QR20, QR25 = Honda K20,K24.

dst.

tapi emang penyakit enjin batumakam sebenernya jarang ada yang ajaib-ajaib sih.
eh iya ya, saya kira berdasarkan generasi :mky_01: ya bisa jadi jarang ada yagn ajaib karena faktor populasi :mky_08:
Renault si beruntung itu Keleus pake mesin QR uda terkenal robust. HR sebenernya liat track record lipina ga pernah prone to engine problem aneh-aneh, lipina taun 2007 jg jalan-jalan aja biarpun udah kucel dekil dan bunyi semua kaki-kaki :mky_07:

merek jepang yang populer pake CVT di indo kurang lebihnya :

batumakam, mitsu, blakangan baru toyota honda nyusul. Batumakam ama mitsu CVTnya sepabrik (jatco). honda inhouse, toyota ntah biasanya aisin.

case nya jatco CVT sebenernya agak unik krn cukup random dan yang punya problem bawaan itu kalo setau ane Xtronic gen awal (T31, J32 Teana, Juke) itupun ada jg yang tembus ratusan ribu. Otlendir semprot dan Mirage kurang tau, mgk dikembanginnya ama Xtronic gen-2 jadi gak terlalu prone to trouble.

plus kebanyakan user transmisi CVT gak ngerti perawatan CVT dan cilakanya beres juga nggak ngasih tau ho-oh ho-oh aja ama service manual krn mekaniknya kebanyakan jg baru lulus SMK dan percaya aja sama apa tuh alat di beres nissunk yang bisa baca umur CVTF. Honda gak punya alat gini jadi yah ikut buku, 2yrs/40k. Kmrn SA ahond sampe bingung kok ane minta ganti padahal kilometer rendah blm disaranin ganti lah iye kan di buku elu bilangnya 2thn/40k :mky_07: alasan sebenernya : mobil udah tuned lebih prone to wear, cm gak bilang SA nya tar gugur garansi :mky_07:

Cilakanya lagi mayoritas pengguna mobil pasti main percaya ama beres juga :mky_05:
org indo urusan dengan beres itu kaya between love and hate. ada yg sampe jadi tim anti beres, ada yang tim pro beres. dan seperti biasa orang indo kan hobi bener urusan fanatisme. padahal ga ada beres apa ga repot? bengkel umum mana yang hapal mati cara bongkar turun mesin tiap jenis mesin? sedangkan di beres saking hapalannya sampe bisa ngaco juga suruh turun mesin :mky_07:
oooh kejawab sekarang kenapa kok itu fan lemah sekali, kadang malah bisa as early as itungan bulan itu kipas pendingin mati :mky_05:

yang jadi "warisan" batu makam ampe skrg adalah naikin standar LMPV dari papanjah gen awal yang naikannya kek grobak jadi lebih manusiawi :mky_07: iya ada Ertiga abis itu, tapi jangan lupa mungkin Suzuki juga blajar gimana bikin LMPV enak dari batumakam jg. Daitoyo sempat ketar-ketir di awal muncul GL sampe keluar video legendaris "GL ga bisa nanjak di parkiran mall" yang untuk internal sales Toyota yang kok bisa bocor ke luar.

terus bikin ahond keluarin CRV mesin 2.4 sejak T30 ngerusak pasar dengan mesin 2.5 yang tenaganya buas dan harganya mepet.
ya sayang banget, material amunisi yang dulu sudah dikumpulin ga dilanjutin,. kalau dulu sedikit banyak saya yakin ada sangkut paut dengan indomobil, kalau sekarang memang internal HQ [emo-yesno]

yang ngeselin, kedepannya kalau kaya gini terus ya balik jaman kegelapan lagi. mobil ya begitu2 aja. karena ga ada kompetisi.
DOHC wrote:
16 Jan 2020, 15:14
@kunaskun : MR ama HR didevelop waktu yg bebarengan om. Dan yeah, ntuh HR ama MR emg scara desain sehh lumayan, tp yah blk lg masalah printilan.. bahkan utk coil nya aj awal2 banyak bgt yg cacat..
koreksi, kalau di wiki, HR itu generasi baru, tahun 2010an, MR tahun 2004-an. QR tahun 2000-an.
MR20DE jadi kayanya QR20DE.1 kalau bicara tahun saja, walau secara basic MR20DE itu aslinya MR16DDT tanpa force induction yang di gedein. sedangkan yang unik malah QR20DE itu seperti downsize QR25DE

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2221
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by kunaskun » 16 Jan 2020, 21:27

Omnibus wrote:
16 Jan 2020, 16:07
Teana J31 dan J32 dgn VQ nya merupakan mobil yg sangat refined, mesinnya halus dan cukup bertenaga. kelemahannya minumnya kuat, just like any other engines from the same marque. Dia ga bisa lawan Camry dan Accord krn issue nya selalu minumnya kuat padahal 6 cyl nya sebetulnya adalah point differensiasi nya kan. Camry n accord jg yg laku yg versi 4 cyl nya kan. Next L33 ganti jd 4 cyl sama dgn kompetitor, spec head to head tp pricing point bisa dibawahnya.
mesin legendaris nissan, mungkin mesin mobil nissan modern yang paling kuno. cek di wiki, udah dari 1994... s*it its freaking 26 years... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

ga heran ya refined segitunya, dan mungkin karena pabrikan mobil mana lagi di jaman sekarang yang mau berbuat "gila" develop engine dengan kapasitas segitu gede, kalau bukan bener2 buat certain market and car.
Lexus jg awal2nya struggling.... toyoda-san jg bilang lexus sebagus bahkan bisa lbh bagus dr mercedes (dulu) tp lexus ga punya history spt mercedes.
Apalagi infinity.... problem yg sm dgn acura. spoiled child yg ga berhasil dlm hidup.
lexus menurut saya si, karena its yoyota. buka2 panel ada label yoyota disana yang somehow memberikan ownernya peace of mind, setidaknya mau berapa konyol si kerjaan yoyota (walau mostly ownernya juga ga mikirini ginian si, paling 2nd hand owner :mky_01: ).
udah gitu Lexus sukses bener di amrik (durability + mewah = maut bener). seperti statement to the world, woy american aja doyan nih mobil jepang mewah.

baru sadar Acura itu lahir di tahun 86, 3 tahun lebih muda dari lexus dan infinity, dan tambah unik lagi ternyata ketiga merek ini emang buat USDM. tapi ya mungkin faktor backup duit dari yoyota yg macem unlimited jadi beda akhir ya.

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2221
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by kunaskun » 16 Jan 2020, 21:28

Jindanjun wrote:
16 Jan 2020, 19:37
Hemm terlepas dari kasus Ghosn ini..
Saya liat kok nissan indo kayak gak ada gebrakan apa2 ya sejak keluarin grand livina dulu...model yg jadi backbone penjualan gak ganti2 model bertahun2, untung ketolong xpander jadi bisa minjem bodinya buat bikin all new livina....ya wajar orang lama-lama pada lupa sama brand ini

Atpmnya juga kayaknya lebih sibuk jualan sujuki
ya HQ begitu... mau diharapkan apalagi... selentingan yang beredar mostly bener pula, dulu mau tutup pabrik, eh kejadian, dulu mau rebrand xpander eh kejadian, sekarang datsun juga beneran ditutup. tinggal tungguin aja kebenaran NMI purely jualan CBU di indo, ala2 Mazda.

FU27
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 448
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by FU27 » 16 Jan 2020, 23:22

Jindanjun wrote:
16 Jan 2020, 19:37
Hemm terlepas dari kasus Ghosn ini..
Saya liat kok nissan indo kayak gak ada gebrakan apa2 ya sejak keluarin grand livina dulu...model yg jadi backbone penjualan gak ganti2 model bertahun2, untung ketolong xpander jadi bisa minjem bodinya buat bikin all new livina....ya wajar orang lama-lama pada lupa sama brand ini

Atpmnya juga kayaknya lebih sibuk jualan sujuki
Mungkin Indomobil mikir ngapain ribet2 ngurusin Nissan. Susah dibilangin prinsipalnya, gak kaya Suzuki yang mau kembangin mobil sesuai selera Indonesia. Lihat aja Carry, Suzuki rela2 aja lihat carry generasi 8 dan pengembangannya masih dijual sampai 2018. Padahal mereka rilis itu tahun 1985 (rilis di Indonesia 1991), masih dipikirin buat dikembangin mobilnya, karena cocok buat Indonesia, dan laku. Setelah Carry generasi 8 mentok, mau2nya juga develop produk baru yang cuma laku di Indonesia, dan rela kasih nama legendarisnya mereka, Carry.

Lah Nissan, salesnya kayanya Happy pas mereka keluarin Livina/GL aja tuh. Lagian mobilnya juga susah buat dijual ke fleet klo Nissan, kantor lama sempat punya banyak banget T31 2.0 buat gantiin CRV RD yang udah uzur, tapi sampai akhirnya balik beli CRV lagi (RM dan RW). Iseng tanya orang pool, pada capek ngurus T31, bentar2 ada aja masalahnya, bikin mereka di komplain usernya yang levelnya udah sr. Manager. Memang mobilnya lebih murah dari CRV, tapi maintenance costnya mahal.

User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 877
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Bulgogi » 17 Jan 2020, 05:44

Sesungguhnya thread ini sangat butuh om NR..

Tapi saya bingung gmn cara mengundang beliau..

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9063
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by ChZ » 17 Jan 2020, 09:24

Omnibus wrote:
16 Jan 2020, 16:07

Teana J31 dan J32 dgn VQ nya merupakan mobil yg sangat refined, mesinnya halus dan cukup bertenaga. kelemahannya minumnya kuat, just like any other engines from the same marque. Dia ga bisa lawan Camry dan Accord krn issue nya selalu minumnya kuat padahal 6 cyl nya sebetulnya adalah point differensiasi nya kan. Camry n accord jg yg laku yg versi 4 cyl nya kan. Next L33 ganti jd 4 cyl sama dgn kompetitor, spec head to head tp pricing point bisa dibawahnya.

Lexus jg awal2nya struggling.... toyoda-san jg bilang lexus sebagus bahkan bisa lbh bagus dr mercedes (dulu) tp lexus ga punya history spt mercedes.
Apalagi infinity.... problem yg sm dgn acura. spoiled child yg ga berhasil dlm hidup.
keluarga ane masih ada kandangin 1 itu J32 keluaran akhir 2013... :mky_02: mobil yang enak skrg jadi pajangan garasi dipanasin doang gak ada yang pake :mky_07: pengen ane pake tapi overkill ukurannya di jalanan kota dan borosnya serem enak pake civic. itu dia yang jadi signature Teana dibanding Camry/Akord kan satu-satunya yang pake V6, mitsu udah ga keluarin Galant V6. Teana macem lebih cocok masuk ke kelas Crown sayang fasilitasnya gak sebanyak dan se-VIP Crown.

yups yang susah buat ngegeser otak pembeli Merc ke Lexus karena Merc punya heritage panjang bikin mobil mewah, not just a mere luxury brand.
kunaskun wrote:
16 Jan 2020, 21:14

org indo urusan dengan beres itu kaya between love and hate. ada yg sampe jadi tim anti beres, ada yang tim pro beres. dan seperti biasa orang indo kan hobi bener urusan fanatisme. padahal ga ada beres apa ga repot? bengkel umum mana yang hapal mati cara bongkar turun mesin tiap jenis mesin? sedangkan di beres saking hapalannya sampe bisa ngaco juga suruh turun mesin :mky_07:

ya sayang banget, material amunisi yang dulu sudah dikumpulin ga dilanjutin,. kalau dulu sedikit banyak saya yakin ada sangkut paut dengan indomobil, kalau sekarang memang internal HQ [emo-yesno]

yang ngeselin, kedepannya kalau kaya gini terus ya balik jaman kegelapan lagi. mobil ya begitu2 aja. karena ga ada kompetisi.
ini nih dulu ngebongkar pulley damper nya SantaFe di bengkel umum, mekanik ane nyerah ga nemu caranya.

Beres H miring? 5 menit doang udah lepas tu benda :big_chicken: se kacrut kacrutnya bengkel H miring paling tidak teknisinya udah ngerti cara textbook buka part-partnya.

kalo udah mau pegang mobil di luar daitoyoahondsuzuki ya gimana-gimana perlu beres, paling tidak teknisi beres udah terlatih bongkar-pasang krn kadang mobil korea/amerika/eropa cara bongkar pasangnya beda dgn mobil biasa. biarpun kalo diagnosis problem mekanikal suka ngaco yang rusak apa yang diganti apa.

yah paling tdk skrg ada Mazda dan berharap Hyundai/KIA buat "stimulus" pasar.

Merek-merek yang udah stengah mampus (dan fully mampus) gini bagusnya jadi batu loncatan buat merek mainstream mempelajari teknologi dan bikin/masukin spek yang lebih bagus. Gimana-gimana pasti kalau liat kompetitor yang udah masukin teknologi a,b,c mereka mempelajari dan research third party / ngembangin sendiri jadinya tech yang sama tapi lebih reliabel krn konsumen mereka pasti demand juga fasilitas yang mirip. prinsip amati, tiru, modifikasi berlaku di sini.

Cara yang cerdik sih, but that's how they survive the market.
FU27 wrote:
16 Jan 2020, 23:22
Jindanjun wrote:
16 Jan 2020, 19:37
Hemm terlepas dari kasus Ghosn ini..
Saya liat kok nissan indo kayak gak ada gebrakan apa2 ya sejak keluarin grand livina dulu...model yg jadi backbone penjualan gak ganti2 model bertahun2, untung ketolong xpander jadi bisa minjem bodinya buat bikin all new livina....ya wajar orang lama-lama pada lupa sama brand ini

Atpmnya juga kayaknya lebih sibuk jualan sujuki
Mungkin Indomobil mikir ngapain ribet2 ngurusin Nissan. Susah dibilangin prinsipalnya, gak kaya Suzuki yang mau kembangin mobil sesuai selera Indonesia. Lihat aja Carry, Suzuki rela2 aja lihat carry generasi 8 dan pengembangannya masih dijual sampai 2018. Padahal mereka rilis itu tahun 1985 (rilis di Indonesia 1991), masih dipikirin buat dikembangin mobilnya, karena cocok buat Indonesia, dan laku. Setelah Carry generasi 8 mentok, mau2nya juga develop produk baru yang cuma laku di Indonesia, dan rela kasih nama legendarisnya mereka, Carry.

Lah Nissan, salesnya kayanya Happy pas mereka keluarin Livina/GL aja tuh. Lagian mobilnya juga susah buat dijual ke fleet klo Nissan, kantor lama sempat punya banyak banget T31 2.0 buat gantiin CRV RD yang udah uzur, tapi sampai akhirnya balik beli CRV lagi (RM dan RW). Iseng tanya orang pool, pada capek ngurus T31, bentar2 ada aja masalahnya, bikin mereka di komplain usernya yang levelnya udah sr. Manager. Memang mobilnya lebih murah dari CRV, tapi maintenance costnya mahal.
cap S itu yang bagus jualannya selalu stabil, gak nomer 1 sih, cuma ngambil market yang unik, terlepas dari kontroversi skrg mayoritas produknya adalah rebrand dari Maruti. Mereka tdk ngincer top tier / jadi nomer 1, mereka tau jualan jadi nomer 1 di Indonesia itu susah, makanya udahlah incer pasar second-tier aja kayak Daihatsu asal stabil. toh sudah ada pasar pick-up kecil yang jadi backbone nya.

mereka ngambil basis India pun sebenernya langkah yang cerdas. India kondisi traffic dan konsumennya hampir mirip dgn disini, jadi mobil yang laris disana = bisa laris disini. dan murah, itu selalu jadi selling pointnya cap S. Murah mobilnya, ngerawatnya juga murah.

udah gitu biar nunjukin kalo cap S bukan brand ecek-ecek, mereka kadang nyentil market dengan masukin produk niche seperti Swift Sport dan Jimny. Semacam statement kalo gw boleh jual barang murah tapi merek gw nggak murahan.
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 891
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Omnibus » 17 Jan 2020, 09:58

ChZ wrote:
17 Jan 2020, 09:24
........

ini nih dulu ngebongkar pulley damper nya SantaFe di bengkel umum, mekanik ane nyerah ga nemu caranya.

Beres H miring? 5 menit doang udah lepas tu benda :big_chicken: se kacrut kacrutnya bengkel H miring paling tidak teknisinya udah ngerti cara textbook buka part-partnya.
jaman skrg siapapun bisa punya akses ke online service manual asal niat. harga jg terjangkau ga seperti dulu udah sulit dptnya sekalinya ada mahal krn bentuknya hard copy.

bengkel umum yg ga ngemodal utk improve knowledge n skill tinggalin aja ..... masa kalah sm DIYers

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9063
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by ChZ » 18 Jan 2020, 08:59

Omnibus wrote:
17 Jan 2020, 09:58

jaman skrg siapapun bisa punya akses ke online service manual asal niat. harga jg terjangkau ga seperti dulu udah sulit dptnya sekalinya ada mahal krn bentuknya hard copy.

bengkel umum yg ga ngemodal utk improve knowledge n skill tinggalin aja ..... masa kalah sm DIYers
nah itu dia um hehehehe. pdhl kadang bengkel umum punya kesempatan lebih bagus buat improve skill... krn tidak dikejar target prinsipal. bisa jd rujukan community juga
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 868
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by Herman7103 » 19 Jan 2020, 12:56

Scandal Carlos Ghosn tidak akan mematikan Nissan dari dunia otomotif tapi cuma menurunkan performa penjualan mobil Nissan Renault Alliance saja. Selama Tahun 2019 Total Sales Nissan Renault Mitsubishi Alliance cuma peringkat ketiga dibawah VW Group dan Toyota Group, padahal saat Aliansi masih dipimpin Carlos Ghosn, Total penjualan Aliansi Nissan Renault Mitsubishi sempat menduduki peringkat 1 di tahun 2017 dan peringkat kedua di tahun 2018. Berikut ranking perusahaan otomotif berdasarkan besaran Salesnya untuk tahun 2019
Screenshot_2020-01-18-23-23-22-743_com.opera.mini.native.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1232
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Scandal Carlos Ghosn akankah menjadi kematian Nissan dari dunia otomotif

Post by arfs » Yesterday, 21:06

Ghosn Predicted Nissan Will Go Bankrupt by 2022, Lawyer Says
https://www.bloomberg.com/news/articles ... awyer-says
Nissan Motor Co. will go bankrupt within two to three years, Carlos Ghosn told a defense attorney during more than 10 hours of interviews before the auto executive skipped bail and left Japan.

The former chairman and chief executive officer of Nissan Motor Co. and Renault SA made the prediction last year in a series of conversations about his arrest and prosecution, said Nobuo Gohara, a former prosecutor who also is a vocal critic of Japan’s justice system.

Carlos Ghosn Confidant Nobuo Gohara News Conference
Nobuo Gohara speaks on Jan. 22.Photographer: Toru Hanai/Bloomberg
“He told me that Nissan will probably go bankrupt within two to three years,” said Gohara, who held a news conference in Tokyo on Wednesday to discuss his conversations with the now-fugitive auto titan. Ghosn didn’t offer detailed reasons Nissan would run into difficulties, according to the lawyer.

Azusa Momose, a spokeswoman for Nissan, declined to comment. The Yokohama-based company is suffering from declining car sales in China and Europe, prompting it to slash profit and sales forecasts for the fiscal year ending March 31 and say it would eliminate 12,500 jobs globally.

Gohara said he met with and interviewed Ghosn five times during a two-month period, just before the former auto executive fled, for a book he planned to publish before the start of Ghosn’s trial, which no longer is likely to happen. Gohara last met with Ghosn two days before his December escape to Beirut.

The Tokyo Job: Inside Carlos Ghosn’s Escape to Beirut

The attorney said he had permission from Ghosn to disclose the details of their conversations.

Gohara regularly comments on issues surrounding the Japanese justice system in his blog and TV appearances. Since Ghosn’s arrest, he’s also criticized what he calls Japan’s “hostage justice” system and the country’s recent introduction of plea bargaining.


The 65-year-old Ghosn, speaking earlier this month from Beirut, said he fled Japan because he no longer thought he would have a fair and speedy trial. The former executive was facing several charges of financial misconduct, including underreporting his income and breach of trust. In the latter charges, Japanese prosecutors accused him of transferring personal trading losses to Nissan and using company funds for his own and his family’s gains.

Ghosn insisted he was the victim of a conspiracy to take him out because he was working on a merger of Nissan and alliance partner Renault. Mitsubishi Motors Corp. is the third member.

“Nissan and prosecutors worked together to bring a criminal case against Ghosn,” Gohara said in Tokyo.

Greg Kelly, a former executive in the Nissan CEO’s office, was arrested the same day as Ghosn and now is likely to face charges of financial misconduct alone. Kelly’s chances of proving his innocence are good, Gohara said, “because the same issues are at stake for both Kelly and Ghosn. Kelly’s exoneration will mean Ghosn is also innocent.”

Ghosn spent a total of almost 130 days in a Tokyo jail and was contemplating trial in a country where prosecutors virtually never lose. He was freed on bail last year under strict conditions, such as not being able to communicate with his wife and only being allowed to use a computer in his lawyer’s office.
Jadi pensaran bakal beneran terjadi apa kgk di 2022 nanti... :big_slap:
“I get joy out of the fascination with perfection, not from the thrill of motor racing.” - Andreas Nikolaus 'Niki' Lauda

Post Reply