About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

devin96
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 » 02 Dec 2019, 11:25

Misi om2 semua, mau tanya kalo sealant untuk carter oli antara merk loctite dan oem toyota gimana ya perbedaan kualitas dan keawetannya? apakah beda jauh? Sempet tanya2 kalo loctite harganya sekitar 70rb an dan sealer oem toyota sekitar 300 an, mungkin ada yg punya pengalaman dengan kedua sealant tersebut?

Saya sempat tanya langsung ke toko sparearts toyota, dia sih blg kualitas yg oem toyota sama loctite sama2 aja, entah benar atau tidak. Dia sendiri cuma jual yg merk toyota aja. Kalo memang kualitas sama2 aja mending saya beli yg loctite karena lumayan juga beda harganya. Mohon infonya om2 semua, klo ada merk lain yg oke juga boleh di infokan thx.

User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by andyez86 » 02 Dec 2019, 11:31

dulu pernah kejadian kudu bongkar carter oli avanza veloz...tp di dealer toyota sih....emg lmyan mahal itu sealant nya...klo misalkan ragu2 sama yg ada di toko luar ya beli yg di dealer aja om....ga mgkin palsu jg sih brgnya...drpd kerja 2x nanti bocor lg klo ternyata kualitas sealant nya beda..

slapnuts
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by slapnuts » 02 Dec 2019, 11:43

Selisih 230rb doang mending yang asli Toyota sih om, daripada tar dapat yang ga bagus malah dua kali kerja, repot di belakang.

MSU
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by MSU » 02 Dec 2019, 13:56

kalo harga beda jauh gini, menurut saya beda bisa jadi karena beda spek
misal kl biasa pake threeb*** kode 1104, tp Toyota genuine pake-nya threeb*** 12xx
secara aktual di lapangan pake yg 1104 aja ga mslh..tp OE mau-nya pake 12xx (yg tahan suhu lebih tinggi)
rasa-nya kalo jasa pekerjaannya ga mahal bisa percaya pake yg 1104 (pls cek ke bengkel2 umum), tp kalo jasa-nya aja udh mahal maka pake sealant ori aja

exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by exflowly » 02 Dec 2019, 16:00

Saya pakenya selalu Permatex Grey atau Victor Reinz - harga Victor sekitar 80-90rb an, Permatex seinget saya mirip2x.

Sealant harga 300 kalo menurut saya ajib bener si.

Pokoknya kalo apply sealant, permukaan harus bersih (lap pake alcohol supaya bener2x bersih), apply sealantnya kudu cukup dan jgn putus, dan pas masang torsi bautnya kudu bener dan dibiarin kering dulu 24 jam - jgn cuman 5 menit terus lgsg isi oli.... mekanik kadang bilang 1-4 jam cukup, kalo pengalaman saya kagak.

Semoga membantu.

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 942
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by adityabp » 02 Dec 2019, 16:16

exflowly wrote:
02 Dec 2019, 16:00
Saya pakenya selalu Permatex Grey atau Victor Reinz - harga Victor sekitar 80-90rb an, Permatex seinget saya mirip2x.

Sealant harga 300 kalo menurut saya ajib bener si.

Pokoknya kalo apply sealant, permukaan harus bersih (lap pake alcohol supaya bener2x bersih), apply sealantnya kudu cukup dan jgn putus, dan pas masang torsi bautnya kudu bener dan dibiarin kering dulu 24 jam - jgn cuman 5 menit terus lgsg isi oli.... mekanik kadang bilang 1-4 jam cukup, kalo pengalaman saya kagak.

Semoga membantu.
OMG, mesti ditunggu 24jam om?
Pantesan dulu oli tetep rembes. Pdhal dah 2 kali di-sealant.
[emo-yesno]

exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: 30 Apr 2016, 16:04

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by exflowly » 02 Dec 2019, 16:40

Amannya 24 jam biar bener2d kering, terus cek torai bautnya.

Gak cuman om kok yg dikerjain, Porsche temen juga digituin... abis dikasih sealant cuman dikasih 1 jam buat kering dan bawa pulang. Gak sampe sehari juga rembes lagi, bawa balik lagi.

Bengkel nyari kerjaan kadang suka terlalu. Beli aja alcohol dr indomaret sama tissue/lap biar bener2x bersih permukaannya.

Minta ditinggal dulu di bengkel alias nginep dan baru diisi oli besoknya.

Jasa plg 1-2 jam... jadi kalo harga 300 sdh termasuk jasa ya ok, kalo cuman sealant doank ya ajib.


devin96
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 » 02 Dec 2019, 22:57

andyez86 wrote:
02 Dec 2019, 11:31
dulu pernah kejadian kudu bongkar carter oli avanza veloz...tp di dealer toyota sih....emg lmyan mahal itu sealant nya...klo misalkan ragu2 sama yg ada di toko luar ya beli yg di dealer aja om....ga mgkin palsu jg sih brgnya...drpd kerja 2x nanti bocor lg klo ternyata kualitas sealant nya beda..
Siap om makasih infonya, btw dlu pas om bongkar carter oli veloz-nya pengerjaannya berapa lama ya om? harus ditinggal kah untuk nunggu sealant kering?

devin96
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 » 02 Dec 2019, 23:00

slapnuts wrote:
02 Dec 2019, 11:43
Selisih 230rb doang mending yang asli Toyota sih om, daripada tar dapat yang ga bagus malah dua kali kerja, repot di belakang.
Iya om ngeri juga sih ya klo rembes lagi, cuma ini 2 toko spareparts blg klo pake ORI toyota kemahalan bisa pake merk loctite, entah gimana kualitasnya, pengen tau juga dari pengalaman temen2 disini.

devin96
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 » 02 Dec 2019, 23:12

MSU wrote:
02 Dec 2019, 13:56
kalo harga beda jauh gini, menurut saya beda bisa jadi karena beda spek
misal kl biasa pake threeb*** kode 1104, tp Toyota genuine pake-nya threeb*** 12xx
secara aktual di lapangan pake yg 1104 aja ga mslh..tp OE mau-nya pake 12xx (yg tahan suhu lebih tinggi)
rasa-nya kalo jasa pekerjaannya ga mahal bisa percaya pake yg 1104 (pls cek ke bengkel2 umum), tp kalo jasa-nya aja udh mahal maka pake sealant ori aja
Kalo merk loctite sendiri yg harga 70 rb an gimana om kualitasnya? Jasa pengerjaan di bengkel umum sekitar 300 an om td udh sempet tanya. Itu juga blm termasuk sealant-nya. Bengkelnya stok merk xtra seal ya klo ga salah td, katanya itu cukup bagus ketahanan terhadap panas. Apa mungkin om tau merk tsb? harganya mirip2 loctite

nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: 14 Nov 2015, 21:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by nimoo » 02 Dec 2019, 23:16

Montir langganan sih biasa pake loctite buat seal selang2 radiator sama mesin juga. Tapi ga tau ya kalo buat karter oli

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 777
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by Omnibus » 02 Dec 2019, 23:40

yg nyebelin kl udah beli yg oem tp msh bocor.... bukan ga mungkin sebab 2005 innova sy di campaign krn front cover timing chain rembes (factory defect)

loctite nya ada kodenya kan, gugel aja spec nya utk kegunaan apa dan tahan brp temperature nya.

permatex n threebond jg terkenal sih

cuma ada kondisi dimana tetap gasket biasa dipakai dan rtv sealant dipakai di sudut2 tertentu aja .... mungkin kondisi ini yg sealant asli lbh bisa bersenyawa dgn bahan gasket krn sdh di r&d

devin96
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by devin96 » 02 Dec 2019, 23:57

exflowly wrote:
02 Dec 2019, 16:40
Amannya 24 jam biar bener2d kering, terus cek torai bautnya.

Gak cuman om kok yg dikerjain, Porsche temen juga digituin... abis dikasih sealant cuman dikasih 1 jam buat kering dan bawa pulang. Gak sampe sehari juga rembes lagi, bawa balik lagi.

Bengkel nyari kerjaan kadang suka terlalu. Beli aja alcohol dr indomaret sama tissue/lap biar bener2x bersih permukaannya.

Minta ditinggal dulu di bengkel alias nginep dan baru diisi oli besoknya.

Jasa plg 1-2 jam... jadi kalo harga 300 sdh termasuk jasa ya ok, kalo cuman sealant doank ya ajib.
Iya om saya tanya di toko spareparts toyota di atrium senen yg original toyota harganya 300 rb an, malah ada yg 300 lebih. Jadi menurut om kemahalan ya itu? Dan nunggu sealant kering harus 24 jam om? dari bengkel dan beberapa toko spareparts yg saya tanya katanya cuma beberapa jam saja udh kering, ga perlu nunggu sampe ditinggal mobilnya.

300 cuma sealant ORI toyota aja om di toko spareparts, blm sama jasa. Di bengkel umum setau saya jarang sekali yg stok sealant ORI toyota adanya yg aftermarket om.

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2563
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2011 Toyota Rush

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by Jambangan » 03 Dec 2019, 04:36

Wah diskusi menarik nih
Sorry agak oot
Oktober kemaren ganti paking tutup klep di auto2000
Ga sampe 1000 KM rembes lagi walaupun dikit
Kira2 salah masang, kualitas pakingnya jelek atau ga dikasih sealant pas masang ya??
Paking emang bukan beli di auto2000 sih tapi beli toko sparepart toyota bisa jadi KW sih

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3099
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by marmut » 03 Dec 2019, 09:08

nimoo wrote:
02 Dec 2019, 23:16
Montir langganan sih biasa pake loctite buat seal selang2 radiator sama mesin juga. Tapi ga tau ya kalo buat karter oli

nah, ini contoh mekanik jempolan, selang radiator dikasih sealant.
top markotop.
pipes - cigars - coffee

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by evanbngdor » 03 Dec 2019, 09:23

Great Corolla saya waktu itu ganti karter sih yg asli toyota. Itung2 ya biaya bongkar pasangnya udah berapa, jd ya sekalian aja.

Udah hampir 5 tahun kayaknya, masih aman jaya sih, ngga ada gejala rembes.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

MSU
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by MSU » 03 Dec 2019, 10:11

devin96 wrote:
02 Dec 2019, 23:12
MSU wrote:
02 Dec 2019, 13:56
kalo harga beda jauh gini, menurut saya beda bisa jadi karena beda spek
misal kl biasa pake threeb*** kode 1104, tp Toyota genuine pake-nya threeb*** 12xx
secara aktual di lapangan pake yg 1104 aja ga mslh..tp OE mau-nya pake 12xx (yg tahan suhu lebih tinggi)
rasa-nya kalo jasa pekerjaannya ga mahal bisa percaya pake yg 1104 (pls cek ke bengkel2 umum), tp kalo jasa-nya aja udh mahal maka pake sealant ori aja
Kalo merk loctite sendiri yg harga 70 rb an gimana om kualitasnya? Jasa pengerjaan di bengkel umum sekitar 300 an om td udh sempet tanya. Itu juga blm termasuk sealant-nya. Bengkelnya stok merk xtra seal ya klo ga salah td, katanya itu cukup bagus ketahanan terhadap panas. Apa mungkin om tau merk tsb? harganya mirip2 loctite
Mesti browsing dl om...loctite tipe apa.
Yg banyak di market setau sy merk threeb*** 1104..mekanik sy biasa pake merk itu..
Cm abis dipasang ama dia didiemin 1 hari, baru besoknya diisi oli & dinyalain..
Kl merk xtra seal mohon maap blm pernah dengar / lihat

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1270
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by iwing » 03 Dec 2019, 10:30

seperti kata om exflowly diatas, aplikasi sealant itu sebisa mungkin 24 jam. umum nya ya 2 itu, threebond sama loctite. dulu pernah aplikasi di selang radiator kijang jadul pake threebond dan aman

User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by andyez86 » 03 Dec 2019, 10:45

devin96 wrote:
02 Dec 2019, 22:57
andyez86 wrote:
02 Dec 2019, 11:31
dulu pernah kejadian kudu bongkar carter oli avanza veloz...tp di dealer toyota sih....emg lmyan mahal itu sealant nya...klo misalkan ragu2 sama yg ada di toko luar ya beli yg di dealer aja om....ga mgkin palsu jg sih brgnya...drpd kerja 2x nanti bocor lg klo ternyata kualitas sealant nya beda..
Siap om makasih infonya, btw dlu pas om bongkar carter oli veloz-nya pengerjaannya berapa lama ya om? harus ditinggal kah untuk nunggu sealant kering?
jd gni om....ceritanya baut carter dbkin slek sama toko sop en draiv.....tp dia tgg jwb kerusakan itu,kita diarahkan untuk lgs bawa ke bengkel resmi,nanti biaya dia yg tanggung....malah ga boleh dibawa ke bgkel umum...

pengerjaan di BeRes solo sih 1hr ya...dia buka dlu carternya....terus dibawa ke tukang bubut,mrka ga kerjain sndri soalnya klo yg berat2 bgni.......sore udah bs diambil sih mblnya...

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3099
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by marmut » 03 Dec 2019, 10:47

devin96 wrote:
02 Dec 2019, 11:25
Misi om2 semua, mau tanya kalo sealant untuk carter oli antara merk loctite dan oem toyota gimana ya perbedaan kualitas dan keawetannya? apakah beda jauh? Sempet tanya2 kalo loctite harganya sekitar 70rb an dan sealer oem toyota sekitar 300 an,

-

bahan keduanya sama atau beda? membandingkan 2 sealant musti dari bahan yang sama.
kalau yang merk toyota bahannya RTV silicone, harga 300 ribu bikin saya ngakak. karena dengan bahan yang sama, merk dextone paling 20ribuan. tinggal pilih mau warna merah atau hitam.
mau yang odourless? bisa pilih merk threebond rtv silicone (bukan threebond liquid gasket warna abu-abu).
mau yang lebih murah? sambangi toko matrial terdekat cari merk autosil.

apapun merk rtv silicone / gasket maker, cara pakainya musti benar. percuma beli barang mahal tapi mekaniknya kelas asem reges....
pipes - cigars - coffee

sukerdan02
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by sukerdan02 » 03 Dec 2019, 10:54

CMIIW, kadang salah kaprahnya di perkataan "kering"
Biasanya, sealant, lem dll, itu memang bakal kering dalam hitungan jam.. Tapi kalau kita baca lebih detail, sering ada kata2 lanjutannya "allow full strength on 24 hour" (ga persis ya tp kira2 begitulah.)
Jadi iya, memang sealant bakal kering dalam 4 jam misalnya, tapi itu kekuatannya belum optimal, hanya sekedar kering dan melekat aja,,
Selain itu, kebiasaan kita, semua produk itu dianggap setara.. Misal nanya ke toko sparepart minta sealant, paling cuma ditanya sealant merah atau item.. Padahal masing2 produk itu ada kode2nya.. Sama2 sealant merah pun ada berbagai tipe seharusnya, tapi emg di kita semua dianggap gampang aja jadi "pokoknya sealant merah"

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 942
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by adityabp » 03 Dec 2019, 11:08

marmut wrote:
03 Dec 2019, 09:08
nimoo wrote:
02 Dec 2019, 23:16
Montir langganan sih biasa pake loctite buat seal selang2 radiator sama mesin juga. Tapi ga tau ya kalo buat karter oli

nah, ini contoh mekanik jempolan, selang radiator dikasih sealant.
top markotop.
Hahaha, dulu waktu baru bisa bongkar pasang selang radiator, saya selalu kasih sealant.
Tapi setelah lihat dgn mata kepala sendiri ada "serpihan" sealant berenang di tabung radiator, kapok jadinya.
:mky_07:

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3099
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by marmut » 03 Dec 2019, 11:47

sukerdan02 wrote:
03 Dec 2019, 10:54
CMIIW, kadang salah kaprahnya di perkataan "kering"
Biasanya, sealant, lem dll, itu memang bakal kering dalam hitungan jam.. Tapi kalau kita baca lebih detail, sering ada kata2 lanjutannya "allow full strength on 24 hour" (ga persis ya tp kira2 begitulah.)
Jadi iya, memang sealant bakal kering dalam 4 jam misalnya, tapi itu kekuatannya belum optimal, hanya sekedar kering dan melekat aja,,
Selain itu, kebiasaan kita, semua produk itu dianggap setara.. Misal nanya ke toko sparepart minta sealant, paling cuma ditanya sealant merah atau item.. Padahal masing2 produk itu ada kode2nya.. Sama2 sealant merah pun ada berbagai tipe seharusnya, tapi emg di kita semua dianggap gampang aja jadi "pokoknya sealant merah"


20191203_113602.jpg

20191203_113537.jpg

yaaa.... begitulah orang kebanyakan, malas membaca padahal bisa baca tulis dan ada tulisannya.



adityabp wrote:
03 Dec 2019, 11:08

Hahaha, dulu waktu baru bisa bongkar pasang selang radiator, saya selalu kasih sealant.
Tapi setelah lihat dgn mata kepala sendiri ada "serpihan" sealant berenang di tabung radiator, kapok jadinya.
:mky_07:

buat selang air bisa dioles grease tipis, yang penting merata permukaannya.
selama ini saya amati, kalau permukaan selang karet dan pipa masih baik atau relatif baru, bisa pakai grease encer seperti pertamina sgx-nl. tapi kalau permukaan selang karet dan pipa sudah cukup berumur, saya kasih grease yang lebih kental seperti grease untuk chassis.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
pipes - cigars - coffee

nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: 14 Nov 2015, 21:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by nimoo » 03 Dec 2019, 12:04

marmut wrote:
03 Dec 2019, 09:08
nimoo wrote:
02 Dec 2019, 23:16
Montir langganan sih biasa pake loctite buat seal selang2 radiator sama mesin juga. Tapi ga tau ya kalo buat karter oli

nah, ini contoh mekanik jempolan, selang radiator dikasih sealant.
top markotop.
Ini sarkas apa gimana yaa ? :big_slap:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16817
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin

Post by DOHC » 03 Dec 2019, 12:07

Mbah, nanya donk

Ane sering liat montir2 suka kasi sealant ke selang radiator pas masang, bahkan sekelas bengkel yg ckup terkenal d jalan panjang sana aj ad yg kaya gt, kira2 efek negatif nya apa ya ?

D hrv ane selang atf warmer perna rembes coolant, padahal selang masi lembek dan ckup baru, ane pakein sealant tipis2 banget d ujung selang nya doank, ampe ari ini ud 2 taon ga perna bocor lg..

Satu lg, pakein grease d selang radiator gt gapapa yah mbah, ntar bkin getas ga ?

marmut wrote:
03 Dec 2019, 11:47
sukerdan02 wrote:
03 Dec 2019, 10:54
CMIIW, kadang salah kaprahnya di perkataan "kering"
Biasanya, sealant, lem dll, itu memang bakal kering dalam hitungan jam.. Tapi kalau kita baca lebih detail, sering ada kata2 lanjutannya "allow full strength on 24 hour" (ga persis ya tp kira2 begitulah.)
Jadi iya, memang sealant bakal kering dalam 4 jam misalnya, tapi itu kekuatannya belum optimal, hanya sekedar kering dan melekat aja,,
Selain itu, kebiasaan kita, semua produk itu dianggap setara.. Misal nanya ke toko sparepart minta sealant, paling cuma ditanya sealant merah atau item.. Padahal masing2 produk itu ada kode2nya.. Sama2 sealant merah pun ada berbagai tipe seharusnya, tapi emg di kita semua dianggap gampang aja jadi "pokoknya sealant merah"



20191203_113602.jpg



20191203_113537.jpg


yaaa.... begitulah orang kebanyakan, malas membaca padahal bisa baca tulis dan ada tulisannya.



adityabp wrote:
03 Dec 2019, 11:08

Hahaha, dulu waktu baru bisa bongkar pasang selang radiator, saya selalu kasih sealant.
Tapi setelah lihat dgn mata kepala sendiri ada "serpihan" sealant berenang di tabung radiator, kapok jadinya.
:mky_07:

buat selang air bisa dioles grease tipis, yang penting merata permukaannya.
selama ini saya amati, kalau permukaan selang karet dan pipa masih baik atau relatif baru, bisa pakai grease encer seperti pertamina sgx-nl. tapi kalau permukaan selang karet dan pipa sudah cukup berumur, saya kasih grease yang lebih kental seperti grease untuk chassis.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

Post Reply